cara meningkatkan youtube engagement

10 Strategi Menaikkan Youtube Engagement Efektif

Dengan menggunakan strategi youtube engagement yang tepat, maka anda akan membangun hubungan yang erat dengan penonton anda dari konten yang membuat mereka menyebarkannya ke orang lain dan memberikan komentar.

Sejak tahun 2005, strategi video marketing menjadi salah satu pemasaran populer yang mampu meningkatkan interaksi dengan penontonnya.

Hal ini bisa terlihat dari banyaknya konten iklan yang disebar melalui billboard, televisi, dan social media yang bisa anda lihat setiap harinya.

Penggunaan konten video juga membantu calon konsumen untuk menganalisa produk anda sebelum memutuskan membelinya, sehingga strategi ini bisa digunakan oleh seluruh industri untuk membangun kepercayaan kepada konsumen.

Salah satu media pemasaran konten video yang digunakan untuk pemasaran di internet adalah Youtube, dimana platform ini memiliki 2,7 miliar penonton setiap harinya yang digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia.

Sehingga apabila anda ingin konten promosi yang telah anda unggah di Youtube di tonton oleh banyak orang, maka anda juga perlu meningkatkan kinerja youtube engagement berupa komentar, likes, atau bagikan di konten yang anda miliki.

Karenanya berikut beberapa strategi untuk meningkatkan youtube engagement secara siginifikan dan stabil, sehingga bisa bertahan untuk jangka waktu lama.

apa itu youtube engagement rate

Apa Itu Youtube Engagement Rate 

Youtube memiliki kesamaan dengan social media lainnya, dimana setiap interaksi berupa komentar, likes, atau share akan membantu meningkatkan peluang untuk dilihat penonton lain yang menyukai topik yang serupa.

Bahkan bisa berpeluang untuk menjadi viral apabila anda membuat konten yang sedang naik daun dan mendapatkan perhatian dari banyak orang.

Namun, adakah perbedaan youtube engagement rate dengan social media lainnya?

Youtube engagment rate merupakan presentase dari jumlah penonton yang melihat video anda dan melakukan interaksi dengan konten dan akun youtube yang anda kembangkan.

Hal ini termasuk ke dalam jumlah penonton video, likes, dislikes, komentar, penambahan subscribers, atau konten yang dibagikan ke orang lain.

Penggunaan youtube engagement rate akan memberikan berbagai informasi yang berguna :

  • Apakah pengguna youtube menyukai video anda?
  • Evaluasi performa konten youtube serta hasil campaign yang dijalankan menggunakan strategei youtube marketing yang telah dibuat sebelumnya.

Di sisi lain, juga memiliki kewenangan untuk menghapus youtube engagement palsu yang di dapatkan dari spam komentar atau penggunaan bot untuk meningkatkan jumlah penonton secara drastis.

Menurut data yang disajikan oleh Hootsuite, jumlah Youtube engagement rate yang didapatkan oleh sebuah kanal youtube tergantung dari topik yang dipilih serta komunitas yang dimiliki.

Contohnya konten gaming memiliki peluang untuk mendapatkan youtube engagement rate yang lebih besar dengan kisaran 5.47% penonton, sedangkan topik music video juga mendapatkan jumlah penonton yang lebih banyak namun hanya sekitar 2.28% penonton yang melakukan klik pada ikon klik.

Hal ini dikarenakan kedua topik tersebut memiliki komunitas yang cukup kuat apalagi di bdiang industri musik yang memiliki banyak penggemar dari berbagai kalangan.

Tidak hanya itu, Statista juga melaporkan bahwa kanal youtube dengan jumlah pengikut di kisaran 15.000 orang mendapatkan youtube engagment rate sekitar 1.53%.

bagaimana cara menghitung youtube engagement rate

Bagaimana Cara Menghitung Youtube Engagement Rate

Cara menghitung youtube engagement rate sendiri cukup mudah dan tidak memakan waktu lama.

Anda bisa memulai dengan menemukan youtube engagement rate dari video yang spesifik atau video yang baru saja diunggah, kemudian anda bisa menggunakan formula berikut :

youtube engagement rate per video

Impresi di Youtube tidak sama dengan jumah penonton di Youtube, sehingga anda bisa mengecek pada bagian kolom Channel Analytics, dimana anda akan diperlihatkan jumlah impresi pada jangka waktu tertentu.

Beberapa metrik engagement yang bisa anda analisa adalah jumlah penonton, komentar, likes, dislikes, subscribers, serta frekuensi video anda dibagikan ke orang lain.

Namun, jika anda ingin mendapatkan penghitungan yang lebih mudah, maka anda bisa fokus ke bagian likes, komentar, dan share saja.

Apabila anda ingin mengecek youtube engagement rate dari keseluruhan video maka anda juga bisa menggunakan penghitungan tersebut kemudian mengumpulkan data dari 5-10 video yang telah anda unggah sebelumnya.

Namun, jika beberapa data tersebut sulit untuk dihitung maka anda bisa menggunakan layanan yang diberikan oleh website social media management untuk penghitungan yang lebih akurat dan efektif.

EbkLFA40Qt6j0wdkLHSM

Cara Meningkatkan Youtube Engagement Secara Efektif

Setelah menghitung youtube engagement rate yang mungkin belum sesuai target, maka diperlukan perubahan strategi agar video yang anda unggah mendapatkan perhatian lebih.

Karenanya berikut beberapa cara meningkatkan youtube enggament secara efektif dan stabil dalam jangka waktu lama.

Pilih Topik Secara Bijaksana

Langkah awal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan youtube engagement secara efektif adalah memilih topik secara bijaksana.

Anda mungkin bisa memilih topik yang sedang naik daun untuk mendapatkan perhatian dari pengguna youtube, namun akan kesulitan dalam memiliki penggemar setia.

Hal ini dikarenakan hilangnya ciri khas yang dimiliki karena mengikuti arus yang ada.

Sehingga penonton akan kebingungan untuk mengetahui jenis konten yang anda unggah karena topik yang berbeda setiap harinya.

Karenanya kreator sebaiknya memilih satu topik khusus yang disukai oleh komunitas yang anda tuju.

Misalnya anda memiliki bakat memasak dan ingin menampilkannya di Youtube, maka anda bisa memilih topik tersebut sebagai pembahasan utama.

Kemudian anda bisa mengembangkannya menjadi ke beberapa tema video lainnya, contohnya “tips memasak bekal simpel untuk anak kos” yang akan menyasar penonton dengan kebutuhan yang anda pilih.

youtube tri pujis

Hal ini juga dilakukan oleh akun Youtube tri pujis yang membuat konten memasak sehari-hari yang menyasar kalangan ibu rumah tangga yang bingung untuk menu makanan sehari-hari.

Namun, jika anda bingung memilih topik viral yang sedang dicari dan dilihat oleh komunitas anda, maka anda bisa menggunakan youtube tools yang membantu pencarian kata kunci di Youtube.

website keywordtool.io

Salah satu website yang bisa anda gunakan untuk analisa kata kunci di Youtube adalah keywordtool.io yang akan menyajikan beberapa informasi mengenai ranking topik yang akan anda pilih.

Kemudian anda bisa mendaur ulang topik tersebut menjadi konten video youtube yang menarik dan mampu meningkatkan youtube engagement.

Namun, apabila anda kurang tertarik dengan topik yang diajukan di website tersebut, maka anda bisa membuat konten video mengenai tips dan trik yang tentunya akan memikat banyak penonton.

Tidak hanya itu, anda juga bisa mengabulkan permintaan penonton untuk membuat jenis konten tertentu yang tentunya akan membantu meningkatkan youtube engagement.

Berikan Kalimat Call to Action di Akhir Video

Saat menonton video youtube, biasanya anda akan menemukan kalimat call to action di akhir video yang meminta penonton untuk memberikan tanggapan mengenai konten tersebut.

Penggunaan kalimat call to action ini akan memancing penonton untuk melakukan kegiatan yang anda minta, seperti memberikan likes, komentar, atau share yang dapat membantu meningkatkan youtube engagement setelah video diunggah di kanal anda.

Namun, penempatan kalimat call to action yang kurang tepat akan membuat penonton merasa di dorong terus menerus untuk melakukan kegiatan tersebut sehingga kurang tertarik untuk melakukan interaksi yang diminta.

Misalnya anda menyebutkan tagline kalimat call to action di setiap perpindahan scene video yang membuat penonton merasa bosan, apalagi jika video tersebut memiliki durasi yang panjang.

Sehingga kalimat ajakan tersebut sebaiknya disampaikan di akhir video sebagai penutup setelah penonton melihat isi video secara tuntas.

Tidak hanya itu, penyampaikan kalimat call to action tersebut juga bisa anda tulis di kolom deskrisi yang biasa penonton baca sembari mendengarkan konten anda, sehingga promosi bersifat terselubung dan tidak memaksa.

Beberapa kreator juga menyelipkan kalimat tersebut di sampul penutup sehingga penonton lebih tertarik melakukan interaksi di konten video.

Melakukan Interaksi dengan Penonton di Kolom Komentar

Saat melihat konten youtube mengenai ulasan produk tertentu biasanya kreator akan meminta penonton untuk memberikan komentar mengenai produk yang sedang dibahas di video tersebut.

Sehingga penonton juga memberikan pendapat dari sudut pandangnya mengenai kelebihan dan kekurangan produk yang ditampilkan di video.

Meskipun interaksi tersebut terlihat sederhana, namun cara ini sangat ampuh untuk meningkatkan jumlah youtube engagement dari komentar yang masuk.

Setelah berbagai komentar masuk maka anda bisa membalasnya dengan ucapan terima kasih dan apresiasi terhadap komentar tersebut.

Interaksi dua arah ini tentunya membantu untuk meningkatkan youtube engagement di konten yang anda unggah.

Pendekatan ini juga akan membantu untuk membangun komunitas yang memiliki ikatan pada video anda dan tertarik pada setiap konten yang akan anda unggah selanjutnya.

Mendekatkan Diri dengan Komunitas yang Dimiliki

Seorang kreator youtube mungkin saja memulai karirnya dengan menjadi influencer di social media tertentu dan kemudian merambah ke saluran pemasaran lainnya.

Hal ini banyak dilakukan oleh artis atau influencer social media yang diminta oleh penggemarnya untuk membuat konten youtube yang berisi kesehariannya.

channel youtube Fadil Jaidi

Contohnya yang dilakukan oleh influencer instagram Fadil Jaidi yang memutuskan untuk membuat channel youtube setelah berhasil di social media lain.

Pengikut yang banyak di platform lain juga bisa anda manfaatkan untuk promosi kanal youtube yang anda miliki serta mendekatkan diri dengan komunitas yang dimiliki.

Strategi ini dilakukan karena penonton awal biasanya berasal dari pengikut yang dimiliki sehingga lebih mudah untuk mendekatkan diri satu sama lain.

Namun, apabila anda memulai karir di Youtube, maka anda bisa membuat kanal promosi di social media lainnya, seperti Insatgram, Tiktok, atau Twitter.

Promosi ini dilakukan untuk menjaring penonton yang berada di tempat lain dan tertarik pada topik yang anda perbincangkan di Youtube.

Beberapa cara promosi channel Youtube yang bisa anda kembangkan adalah membahas topik tertentu yang dibuat dengan format khusus yang lebih pendek.

Sehingga untuk informasi yang lebih dalam, maka penonton bisa mengaksesnya melalui link youtube yang anda miliki.

Manfaatkan Community Post

Apabila anda masih ragu untuk membuat kanal social media bagi channel youtube yang anda kembangkan, maka menggunakan fitur dari Youtube bisa menjadi solusinya.

Salah satu fitur yang bisa digunakan untuk membangun kedekatan dan keakraban dengan komunitas anda adalah fitur Community, dimana anda bisa mengunggah berbagai jenis postinga di Youtube.

Mulai dari konten foto dan video yang berisi keseharian yang anda lakukan serta spoiler mengenai postingan video yang akan anda unggah selanjutnya.

Anda juga bisa meminta pendapat dari konsumen menggunakan fitur polls dimana konsumen bisa menentukan pilihan mengenai ide konten yang selanjutnya.

Berbagai interaksi ini juga akan membantu mengakrabkan diri dengan penggemar yang dimiliki sehingga mereka tertarik dengan berbagai postingan yang anda unggah nantinya.

Tidak hanya itu, apabila anda telah memiliki penggemar yang loyal dan royal maka anda bisa menggunakan fitur community sebagai ladang untuk menghasilkan uang dari Youtube.

Caranya adalah memanfaatkan layanan Youtube Super Fan dimana penggemar bisa mengirimkan apresiasi terhadap konten anda dengan memberikan stiker atau GIF sebagai apresiasi.

Biasanya stiker tersebut akan ditampilkan selama youtube live streaming berlangsung sehingga semakin sering anda melakukan siaran lansgung dengan ide konten yang menarik maka akan membuat penonton tertarik untuk memberikan stiker dengan harga tertentu.

Tidak hanya itu, anda juga bisa membuat postingan khusus dimana hanya penggemar berbayar yang bisa melihat konten yang anda sajikan.

channel youtube chloe ting

Penggunaan youtube community ini juga digunakan oleh youtube Chloe Ting yang menggunakan fitur ini untuk menginformasikan konten terbaru yang diunggah.

Unggah Konten Melalui Fitur Premiere

Salah satu cara untuk meningkatkan jangkauan video di awal penayangan adalah meningkatnya jumlah penonton di awal perilisan konten.

Hal ini dikarenakan konten video anda akan disebarkan pada pengikut anda terlebih dahulu baru disebarkan ke pengguna youtube lainnya.

Namun, pengikut anda mungkin tidak menyadari konten yang anda unggah karena pemberitahuan yang telat.

Sehingga untuk memaksimalkan potensi konten video yang akan anda unggah maka menggunakan fitur premiere bisa menjadi pilihan yang baik.

Hal ini dikarenakan fitur Youtube Premiere akan memberitahukan pengikut anda mengenai video yang akan diunggah, beberapa jam sebelum video tersebut diluncurkan.

Sehingga penonton bisa mempersiapkan diri untuk melihat konten video tersebut sebelum ditayangkan pada wkatu yang ditentukan.

Tidak hanya itu, penonton juga bisa memberikan komentar pada youtube premiere sehingga meningkatkan youtube engagment dengan penonton anda.

Upload Video Secara Konsisten

Sebuah channel youtube yang mendadak viral karena sebuah video yang mencuri perhatian penonton tentunya harus anda manfaatkan dengan baik.

Salah satunya adalah mengunggah konten video secara rutin sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Strategi ini dilakukan agar penonton menunggu gebrakan baru dari video anda dan menjadi pertimbangan untuk mengikuti channel youtube anda.

Tidak hanya itu, bagi sebuah channel youtube yang aktif mengunggah konten secara rutin, maka akan membuka peluang untuk mendapatkan perhatian pengguna youtube yang melihat salah satu video anda.

Sehingga apabila sebuah video anda dilihat oleh penonton maka mereka akan mencari video lain yang berkaitan dan memiliki jenis topik yang sama.

Apabila anda pertama kali membuka channel youtube dan belum memiliki jumlah pengikut yang cukup banyak, maka mengunggah konten 1-2 video dalam satu minggu akan membuat penonton kembali melihat video yang anda sajikan.

Namun, jika anda kesulitan untuk mengunggah konten secara rutin maka anda bisa membuat beberapa konten sekaligus dalam sehari kemudian menjadwalkan di waktu yang telah ditentukan sebelumnya.

Naikkan Kualitas Video Secara Bertahap

Sebagai social media visual, tentunya menyajikan konten video dengan kualitas terbaik akan membantu pengguna youtube tertarik untuk mengunjungi dan melihat video yang anda sajikan.

Sehingga penting bagi kreator untuk menaikkan kualitas video secara bertahap dan mempertahankan konsep video yang disukai oleh penonton.

Pada awal mengunggah konten video, maka anda mungkin menggunakan tampilan yang seadanya, namun seiring dengan berjalannya waktu maka anda bisa meningkatkan kualitas video secara bertahap.

Beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan kualitas video secara bertahap adalah menggunakan pencahayaan video yang terang.

Hal ini dikarenakan pencahayaan tersebut akan menciptakan hasil video yang bagus dan enak dilihat oleh penonton.

Guna mendapatkan pencahayaan terbaik maka anda bisa menggunakan bantuan dari lampu kamar atau ringlight yang memberikan pencahayaan yang bisa diubah sesuai keinginan.

Anda juga bisa menggunakan cahaya matahari apabila merekam video di luar ruangan, seperti yang biasa dilakukan oleh youtuber yang fokus di topik petualangan.

Kemudian anda bisa menggunakan background video yang menarik, contohnya adalah menggunakan kamar dinding polos untuk memberikan tampilan terbaik.

Namun, apabila anda ingin mendapatkan tampilan yang lebih baik, maka anda bisa menggunakan wallpaper dinding dengan desain yang lebih beragam.

Anda juga bisa menggunakan bantuan dari aplikasi desain video dimana anda bisa mengunggah dan mengedit video sebelum diluncurkan di Youtube.

Bagian penting lainnya yang perlu anda perhatiikan dalam membuat konten youtube adalah memastikan bahwa video anda memiliki suara yang bagus.

Hal ini dikarenakan penonton tidak hanya melihat tampilan video yang anda ambil, namun juga mendengarkan pesan yang anda sampaikan di konten youtube.

Sehingga penting bagi anda untuk memastikan suara anda terdengar di video sehingga penonton bisa memahami isi konten yang disampaikan.

Anda bisa menggunakan mic wireless apabila anda mengambil video di luar ruangan atau menggunakan standing mic apabila anda membuat konten di dalam ruangan.

Pastikan juga untuk melakukan pengecekan audio sebelum membuat konten video agar suara anda terdengar selama proses pengambilan video berlangsung.

Gunakan Thumbnail Video yang Menarik

Saat membuka aplikasi youtube untuk melihat berbagai vidoe yang akan ditonton maka melihat thumbnail video bisa menjadi pilihan untuk menonton konten yang diinginkan.

Sebuah thumbnail video dengan tampilan menarik serta judul yang membuat penasaran akan membuat penonton tertarik untuk melihat video tersebut.

Sehingga dalam pemilihan thumbnail video maka anda menggunakan cuplikan video agar penonton bisa mengetahui jenis konten yang akan dilihat.

Tidak hanya itu, anda juga bisa menuliskan caption di thumbnail berisi poin penting dari video, sehingga penonton lebih tertarik untuk melihatnya.

Pada penulisan judul di thumbnail video maka anda bisa memasukkan kata kunci yang biasa digunakan oleh penonton anda.

Hal ini dikarenakan pengguna youtube biasanya mencari konten atau topik tertentu di Youtube menggunakan kata kunci tertentu agar lebih mudha menemukan konten video yang diinginkan.

Sehingga agar konten anda lebih mudah ditemukan oleh pengguna youtube maka memasukkan kata kunci di bagian judul dan deskripsi bisa menjadi cara untuk menaikkan youtube engagement.

Strategi ini akan membantu video anda berada di peringkat atas dibandingkan video kompetitor lainnya.

Kuasai Youtube SEO

Kebiasan pengguna social media untuk mencari topik menggunakan kata kunci tertentu menjadikan kreator juga sebaiknya menguasai wawasan mengenai Youtube SEO.

Hal ini dilakukan agar video anda dapat bersaing dengan kompetitor lain melalui penggunaan kata kunci yang tepat dan banyak digunakan oleh pengguna youtube.

Bagian paling penting dalam meningkatkan youtube engagement rata adalah kreator mampu membuat konten yang penonton ingin melakukan interaksi dengan konten yang anda suguhkan secara sukarela.

Sehingga interaksi akan terbangun secara natural dan akan membuat youtube melakukan optimasi pada channel youtube yang anda miliki.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *