social media tools

10 Social Media Tools Untuk Tingkatkan Performa Social Media

Tingkatkan performa dari akun social media yang dimiliki dengan menggunakan social media tools berikut.

Social media kini menjadi sarana yang tepat bagi banyak orang untuk melakukan promosi secara efektif dan menjangkau lebih banyak orang.

Promosi secara online ini juga di dukung oleh munculnya berbagai social media yang tentunya bisa dipilih oleh kreator.

Namun setelah mengunggah berbagai macam konten dan juga menganalisa algoritma social media yang dimiliki, sudahkah akun social media anda mencapai performa terbaik atau malah perlu ditingkatkan kembali?

Sebagai seorang konten kreator tentunya ingin mengetahui kinerja dari social media yang dikembangkan dan juga konten yang telah diunggah selain itu diperlukan juga tools yang dapat membantu konten menjadi lebih estetik dan menarik untuk dilihat.

Karenanya berikut beberapa rekomendasi social media tools yang bisa digunakan oleh content creator.

keuntungan social media tools

Keuntungan Menggunakan Social Media Tools

Sebagai seorang kreator tentunya anda terbiasa untuk mengembangkan tidak hanya satu social media namun beberapa akun social media guna pemasaran produk yang lebih maksimal.

Namun setelah mengunggah berbagai konten dan juga melakukan strategi marketing sudahkah performa akun social media anda meningkat atau malah menurun karena target yang kurang sesuai?

Memang saat ini tersedia analisa insight atau engagement yang tersedia di fitur akun social media business namun sebagai kreator tentunya membutuhkan analisa yang mendalam agar mengetahui performa social media yang dimiliki.

Untungnya saat ini tersedia berbagai website analisa social media yang dilengkapi dengan fasilitas untuk perencanaanan konten sehingga kreator bisa mengelola berbagai macam social media dengan nyaman.

Selain itu, kreator juga bisa terbantu dengan adanya aplikasi edit video atau foto sehingga membuat tampilan konten menjadi lebih menarik dan sidukai oleh konsumen.

Tidak hanya itu, social media tools sendiri juga memiliki beberapa kegunaan yang tentunya memudahkan pekerjaan kreator.

Analisa Keinginan Konsumen

Tidak hanya sebagai tempat untuk promosi dan pengenalan produk, social media juga menjadi media yang cocok untuk menganalisa keinginan konsumen.

Hal ini dikarenakan konsumen dapat mencurahkan pendapat mengenai produk yang dibeli melalui social media dengan mengirimkan pesan pribadi atau berkomentar di konten yang telah diunggah.

Tidak hanya itu, dengan menggunakan social media tools tentunya kreator bisa mengetahui konten mana saja yang disukai oleh konsumen sehingga kreator bisa lebih fokus pada satu konten saja.

Dengan fokus mengembangkan konten yang disukai tentunya peluang untuk mendapatkan konsumen yang sesuai juga lebih besar.

Guna mengetahui konten yang paling banyak disukai tentunya kreator bisa melihat dari banyaknya engagement yang dimiliki baik berupa likes, comment, atau share di satu akun.

Tidak hanya itu, satu hal yang paling penting adalah luasnya penyebaran konten social media yang telah diunggah dan menjadi viral sehingga akun anda menjadi lebih terkenal, semua ini bisa kreator ketahui dengan menggunakan social media tools.

Hal ini dikarenakan social media tools menyajikan analisa berupa jenis konten mana saja yang memiliki engagement paling banyak dalam kurun waktu tertentu sehingga kreator bisa lebih mudah mengetahui konten mana saja yang paling disukai.

Selain itu, jika kreator mengelola lebih dari satu akun social media tentunya akan melihat perbedaan akun mama saja yang memiliki banyak pengikut dan engagement yang paling tinggi.

Jika begitu tentunya kreator bisa berfokus pada satu akun social media saja dengan memberikan budget iklan yang lebih besar.

Hal ini dilakukan agar akun social media yang dimiliki bisa menjangkau lebih banyak pengguna sehingga lebih mudah mengenal brand dan juga produk yang anda kembangkan.

Bahan Pertimbangan Campaign Social Media

Sebagai seorang kreator yang mengembangkan konten dan juga akun social media tentu sebaiknya menggunakan strategi marketing yang tepat dan terukur.

Hal ini dilakukan agar setiap konten yang diunggah tidak hanya sekedar posting video atau foto namun terdapat tujuan yang dapat membuat konsumen tertarik pada produk dan mengenal brand yang anda kembangkan.

Salah satu strategi social media yang bisa digunakan adalah penggunaan campaign untuk berbagai tujuan promosi.

Beberapa campaign yang bisa digunakan oleh kreator adalah brand awareness, search engine campaign, atau social media campaign.

Berbagai jenis campaign tersebut bisa ditentukan ketika kreator mengetahui kelemahan dan kekuatan social media yang dikembangkan yang bisa di dapatkan dari hasil analisa di social media tools.

Penjadwalan Konten yang Lebih Mudah

Disaat mengembangkan akun social media sekaligus terkadang kreator kesulitan dalam mengatur jadwal penayangan konten yang sesuai.

Disisi lain, apabila kreator kurang menjadwalkan konten social media dengan baik tentunya akan berimbas dari melupakan mengunggah konten di waktu yang telah direncanakan sebelumnya.

Hal ini tentunya akan menyulitkan kreator karena campaign yang dijalankan bisa saja tidak sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan sebelumnya.

Karenanya agar kreator bisa mengunggah berbagai konten pada waktu yang telah ditetapkan maka kreator bisa menggunakan fitur schedule yang biasanya terdapat di beberapa website social media tools.

Penggunaan fitur schedule ini tentunya menguntungkan bagi kreator karena dapat menjadwalkan konten yang telah dibuat sebelumnya dan dapat diunggah secara otomatis di jadwal yang telah dipilih.

Tidak hanya itu, jika kreator merasa konten yang akan diunggah kurang sesuai dengan keinginan maka bisa mengeditnya terlebih dahulu atau menghapusnya untuk kemudian diganti dengan konten yang lebih sesuai.

Keuntungan lain dari menggunakan website social media tools adalah kreator bisa memerikan kinerja konten yang telah dijadwalkan sehingga bisa mengetahui performa akun social media dalam jangka waktu tertentu.

Beberapa website social media tools tentunya menyediakan berbagai penjadwalan untuk berbagai social media sehingga kreator hanya perlu berlangganan satu akun di website social media tools yang diinginkan.

Social Media Tools Mudah Digunakan

Beberapa konten kreator mungkin saja baru pertama kali mengelola akun social media dan tentunya membutuhkan beberapa social media tools untuk meningkatkan performa akun dan konten yang tengah dikembangkan.

Untung saja, berbagai social media tools yang beredar luas di internet sangat mudah dipelajari dan digunakan oleh konten kreator pemula yang baru memulai jalan sebagai social media creator.

Guna menambah kemampuan dalam mengedit dan analisa menggunakan social media tools maka kreator dapat menemukan tutorial yang tersebar luas dan gratis di internet.

jenis jenis social media tools

Rekomendasi Website Social Media Tools Untuk Content Creator

Di saat kreator menggunakan akun social media business tentunya akan mendapatkan fitur analisa konten yang digunakan untuk menganalisa performa akun social media yang anda gunakan.

Meskipun begitu, tentunya kreator memerlukan bantuan dari website social media tools untuk mengetahui performa akun social media yang lebih lengkap dan juga dapat memantau analisa performa kompetitor.

Tidak hanya itu, kehadiran social media tools tentunya dibutuhkan untuk membuat konten yang mampu menarik perhatian konsumen agar tertarik pada produk yang dipromosikan.

Beberapa kegiatan tersebut bisa anda lakukan dengan menggunakan beberapa rekomendasi website social media tools yang banyak digunakan oleh konten kreator.

Sprout Social

Sprout Social

Rekomendasi social media tools pertama yang bisa digunakan oleh konten kreator adalah website sprout social.

Platform ini menyediakan layanan untuk penjadwalan konten untuk beberapa social media dan juga analisa social media yang anda miliki.

Beberapa layanan analisa social media tools yang disediakan oleh Sprout Social adalah analisa engagement facebook, mengukur pertumbuhan pengikut instagram, dan juga evaluasi engagement LinkedIn yang bisa dilakukan di satu akun yang sama.

Selain itu, jika kreator membutuhkan data mengenai performa social media maka Sprout Social akan menyajikan dalam bentuk data yang mudah dipahami sehingga mempermudah kreator menjelaskan isi dari perfroma social media yang di dapatkan.

Apabila kreator ingin membuat social media campaign berdasarkan keinginan konsumen maka kreator bisa mengetahui jenis campaign yang tepat berkat rekomendasi dari Sprout Social berupa data campaign perfomance dan juga consumer sentiment.

Jika kreator tertarik menggunakan berbagai fasilitas yang diberikan oleh Sprout Social maka kreator bisa mencoba fitur gratis yang diberikan dalam jangka waktu tertentu dan bisa diperbarui sesuai dengan pilihan paket yang diinginkan.

hubspot

HubSpot

Social media tools lain yang bisa dapat membantu meningkatkan performa social media yang dimiliki adalah HubSpot.

Melalui platform ini, kreator dapat menganalisa performa akun social media yang dimiliki dan juga mengecek pertumbuhan berbagai akun social media yang tengah dikembangkan.

Selain itu, kreator juga dapat menilai perbedaan performa beberapa social media yang dikembangkan sehingga bisa menjadi acuan untuk memfokuskan diri pada akun social media yang diinginkan.

Kreator juga lebih mudah dalam membaca hasil analisa social media dengan adanya tampilan data berupa graphic dan presentasi yang memudahkan dalam membaca hasil performa social media yang dimiliki.

Fitur paling penting yang dimiliki oleh Hubspot adalah layanan marketing software dimana platform ini memberikan saran strategi marketing yang cocok untuk pengembangan brand dan produk yang dikembangkan.

Analisa ini tentunya membantu kreator dalam pengembangan strategi social media dan mengetahui campaign yang tepat dalam membantu pengenalan produk yang dimiliki.

Canva

Canva

Salah satu daya tarik dari sebuah akun social media adalah konten yang menarik sehingga mebuat konsumen tertarik untuk mengunjungi akun anda dan melihat produk yang dipromosikan.

Dalam mengunggah sebuah konten tentunya kreator tidak hanya memotret produk yang dimiliki dan juga memasukkannya ke akun social media yang dimiliki.

Kreator tentunya memerlukan berbagai teknik foto dan edit sehingga konten yang dibuat menarik perhatian konsumen.

Namun jika kreator sendiri belum memiliki kemampuan edit foto dan video dan mumpuni maka sebaiknya menggunakan bantuan dari social media tools yang dapat membantu menjadikan konten social media menjadi lebih menarik.

Salah satu social media tools yang menyediakan layanan edit foto dan video dan kerap kali digunakan oleh konten kreator adalah platform Canva.

Social media tools satu ini ramai diperbincangkan dan digunakan oleh kreator sebab kemudahannya untuk mengedit konten yang diinginkan dengan bantuan fitur yang dimiliki.

Tidak hanya itu, Canva sendiri menyediakan berbagai template yang tidak hanya cocok untuk membuat konten social media namun juga berbagai kebutuhan lain seperti pengumuman atau brosur promosi.

Berbagai pengerjaan social media juga bisa dikerjakan bersama-sama dengan anggota tim lain di Canva sehingga memudahkan pekerjaan membuat konten dan bisa fokus ke pekerjaan lainnya.

Namun untuk mengakses berbagai fitur tambahan dan juga variasi template yang lebih beragam maka kreator sebaiknya memiliki layanan berlangganan yang dapat diakses oleh banyak orang.

Light room

Light Room

Salah satu daya tarik dari sebuah akun instagram adalah konten foto produk yang biasanya ditampilkan oleh model atau difoto dari berbagai sudut.

Namun untuk membuat konten yang sesuai dengan tema campaign yang telah direncanakan tentunya kreator membutuhkan beberapa sentuhan editing yang membuat hasil foto menjadi lebih ciamik.

Karenanya kreator memerlukan social media tools khusus untuk foto yakni Light Room yang menyediakan berbagai fitur filter yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan.

Tidak hanya itu, kreator juga dapat mengatur pencahayaan foto dan membuat konten yang sesuai dengan social media yang akan digunakan.

Meskipun memiliki banyak fasilitas yang menakjubkan untungnya Light Room sendiri bisa diakses di berbagai jenis gadget baik handphone atau personal computer sehingga kreator bisa membuat berbagai macam konten dimana saja dan kapan saja.

Untuk mengakses berbagai layanan yang maksimal di Light Room maka kreator bisa berlangganan sesuai dengan durasi waktu yang diinginkan.

Capcut 1

Capcut

Konten video kini menjadi salah satu konten yang tengah naik daun dan ditonton oleh banyak pengguna social media.

Ditambah lagi dengan hadirnya tiktok yang menyajikan berbagai konten video yang menarik menjadikan platform ini alternatif baru dalam promosi bisnis.

Hal ini terlihat dari banyaknya brand besar atau yang sedang berkembang berlomba-lomba dalam membuat akun tiktok dan mengunggah konten video yang menarik di platform satu ini.

Meskipun Tiktok sendiri memiliki fitur edit video namun kreator juga bisa mengedit konten sendiri menggunakan aplikasi edit video yang tersedia di internet.

Penggunaan aplikasi ini dilakukan agar hasil video promosi yang diunggah menjadi lebih menarik sehingga ditonton oleh lebih banyak pengguna tiktok.

Salah satu platform yang bisa digunakan untuk mengedit video adalah Capcut yang banyak digunakan oleh kreator tiktok.

Banyaknya pengguna tiktok yang menggunakan aplikasi Capcut sendiri karena tersedianya berbagai macam filter dan juga fitur yang dapat membantu menghasilkan konten video yang diinginkan.

Kemudahan inilah yang membantu membuat aplikasi Capcut digunakan tidak hanya untuk membuat video tiktok namun berbagai konten video di social media.

unspash

Unsplash

Promosi melalui internet sendiri tidak hanya dapat dilakukan melalui social media namun menggunakan media lain seperti website yang dapat membuat brand anda menjadi lebih profesional sehingga bisa dilirik oleh banyak konsumen.

Dalam pembuatan konten di website tentunya kreator membutuhkan tambahan gambar yang dapat membuat konten website menjadi lebih menarik untuk dilihat oleh konsumen.

Sayangnya beberapa gambar yang tersebar di internet memiliki copyright sehingga tidak mudah digunakan secara bebas dan gratis sehingga perlu memerlukan biaya tambahan untuk membayar gambar yang diinginkan.

Namun kreator dapat dengan mudah mengakses semua gambar secara gratis yang dapat dipakai sebagai media promosi dengan mengunduhnya di platform Unsplash.

Melalui platform ini kreator bisa menemukan jutaan gambar secara gratis melalui kata kunci yang dipilih sehingga dapat menyasar gambar yang diinginkan.

Ukuran data yang kecil tentunya akan memudahkan kreator untuk menyimpan gambar tanpa perlu menghabiskan memori penyimpanan dari gadget yang digunakan.

Berbagai pilihan gambar yang tersedia di Unsplash ini juga bisa diunduh dengan berbagai pilihan ukuran gambar sehingga bisa menyesuaikan dengan konten yang anda buat.

Namun jika kreator ingin memberikan apresiasi terhadap hasil gambar yang digunakan maka kreator bisa memberikan tip ke pembuat gambar tersebut melalui berbagai pilihan pembayaran.

Pexels

Rekomendasi gambar dari Unsplash masih kurang banyak atau kreator membutuhkan referensi gambar gratis lainnya?

Maka kreator bisa menggunakan website pexels sebagai social media tools yang menyediakan berbagai pilihan gambar gratis lainnya.

Kreator juga dapat menemukan berbagai pilhan video yang menarik dan bisa ditambahkan di konten video yang dibuat di Pexels sehingga video yang dibuat menjadi lebih keren dan menarik perhatian banyak konsumen.

Berbagai pilihan gambar dan foto dari kreator dari berbagai penjuru belahan dunia juga bisa digunakan sebagai referensi pengambilan gambar yang cocok untuk konten yang akan diunggah.

Pinterest

Pinterest

Bingung mencari referensi konten yang menarik dan juga estetik? Pinterent bisa menjadi salah satu solusinya.

Social media tools satu ini menyediakan berbagai pilihan referensi konten yang bisa anda gunakan di social media yang dimiliki.

Cukup mengetikkan referensi kata kunci yang diinginkan maka kreator akan mendapatkan berbagai pilihan gambar yang berkaitan dengan keyword yang diinginkan.

Tidak hanya itu, apabila kreator terus menerus menggunakan kata kunci yang sama maka pinterest akan memberikan rekomendasi gambar di timeline anda sehingga kreator tidak perlu mencari gambar yang sesuai dengan keinginan.

Pinterest sendiri bisa diakses di personal computer atau handphone sehingga kreator bisa mencari referensi konten dimana saja dan kapan saja saat sedang suntuk dalam mencari ide konten yang kreatif.

Google Trend

Google Trends

Sebagai seorang konten kreator tentu sebaiknya mengetahui topik yang sedang hangat akhir-akhir ini sehingga bisa menjadi bahan pembicaraan dengan konsumen yang dimiliki.

DItambah jika kreator bisa mengaitkan isu terkini dengan brand yang dikembangkan maka kesempatan viral di dunia maya akan terbuka lebar.

Tidak hanya memperoleh informasi terbaru melalui social media atau portal berita online namun kreator juga bisa mengetahui topik yang diperbincangkan oleh banyak orang melalui Google Trends.

Sebagai tempat mencari informasi mengenai berita terbaru tentunya Google merangkum semua topik terhangat yang bisa dicari dengan mudah melalui Google Trends.

Platform gratis ini tentunya menguntungkan kreator untuk mencari topik yang sedang naik daun dan bisa di bahas di konten social media.

Melalui berbagai infromasi yang tersedi di Google Trends tentunya dapat membantu kreator untuk mengetahui keinginan konsumen yang bisa digunakan di strategi marketing yang dikembangkan.

Keuntunga lain dari menggunakan Google Trends adalah kreator dapat menentukan cakupan wilayah dan durasi waktu trends tertentu sehingga kreator bisa memilih dan memilah topik apa saja yng cocok untuk konten yang akan dikembangkan ke depannya.

Google Analytics

Google Analytics

Bagi kreator yang menganalisa performa social media dan website yang dimiliki secara gratis maka bisa menggunakan platform Google Analytics yang disediakan oleh Google.

Menggunakan Google Analytics sebagai social media tools yang digunakan untuk analisa website dan social media tentunya sangat bisa diandalkan mengingat Google akan menghitung berapa banyak pengunjung dari akun social media dan website yang anda miliki.

Beberapa fasilitas dari Google Analytics adalah mengukur social ROI dari akun social media dan website yang dimiliki dengan memasukkan tujuan campaign yang diinginkan dan Google Analytics akan memberikan data yang relevan.

Penggunaan Google sebagai mesin pencari yang banyak digunakan oleh banyak orang tentunya menjadikan kreator dapat mendapatkan informasi yang relevan dan berkaitan dengan social media yang dikembangkan.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.