pexels pixabay 270271 1

Cara Memilih dan Menggunakan Youtube Hashtag dengan Tepat

Gunakan youtube hastag dengan tepat dengan membuat kata kunci yang sesuai dengan pencarian penonton anda.

Saat mencari sesuatu di internet, biasanya anda menggunakan kata kunci tertentu yang kan memudahkan anda untuk mencari jawaban yang anda inginkan.

Begitu juga ketika anda mencari konten yang sesuai, maka anda akan menggunakan variasi kata kunci tertemtu untuk memudahkan dalam mencari video atau kanal youtube yang anda inginkan.

Kata kunci di Youtube sendiri bisa berupa hashtag yang memiliki fungsi sama seperti SEO Google yang akan membantu dalam mengkategorikan sebuah konten, sehingga akan memudahkan pengguna dalam menemukan postingan yang anda inginkan.

Penggunaan hashtag yang biasanya dipakai di Twitter, Instagram, atau Tiktok, juga telah lama digunakan di Youtube sebagai cara untuk menaikkan jumlah penonton yang memiliki selera yang sama.

Karenanya berikut cara menggunakan Youtube hashtag dengan tepat dan cara menentukan tagar yang sesuai dengan kata kunci yang anda gunakan.

youtube hashtag

Apa Itu Youtube Hashtag

Sama seperti social media lainnya yang memiliki fitur hashtag, Youtube juga menggunakannya untuk memudahkan penggunanya dalam mencari konten tertentu.

Youtube hashtag merupakan kata kunci atau kata yang diawali dengan simbol tagar, dengan menggunakan tanda tersebut akan memudahkan kata kunci anda di klik dan menuju video yang menggunakan hashtag tersebut.

Penggunaan youtube hashtag juga membantu kreator untuk mengkategorikan video mereka, dengan konten yang menggunakan tagar yang sama.

l8hKeEETcml0rE7Y2tdW

Salah satu contohnya apabila anda menggunakan #digitalmarketing di kolom pencarian maka anda akan menemukan video dan channel youtube yang menggunakan tagar tersebut.

Keuntungan Menggunakan Youtube Hashtag

Keberadaan youtube hashtag tidak hanya sekedar simbol yang ditambahkan kata kunci tertentu, namun tagar tersebut memiliki kelebihan lainnya.

Youtube hashtag merupakan cara terbaik untuk membantu Youtube dalam memahami  konteks dan isi konten video anda.

Hal ini berarti Youtube akan mengasosiasikan video anda dengan konten yang relevan atau memiliki topik yang sama.

Contohnya, apabila anda menggunakan tagar #tipsmasak, maka video anda akan bergabung dengan konten lain yang telah diunggah sebelumnya dan memiliki isi konten yang sama.

Sehingga ketika pengguna youtube melakukan pencarian menggunakan hashtag tersebut, maka mereka akan menemukan berbagai video yang menggunakan tagar yang sama.

Tidak hanya itu, youtube hashtag akan membantu menaikkan pencarian konten anda di Youtube dan menjadi media promosi yang gratis.

Keuntungan lainnya saat menggunakan Youtube Hashtag adalah peluang untuk menarik minat calon penonton, semakin banyak penonton yang dimiliki juga akan membantu dalam menaikkan ranking video anda pada pencarian yang relevan dengan bantuan algoritma youtube.

Dengan kata lain, penggunaan youtube hashtag akan membantu menaikkan eksistensi channel youtube anda yang tentunya menguntungkan bagi sebuah brand, marketer, atau konten kreator yang melakukan promosi melalui video di Youtube.

vFktALWsQEioKpOMd3G7

Tips Penggunaan Youtube Hashtag

Tertarik menggunakan youtube hastag untuk promosi video secara gratis dan efektif? Berikut beberapa tips menggunakan tagar di youtube secara maksimal.

Cara Menemukan Youtube Hashtag Terbaik

Dalam menggunakan youtube hashtag, anda tidak hanya menambahkan tagar yang sesuai, namun dibutuhkan strategi yang tepat agar anda bisa menemukan kata kunci yang biasa digunakan oleh calon penonton anda.

Berikut cara menemukan youtube hashtag terbaik yang bisa digunakan untuk menaikkan eksistensi konten youtube.

Cari Inspirasi dari Video Youtube yang Sedang Populer

Saat membuka beranda youtube, biasanya anda akan menemukan berbagai rekomendasi video yang sedang naik daun atau memiliki minat yang sama dengan anda.

Berbagai video yang sedang viral tersebut, pastinya tidak langsung naik begitu saja, namun dibutuhkan strategi konten yang tepat agar konten tersebut dapat menyasar pengguna yang memiliki selera sama.

Salah satunya adalah penggunaan youtube hashtag yang relevan dan biasa digunakan oleh pengguna youtube.

Sebuah video yang memiliki ranking tinggi juga bisa dimasukkan ke strategi youtube hashtag yang menunjukkan bahwa setiap tagar yang digunakan memiliki dampak yang sangat besar.

Sehingga menggunakan youtube hashtag yang sama juga dapat membantu meningkatkan ranking video anda.

iqJFLNjSRfahRWab3CuT

Guna menemukan video youtube yang sedang naik daun, maka anda bisa masuk ke beranda youtube, dimana anda akan menemukan rekomendasi vidoe yang tidak berkaitan dengan konten anda, namun anda bisa memilih salah satu rekomendasi topik yang berada di bagian atas halaman youtube anda.

Topik tersebut direkomendasikan berdasarkan riwayat video yang pernah anda tonton serta video yang anda sukai, yang membuat mereka relevan dengan konten anda dan berapa di halaman trending.

Youtube sendiru juga menyediakan rekomendasi dari video yang sedang viral dan relevan pada masing-masing topik, anda bisa melihat salah satu konten tersebut untuk melihat youtube hashtag yang mereka gunakan dan bisa anda pakai di video anda.

Di sisi lain, anda mungkin juga menemukan video yang tidak memakai youtube hastag tertentu, hal ini bisa terjadi apabila konten tersebut berasa dari channel youtube yang memiliki jumlah subscribers yang tinggi, sehingga tidak membutuhkan terlalu banyak tagar.

Sehingga anda lebih baik menggunakan video yang sedang naik daun dan menggunakan berbagai hashtag yang relevan dengan konten anda.

Dapatkan Inspirasi dari Kompetitor 

Dengan jumlah pengguna youtube yang mencapai jutaan, tentunya anda akan mudah menemukan kanal youtube yang memiliki konten yang sama dengan anda namun memiliki jumlah pengikut yang lebih banyak.

Keberadaan kompetitor bisa dimanfaatkan untuk melihat strategi youtube marketing yang digunakan, serta youtube hashtag yang biasa dimasukkan di konten mereka.

Hal ini dikarenakan mereka fokus pada topik yang sama, serta memiliki banyak konten video yang telah memiliki jumlah penonton dan interaksi yang sangat banyak.

Sehingga anda bisa memanfaatkannya untuk menemukan youtube hashtag yang biasa mereka gunakan di konten dengan jumlah penonton terbanyak yang kemudian diterapkan di konten video anda.

Salah satu contohnya apabila anda memiliki konten yang berkaitan dengan makanan, maka anda bisa mencari kreator yang menguasai topik tersebut dan memiliki jumlah pengikut dan penonton yang banyak.

8caVIP6NSOykcuO7JlIC

Anda bisa mencarinya menggunakan kolom topik yang berada di bagian atas halaman youtube atau mengetikkan nama kanal youtube yang memiliki jumlah pengikut dan penonton terbanyak di kolom pencarian.

Kemudian anda bisa mencari video yang memiliki jumlah penonton terbanyak dan mencatat beberapa youtube hashtag yang mereka gunakan.

Anda juga bisa melakukan analisa di berbagai kanal youtube lainnya untuk mendapatkan referensi youtube hashtag yang lebih banyak.

Gunakan Kolom Pencarian Youtube

Cara ketiga yang bisa anda gunakan untuk mencari youtube hashtag yang relevan adalah menggunakan kolom pencarian youtube.

Hal ini dikarenakan kolom ini akan merekomendasikan berbagai hashtag yang biasa digunakan oleh penonton anda menggunakan kata kunci tertentu.

Selain itu, apabila anda melakukan klik pada youtube hashtag tertentu, maka anda akan menemukan jumlah video dan kanal youtube yang menggunakan tagar tertentu, sehingga bisa anda gunakan untuk mengurutkan tagar sesuai dengan keinginan.

e01dU2WiScqaBwM0VMqd

Contohnya adalah apabila anda mengetikkan youtube hashtag #socialmedia di kolom pencarian, maka anda akan menemukan berbagai rekomendasi kata kunci yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan konten.

Sehingga apabila kanal youtube anda memilki variasi tagar yang berbeda, maka anda bisa menggunakannya untuk berbagai topik yang relevan.

Cobalah Memakai Youtube Hashtag Generator

Merasa tidak yakin dengan youtube hashtag yang anda temukan di kolom pencarian atau konten youtube kompetitor? menggunakan youtube hashtag generator bisa menjadi alternatif terbaik.

Penggunaan youtube hashtag generator juga dinilai lebih efektif karena menghemat waktu untuk mencari tagar yang relevan namun dengan kinerja yang bagus.

Anda bisa menggunakan beberapa website seperti Keywordtool.io atau vidIQ yang dapat membantu anda menemukan youtube hashtag yang relevan.

Kelebihan lainnya menggunakan website youtube hashtag generator adalah kemampuan dalam mengelompokkan rekomendasi hashtag, sehingga anda bisa menemukan tagar yang relevan dengan konten anda.

Selain itu, anda juga diberikan tambahan wawasan seperti search volume, trend, dan competition, yang dapat membantu anda dalam menemukan tagar yang sedang naik daun dan membantu dalam meningkatkan eksistensi konten youtube anda.

Cara Menambahkan Youtube Hashtag

Youtube membolehkan kreator menambahkan youtube hashtag ke video sebelum anda mengunggahnya. 

Cara ini bisa dilakukan ketika anda menambahkan detail tambahan di video anda, seperti deskripsi atau lokasi, yang juga membantu menaikkan ranking video.

WjTvl9FhRQifhSR5JUbF

Anda bisa menggunakan dua tempat untuk menambahkan youtube hashtag, yakni di judul video atau kolom deskripsi.

Apabila anda menambahkan youtube hashtag di judul video, maka tagar akan muncul di judul tersebut, tagar yang berada di judul akan dibedakan menggunakan warna khusus sehingga mudah untuk di klik oleh penonton.

X4EXqJVSWKFENbReXgmH

Namun, jika anda menggunakan youtube hashtag di kolom deskripsi, maka tagar tersebut akan muncul di dua tempat, yakni di kolom deskripsi serta di bawah judul video.

6 Aturan Menggunakan Youtube Hashtag

Dalam penggunaan youtube hashtag, tentunya ada peraturan yang sebaiknya anda patuhi agar konten anda dapat menjangkau penonton yang lebih luas serta aman dari youtube shadowband.

Youtube juga memiliki beberapa peraturan dapat penempatan youtube hashtag sama seperti saat anda mengunggah konten di youtube, dimana anda harus mematuhi beberapa community guidelines yang terus diperbarui setiap saat.

Sehingga apabila youtube hashtag melanggar peraturan tersebut maka video anda tidak akan muncul di berbagai tempat, sampai judul serta deskripsi video di revisi. 

Karenanya pastikan anda mengikuti beberapa aturan berikut saat menyematkan youtube hashtag di kolom deskripsi serta judul video :

  • Pastikan untuk tidak menambahkan spasi di antara youtube hashtag, kecuali anda ingin menggunakan dua tagar yang berbeda. Contohnya apabila anda akan menggunakan satu hashtag maka anda hanya perlu menuliskan #milktea dibandingkan #milk #tea. Hal ini dilakukan agar konten anda menyasar pengguna youtube yang menggunakan tagar yang sama.
  • Hindari menggunakan banyak youtube hashtag di satu video, hal ini dilakukan agar video anda lebih relevan ke penonton yang akan mencari konten menggunakan tagar yang spesifik. Di sisi lain, Youtube juga akan menghiraukan video yang menggunakan tagar lebih dari 60 tagar. Semakin relevan sebuah tagar maka akan memudahkan video anda ditemukan oleh pengguna youtube.
  • Hindari pemakaian youtube hashtag yang tidak memiliki kaitan dengan video anda, hal ini akan membuat youtube menghapus video yang menggunakan tagar yang tidak relevan. Selain itu, cara ini akan membuat konten anda sulit ditemukan oleh penonton.
  • Youtube melarang keras penggunaan youtube hashtag yang berkaitan dengan kekerasan, pelanggaran HAM, serta memperlihatkan kekerasan kepada seseorang atau grup tertentu.
  • Youtube juga tidak menyukai kreator yang memasukkan youtube hashtag yang mempromosikan kebencian atau kekerasan ke seseorang, suku, agama, dan ras tertentu, serta penggunaan tagar yang berkaitan dengan kata-kata kasar pada menggunakan bahasa tertentu.
  • Penggunaan youtube hashtag yang mengandung pornografi juga dilarang oleh youtube.
  • Hindari menggunakan youtube hashtag sebagai deskripsi konten yang mengguankan kata-kata yang sama berulang kali.

Cara Penggunaan Youtube Hashtag 

Setelah anda mengetahui bagaimana menambahkan dan mencari youtube hashtag yang sesuai, maka inilah saatnya menggunakannya saat mengunggah video terbaru.

Di sisi lain, dalam mengguankan youtube hashtag, maka anda perlu mempertimbangkan peraturan yang telah ditetapkan oleh youtube, serta menggunakan starategi youtube hashtag yang tepat, dibandingkan hanya menggunakan berbagai tagar tersebut mentah-mentah.

Jika tidak, maka video anda bisa saja tidak muncul di berbagai kolom pencarian atau kata kunci tertentu.

Karenanya berikut cara penggunaan youtube hashtag secara efektif untuk strategi youtube marketing.

Gunakan Youtube Hashtag yang Relevan

Seperti yang telah disebutkan pada peraturan youtube, platform ini tidak merekomendasikan menggunakan tagar yang tidak relevan.

Hal ini berarti anda tidak bisa menggunakan berbagai youtube hashtag yang sedang naik daun apalagi jika video anda tidak memiliki kaitan dengan topik tersebut.

Apabila kreator tetap melakukan hal tersebut, maka bisa saja Youtube menghapus video anda atau konten anda tidak muncul di berbagai pencarian kata kunci.

KKtB6poYTK2yJ90kjBjA

Salah satu contohnya, konten anda akan nampak tidak relevan apabila anda menggunakan youtube hashtag #gadget di konten lipstik yang anda unggah.

Sehingga pastikan anda mengunakan youtube hashtag yang memiliki kaitan dengan video anda agar mudah ditemukan oleh penonton lainnya.

Anda juga bisa menggunakan website youtube hashtag generator yang akan membantu merekomendasikan kata kunci yang berkaitan dengan konten anda, serta tagar populer yang bisa anda gunakan.

Hal ini tidak hanya meningkatkan peluang video anda tampil di audience yang tepat, namun juga memastikan bahwa konten anda tidak melanggar peraturan dari Youtube.

Hindari Penggunaan Youtube Hashtag yang Terlalu Banyak

Penggunaan kata kunci yang terlalu banyak biasanya kurang disukai di platform internet, seperti pemakaian keyword di artikel yang terlalu banyak. Hal ini juga terjadi apabila anda menggunakan terlalu banyak hashtag di video anda.

Karenanya, strategi ini sebaiknya dihindari oleh kreator, apalagi Youtube hanya membolehkan pengggunaan 60 youtube hashtag, dan akan menghiraukan konten yang menggunakan terlalu banyak tagar.

Sehingga apabila anda menginginkan konten youtube anda muncul di mata penonton yang relevan, maka anda sebaiknya menggunakan youtube hashtag terbaik dan sering digunakan oleh penonton anda.

Anda sebaiknya menggunakan 2-4 youtube hashtag yang relevan dan memiliki kaitan dengan isi video anda.

GcfLLIzpSX6Zz0gn6zwv

Salah satunya yang dilakukan oleh akun youtube Candy Music Room yang membuat konten berisi video mengenai lagu-lagu yang biasa digunakan di cafe Starbuck.

Guna menjangkau pendengar yang lebih luas, maka channel tersebut menggunakan hashtag yang relevan dan biasa dicari oleh pendengarnya.

Buatlah Branded Hashtag

Seorang kreator yang telah memiliki banyak video viral serta memiliki komunitas sendiri, biasanya akan lebih mudah ditemukan di kolom pencarian.

Hal ini biasanya penggemar lebih menyukai mencari konten secara langsung dari profil youtube, dibandingkan menunggu videonya mampir di halaman rekomendasi.

Di sisi lain, algoritma youtube biasanya akan merekomendasikan nama-nama tertentu apabila anda mencarinya di kolom pencarian.

Meskipun begitu, bagi kreator yang baru memulai karir di Youtube juga bisa memanfaatkan hal ini menggunakan branded hashtag.

Cara ini dilakukan agar akun youtube anda mendapatkan rekomendasi, sehingga mudah ditemukan di kolom pencarian.

Selain itu, apabila ada konten anda yang sedang naik daun, maka penonton bisa melihat rekomendasi video lainnya di branded hashtag yang telah anda pasang di kolom deskripsi.

Di sisi lain, salah satu resiko menggunakan hashtag yang relevan dengan topik adalah penonton bisa saja menemukan konten lain yang jauh dari video anda, namun menggunakan tagar yang sama.

Hal ini akan membuat penonton anda terbawa ke konten youtube lain yang memiliki topik yang sama dengan anda, namun dari kanal yang berbeda.

Perubahan ini tentunya akan mengurangi potensi mendapatkan penonton setia yang malah beralih ke konten youtube lainnya.

Sehingga untuk mencegah hal tersebut anda bisa membuat branded hashtag yang hanya berisi konten yang telah anda unggah sebelumnya.

Branded hashtag sendiri merupakan tagar yang berisi nama produk atau brand yang anda miliki, sehingga menjadi ciri khas dari kanal youtube anda.

Penggunaan branded hashtag ini biasanya dipakai pada kreator atau akun brand yang bisa anda buat sendiri, sebab Youtube memberikan kebebasan bagi penggunanya untuk membuat youtube hashtag sendiri menggunakan nama akun atau komunitas yang dimiliki.

Sehingga apabila penonton melakukan klik pada branded hashtag tersebut, maka mereka akan dibawa ke dalam video yang berkaitan dengan channel youtube anda.

Strategi ini akan membuat penonton terhubung dengan kanal youtube anda saat mereka melakukan klik pada hashtag tersebut, sehingga membuka peluang untuk menjadi pengikut anda selanjutnya.

bS5NczMRl2ykcUwAMDCD

Pemakaian branded hashtag ini juga dilakukan oleh kreator youtube terkenal chloeting yang membuat tagar sendiri menggunakan nama akun youtubenya.

Hal ini dilakukan agar penontonnya tetap terhubung dengan videonya yang berurutan satu sama lain, sehingga tidak ketinggalan lanjutan dari konten yang diunggah sebelumnya. 

Tambahkan Lokasi di Kolom Deskripsi 

Bagi pengguna youtube yang hobi berpergian dari satu tempat ke tempat lainnya, mencari rekomendasi tempat wisata yang apik bisa dilakukan di Youtube.

Hal ini dikarenakan youtube juga berperan sebagai mesin pencari yang menyediakan berbagai jawaban menggunakan video yang lebih mudah dipahami.

Selain itu, video yang menarik juga bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk mengunjungi tempat tersebut, sehingga bisa dimasukkan ke daftar tempat wisata yang akan dikunjungi.

Kegiatan yang dilakukan oleh pengguna youtube tersebut juga bisa dilakukan oleh kreator youtube yang memiliki minat serupa dengan membuat konten youtube yang berisi perjalanan saat berpergian ke tempat wisata tertentu.

Di sisi lain, agar konten youtube wisata anda dapat menjangkau penonton yang lebih luas, maka anda bisa menggunakan hashtag lokasi tertentu.

Cara ini dipakai agar pengguna youtube yang mencari tempat tertentu bisa menemukan konten anda dengan mudah, dan berakhir menontonnya dengan habis.

eQJwFnsKSWGqLadr8BYW

Salah satunya yang dilakukan oleh beberapa kreator youtube yang menggunakan #surabaya yang membantu agar konten mereka mudah ditemukan oleh penonton yang ingin mengetahui mengenai kota surabaya melalui video yang telah mereka unggah.

Sumber:

https://sproutsocial.com/insights/youtube-hashtags/

https://backlinko.com/hub/youtube/hashtags

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.