cara monetisasi youtube

Terbaru! Cara Monetisasi Youtube dengan Mudah

Saat ini sudah banyak orang yang mencari hiburan di Youtube. Berbagai hiburan berupa video terbukti ampuh untuk menghilangkan bosan dan juga suntuk. Tidak hanya orang dewasa bahkan anak-anak sekalipun juga mulai untuk menoton di Youtube.

Berbagai video yang ada di platform ini berasal dari content creator yang membuat konten-konten video yang unik dan menarik.

Tidak hanya berupa konten hiburan namun pengguna juga bisa membuat konten edukasi yang nantinya akan menambah ilmu bagi penontonnya.

Sebuah video Youtube yang sedang naik daun tidak hanya memberikan banyaknya penonton konten anda, namun juga bisa memberikan keuntungan lainnya berupa uang yang di dapat dari monetitasi.

Monetisasi sendiri merupakan suatu proses untuk mendapatkan penghasilan dari Youtube. Hal ini bisa di dapatkan ketika video anda sudah populer dan mendapatkan views yang banyak dalam waktu cepat.

Saat ini banyak creator yang berawal dari orang biasa bisa menjadi lebih terkenal berkat ketenaran dari video yang di buat.

Selain sebagai sumber penghasilan baru melalui monetisasi video, seorang content creator yang fokus di Youtube bisa mengasah kemampuan dan mengembangkan hobi serta memperluas.

Karenanya agar anda mengetahui apa saja manfaat dari monetisasi Youtube dan tutorialnya berikut beberapa langkah mudah mengaktifkan monetisasi di Youtube

kegunaan youtube untuk content creator

Kegunaan Youtube untuk Content Creator

Saat bermain social media anda bisa dengan mudah mendapatkan rekomendasi influencer yang membahas berbagai konten mulai dari hiburan hingga edukasi.

Perkembangan internet yang cepat saat ini membuat banyak orang mampu mengekspresikan dirinya dengan mudah melalui berbagai social media yang ada, tidak hanya Facebook dan Instagram namun Youtube kini menjadi tempat yang tepat untuk sarana ekspresi diri.

Melalui platform video streaming ini pengguna juga bisa mengembangkan berbagai bakat yang dimiliki serta menyalurkan minatnya di platform yang tepat.

Karenanya agar semakin semangat dalam membuat berbagai konten di social media. Berikut beberapa keuntungan Youtube bagi content creator :


Mengembangkan Hobi

Suka mengulik berbagai aplikasi edit video dan juga membuat video yang unik dan menarik. Jika Iya, maka anda bisa mengembangkan hobi anda dengan menjadi content creator di Youtube.

Dengan menjadi influencer Youtube maka anda bisa mengembangkan hobi yang dimiliki di tempat yang tepat dan sesuai bidangnya.

Saat memulai mengembangkan konten Youtube pengguna tidak hanya dituntut untuk membuat desain video yang menarik namun juga membuat isi konten yang komunikatif dan bisa dipahami penonton.

Anda juga bisa membuat konten yang sesuai dengan minat anda seperti edit video atau review barang tertentu, memulai sebuah postingan video dari topik kesukaan akan membantu anda untuk bersemangat dalam membuat berbagai konten yang menarik.

Mengasah Kemampuan

Punya kemampuan lebih dalam mengedit video tentu harus diasah lebih sering agar kemampuan tersebut tidak hilang.

Selain bergabung dengan perusahaan industri kreatif sebagai content creator anda juga bisa mengembangkan diri anda dengan menjadi kreator di Youtube.

Konten yang unik dengan pengambilan video dan editing yang menarik tentu akan membuat video anda cepat untuk naik daun.

Karenanya milikilah ciri khas tersendiri pada video Youtube anda sebagai pembeda konten Youtube and dengan lainnya.

Menambah Relasi

Seorang content creator yang memiliki banyak video yang trending terkadang memiliki kesempatan besar untuk diundang ke berbagai acara.

Hal ini dapat mengundang lebih banyak relasi baik yang berkaitan dengan konten yang dibuat atau diluar industri Youtube.

Dengan banyaknya relasi yang ada juga akan memudahkan seorang content creator untuk melakukan lebih banyak eksplorasi konten yang menarik atau melakukan kolaborasi dengan creator yang lain.

Dengan adanya kolaborasi ini juga bisa membuat pengguna mendapatkan lebih banyak penonton baru yang tertarik pada anda setelah menonton video kolaborasi.

Karenanya manfaatkan relasi ini dengan baik untuk perkembangan channel Youtube anda ke depannya.

Sebagai Sumber Penghasilan

Besarnya konsumen Youtube di Indonesia membuat konten kreator dari negara ini mendapatkan hasil yang sangat besar. Tak jarang kita menemukan banyak content creator yang mendapatkan penghasilan dari Youtube dari hasil monetiasai video yang dimiliki.

Penghasilan dari platfrom ini pun terhitung menguntungkan dan bisa menghasilkan penghasilan pasif yang menjanjikan untuk beberapa tahun lamanya.

Tak hanya itu, beberapa content creator yang sudah memiliki nama dan basis pengikut yang kuat bisa saja mendapatkan tawaran endorsement dari berbagai perusahaan besar untuk melakukan kolaborasi dalam promosi produk..

Hal ini tentu saja bisa dijadikan penghasilan tambahan lainnya apalagi jika seorang content creator bisa membuat konten promosi yang baik tanpa terlihat mengiklankan barang maka bisa saja berbagai tawaran pun datang lebih banyak.

Namun, dibutuhkan waktu bertahun-tahun bagi seorang content creator untuk mencapai fase ini karenanya kerja keras dan konsistensi dibutuhkan untuk mengembangkan konten dan kanal Youtube yang dimiliki.

Mendapatkan Berbagai Pengalaman Baru

Berawal dari membuat konten video dari rumah seorang konten kreator bisa melanglang buana ke berbagai daerah lainnya untuk membuat konten yang menarik yang memanjakan penontonnya.

Tidak hanya itu, seorang kreator bisa saja mendapatkan berbagai pengalaman baru yang mungkin saja tidak di dapatkan sebelum menjadi content creator.

Disisi lain, seoarng content creator juga bisa mendapatkan pengikut sestia yang tertarik berkat berbagai konten video yang anda buat.

Semakin besar nama yang dimiliki maka akan menambah lebih banyak pengikut sehingga bisa membuat content creator mampu membangun komunitasnya sendiri.

Apabila anda berhasil membangun komunitas yang dimiliki maka tidak hanya pengikut yang anda dapatkan namun juga teman-teman baru yang mendukung karir anda.

Hal ini tentu saja mendukung bagi kelancaran karir anda sebagai content creator, jadi sudahkan siap untuk memulai membuat konten video di Youtube?

apa itu program partner youtube

Apa Itu Program Partner Youtube

Seorang content creator yang memiliki banyak video trending bisa mendapatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari program partner Youtube.

Dengan menjadi bagian dari program partner ini, seorang content creator mendapatkan kehormatan untuk mengakses berbagai fitur atau akses langsung ke Tim Dukungan Kreator. Hal ini akan mempermudah apabila ke depannya anda mendapatkan masalah saat mengungah video.

Berbagai fitur yang di dapatkan setelah bergabung menjadi Youtube Partner adalah akses ke tim dukungan kreator, Copyright Match Tool, dan juga fitur monetisasi.

Pernah menemukan video yang di unggah di kanal resmi suatu perusahaan dan menemukannya kembali di kanal Youtube yang lain.

Seorang content creator bisa saja mengajukan hak cipta apabila video yang dimilikinya diunggah di akun lain tanpa izinnya dengan mengajukan Copyright Match Tool.

Setelah proses pengajuan maka Youtube akan memeriksa apakah video tersebut memiliki banyak kesamaan sehingga pihak platform ini bisa menghapusnya.

Tidak hanya itu, content creator yang telah memiliki banyak views dalam waktu singkat dengan waktu singkat dan dalam jangka waktu yang lama juga bisa mengajukan monetitasi terhadap videonya agar setiap 1000 views bisa dikonversikan ke dalam bentuk uang.

Akan tetapi sebelum melakukan monetisasi sebaiknya pengguna menyiapkan berbagai persyaratan yang diminta oleh Youtube sehingga proses monetisasi bisa berjalan lebih mudah.

Meskipun memakan waktu lama namun setelah terverifikasi tentunya akan menghasilkan keuntungan yang berlipat bagi anda.

cara mudah monetisasi Youtube

Cara Mudah Monetisasi Youtube

Tidak hanya sekedar terkenal dan memiliki banyak views namun Youtube sendiri memiliki berbagai persyaratan agar sebuah akun bisa mendapatkan verfikasi dan monetisasi dari setiap 1000 penonton.

Karenanya jika anda ingin mengaktifkan monetisasi akun Youtube anda maka beberapa langakah mudah ini sebaiknya dilakukan :

Syarat Monetisasi Youtube

Cara pertama yang harus dilakukan untuk mengaktfkan monetisasi Youtube adalah memenuhi persyaratannya, berikut beberapa syarat yang harus anda penuhi :

  • Mengikuti segala aturan yang ditetapkan oleh Youtube, mulai dari memenuhi kebijakan konten yang tidak boleh berisi kekerasan, pornografi, atau memasukkan konten baik berupa gambar atau video yang mengandung hak cipta.
  • Tinggal dan berdomisili di tempat Youtube Partner tersedia, untungnya Indonesia sendiri telah menjadi bagian dari komunitas ini sehingga anda bisa lanjut ke langkah berikutnya.
  • Memiliki jumlah jam tayang sebanyak 4.000 penayangan dalam waktu satu tahun terakhir
  • Memiliki 1.000 pengikut organik
  • Memiliki dan telah terhubung dengan akun Adsense.

Meskipun telah mengikuti berbagai persyaratan yang ada namun masih ada kemungkinan permintaan akun anda ditolak.

Akan tetapi bila proses verfikasi anda ditolak oleh pihak Youtube maka anda bisa mengajukannya kembali 30 hari kemudian setelah menenuhi berbagai persyaratan yang diminta.

Salah satu alasannya adalah karena tidak memiliki Google Adsense yang terhubung dnegan akun Youtube anda, karenanya berikut langkah-langkah untuk mengaktifkan Google Adsense anda.

Tutorial Mengaktifkan Google Adsense

Tidak hanya mendapatkan penghasilan tambahan melalui views namun pengguna juga bisa mendapatkan tambahan lainnya dengan mengaktifkan Adsense di video yang dimiliki.

Youtube sendiri memberikan syarat tertentu bagi pengguna untuk mengaktifkan fitur Adsense, diantaranya pengguna harus berumur 18 tahun atau setidaknya memiliki wali sebagai syarat pengaktifkan akun Adsense.

Syarat ini diberlakukan karena biasanya remaja di umur 18 tahun sudah memiliki berbagai dokumen kependudukan seperti KTP atau SIM yang berguna untuk berbagai keperluan.

Karenanya agar hasil yang di dapatkan semakin banyak, berikut tutorial mengaktifkan Google Adsense:

  • Pilih ikon akun Youtube di kanan atas
  • Masuk ke menu Creator Studio
  • Pada bagian kiri pilih Channel
  • Kemudian klik “Status and Features”
  • Klik enabile di bagian “Monetization”
  • Ikuti perintah yang ada di halaman tersebut.

Tutorial Monetisasi Youtube

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan dari Youtube adalah melakukan monetisasi.

Pengguna baru bisa mengaktifkan layanan ini setelah memenuhi berbagai persyaratan yang diminta juga mengaktifkan akun Adsense.

Youtube sendiri memberikan berbagai pilihan monetisasi yang bisa dipilih oleh pengguna sehingga bila salah satu cara tak berhasil maka bisa menggunakan cara yang lainnya.

Aktifkan Monetisasi Melalui Google Adsense

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengaktifkan monetisasi adalah mengandalkan iklan sebagai sumber pemasukan utama.

Pengguna bisa memilih iklan mana yang cocok dengan konten anda dan juga peletakan iklan tersebut. Beberapa content creator meletakkannya di awal, tengah, atau akhir video.

Akan tetapi pengguna sebaiknya memasukkan konten iklan di akhir video agar penonton yang telah selesai penonton lebih menikmati iklan yang ada.

Penggunaan iklan di awal atau tengah video justru akan membuat mood penonton menurun sehingga keluar dari video yang di tonton. Hal ini tentu saja bisa menimbulkan kerugian bagi anda.

Fitur ini akan diaktifkan apabila pengguna sudah memiliki akun Adsense dan mengaktifkannya. Memasang iklan pun tidak bisa sembarangan karena pihak pengiklan juga memberikan berbagai persyaratan khusus yang harus dipatuhi oleh pengguna.

Karenanya pengguna sebaiknya memilih iklan yang sesuai dengan konten yang akan disajikan agar hasilnya bisa lebih maksimal.

Membership Channel

Saat masuk ke konten edukasi seperti olahraga atau memasak biasanya pengguna menemukan membership channel yang ada di bawah bagian subscribe.

Sebenarnya Membership Channel itu Apa Sih?

Layanan ini sendiri ditujukan bagi penonton yang ingin mendapatkan berbagai konten eksklusif dari content creator yang dituju, biasanya konten edukasi ini membuat playlist khusus yang ditujukan bagi membernya.

Membership channel ini bisa digunakan apabila pengguna ingin membuat konten eksklusif yang berbeda dan hanya ditampilkan kepada para penggemarnya.

Semakin banyak konten eksklusif menarik yang diproduksi maka akan meningkatkan jumlah member yang membayar ke akun anda.

Youtube juga menyediakan syarat khusus monetisasi membership channel yakni pengikut suatu akun haruslah berkisar di angka 30.000 pengikut dengan minimal umur pengguna 18 tahun.

Berikut tata cara melakukan monetisasi Membership Channel :

  • Login ke Akun Youtube
  • Masuk ke halaman Membership
  • Ikuti perintah yang muncul di layar

Selain menggunakan layanan membership channel, anda juga bisa menggunakan fitur merchandise yang tentunya menyediakan berbagai layanan berbayar lainnya.

Merchandise

Disaat memiliki komunitas yang kuat dan pengikut yang banyak, pengguna bisa menjual berbagai merchandise khusus sebagai branding anda.

Penggunaan merchandise ini bisa digunakan sebagai identitas anda dan tentu akan membuat pengikut setia anda tertarik untuk membelinya.

Sebuah merchandise juga bisa menjadi identitas dan ciri khas khusus yang menjadi penanda bagi anda dan komunitas anda.

Berikut tata cara mengaktifkan layanan Merchandise di akun anda :

  • Masuk ke Youtube Studio Beta
  • Pada kolom sebelah kiri anda bisa melihat menu Monetisasi yang bisa di klik
  • Pilih kolom Merchandise dan isi persyaratan yang harus dipenuhi
  • Ikuti petunjuk yang ada di menu

Super Chat

Melakukan interaksi tentu saja dibutuhkan agar anda dan komunitas anda bisa semakin dekat satu sama lain. Saat ini Youtube juga mengeluarkan layanan siaran langsung berbayar yang hanya bisa ditonton oleh pengguna yang berlangganan.

Dengan melakukan siaran langsung secara intens ini, pengguna bisa menyapa komunitas anda dan mendekatkan diri satu sama lain.

Cara Mengambil Monetisasi dari Youtube

Setelah menggunakan berbagai layanan monetisasi yang disediakan tentunya pengguna juga ingin mengambil hasilnya.

Pengguna cukup menggunakan verifikasi pin yang digunakan saat mendaftar di Google Adsense. Berikut langkah-langkah mengambil hasil monetisasi di Youtube :

  • Masuk ke akun Adsense dan masukkan alamat email dan kata sandi yang telah di daftarkan
  • Pilih menu pengaturan dan pilih Setelan
  • Pilih Informasi Akun dan Klik Verfikasi alamat
  • Masukkan Pin yang telah dikirimkan

Setelah data Adsense terpenuhi, pengguna tinggal mengisikan data yang diminta untuk mengirimkan hasil pendapatan setiap bulannya.

Jadi, sudahkah siap untuk akun anda naik level?

tips tarik subscribed dengan cepat

Tips Tarik Subscriber dengan Cepat

Channel Youtube yang memiliki konten dengan views tinggi dan juga komunitas yang erat tentunya di dukung dengan video yang menarik dan berbeda dangan akun lainnya.

Karenanya sebelum membuat konten video yang viral maka ketahui dulu tips mudah tarik subscriber dengan cepat namun tetap menggunakan pengikut organik.

Ketahui Cara Kerja Algoritma Youtube

Sama seperti social media lainnya yang algoritmanya masing-masing, platform ini pun juga memiliki perhitungan sendiri untuk jumlah tayang sebuah video.

Dikutip dari halaman Bootlikes, seorang content creator membutuhkan waktu tonton video yang tinggi untuk menjadikannya viral, perhitungannya terdiri dari jumlah menit video yang ditonton, jumlah dan durasi penayangan, frekuensi upload video, durasi sesi, dan lain sebagainya.

Algoritma ini digunakan untuk mengukur seberapa banyak orang yang berkunjung dan stay di video kita, semakin banyak orang yang datang maka akan menguntungkan pengguna karena menaikkan jumlah tayang.

Karenanya untuk membentuk pengikut yang kuat, pengguna bisa membuat konten yang sesuai dengan minat konsumen dan juga dengan durasi yang pas.

Tentukan Durasi Video yang Tepat

Sedang asyik menonton video namun dirasa durasinya terlalu lama? Saat mengalami hal ini, sebagian besar penonton akan mempercepat video yang dilihatnya, hal ini akan membuat metriks video Youtube menjadi menurun.

Karenanya sebelum membuat video, pengguna sebaiknya mengetahui berapa lama durasi video yang disukai penonton. Ada yang menyukai video durasi pendek dan ada juga yang menyukai durasi panjang.

Untuk mencari aman pengguna bisa menggunakan durasi sepanjang 8 menit agar penonton tidak bosan, namun apabila akan membuat video bersambung maka pastikan membuat call to action yang menarik agar penonton tidak sabar menunggu video lanjutannya.

Boostlikes sendiri juga mengungkapkan video dengan durasi yang pendek terbukti memiliki penayangan, performa, dan kinerja yang lebih baik.

Promosikan Video Youtube di Minggu Pertama

Tips penting untuk menjadikan sebuah video viral adalah menaikkan tayangannya di tiga hari pertamanya. Menurut Boostlikes, bantuan dari subscribers sangatlah penting untuk meningkatkan jumlah tayangnya.

Pengguna bisa menggunakan fasilitas reminder sehingga subscriber yang mendapatkan notifikasi dari akun kita bisa menyediakan waktu untuk menonton.

Tak hanya itu, bagi content creator yang sudah memiiki pengikut yang banyak, anda bisa mengunggah video di jam dan hari yang sama secara berulang agar menjadi kebiasaan sehingga penonton pun bisa langsung melihatnya pada jam tersebut.

Pengguna bisa melakukan analisa untuk mengetahui jam dan hari dimana subscriber menonton video anda untuk dijadikan patokan jadwal upload video.

Pengguna juga bisa melakukan promosi dengan mengunggah cuplikan video ke social media yang dimiliki agar dilihat oleh pengikut anda sehingga target untuk mendapatkan banyak penonton di minggu pertama bisa terwujud.

Fokus Pada Satu Konten

Seorang content creator biasanya melakukan eksperimen untuk membuat berbagai jenis video dengan tujuan menjangkau lebih banyak konsumen.

Sayangnya, hal ini tidak membuat subscribers datang malah membuat bingung karena banyaknya konten yang tidak sesuai dengan branding channel yang ada.

Karenanya, di awal pembuatan kanal youtube anda bisa membuat satu konten khusus dengan tema yang berbeda setiap melakukan unggahan video.

Hal ini untuk mempertahankan pengikut kita sehingga terus menonton video yang ditayangkan.

Gunakan Thumbnail no clickbait

Di awal kemunculannya, banyak pengguna youtube tertipu dengan adanya judul yang clickbait dan nyeleneh.

Memang berbagai judul tersebut membantu untuk meningkatkan penonton secara cepat di awal penayangan sehingga jumlah penayangan bisa naik lebih cepat.

Namun, pemberian judul clickbait ini lama kelamaan mengganggu penonton di Youtube sehingga saat ini banyak orang yang mulai selektif dengan judul yang ada.

Karenanya agar anda bisa mendapatkan penonton setia maka gunakan judul yang menarik dan juga tidak clickbait sehingga setelah menonton video anda penonton tidak akan kecewa serta menunggu berbagai konten yang akan dirilis

Optimalkan Metadata Agar Mudah Di Deteksi

Meskipun dianggap remeh namun kolom deskripsi menjadi kunci penting agar video anda bisa naik lebih cepat.

Hal ini dikarenakan Youtube akan membantu mendorong video anda untuk masuk ke berbagai beranda pengguna dengan kata kunci yang diberikan.

Pengguna bisa memaksimalkan kolom deskripsi dengan melengkapi judul, tag, dan deskripsi video secara singkat. Anda juga bisa memasukkan call to action berupa ajakan untuk live dan share video atau mempromosikan produk di kolom deskripsi.

Pada kolom tag, pengguna bisa mengisi dengan sesuatu yang berkaitan dengan isi video agar membantu mesin pencarian untuk menaikkan video anda.

Konsisten Membuat Video

Seorang content creator yang terkenal tidak hanya berawal dari satu video yang viral namun juga konsisten untuk mengunggah video secara rutin setiap minggunya.

Dengan rajin mengunggah video juga akan membantu Youtube untuk menaikkan kanal anda dengan berbagai rekomendasi video kepada penonton yang memiliki minat yang sama dengan konten anda.

Pengguna bisa membuat jadwal rutin seperti seminggu sekali atau dua kali dalam sepekan agar lebih konsisten. Anda juga bisa membuat tema konten yang berbeda setiap mengunggah video agar penonton tidak bosan melihat video yang sama setiap minggunya.

Dengan melakukan upload video secara rutin maka akan mempermudah anda mendapatkan monetisasi akun Youtube anda sehingga bisa mendapatkan uang dari berbagai video yang diunggah.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.