apa itu qris

Apa itu QRIS: Metode Pembayaran Modern Super Praktis, Cari Tahu Yuk!

Apa itu QRIS, menjadi salah satu pertanyaan yang seringkali diajukan oleh masyarakat. Jenis aplikasi yang satu ini memang sangat recommended.

Pernah terbayang nggak kalau mau beli apa-apa cukup tap dan scan saja? Tanpa uang fisik atau gesek-gesek kartu.

Yup, teknologi memang semakin berkembang hingga akhirnya kini ada QRIS yang merupakan metode transaksi modern dengan sistem terintegrasi pada data keuangan seseorang. Lalu, apa itu QRIS sebenarnya?

Perlu dipahami bahwa Quick Response Code Indonesian Standard  atau QRIS ini dapat digunakan pada tingkat transaksi kecil hingga besar. Mulai dari abang-abang sayur hingga mall besar. Menarik sekali bukan?

Jadi, yuk pahami dan coba rasakan pengalaman transaksi super efisien ini.

apa itu qris

Mengenal Apa Itu QRIS

Jika Anda belum pernah mendengar QRIS, ini adalah program transaksi finansial secara digital yang diluncurkan oleh Bank Indonesia.  QRIS merupakan langkah standarisasi yang diperuntukkan bagi semua perusahaan yang menggunakan teknologi finansial.

Bank Indonesia, melalui QRIS, melakukan penyatuan aneka macam kode QR yang dimiliki oleh berbagai perusahaan Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran.

Apa itu QRIS?QRIS (Quick Response Indonesia Standard) adalah kode QR yang dirancang dan digunakan sebagai standar pembayaran digital di Indonesia.

Perancangan ini dilakukan oleh Bank Indonesia bersama-sama dengan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia.

apa itu qris fungsi

Apa Itu QRIS, Fungsi, dan Karakteristinya

QRIS bank Indonesia merupakan rangkaian kode yang memuat berbagai informasi untuk kebutuhan pembayaran digital. Kode QR ini mengandung data tentang merchant/pengguna kode QR, jumlah pembayaran, dan jenis mata uang.

Kode QR berbentuk barcode yang dapat terbaca oleh alat tertentu saat melakukan transaksi pembayaran. Barcode ini terintegrasi dengan beragam sistem pembayaran digital yang ada di Indonesia. 

Jadi, apa itu QRIS secara umum bisa dijelaskan sebagai standar kode QR yang digunakan sebagai pembayaran digital.

Anda bisa menggunakan QRIS untuk melakukan pembayaran lewat aplikasi uang digital berbasis dompet digital atau mobile banking.

Fungsi dari QRIS

Setiap aplikasi pembayaran online memiliki jenis kode QR yang berbeda. Bayangkan, jika hendak melakukan transaksi di 10 aplikasi pembayaran digital, maka Anda tentu harus memiliki 10 kode QR pula.

Melakukan transaksi seperti ini tentu saja ribet, memakan waktu, dan tidak efisien, baik dari sisi penjual maupun pembeli.

Itulah sebabnya Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia merancang dan mengeluarkan kebijakan tentang QRIS.

QRIS adalah kombinasi jenis-jenis kode QR yang dimiliki berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran. Sebelumnya, penjual harus menyediakan bermacam-macam kode QR untuk aplikasi pembayaran online yang berbeda.

Berkat QRIS, penjual hanya membutuhkan satu kode QR yang dapat digunakan bagi berbagai aplikasi pembayaran digital di Indonesia. Maka, apa itu QRIS bertujuan untuk membuat transaksi digital menjadi lebih cepat dan mudah.

Manfaat QRIS

Secara umum, QRIS ini bisa dikatakan sebagai metode transaksi yang super efisien dan simpel. Bayangkan saja, tanpa uang cash dan bisa dilakukan di seluruh merchant. Bayangkan saja kemudahannya.

Oleh karena itu, bisa disimpulkan bahwa QRIS ini memiliki manfaat untuk kemudahan transaksi, simpel, aman, nyaman dan super efisien.

cara daftar qris

Cara Daftar QRIS

Pendaftaran QRIS ini bisa secara online maupun offline. Untuk yang offline, caranya sangat mudah. Tinggal datang ke bank terdekat yang mana Anda memiliki rekening di sana.

Temui customer service dan informasikan bahwa Anda hendak mendaftar QRIS. Tidak lupa, bawa buku tabungan, kartu identitas, serta ponsel yang terisi kuota aktif.

Kalau hendak daftar secara online, maka lakukan langka-langkah berikut ini.

  • Buka https://qris.id/dashboard/login.php
  • Masukkan alamat e-mail dan kata sandi yang hendak digunakan
  • Pilih ‘register’
  • Kemudian isi jenis usaha yang hendak didaftarkan
  • Lanjut ke kolom Nama
  • Setelah itu, isi kolom jabatan
  • Jika sudah, maka masukkan nomor ponsel aktif dan alamat email sesuai yang awal
  • Tidak lupa, masukkan juga nama produk atau brand yang hendak dimunculkan
  • Selanjutnya tinggal ikuti petunjuk yang ada hingga selesai.

Cara di atas berlaku juga untuk pendaftaran QRIS bank lain, bedanya hanya pada link pendaftaran saja. Untuk langkah-langkahnya hampir sama.

QRIS: Kelebihan dan Kekurangannya

Pada dasarnya, produk atau fitur apapun pasti memiliki dua sisi yang berlawanan, yakni berupa kelebihan dan kekurangan. Hal ini yang harus dipertimbangkan dengan baik, sebelum menggunakannya.

Kelebihan QRIS

Apa itu QRISdan bagaimana penerapan QR payment? Dalam proses transaksi pembayaran memang memberikan banyak kemudahan dan keuntungan, baik dari sisi penjual maupun konsumen. Apa sajakah itu?

praktis

Praktis dan Ringkas

Setelah keberadaan QRIS, maka penggunaan uang tunai serta kartu debit/kredit semakin minim. Orang tidak lagi perlu membawa dompet tebal maupun tas dalam berbagai kegiatan.

Bagi sebagian orang, hal ini memang sangat merepotkan, apalagi jika harus membawa anak kecil. Cukup dengan membawa satu ponsel saja, maka pengguna dapat melakukan banyak hal.

Universal

Sejak diluncurkan pada tahun 2019 lalu, sudah ada banyak lembaga, marketplace, swalayan, hingga toko-toko yang menerapkan QRIS. Itu artinya, pengguna dapat melakukan pembayaran apapun dari satu tempat.

Tidak perlu mengunduh dan melakukan registrasi ke berbagai macam aplikasi, tetapi cukup hanya satu sentuhan saja. Tak hanya Indonesia, hal serupa juga berlaku di banyak negara di dunia.

hemat waktu

Hemat Waktu

Pengguna kini tidak perlu lagi mengantri di ATM untuk melakukan tarik tunai atau transaksi pembayaran. Saat di kasir, pengguna tinggal menunjukkan QR code pada ponsel untuk melakukan pembayaran.

Hal ini tentu dapat menghemat banyak waktu, karena tidak perlu lagi menghitung uang. Sebab, pembayaran akan langsung terpotong ke saldo pengguna melalui sistem yang sudah terintegrasi dengan baik.

Simpel

Apa QRIS memiliki keuntungan dari sisi lain? QRIS menyajikan banyak sekali kemudahan dalam penggunaan. Untuk melakukan pembayaran, pengguna hanya perlu membuka dompet digital atau sejenisnya, lalu tunjukkan kode QR-nya. Langsung beres, deh.

Lebih Responsif

Konon, sistem penerjemah yang terdapat pada QRIS jauh lebih canggih daripada kartu debit maupun kredit. Hal ini dikarenakan teknologi tersebut memiliki fitur error correction. Apa itu error correction QRIS?

Fitur tersebut berfungsi sebagai pengoreksi atau pemeriksa kesalahan yang mungkin terjadi, akibat kode QRIS rusak. Meski kerusakan tersebut mencapai 30%, tetapi mesin akan tetap dapat membacanya.

Berbeda jika kerusakan terjadi pada tap kartu ATM (yang biasa untuk gesek), maka sulit untuk digunakan. Meskipun kerusakan tersebut hanya berupa goresan kecil, tetapi dapat merusak fungsinya.

aman

Lebih Aman

Saat ini, kejahatan mengintai manusia di mana saja, tidak lagi peduli dalam kondisi ramai maupun sepi. Berkat minimalisir bawaan, maka pengguna dapat terhindar dari aksi kriminalitas.

Tak hanya itu, keberadaan PIN atau password memberikan perlindungan lebih pada ponsel. Lebih daripada itu, pengguna juga dapat memantau arus kas secara lebih leluasa, karena semua bersifat online.

Banyak Promo

Salah satu kelebihan QRIS yang sangat sulit untuk ditolak adalah keberadaan promo, diskon harga, voucher, maupun cashback. Entah itu untuk pembayaran marketplace, pesan makanan, booking hotel, dan lain-lain.

Kekurangan QRIS

Meski memiliki segudang kelebihan yang memudahkan dan memanjakan, faktanya QRIS memang masih ada kekurangan. Lantas, apa saja daftar kekurangan QRIS?

scam

Peluang Scam

Secara sederhana, scam adalah tindak kejahatan yang sudah direncanakan sedemikian rupa dengan tujuan untuk memperoleh banyak uang. Meski QRIS mengklaim punya sistem keamanan canggih, tetapi kemungkinan selalu ada.

Sebab, hacker dapat mengarahkan QR code menuju ke situs tertentu yang justru dapat memicu penyalahgunaan data. Oleh karena itu, alangkah lebih baik jika memberikan keamanan tambahan.

Bergantung pada Jaringan Internet

QR payment dan internet merupakan dua hal yang tidak dapat terpisahkan. Sayangnya, jaringan internet di Indonesia belum cukup stabil. Selain sering down, di beberapa daerah malah masih susah sinyal.

Rentan Eksploitasi

Penggunaan dompet digital dan sejenisnya hanya perlu memasukkan PIN satu kali saja. Artinya, masih sangat rentan terhadap eksploitasi karena kode yang terlihat oleh orang lain.

virus

Peluang Virus dan Malware

Menurut beberapa sumber, ada laporan yang memprediksi keberadaan virus dan malware sebesar 23% di dalam QRIS. Hal tersebut harus diwaspadai, karena dapat merusak ponsel dan sistem.

Sulit Membedakan Apa Itu QRIS Code Asli dan Palsu

Saat ini belum ada fitur yang dapat mendeteksi QR tersebut merupakan kode asli atau palsu. Kondisi tersebut dapat menjadi celah bagi penjahat yang ingin melakukan phising atau scam.

Belum Semua Merchant Menyediakan Alat QRIS

Tak dimungkiri, penggunaan QRIS belum terlalu populer di Indonesia. Oleh karena itu, masih banyak merchant yang belum menyediakan mesin pembaca QRIS, terutama di daerah-daerah.

Biaya Pembayaran QRIS

Dari segi konsumen atau pihak yang melakukan pembayaran, maka pemakaian QRIS tidak akan dikenakan biaya tambahan. Artinya, nominal pembayaran yang dilakukan secara tunai atau QR code tetap sama.

Namun, Bank Indonesia menetapkan biaya administrasi bagi merchant atau pihak yang menyediakan fasilitas pembayaran menggunakan QRIS. Berikut adalah daftar ketentuannya:

  • Pembayaran reguler: biaya administrasi 0.7%.
  • Transaksi di SPBU: biaya administrasi 0.4%.
  • Pembayaran terkait dunia pendidikan: biaya administrasi 0.6%.
  • Transaksi untuk bantuan sosial: biaya 0% atau gratis.

Selain data di atas, ada juga biaya settlement. Biaya ini ditujukan untuk jenis pembayaran melalui transfer ke rekening pedagang atau merchant. Adapun besarnya tergantung kebijakan lembaga keuangan.

Nah, Anda sudah mengetahui apa itu QRIS dan berapa biaya pembayarannya. Pastikan untuk baca bagian berikutnya, ya.

5 Cara Pakai QRIS

Pada dasarnya, pembayaran menggunakan QRIS hanya membutuhkan aplikasi yang menyediakan sistem tersebut, seperti dompet digital atau lembaga tertentu.

Pastikan PJSP (Penyedia Jasa Pembayaran Non Tunai) tersebut benar-benar sudah mendapatkan izin dari Bank Indonesia. Untuk melakukan pengecekan, silakan klik di sini. Lantas, bagaimana tahapan pembayarannya?

  • Jika belum mempunyai akun, maka lakukan registrasi terlebih dahulu melalui PJSP yang tercantum pada link di atas.  
  • Setelah berhasil teregistrasi, lanjutkan dengan mengisi saldo pada akun tersebut. Tata caranya sama seperti biasa saat mengisi saldo, baik melalui dompet digital maupun bank.
  • Untuk melakukan pembayaran, buka aplikasi yang sudah terpasang, lalu klik tombol pembayaran dengan QR.
  • Silakan scan atau pindah QR code yang ada pada struk pembelian atau merchant
  • Tunggu sampai ada notifikasi atau konfirmasi yang menyatakan, bahwa pembayaran berhasil dilakukan. Selesai.

Jenis Pembayaran Menggunakan QRIS

Pastinya, Anda tertarik dengan apa itu QRIS dan juga jenis pembayaran apa saja yang bisa dilakukan dengan kode ini. Salah satu daya tarik dari keberadaan QR code ialah banyak kemudahan dalam satu genggaman.

Pengguna cukup satu kali registrasi untuk beragam jenis pembayaran QRIS berikut ini :

Merchant Presented Mode atau MPM Statis

Arti statis sendiri ialah tetap, kode QR merchant tidak akan berubah dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, kode QR biasa diletakkan di dekat meja kasir, agar pelanggan lebih mudah untuk melakukan pembayaran.

Di sini, pengguna hanya perlu memindai (scan) kode QR yang sudah disediakan oleh merchant. Dengan demikian, antrean tidak akan menumpuk di area kasir.

Merchant Presented Mode atau MPM Dinamis

Berkebalikan dengan poin sebelumnya, pada jenis dinamis ini kode QR akan berubah. Di sini, merchant akan membuat kode QR terlebih dahulu untuk setiap transaksi yang dilakukan oleh pelanggan.

Customer Presented Mode atau CPM

Jenis QRIS yang terakhir ini berbeda dengan MPM statis dan dinamis, karena yang bekerja adalah QR code pelanggan. Pelanggan hanya perlu menunjukkan QRIS miliknya untuk dipindai oleh merchant.

Mudah sekali, bukan? Apalagi cara kerjanya pun simpel. Modal ponsel dan kuota saja, sudah bisa melakukan berbagai macam transaksi pembayaran. Menariknya lagi, dengan QRIS ini Anda bisa hidup dengan lebih efisien.

karakteristik

Karakteristik QRIS

Anda telah memahami terkait apa itu QRIS dari uraian panjang di atas. QRIS membuat sekumpulan kode QR hanya menjadi satu jenis kode saja yang terintegrasi dengan seluruh aplikasi pembayaran online.

Jadi, apapun aplikasi yang digunakan, transaksinya cukup Anda lakukan dengan melakukan scanning pada satu tempat yang sama.

Anda cukup memindai QRIS merchant yang telah bekerjasama dengan program pembayaran tersebut. Penggunaan ini berarti sesuai dengan tujuan utamanya, yaitu satu QRIS untuk seluruh pembayaran.

Adapun karakteristik QRIS dapat dijabarkan sebagai berikut:

Universal

QRIS dapat menerima seluruh pembayaran hanya dengan satu kode QR saja. Anda tidak memerlukan aneka kode QR untuk tiap-tiap aplikasi pembayaran online yang berbeda. Hal ini tentu saja akan mempermudah dan mempercepat transaksi.

Mudah

Transaksi pembayaran yang Anda lakukan dengan menggunakan apa itu QRIS sangat mudah untuk dilakukan. Anda dapat menggunakan ponsel pintar untuk melakukan proses pemindaian sebanyak satu kali saja.

Pembeli cukup memindai, klik, dan langsung membayar. Adapun kemudahan yang dimiliki penjual adalah, tidak perlu memiliki banyak kode QR. Penjual hanya butuh satu QRIS yang bisa di scan menggunakan aplikasi pembayaran QR jenis apapun.

Untung

Apa itu QRIS menyebabkan setiap penjual dan pembeli hanya membutuhkan satu kode QR saja. Keuntungannya adalah, baik penjual maupun pembeli tidak akan dibebani tarif pembayaran yang berbeda-beda.

Pembeli dapat menggunakan akun pembayaran QRIS apapun untuk melakukan transaksi. Keuntungan bagi penjual adalah, hanya membutuhkan minimal satu akun untuk menerima pembayaran melalui kode QR.

Langsung

Pembayaran secara online menggunakan kode QR bisa Anda lakukan secara real-time dan berlangsung saat itu juga.

3 Hal Penting yang Harus Diperhatikan dalam Penggunaan QRIS

Setelah memahami detail apa itu QRIS, maka pahami hal-hal lain yang seharusnya masuk dalam perhatian agar meminimalisir kemungkinan buruk di kemudian hari. Apa saja itu?

Mari simak dalam ulasan di bawah ini.

  • Pastikan keamanan transaksi dengan memakai QR Code asli, dan jika tidak terbaca lagi segera perbaharui atau informasikan ke bank terdekat.
  • Jangan pernah berikan kode akses akun bank pada orang lain, termasuk itu pihak bank sendiri.
  • Selalu cek mutasi untuk setiap transaksi lewat QRIS yang dilakukan.

Apa itu QRIS?Sudah paham bukan?Menakjubkan bukan kemajuan teknologi zaman sekarang? Tidak heran jika layanan digital akan semakin berkembang dengan segala kemudahan transaksi yang ada.

Jika ingin mengetahui berbagai macam informasi terkait digital marketing, Anda bisa mengunjungi landing page kami. Selamat mencoba.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.