pexels serpstat 572056

Social Media Monitoring : Pengertian dan Kegunaannya

Kenali cara menggunakan  social media monitoring tools untuk membantu anda dalam mengecek dan mengelola interaksi yang melibarkan brand anda.

Sebuah brand yang memiliki nama cukup besar serta produk yang dikembangkan telah digunakan oleh banyak orang, biasanya akan menjadi perbincangan di kalangan konsumen.

Perbincangan itu bisa saja berupa ulasan konsumen mengenai produk, harga yang ditawarkan, serta variasi produk.

Berbagai obrolan tersebut biasa ditemukan di social media, dimana anda bisa dengan bebas mengungkapkan berbagai perasaan dan pendapat dengan mudah.

Ulasan konsumen yang tersebar di social media, bisa menjadi dua mata pisau yang bersebrangan.

Di satu sisi, produk anda menjadi lebih terkenal berkat strategi word of mouth yang disebarkan dari satu orang ke orang lainnya, sehingga mereka tertarik untuk membeli produk yang anda jual. 

Namun, di sisi lainnya, mungkin saja terdapat konsumen yang merasa kurang puas dengan layanan atau produk anda, sehingga mengeluhkan hal tersebut di social media, hingga akhirnya mendapatkan perhatian dari banyak orang.

Hal ini tentunya akan merugikan brand anda, karena berkurangnya kepercayaan pada merk yang anda kembangkan sehingga mempengaruhi penjualan produk, meskipun bisa saja isu tersebut tertutupi dengan konsumen loyal yang memberikan klarfikasi.

Tentunya hal itu tidak ingin anda temui bukan? Karenanya untuk mengatasi masalah ini diperlukan adanya social media monitoring.

Social media monitoring merupakan jalan terbaik yang mampu membantu anda mengenai pendapat orang lain terhadap brand anda, dan hal lain yang berkaitan dengan kompetitor atau industri yang anda geluti, layanan yang anda berikan, serta logo baru yang anda pasang.

Singkatnya adalah pandangan dari orang lain mengenai produk anda dari berbagai sisi.

Guna melakukan hal tersebut, anda tidak perlu mengecek satu persatu nama anda melalui kolom pencarian social media, yang tentunya akan memakan waktu lebih banyak.

Cukup dengan menggunakan social media monitoring tools atau software, maka mereka akan mengumpulkan mempresentasikan audience dan insight dari brand anda yang memerlukan perhatian lebih.

Karenanya untuk melakukan kegiatan tersebut, maka ketahui dulu pengertian dari social media monitoring serta cara pengguannya dengan tepat.

social media monitoring

Apa Itu Social Media Monitoring

Social media monitoring merupakan sebuah proses yang menggunakan tools tertentu untuk mendengarkan dan melihat konten yang telah diunggah menggunakan nama produk dan merk anda.

Namun, mengapa kegiatan ini harus dilakukan?

Sebuah brand menghabiskan waktu sepanjang tahun untuk mengembangkan brand awareness secara tepat, di sisi lain, perkembangan internet yang semakin pesat menghadirkan tantangan bisnis bagi digital marketer.

Hal ini dikarenakan pengguna internet bisa saja melukai nama brand anda baik secara langsung atau tidak langsung.

Sehingga social media monitoring akan membantu merk anda dalam mengontrol narasi yang beredar di publik dan dapat mengubah pandangan mengenai brand yang anda kelola.

Tidak hanya itu, social media monitoring juga membantu dalam menangkap penyebutan merk anda secara baik atau buruk sebelum isu tersebut melebar dan menimlbulkan menodai merk anda.

Namun, kegiatan social media monitoring tidak hanya melacak penyebutan negatif yang muncul, namun melakukan pemantauan untuk melacak sentimen dan umpan balik konsumen secara langsung.

Sehingga anda bisa lebih memahami perasaan konsumen mengenai produk anda dan membantu bisnis anda dalam meningkatkan penawaran ke konsumen dan menonjolkan kelebihan yang dimiliki dibandingkan kompetitor lainnya.

Cara kerja social media monitoring sendiri memiliki dua cara yakni manual atau menggunakan tools terbaru.

Apabila anda melakukan social media monitoring secara manual, maka anda akan mencari nama brand anda melalui kolom pencarian melalui kata kunci, hashtag, atau mention yang relevan mengenai brand anda, sehingga anda bisa mendapatkan lebih banyak informasi mengenai brand dan industri yang anda geluti,

Sayangnya, cara ini dianggap kurang efektif karena akan memakan waktu untuk mencari satu persatu nama brand dan produk anda di platform social media yang berbeda.

Apalagi jika anda memiliki banyak akun social media yang tentunya akan membutuhkan waktu yang lebih lama.

Namun, cara manual ini juga efisien dalam meningkatkan interaksi dengan konsumen dengan mencari nama anda dalam social media kemudian membalas berbagai pendapat yang masuk.

Cara kedua adalah menggunakan social media monitoring tools, cukup dengan masukkan kata kunci nama brand atau produk anda, maka mesin tersebut akan secara cepat menghadirkan berbagai informasi terbaru dari berbagai social media.

Penggunaan social media monitoring tools ini juga dianggap lebih praktis karena tidak memakan banyak waktu namun anda tetap bisa mendapatkan informasi terbaru mengena konsumen atau brand anda.

Di sisi lain, dalam menganalisa data tersebut, penelitian anda akan memberatkan pada penggunaan metrik dan analisa serta strategi konten. Beberapa informasi lain yang akan anda dapatkan adalah :

  • Share of voice : membagikan presentase obrolan mengenai brand atau produk anda.
  • Social sentiment analysis : tensi percakapan mengenai brand anda, apakah menyenangkan atau penuh dengan komplain.
  • Social ROI : hasil investasi yang anda dapatkan 
  • Hashtag anda keyword yang relevan : mengetahui tagar instagram dan youtube yang bisa anda guankan di waktu yang akan datang.
  • Trend : topik pembicaraan konsumen anda, ide baru, konten yang bisa anda tawarkan, serta platform yang menawarkan tools atau layanan baru.

Bagi sebuah brand, social media monitoring merupakan bagian penting untuk menjadi pengguna internet yang baik dan sukses di lingkungan sosial.

Contohnya, anda mungkin tidak ingin meluncurkan promosi penjualan yang terlalu intens kepada konsumen yang baru saja masuk, sehingga anda akan mendengarkan terlebih dahulu keinginan mereka, mencari tahu yang mereka cari, serta alasan mengunjungi akun social media anda.

Demikian juga, saat anda melacak di media sosial, maka anda akan memerhatikan percakapan yang dilakukan oleh orang lain, sehingga anda perlu memerlukan cara agar terlihat relevan dan menarik agar mencegah dari kesalahan yang tidak anda inginkan, sehingga anda bisa lebih mudah duntuk bergabung dalam komunitas tertentu.

ByStw3qHQHemN1dlTzUr

Keuntungan Social Media Monitoring

Penggunaan social media monitoring tidak hanya berguna untuk mengamankan nama baik anda di depan konsumen dan khalayak luas.

Namun kegiatan ini juga bermanfaat untuk keberlangsungan brand dan produk anda di jangka waktu lama.

Memahami Sentimen Konsumen

Saat mengakses social media, biasanya anda akan menemukan berbagai statement positif atau negatif dari sebuah produk yang disebarkan oleh penggunanya.

Hal ini bisa juga terjadi pada anda yang memiliki sebuah brand atau produk untuk mendapatkan ulasan dari konsumen di social media.

Karenanya social media monitoring dapat membantu dalam memahami sentimen konsumen, baik secara negatif atau positif  di berbagai platform social media.

Kegiatan ini juga dapat melihat kebiasaan berulang yang berguna untuk meningkatkan ratio positif statement.

Mendapatkan Ulasan dari Konsumen

Dalam melakukan social media monitoring, pastinya anda akan mendapatkan ulasan positif dari konsumen yang menyebutkan akun social media brand anda.

Hal ini tentunya akan membuka beberapa peluang bisnis terbaik, diantaranya :

  • Membangung kedekatan dengan konsumen dengan koneksi langsung.
  • Interaksi di percakapan khusus.
  • Membantu memecahkan masalah konsumen.
  • Memberikan apresiasi pada ulasan positif.
  • Melanjutkan percakapan yang telah dimulai.

Membantu Memberikan Ide Baru

Saat mengembangkan sebuah brand atau produk, anda mungkin akan mendapatkan masalah yang tidak kunjung selesai dalam jangka waktu lama.

Hal ini mungkin saja terlihat oleh konsumen anda yang memantau percakapan anda di social media dan memerhatikan masalah yang sering muncul.

Pada saat inilah, konsumen anda bisa menjadi pahlawan untuk memberikan ide baru yang membantu dalam menyelesaikan masalah tersebut.

Solusi tersebut tentunya akan membantu dalam menyelesaikan pengalaman layanan konsumen dalam mengani masalah konsumen yang muncul.

gc19scRXSbDU3oWVyR0A

Bagaimana Cara Melakukan Social Media Monitoring

Social media monitoring akan lebih mudah apabila anda menggunakan tools khusus yang membantu pendataan informasi dengan lebih baik.

Berikut cara mudah melakukan social media monitoring

Memilih Social Media Monitoring Tools yang Sesuai

Langkah pertama yang bisa anda lakukan dalam mencari social media monitoring tools yang sesuai dengan kebutuhan.

Ketahui Kata Kunci yang Sering Digunakan

Setelah anda menemukan social media monitoring tools yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan, maka langkah selanjutnya adalah menentukan kata kunci yang sering digunakan oleh konsumen anda.

Hal ini dilakukan agar data yang di dapatkan semakin maksimal sehingga anda mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Contohnya adalah apabila anda menjalankan industri makanan, maka kata kunci yang biasa dipakai akan berkaitan dengan nama produk dan brand anda.

Namun, jika anda menjalankan usaha startup, maka investor atau founder terkenal yang akan menjadi perbincangan di kalangan banyak orang.

Berikut contoh mencari kata kunci berdasarkan industri yang anda jalankan :

  • Nama brand atau perusahaan
  • Nama produk
  • Nama investor terkenal
  • Slogan 
  • Branded Hashtag

Anda juga bisa mengguankan berbagai kata kunci tersebut untuk menganalisa kinerja kompetitor lainnya.

Selanjutnya adalah memperluas kata kunci berdasarkan industri atau komunitas yang anda geluti :

  • Kata kunci atau hashtag berdasarkan industri anda, contoh : #icecream, #allyoucaneat
  • Kata kunci atau hashtag komunitas
  • Kata kunci atau hashtag platform yang spesifik, contoh : #tiktok, #instagram
  • Kata kunci atau hashtag lokasi, contoh : #surabaya, #jakarta

Masukkan Kata Kunci di Social Media Monitoring Tools

Langkah selanjutnya setelah mengumpulkan kata kunci yang biasa digunakan oleh komunitas anda adalah memasukkan dan menguncinya ke dalam social media monitoring tools.

Hal ini dilakukan agar anda tidak perlu susah payah dalam memasukkan berbagai kata kunci tersebut di waktu yang akan datang.

Tidak hanya itu, anda mungkin saja akan diberikan informasi mengenai kinerja kata kunci anda melalui email, sehingga anda tidak perlu membuat social media monitoring tools setiap saat.

Analisa Kata Kunci Secara Rutin

Setelah memerikan informasi melalui social media monitoring tools untuk pertama kali, maka jangan lupa untuk melakukan analisa kata kunci secara rutin.

Hal ini dilakukan karena berbagai informasi bisa berubah dengan cepat serta komunitas anda mungkin melakukan berbagai percakapan yang berbeda setiap harinya.

Karenanya anda perlu menyediakan waktu setidaknya seminggu sekali untuk melakukan analisa kata kunci serta mengumpulkan informasi mengenai topik yang dibicarkan oleh konsumen dalam jangka waktu tertentu.

Perbarui Kata Kunci Secara rutin

Dalam penggunaan social media, bisa saja konsumen atau pengguna social media mengubah kata kunci mengikuti trend yang sedang terjadi atau sedang menjadi pembicaraan banyak orang.

Contohnya jika dulu seseorang menggunakan kata kunci “make up” maka kini akan ditambahkan kata lainnya, seperti “make up korean looks” atau “make up natural looks”

Penambahan itu dilakukan melihat trend yang sedang naik daun, sehingga komunitas anda akhirnya mencoba mencari tahu dengan menambahkan kata kunci tersebut.

Pergantian yang terus menerus akhirnya membuat pekerjaan social media monitoring, sehingga membuat marketer sebaiknya mengetahui kata kunci yang baru-baru ini digunakan oleh komunitas yang anda ikuti.

Namun, jika anda menemukan lebih banyak hasil pencarian kata kunci, apalagi yang tidak berkaitan dengan brand anda, maka anda bisa mengetatkan parameter pencarian atau menghapusnya apabila kata kunci tersebut sudah tidak relevan.

dNsafzzuRtGjaZAv1075

Social Media Monitoring Tools

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, mengerjakan social media monitoring tools secara manual akan memakan lebih banyak waktu serta informasi yang dikumpulkan mungkin saja kurang lengkap.

Berbagai social media monitoring tools biasanya memiliki fitur-fitur dasar seperti kemampuan untuk mendengarkan konten yang telah anda unggah serta memberikan pemberitahuan apabila nama brand anda disebut oleh akun social media lainnya.

Dengan mengetahui saluran dan topik yang membicarkan brand anda maka akan menjadi prakter terbaik untuk melakukan brand management. 

Di tambah lagi, anda akan menggunakan social media monitoring untuk mengukur penyebutan merk anda di berbagai platfom, maka akan menjadi cara yang bagus untuk mengontrol narasi yang terbentuk seputar merk anda.

Social media monitoring juga akan membantu dalam mengukur sentimen, trend, reputasi managemen yang akan menyediakan indikator yang berguna bagi kekuatan brand anda dengan mengukur hasil yang telah diberikan dalam jangka waktu tertentu.

Karenanya untuk mengumpulkan data secara cepat dan lengkap, maka berikut beberapa rekomendasi social media monitoring tools yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

TPi006AShaEU2IoXUAEt

Brandmentions

Social media monitoring pertama yang bisa digunakan adalah Brandmentions.

Layanan ini akan membantu sebuah brand mengetahui saluran mana saja yang menyebutkan nama anda, mulai dari social media, berita, blog, atau website ulasan pelanggan lainnya.

Hal ini tentunya akan membantu kreator dalam mengetahui pendapat banyak orang mengenai brand anda guna peningkatakan layanan dan produk yang lebih baik.

Cara kerja brand mentions juga efektif, dimulai dari platform yang menemukan nama anda, kemudian mengumpulkannya di satu sistem khusus, dan akan memberi tahu pengguna untuk merespon tanggapan tersebut secara cepat apabila dibutuhkan.

Kelebihan lainnya, penyebutan tidak hanya ditampilkan sebagai momen singkat dan kemudian menghilang begitu saja, namun akan disimpan, mengatur, dan melaporkannya secara efektif, untuk mengubahnya menjadi titik data yang dapat digunakan untuk analisa selanjutnya.

Brand mentions juga memiliki fitur yang membantu dalam pengoperasian social media monitoring, salah satunya adalah layanan keywords.

Keyword

Layanan brand mentions pertama yang sering digunakan adalah keywords yang akan membantu dalam mengidentifikasi kata kunci yang akan anda gunakan, seperti nama brand atau akun social media yang anda kembangkan.

Anda juga bisa memantau kata kunci yang biasa digunakan oleh kompetitor anda dan akun social media yang mereka gunakan, sehingga layanan ini cocok digunakan untuk berbagai kebutuhan analisa sosial media.

Tidak hanya itu, layanan brand mentions juga memiliki beberapa fitur tambahan, diantaranya adalah :

  • Competitive analysis
  • Configurable alerts
  • Dashboard
  • Impact scoring
  • Influencer taking
  • Reputatition anagement
  • Sentiment nalysis
  • Trend taking
bbKiudeIQzavge1sUKh9

Brand24

Layanan kedua yang bisa anda gunakan untuk social media monitoring adalah Brand24.

Pada platform ini, marketer bisa melakukan beberapa pekerjaan sekaligus seperti, menghitung jangkauan social media, mengetahui share of voice, serta memantau performa hashtag. 

Tidak hanya itu, Fitur artifical intellegence yang diberikan juga mampu untuk melindungi reputasi brand anda, menemukan marketing insights, dan meningkatkan layanan konsumen yang lebih efektif.

Cara memulainya pun cukup mudah, anda bisa masuk dan mendaftarkan diri dengan membayar biaya berlangganan yang telah ditentukan, kemudian anda bisa memulai dengan membuat sebuah “project” sebagai dokumen untuk mencari kata kunci yang akan anda gunakan.

Selain itu, anda juga bisa menentukan kata kunci yang sekiranya tidak anda gunakan sehingga hasil pencarian tidak akan melebar. Layanan ini juga memiliki beberapa fitur tambahan, diantaranya adalah :

  • Mentions feed
  • Dicsussion volume chart
  • Marketing analytics
  • Influence score
  • Sentiment analysis
  • Alerts
  • Data Exporting
  • Filtering
CmirKOYkRiWyu9wekWo6

BuzzSumo

Sebagai seorang digital marketer, tentunya anda tidak asing dengan website bernama Buzzsumo.

Yups, website yang telah digunakan oleh jutaan orang ini terkenal berkat kemampuannya menganalisa kata kunci di social media atau Google.

Sehingga, tidak mengherankan apabila website BuzzSumo telah digunakan oleh banyak orang untu social media monitoring,

Tidak hanya itu, website Buzzsomu juga menyediakan berbagai layanan yang bisa digunakan untuk berbagai kegunaan :

Content Analyzer 

Layanan content analyzer dari BuzzSumo memungkinkan anda untuk menelusuri website atau konten apapun yang menyertakan nama brand, produk, atau campaign yang sedang anda jalankan.

Tidak hanya itu, layanan ini juga mampu untuk menghitung jumlah keterlibatan yang berkaitan dengan setiap hasil pencarian.

Anda juga bisa menganalisa konten mana saja yang mendapat interaksi paling banyak, sehingga membantu untuk merencanakan dan menghasilkan konten yang lebih diminati oleh audiens.

Selain itu, marketer juga bisa membuat campaign jangkauan untuk promosi konten yang akan anda publikasikan mengganakan daftar untuk setiap platform sosial media. 

Layanan ini juga disertai dengan beberapa fitur andalan, diantaranya adalah :

  • Durasi data yang diambil dari waktu seminggu hingga lima tahun.
  • Konten yang diunggah kembali oleh orang lain.
  • Lokasi.
  • Negara.
  • Domain
  • Tipe konten (artikel, tutorial, infografis, list, video,)
  • Jumlah kata

Content Analysis Reporting

Bagi marketer yang tengah menjalankan akun sosial media brand, maka layanan ini bisa anda gunakan secara maksimal.

Fitur content analysis reporting akan membantu anda dalam melakukan pencarian tidak terbatas serta laporan analisa konten, yang juga berguna untuk menganalisa kinerja kompetitor.

Kelebihan lainnya adalah setiap laporan yang anda kumpulkan bisa anda unggah dalam bentuk PDF, sehingga bisa dengan mudah dibadikan ke anggota tim lainnya sebagai bahan diskusi strategi sosial media campaign dan marketing ke depannya.

Layanan ini juga diperkuat dengan empat item tambahan yang membantu dalam optimasi social media monitoring, diantaranya adalah :

  • Analisa artikel.
  • Total interaksi.
  • Rata-rata interaksi.
  • Interaksi dari konten yang telah anda unggah dalam jangka waktu tertentu.
  • Rata-rata interaksi dari berbagai saluran.
  • Rata-rata interaksi dari tipe konten yang berbeda.
  • Jumlah interaksi yang di dapatkan setiap hari.
  • Rata-rata nilai interaksi.

Sumber :

What is Social Media Monitoring – Answers to FAQs (influencermarketinghub.com)

How to Track and Monitor Social Media for Better Business opportunity? (socialpilot.co)

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.