4 Cara mengembalikan chat yang terhapus

4 Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus, Mudah!

Cara mengembalikan chat WA yang terhapus mungkin harus Anda ketahui untuk berjaga-jaga terhadap kejadian tak terduga. Pelajari di sini!

Bagaimana cara mengembalikan chat WA yang terhapus? Kasus ini mungkin saja terjadi pada Anda secara tidak sengaja. Bagaimana cara mengatasinya?

WhatsApp Messenger adalah aplikasi pesan untuk smartphone. WhatsApp Messenger merupakan aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan Anda bertukar pesan tanpa pulsa.

Hal tersebut karena WhatsApp Messenger menggunakan paket data internet. Aplikasi WhatsApp Messenger menggunakan koneksi internet 3G, 4G atau WiFi untuk komunikasi data.

Dengan menggunakan WhatsApp, Anda dapat melakukan obrolan daring, berbagi file, bertukar foto, dan lain-lain. Selain menggunakan jaringan koneksi internet, Whatsapp juga memanfaatkan teknologi Voice over IP (VoIP) yang dimiliki oleh Facebook, Inc.

Dengan teknologi tersebut, pengguna dapat saling mengirim pesan teks dan suara, melakukan panggilan suara (audio) dan video, berbagi gambar/ foto, video, dokumen, lokasi, dan jenis format media lainnya.

Whatsapp Inc didirikan pada 24 Februari 2009 di Mountain View, California, United States oleh Brian Acton dan Jan Koum yang dulu bekerja sebagai karyawan Yahoo!.

Barulah pada November 2009, Whatsapp akhirnya resmi dirilis di App Store untuk iPhone. Setelah berhasil masuk ke App Store, pada bulan Januari 2010 Whatsapp sudah masuk ke Blackberry Store.

Kemudian pada Agustus 2010, dukungan Whatsapp untuk Android OS sudah ditambahkan. Whatsapp adalah salah satu aplikasi pengirim pesan dengan jumlah pengguna terbanyak.

Jumlah pengguna Whatsapp mencapai angka 2 miliar orang di seluruh dunia. Pengguna aktif internet di Indonesia sendiri mencapai 202,6 juta jiwa per Januari 2021.

Sedangkan Whatsapp menempati posisi kedua dalam kategori media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak. Persentase pengguna Whatsapp mencapai 87,7%.

Itu artinya, pengguna media sosial pengirim pesan instan ini tak kurang dari 176 juta. WhatsApp dapat digunakan untuk pengguna iPhone, Blackberry, Android, serta Symbian (Nokia). 

Aplikasi WhatsApp hanya dapat bekerja untuk sesama pengguna yang memiliki aplikasi WhatsApp. Aplikasi ini menggunakan nomor telepon ponsel yang kita gunakan untuk berinteraksi dengan sesama pengguna WhatsApp. 

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk dapat saling berkomunikasi satu sama lain. Aplikasi ini menggunakan fitur push sehingga Anda dapat selalu memberitahukan pesan yang sedang diterima.

Namun, seberapa canggih dan beragamnya fitur pada aplikasi ini, tentu tetap tidak menghindarkan pada peluang chat terhapus secara tidak sengaja. Padahal, mungkin Anda masih membutuhkan isi chat tesebut.

Lalu, apa yang harus dilakukan? Bagaimana cara mengembalikan chat WA yang terhapus? Anda tidak perlu khawatir. Kami akan menyajikan pembahasan mengenai cara mengembalikan chat WA yang terhapus.

cara mengembalikan chat wa yang terhapus

Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus

Faktor human error memang berperan sangat besar dalam kasus seperti ini. Jari “terpeleset” saat bermain handphone memang hal umum yang bisa dialami sehari-hari.

Namun, hal ini akan menjadi masalah yang besar ketika ada chat penting di Whatsapp yang terhapus karenanya. Ada beberapa penyebab kenapa chat WhatsApp bisa terhapus.

Pertama, Anda tidak sengaja memencet Clear all chats atau Delete for me. Bisa pula karena handphone Anda mengalami kerusakan, tak sengaja reset, atau saat ganti ke handphone baru. 

Fitur dan keunggulan yang dimiliki WhatsApp membuat para penggunanya merasa nyaman. Satu di antara fitur unggulan dari aplikasi ini adalah dapat mengembalikan chat lama yang pernah dihapus.

Anda bisa mendapatkan kembali chat yang secara sengaja maupun tidak telah Anda hapus dengan beberapa alternatif cara mengembalikan chat WA yang terhapus di bawah ini.

Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus Menggunakan Fitur Recent Backup

Cara mengembalikan chat WA yang terhapus satu ini bisa dikatakan sangat mudah. Anda dapat menggunakan fitur backup terbaru yang disediakan oleh Whatsapp. Mengapa Anda harus menggunakan cara ini sebagai alternatif pertama?

Fitur ini akan muncul di aplikasi Whatsapp dengan tujuan untuk memindahkan perangkat terutama ketika Anda memiliki smartphone baru nanti. Recent Backup biasanya berjalan secara otomatis sesuai dengan pengaturan yang Anda atur sebelumnya.

Anda bisa mengatur backup dalam jangka waktu harian, mingguan dan bulanan. Aplikasi akan memunculkan notifikasi ketika sedang melakukan backup di menu notifikasi smarphone Anda.

Tidak hanya sebagai backup file data yang ada di WA, tetapi fitur yang satu ini juga bisa Anda gunakan untuk mengembalikan file yang sebelumnya telah dicadangkan secara rutin.

Tempat backup pun bervariasi. Namun biasanya untuk smartphone Android, WhatsApp menyetor file backup ke Google Drive. Sementara untuk iPhone, Anda bisa backup ke iCloud.

Berikut ini adalah cara mengembalikan chat WA yang terhapus menggunakan fitur Recent Backup.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menguninstall aplikasi Whatsapp dari perangkat Anda terlebih dahulu. Setelah itu, Anda dapat mengunduh dan memasang kembali aplikasi tersebut di smartphone Anda.

Setelah itu, buka aplikasi tersebut dan login menggunakan nomor telepon Anda. Jika nanti aplikasi WA menampilkan kata Restore your chat history lalu pilih Restore . Tunggu sampai restorasi selesai, proses ini memerlukan waktu beberapa saat.

Setelah prosesnya selesai, maka obrolan yang hilang akan muncul kembali dalam riwayat obrolan aplikasi WhatsApp. Jika chat yang terhapus masuk ke dalam masa backup terakhir, artinya Anda bisa mengembalikannya dengan mudah.

Namun jika tidak termasuk atau Anda sama sekali tidak melakukan backup, Anda bisa menggunakan alternatif cara berikutnya.

Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus Menggunakan Google Drive

Bagaimana jika chat terhapus namun Anda sempat melakukan backup? Cara mengembalikan chat WA yang terhapus setelah di backup ini cukup mudah bagi Anda untuk diikuti.

Anda dapat menggunakan akun Google Drive untuk mengembalikan chat obrolan yang telah dihapus. Hal tersebut karena Google Drive merupakan tempat dimana file backup disimpan bagi pengguna Android.

Langkah pertama untuk melakukan cara ini adalah Anda harus menguninstall aplikasi Whatsapp pada smartphone Anda terlebih dahulu. Setelah itu, unduh dan pasang ulang aplikasi Whatsapp pada perangkat Anda.

Login menggunakan nomor telepon Anda seperti biasa, kemudian lakukan verifikasi akun. Jika sudah, Anda akan mendapatkan notifikasi untuk Restore atau Pulihkan melalui Google Drive.

Pilih opsi tersebut kemudian klik Next. WhatsApp akan mengembalikan semua chat yang ada di file backup, termasuk yang telah terhapus oleh Anda. Proses ini akan memakan waktu beberapa saat.

Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus Menggunakan iCloud

Nah, bagi Anda pengguna smartphone dengan sistem operasi iOS, Anda dapat menggunakan cara mengembalikan chat WA yang terhapus melalui iCloud.

Jika pengguna Android mayoritas melakukan backup data menggunakan Google Drive, pengguna iOS dapat menyimpan file backup Whatsapp di iCloud. Langkah-langkahnya tak jauh berbeda.

Pertama, Anda harus menguninstall atau menghapus aplikasi Whatsapp terlebih dahulu dari perangkat smartphone Anda. Setelah itu, unduh dan pasang kembali aplikasi tersebut.

Selanjutnya, login seperti biasa ke akun Whatsapp Anda dan lakukan verifikasi nomor telepon. Setelah itu, akan muncul perintah Restore atau Pulihkan pada layar, kemudian klik Next.

WhatsApp akan mengambil file backup yang tersimpan di iCloud. Tunggu beberapa saat. Setelahnya, semua chat akan kembali seperti semula sesuai yang ada di dalam file backup.

Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus Menggunakan Folder Backup

Nah, bagaimana jika Anda tidak sempat melakukan backup sebelum chat tersebut terhapus? Cara mengembalikan chat WA yang terhapus satu ini mungkin bisa Anda coba.

Apakah Anda tidak pernah melakukan backup atau chat yang terhapus tak ada di dalam file tersebut? Jika iya, tenang saja, ada cara terakhir yang bisa menjadi harapan Anda untuk mengembalikan chat WhatsApp. 

Ternyata, aplikasi tersebut secara otomatis selalu membuat salinan chat di dalam penyimpanan lokal smartphone kita. File itu dibuat setiap hari pada pukul 02.00 dan hanya disimpan dalam waktu seminggu.

Jadi, Anda punya waktu tujuh hari untuk mengembalikan data tersebut apabila tidak sengaja menghapusnya. Sebagai informasi, metode ini tidak bisa Anda terapkan di iPhone. Berikut langkah-langkahnya.

1

Langkah pertama, masuklah ke aplikasi File Manager di handphone Anda. Cari folder Whatsapp kemudian pilih folder dengan judul Database.

2

Pada folder itu, Anda akan melihat banyak folder lainnya yang merupakan data salinan Whatsapp.

Pilih folder msgstore.db.crypt14, kemudian ubah namanya menjadi msgstore_BACKUP.db.crypt14. Folder tersebut berisi backup terakhir yang dilakukan oleh WhatsApp.

3

Di dalam folder tersebut terdapat banyak file backup dengan nama msgstore-(tahun)-(bulan)-(tanggal).1.db.crypt14. Pilih file dengan format tanggal yang paling baru dan ubah namanya menjadi msgstore.db.crypt14.

Langkah selanjutnya, bukalah Google Drive dan hapus file backup WhatsApp yang tersimpan di sana. Dengan begitu, aplikasi dipaksa untuk memulihkan backup pada penyimpanan lokal.

Uninstall WhatsApp kemudian unduh dan pasang lagi. Saat muncul perintah untuk Restore atau Pulihkan chat, aplikasi akan mengambil file dari perangkat handphone Anda. Klik Next atau Restore, dan chat yang terhapus akan kembali lagi. 

Cara Backup Chat WA

Berdasarkan pembahasan mengenai cara mengembalikan chat WA di atas, Anda mengetahui bahwa backup data pada Whatsapp sangatlah penting untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Anda dapat melakukan backup data Whatsapp dalam jangka waktu harian, mingguan, atau bulanan. Whatsapp juga telah menyediakan fitur otomatis agar Anda bisa dengan mudah mengatur jadwal backup.

Langkahnya cukup mudah, Anda cukup membuka aplikasi Whatsapp kemudian klik ikon tiga titik yang terletak di pojok kanan atas. Kemudian pilih menu Settings.

4

Setelah itu, Anda akan melihat beberapa menu pengaturan terhadap akun Whatsapp Anda. Pilih menu Chats.

5

Untuk backup data chat Whatsapp, Anda dapat memilih opsi Chat backup. Selanjutnya, aplikasi akan menampilkan pengaturan backup pada akun Whatsapp yang bisa Anda sesuaikan.

7

Anda dapat melihat informasi mengenai kapan data Anda terakhir kali di-backup, berapa ukuran datanya, dan dimana data tersebut disimpan. Pada perangkat Android, terdapat pengaturan Google Drive untuk menyimpan data Whatsapp Anda.

9

Pada menu Back up to Google Drive, Anda dapat memilih frekuensi seberapa sering data disimpan. Anda bisa memilih harian, mingguan, bulanan, atau bahkan hanya ketika Anda menekan tombol backup di aplikasi.

Kelebihan Whatsapp

Setelah mengetahui cara mengembalikan chat WA yang terhapus, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengetahui apa saja kelebihan aplikasi pesan yang satu ini.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan aplikasi Whatsapp yang harus Anda ketahui.

Otomatis Sinkronisasi Kontak

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh WhatsApp adalah aplikasi ini akan otomatis melakukan sinkronisasi terhadap kontak Anda. Jadi, ketika Anda selesai menambahkan kontak atau nomor baru dan kemudian ingin menghubungi orang tersebut.

Maka Anda tidak perlu menghubungkan atau menyinkronkan antara kontak telepon dengan kontak WhatsApp karena sudah otomatis tersinkron.

Tentunya dengan kelebihan seperti ini maka penggunaan WhatsApp menjadi lebih efisien. Anda juga tidak perlu membuang waktu Anda hanya untuk menghubungkan kontak Anda tersebut.

Mudah Digunakan

Sudah bukan rahasia lagi jika WhatsApp merupakan aplikasi perpesanan yang mudah digunakan. Bahkan orang yang baru megang smartphone pun tidak akan kesulitan ketika menggunakan WhatsApp pertama kali.

Selain itu, aplikasi ini juga tidak harus membutuhkan registrasi yang rumit yang menyita banyak waktu Anda. Yang Anda perlukan hanyalah memiliki nomor aktif yang akan Anda jadikan sebagai nomor WA Anda.

Selain itu, WhatsApp juga tidak terbatas pada merk smartphone dan sistem operasi. Semua merk hp dan sistem operasi sudah kompatibel dengan salah satu aplikasi perpesanan terbaik dan paling banyak digunakan di seluruh dunia ini.

Kustomisasi Mudah

Kelebihan WhatsApp yang ketiga adalah memudahkann Anda untuk melakukan kustomisasi pada aplikasi tersebut.

WhatsApp adalah aplikasi open source yang bisa membuat para pengguna mudah ketika hendak melakukan beragam pengaturan sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya.

Anda akan dimanjakan dengan fitur kustomisasi dimana Anda bisa dengan mudah mengubah profil, username, background chat, memblokir nomor, dan lain sebagainya.

Backup Chat

Apakah Anda tahu bahwa WhatsApp menyediakan fitur yang membuat Anda tidak akan kehilangan riwayat pesan seseorang?

WhatsApp sudah menyediakan fitur yang membuat para pengguna bisa mencadangkan atau mem-back up pesan dari siapapun yang diinginkannya. Artinya, pesan tersebut tidak akan pernah hilang selagi pengguna WhatsApp mem-back upnya.

Tersedia Fitur Stories

WhatsApp kini memiliki fitur yang sama dengan Instagram. Fitur tersebut bernama stories yang sebenarnya cara penggunaan dan fungsinya juga sama.

Anda bisa berbagai momen maupun menuliskan status Anda, baik berupa tulisan maupun hanya ingin menampilkan video. Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa menyaring siapa saja orang yang berhak menonton stories Anda tersebut.

Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir status Anda akan dilihat oleh orang lain yang tidak Anda inginkan.

Nah, itu dia beberapa cara mengembalikan chat WA yang terhapus oleh kami. Anda bisa mencoba cara-cara tersebut untuk mengembalikan pesan Anda.

Semoga bermanfaat!

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.