aturan twitter terbaru

9 Informasi Algoritma Twitter yang Wajib Diketahui

Ketahui lebih dalam mengenai statistik algoritma twitter penting di tahun 2022 untuk rancangan strategi marketing twitter yang lebih baik di tahun 2022.

Twitter merupakan salah satu social media yang unik dimana penggunanya diberikan kebebasan untuk mengungkapan perasaan dan pemikirannya dalam bentuk tulisan berupa microblog atau yang biasa di sebut tweet.

Di platform ini sendiri, pengguna juga bisa memperkuat argumen yang dibuat dengan penambahan media seperti gambar atau video dalam durasi yang pendek.

Keberadaan microblog sendiri juga membantu pengguna untuk berinteraksi dengan pengikutnya atau pengguna twitter lain yang melihat dan tertarik pada cuitan anda.

Beberapa brand besar juga membuat akun twitter guna mempromosikan produknya agar bisa menyasar konsumen yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan.

Banyaknya fitur yang tersedia di Tiktok ini juga membantu pengguna untuk mengembangkan promosi berupa campaign yang dilakukan agar dapat membantu menaikkan penjualan.

Karenanya untuk membantu strategi marketing tersebut maka kreator sebaiknya mengetahui statistik algoritma twitter yang bisa digunakan di tahun 2022 selain keuntungan dari menggunakan twitter sebagai media promosi yang tepat.

kegunaan twitter untuk promosi

Kegunaan Twitter Untuk Promosi dan Branding

Berbeda dengan platform lain yang mengandalkan konten foto atau video untuk menarik perhatian penggunanya maka twitter menggunakan cara lain yakni kekuatan tulisan yang dibuat oleh kreator.

Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengguna twitter untuk mencari konten yang cocok dengan minat yang disukai dan juga gaya penulisan yang diminati.

Penggunaan tulisan yang apik juga membantu kreator untuk mempromosikan barang dagangan ditambah dengan penggunaan fitur twitter yang menjadi daya tarik dari akun yang dikembangkan.

Apabila anda tertarik untuk memulai promosi barang jualan melalui tiktok marketing berikut beberapa keuntungan twitter sebagai media promosi yang efektif.

Menjalin Hubungan Dengan Konsumen

Saat mempromosikan barang jualan di media social seorang penjual tidak hanya memamerkan barang jualannya dan juga membuat konsumen tertarik untuk membeli barang yang dijual.

Seorang penjual juga bisa menjalin hubungan dengan konsumen baik dengan membalas pertanyaan yang diajukan di balasan tweet, menjawab pertanyaan di direct message, atau sekedar memberi respon dari setiap ulasan yang diberikan oleh konsumen.

Pendekatan ini dilakukan untuk membangun kedekatan dengan konsumen sehingga pembeli anda akan terus menerus membeli produk di toko anda.

Untungnya twitter memberikan berbagai fitur yang dapat membantu komunikasi antar penjual dan pembeli.

Salah satunya adalah fitur mention dimana pembeli bisa melakukan tag username twitter penjual di sebuah konten yang berkaitan dengan produk yang dijual.

Hal ini tentunya menguntungkan bagi penjual karena mendapatkan promosi secara gratis dan juga mendapatkan kepercayaan konsumen berkat layanan yang diberikan saat melakukan proses jual beli.

Setelah akun anda mendapatkan mention oleh konsumen maka anda bisa membalasnya di kolom reply dan memberikan rekomendasi barang yang cocok sesuai dengan masalah yang dihadapi oleh pengguna twitter.

Cara ini membantu penjual untuk mempromosikan dagangannya lebih mudah dan juga sesuai target yang tepat karena konsumen tersebut biasanya akan lebih cepat membeli apabila produk yang diinginkan sesuai keinginan dan juga terdapat ulasan dari pembeli lainnya.

Penjual juga bisa menambahkan foto atau video dari produk yang dijual agar konsumen lebih tertarik untuk langsung membeli setelah melihat produk yang ditawarkan.

Agar lebih efisien maka penjual bisa membalas menggunakan link katalog produk yang telah dibuat sebelumnya agar tidak perlu mencari foto produk sebelum membalas komentar dari pengguna twitter tersebut.

Sebagai Sarana Layanan Pelanggan

Beberapa tahun lalu, banyak konsumen yang mungkin kesulitan dalam menyampaikan keluhan mengenai produk yang dibeli baik berupa kerusakan atau barang yang dibeli tidak sesuai pesanan.

Kesulitan ini terjadi karena konsumen perlu menghubungi customer service terlebih dahulu atau mengirimkan pesan melalui email keluhan pelanggan.

Cara ini dinilai ribet karena konsumen harus melakukan tanya jawab yang panjang dengan customer service atau membuat format yang sesuai agar keluhan yang disampaikan lebih mudah ditangani.

Namun saat ini, pengguna internet bisa lebih mudah meenyampaikan keluhan mengenai produk dari perusahaan tertentu dengan cara berkirim pesan melalui fitur messenger.

Hal ini dinilai lebih efektif karena pengguna bisa langsung menyampaikan keluhannya dan akan dijawab langsung dengan cepat oleh customer service di pesan tersebut.

Tak hanya itu, apabila konsumen menemui keluhan yang berkaitan dengan produk tertentu maka kreator bisa mention akun dari social media brand tersebut agar masalah yang dihadapi oleh pengguna twitter bisa lebih mudah diatasi.

Edukasi Produk dengan Thread Twitter

Kata siapa anda tidak bisa melakukan promosi di Twitter, sebaliknya anda bisa lebih mudah melakukan promosi di platform ini karena tersedia fitur microblogging yang di dukug oleh adanya konten gambar dan video.

Salah satu fitur yang dimiliki oleh twitter namun tidak bisa ditemukan di platform social media lain adalah thread dimana kreator bisa membuat tulisan dalam jumlah banyak dan secara berurutan sehingga mempermudah pengguna twitter untuk membacanya.

Pada fitur thread ini kreator bisa membuat tulisan mengenai ulasan produk yang bekerja sama dengan influencer tertentu atau membuat thread mengenai komposisi yang dimiliki oleh produk yang dijual.

Konten ini tentunya berguna untuk mengedukasi konsumen mengenai barang yang anda jual sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengguna twitter untuk membacanya.

Kreator juga bisa membuat konten thread berupa tips dan trik menggunakan produk yang anda jual sehingga konsumen bisa memperoleh inspirasi untuk membeli dan mencoba barang jualan anda di rumah.

Anda juga bisa membuat konten thread dari kejadian yang viral namun berkaitan dengan produk anda sehingga konten anda lebih mudah naik di pasaran.

Sarana Pendekatan Diri dengan Twitter Space

Fitur siaran langsung kini menjadi layanan yang jamak digunakan di berbagai social media, beberapa diantaranya adalah Instagram, Tiktok, Facebook. dan bahkan Tiktok.

Adanya sarana siaran langsung ini berguna untuk mendekatkan diri anda dengan konsumen melalui interaksi dua arah yang tentunya menguntungkan untuk meningkatkan hubungan satu sama lain.

Twitter sendiri tidak mau ketinggalan dengan merilis fitur Twitter Space, melalui layanan ini kreator bisa berinteraksi dengan pengikut atau pengguna twitter lain melalui suara.

Layanan ini tentunya menguntungkan bagi kreator yang tidak ingin menampakkan suara namun masih ingin berinteraksi dengan konsumen yang dimiliki.

Anda pun bisa melakukan kerjasama dengan influencer atau ahli tertentu yang memiliki twitter untuk mengadakan sesi bincang-bincang yang dilakukan di forum Twitter Space.

Kegiatan ini dilakukan tidak hanya sebagai cara pendekatan diri dengan konsumen namun juga sebagai sarana edukasi sehingga konsumen bisa mengetahui manfaat produk anda sehingga tertarik untuk membelinya.

Layanan Informasi Secara Real Time

Sebagai seorang produsen dan juga penjual terkadang ada beberapa kabar penting yang harus disampaikan secara real time melalui tulisan.

Adanya penyampaian informasi melalui twitter tentunya lebih praktis karena kreator hanya perlu menuliskan berita melalui tulisan dan tidak perlu adanya konten gambar yang tentunya perlu waktu untuk mengeditnya terlebih dahulu.

Meskipun begitu, kreator juga sebaiknya berhati-hati untuk menggunakan pemilihan kata yang tidak bias saat dibaca oleh pengguna twitter dan meminimalisir kesalahan dalam penulisan agar tweet yang diunggah terlihat lebih profesional.

statistik algortma twitter

9 Informasi Algoritma Twitter 2022

Penggunaan twitter yang terus meningkatkan akhir-akhir ini membuat perubahan algoritma twitter yang sebaiknya diketahui dan dipahami oleh kreator agar bisa merumuskan staregi pemasaran twitter yang tepat sehingga bisa menjangkau lebih banyak pengguna twitter.

Karenanya agar strategi yang dibuat semakin sukses maka berikut 9 informasi algoritma twitter yang bisa digunakan dalam pemasaran di twitter.

Pendapatan Tahunan Twitter Meningkat Drastis.

Di tahun 2021 lalu, Twitter mencatat kenaikan pendapatan menjadi diatas $5 Milliar dollar. Angka yang sangat fantastis ini di dukung juga dengan kenaikan pendaptan sebesar 37%.

Twitter juga memiliki target yang sangat tinggi di masa depan sehingga di tahun 2023 platform ini diharapkan mendapatkan penghasilan sebesar $7.5 Milliar.

Target peningkatan pendapatan yang sangat besar ini tentunya akan di dukung oleh perbaikan kualitas di Twitter dan kemungkinan penambahan baru di Twitter.

Hal ini tentunya akan membuat pengguna twitter antusias untuk menunggu gebrakan baru yang mungkin akan di buat oleh Twitter.

Penambahan fitur ini juga mungkin saja akan berpengaruh pada perubahan algoritma twitter yang akan berubah dan mempengaruhi pengalaman pengguna untuk menggunakan layanan yang disediakan.

Twitter Menjadi Salah Satu Website yang Sering Diakses

Banyaknya penggun aktif Twitter yang terus memproduksi berbagai konten dan juga munculnya berbagai akun baru di Twitter tentunya membuat platform ini sering dikunjungi pengguna internet dari seluruh dunia setiap detiknya.

Maka tidak heran apabila plaform satu ini menduduki rangking ke sembilan sebagai salah satu social media yang banyak dikunjungi oleh pengguna internet.

Fakta ini juga menunjukkan bahwa banyak orang yang terus menerus mengakses Twitter setiap hari baik melalui personal computer atau handphone yang ada di tangan.

Informasi ini juga menjadi bukti lain bahwa tidak semua pengguna Twitter mengakses akun mereka melalui aplikasi yang disediakan sehingga bisa menjadi insight lain bagi kreator untuk membuat strategi marketing Twitter.

Hal ini dikarenakan tampilan dari Twitter melalui website atau aplikasi tentulah berbeda sehingga kreator bisa berinovasi untuk membuat konten yang sesuai dengan tampilan dari pengguna twitter from website.

Ketika kreator mampu membuat konten yang cocok untuk semua kalangan pengguna twitter maka hal ini akan mempengaruhi algoritma twitter di akun yang dikembangkan.

fakta algoritma twitter

Pengguna Twitter Diharapkan Meningkat di Tahun 2022

algoritma twitter 2

Sebagai salah satu social media yang banyak digunakan oleh pengguna internet tentunya Twitter diharapkan mendapatkan banyak pengguna baru dan tentunya aktif di platform ini.

Dilansir dari eMarketer, pengguna aktif twitter memiliki naik turun sejak awal tahun 2019 namun hal ini di sokong oleh banyaknya orang-orang baru yang mulai mendaftar dan mencoba Twitter sebagai alternatif lain di social media.

Jumlah yang banyak dan terus meningkat setiap tahunnya membuat Twitter diberikan ekspektasi untuk meningkatkan pengguna yang dimiliki sebanyak 329 juta pengikut baru di tahun 2022.

Karenanya untuk memenuhi keinginan ini tentu saja twitter akan terus berbenah dengan meningkatkan pengalaman pengguna twitter dalam mengakses berbagai fitur yang tersedia.

Tak hanya itu, informasi ini juga menjadi peluang bagus bagi kreator twitter untuk meningkatkan konten yang dibuat sehingga menarik pengguna twitter mengetahui akun anda sehingga dapat meningkatkan skor algoritma twitter yang dimiliki.

30% Pengguna Twitter adalah Perempuan

Banyaknya pengguna twitter ini menjadikan jumlah pengguna aktif platform ini terdiri dari berbagai macam karakteristik, gender, dan bahkan golongan usia yang semakin beragam setiap harinya.

Meskipun begitu, sebuah data menunjukkan bahwa sebagian besar pengguna Twitter dikuasai oleh laki-laki yang terlihat dari presentasi sebesar 70% laki-laki aktif menggunakan twitter dibandingkan perempuan yang hanya sebesar 30% dari pengguna Twitter aktif.

Angka pengguna ini tentunya berkebalikan dengan social media lainnya seperti Instagram atau Tiktok yang sebagian besar konsumennya berasal dari kalangan wanita.

Namun, hal ini bisa menjadi informasi penting bagi kreator yang menjual produk yang banyak dicari oleh laki-laki untuk mengembangkan konten yang sesuai dengan keinginan dan kesukaan mereka.

Strategi ini juga membantu kreator untuk menjaring konsumen laki-laki yang lebih banyak serta meningkatkan algoritma twitter yang dimiliki.

Sedangkan bagi produk yang fokus di kesukaan perempuan seperti make up, skincare, atau fashion maka platform twitter kurang begitu cocok untuk anda.

Hal ini dikarenakan konsumen wanita butuh konten yang dapat memanjakan mata seperti foto dan video yang bisa diakses dan ditemukan dengan mudah di platform lain sepeti Instagram atau Tiktok.

Namun jika kreator tetap mencoba promosi produk yang diminati perempuan menggunakan twitter mungkin saja engagement atau algoritma twitter yang di dapatkan tidak terlalu besar.

42% Pengguna Twitter Memiliki Pendidikan dari Perguruan Tinggi

Twitter sendiri dinobatkan sebagai social media kedua yang memiliki pengguna dengan pendidikan dari perguruan tinggi.

Posisi pertama sendiri ditempati oleh LinkedIn yang memang biasa digunakan sebagai tempat untuk mempublikasikan keberhasilan di dunia akademik maupun pekerjaan yang nantinya dapat membantu untuk meningkatkan karir yang dimiliki.

Fakta ini tentu saja bisa dipahami dengan mudah mengingat Twitter yang berbasis microblog tentunya akan menyiarkan konten yang banyak berbicara melalui tulisan dibandingkan foto atau video.

Meskipun tidak menutup kemungkinan banyak pengguna twitter yang berasal dari jenjang pendidikan lain yang menyukai berbagai konten di Twitter.

Informasi ini juga bisa dikembangkan oleh kreator dengan lebih banyak membuat konten yang berisi edukasi berupa kandungan dan juga manfaat yang diberikan oleh produk yang dijual.

Tak hanya itu, kreator juga bisa membahas masalah yang berkaitan dengan produk anda sehingga menjadi wawasan baru bagi pengguna twitter yang membacanya.

Ketika kreator mampu membuat konten seputar edukasi yang baik tentunya akan membantu thread yang dibuat tersebar lebih cepat sehingga menaikkan algoritma twitter yang dimiliki.

Hanya Sebagian Kecil dari Pengguna Twitter yang Fokus Pada Satu Social Media

Bagi pengguna internet dan social media aktif tentunya akan terasa hampa apabila hanya memiliki satu akun social media.

Pengguna bisa saja menghabiskan waktu seharian penuh hanya untuk melompat dari satu social media ke social media lainnya untuk mengecek dan melihat konten yang telah diperbarui.

Hal ini juga berlaku bagi pengguna Twitter dimana sebagian besar mereka juga memiliki akun social media lain dan banyak digunakan oleh orang lain seperti Facebook. Youtube, atau Instagram.

Disisi lain, hanya sekitar 0.2% pengguna twitter yang hanya berfokus pada satu social media saja dan tidak memiliki akun di platform lain.

Informasi yang menguntungkan ini tentu bisa dimanfaatkan oleh kreator twitter guna menghubungkan mempromosikan akun social media lain yang dimiliki di akun twitter anda.

Hal ini bisa dilakukan apabila tweet thread yang anda buat viral di kalangan pengguna twitter dan memperoleh respon yang positif berupa naiknya pengikut, jumlah retweet yang di dapatkan, dan juga tanggapan yang baik melalui kolom reply.

Tingginya angka engagement ini juga membantu untuk menaikkan nilai algoritma twitter di akun yang anda kembangkan.

Dengan mengetahui akun social media yang lain tentunya akan membantu konsumen lebih mengenal produk anda sehingga lebih mudah untuk melakukan interaksi dua arah.

Durasi Penggunaan Twitter 5.1 Jam / Bulan

Banyaknya konten yang bisa ditemukan di Twitter mulai dari edukasi, komedi, hingga promosi produk menjadi Twitter memiliki banyak alternatif konten yang bisa dilihat setiap harinya.

Hal ini tentunya menjadikan Twitter sebagai tempat yang pas untuk menghabiskan waktu luang atau sekedar menunggu waktu janjian dengan teman.

Penggunaan twitter setiap bulannya diketahui bisa mencapai 5.1 jam per bulan, durasi ini mengalahkan pengguna Snapchat dan juga Messenger yang masing-masing menghabiskan waktu sekitar 3 jam setiap bulannya.

Hal ini bisa saja terjadi karena sejak munculnya fitur thread maka pengguna twitter bisa saja membagikan pengalaman atau pengetahuan yang dimiliki dalam bentuk tweet panjang.

Durasi membaca yang membutuhkan waktu lama ini juga bisa mempengaruhi waktu pengguna twitter untuk menghabiskan waktu lebih banyak di platform ini.

Penggunaan thread ini sendiri bisa dimanfaatkan kreator untuk membuat konten dalam bentuk narasi yang menyajikan pembahasan mengenai masalah yang dihadapi oleh konsumen atau bahkan ulasan dari konsumen yang pernah ditangani sebelumnya.

Gaya cerita yang unik dan juga runtut juga akan membuat pengguna twitter tertarik dengan akun dan juga konten anda sehingga mempengaruhi algoritma twitter di akun anda.

1 dari 5 Pengguna Twitter Mengunjungi Akun yang Sama Setiap Harinya

Sebagai pengguna aktif Twitter tentu saja anda bisa menyukai satu akun twitter yang terus menyajikan informasi yang anda sukai dan diirngi juga dengan gaya penulisan yang sesuai dengan anda.

Hal ini tentu saja akan membuat anda terus menerus untuk datang ke akun tersebut agar tidak ketinggalan interaksi dengan akun twitter tersebut sehingga selalu menyempatkan waktu untuk melihatnya di saat memiliki waktu luang.

Kebiasaan ini ternyata dialami juga oleh 1 dari 5 pengguna twitter yang bisa membuka satu akun yang sama untuk melihat informasi yang disajikan.

Hal ini juga bisa dikembangkan oleh kreator twitter guna menarik banyak pengguna twitter untuk terus datang berkunjung ke akun anda dan juga melakukan interaksi dengan akun anda.

Perilaku konsumen ini tentunya menguntungkan bagi kreator karena semakin banyak akun anda dikunjungi oleh pengguna twitter lain dan tingginya interaksi maka akan mempengaruhi algoritma twitter anda.

Karenanya cara mudah untuk membuat pengguna twitter terus mengunjungi akun anda adalah dengan membuat konten sesuai dengan komunitas yang ingin anda sasar.

Namun, cara ini bisa saja ditiru oleh kompetitor lain sehingga membuat pengguna twitter sulit membedakan konten anda dan juga postingan dari akun twitter lain.

Hal ini bisa diatasi dengan membuat konten yang menjadi ciri khas anda dan memperbanyak interaksi dengan pengguna twitter sehingga akun anda akan lebih mudah naik dan dikenali oleh pengguna twitter lain yang memiliki minat yang sama dengan anda.

16% Pengguna Usia Muda Mencari Informasi di Twitter

Kebiasaan yang telah berganti menjadikan banyak pengguna internet lebih memilih untuk mencari informasi mengenai produk di social media dibandingkan website perusahaan.

Langkah ini dilakukan karena pengguna bisa menemukan konten yang bisa menjelaskan produk tertentu secara detail namun mudah dipahami.

Karenanya kebiasaan ini bisa disikapi positif oleh kreator dengan membuat konten edukasi yang memberikan penjelasan rinci mengenai produk yang dijual namun tetap mudah dipahami oleh pengguna twitter.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.