pexels andrea piacquadio 3756679

Social Media Manager : Tugas dan Tanggung Jawab yang Wajib Dimiliki

Mau memulai karir sebagai social media manager? Ketahui dulu kemampuan yang wajib dimiliki serta tugas dan tanggung jawab yang wajib dikerjakan.

Media sosial kini telah menjadi bagian dari hidup manusia, mulai dari melakukan interaksi dengan teman sebaya atau mencari informasi terbaru mengenai hobi yang disukai.

Ketergantungan seseorang pada media sosial juga memengaruhi kegiatan usaha, dimana banyak perusahaan kini telah melakukan promosi di social media untuk menjangkau audiens yang lebih luas serta memperkenalkan brand yang dimiliki ke pengguna internet.

Dalam melakukan promosi di media sosial, tentunya anda membutuhkan seseorang yang memiliki peran khusus untuk mengelola social media yang dimiliki sehingga dapat memaksimalkan promosi secara online.

Karenanya, social media manager hadir untuk membantu sebuah promosi untuk melakukan promosi di media sosial dengan strategi media sosial yang tepat serta kemampuan lengkap yang dimiliki.

Tertarik menjadi social media manager dan berkarir di bidang digital? ketahui dulu kemampuan serta tugas dan tanggung jawab yang harus dimiliki oleh social media manager.

social media manager

Pengertian Social Media Manager

Pernahkah anda mengunjungi sebuah akun social media brand dan menemukan akun yang menarik perhatian anda berkat isi konten serta interaksi yang intens dengan pengikut yang dimiliki?

Jika anda pernah menemukannya, tentunya performa akun social media tersebut muncul berkat tangan dingin dari seorang social media manager.

Sebenarnya apa sih social media manager serta keuntungannya untuk promosi digital?

Social media manager memiliki tanggung jawab untuk menjadi representasi sebuah perusahaan di social media, mereka biasanya melakukan interaksi dengan audiens melalui kolom komentar serta menjawab berbagai pertanyaan mengenai brand atau produk dari perusahaan tertentu di kolom direct message.

Tidak hanya itu, social media manager juga bertangggung jawab membuat campaign untuk promosi produk pada perilisan awal atau musim tertentu serta membuat konten yang berkaitan dengan strategi pemasaran tersebut untuk menimbulkan awareness di mata konsumen serta pengguna social media.

Di samping itu, social media manager juga memberikan panduan kepada staff social media lainnya untuk menjalankan interaksi dan promosi sesuai dengan citra perusahaan yang ingin dibangun di depan media sosial.

Tidak berhenti disitu saja, seorang social media manager juga memiliki tujuan tertentu, seperti meningkatkan kunjungan ke website perusahaan atau optimasi brand awareness melalui social media.

Social media manager juga membantu untuk meningkatkan perusahaan anda melalui jariangan media sosial, seperti Facebook, Twitter, dan Instagram.

Berbagai kegiatan tersebut tentunya tidak anda temui beberapa tahun lalu dimana pengmbangan socia media belum seintens sekarang ini.

Tugas dan tanggung jawab yang besar untuk membangun reputasi perusahaan di mata konsumen secara online, menjadikan social media manager dituntut untuk memiliki berbagai kemampuan yang memadai untuk membangun beberapa akun media sosial perusahaan.

pexels jonathan borba 3285203

Apa Saja Tugas dan Tanggung Jawab Social Media Manager

Tugas pertama yang dilakukan oleh seoranng social media manager adalah mengelola sosial media serta mengimplementasikan rencana promosi yang telah dirancang bersama dengan tim.

Perencanaan materi serta mengubahkan menjadi konten social media juga sebaiknya dilakukan dengan cepat dan terarah, mengingat internet dan social media merupakan platform yang dinamis dimana langkah dan tren selanjutnya jarang sekali ditebak.

Sehingga diperlukan juga ulasan perfroma konten social media dalam jangka waktu tertentu untuk melihat apakah konten social media yang dibuat telah sesuai dengan campaign promosi yang dibuat sebelumnya.

Tidak hanya itu, social media manager juga memiliki beberapa tugas, tambahan diantaranya adalah :

Kunci Komunikasi dengan Konsumen

Sebagai seseorang yan memegang akun social media perusahaan, tentunya social media manager tidak hanya mengunggah konten namun juga melakukan interaksi dengan konsumen.

Beberapa interaksi yang dilakukan dengan pengikut anda berupa membalas pesan dan komentar yang masuk secara intens akan membantu menaikkan jumlah engagement di social media sehingga memperluas jangkauan konten dan akun social media.

Menampilkan Identitas Brand

Banyaknya brand yang melakukan promosi di social media, tentunya membuat social media manager harus menonjolkan akun social media yang dimiliki untuk membedakan dengan kompetitor lain serta memberikan ciri khas sendiri yang mudah dikenali oleh konsumen yang dimiliki.

Karenanya dalam mengembangkan akun social media brand, maka penting bagi kreator untuk menampilkan ciri khas tersendiri pada pemilihan konten serta cara penyampaikan di hadapan konsumen.

Memilih Desain Konten yang Sesuai

Salah satu daya tarik dari social media adalah adanya konten visual, dimana pengguna social media akan dihadapkan dengan konten gambar atau video yang menarik perhatian.

Di sisi lain, banyaknya pengguna social media juga menyebabkan munculnya berbagai konten visual baru setiap detiknya sehingga konten anda bisa saja tenggelam apabila tidak diiringi dengan visual yang menarik.

Karena itulah, seorang social media manager juga membantu dalam menentukan desain konten yang sesuai dengan keinginan konsumen sehingga dapat menarik minat konsumen untuk melihat dan melakukan interaksi dengan konten yang telah anda unggah di social media.

Semakin banyak pengguna social media yang tertarik pada akun social media tentunya menguntungkan untuk menambah jumlah pengikut baru yang bisa diubah menjadi konsumen.

Membuat Strategi Promosi

Tujuan utama dari membuat akun social media brand adalah mengenalkan produk dan brand yang dimiliki ke pengguna social media.

Namun dalam mengembangkan akun media sosial tentunya anda tidak hanya mengunggah berbagai konten secara random yang justru tidak menarik di mata pengguna social media serta membingungkan konsumen anda.

Karenanya penting bagi social media manager untuk membuat strategi promosi ke target konsumen dengan memanfaatkan fitur social media serta konten visual dan tulisan yang menarik.

Tidak hanya itu, social media manager juga memiliki tugas penting untuk mengatur strategi promosi berbayar yang dilakukan di iklan social media atau memilih influencer yang tepat sesuai dengan target konsumen.

Social media manager juga bisanya mengatur budget promosi agar tidak keluar dari perencanaan yang dimiliki serta memaksimalkan promosi berbayar yang dilakukan.

Menyusun Strategi Engagement Social Media

Bagian paling penting dalam membangun akun social media adalah interaksi dengan konsumen melalui sesi tanya jawab di live streaming, membalas pertanyaan konsumen di pesan langsung, atau melakukan interaksi di kolom komentar.

Namun, bagi social media manager yang baru saja membuat akun social media, tentunya langkah awal yang dilakukan adalah mencari pengikut yang lebih banyak dengan memanfaatkan konten interaksi di social media.

Tujuan tersebut tentunya harus di dukung dengan strategi enggaement di social media agar dapat menemukan gaya komunikasi yang tepat dengan konsumen yang dimiliki serta mudah dikinali oleh pengikut yang anda miliki.

pexels andrea piacquadio 3756678

Kemampuan yang Harus Dimiliki Social Media Manager

“Wah enak ya kerjanya cuma main media sosial” kalimat itu mungkin pernah terlintas di sebagian besar orang saat mendengar pekerjaan social media manager. Nyatanya menjadi seorang socia media manager tidak semudah yang dibayangkan oleh banyak orang.

Sebagai seorang social media manager, tentunya anda harus mengimbangi diri dengan 1001 kemampuan mengelola media sosial, mulai dari memilih target konsumen di media sosial, merancang strategi media sosial yang tepat, kemudian mengubah rancangan tersebut dalam bentuk konten dengan menulis dan serta menjadikannya konten visual yang menarik.

Tidak hanya sampai disitu saja, bagi seorang social media manager yang bekerja sendiri biasanya juga akan diiringi dengan interaksi bersama pengikut yang dimiliki untuk meningkatkan enggaement media sosial sehingga konten yang diunggah dapat menjangkau konsumen yang lebih luas.

Guna membangun akun social media yang kuat, maka beberapa kemampuan berikut wajib dimiliki oleh seorang social media manager sebelum membangun karir profesi di bidang digital.

Copy Writing

Kemampuan pertama yang wajib dimiliki dan dibutuhkan oleh seorang social media manager adalah melakukan copy writing.

Dengan memiliki skill copywriting, seorang social media manager dapat membangun komunikasi dengan mudah ke konsumen yang dimiliki untuk membuat mereka tertarik pada produk yang anda miliki.

Tidak hanya itu, dengan kemampuan copywriting yang mumpuni akan membantu kreator dalam membuat konten blog yang menarik sehingga meningkatkan minat konsmen untuk mengunjungi dan membaca artikel yang telah anda buat.

Di sisi lain, dalam membangun akun dan konten di platform media tentunya dibutuhkan juga kemampuan menulis untuk mempromosikan produk atau membuat konten interaksi dan edukasi yang mudah dipahami oleh konsumen.

Karenanya, copywriting merupakan kemampuan utama yang wajib dimiliki dalam marketing di social media, dengan menulis konten yang baik maka dapat mengisi banyak tugas yang diemban oleh social media manager, seperti mengisi deskripsi bio media sosial, membuat tweet di twiiter, atau membuat caption di Facebook dan Instagram.

Dengan kreativitas yang mumpuni dengan tipe penulisan yang disukai oleh konsumen, maka akan membantu meningkatkan interaksi dengan pengguna social media serta menaikkan jumlah klik ke website perusahaan yang telah anda kembangkan.

Kemampuan copy writing yang dimiliki oleh social media manager akan membantu dalam membuat konten social media yang menarik perhatian.

Penggunaan skill copywriting yang baik juga akan membantu dalam strategi marketing social media yang membantu dalam memilih kata kunci yang sesuai atau teknik pendekatan ke konsumen dalam menawarkan produk yang anda miliki.

Dalam membangun kemampuan copywriting yang baik dan sesuai target konsumen, maka anda bisa memulai dengan mempelajari tips dan trik menulis konten di social media yang bisa anda pelajari secara gratis atau berbayar di platform-platform digital marketing terkenal.

photo1658887250

Salah satu contoh penggunaan kemampuan copywriting di social media adalah promosi yang dilakukan oleh akun twitter @NetflixID yang mempromosikan salah satu series yang dimiliki dengan penulisan yang sederhana yang mudah dipahami oleh pengikutnya.

Gaya copywriting yang simpen namun sesuai dengan target konsumen ini tentunya akan menciptakan interaksi dua arah sehingga dapat menaikkan engagement di insight akun social media yang anda miliki.

Desain Gambar dan Video

Sebagian besar pengguna media sosial tentunya setuju apabila desain konten yang keren dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi penonton.

Fakta ini juga di dukung oleh survei dari Hubspot Consumer Behavior yang menyatakan bahwa sebanyak 43% konsumen menginginkan untuk melihat lebih banyak konten video di masa yang akan datang.

Hal ini terjadi karena konten visual dengan padu padan warna yang sesuai dapat membantu memikat penonton pada pandangan pertama.

Sehingga tidak mengherankan apabila banyak social media mulai dari twitter, facebook, instagram, dan tiktok mengedepankan konten visual untuk memikat penggunanya.

Karenanya seroang social media manager juga dituntut untuk mengembangkan kemampuan desain yang dimiliki dalam mengembangkan konten social media secara efektif.

Dengan hasil konten visual yang menarik maka akan membantu tulisan anda terlihat lebih menarik serta mudah dipahami oleh pengguna social media.

Strategi satu ini sering dilakukan oleh akun social media brand yang membuat konten instagram dengan menampilkan sisi estetik pada feed instagram sehingga menjadi daya tarik tersendiri di mata konsumen.

photo1658887493

Salah satunya yang dilakukan oleh akun @momuung.id yang membuat feed instagram dengan warna hijau sehingga terlihat sambung menyambung menjadi satu dan menjadi ciri khas sendiri di mata konsumennya.

Penggunaan warna yang senada pada feed instagram juga memudahkan anda dalam membuat template instagram sehingga lebih mudah dalam membuat konten yang dadakan.

Namun apabila anda ingin menerapkan satu warna khusus pada feed instagram maka anda bisa mencari selera konsumen dan mencari palet warna yan menjadi representasi bisnis anda.

Kreator juga bisa mencari inspirasi desain social media dengan mencari di pinterest atau melirik ke akun social media kompetitor yang memiliki target konsumen yang sama.

Kemampuan Customer Service

Dalam membangun platform media sosial, tentunya anda tidak hanya memerhatikan konten media sosial serta visual yang ditampilkan di hadapan pengikut anda.

Namun penting juga bagi kreator untuk membangung kemampuan komunikasi dengan konsumen yang dimiliki.

Hal ini dilakukan untuk membangun kedekatan satu sama lain serta membantu menyelesaikan masalah yang dimiliki sehingga memberikan peluang bagi mereka untuk membeli produk yang anda jual.

Tidak hanya itu, dengan kehadiran akun social media brand maka konsumen akan lebih mudah menanyakan mengenai produk yang anda miliki sehingga social media manager bisa memberikan jawaban yang dapat menyenangkan hati konsumen.

Fakta ini diperkuat dengan adanya survei dari Sprout Social yang menyatakan bahwa sebagian besar akun social media menggunakan channel yang dimiliki untuk melayani konsumen, namun jarang yang menggunakan social media untuk customer support, sehingga anda memiliki peluang untuk memberikan layanan konsumen yang tidak terlupakan.

Keberadaan social media manager sebagai branding dari akun sosial media serta sebagai kepanjangan tangan dari perusahaan yang selalu melakukan komunikasi dan interaksi dengan konsumen di social media, maka penting bagi social media manager untuk memiliki kemampuan dalam komunikasi serta empati dengan pembeli untuk membantu masalah yang mereka hadapi.

Karenanya penggunaan gaya komunikasi yang tepat tentunya akan membantu dalam menghindari kesalahpahaman akibat perbedaan persepsi dalam melakukan interaksi di sosial media.

Di sisi lain, kemampuan customer servide ini juga bisa digunakan oleh social media manager untuk membuat panduan komunikasi dengan konsumen yang dimiliki sehingga bisa digunakan oleh sales yang dimiliki dalam merespon berbagai pertanyaan yang diajukan oleh pembeli.

Public Speaking

Bertambahnya fitur di social media tentunya mengubah gaya komunikasi antara social media manager dengan target konsumen yang dimiliki.

Salah satu layanan social media yang tengah digunakan oleh social media manager adalah live streaming yang tersedia di Instagam, Facebook, Tiktok, Twitter, serta Youtube.

Keberadaan layanan live streaming ini membantu social media manager untuk melakukan interaksi dengan konsumen secara langsung dan dua arah.

Tidak hanya digunakan untuk interaksi dengan konsumen, namun layanan live streaming ini juga bisa dipakai untuk social commerce, dimana penjual dan pembeli melakukan transaksi jual beli selama siaran langsung.

Salah satunya yang dilakukan oleh penjual di tiktok yang melakukan siaran langsung untuk promosi dan jualan produk yang dilakukan di tiktok shop selama live streaming berlangsung.

Karenanya kemampuan public speaking ini juga penting bagi social media manager untuk melakukan sesi jual beli online di live streaming.

Salah satu bagian penting dalam melakukan public speaking di hadapan konsumen adalah mengontrol diri agar tidak timbul rasa nervous selama siaran langsung sehingga bisa melakukan komunikasi di depan pembeli dengan sempurna sehingga mendapatkan kepercayaan konsumen.

Tidak hanya itu, sebelum melakukan siaran langsung, maka social media manajer juga sebaiknya memilih jejaring sosial yang tepat yang banyak dihuni oleh konsumen yang dimiliki guna memberikan hasil yang maksimal.

Selain itu, social media mananger juga perlu memiliki kemampuan wawancara yang baik sehingga bisa menaikkan interaksi dengan kosnumen selama acara berlangsung.

Di saat anda melakukan siaran langsung secara rutin maka akan membuka peluang untuk menjangkau konsumen yang lebih luas serta interaksi yang lebih akrab dengan konsumen yang dimiliki.

Karenanya penting bagi kreator untuk memberikan sesi siaran langsung yang menarik perhatian penonton dengan berkoordinasi dengan tim untuk menyiapkan propersi, serta skrip untuk siaran langsung agar acara tetap berlangsung lancar.

Analisa Social Media

Keberadaan social media sebagai bagian promosi online akhirnya membuat beberapa platform media sosial menyediakan layanan akun business yang bisa digunakan untuk pemasaran secara online.

Salah satu perbedaan mendasar antara akun pribadi dengan business adalah adanya layanan insight social media dimana social media manager bisa mengecek akun social media dalam jangka waktu tertentu.

Dengan adanya informasi yang disajikan oleh insight social media ini akan membantu kreator untuk melihat apakah konten yang disajikan sudah sesuai dengan keinginan konsumen serta dapat menjangkau pengguna social media yang lebih luas.

Tidak hanya itu, berbagai informasi tersebut juga dapat membantu perencanaan konten social media untuk campaign yang selanjutnya.

Karenanya kemampuan analisa social media juga harus dimiliki oleh social media manager sehingga data yang disajikan oleh layanan insight tidak terbuang sia-sia.

Seorang social media manager juga sebaiknya mampu menuntun arah promosi bisnis ke depannya melalui pengukuran performa social media, sehingga mempelajari seluk beluk metrik media sosial dapat membantu memilih promosi yang sesuai untuk akun social media yang anda gunakan.

Salah satu contohnya, jika tujuan campaign promosi anda adalah mengajak lebih banyak konsumen untuk berkunjung ke website atau akun social commerce yang anda miliki, maka anda sebaiknya memahami alur ke saluran penjualan sebelum merancang promosi yang tepat.

Di sisi lain, dalam memahami metrik social media maka social media manager perlu mempelajari metrik di berbagai akun social media yang anda gunakan, biasanya platform media sosial memiliki website khusus yang berisi petunjuk pengukuran insight social media untuk mempermudah mempelajari media sosial yang anda pilih.

Sumber:

Social Media Manager: 10 Important Skills and Traits (buffer.com)

What Does a Social Media Manager Do? (Skills & Traits of Social Media Manager) (influencermarketinghub.com)

What Is a Social Media Manager? | Sprout Social

What Is a Social Media Manager? | Indeed.com

Social Media Manager Job Description (With Examples) – Forbes Advisor

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.