13 aplikasi edit video terbaik

13 Aplikasi Edit Video Terbaik yang Wajib Dicoba

Di era sekarang, video menjadi salah satu poin penting yang digunakan untuk mempromosikan sesuatu. Oleh karena itu dibutuhkan aplikasi edit video terbaik.

Video menjadi salah satu hal yang biasanya digunakan untuk mempromosikan bisnis atau branding diri. Hadirnya aplikasi edit video terbaik menjadi solusi bagi Anda yang suka membuat konten atau berprofesi sebagai content creator.

Biasanya, software pengedit video tersedia dalam versi bawaan PC atau laptop.

Namun, tidak semua orang mempunyai PC atau laptop. Alhasil, smartphone menjadi solusi untuk membantu dalam mengedit video. Meski ada aplikasi edit video ala kadarnya, Anda bisa memanfaatkanya jika video digunakan hanya untuk personal.

Akan tetapi, bagaimana jika video ingin dibuat dengan tujuan komersil atau dilihat oleh publik? Yang pasti, di internet ada banyak sekali rekomendasi aplikasi edit video terbaik yang perlu Anda tahu.

aplikasi edit video terbaik

Aplikasi Edit Video Terbaik untuk Smartphone

Jika Anda ingin mengedit video melalui smartphone, ada beberapa aplikasi yang bisa dicoba. Anda hanya perlu mengunduhnya di Play Store secara gratis untuk merasakan berbagai fitur di dalamnya.

Nah, berikut beberapa rekomendasi yang bisa digunakan untuk mengedit video agar terlihat lebih baik dan berkualitas.

filmorago

Aplikasi FilmoraGo

Salah satu aplikasi edit video terbaik yang wajib dicoba adalah FilmoraGo. Bisa dibilang, aplikasi ini banyak digemari dan banyak digunakan.

Selain itu, fitur menarik dari aplikasi tersebut adalah bisa membagikan video dan mengunggahnya ke sosial mana saja. Bahkan, Anda juga bisa menyimpan video di galeri smartphone.

Ada beberapa fitur yang bisa Anda temukan di aplikasi FilmoraGo. Fitur tersebut berupa pemangkasan, pemotongan, penambahan musik, penambahan tema, dan masih banyak lagi.

Di FilmoraGo, juga tersedia opsi yang cukup beragam, mulai dari format rasio video dengan perbandingan 1:1 hingga 16:9. Ditambah lagi ada fitur slow motion, fitur video terbalik, penambahan transisi, dan lainnya yang semakin menarik.

Aplikasi ini bisa Anda unduh secara gratis dan dapatkan akses-akses di sana secara gratis. Namun, jika Anda ingin mendapatkan fitur yang lebih bagus dan maksimal hasilnya, Anda bisa membeli tambahan fitur yang ada di FilmoraGo.

Namun, secara keseluruhan FilmoraGo bisa diakses secara gratis.

Beberapa di antaranya adalah koleksi template dan efek yang banyak. Selain itu, ada beberapa transisi video yang juga profesional. Namun, kelemahan dari aplikasi ini adalah memberikan watermark pada video yang dibuat (versi non-Pro).

kinemaster

Aplikasi KineMaster

Aplikasi edit video terbaik kedua yang wajib Anda coba adalah aplikasi KineMaster. Aplikasi ini mempunyai tampilan yang mudah sekalipun digunakan untuk pemula.

Selain itu, tampilan yang ada dalam aplikasi tersebut dirancang dengan baik bersama beberapa fitur canggih lainnya. Alhasil, penggunanya bisa mendapatkan video yang kreatif.

Aplikasi KineMaster juga memberikan kemudahan pada pengguna untuk menggunakan teknik drag-n-drop. Teknik tersebut digunakan untuk mengimpor file media yang berbeda dengan mudah.

Pada aplikasi ini, ada banyak sekali fitur dan efek yang bisa digunakan untuk membuat video agar lebih profesional.

Tidak hanya itu saja, pengguna bisa menambahkan berbagai macam transisi di antara fragmen video. Atau Anda juga bisa menambahkan sub judul dan blok teks untuk membuat video lebih menarik.

Ada beberapa fitur keunggulan yang hadir pada aplikasi KineMaster. Mulai dari lapisan gambar, video, efek, teks, stiker, dan overlay. Selain itu, Anda juga bisa merasakan tulisan tangan yang bisa digabungkan.

Keunggulan lainnya yang bisa ditemukan di aplikasi KineMaster adalah fitur pratinjau instan.

Di sini penggunanya bisa melihat proses pengeditan dan kontrol volume dari waktu ke waktu dalam klip. Namun, kelemahannya adalah terdapat watermark yang cukup mengganggu.

Jika ingin bebas watermark, maka Anda harus membayar dan meningkatkan aplikasi ke versi Pro.

Aplikasi VideoShow

Aplikasi edit video terbaik ketiga yang bisa Anda gunakan untuk mengedit video adalah aplikasi VideoShow. Aplikasi ini ternyata sudah mendapatkan banyak penghargaan, lho.

Tidak heran jika banyak yang menggunakan aplikasi tersebut sebagai solusi untuk mengedit video agar berkualitas.

Aplikasi VideoShow mempunyai tampilan yang sangat sederhana, sehingga penggunanya tidak akan merasa bingung saat menggunakannya. Ada beberapa fitur yang bisa ditemukan di aplikasi VideoShow.

Sebut saja fitur memotong video, menambahkan video, dan mempercantik video dengan efek, musik, teks, serta efek suara.

Keunggulan lainnya yang dihadirkan oleh aplikasi edit VideoShow adalah mempunyai 50 tema yang berbeda. Alhasil, video yang diedit akan beraneka ragam dan menghasilkan video yang menarik.

Selain itu, di sini penggunanya bisa mengurangi ukuran video tanpa khawatir akan mengurangi kualitas pada video.

Ada lagi fitur lainnya yang bisa ditemukan di VideoShow, yakni efek latar belakang buram, opsi untuk menyesuaikan kecepatan audio, sampai fitur peningkatan suara.

Pengguna juga bisa memilih berbagai macam musik latar belakang yang bisa ditambahkan ke video. Soundtrack video juga bisa dikonversi menjadi mp3 menggunakan aplikasi ini.

inshot

Aplikasi InShot

Aplikasi InShot bisa Anda gunakan untuk mengedit video agar lebih menarik dan berkualitas. Aplikasi ini termasuk aplikasi terbaik yang tersedia secara gratis. Selain itu, InShot tidak mempunyai watermark saat video yang sudah selesai diedit disimpan.

Tentunya hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi para penggunanya yang ingin hasil praktis.

Mempunyai tampilan yang intuitif, aplikasi ini terkadang memunculkan iklan. Meski begitu, iklan tersebut tidak akan mengganggu penggunanya saat sedang mengedit video.

Semua fitur yang tersedia termasuk standar untuk Anda gunakan sebagai pengedit video. Mulai dari crop, split, trim, dan masih banyak lagi lainnya.

Di aplikasi InShot, pengguna bisa memilih untuk melakukan ekspor video dengan kualitas 4K. Belum lagi terdapat pilihan terkait kecepatan bingkai yang berbeda.

Fitur lainnya yang bisa ditemukan di aplikasi ini adalah menambahkan efek filter, menambahkan musik, efek voiceover, dan menambahkan animasi.

Bagi Anda yang ingin mengasah kemampuan editing video, maka InShot bisa menjadi solusi. Banyak sekali pengguna TikTok yang menggunakan InShot untuk mengedit video dan mempublikasikannya di akun Instagram.

Tak heran jika aplikasi ini dijuluki sebagai aplikasi edit video terbaik.

Aplikasi Adobe Premiere Rush

Pernahkah Anda mendengar nama aplikasi tersebut? Adobe Premiere Rush adalah aplikasi yang digunakan untuk mengedit video secara gratis. Keunggulan dari aplikasi tersebut adalah bebas watermark.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir untuk membayar atau menghilangkan watermark.

Selain itu, jika Anda mencari aplikasi bebas iklan, Adobe Premiere Rush bisa menjadi solusi yang tepat. Tanpa adanya iklan, tentu mengedit video akan terasa lebih menyenangkan.

Selain itu beberapa fitur yang tersedia di aplikasi ini cukup menarik. Salah satunya mempunyai penyesuaian video yang lebih spesifik.

Anda juga bisa membagikan video yang sudah diedit ke media sosial melalui aplikasi. Tidak hanya itu saja, pengguna bisa menjadwalkan kapan video tersebut ingin diunggah di halaman media sosial.

Adobe Premiere Rush mempunyai beberapa fitur edit video dasar yang bisa digunakan untuk membuat video secara sederhana.

Tidak sampai di sini, Adobe Premiere Rush sebagai aplikasi edit video terbaik bisa menerapkan efek video, mengubah warna, menambahkan judul animasi khusus, sampai membuat efek pan dan zoom.

Belum lagi ada fungsi kamera bawaan yang bisa digunakan untuk merekam video agar lebih berkualitas.

quik

Aplikasi Quik

Pernahkah Anda mendengar nama aplikasi edit video terbaik yang satu ini? Aplikasi ini adalah aplikasi edit yang berasal dari GoPro. Anda bisa menggunakannya di Android, iPhone, atau iPad.

Tersedia di Google Play Store, Anda bisa mengaksesnya dengan mudah dan secara gratis.

Penggunanya bisa menambahkan transisi dan efek tang maksimal ke 200 foto dan klip video, lho. Anda bisa bisa melakukannya dari folder foto atau GoPro Plus. Di sini, pengguna tidak hanya bisa memangkas video saja.

Akan tetapi juga bisa memutar foto dan memperbesar klip video.

Ada banyak pilihan tema yang bisa Anda pilih sesuka hati. Dengan 26 pilihan tema yang berbeda, menjadikan video lebih bervariasi dan berwarna. Ditambah lagi tema tersebut dilengkapi dengan grafik, font, dan filter yang juga berbeda-beda.

Dalam aplikasi ini, penggunanya bisa membuat video berkualitas tinggi yang mencapai 1080p atau 720p. Format yang tersedia juga bisa Anda pilih. Mulai dari potret, persegi, dan bioskop.

Selain itu, penggunanya bisa diberikan kemudahan dalam mengunggah file di media sosial yang diinginkan.

Aplikasi Magisto

Magisto adalah salah satu aplikasi yang biasanya banyak digunakan oleh kaum Tiktokers. Hal ini karena aplikasi tersebut biasanya digunakan untuk mengedit video di aplikasi Tiktok.

Namun, tidak hanya di Tiktok saja, tapi aplikasi ini juga bisa Anda gunakan untuk membuat video di mana saja.

Aplikasi Magisto menawarkan berbagai fitur kekinian. Alhasil, video yang disajikan akan terlihat lebih kece dan menarik. Ada beberapa keunggulan yang bisa Anda rasakan di aplikasi Magisto.

Salah satunya adalah menghadirkan template edit yang bisa digunakan oleh pengguna untuk memberikan frame dan efek ke dalam video.

Maksimal durasi yang dibutuhkan adalah 60 detik. Fitur ini dikenal dengan nama Style Smart Editing. Uniknya lagi, aplikasi Magisto menyediakan berbagai macam musik dengan lisensi untuk ditambahkan pada video.

Alhasil, Anda tidak perlu khawatir akan mengalami pelanggaran hak cipta lantaran musik yang digunakan sebagai background.

videoshop

Aplikasi Videoshop

Ada lagi aplikasi lainnya yang bisa Anda gunakan untuk mengedit video dengan mudah di android. Aplikasi tersebut bernama Videoshop. Menghadirkan sejumlah fitur yang menarik, tidak heran jika Videoshop banyak diminati.

Dalam aplikasi tersebut, penggunanya bisa melakukan semua pemangkasan klip biasa. Tidak hanya itu saja, pengguna juga bisa menambahkan teks, transisi, mengintegrasikan lagi dan memberikan efek suara.

Videoshop juga memungkinkan para penggunanya untuk melakukan pengeditan terkait pemutaran video. Anda bisa mempercepat atau memperlambat sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Di aplikasi ini, Anda juga bisa membuat animasi stop-motion, lho. Bahkan, pengguna bisa memutar video secara terbalik. Wah, fiturnya sangat keren, bukan?

Aplikasi Vizmato

Aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mengedit video adalah aplikasi Vizmato. Tidak hanya mengedit atau membuat video saja. Akan tetapi penggunanya juga bisa menggabungkan video yang dimiliki dalam satu frame sama.

Ada lagi keunggulan lainnya yang bisa Anda rasakan dari aplikasi editing video satu ini. Keunggulannya terletak di fitur filters & themes. Di sini, Anda bisa menggunakan 20 filter dan tema yang bisa dikombinasikan agar lebih menarik.

Tentunya hal ini akan membuat video terlihat lebih eksis mempunyai daya nilai tersendiri.

Tidak sampai di sini saja keunggulan dari aplikasi Vizmato. Terdapat fitur video FX yang bisa digunakan oleh pengguna sesuka hati. Kegunaan dari fitur tersebut adalah suara unik yang bisa ditambahkan ke dalam video.

Funimate Video Editor

Aplikasi ini mungkin masih terdengar asing di telinga beberapa kalangan. Namun, bagi Anda yang merupakan kalangan Tiktokers pastinya tahu aplikasi ini, bukan? Aplikasi edit video terbaik mempunyai tampilan dan kemudahan dalam penggunaannya.

Meski fitur yang tersedia di dalamnya tidak selengkap seperti aplikasi edit video yang lainnya, tapi banyak juga yang menggunakan aplikasi tersebut. Hal ini karena terdapat efek-efek video yang akan menambah nilai dan membuat video lebih memukau.

Selain itu, keunggulan dari aplikasi ini adalah kualitasnya yang tinggi. Bahkan, kualitasnya melebihi aplikasi edit video lainnya, lho. Anda juga bisa mengombinasikan aplikasi ini dengan aplikasi edit lainnya.

vivavideo

Aplikasi VivaVideo

Aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mengedit video adalah aplikasi VivaVideo. Jenis aplikasi ini memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk menggabungkan video dengan beberapa ketukan pada smartphone.

Anda juga bisa mengaksesnya secara gratis dengan mengunduh aplikasi di Google Play Store.

Dalam aplikasi VivaVideo, Anda bisa menemukan beragam fitur kontrol yang akan membantu memproses gerakan cepat atau lambatnya suatu video.

Selain itu, terdapat sembilan opsi lensa khusus yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Belum lagi adanya perpustakaan musik latar dan berbagai tempat kolase yang membuat aplikasi semakin menarik.

Aplikasi PicPlayPost

Aplikasi PicPlayPost menjadi salah satu aplikasi lainnya yang bisa Anda gunakan untuk mengedit video dengan mudah. Aplikasi ini memberikan kemudahan bagi penggunanya dalam menambahkan 365 media untuk membuat video.

Selain itu, durasi yang ditampilkan bisa mencapai 30 menit dengan kualitas yang mencapai 1080p.

Aplikasi ini hadir untuk menjawab semua keinginan yang diinginkan oleh pengguna. Alhasil, terdapat opsi personalisasi yang berlimpah. Salah satunya adalah tanda air khusus dan logo bermerek.

Tidak hanya itu saja, rasio bingkai untuk Instagram Story bisa Anda temukan di sini, yakni 9:16.

Aplikasi VSDC Free Video Editor

Aplikasi edit video satu ini bisa Anda gunakan untuk di PC. Anda bisa menggunakannya kapan saja tanpa khawatir akan batasan waktu atau watermark.

Penggunanya juga bisa membuat proyek video dengan kombinasi dari klip gambar, file audio, atau video. Aplikasi ini juga bisa menghasilkan resolusi video tingkat tinggi.

Bagi Anda yang lebih suka mengedit video di komputer, PC, atau laptop, maka aplikasi ini sangat wajib untuk dicoba. Selain kualitasnya yang tinggi, frame rate yang dihasilkan juga mencapai 30 fps.

Alhasil, video yang Anda buat akan terlihat jernih dan seolah-olah nyata.

Didukung dengan berbagai format video 3D dan VR 360° membuat aplikasi ini disukai oleh kalangan pengguna PC atau laptop. Tidak jarang jika aplikasi ini sangat membantu pengguna untuk mengedit video untuk konten di sosial media.

Ada lagi keunggulan yang bisa Anda rasakan ketika menggunakan aplikasi edit satu ini. Keunggulannya terletak pada skema yang berwarna abu-abu gelap sehingga tidak akan mengganggu mata saat mengedit video. Alhasil, Anda bisa bekerja dalam waktu yang lama.

Kelebihan lainnya terletak pada fiturnya yang lengkap, visualnya yang bagus, sampai banyaknya mode blending. Namun, ada kelemahan yang bisa ditemukan, yakni alat voice over berkualitas standar dan tidak ada alat stabilisasi video.

Itulah 13 Aplikasi Edit Video Terbaik!

Tiga belas aplikasi edit video terbaik bisa Anda gunakan di smartphone atau PC dengan mudah. Tidak perlu lagi bingung saat ingin membuat video untuk konten di sosial media. Yuk, ciptakan video yang menarik dan berkualitas dengan beberapa aplikasi di atas.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.