pexels caio 67112 2

Search Engine Marketing : Pengertian, Strategi, dan Tools

Maksimalkan promosi usaha di internet menggunakan strategi search engine marketing yang tepat.

Keberadaan internet yang mudah dijangkau oleh banyak orang juga memudahkan kita untuk mencari eksistensi dan ulasan produk tertentu.

Dimana anda bisa memanfaatkan mesin pencari untuk menemukan sebuah produk sebelum akhirnya memutuskan untuk membelinya.

Kebiasaan ini menjadikan strategi search engine marketing juga digunakan oleh berbagai brand untuk memasarkan produknya melalui mesin pencari di internet.

Di sisi lain, penggunaan search engine marketing merupakan salah satu cara efektif untuk mengembangkan brand anda dan menjangkau konsumen yang lebih luas.

Dimana anda membutuhkan strategi pencarian organik untuk menarik traffic yang lebih banyak dalam jangka waktu lama.

Caranya adalah menggunakan kata kunci tertentu yang banyak dicari oleh pengguna internet sehingga mereka menemukan produk anda di bagian pencarian teratas.

Karenanya agar promosi melalui search engine marketing semakin maksimal maka ketahui dulu beberapa pilihan strategi serta tools yang tepat.

apa itu search engine marketing

Apa Itu Search Engine Marketing

Dalam mengembangkan promosi di dunia digital tentunya anda membutuhkan strategi yang tepat untuk saluran yang berbeda.

Contohnya apabila anda ingin mempromosikan brand dan produk anda di mesin pencari, dimana anda juga memerlukan strategi khusus agar promosi anda dapat menyasar target audience yang tepat.

Salah satu strategi promosi untuk mesin pencari di internet adalah search engine marketing yang merupakan strategi digital marketing yang bertujuan meningkatkan eksistensi website yang anda miliki menggunakan hasil pencarian di mesin pencari.

Sehingga website anda lebih mudah ditemukan di internet hanya menggunakan kata kunci tertentu.

Hasil penemuan website tersebut bisa berupa pencarian secara berbayar atau organik.

social media course online

Contohnya apabila anda melakukan pencarian “social media course online” maka anda akan menemukan hasil pencarian berbayar yang berada di bagian atas bersama promosi yang lainnya.

cara kerja search engine marketing

Cara Kerja Search Engine Marketing

Search engine marketing merupakan langkah yang tepat untuk menjangkau konsumen baru dan meningkatkan penjualan secara siginifikan.

Hal ini dikarenakan nama website anda akan berada di bagian paling atas pencarian organik berdasarkan hasil pencarian halaman.

Terkadang, anda juga menemukan sebuah website yang dipromosikan secara organik dan berbayar.

Pendekatan ini dilakukan untuk mengamankan tempat apabila hasil pencarian organik mengalami penurunan dan tergantikan oleh website lain yang memiliki produk sama dan brand yang berbeda.

Padahal calon konsumen biasanya akan memilih halaman website yang berada di bagian atas dibandingkan mencari alamat website sebenarnya yang sedang turun di peringkat pencarian bawah.

Guna mengamankan tempat tersebut maka anda membutuhkan Ad Auction.

Cara Menggunakan Ad Auction 

Saat melakukan pencarian menggunakan kata kunci tertentu yang membawa ke rekomendasi halaman website yang relevan.

Kadang kala anda akan menemukan rekomendasi website yang melakukan promosi melalui iklan berbayar yang berurutan satu sama lain.

iklan digital marketing course online

Contohnya apabila anda melakukan pencarian menggunakan kata kunci “digital marketing course online” dimana anda akan menemukan berbagai rekomendasi website yang dipromosikan melalui iklan berbayar.

Urutan yang berbeda ini berdasarkan hasil penawaran tertinggi kreator pada kata kunci tertentu.

Sehingga semakin besar penawaran yang ditawarkan, maka memungkinkan website anda berada di pencarian teratas.

Namun, sebelum melakukan penawaran tersebut, anda perlu mengidentifikasi dua hal penting :

  • Kata kunci yang ingin anda gunakan.
  • Biaya yang akan dikeluarkan dalam satu klik di sebuah keyword.

Harga kata kunci tersebut bisa berbeda tergantung dari industri yang anda geluti, contohnya biaya kata kunci untuk industri asuransi lebih besar dibandingkan keyowrd untuk penjualan rumah.

Apabila anda selesai menyiapkan budget yang sesuai maka Google akan menentukan kata kunci di penelusuran pengguna dan iklan anda masuk ke dalam lelang.

Iklan akan muncul dengan tujuan siap dibeli seperti promosi yang berada di bagian teratas di pencarian.

Di sisi lain, terdapat beberapa faktor juga yang menentukan apakah iklan anda dapat memenangkan penawaran tersebut dan sesuai dengan kata kunci yang diberikan.

Google sendiri menentukan atururan bagaimana sebuah iklan dapat memenangkan lelang:

  • Penawaran tertinggi : Maksimal harga yang perlu anda bayarkan untuk sebuah klik per iklan.
  • Poin Kualitas : Formula yang digunakan oleh Google Ads untuk menentukan relevansi iklan serta keuntungannya bagi pengguna.
  • Informasi Tambahan : Tambahan informasi yang disematkan di iklan, seperti nomor telepon, link ke halaman tertentu, alamat, dan lain sebagainya.
  • Ranking Iklan : Kombinasi dari biaya penawaran yang anda berikan dan kualitas dari iklan serta landing page. Google mengharuskan iklan untuk mencapai batas kualitas minimum agar dapat ditampilkan di posisi yang paling tinggi.
  • Konteks iklan : Di saat menghitung ranking iklan, Google akan memperhitungkan istilah pencarian yang digunakan, lokasi pengguna, waktu pencarian, perangkat yang digunakan, dan lain sebagainya.
ojec6mPfRLiIH0Hk5zzQ

Strategi Search Engine Marketing yang Efektif

Promosi melalui search engine marketing yang efektif juga perlu di dukung dengan strategi pemasaran yang tepat agar anda dapat menjangkau target audience yang diinginkan.

Berikut beberapa pendekatan yang bisa anda lakukan untuk mencapai strategi search engine marketing yang optimal.

Buat Akun Google Ads

Langkah pertama yang dilakukan sebelum memulai perencanaan search engine marketing adalah memastikan memiliki akun google ads terlebih dahulu.

Hal ini dilakukan mengingat promosi berbayar efektif dilakukan bagi akun website yang baru dibangun dan belum memiliki jumlah pengikut yang cukup banyak.

Di samping itu, penggunaan google ads juga membantu mempertahankan posisi website anda di bagian teratas agar tidak mudah digeser kompetitor lain dan membantu saat website anda memiliki penurunan ranking secara organik.

Setelah memiliki akun Google Ads, maka langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah memaksimalkan anggaran pencarian berbayar dengan menyusun kampanye secara strategis.

Berikut empat bagian iklan yang perlu anda pahami :

  • Campaign : Pengelompokkan promosi berdasarkan budget, pemilihan lokasi, serta pengaturan lainnya.
  • Ad Group : Pemilihan kata kunci yang dibedakan dengan tema tertentu.
  • Kata Kunci : keyword yang anda pilih
  • Ad : Konten yang akan dilihat oleh audience ketika iklan anda dipasang.

Dengan pemilihan grup iklan yang tepat akan membantu anda dalam penargetan kata kunci yang spesifik dan sesuai dengan target audience yang dituju.

Di sisi lain, pemilihan kata kunci juga akan menghabiskan banyak biaya karena akan terdapat penyesuaian tertentu dengan bugdet yang berbeda-beda.

Tentukan Kata Kunci yang Sesuai

Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah memlih kata kunci yang sesuai dan sering digunakan oleh target audience yang dituju.

Kata kunci yang tepat juga akan membantu website dan konten anda lebih mudah ditemukan apabila audience melakukan pencarian tertentu.

Di sisi lain, kata kunci yang tepat tergantung dari beberapa faktor, misalnya tujuan pencarian, volume, kata kunci, serta biaya iklan per klik.

Apabila anda memiliki budget yang sedikit maka anda bisa memilih kata kunci yang spesifik, sementara apabila budget promosi anda lebih besar maka anda bisa memilih kata kunci yang biasa digunakan untuk pencarian awal konsumen.

Sehingga anda hadir pada tahap awal konsumen mencari produk tertentu hingga akhirnya membeli barang yang anda tawarkan.

Sementara dalam proses pemilahan tujuan pencarian maka anda bisa melakukan analisa untuk memilih kata kunci yang akan digunakan dan menyesuaikan dengan pilihan kata yang dapat menjelaskan produk anda dengan jelas dan menarik.

Dalam proses pencarian kata kunci yang tepat maka anda bisa menggunakan bantuan dari website dan tools yang tepat untuk menentukan kata kunci yang relevan dengan industri anda.

Beberapa filter yang disediakan juga membantu dalam memilih kata kunci yang tidak berkaitan, sehingga membantu dalam memisahkan kata kunci negatif yang kurang relevan.

Pada pemilihan kata kunci ini, anda bisa memilih pencarian tertinggi dan terendah yang relevan dan diperlukan juga keseimbangan antara volume pencarian serta budget yang akan dikeluarkan.

Pilih Penargetan Kata Kunci

Salah satu cara kerja dari algoritma google adalah membawa tujuan pencarian dan pilihan kata yang tepat ke dalam akun Google untuk memberikan hasil yang sekiranya sesuai.

Tujuan pencarian sendiri memiliki empat kategori yang memiliki fungsinya masing-masing:

  • Navigational : mencari sesuatu secara spesifik.
  • Informational : mempelajari mengenai topik tertentu.
  • Commercial : analisa produk, layanan, atau brand tertentu.
  • Transactional : tujuan untuk membeli produk.

Tipe kata kunci terbaik untuk iklan anda adalah menggunakan keyword commercial dan informational yang akan membantu meningkatkan penjualan di akhir pencarian.

Cek Kembali Jumlah dan Kompetisi Kata Kunci

Guna mendapatkan target audience yang lebih luas, maka anda bisa menggabungkan kata kunci yang jarang digunakan dan spesifik untuk konsumen anda.

Strategi ini dilakukan agar kehadiran produk anda menjadi seimbang, dimana anda ingin merk tersebut muncul di kata kunci yang kompetitif dan menarik calon konsumen yang berkualitas.

Namun, apabila anda menemukan kata kunci yang diminati maka anda sebaiknya memeriksa volume pencarian.

Hasil pencarian tidak akan sempurna karena tercampur dengan industri lain, jadi anda bisa melakukan riset awal untuk melihat biaya yang dikeluarkan untuk target audience tertentu.

Setelah anda merasa puas dengan jumlah volume pencarian maka anda bisa melanjutkan memeriksa kepadatan kompetisi dengan kata kunci lainnya.

Persaingan ini akan mengacu tingkat persaingan antara pengiklan yang menawarkan kata kunci tertentu.

Hitung Jumlah Biaya Iklan per Klik

Pada penggunaan Google Ads Auction, sebuah iklan dengan kualitas skor terbaik dan memiliki penawaran tertinggi akan mendapatkan penempatan iklan yang diinginkan.

Hal ini berarti kata kunci yang kompetitif menjadi lebih mahal dibandingkan keyword biasa.

Cara ini juga bermanfaat untuk mengejak kata kunci yang kompetitif apabila anda memiliki anggaran promosi yang lebih.

Akan tetapi, anda sebaiknya melakukan riset terlebih dahulu untuk mendapatkan gambaran mengenai hasil dari iklan per klik yang anda edarkan di internet.

Analisa tersebut bisa anda lakukan di Google Ads atau menggunakan bantuan dari website tertentu yang menyediakan layanan analisa iklan.

Hapus Kata Kunci yang Sama 

Saat memilah kata kunci untuk iklan, anda mungkin menemukan kata kunci yang kurang relevan dan mengganggu peredaran iklan yang lebih luas.

Sehingga anda perlu memisahkan kata kunci negatif ke campaign atau grup iklan untuk menghindari iklan anda muncul di topik pencarian yang kurang relevan.

Hal ini juga akan membantu promosi lebih efektif dan menjangkau target audience yang diinginkan.

Rancang Ad Copy dengan Baik

Setelah berbagai rancangan iklan yang rumit maka inilah saatnya anda menampilkan iklan anda ke audience yang lebih luas.

Agar pengguna internet tertarik pada iklan yang anda berikan maka anda juga perlu menuliskan deskripsi promosi secara lengkap dan informatif.

Setiap iklan berbayar tentunya memiliki empat komponen penting yang dapat menarik perhatian pengguna internet, diantaranya adalah :

Customize URL Path : terdiri dari 15 karakter dan dipisihkan oleh garis miring yang mendeskripsikan nama website yang anda miliki.

Headline : Terdiri dari 30 karakter per iklan yang menjelaskan nama produk, brand, dan layanan yang anda promosikan ke khalayak luas.

Deskripsi : Kolom khusus yang berisi 90 karakter dan berisi kelebihan brand, produk, dan layanan sehingga membuat audience penasaran pada barang yang anda promosikan.

Ad Extensions : Informasi tambahan yang memudahkan konsumen untuk mengetahui cara menghubungi produk anda, melihat variasi produk yang dijual, serta rekomendasi pilihan lain yang anda berikan.

Optimasi Headline

Bagian headline merupakan bagian paling penting dalam pembuatan iklan Google, sehingga anda perlu menuliskan deskripsi secara spesifik dan menjelaskan mengenai brand dan business yang anda jalankan serta produk yang anda tawarkan.

Anda bisa menggunakan tiga headline di setiap iklan dengan jumlah headline maksimal 30 karakter.

Headline yang baik juga perlu menggunakan penggunaan bahasa yang mudah dipahami dan tidak berbelit, penggunaan kata kunci yang natural, menggunakan alamat tujuan, serta meningkatkan emosi pembacanya dan tentunya sesuai dengan branding yang ingin anda tunjukkan ke khalayak luas.

Pilih Display URL yang Mudah Dijangkau

Tampilan URL merupakan alamat website yang ditampilkan di iklan Google , sehingga pilihan URL sebaiknya dibuat secara spesifik dan mudah ditemukan oleh audience.

Anda bisa menggunakan alamat website menggunakan nama brand atau produk unggulan kemudian ditambahkan kata kunci yang relevan.

Misalnya saja, apabila brand anda berada di bidang kecantikan maka anda bisa menggunakan nama produk kemudian tambahan kata kunci “skincare”, “beauty”, dan lain sebagainya yang relevan dengan kata kunci anda.

website wardah beauty

Hal ini juga dilakukan website brand wardah yang menjual produk perawatan kulit dan kecantikan dengan menambahkan kata kunci beauty di bagian belakang nama brand tersebut.

Namun, apabila anda memperpendek nama link URL maka pengunjung yang melakukan klik pada iklan anda akan menampilkan hasil yang lebih spesifik.

Kata kunci akhir sebaiknya relevan dengan halaman yang anda kembangkan berdasarkan hasil pencarian yang digunakan oleh audience.

Dalam pemilihan kata kunci anda bisa melakukan beberapa pendekatan khusus, misalnya memilih halaman yang akan mereka tuju, menampilkan nama brand atau produk unggulan yang anda miliki, serta membuat URL website anda singkat dan jelas.

Hal ini akan memudahkan konsumen menemukan website anda dengan mudah dan cepat dan tidak berkelana ke website kompetitor lain.

rekomendasi tools search engine marketing

Rekomendasi Tools Search Engine Marketing

Bagi pemula yang baru pertama kali membuat iklan di Google, mungkin akan merasa kebingungan melakukan analisa target audience yang cocok.

Hal ini dikarenakan banyaknya istilah yang baru diketahui serta strategi yang harus diperbarui secara rutin.

Selain menggunakan bantuan dari Google Ads, anda juga bisa meminta bantuan dari website dan tools tertentu untuk analisa search engine marketing dengan efektif.

Karenanya berikut beberapa rekomendasi website dan tools search engine marketing yang telah digunakan oleh banyak pengiklan sehingga teruji kualitasnya.

hubspot ads software

Hubspot Ads Software

Website pertama yang biasa digunakan untuk analisa iklan Google adalah Hubspot Ads Software, dimana website ini juga menyediakan layanan konsultasi pengembangan social media brand dengan biaya tertentu.

Penggunaan Hubspot Ads Software akan membantu anda dalam mendapatkan jumlah kunjungan yang lebih banyak serta metrik klik yang dapat membantu anda dalam menganalisa kinerja iklan pada jangka waktu tertentu.

Sehingga anda dapat melihat performa iklan anda dan memilih pemasaran yang sesuai dengan promosi campaign yang anda lakukan.

Apabila anda bingung dengan istilah iklan tertentu serta strategi promosi secara optimal, maka anda bisa membaca berbagai artikel khusus yang membantu kinerja iklan anda dengan efektif.

Terdapat juga course gratis yang bisa anda ambil untuk meningkatkan kemampuan anda dalam membuat konten dan iklan di social media dan platform lainnya.

sem rush

SEM Rush

Website bantuan optimasi iklan lainnya yang dipercaya oleh banyak pengiklan adalah SEM Rush.

Platform satu ini menyediakan layanan untuk analisa kata kunci yang jarang digunakan oleh banyak pengiklan, namun memiliki hasil yang baik sehingga budget yang dikeluarkan tidak terlalu banyak.

Di samping itu, website satu ini juga membantu untuk analisa kata kunci yang akan ditawarkan di iklan Google sehingga promosi anda menjadi lebih optimal.

Tidak hanya itu, SEM Rush juga menyediakan layanan untuk mengecek kinerja website anda dalam jangka waktu tertentu melali jumlah kunjungan serta aktivitas yang dilakukan oleh pengunjung anda di website tersebut.

Selain itu, SEM Rush memiliki beberapa tools unggulan yang dapat membantu untuk menemukan kata kunci panjang yang bisa digunakan untuk promosi secara organik.

Pemilihan kata kunci ini akan membantu anda dalam mengembangkan artikel yang sesuai serta konten social media yang mudah ditemukan di internet.

Anda juga bisa menggunakan website ini untuk menganalisa kinerja kompetitor guna mengetahui kata kunci yang digunakan serta strategi promosi yang dilakukan, sehingga anda bisa mencuri celah mengenai pemasaran yang anda lakukan untuk brand anda.

Salah satu contohnya adalah SEM Rush mengizinkan anda untuk menemukan kata kunci berbayar yang digunakan oleh kompetitor anda, serta mempelajari iklan yang digunakan.

Informasi tersebut sangat penting untuk mengembangkan strategi iklan berbayar di internet dan memastikan bahwa pemasangan iklan untuk website anda tidak tergeser oleh penggunaan kata kunci kompetitor.

SEM Rush juga menyediakan layanan gratis yang akan membantu anda menganalisa kata kunci tertentu yang memudahkan untuk promosi di berbagai saluran pemasaran.

google trends

Google Trends

Apabila anda mencari platform yang menyediakan analisa kata kunci secara gratis dan terintrgrasi dengan Google Ads maka Google Trends menjadi jawabannya.

Dimana Google Trend memungkinkan pengiklan untuk menganalisa jumlah pencarian untuk kata kunci tertentu, sehingga anda bisa mengetahui apakah keyword tersebut digunakan oleh banyak pengguna internet atau jarang dipakai banyak orang.

Tidak hanya itu, anda juga bisa memilih pencarian berdasarkan lokasi serta jangka waktu tertentu, sehingga hasil pencarian menjadi lebih relevan dengan jangkauan yang diinginkan.

Platform ini tentunya berguna untuk menghemat pengeluaran pemasangan iklan yang membutuhkan banyak biaya.

Penggunaan Google Trends juga berguna bagi pengiklan yang memiliki transaksi online untuk menemukan trending yang sedang terjadi di wilayah tertentu.

Sumber :

https://www.semrush.com/blog/search-engine-marketing/

https://blog.hubspot.com/marketing/search-engine-marketing

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *