pexels the coach space 2977547

Apa Saja yang Dilakukan Oleh Social Media Consultant

Mau meningkatkan karir baru di dunia social media? Memulai pekerjaan baru sebagai social media consultant bisa menjadi peluang baru.

Akhir-akhir ini, social media telah menjadi bagian hidup banyak orang, mulai dari alternatif komunikasi, mencari informasi terbaru, bahkan sarana promosi yang efektif.

Hal ini juga di dukung dengan 3.2 milliar pengguna internet yang tersebar di seluruh dunia, sehingga dengan potensi yang besar ini maka tidak mengherankan apabila semua perusahaan kini menggunakan social media untuk menjangkau konsumen potensial, meningkatkan brand awareness, serta memperkenalkan produk atau layanan yang dijual.

Di sisi lain, memulai untuk membangun sebuah akun social media baru juga cukup sulit, apalagi bagi sebuah perusahaan baru yang masih mencari konsumen dan membutuhkan waktu untuk mencari tim social media yang kompeten.

Namun, jika perusahaan anda belum memiliki tim social media dan masih bingung untuk memulai cara promosi di internet, maka menggunakan jasa social media consultant bisa menjadi solusi yang tepat.

Hal ini dikarenakan seorang social media consultant memiliki kemampuan dan pengalaman bertahun-tahun, sehingga mampu untuk membantu merancang strategi pemasaran di social media untuk pertama kalinya dengan olahan data yang sesuai.

Di sisi lain, seorang social media consultant juga diwajibkan untuk menangkap keinginan klien untuk berkembang di berbagai platform social media, sehingga mampu menangkap audience yang diinginkan.

Keuntungan lainnya adalah pekerjaan social media consultant ini bisa dikerjakan secara mandiri, sehingga anda tidak perlu terikat ke satu perusahaan dan bisa mendapatkan klien potensial berkat portofolio yang anda sebar di internet.

Karenanya jika anda tertarik menjadi social media consultant, berikut beberapa kemampuan yang harus dimiliki serta cara mengembangkan karir yang anda inginkan.

social media consultant

Apa yang Dilakukan Oleh Social Media Consultant

Banyaknya pekerjaan yang bisa dilakukan di social media, mulai dari memasang iklan, membuat konten social media, hingga melakukan interaksi dengan konsumen, menjadikan sebuah akun social media brand perlu memiliki konsultan atau pengawas yang mengulas kinerja secara mandiri.

Beberapa pekerjaan tersebut bisa dilakukan oleh seorang social media consultant yag telah memiliki banyak pengalaman dengan kasus yang berbeda-beda.

Dengan kemampuan tersebut, seorang social media consultant biasanya bekerja sama dengan klien untuk meningkatkan akun social media brand mereka agar dapat menyasar konsumen yang sesuai.

Di sisi lain, pekerjaan social media consultant juga bisa berbeda-beda setiap harinya, tergantung dari permintaan klien, sehingga seorang konsultan akan selalu mendapat tantangan baru yang dapat meningkatkan kemampuan dan pengetahuan mereka.

Sehingga diperlukan riset yang mendalam mengenai kompetitor yang akan dihadapi, target audience, trend terbaru, serta social media tools yang bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan akun social media brand yang dikembangkan.

Setiap minggunya, seorang social media consultant juga akan mengecek kinerja akun social media klien dan menyuguhkannya dalam bentuk data dan informasi yang jelas untuk menjelaskan kinerja yang telah di dapatkan, serta solusi yang akan dilakukan ke depannya.

pexels cottonbro 4101143

Skill yang Dibutuhkan oleh Social Media Consultant

Berbagai tanggung jawab yang dilakukan oleh social media consultant, tentunya perlu diiringi juga dengan kemampuan yang mumpuni untuk meningkatkan brand awareness dari sebuah akun social media brand.

Berikut beberapa kemampuan yang sebaiknya anda miliki sebelum memulai karir sebagai social media consultant :

Komunikasi 

Salah satu cara untuk memahami keinginan dan tujuan klien adalah melakukan wawancara singkat yang akan membantu social media consultant dalam menggali keinginan dan kebutuhan dalam mengembangkan akun social media.

Sehingga penting bagi seorang social media consultant memiliki kemampuan komunikasi yang akan membantu jalannya kolaborasi dengan klien.

Tidak hanya itu, kemampuan komunikasi yang baik juga dapat mencegah timbulnya kesalahpahaman apabila anda melakukan konsultasi melalui tulisan yang mungkin akan menimbulkan persepsi yang berbeda.

Kemampuan komunikasi ini juga akan membantu social media consultant dalam menentukan gaya bahasa yang tepat yang akan digunakan klien dalam membuat konten social media, sehingga mudah dipahami oleh calon konsumen yang akan dituju.

Kemampuan komunikasi ini bisa meningkat apabila seorang social media consultant sudah sering bertemu dengan berbagai latar belakang, sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri untuk mengobrol dengan orang baru.

Search Engine Optimization

Saat mencari suatu produk atau layanan tertentu, seorang konsumen biasanya  menggunakan kata kunci yang dapat membawa mereka ke sebuah brand yang dapat membantu menyelesaikan masalah mereka.

Penggunaan kata kunci ini juga efektif dalam pengembangkan akun social media, sehingga apabila calon konsumen mencari produk tertentu, maka brand atau produk anda akan muncul di bagian atas halaman pencarian.

Karenanya seorang social media consultant juga sebaiknya memiliki kemampuan dalam menganalisa SEO yang tepat dan bisa digunakan untuk brand dan produk yang dikembangkan.

Pemakaian kata kunci ini juga akan membantu meningkatkan kunjungan ke akun social media brand, sehingga membuka potensi untuk mendapatkan konsumen potensial baru.

Dalam mempelajari strategi SEO ini, seorang social media consultant bisa mendapatkannya dengan mengikuti course digital marketing dari ahlinya serta aktif melakukan uji coba pada akun social media atau internet untuk menemukan formula yang tepat.

Kreativitas yang Tinggi

Banyaknya kompetitor yang memiliki produk yang sama, tentunya membuat seorang social media consultant harus putar otak agar akun social media brand yang dikembangkan memiliki ciri khas sendiri agar lebih unggul dibandingkan kompetitor lainnya, serta memikat calon konsumen.

Sehingga memiliki kreativitas yang tinggi ini juga dibutuhkan untuk menghasilkan akun social media brand yang mudah diingat oleh pengguna social media.

Dalam mencari kreativitas ini, seorang social media consultant bisa memulai dengan meluangkat waktu untuk membaca, analisa trend terbaru, atau berjalan-jalan ke tempat baru untuk mendapatkan inspirasi yang belum pernah dipikirkan oleh orang lain.

Coversion Rate Optimization

Setelah konsumen tertarik melihat produk yang dipromosikan di akun social media brand, berkat berbagai konten yang menarik, maka tahapan selanjutnya adalah membuat konsumen tersebut tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.

Di era internet ini, seorang konsumen bisa dnegan mudah untuk membeli berbagai produk secara daring, sehingga cukup mengandalkan handphone di tangan, maka barang keinginan sudah bisa sampai di tangan.

Kebiasaan baru konsumen ini, juga mesti dipahami oleh social media consultant dengan membantu klien dalam mengembangkan saluran pembelian yang tepat dan mudah digunakan oleh calon konsumen.

Contohnya anda bisa menyarankan untuk membuat platform belanja sendiri atau memanfaatkan website marketplace yang biasa digunakan oleh banyak orang.

Social media consultant juga sebaiknya mengetahui website yang biasa digunakan oleh calon konsumen, sehingga proses jual beli bisa semakin optimal.

Meningkatkan pengetahuan mengenai perkembangan website marketplace juga bisa membantu social media consultant dalam memilih platform yang seseuai dengan kebiasaan konsumen.

Data Analysis

Salah satu kelebihan dari menggunakan akun social media business adalah pengguna bisa mendapatkan informasi mengenai perkembangan jangkauan konten dan interaksi konten dalam jangka waktu tertentu.

Informasi ini juga membantu untuk mengetahui apakah konten yang diunggah sudah tepat dan disukai oleh konsumen.

Sedangkan bagi seorang social media consultant, keberadaan informasi tersebut juga membantu apakah strategi marketing yang digunakan sudah tepat atau perlu diganti dengan rencana yang lain.

Berbagai data yang disajikan juga menjadi ukuran apakah campaign yang dijalankan sudah sukses atau malah meleset dari hasil yang diharapkan.

Di sisi lain, pembaruan mengenai social media insight selalu berubah dari waktu ke waktu, sehingga penting bagi social media consultant untuk mengetahui informasi tersebut dengan aktif mengakses portal berita yang membahas perkembangan social media, seperti Social Media Today atau TechCrunch.

Project Management

Kemapuan paling penting yang harus dimiliki oleh social media consultant adalah kemampuan memimpin tim atau campaign tertentu yang akan digunakan.

Hal ini dilakukan agar strategi marketing yang dilancarkan tepat sasaran serta menjangkau konsumen yang diinginkan.

Selain itu, social media consultant juga sebaiknya mampu mengatur manajemen waktu yang telah dirancang selama periode tertentu, serta mampu mengatasi berbagai masalah yang akan muncul selama campaign berlangsung.

Tentunya pengalaman akan membantu dalam menghadapai berbagai masalah yang akan dihadapi selama menjalani proyek dengan berbagai jenis klien.

pexels mentatdgt 1311518

Cara Menjadi Social Media Consultant

Kebebasan dalam menentukan waktu bekerja serta kesempatan untuk bertemu klien dari berbagai latar belakang, tentunya menjadi keuntungan sendiri dalam menjalani karir sebagai social media consultant.

Namun sebelum memulai pekerjaan sebagai social media consultant, maka ketahui dulu langkah-langkah yang harus dipersiapkan sebelum mendapatkan klien pertama.

Bangun Portofolio yang Menarik

Salah satu daya tarik bagi konsumen yang ingin menggunakan jasa anda adalah portofolio yang anda cantumkan di platform social media.

Semakin relevan proyek yang telah anda jalankan serta kolaborasi yang telah dilakukan dengan berbagai brand, dapat membantu anda mendapatkan nilai tambah di mata klien.

Namun, sebelum membuat portofolio yang menawan, maka anda bisa memulai dengan mengumpulkan berbagai proyek yang telah anda kerjakan sebelumnya.

Pastikan juga untuk mencantumkan durasi, pekerjan yang dilakukan, serta klien yang telah anda kelola guna membangun kepercayaan yang lebih.

Mendapatkan ulasan dari klien, tentunya akan membantu untuk meyakinkan klien selanjutnya yang mungkin memiliki permasalahan yang sama.

Permasalahan yang sama ini juga bisa terungkap apabila anda menjelaskan deskripsi pekerjaan anda di kolom portofolio dengan detail.

Tidak hanya itu, anda juga bisa mencantumkan kesuksesan yang telah anda capai dari proyek tersebut, seperti jumlah pengikut yang di dapatkan, jangkauan konten yang telah diunggah, serta konten viral yang mampu menyita perhatian banyak orang.

Anda juga bisa membuat portofolio yang dicantumkan dalam PDF yang bisa dengan mudah disebarkan, namun akan memerlukan waktu lebih untuk mengedit isi dokumen, apabila anda telah menyelesaikan proyek terbaru.

Penggunaan platform Linkedin bisa menjadi solusi yang tepat untuk membangun platform online serta dapat dengan mudah ditemukan oleh calon klien.

Beberapa platform social media kenamaan, seperti Meta atau Google juga menyediakan course yang bisa anda ikuti untuk mendapatkan pengetahuan baru, serta bisa anda gunakan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen, berkat spesialisasi yang dimiliki.

Lakukan Analisa Terlebih Dahulu

Seorang social media consultant, bisa memulai karir melalui dua cara : bekerja secara mandiri atau bergabung dengan social media agency tertentu.

Apabila seorang social media consultant memutuskan untuk bergabung dengan sebuah agensi, maka anda akan menerima kontrak yang berisi ekspektasi penghasilan yang akan di dapatkan setiap bulan, serta bonus apabila proyek yang dijalankan selesai serta mendapatkan hasil yang sesuai.

Akan tetapi jika anda memulai karir sebagai freelance social media consultant, maka anda harus menentukan sendiri ekspektasi harga yang akan di dapatkan dari seorang klien.

Penghasilan tersebut akan berbeda-beda tergantung dari proyek serta brand yang akan anda jalankan. 

Semakin sulit proyek yang dimiliki serta nama brand yang ditanggung maka anda akan mendapatkan hasil yang lebih banyak bergantung dari kesulitan yang akan ditanggung.

Anda bisa mencari klien yang potensial melalui Linkedin atau Google Business dimana anda akan menemukan pelaku bisnis dari berbagai kalangan usaha.

Namun, jika nama anda sudah cukup dikenal dan memiliki portofolio yang mumpuni, maka anda memiliki kemungkinan besar dicari oleh banyak klien yang membutuhkan jasa anda.

Bangun Jaringan yang Kuat

Meskipun seorang social media consultant telah bergabung di agensi social media kenamaan, namun memiliki jaringan yang kuat menjadi salah satu keharusan.

Sebuah jaringan pertemanan yang memiliki latar belakang yang sama akan membantu anda menemukan kreator lain yang mempunyai kemampuan yang cocok dengan proyek anda, sehingga bisa diajak kerjasama untuk memuluskan strategi marketing anda.

Di sisi lain, anda juga bisa mendapatkan rekomendasi dari seseorang yang sudah memahami kemampuan anda, sehingga anda bisa mendapatkan klien baru tanpa susah payah mencarinya.

Memiliki jaringan yang kuat juga sangat membantu seorang social media consultant yang memilih membangun karir sendiri dan tidak bergabung dengan agensi lain.

Dalam membangun jaringan tersebut, anda bisa mulai untuk bergabung dengan forum diskusi di internet yang biasanya terdiri dari berbagai orang dengan latar belakang yang sama.

Tidak hanya itu, anda juga bisa memanfaatkan social media, seperti Instagram, Tiktok, Twitter, atau Facebook, untuk membangun portofolio sekaligus bertemu dengan kreator yang memiliki bidang pekerjaan yang sama, sehingga perlahan anda bisa menemukan teman yang sesuai.

Buatlah Akun Social Media yang Menarik

Penggunaan social media tidak hanya sebagai media ekspresi diri, namun sudah banyak orang yang menggunakannya sebagai media portofolio pekerjaan yang telah dilakukan.

Hal ini biasa dilakukan oleh kreator yang bergerak di bidang kreatif yang memilih untuk mengunggah hasil pekerjaan mereka di social media.

Cara ini dilakukan mengingat social media, seperti Instagram atau Tiktok lebih mudah diakses banyak orang dari berbagai kalangan sehingga memperbesar peluang untuk mendapatkan klien baru yang lebih variatif.

Akan tetapi, agar akun portofolio instagram anda terasa menyenangkan dan membuka peluang untuk mendapatkan pengikut yang lebih banyak, maka anda bisa membangun konten yang menarik.

Contohnya adalah membagikan cerita saat mengerjakan klien tertentu dengan berbagai masalah yang dihadapi serta solusinya dapat membuat pengikut anda tertarik untuk mengikuti setiap cerita yang anda buat.

Cara ini sudah biasa dilakukan oleh berbagai pekerja kreatif yang bergerak di bidang tertentu, dan menceritakan setiap pengalaman dalam bekerja yang dialami.

@christiebasil

Kira-kira bagus gak ya cerita US dalam cheongsam?

♬ Up – Movie Theme – Giampaolo Pasquile

Salah satunya yang dilakukan oleh akun tiktok @christiebasil yang menceitakan pengalamannya dalam membuat dress untuk berbagai klien yang berbeda serta masaah yang dihadapi.

Kemahirannya dalam membuat desain gaun yang cantik dan diiringi dengan penyampaian cerita yang menarik, membuat penonton tertarik untuk melihatnya sehingga membuka peluang untuk mendapatkan konsumen baru dari pengalaman yang diberikan.

Pilih Layanan yang Sesuai

Banyaknya konsumen dengan latar belakang memang menyenangkan dan memungkinkan social media consultant mendapatkan pengalaman baru.

Namun, dengan memilih spesialisasi dan layanan yang sesuai, maka akan membantu dalam mendapatkan konsumen sesuai dengan keahlian anda.

Contohnya apabila anda terbiasa melayani klien yang memiliki usaha UMKM maka anda bisa fokus pada spesialisasi pengembangan social media untuk bisnis menengah.

Hal ini akan membantu anda dalam mengerjakan setiap proyek yang diberikan, karena anda telah memiliki pengalaman yang relevan sebelumnya, sehingga anda mampu menyelesaikan hambatan yang akan dihadapi di depan mata.

Di sisi lain, anda juga memiliki kemungkinan untuk dihubungi oleh klien yang sama dan telah merasakan hasil yang anda berikan, sehingga anda akan mendapatkan pelanggan tetap yang terus menggunakan layanan anda.

Memilih tipe klien dengan tipe yang sama juga akan memudahkan anda untuk menemukan calon konsumen dengan jenis usaha yang sama di sekitar anda.

Perbedaan Layanan yang Diberikan

Setelah anda menemukan klien yang sesuai, maka proyek yang diberikan akan berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan.

Bisa saja klien pertama membutuhkan bantuan anda untuk membangun akun social media dari awal, sedangkan klien kedua membutuhkan optimasi promosi melalui iklan berbayar.

Perbedaan layanan ini tentunya akan menghasilkan pembayaran yang berbeda, tergantung dari tools yang akan digunakan, durasi pekerjaan, serta kemungkinan kesulitan yang akan dihadapi selama proyek berlangsung.

Di sisi lain, seorang social media consultant, juga menawarkan berbagai pilihan konsultasi, seperti social media audit, konsultasi, manajemen social media, pembuatan akun social media business dan iklan, serta pengembangan strategi social media.

Menyediakan berbagai produk dan layanan juga akan membedakan penghasilan yang akan di dapatkan, namun akan lebih baiknya jika anda fokus ke beberapa materi yang anda kuasai terlebih dahulu.

Tentukan Pembayaran Anda

Bagian paling sulit dalam memulai karir sebagai social media consultant adalah menentukan pembayaran yang akan diterima.

Dalam memilih pembayaran, anda bisa memilih beberapa metode pembayaran kedua belah pihak.

Pertama, pembayaran per project dimana social media consultant akan mendapatkan pembayaran setelah proyek selesai dalam jangka waktu tertentu,

Keuntungan dari pembayaran per proyek adalah penghasilan yang besar, mengingat anda memerlukan waktu untuk merancang strategi marketing, membuat akun social media, serta konsultasi di waktu tertentu.

Sayangnya, hasil tersebut bisa anda dapatkan setelah proyek yang dibayarkan sehingga pada waktu tersebut, anda mungkin saja tidak memiliki penghasilan tetap.

Sedangkan apabila anda menentukan bayaran dengan durasi tertentu, maka anda akan mendapatkan pembayaran setelah sesi konsultasi selesai.

Cara ini tentunya menguntungkan untuk mengisi pemasaukan apabila proyek yang anda kerjakan belum selesai.

Namun, anda pastinya memerlukan waktu untuk melakukan analisa kinerja akun social media dari klien sebelum anda melakukan sesi konsultasi.

Anda juga bisa menentukan rata-rata penghasilan anda berdasarkan usaha yang dikeluarkan, biaya berlangganan social media tools yang digunakan, serta antisipasi hari kerja apabila anda berhalangan karena suatu acara atau mengambil waktu untuk istirahat sejenak.

Apabila anda masih bingung untuk menentukan penghasilan yang di dapatkan dari klien, maka menggunakan website YourRate akan membantu anda menentukan penghasilan yang di dapatkan dari satu proyek.

Sumber:

https://sproutsocial.com/insights/social-media-consultant/

https://blog.hubspot.com/marketing/social-media-consultant

https://socialbee.io/blog/become-social-media-consultant/

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *