apa itu youtube search insights

Tips Rancang Youtube Marketing Untuk Pemula

Jadikan akun youtube anda menjadi lebih terkenal dengan strategi youtube marketing yang cocok untuk pemula.

Saat bosan dan butuh hiburan di waktu senggang tentunya menonton video youtube menjadi pilihan yang tepat.

Berbagai pilihan video dari jutaaan konten kreator di seluruh dunia menjadikan penonton memiliki banyak pilihan konten yang bisa di tonton kapan saja dan dimana saja.

Pengguna youtube yang banyak dan juga hasil monetisasi youtube yang lumayan menjadikan banyak orang berlomba-lomba untuk menjadi konten kreator di Youtube.

Akan tetapi, banyaknya kompetitor yang memiliki jenis video yang sama menjadikan kreator sebaiknya menyusun strategi youtube marketing yang tepat agar video yang diunggah memiliki banyak penonton.

Karenanya berikut beberapa strategi youtube marketing yang tepat agar video dan akun anda menjadi viral di antara pengguna youtube lainnya.

pengertian youtube marketing

Pengertian Youtube Marketing

Sebagai seorang konten kreator yang merintis karir di Youtube pastinya sering memikirkan cara untuk menjadi lebih terkenal sehingga video yang diunggah bisa lebih banyak ditonton pengguna youtube.

Berbagai macam strategi yang dibuat untuk membuat konten youtube lebih terkenal ini disebut Youtube marketing.

Melalui berbagai strategi youtube marketing yang tepat tentunya akan membantu video yang diunggah memiliki lebih banyak penonton dan juga diikuti oleh lebih banyak pengguna youtube.

Selain itu, jika video youtube anda menjadi lebih terkenal tentunya kreator bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari monetisasi video youtube yang dimiliki.

Karenanya sebelum mencapai kesuksesan tersebut berikut beberapa langkah mudah merancang youtube marketing bagi pemula.

langkah langkah merancang youtube marketing

Langkah – Langkah Merancang Youtube Marketing

Potensi youtube yang besar dengan pengguna aktif yang sanggup menonton video dalam durasi lama menjadikan promosi menggunakan youtube menjadi strategi promosi yang tepat.

Tidak hanya itu, banyak pula konten kreator yang mampu menghasilkan penghasilan dalam jumlah banyak hanya dengan mengunggah konten di Youtube namun memiliki banyak penonton dan juga pengikut aktif.

Karenanya agar kreator mampu melakukan promosi menggunakan youtube dan juga mendapatkan banyak penonton dari platform ini berikut beberapa strategi youtube marketing yang bisa digunakan oleh kreator.

Buat Dulu Akun Youtube

Sebelum merancang strategi youtube marketing maka akan lebih baik untuk membuat akun youtube terlebih dahulu.

Langkah ini dilakukan agar kreator dapat mengetahui fitur yang dimiliki dan dapat dimanfaatkan untuk strategi youtube marketing ke depannya.

Pembuatan akun youtube pun sangat mudah dan bisa dilakukan dalam waktu singkat dengan beberapa langkah berikut :

  • Pertama, buat akun google mail atau gunakan akun email yang anda miliki
  • Kedua, gunakan akun email tersebut untuk membuat akun youtube atau kreator bisa menggunakan akun youtube yang sudah dimiliki sebelumnya namun tidak terpakai.
  • Ketiga, jika akun youtube sudah selesai dibuat maka kreator bisa membuat brand account dan juga channel youtube sendiri

Disaat akun youtube sudah selesai dibuat maka kreator bisa mengisi berbagai macam biodata sebagai informasi terhadap akun youtube yang anda kembangkan.

Beberapa identitas yang bisa anda isi adalah foto profil dimana kreator bisa menggunakan logo perusahaan jika ingin mengembangkan akun youtube perusahaan atau foto sendiri apabila ingin fokus menjadi kreator.

Kreator juga bisa mengisi dengan akun social media yang dimiliki di kolom deskripsi agar pengikut yang anda miliki bisa berinteraksi secara intens melalui akun yang anda miliki serta meningkatkan brand awareness yang anda miliki.

Anda juga bisa mengisi deskripsi singkat mengenai isi konten yang anda kupas dan juga latar pendidikan atau pekerjaan yang sedang dilaukukan dan berkaitan dengan isi video yang anda kupas.

Youtube sendiri juga menyediakan fitur header dimana kreator bisa memajang sampul akun youtube yang dapat mempercantik akun youtube yang anda miliki.

Dengan melengkapi berbagai data di deskripsi profil tentunya akan membantu meningkatkan strategi youtube marketing yang anda kembangkan .

Agar akun youtube yang anda kembangkan menjadi lebih profesional maka kreator sebaiknya menggunakan Brand Account yang tentunya lebih menguntungkan karena mengizinkan akun youtube anda dikelola oleh beberapa orang sehingga mempermudah pekerjaan anda sebagai kreator.

Pelajari Selera Konsumen yang Dituju

Setelah kreator melengkapai identitas diri di deskripsi akun youtube dan juga mempelajari berbagai fitur yang tersedia di Youtube maka langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan mempelajari selera konsumen yang dituju.

Dengan memahami selera konsumen maka akan mempermudah kreator dalam membuat konten youtube yang relevan dan disukai oleh konsumen yang anda inginkan.

Hal ini tentunya akan mempermudah kreator dalam membuat strategi youtube marketing yang cocok sehingga dapat menyasar lebih banyak pengguna youtube yang diinginkan.

Sebelum membuat strategi youtube marketing maka kreator sebaiknya mengetahui untuk siapa video tersebut dibuat dan juga daya tarik yang dapat membuat pengguna youtube menonton video anda.

Apabila kreator sudah mengetahui tujuan video tersebut maka kreator bisa memulai merancang strategi youtube marketing dengan membuat konten video yang sesuai dengan selera konsumen.

Guna memudahkan kreator dalam membuat ranangan strategi youtube marketing maka Youtube menyediakan fitur Analytics Tab dimana kreator bisa melihat insight mengenai konten kesukaan konsumen.

Tidak hanya itu, kreator juga dapat menemukan berapa banyak orang yang menemukan akun anda melalui kolom pencarian di Youtube, rekomendasi dari beranda youtube atau saluran promosi yang lain.

Dengarkan Keinginan Konsumen

Tidak hanya mengetahui keinginan konsumen melalui layanan insight yang tersedia namun kreator juga bisa mendengarkan keinginan konsumen yang disampaikan melalui kolom komentar.

Strategi ini bisa dilakukan mengingat konsumen biasanya mengirimkan permintaan ide konten video melalui kolom komentar yang tentunya disetujui oleh pengikut anda yang lain.

Semakin banyak permintaan mengenai konten video tertentu maka kreator bisa membuatnya sebagai fan service yang mampu untuk meningkatkan engagement dari konten video yang diunggah.

Tidak hanya itu kreator juga bisa mendengarkan keinginan konsumen dengan membaca direct message atau komentar yang dikirimkan di akun social media yang anda miliki.

Karenanya sebagai kreator sebaiknya melakukan interaksi lebih sering dengan konsumen agar bisa mengetahui keinginan konsumen dan juga meningkatkan hubungan dua arah

Analisa Pengembangan Akun dan Video Youtube

Setelah mengunggah berbagai macam video dan juga melakukan strategi youtube marketing yang sudah direncanakan maka kreator melakukan analisa terhadap performa akun youtube yang kembangkan.

Dalam melakukan analisa akun dan video youtube yang anda miliki maka kreator bisa melihat pertumbuhan subscriber channel youtube yang dimiliki dan membandingkannya dalam kurun waktu tertentu.

Selain itu kreator juga bisa menghitung jumlah penonton video youtube yang di dapatkan setiap mengunggah video dalam frekuensi waktu tertentu untuk menghitung jumlah peningkatan atau penurunan viewers.

Kreator juga sebaiknya memperhatikan kolom komentar yang ada di setiap video yang diunggah, apakah isi komentar banyak berisi apresiasi dan saran atau malah hate comment yang bermunculan dan kritik yang tidak berdasar.

Meningkatkan kualitas video yang dimiliki juga akan membantu meningkatkan viewers konten yang dimiliki sehingga bisa menjangkau lebih banyak pengguna youtube berkat rekomendasi yang diberikan oleh Youtube.

Dengan mengetahui kelemahan dan kekuatan konten dan akun yang anda kembangkan maka akan mempermudah kreator dalam membuat strategi youtube marketing yang sesuai dengan pasar yang dituju.

Pelajari Strategi Kompetitor

Dalam membuat strategi youtube marketing tentunya penting untuk mengetahui rancangan strategi yang digunakan oleh kompetitor lain.

Cara ini dilakukan agar strategi anda berseberangan dengan kompetitor lain sehingga kreator bisa menguasai pasar yang berbeda dan tidak dimiliki oleh kompetitor lain.

Kreator tidak hanya bisa mempelajari strategi kompetitor untuk memenangkan kompetisi namun juga bisa mempelajari cara kerja dari akun youtube favorit.

Dengan mempelajari banyak konten youtube yang berbeda dari pasar yang anda tuju maka kreator dapat melihat bagaimana kreator lain bekerja dan juga trend youtube marketing yang selalu berubah setiap harinya.

Salah satu analisa konten yang bisa anda lihat adalah kualitas video dan juga suara yang diunggah, semakin jelas grafik dan juga audio yang digunakan maka akan menarik perhatian pengguna konsumen untuk menonton video anda.

Hal ini juga akan meningkatkan motivasi anda untuk lebih belajar mengenai cara edit video yang tepat dengan penggunaan tone yang sesuai dengan konten video yang anda kembangkan.

Kreator juga bisa melihat penggunaan thumbnail dan juga judul video yang dapat menarik perhatian konsumen untuk berkunjung dan menonton video yang anda unggah.

Jadwalkan Waktu Unggah Video

Sebagai seorang kreator yang profesional tentunya membutuhkan waktu untuk melakukan analisa terhadap isi konten dan juga waktu untuk mengedit video sebelum di unggah.

Meskipun begitu kreator perlu memaksimalkan waktu yang dimiliki agar dapat mengunggah konten di waktu yang telah ditentukan sebelumnya.

Penjadwalan ini dilakukan agar pengikut yang anda miliki mendapatkan jadwal yang tetap untuk menonton video anda sehingga menyediakan waktu untuk menonton video yang unggah.

Penggunaan reminder di konten video yang anda unggah tentunya akan membuat pengikut anda menyediakan waktu khusus untuk menonton video anda sehingga tidak lupa menonton video yang telah ditunggu-tunggu.

Semakin banyak penonton yang melihat video anda disaat pertama kali video diunggah maka akan mempengaruhi algoritma youtube sehingga dapat menyasar pengguna youtube yang lebih banyak lagi.

Namun apabila kreator sudah membuat dan mengedit video yang dimiliki maka kreator bisa memasukkannya ke penjadwalan konten yang ada di Youtube Studio atau website social media management yang anda gunakan.

Sebelum melakukan penjadwalan konten yang anda miliki maka sebaiknya kreator memikirkan terlebih dahulu frekuensi mengunggah konten, apakah sehari sekali atau seminggu sekali? jika sudah maka kreator bisa berpaku pada penjadwalan konten yang telah ditetapkan.

Selain itu, kreator juga sebaiknya memperhatikan hari atau waktu dimana pengikut anda paling banyak menonton video tersebut sehingga kreator bisa menggunakannya untuk mengunggah konten yang diinginkan.

Guna mengetahui waktu aktif konsumen maka kreator bisa melihatnya di fitur insight di kolom pengaturan yang ada di akun youtube.

Dengan mengetahui waktu tayang video yang tepat tentunya akan memudahkan kreator dalam menyusun strategi youtube marketing yang tepat sehingga menghasilkan konten youtube dengan banyak viewers dan subscribers.

Optimasi Channel Youtube Untuk Menarik Konsumen

Berbagai macam konten yang diunggah di sebuah channel youtube terkadang membuat penonton bingung untuk memilih konten yang benar-benar ingin ditonton.

Apalagi jika konten yang dimiliki diunggah begitu saja tanpa adanya pengelompokkan yang membuat penonton bingung untuk memilih konten yang diinginkan.

Karenanya untuk melayani keinginan konsumen maka kreator sebaiknya mengelompokkan konten video berdasarkan isi kontennya sehingga memudahkan konsumen untuk melihat konten yang diinginkan.

Kreator juga bisa membuat trailer singkat yang menceritakan isi dari channel youtube yang anda kembangkan dan konten yang anda unggah sehingga menarik perhatian penonton yang penasaran dengan akun youtube anda.

Optimasi SEO Video di Youtube

Meskipun konten dari Youtube hanya berupa video dengan durasi yang panjang namun platform ini menjadi mesin pencari kedua setelah Google yang diandalkan oleh banyak orang.

Hal ini dikarenakan pengguna youtube dapat menemukan berbagai konten tutorial yang mampu menjawab berbagai pertanyaan hidup yang dimiliki.

Karenanya dalam mengunggah video di Youtube sebaiknya kreator juga memerhatikan search engine optimization sehingga video yang di unggah memiliki banyak penonton dan mudah dicari oleh pengguna Youtube.

Penggunaan SEO dalam Youtube marketing juga bisa diaplikasikan dalam beberapa langkah berikut :

Judul Video Youtube

Saat pertama kali pengguna youtube mencari video tentunya akan memasukkan kata kunci tertentu yang memudahkan untuk mencari jenis video yang diinginkan.

Kata kunci yang singkat dan tidak bertele-tele memiliki kemungkinan besar untuk mendapatkan konten video yang diinginkan sehingga pengguna tidak perlu waktu lama untuk mencari video yang diinginkan.

Pengoptimalan kata kunci untuk mencari video di Youtube tentunya tidak hanya berlaku bagi pengguna youtube namun bagi kreator yang ingin mengunggah konten video di Youtube.

Karenanya sebelum mengunggah video maka sebaiknya kreator membuat judul video yang mengundang rasa penasaran pengguna youtube untuk menonton video yang anda unggah.

Kreator juga sebaiknya memasukkan kata kunci tertentu di konten video yang akan diunggah agar lebih mudah dicari oleh pengikut yang anda miliki.

Agar kata kunci yang digunakan efektif maka kreator sebaiknya mencari keyword yang tepat melalui website keyword research terlebih dahulu agar menemukan kata kunci yang sering dicari oleh banyak pengguna.

Deskripsi Video

Tidak hanya menggunakan judul video yang menarik untuk mampu mendapat perhatian dari pengguna Youtube untuk menonton video anda.

Penggunaan deskripsi video yang rinci dan jelas tentunya bisa digunakan untuk membuat penonton penasaran dan menonton video anda dari awal sampai akhir.

Meskipun Youtube memiliki kelonggaran dalam pengisian deskripsi video youtube namun platform ini hanya menampilkan 3 baris pertama isi deskripsi di video yang anda unggah.

Karenanya di 2 kalimat pertama deskripsi video youtube sebaiknya kreator meletakkan call to action agar penonton anda menonton video yang anda unggah sampai habis.

Kehadiran deskripsi video di youtube sendiri tidak hanya menjadi pemancing rasa penasaran namun sebagai tambahan informasi bagi pengguna Youtube.

Salah satunya adalah memberikan link barang yang diulas oleh kreator sehingga penonton video bisa langsung membelinya setelah melihat ulasannya di Youtube.

Tag Video Youtube

Disaat social media menyediakan hastag yang memudahkan penggunanya untuk mencari konten dan juga akun social media yang relevan maka Youtube juga menyediakan fitur tagar.

Adanya fitur tagar ini memudahkan pengguna youtub untuk mencari jenis konten yang relevan dari berbagai kreator baik dalam maupun luar negeri sehingga mendapatkan variasi konten yang lebih beragam.

Disisi lain, keberadaan tagar juga berguna bagi kreator untuk menyambungkan satu video ke jenis video lain yang memiliki isi yang serupa.

Penggunaan tagar youtube yang relevan tentunya akan membantu strategi youtube marketing untuk menjangkau penonton yang sesuai sehingga meningkatkan viewers video.

Karenanya penting bagi kreator untuk menemukan tagar yang relevan dengan konten yang dimiliki agar mudah ditemukan oleh pengguna youtube yang memiliki kesukaan konten yang sama dengan anda.

Thumbnail Video Youtube

Salah satu daya tarik untuk menonton video yang ada di Youtube adalah melihat terlebih dahulu thumbnail video yang digunakan.

Semakin menarik thumbnail video yang dipasang di beranda maka akan meningkatkan rasa penasaran pengguna youtube untuk melihat video yang anda unggah.

Karenanya agar thumbnail video semakin menarik maka kreator bisa mendesain thumbnail video menggunakan aplikasi edit foto yang ada di internet.

Kreator juga bisa memasukkan gambar cuplikan video yang diunggah untuk menambah rasa penasaran pengguna youtube untuk melihat isi video anda sampai akhir.

Beberapa kreator juga biasanya memasang tulisan yang berisi kata kunci video yang akan dibahas sehingga pengguna youtube dapat mereka-reka isi video sebelum melihat videonya sampai habis.

Penggunaan thumbnail video yang jelas tentunya akan menarik perhatian konsumen untuk menonton video anda meskipun sebelumnya belum pernah melihat video anda.

Promosi Melalui Social Media

Tidak hanya memanfaatkan fitur di youtube seperti thumbnail, judul, dan juga tagar untuk dapat menjangkau pengguna youtube lain namun kreator juga bisa melakukan promosi melalui social media.

Promosi melalui social media sendiri dinilai efektif karena dapat mengarahkan pengguna social media yang menyukai konten yang sama untuk melihat konten video yang anda unggah di Youtube.

Beberapa influencer social media juga kerap kali mempromosikan konten youtube yang dimiliki agar ditonton oleh pengikut yang dimiliki.

Agar pengikut anda bisa lebih mudah mengakses video yang anda miliki maka bisa menggunakan fitur stiker link untuk mencantumkan video youtube yang telah anda unggah.

Penggunaan hastag di konten social media juga dapat membantu menyebarkan konten video anda menuju pengguna social media yang relevan dan sesuai dengan target konsumen yang anda miliki.

Promosi Melaui Website

Bagi kreator yang ingin mempromosikan brand atau produk yang dimiliki menggunakan video Youtube maka bisa memanfaatkan website perusahaan yang dimiliki.

Promosi melalui website ini juga dinilai efektif karena banyaknya pengguna website yang berkunjung setiap harinya dan juga kreator dapat menyelipkan konten video di fitur yang ada di website tersebut.

Penggunaan website sebagai media promosi video youtube juga akan membantu video yang anda unggah menjadi lebih profesional dan menunjukkan keberadaan akun youtube perusahaan yang resmi.

Disaat kreator memasukkan link video youtube ke akun website tentunya akan membuat traffic akun youtube dan website yang anda gunakan meningkat secara bersamaan.

Promosi Melalui Email

Sebagian besar brand yang sedang berkembang dan telah memiliki banyak konsumen biasanya memiliki database konsumen yang bisa dimanfaatkan sebagai media promosi yang tepat.

Salah satu data konsumen yang dimiliki adalah akun email yang di dapatkan ketika membagikan sampel produk secara gratis atau membagikan layanan yang dimiliki secara cuma-cuma.

Adanya alamat email ini juga bisa digunakan untuk menyebarkan konten youtube yang telah diunggah sehingga bisa ditonton lebih banyak orang.

Sayangnya kehadiran newsletter yang dikirimkan jarang dilirik oleh konsumen karena terlihat sebagai promosi sehingga konsumen memilih untuk mendiamkan email tersebut.

Karenanya agar konsumen anda tertarik untuk membuka email yang anda kirimkan maka kreator sebaiknya menggunakan kalimat pembuka email yang membuat konsumen penasaran sehingga melihat konten video yang anda sebarkan.

Dalam pengiriman email marketing sebaiknya kreator hanya mengirimkan di waktu yang tepat dan tidak terlalu sering agar konsumen tidak terganggu dengan email anda sehingga melakukan unsubscribe akun email yang anda miliki,

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.