6 cara download video Youtube tanpa aplikasi

6 Cara Download Video Youtube Tanpa Aplikasi

Cara download video Youtube bisa tanpa perlu menggunakan aplikasi atau software apapun, lho. Pelajar cara download video Youtube dengan praktis di sini!

Bagaimana cara download video Youtube tanpa menggunakan aplikasi atau software tambahan?

Pertanyaan tersebut mungkin pernah terbesit ketika Anda sedang menonton video di Youtube dan ingin menyimpannya di perangkat Anda.

Youtube adalah platform media sosial yang berfungsi untuk membagikan dan menonton video. Platform ini dirilis pada tahun 2005 silam oleh Google.

Media sosial ini memiliki lebih dari 2 miliar pengguna aktif per bulannya di seluruh dunia, naik dari 800 juta pengguna pada tahun 2012.

Sebanyak 42,9% dari semua pengguna internet global mengakses Youtube setiap bulannya. Sedangan dalam waktu 24 jam, pengguna menonton lebih dari 1 miliar jam konten di seluruh dunia.

Youtube menyediakan beragam jenis konten yang dapat dinikmati oleh berbagai usia. Anda dapat menemukan video tutorial memasak, materi pembelajaran, musik, film pendek, dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk di Indonesia sendiri, Youtube dinobatkan sebagai media sosial terpopuler di tahun 2021. Youtube berhasil menjaring sebanyak 938% pengguna dari dari total keseluruhan populasi pengguna internet.

Data tersebut artinya sebanyak 170 juta dari total jumlah 181,9 juta pengguna internet di Indonesia dari rentang usia 16 sampai 64 tahun mengakses platform media sosial ini.

Angka yang cukup fantastis ini menunjukkan bahwa aktivitas di Youtube dilakukan oleh hampir semua orang. Anda dapat menonton video Youtube dengan cara streaming.

Streaming artinya Anda menonton video Youtube menggunakan jaringan internet. Namun, ada beberapa kanal yang menyediakan fitur download pada konten videonya.

Terkadang ada beberapa video yang ingin Anda simpan di perangkat Anda. Misalkan untuk video materi agar bisa dipelajari berulang kali, atau video tutorial memasak agar bisa ditonton dengan leluasa, dan lain lain.

Jika menggunakan fitur download, Anda dapat mengunduh video yang ingin ditonton terlebih dahulu, kemudian menontonnya di kemudian hari tanpa harus menggunakan jaringan internet.

Kekurangan fitur ini adalah video youtube yang telah didownload harus diperbarui dalam jangka waktu tertentu. Selain itu, tidak semua kanal menyediakan fitur ini. Ada beberapa video yang tidak bisa Anda download menggunakan fitur bawaan ini.

Lalu bagaimana cara download video Youtube tanpa mengandalkan fitur bawaan dari media sosial ini? Terdapat dua alternatif, yaitu menggunakan aplikasi dan tanpa aplikasi.

Penggunaan aplikasi tentu akan memakan ruang penyimpanan lebih banyak. Tidak hanya harus menampung video yang akan didownload, tetapi juga beban aplikasi tersebut.

Nah, ada cara download video Youtube tanpa harus menggunakan aplikasi. Anda bisa menggunakan layanan ini dengan mengakses situs Youtube downloader.

Situs ini bisa Anda temukan di mesin pencari Google. Ada banyak situs yang menawarkan fitur untuk mengunduh video Youtube yang Anda inginkan.

Kami, telah merangkumkan beberapa cara download video Youtube tanpa aplikasi yang bisa Anda coba.

Cara Download Video Youtube Menggunakan Savefrom.net

Cara download video Youtube pertama yang bisa Anda coba adalah menggunakan situs Savefrom.net. Situs ini sangat mudah digunakan untuk mengunduh video dari berbagai jenis platform.

Savefrom.net adalah layanan video downloader online yang menyediakan fitur download video dari berbagai jenis platfrom mulai dari Youtube, Instagram, dailymotion, Vimeo, TikTok, Twitter, dan masih banyak lagi.

Anda tidak akan kebingungan dalam menggunakan layanan ini karena sudah tersedia petunjuk atau instruksi download untuk masing-masing platform. Cara download video Youtube menggunakan Savefrom.net sangat mudah.

Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Silahkan buka Youtube menggunakan aplikasi atau browser, kemudian salin alamat atau URL video yang ingin Anda download. Selanjutnya, buka laman https://id.savefrom.net/ di browser Anda.

cara download video youtube

Akan muncul halaman awal, tersedia kolom dengan instruksi paste your video link here. Anda dapat menempelkan link URL video Youtube yang telah disalin sebelumnya.

Jika sudah, dalam beberapa saat akan muncul thubmnail dan judul video yang akan didownload.

Di sampingnya, Anda akan menemukan tombol Download dengan kualitas dan format video. Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda.

Klik tanda panah ke bawah di kotak download tersebut, kemudian pilih format, kualitas, maupun suara sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika sudah, klik Download dan tunggu proses pengunduhan hingga selesai.

2

Kini video tersebut sudah tersimpan di perangkat Anda. Layanan download video online ini bisa digunakan pada berbagai jenis perangkat, baik PC, laptop, maupun handphone.

Sangat praktis dan cepat untuk mendownload video favorit Anda.

Cara Download Video Youtube Menggunakan 9Convert

Cara donwload video Youtube yang kedua yaitu menggunakan layanan download video online 9Convert.

9Convert adalah layanan pengunduh video Youtube gratis dan tidak terbatas. Anda dapat mengunduh berbagai jenis video di Youtube dengan format kualitas yang bisa disesuaikan.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengkonversi video Youtube ke dalam format MP3. Konversi video Youtube di layanan ini sangat cepat dan mudah. Anda bisa mengunduh video Youtube hanya dengan beberapa klik.

Cara download vide Youtube menggunakan 9Convert adalah sebagai berikut.

Langkah pertama adalah salin alamat URL video yang akan didownload dengan cara buka aplikasi atau situs Youtube pada browser, kemudian copy link video tersebut.

Setelah itu, buka layanan download video online 9COnvert melalui https://9convert.com/

1

Jika sudah muncul halaman awal situs, tempel link yang sudah disalin sebelumnya di kolom yang tersedia. Kemudian klik Mulailah. Tunggu beberapa saat untuk proses konversi video.

Jika sudah, akan muncul thumbnail dan judul video yang akan didownload. Anda dapat menyesuaikan format, ukuran, dan kualitas dari video yang ingin didownload. Klik tanda panah ke bawah di kotak sebelah thubmnail video.

Setelah itu, klik Download dan tunggu hingga video selesai di unduh. Kini Anda bisa menikmati video tersebut di perangkat Anda sepuasnya.

2

Anda juga bisa mengunduh video di Youtube dan mengubahnya menjadi lagu yang bisa didengarkan dari perangkat Anda kapanpun.

Caranya sama seperti yang telah disebutkan, hanya saja pilih format MP3 sebelum menekan tombol download. Maka, video Youtube Anda akan secara otomatis tersimpan dalam format MP3.

Cara Download Video Youtube Menggunakan y2mate

Layanan download video online selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk cara download video Youtube adalah y2mate. Layanan ini sudah sangat umum digunakan untuk download video di Youtube.

Selain dapat mengunduh video Youtube, situs ini juga bisa mengubah format video dan mengubah video Youtube ke dalam format MP3.

Situs ini mirip dengan savefrom.net. Anda dapat mengunduh video dari berbagai jenis platfrom mulai dari Youtube, dailymotion, Vimeo, dan lain lain ke berbagai format seperti MP4, MP3, 3GP, WMV, FLV, dan lain lain.

Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengunduh video Youtube di y2mate. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyalin alamat URL video Youtube yang diinginkan.

Buka situs y2mate di alamat https://www.y2mate.com. Tempel alamat URL video yang telah disalin sebelumnya pada kolom berwarna merah. Tunggu beberapa saat, thumbnail video yang akan didownload akan muncul.

1

Untuk mengunduh file tersebut, Anda dapat menekan tombol Download dengan menyesuaikan format dan ukuran file yang diinginkan. Tersedia opsi Video, MP3, dan Audio.

2

Tunggu hingga proses download selesai, lalu Anda dapat menonton video Youtube tersebut melalui perangkat Anda secara leluasa.

Cara Download Video Youtube Menggunakan Clipconverter.cc

Cara download video Youtube selanjutnya adalah menggunakan layanan download video online Clipconverter.cc.

Serupa dengan y2mate, Clipconverter.cc adalah layanan download video online gratis yang bisa mengunduh video dari berbagai platfrom seperti Youtube, Vimeo, Facebook, dan lain lain.

Selain itu, situs ini juga bisa mengkonversi format video menjadi audio dalam format MP3, M4A, dan AAC. Berikut langkah-langkah untuk cara download video Youtube menggunakan Clipconverter.

Sebelumnya, siapkan terlebih dahulu alamat URL video yang ingin diunduh. Anda dapat menyalin URL video Youtube melalui aplikasi atau browser. Jika sudah, buka https://www.clipconverter.cc

1

Tempelkan URL yang sudah dipersiapkan sebelumnya ke kolom yang tersedia seperti gambar di bawah ini, kemudian klik Continue. Setelah itu, website akan mempersiapkan file video yang akan didownload.

Jika sudah, thumbnail video Anda akan muncul. Terdapat beberapa opsi pilihan kualitas dan ukuran yang bisa Anda pilih sesuai keinginan. Nama dan format file yang akan tersimpan juga ditampilkan.

2

Setelah itu, klik Start untuk memulai proses pengunduhan video. Anda hanya perlu menunggu sampai proses pengunduhan selesai, lalu video tersebut bisa ditonton secara leluasa.

Cara Download Video Youtube Menggunakan YT5s.com

Layanan download video online selanjutnya adalah YT5s.com. Layanan ini adalah salah satu cara download video Youtube yang tersedia secara gratis dan tak terbatas.

Anda bisa mengunduh video Youtube ke dalam berbagai jenis format seperti MP4, 3GP, WMA, FLV, WEBM, dan sebagainya tanpa batas jumlah video.

Layanan ini juga bisa Anda akses di berbagai perangkat seperti PC, laptop, smartphone, dan tablet. Sehingga sangat memudahkan Anda dalam mengunduh video Youtube.

Anda juga dapat mengunduh audio MP3 melalui layanan ini. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengunduh video dari Youtube menggunakan YT5s.com.

Siapkan terlebih dahulu alamat URL dari video yang akan diunduh, kemudian buka https://yt5s.com. Kemudian, tempel alamat URL yang telah dipersiapkan sebelumnya di kolom yang tersedia. Setelah itu klik Start.

1

Tunggu beberapa saat hingga file video yang ingin diunduh muncul. Anda dapat menyesuaikan format dan ukuran yang diinginkan. Klik tanda panah panah ke bawah pada kotak berwarna putih.

2

Jika sudah, klik Get link untuk mengkonversi video tersebut. Setelah beberapa saat, akan muncul tombol Download untuk mengunduh video tersebut.

Video Anda akan terunduh dan tersimpan secara otomatis di perangkat Anda. Mudah bukan?

Cara Download Video Youtube Menggunakan SSYoutube

Cara terakhir yang bisa Anda gunakan untuk mengunduh video dari Youtube adalah menggunakan SSYoutube. SSYoutube bukanlah layanan download video online seperti lima cara sebelumnya.

Cara ini bisa Anda gunakan apabila membuka Youtube menggunakan browser di perangkat PC, laptop, smartphone, maupun tablet. Cara ini tidak bisa digunakan apabila Anda membuka Youtube melalui aplikasi.

Berikut cara download video Youtube menggunakan metode SSYoutube.

Langkah pertama, Anda harus membuka Youtube melalui browser. Kami menggunakan Chrome untuk membuka Youtube, kemudian cari video yang akan diunduh.

Pada kolom URL di bagian atas, tambahkan ss di depan URL video tersebut. Jika sudah, klik enter. Anda akan diarahkan ke halaman savefrom.net.

1

Setelah itu, seperti cara yang telah dibahas sebelumnya, Anda dapat memilih kualitas, format, dan ukuran video sesuai kebutuhan. Lalu, klik Download untuk memulai proses pengunduhan.

2

Setelah itu, video tersebut akan tersimpan di perangkat Anda. Cara ini dapat Anda gunakan apabila tidak ingin membuka tab secara terpisah ketika membuka Youtube melalui browser.

Nah, cara download video Youtube tanpa aplikasi ini mudah, bukan? Cara ini sangat mudah dan praktis. Anda tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan untuk menyimpan video dari Youtube.

Namun, menggunakan layanan download video online ini tentu memiliki kekurangan. Salah satunya adalah adanya iklan yang cukup mengganggu pada beberapa situs.

Hal tersebut bukannya tanpa alasan. Situs tersebut tersedia secara gratis dan dapat mengunduh video Youtube secara tidak terbatas, maka sangat lumrah untuk ditemukan iklan.

Namun, di luar hal itu, menggunakan layanan download video online adalah cara yang praktis dan bisa Anda coba untuk menyimpan video favorit Anda dari Youtube.

Social Media Marketer menyediakan artikel yang membahas tentang tips berbisnis dengan memanfaatkan media sosial. Kunjungi halaman kami untuk membaca artikel seputar social media marketing.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *