youtube shorts

Kenali Cara Algoritma Youtube Bekerja, Kreator Wajib Tahu!

Ketahui berbagai jenis algoritma youtube yang dapat membantu video youtube anda mendapatkan banyak penonton dan juga menjangkau penonton yang tepat dan sesuai.

Siapa disini yang selalu mengawali hari dengan menonton youtube? Yup, aktivitas menonton youtube kini menjadi kebiasaan yang tidak bisa ditinggalkan.

Mulai dari menemani sarapan pagi atau sebagai teman di kalan jam istirahat siang berbagai rekomendasi video youtube bisa menjadi teman yang setia.

Saat memilih berbagai macam video yang ada di youtube biasanya penonton akan diberikan rekomendasi video berdasarkan riwayat tontonan yang sering anda tonton setiap harinya.

Sehingga apabila penonton melihat tema video yang sama dalam jangka waktu tertentu biasanya rekomendasi video yang hadir juga memiliki jenis yang sama.

Berbagai macam rekomendasi saat menonton video ini disebut algoritma youtube yang menentukan pilihan tontonan bagi pengguna youtube.

Keberadaan algoritma youtube ini sendiri juga berguna bagi kreator untuk menentukan strategi youtube marketing yang tepat agar bisa menjangkau penonton yang menyukai tipe video anda sehingga membantu untuk menaikkan viewers youtube.

Karenanya sebelum merancang strategi konten di youtube ketahui dulu beberapa informasi mengenai algoritma youtube yang sesuai dengan konten yang anda unggah.

cara algoritma youtube bekerja

Bagaimana Algoritma Youtube Bekerja?

Ketika seorang pengguna baru youtube baru memulai membuat akun youtube kemudian melihat rekomendasi video yang ada di beranda biasanya pengguna akan melihat satu atau dua video yang disajikan di halaman awal.

Namun, apabila pengguna merasa tidak cocok dengan video yang disajikan maka alternatif lainnya adalah dengan mencari video youtube yang sesuai menggunakan katan kunci tertentu di kolom pencarian.

Semakin sering seorang pengguna youtube menonton video yang disukai dibandingkan rekomendasi youtube maka perlahan pilihan video di beranda pun berubah dengan video yang memiliki kaitan dengan konten yang biasa anda lihat.

Aktivitas yang dilakukan oleh pengguna youtube ini selaras dengan cara kerja algoritma youtube dimana layanan ini memberikan dua langkah dalam pemilihan video youtube yakni menemukan video yang tepat untuk penonton dan juga menarik penonton untuk tetap melihat video yang direkomendasikan.

Disaat pengguna youtube membicarakan mengenai algoritma youtube maka ada 3 hal yang saling berkaitan satu sama lain yakni :

  • Video pilihan yang tersedia di halaman awal youtube
  • Video yang berdasarkan hasil pencarian dan juga
  • Rekomendasi video berdasarkan konten yang telah dilihat sebelumnya

Youtube sendiri menyatakan keberadaan beranda dan juga rekomendasi video menjadi sumber utama sebuah konten video mendapatkan viewers dari Youtube, namun hal itu tidak berlaku bagi video tutorial yang membutuhkan kata kunci khusus.

Karenanya bagi kreator yang ingin mendapatkan lebih banyak youtube viewers maka bisa memaksimalkan penggunaan kata kunci dan mengelola pengikut yang dimiliki agar tertarik untuk melihat video yang diunggah.

cara algorita youtube bekerja

Cara Youtube Menentukan Algoritma Youtube dan Beranda

Banyaknya kreator aktif di Youtube dan beredarnya konten yang diunggah setiap hari akhirnya membuat Youtube membuat ranking tersendiri yang menentukan video dan channel mana yang ditayangkan ke penonton youtube.

Meskipun memiliki sumber traffic yang berbeda namun berikut beberapa hal yang mempengaruhi ranking video youtube :

  • Personalisasi video berdasarkan referensi video yang dilihat setiap hari
  • Kesuksesan video berdasarkan banyaknya viewers dan likes yang di dapatkan sebuah konten youtube
  • Faktor eksternal seperti banyaknya subscribers yang dimiliki serta promosi yang dilakukan oleh kreator.
algoritma youtube

Cara Youtube Mempertimbangkan Rekomendasi Video

Setiap kali pengguna youtube membuka akun youtube yang dimiliki untuk mencari rekomendasi video tentunya algoritma youtube bekerja keras untuk menentukan video yang sekiranya disukasi oleh penonton tersebut.

Pemilihan ini tentunya sangat rumit dan luas karena algoritma youtube sendiri terkadang belum mengetahui keinginan konsumen saat membuka akun youtube, bisa saja kemarin ingin melihat tayangan tutorial menggunakan sumpit namun keesokan harinya mencari video tutorial make up dari influencers kesayangan.

Karenanya video di youtube sendiri ditentukan oleh algoritma youtube berdasarkan dua jenis ranking :

Performa Video

Algoritma youtube sendiri mengukur insight video berdasarkan beberapa penilaian, diantaranya :

  • Jumlah klik video yang telah di dapatkan dari pengguna youtube
  • Durasi menonton video, bisa saja seorang pengguna hanya melihat menit-menit awal video kemudian berpindah ke channel lain atau malah menontonnya sampai habis dan berganti ke rekomendasi video lainnya.
  • Jumlah penonton yang di dapatkan dari setiap konten yang di unggah di Youtube.
  • Jumlah apresiasi penonton berupa pemberian likes, dislike, atau komentar video yang di dapatkan.

Biasanya setelah kreator mengunggah video maka algoritma youtube akan memunculkan konten anda ke beberapa pengguna melalui rekomendasi beranda, jika video anda banyak di klik dan juga ditonton oleh orang lain maka akan lebih cepat menyebar ke pengguna youtube lain sehingga membantu menaikkan viewers youtube.

Personalisasi Video

Berbeda dengan platform lain yang biasanya menayangkan konten video yang sedang viral namun Youtube biasanya merekomendasikan video berdasarkan tayangan kesukaan konsumen.

Setelah seorang pengguna youtube melihat beberapa rekomendasi video melalui beranda atau fitur pencarian video maka algoritma youtube akan bekerja untuk menemukan konten video yang berkaitan dengan konten yang telah anda tonton sebelumnya.

Untuk memaksimalkan performa dan personalisasi video maka algoritma youtube biasanya merekomendasikan :

  • Beberapa video yang dilihat dan berkaitan dengan video sebelumnya
  • Video yang memiliki topik yang sama
  • Video yang telah ditonton beberapa waktu yang lalu dan muncul kembali setelah sekian lama.

Bagi kreator yang ingin memaksimalkan kinerja algoritma youtube maka bisa menggunakan Youtube Analytics untuk memeriksa video yang telah penonton lihat sebelumnya guna mengetahui topik yang berkaitam dam juga kesukaan konsumen

Apabila kreator ingin meningkatkan penonton dari waktu ke waktu maka menggunakan jenis konten series bisa menjadi solusi yang ampuh, hal ini dikarenakan penonton tentunya menunggu kelanjutan video yang telah ditonton sebelumnya dan memiliki topik yang berkaitan.

Beberapa kreator menggunakan cara ini agar penonton tidak bosan menonton video yang memiliki durasi yang panjang.

Salah satu channel yang menggunakan teknik ini adalah channel Korea Reomit dimana kreator membahas sebuah topik dalam bentuk episode dimana penonton bisa mengurutkan video sesuai dengan urutan yang diinginkan.

Strategi ini efektif untuk meningkatkan viewes video dalam jangka waktu lama serta tidak menyebabkan penonton tidak bosan melihat video dengan durasi yang lama.

algoritma youtube

Cara Youtube Menentukan Kinerja Fitur Pencarian

Saat rekomendasi youtube dirasa membosankan dan kurang berkaitan dengan konten yang ingin ditonton maka penonton biasanya mencari alternatif video dengan mencarinya melalui kolom pencarian menggunakan kata kunci tertentu.

Kebiasaan mencari video tertentu menggunakan fitur pencarian akhirnya membuat youtube membuat algoritma youtube khusus untuk fitur pencarian,

Salah satunya adalah ketika penonton mengetikkan kata kunci tertentu di kolom pencarian maka biasanya video teratas yang muncul adalah konten dengan ranking paling tinggi dan banyak dilihat oleh pengguna youtube.

Lalu bagaimana penonton mengetahui ranking sebuah video berdasarkan pencarian?

Kata Kunci di Fitur Pencarian

Algoritma youtube untuk fitur pencarian tentunya bergantung pada penggunaan kata kunci yang digunakan di judul video untuk menentukan video yang ingin anda lihat di youtube.

Jadi apabila kreator ingin video yang dibuat lebih mudah ditemukan maka kreator bisa menentukan dua kata kunci yang berkaitan sehingga memudahkan penonton untuk menemukan video anda.

Penggunaan kata kunci ini bisa digunakan di judul video sehingga memudahkan penonton untuk menentukan pilihan apakah menonton video anda atau tidak.

Langkah selanjutnya dalam menggunakan kata kunci adalah penggunaan keyword di kolom tagar sehingga mempermudah penonton untuk mencari video anda melalui kata kunci yang berkaitan.

Jumlah Tayangan Video

Tidak hanya penggunaan kata kunci yang dapat mempengaruhi algoritma youtube namun jumlah tayangan video juga menjadi penentu dalam banyaknya penonton video yang anda dapatkan.

Beberapa performa video yang menjadi perhitungan algoritma youtube adalah banyak click through rate yang di dapatkan, jumlah penonton video, serta banyaknya apresiasi berupa likes, komen, dan juga share di sebuah konten video yang anda unggah.

Karenanya jika video anda dapat menarik perhatian penonton melalui kata kunci yang sesuai maka konten anda akan menarik lebih banyak perhatian penonton sehingga lebih mudah masuk ke beranda youtube.

cara meningkatkan performa algoritma youtube

7 Cara Mudah Meningkatkan Performa Algoritma Youtube

Disaat kreator sudah memiliki rencana youtube marketing tentu sebaiknya dibantu dengan pengetahuan mengenai algoritma youtube sehingga hasil yang di dapatkan semakin maksimal.

Meskipun begitu, kreator juga harus mengingat bahwa algoritma youtube yang mengikuti konsumen bukan penonton yang mengikuti arus algoritma youtube.

Karenanya untuk meningkatkan viewers dan juga subscribers yang dimiliki maka kreator sebaiknya mengikuti beberapa rekomendasi untuk meningkatkan performa algoritma youtube yang bisa digunakan di channel youtube yang anda kembangkan.

Lakukan Analisa Youtube Keyword

Dalam pengurutan ranking video maka Youtube sendiri menggunakan algoritma youtube untuk mengukur performa sebuah konten video.

Karenanya algoritma youtube mengurutkan informasi dari sebuah video untuk menentukan jenis video tersebut, kategori video, dan penonton yang sekiranya menonton konten yang anda unggah.

Sehingga jika kreator hendak membuat deskripsi video di kolom caption maka kreator sebaiknya menggunakan pemilihan bahasa dan kata yang biasanya digunakan penonton untuk mencari jenis vidoe tertentu di Youtube.

Penggunaan bahasa dan kata yang sederhana tentunya membuat video anda lebih mudah dicari berkat kata kunci yang sesuai.

Disisi lain, Youtube merupakan mesin pencari kedua yang banyak digunakan oleh pengguna internet selain Google karenanya menggunakan kata kunci yang biasa digunakan di website atau blogspot tentunya akan membuat konten anda lebih mudah dicari.

Kreator dapat menemukan kata kunci yang sesuai dengan konten yang anda buat menggunakan layanan Google Adwords atau SEMRush.

Sudah menemukan kata kunci yang sesuai dengan video anda maka kreator bisa menggunkannya di beberapa bagian video berikut :

  • File video yang diunggah di Youtube Studio
  • Judul video yang sebaiknya menggunakan bahasa yang sederhana sehingga memudahkan penonton untuk mencari video anda.
  • Kolom deksripsi di konten video, kreator bisa memaksimalkan penggunaan kata kunci di baris pertama dan kedua kolom deskripsi.
  • Naskah subtitle video.

Disisi lain, kreator sebaiknya tidak meletakkan kata kunci di bagian tagar namun menggunakan kata kunci yang dibuat seakan-akan terjadi kesalahan penulisan karena penonton biasanya melakukan kesalahan penulisan saat mencari video secara terburu-buru.

Gunakan Thumbnail yang Menarik

Saat menelusuri video yang direkomendasikan di beranda biasanya kreator tidak hanya melihat dari judul video namun dari thumbnail yang digunakan di konten tersebut.

Keberadaan thumbnail yang besar dan mendominasi sampul video menjadikan seseorang lebih tertarik untuk melihat video anda sebelum akhirnya untuk menentukan menonton video anda sampai akhir.

Karenanya untuk membuat penonton lebih tertarik untuk menonton video yang anda unggah maka kreator bisa memulai membuat thumbnail yang menarik dengan beberapa cara berikut :

  • Gunakan thumbnail yang sudah dikreasikan sedemikiran rupa, kreator bisa menggunakan aplikasi edit foto untuk membuat cover thumbnail yang lebih bervariasi dan tidak membosankan.
  • Gunakan kata-kata yang menarik perhatian dan sederhana untuk dipahami oleh penonton anda.
  • Gunakan kalimat pertama dari kolom deksripsi untuk menjelaskan secara singkat isi dari video yang anda unggah.
  • Kreator juga bisa menggunakan thumbnail yang konsisten disertai tambahan kata-kata yang merupakan inti dari isi video yang anda unggah.

Jadikan Penonton Melihat Video Anda Secara Terus Menerus

Kesan pertama yang mengesankan akan membuat penonton secara terus menerus melihat video yang telah anda unggah.

Penonton yang tertarik melihat video anda dan menontonnya sampai habis biasanya akan menonton video anda yang lain atau berkaitan dengan video sebelumnya.

Karenanya agar penonton anda melihat berbagai rekomendasi video yang disediakan maka kreator bisa melakukan beberapa cara berikut :

Cards

Saat melihat sebuah video di Youtube sampai habis biasanya penonton akan disuguhkan rekomendasi video yang berasal dari akun anda.

Rekomendasi tersebut berasal dari fitur Flag dimana kreator bisa menambahkan video lain yang relevan dengan video yang telah ditonton sebelumnya.

Sehingga penonton bisa menemukan konten sejenis yang tentunya sesuai dengan video yang dicari, layanan ini juga memudahkan kreator untuk mengaitkan video yang merupakan konten bersambung.

End Screens

Layanan kedua yang bisa digunakan untuk mempromosikan konten yang telah anda unggah adalah End Screens.

Dimana pada akhir video yang ditonton maka pengguna youtube akan ditampilkan rekomendasi video lainnya yang tersedia di akun tersebut.

Apabila penonton tertarik melihat video yang direkomendasikan maka bisa melanjutkan ke ikon Next atau menghentikan penayangan konten agar penonton bisa melihat video lain.

Playlists

Bagi pengguna youtube yang menonton video youtube secara terus menerus tanpa melakukan skip video maka biasanya akan terbentuk playlist tersendiri di akun youtube yang dimiliki.

Sehingga jika penonton ingin melihat isi video yang sama dengan sebelumnya maka penonton tinggal melakukan klik pada playlists tersebut dan konten video akan memutar secara otomatis tanpa perlu diganti.

Penggunaan playlists sendiri tidak hanya menguntungkan bagi penonton untuk melihat dan menonton video secara berulang namun juga bagi kreator yang memiliki berbagai jenis video.

Dengan kehadiran playlists ini maka kreator bisa mengumpulkan konten video yang memiliki isi konten yang sama sehingga memudahkan penonton untuk melihat isi video lain yang berkaitan.

Adanya playlists ini juga menguntungkan kreator untuk melakukan promosi secara gratis berkat satu video yang viral maka akan merembet ke konten video lainnya.

Salah satu kreator yang menggunakan fitur ini adalah Chloe Ting dimana pelatih olahraga ini mengumpulkan berbagai jenis pilihan olahraga dalam satu tempat sehingga memudahkan penontonnya untuk berolahraga sesuai dengan aktivitas yang ditentukan.

Tarik Penonton Baru Melalui Promosi

Meskipun penyebaran video youtube berdasarkan rekomendasi konten dan juga penggunaan keyword tertentu namun kreator tetap bisa melakukan promosi video melalui social media atau iklan berbayar.

Sebagai social media yang memiliki jutaan pengguna aktif tentunya platform ini menyediakan layanan iklan berbayar yang dapat membantu penyebaran video ke konsumen yang sesuai.

Pilihan paket iklan dan juga penyebaran konsumen yang sesuai tentunya akan menarik banyak pengguna youtube untuk melihat konten anda.

Kehadiran iklan berbayar ini juga bisa ditemukan di akhir atau awal video saat pengguna video hendak menonton konten tertentu di youtube

Kreator juga bisa memilih durasi penayangan video untuk menarik perhatian penonton untuk berkunjung ke channel anda.

Tidak hanya melakukan promosi menggunakan iklan berbayar namun kreator juga bisa menyebarkan konten anda ke akun social media yang dimiliki.

Beberapa platform yang bisa digunakan sebagai media promosi adalah akun social media pribadi milik kreator atau akun social media youtube yang digunakan sebagai bagian dari promosi.

Sementara bagi kreator yang mengembangkan akun youtube milik perusahaan tertentu maka bisa menggunakan layanan berupa website atau broadcast email ke konsumen yang dimiliki sehingga mampu menarik lebih banyak viewers.

Setelah melakukan promosi melalui berbagai platform baik social media atau iklan maka kreator bisa mengetahui kefektifan promosi tersebut dengan melihat hasil insight di pengaturan youtube yang dimiliki.

Interaksi dengan Penonton dan Channel Lain

Mengunggah sebuah video kemudian meninggalkan begitu saja tentunya akan membuat viewers video anda susah meningkat.

Hal ini dikarenakan kurangnya interaksi antara kreator dan juga penonton yang dimiliki dan bisa diubah menjadi subscribers video.

Padahal interaksi yang terus menerus tentunya akan membuat hubungan anda menjadi akrab sehingga penonton akan menunggu hadirnya video yang anda unggah.

Karenanya setelah mengunggah video maka kreator bisa menunggu beberapa saat untuk kemudian mengomentari berbagai komentar yang masuk.

Namun apabila komentar yang masuk terlalu banyak maka kreator bisa melakukan likes pada komentar tersebut sebagai bagian dari interaksi.

Akan tetapi dalam melakukan interaksi dengan penonton maka kreator tidak mengomentari dengan sususan bahasa dan kalimat yang sama.

Hal ini dilakukan agar kegiatan anda tidak termasuk bagian spam sehingga membuat Youtube memberikan peringatan berupa pembatasan akun dalam jangka wkatu tertentu.

Salah satu jenis interaksi lain yang bisa dilakukan oleh kreator adalah dengan mengabulkan permintaan konten dari penonton yang dimiliki.

Permintaan konten ini bisa berupa melakukan konten yang sedang naik daun atau challange tertentu yang belum pernah anda lakukan.

Sesekali menggunakan permintaan yang penonton minta akan membuat interaksi anda dengan penonton meningkat tajam.

Apabila kreator sudah sering melakukan interaksi dengan penonton lain untuk membangun hubungan yang erat maka inilah saatnya untuk melebarkan sayap dengan melakukan kolaborasi dengan kreator lain.

Kolaborasi konten ini sering dilakukan kreator atau influencer yang sedang berkembang atau memiliki banyak subsribers dengan mengundang kreator lain yang sedang naik daun atau memiliki konten yang unik.

Dengan adanya kolaborasi ini maka konten yang diunggah menjadi lebih bervariasi dan tidak membosankan dilihat oleh penonton.

Disisi lain, adanya kolaborasi ini juga membantu kreator untuk mendapatkan pengikut baru yang berasal dari kreator yang anda ajak kerja sama.

Sebuah ide kolaborasi yang unik tentunya akan menyajikan konten yang menarik bahkan viral hingga memperoleh banyak penonton

Apabila kreator ingin mengajak kolaborasi dengan kreator lain maka sebaiknya memilih kreator yang memiliki kesamaan konten namun dengan pengikut dan ide yang berbeda.

Hal ini bisa dilakukan dengan melihat terlebih dahulu konten yang telah diunggah sebelumnya serta tanggapan pengguna youtube terhadap konten dan juga kreator yang akan diajak kerjasama.

Kreator juga bisa meminta saran kepada pengikut yang dimiliki untuk mendapatkan nama kreator yang sekiranya cocok untuk diajak kolaborasi konten.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.