apa otu viewers tiktok

Manfaat Promosi di Tiktok Untuk Brand dan Produk

Ketahui manfaat promosi di tiktok serta strategi marketing yang sesuai untuk konsumen yang diinginkan.

Beberapa tahun belakangan, promosi melalui social media makin jamak dilakukan oleh banyak brand yang sudah memiliki banyak konsumen atau sedang berkembang.

Berbagau alasan diberikan saat melakukan promosi di internet seperti biaya yang lebih murah namun tetap efektif dalam menjangkau konsumen yang lebih luas.

Seiring dengan berjalannya waktu, trend promosi juga berubah dari awalnya memasang iklan di google hingga kini merambah dengan membuat akun social media sebagai sarana promosi dan komunikasi dengan konsumen yang dimiliki.

Di sisi lain, social media sendiri pun terus berubah dan terus berkembang guna menjaring lebih banyak konsumen serta memanjakan penggunanya, meskipun begitu trend social media ini terus berubah sepanjang tahun.

Hal inilah yang menjadikan banyak akun brand akhirnya memiliki banyak akun social media guna menjangkau konsumen yang berbeda, salah satunya adalah dengan membuat akun tiktok.

Akhir-akhir ini, banyak pengguna internet yang mulai beralih ke platform tiktok untuk melakukan promosi secara maksimal.

Hal ini dikarenakan, Tiktok sendiri memiliki banyak pengguna aktif yang terus berinteraksi dengan konten yang diminati tanpa melihat akun yang mengunggah konten tersebut.

Alasan inilah yang menjadikan promosi di tiktok digandrungi akhir-akhir karena berbagai kelebihan yang dimiliki.

Meskipun begitu, dalam melakukan promosi di tiktok maka kreator sebaiknya mengetahui cara promosi di tiktok serta ide konten yang sesuai dengan konsumen yang dimiliki.

kelebihan promosi di tiktok

Kelebihan Promosi di Tiktok

Tiktok saat ini menjadi salah satu social media yang digandrungi oleh banyak pengguna tiktok. Konten yang interaktif dari video durasi pendek menjadikan tiktok sering diakses oleh banyak orang.

Influence Marketing Hub sendiri menyatakan bahwa konten challange dengan tambahan hastag yang tengah viral menjadi salah satu video yang paling banyak ditemukan oleh pengguna tiktok serta dilakukan oleh banyak orang.

Sementara Hootsuite menuturkan, pada tahun 2019 aplikasi ini telah diunduh sebanyak 1.65 Milliar kali yang tentunya terus bertambah hingga saat ini mengingat Tiktok sudah menjadi bagian dari banyak orang.

Konten yang kreatif disertai dengan pengguna yang banyak menjadi kelebihan sendiri dalam melakukan promosi di tiktok.

Tidak hanya itu, melakukan promosi di tiktok juga memiliki berbagai kelebihan lain yang akan di dapatkan oleh kreator.

Tiktok Memiliki Banyak Pengguna Aktif

Saat sedang berkumpul bersama teman atau berada di keramaian dengan banyak orang cobalah perhatikan orang-orang yang membuka akun tiktok atau sedang melakukan tiktok challange.

Banyaknya orang yang mengakses akun tiktok atau melakukan trend dari tiktok menjadi indikasi bahwa tiktok memiliki banyak pengguna aktif.

Hal ini terlihat dari fakta tiktok yang menyatakan bahwa platform ini diakses sebanyak 8 kali sehari dengan durasi waktu yang berbeda-beda setiap harinya.

Karenanya melakukan promosi di tiktok tentunya efektif apabila di barengi dengan konten yang menarik serta hastag yang sesuai sehingga dapat menjangkau konsumen yang diinginkan serta di lihat oleh pengguna tiktok.

Kepopuleran dari aplikasi tiktok menjadikan konten yang disajikan pun makin beragam mulai dari konten komedi, edukasi, hingga promosi produk yang sering dilakukan oleh banyak orang.

Meskipun begitu, dalam membuat konten promosi di tiktok maka kreator tidak hanya bisa memamerkan produk yang dimiliki.

Kreator juga memerlukan pengetahuan mengenai konten kesukaan konte yang bisa digunakan di akun tiktok anda.

Fitur Tiktok Mudah Digunakan

Bagi beberapa orang merekam dan mengedit video menjadi salah satu kegiatan yang sulit dilakukan karena perlu mencocokkan waktu serta pengambilan gambar yang sesuai agar disukai oleh penontonnya

Meskipun begitu, hal ini tidak akan ditemukan apabila anda membuat konten promosi di tiktok karena fitur tiktok yang diunggah pun mudah digunakan.

Dimulai dengan merekam konten sesuai dengan durasi yang diinginkan maka kreator tinggal menambahkan berbagai fitur yang diinginkan seperti penambahan lagu atau filter yang dapat membuat konten menjadi lebih menarik.

Tidak hanya itu, apabila kreator ingin membalas konten orang lain melalui video tiktok maka anda tinggal menggunakan layanan duet atau stitch sehingga anda bisa membalas konten orang lain dengan video yang anda buat sendiri.

Guna memaksimalkan jangkauan video promosi di tiktok yang di buat maka kreator bisa menambahkan tagar yang sesuai dengan isi konten.

Bingung dengan ide konten yang menarik? maka kreator tinggal mencari konten tiktok yang viral di kolom rekomendasi dan di buat kembali dengan ciri khas yang anda miliki.

Selain itu apabila kreator ingin berjualan secara langsung atau melakukan interaksi dengan konsumen yang dimiliki maka anda bisa memanfaatkan layanan siaran langsung.

Semakin sering anda melakukan siaran langsung di tambah dengan banyaknya orang yang menonton video anda maka memungkinkan bagi kreator untuk mendapatkan uang tambahan dari stiker yang dikirimkan oleh penonton.

Tidak jarang banyak kreator yang melakukan tiktok live dengan berbagai ide konten yang menarik guna mendapatkan perhatian dari pengguna tiktok sehingga mendapatkan stiker yang lebih bayak.

Tiktok Terkenal di Kalangan Remaja

Ketenaran tiktok sendiri juga di dukung oleh banyaknya remaja yang melakukan tiktok challenge atau sekedar membagikan curahan hati mereka di akun tiktok yang mereka miliki.

Di sisi lain, banyaknya pengguna remaja yang berkumpul di tiktok menjadi keuntungan sendiri bagi kreator yang memiliki produk untuk remaja menjadikan promosi di tiktok lebih efektif.

Dilansir dari Tiktok Indonesia, pengguna tiktok di indonesia sebagian besar berasal dari kalangan usia 18-24 tahun.

Tidak hanya itu, pada rentang waktu yang rentan tergoda barang-barang yang lucu menjadikan konsumen di usia remaja lebih impulsif pada barang yang dilihat di Tiktok.

Karenanya dengan konten promosi yang tepat tentunya kreator dapat menjangkau kalangan remaja sebagai konsumen setia.

Promosi Melalui Iklan Berbayar

Banyaknya kreator yang melakukan promosi di tiktok menjadikan kreator harus bersaing dengan akun tiktok yang memiliki produk yang sama dengan barang anda.

Karenanya agar akun tiktok anda dapat terkenal lebih mudah maka platform ini menyediakan dua cara promosi di tiktok yang efektif.

Pertama adalah menggunakan layanan iklan berbayar yang disediakan oleh Tiktok, promosi melalui layanan ini tentunya lebih menguntungkan karena kreator diberikan pilihan konsumen yang diinginkan serta campaign yang akan dijalankan.

Tidak hanya itu, konten iklan tersebut nantinya akan disiarkan di halaman for your page sehingga dapat menjangkau konsumen yang diinginkan dalam jangka waktu tertentu.

Di sisi lain, apabila kreator ingin meningkatkan penjualan produk yang efektif maka kreator bisa menggunakan jasa endorsement dari kreator tiktok.

Strategi ini dilakukan karena pengguna tiktok menyukai ulasan yang diberikan oleh kreator tiktok yang disukai serta sering memberikan testimoni yang aktual.

Semakin banyak kreator yang anda ajak kerja sama maka akan banyak juga calon konsumen yang mengenal barang jualan anda.

cara promosi di tiktok

Cara Promosi di Tiktok

Meskipun tiktok terkenal dengan tantangan yang bisa digunakan oleh pengguna tiktok namun dalam melakukan promosi di tiktok tentunya kreator kurang bisa memanfaatkan berbagai tiktok challange tersebut.

Hal ini dikarenakan tiktok challange terkadang tidak sesuai dengan produk yang dijual dan tentunya konsumen perlu mengetahui lebih dalam mengenai informasi produk.

Karenanya dalam memaksimalkan promosi di tiktok maka kreator bisa menggunakan beberapa tips berikut :

Maksimalkan Akun Tiktok Business

Banyaknya pengguna tiktok yang melakukan promosi di tiktok akhirnya menjadikan platform ini merilis layanan khusus guna pengembangan bisnis di tiktok.

Layanan tiktok for business tidak hanya bisa digunakan oleh kreator guna promosi di tiktok namun juga bisa dipakai influencer untuk mengembangkan konten yang dimiliki agar hasilnya lebih maksimal.

Kehadiran layanan khusus untuk promosi di tiktok menjadikan akun tiktok for business ini memiliki dua fitur tambahan yakni tiktok ads serta insights.

Melalui layanan tiktok ads ini kreator bisa mempromosikan produk yang dimiliki ke pengguna tiktok dengan konten promosi yang menarik dan sesuai tujuan yang diinginkan.

Agar hasil dari promosi di tiktok lebih maksimal maka kreator bsa memilih campaign yang sesuai serta konsumen yang dituju.

Tidak hanya itu, guna melihat performa akun tiktok yang dimiliki tentunya kreator memerlukan alat pengukuran khusus yang dapat mengukur jangkauan konten serta engagement yang di dapatkan.

Kreator bisa memanfaatkan layanan insight yang ada di tiktok untuk menganalisa jangkauan konten yang diunggah, jumlah engagement yang di dapatkan, serta konten yang disukai oleh konsumen.

Dengan adanya berbagai informasi tersebut tentunya memudahkan kreator dalam membuat strategi marketing yang tepat agar promosi di tiktok lebih maksimal dan berhasil.

Cara menggunakan akun tiktok for business pun sangat mudah yakni dengan mengubah akun pribadi ke business dan mengisi beberapa informasi yang dibutuhkan guna pelayanan yang lebih optimal.

Pelajari Fitur Tiktok

Setiap platform social media tentunya memiliki ciri khas tersendiri seperti Instagram yang identik dengan konten estetik, twitter sebagai media informasi yang aktual bagi banyak orang, atau Facebook yang biasa diisi oleh generasi berumur.

Berbeda dengan tiktok yang dipenuhi dengan anak muda yang hobi melakukan eksplorasi konten di akun yang dimiliki.

Guna meningkatkan pengalaman pengguna dalam membuat konten atau promosi di tiktok maka platform ini terus melakukan pembaruan fitur agar hasil video menjadi lebih menarik.

Kreator sendiri sebaiknya mempelajari berbagai fitur di tiktok agar hasil konten yang dihasilkan menjadi lebih menarik.

Beberapa fitur tiktok yang bisa dimanfaatkan secara maksimal adalah fitur edit video dimana kreator bisa memotong durasi video serta menambahkan caption video agar penonton memahami pesan dari video tersebut.

Tidak hanya itu, kreator juga perlu mengetahui lagu-lagu yang sedang viral di tiktok serta konten yang menyertainya sehingga bisa digunakan sebagai inspirasi konten promosi di tiktok yang menarik,

Pengguna tiktok terkadang menggunakan filter guna menghasilkan konten yang menarik dan kreatif sehingga penonton betah untuk melihat konten anda.

Tiktok sendiri identik dengan konten yang energik, semangat, serta komedi sehingga jika anda ingin mendapatkan perhatian dari pengguna tiktok maka anda bisa menggunakan konten yang unik dan menarik.

Fokus pada Kualitas Konten Tiktok

Dalam membuat konten di tiktok tentunya kreator tidak hanya mengembangkan konten yang menarik serta disukai oleh konsumen.

Kualitas konten tiktok juga dapat membantu dalam meningkatkan jumlah viewers serta engagement pada video anda.

Hasil video yang bagus tentunya akan membuat penonton betah untuk menonton video anda sampai habis bahkan mengulanginya.

Karenanya dalam membuat konten tiktok maka kreator juga sebaiknya fokus pada meningkatkan kualitas konten tiktok.

Kreator bisa memanfaatkan handphone dengan resolusi kamera yang tinggi dan dibantu dengan pencahayaan yang bagus guna menghasilkan konten yang lebih bagus.

Tidak hanya itu, penggunaan aplikasi edit video juga bisa digunakan untuk menambah filter atau fitur lain yang tidak dimiliki di tiktok.

Kreator juga bisa mempelajari hasil video yang disukai oleh konsumen sehingga bisa digunakan di konten video anda.

Meskipun begitu, selera konsumen yang berbeda-beda tentunya akan memberikan hasil yang berbeda pada setiap konten tiktok yang dimiliki.

Di sisi lain, konten tiktok anda sebaiknya memiliki value yang diunggulkan sehingga selalu ditunggu oleh pengikut anda dan dicari apabila anda belum mengunggah konten tiktok hari ini.

Guna meningkatkan value dari konten anda maka kreator bisa mulai dengan mengetahui jenis konten yang disukai oleh konsumen anda.

Beberapa ide konten yang bisa digunakan untuk promosi di tiktok adalah konten behind the scene, edukasi produk, serta tutorial.

Gunakan Hastag Challenge

Penggunaan konten yang viral tentunya akan membantu nama akun tiktok anda naik apalagi jika dibarengi dengan konten yang kreatif.

Kreator tidak hanya bisa menggunakan konten yang biasa diunggah sehari-hari namun memakai konten yang sedang viral.

Strategi ini dilakukan agar anda tidak ketinggalan trend tiktok serta membuat konten anda relevan dengan akun tiktok lain.

Kreator bisa mulai mencari hastag challenge yang viral di fitur rekomendasi dimana kreator bisa menemukan konten yang relevan dengan konsumen anda.

Tidak hanya itu, kreator juga bisa menggunakan konten yang kerap kali lewat di timeline tiktok anda.

Hastag challange sendiri juga bisa dibuat oleh kreator untuk mempromosikan campaign yang dimiliki agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Dalam membuat promosi di tiktok menggunakan hastag challange maka kreator bisa membayar biaya iklan hastag campaign yang akan diluncurkan pada waktu yang diinginkan.

Kreator juga bisa mengundang influencer guna mempromosikan hastag challange anda agar promosi menjadi lebih maksimal.

Interaksi dengan Fitur Stitch

Salah satu cara agar promosi di tiktok semakin efektif adalah melakukan interaksi dengan konsumen yang dimiliki untuk meningkatkan engagement konten.

Semakin tinggi interaksi yang dilakukan maka konten tiktok anda dapat menjangkau konsumen yang lebih luas.

Tiktok sendiri menyediakan fitur interaksi yang menarik yakni dengan membalas komentar melalui fitur stitch.

Layanan stitch ini dapat digunakan untuk membalas komentar pengguna tiktok menggunakan video sehingga anda dapat menambah konten baru di akun tiktok anda.

Tidak hanya itu, kreator juga bisa membalas konten dari video lain yang juga bisa digunakan sebagai video hiburan.

Kerjasama dengan Influencer

Saat kreator sudah memilih tiktok sebagai media promosi maka sebaiknya menyediakan dana juga untuk melakukan promosi berbayar melalui iklan atau influencer.

Promosi ini dilakukan agar akun tiktok anda dapat mencapai konsumen yang diinginkan dengan mudah dan cepat.

Dalam memilih influencer pastikan anda menggunakan kreator yang disukai oleh konsumen anda serta menghasilkan konten yang unik agar promosi menjadi lebih menarik.

ide konten promosi di tiktok

Ide Konten Promosi di Tiktok

Saat membuka akun tiktok tentunya kreator bisa menemukan berbagai konten mulai dari konten promosi hingga hiburan yang mampu menghibur di kala suntuk.

Berbagai macam konten tersebut juga bisa digunakan kreator agar promosi di tiktok menjadi lebih efektif dan menyenangkan.

Berikut beberapa ide konten promosi di tiktok yang bisa digunakan di akun tiktok yang dimiliki :

Bagikan Konten Edukasi

Pengguna internet awam mungkin berfikir bahwa tiktok hanya berisi konten hiburan atau sekedar dance challange namun saat ini tiktok semakin berkembang dengan kemunculan konten yang semakin beragam.

Salah satunya adalah konten edukasi dimana kreator dapat membagikan informasi produk dengan penjelasan yang mudah dipahami.

Keberadaan konten edukasi ini juga bisa digunakan untuk meluruskan informasi yang salah dan beredar di kalangan masyarakat sehingga penonton bisa mengetahui kebenarannya.

Selain itu, kreator juga bisa memeberikan pengetahuan mengenai kandungan produk yang dimiliki agar konsumen semakin yakin dalam membeli produk anda.

Kreator juga bisa membuat konten edukasi menjadi lebih interaktif dengan mengundang ahli di bidangnya untuk membuat tiktok live sehingga interaksi dengan konsumen menjadi lebih menarik.

Agar konten edukasi tidak terkesan membosankan atau mengguri maka kreator bisa menggunakan tambahan lagu atau daur ulang konten video yang beredar agar mudah dipahami oleh pengguna tiktok.

Konten Tutorial

Saat membeli produk tertentu terkadang konsumen merasa bingung untuk menggunakan produk yang tepat untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Hal ini biasanya dialami oleh konsumen skincare atau make up yang bingung saat produk yang dibeli tidak cocok atau make up yang dipakai tidak sesuai keinginan.

Guna mengakomodasi masalah ini maka kreator bisa membuat konten tutorial agar hasil make up lebih maksimal.

Kreator juga bisa membuat konten tutorial yang berasal dari masalah konsumen sehingga interaksi dengan konsumen berjalan dua arah serta kreator bisa membantu konsumen dalam menghadapi masalah produk yang dimiliki.

Di sisi lain, konten tutorial sendiri memiliki tempat tersendiri di kalangan pengguna tiktok karena dengan durasi video tiktok yang semakin panjang tentu menguntungkan bagi penonton untuk belajar hal baru yang belum pernah ditemui sebelumnya.

Salah satu konten tutorial yang laris di kalangan pengguna tiktok dimana kreator membuat tutorial masak menggunakan bahan seadanya sehingga bisa di coba di rumah.

Hal ini bisa menjadi ide konten promosi di tiktok bagi industri makanan guna meminta kreator memasak makanan menggunakan produk yang anda miliki sehingga semakin banyak orang yang tertarik pada barang jualan anda.

Selain itu konten tutorial olahraga dari rumah juga kerap kali ditonton oleh pengguna tiktok guna mendapatkan bentuk badan yang ideal.

Konten Behind the Scene

Saat menyukai suatu produk atau brand tertentu biasanya konsumen juga penasaran akan kegiatan pembuatan produk, kolaborasi dengan influencer, atau promosi peluncurkan produk.

Rasa penasaran konsumen ini bisa dimanfaatkan kreator untuk membuat konten behind the scene yang menceritakan cerita di balik layar mengenai pembuatan produk tertentu.

Kreator bisa memulai dengan menceritakan kegiatan yang biasa dilakukan oleh pegawai dari brand anda dalam merancang strategi pemasaran yang tepat.

Tidak hanya itu, kreator juga bisa memberi tahu proses kolaborasi dengan influencer tertentu sehingga memenuhi rasa penasaran penggemar serta konsumen yang dimiliki.

Pembuatan konten behind the scene juga membuat kreator berbicara lebih banyak sehingga penonton dapat mengerti isi video tanpa perlu melihat caption video.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.