pexels alex green 5699456

Social Media Specialist: Skill & Job Description

Ketahui beberapa kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang social media specialist serta pekerjaan yang harus dikerjakan sebelum mengurus akun sosial media secara profesional.

Saat ini pekerjaan mengurus sosial media menjadi salah satu incaran banyak orang, apalagi bagi anak muda yang memiliki hobi untuk berkutat di platform media sosial.

Tren kemunculan pekerjaan di bisa sosial media ini muncul berkat popularitas media sosial yang digunakan untuk promosi produk atau pengenalan sebuah brand ke khalayak luas.

Salah satu profesi sosial media yang banyak diincar adalah social media specialist, dimana anda memiliki tugas khusus untuk mengembangkan strategi media sosial berdasarkan data dan analisis yang dimiliki serta membuat konten digital yang menarik perhatian audiens dengan tools yang dimiliki di akun media sosial perusahaan.

Tertarik untuk memulai karir di dunia media sosial? Kenali lebih dekat mengenai social media specialist serta kemampuan yang dibutuhkan.

apa itu social media specialist

Apa Itu Social Media Specialist

Sebagai penggunna sosial media yang sering berkelana ke berbagai akun sosial media, tentunya anda sering menemukan akun yang menarik dan inspiratif sehingga membuat anda betah berlama-lama untuk melihat konten yang disajikan dan berlanjut mengikuti akun tersebut.

Di balik sebuah akun sosial media yang keren ada kerja keras social media specialist yang merencanakan isi akun sosial media dengan baik.

Social media specialist merupakan salah satu pekerjaan di bidang digital marketing yang memiliki kemampuan untuk mengelola akun sosial media atau website, seperti Facebook, Twitter, Instagram, serta Blog.

Pekerjaan satu ini juga memiliki tanggung jawab untuk melakukan interaksi dengan konsumen yang dimiliki menggunakan konten sosial media yang telah diunggah sebelumnya.

Tidak hanya itu, dengan kemampuan yang dimiliki oleh seorang social media specialist, tentunya mereka dapat membantu sebuah usaha atau organisasi untuk membangun perkembangan bisnis mereka di internet.

Salah satu tugas wajib yang harus dilaksanakan oleh seorang social media specialist adalah menciptakan dan mengunggah konten kreatif untuk sosial media untuk meningkatkan jumlah pengikut, brand awareness, serta target penjualan yang telah disepakati sebelumnya.

Jangan lupakan juga untuk membuat desain konten visual sesuai dengan rencana yang telah disusun pada kalender konten.

Setelah semua tugas membuat dan mengunggah konten selesai, maka seorang social media specialist juga memiliki kewajiban untuk melakukan komunikasi dengan customer yang dimiliki serta mengukur kinerja konten social media untuk melihat perkembangan akun sosial media perusahaan pada jangka waktu tertentu.

Namun, meskipun seorang social media specialist memiliki job desc yang cukup banyak namun anda juga mendapatkan keuntungan lain selama mengelola platform sosial media perusahaan.

pexels shvets production 7176317

Keuntungan Menjadi Social Media Specialist

Sosial media saat ini telah menjadi bagian hidup bagi banyak orang, dimana anda bisa mencari, menemukan jariangan sosial, serta jualan dengan menggunakan channel media sosial.

Ketergantungan terhadap sosial media inilah yang membuat banyak pekerjaan baru yang muncul di bidang media sosial, salah satunya adalah social media specialist.

Meskipun pekerjaan social media specialist mengemban amanah yang cukup berat, namun dnegan menjalani profesi ini maka anda akan mendapatkan berbagai keuntungan untuk jangka waktu panjang.

Peluang Untuk Bekerja di Sosial Media

Apabila anda salah satu pengguna media sosial yang hobi mengembangkan konten di berbagai media sosial maka pekerjaan social media specialist bisa menjadi pilihan.

Dengan menjadi social media specialist, maka anda memiliki kesempatan besar untuk bekerja di sosial media sambil mengembangkan strategi sosial media terbaik bagi sebuah perusahaan.

Anda juga akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk membuat konten yang menarik untuk berbagai platform social media serta mengekspresikan diri melalui video atau foto.

Menjalani pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat, tentunya akan membantu anda lebih bersemangat untuk mengembangkan diri agar tidak ketinggalan trend media sosial yang terus berkembang cepat.

Mengembangkan Berbagai Bakat dan Kemampuan

Saat memulai karir siabagai social media specialist, tentunya anda dituntut menguasai 1001 kemampuan, mulai mengedit menggunakan adobe photoshop, kemampuan analisis yang mumpuni, serta memahami informasi dengan cepat sebelum membuat konten yang relevan.

Tidak hanya itu, meskipun anda memiliki salah satu bakat tersebut namun anda juga dituntut untuk mengembangkan kemampuan tersebut untuk menghasilkan konten yang menarik di mata konsumen.

Namun, jika anda juga memiliki berbagai minat lain seperti menulis di sosial media atau blog, dan mengedit foto dan video maka pekerjaan social media specialist akan cocok bagi anda.

Hal ini dikarenakan seorang social media specialist dituntut untuk menguasai berbagai kemampuan yang berbeda-beda agar bis amendapatkan hasil konten yang sesuai dengan jenis media sosial yang dibutuhkan.

Salah satu contohnya adalah anda tentunya memerlukan tampilan konten video yang berbeda-beda bagi tiktok, instagram, atau youtube meskipun ketiga social media tersebut bergerak di bidang yang sama.

Meskipun terlihat sulit namun mempelajari berbagai hal baru setiap hari tentunya akan menjadi menyenangkan sehingga pekerjaan social media specialist tidak akan terasa membosankan.

Peluang Pekerjaan yang Besar

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ketergantungan banyak orang terhadap social media untuk berbagai kebutuhan akan memunculkan peluang pekerjaan untuk mengembangkan akun media sosial.

Hal ini dikarenakan sebuah industri kecil, berkembang, serta besar tentunya membutuhkan peran social media specialist untuk mengembangkan akun social media yang dimiliki.

Namun peluang pekerjaan yang besar tentunya harus diiringi dengan kemampuan yang terus berkembang sehingga karier anda bisa terus maju dengan pesat dan mendapatkan tawaran dari berbagai perusahaan terkemuka.

Tidak hanya berhenti sampai disitu saja, fenomena bekerja dari rumah yang telah berkembang beberapa tahun ini juga menjadi keinginan banyak orang yang ingin mendapatkan penghasilan meskipun hanya bekerja dari rumah.

Dengan menjadi social media specialist, maka anda akan memiliki kesempatan untuk bekerja dari rumah sehingga tidak perlu menghadapai berbagai macam rintangan selama bekerja sehingga membuat beban pekerjaan menjadi lebih mudah.

Anda juga memiliki peluang untuk bekerja bagi perusahaan luar negeri yang tentunya memberikan hasil yang lebih banyak serta membangun hubungan yang lebih luas.

Terbuka Bagi Semua Jurusan Kuliah

Saat ini berbagai pekerjaan baru bisa dikerjakan oleh seseorang yang memiliki bidang yang berbeda saat masa kuliah dulu, salah satunya adalah social media specialist.

Mungkin anda pernah berfikir bahwa hanya seseorang yang memiliki titel lulusan ilmu komunikasi atau sastra yang mempu bekerja di bidang social media, namun kenyataan berkata sebaliknya.

Saat ini banyak pekerja yang menjalani pekerjaan sebagai social media specialist meskipun tidak memiliki keilmuan di bidang komunikasi atau sastra.

Hal ini dikarenakan ilmu digital marketing yang digunakan untuk job desk social media specialist bisa dipelajari secara otodidak dari internet baik berbayar atau gratis.

Tidak hanya itu, setelah anda memiliki keilmuan di bidang social media maka anda juga bisa membuat portofolio sendiri yang bisa digunakan untuk melamar pekerjaan sebagai social media specialist.

pexels alex green 5699469

Skill yang Dibutuhkan Social Media Specialist

Dengan berbagai bidang pekerjaan yang wajib dikuasai, tentunya seorang social media specialist memerlukan kemampuan yang mumpuni untuk membantu menyelesaikan pekerjaan yang tengah dihadapi. Berikut beberapa skill yang dibutuhkan social media specialist serta wajib dikembangkan dari waktu ke waktu.

Memahami Tren

Social media adalah tempat yang dinamis, dimana suatu tren yang sedang naik daun hari ini mungkin saja menghilang keesokan harinya.

Karenanya skill pertama yang sebaiknya dimiliki oleh seorang social media specialist adalah memahami tren social media.

Memahami tren terbaru dan menguasai platform social media yang banyak digunakan oleh target konsumen, juga dapat membantu untuk menyesuaikan gaya penulisan konten yang akan disajikan kepada pengguna social media atau pengikut yang anda miliki.

Tidak hanya itu, dengan memahami trend yang sedang naik daun maka anda bisa meraba-raba reaksi konsumen saat melihat konten anda serta waktu unggah konten yang tentunya memerlukan ternik membaca insight social media yang ada di akun business.

Berbagai informasi dari insight social media juga akan membantu social media specialist merubah pengikut yang dimiliki menjadi konsumen yang akan menguntungkan penjualan produk.

Dengan memahami trend social media, juga akan meringankan pekerjaan social media specialist dalam menganalisa akun kompetitor lain sehingga dapat menemukan kelemahan yang akan menjadi celah untuk memenangkan persaingan untuk mendapatkan hati konsumen.

Anda juga bisa menggunakan berbagai tren yang bermunculan sebagai media interaksi dengan konsumen yang dimiliki sehingga akun social media anda tetap relevan dan tidak ketinggalan jaman.

Untuk mencari trend terbaru, maka social media specialist bisa menyempatkan waktu untuk scrolling akun social media yang dimiliki guna melihat trend baru yang bermunculan serta fenomena menarik yang bisa diterapkan sebagai konten social meida.

Anda juga bisa menuliskan berbagai trend tersebut dalam catatan khusus dimana anda bisa menaikkan kembali topik lama, dimana anda perlu mengingat bahwa tren selalu berulang dalam jangka waktu tertentu.

Manajemen Waktu dan Perencanaan Konten

Banyaknya akun social media yang harus dikelola oleh social media specialist, mungkin saja akan membuat anda melupakan waktu-waktu penting untuk mengunggah konten atau melakukan interaksi dengan pengikut anda.

Padahal kegiatan tersebut sangat penting untuk membuat akun social media anda tetap hidup sehingga bisa meningkatkan jumlah pengikut baru serta interaksi dengan konsumen yang dimiliki.

Di samping itu, seorang social media specialist juga dituntut untuk berpikir dalam merencanakan konten social media yang akan diunggah serta menentukan campaign yang sesuai dengan promosi yang akan dilakukan pada waktu yang akan datang, sehingga dapat menyasar komunitas konsumen yang tepat.

Karenanya penting bagi social media specialist untuk membuat manajemen waktu yang ketat dalam mengunggah konten serta membalas berbagai komentar dan pesan masuk.

Guna membantu pekerjaan social media specialist dan tim menjadi lebih mudah, maka anda bisa memanfaatkan berbagai tools yang dapat mengungah konten secara otomatis di waktu yang telah ditentukan serta menyediakan informasi performa akun social media dalam jangka waktu tertentu.

Beberapa website social media manager berbayar yang dapat membantu pekerjaan anda adalah Hootsuite, SproutSocial, Later, dan lain sebagainya.

Berbagai social media manager tersebut menyediakan beberapa tools yang dapat membantu untuk mengunggah konten secara otomatis untuk berbagai social media sehingga akan memudahkan pekerjaan anda dalam mengelola akun perusahaan.

Anda juga diberikan kebebasan untuk menjawab respon konsumen di kolom komentar atau pesan masuk sehingga anda tidak perlu membuka beberapa tab halaman pencarian untuk melayani konsumen.

Namun, jika anda memerlukan website social media manajer gratis untuk mengelola akun facebook atau instagram maka creator studio bisa anda gunakan untuk pengelolaan akun social media yang maksimal.

Tidak hanya itu, anda juga bisa menggunakan teknologi bot yang dapat menjawab pertanyaan konsumen degan template yang telah disediakan sehingga anda bisa lebih fokus pada berbagai masalah yang lebih penting.

Kemampuan Komunikasi dengan Konsumen

Salah satu pekerjaan yang dilakukan oleh social media specialist saat pertama kali mengembangkan akun social media adalah melakukan komunikasi dengan konsumen.

Hal ini dilakukan agar pembeli semakin tertarik dengan produk yang anda tawarkan sehingga memliki keinginan untuk membeli produk tersebut.

Seorang social media specialist juga sebaiknya memiliki kemampuan untuk membangun interaksi dengan konsumen secara online serta menyelesaikan masalah yang dihadapi pembeli saat berurusan dengan brand atau produk yang anda miliki.

Kemampuan tersebut nantinya akan membantu dalam melakukan komunikasi dengan konsumen dalam membangun komunitas online atau negosiasi dengan influencer dalam melakukan kolaboraasi promosi campaign.

Meskipun begitu, tanggung jawab dalam melakukan komunikasi dengan konsumen lama kelamaan akan diganti dengan sales atau admin social media, sehingga anda hanya perlu membuat standar operasional yang bisa diterapkan dalam membangun hubungan dengan pembeli.

Pembuatan peraturan ini nantinya akan membantu anda dalam memberikan ciri khas tersendiri saat interaksi dengan konsumen secara dua arah.

Kemampuan Desain yang Mumpuni

Salah satu daya tarik social media yang tidak bisa dihindari adalah konten estetik yang mampu memanjakan mata setelah seharian lelah berkegiatan.

Kehadiran konten estetik ini akan membantu akun social media anda menarik perhatian konsumen sehingga tertarik untuk mengunjungi dan mengikuti akun yang anda miliki.

Karenanya penting bagi social media specialist untuk memiliki kemampuan desain yang mumpuni sehingga dapat menghadirkan konten yang mencuri perhatian di social media.

Tidak hanya itu, anda juga perlu mengetahui tipe desain yang disukai oleh konsumen sehingga anda dapat menghdirkan konten yang sesuai selera pembeli.

Dalam membuat konten social media yang estetik, maka anda tidak perlu memiliki background profesional di bidang desain, cukup memiliki kemampuan edit yang mumpuni, kepekaan memilih warna, serta mampu menggunakan aplikasi edit foto akan menjadi nilai tambah sendiri.

Anda juga bisa mempelajari desain social media melalui youtube sehingga memudahkan dalam praktik sehari-hari.

Namun, jika anda telah memiliki tim sendiri, maka tugas desain sosial media atau iklan bisa anda serahkan ke desainer yang tentunya mempunyai kemampuan lebih dalam membuat konten yang lebih ciamik.

Memahami Statistik dan Analisa Social Media

Setelah mengunggah berbagai konten social media serta melakukan interaksi dengan konsumen, maka social media specialist juga harus memahami hasil analisa social media.

Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah startegi marketing yang telah dibuat sudah sesuai atau perlu perubahan kembali.

Sebuah akun sosial media business perusahaan tentu akan diberikan halaman insight dimana kreator bisa mengecek performa akun social media pada jangka waktu tertentu.

Pada saat inilah kemampuan social media specialist dibutuhkan untuk memahami performa akun social media melalui data yang telah disajikan. Beberapa data dari social media yang sebaiknya anda pahami adalah :

  • Interaksi dengan konsumen melalui jumlah komentar dan balasan yang masuk, jumlah likes yang di dpatkan, serta pesan yang masuk.
  • Impresi pada konten social media yang telah anda unggah berupa jumlah konten yang dibagikan ke orang lain dan disimpan untuk dibaca kembali.
  • Jangkauan konten social media serta postingan unggulan yang menjangkau lebih banyak orang.
  • Kecepatan dalam merespon pelanggan.

Setelah anda mengumpulkan berbagai data tersebut maka akan memudahkan anda untuk mengetahui performa akun social media yang bisa anda presentasikan kepada tim marketing.

Dalam mengukur performa akun social media, anda juga mendapatkan bantuan dari berbagai website unggulan, seperti BuzzSumo, Google Analytics, serta website social media manager yang anda ikuti.

Pastikan juga anda mengetahui berbagai informasi insight social media untuk mengetahui strategi pemasaran yang tepat.

Kemampuan Bercerita

Sebuah konten social media yang baik tidak hanya berisi penjelasan atau konten satu arah namun juga teknik bercerita yang mampu membawa konsumen larut pada postingan yang anda sajikan di social media.

Dengan memiliki kemampuan bercerita yang baik maka akan membantu konten anda terlihat lebih menarik serta mampu membuat konsumen bertahan lebih lama bahkan membagikannya ke orang lain.

Tidak hanya itu, skill bercerita tersebut juga bisa digunakan untuk berbagai keperluan, seperti membuat konten video, presentasi konten edukasi, atau melakukan siaran langsung agar lebih mudah dipahami oleh konsumen.

Beberapa keuntungan lain dari memiliki kemampuan bercerita adalah membantu untuk menyampaikan ide yang anda miliki ke konsumen, mempermudah memahami produk dan layanan, membangun kepercayaan terhadap produk dan brand, serta bisa alat untuk negosiasi yang baik.

Kemampuan bercerita mungkin tidak muncul mendadak namun diperlukan waktu untuk menentukan gaya bercerita yang cocok dengan target konsumen.

Sehingga penting bagi social media specialist untuk mengembangkan kemampuan tersebut agar semakin terbiasa serta membantu untuk menemukan gaya komunikasi yang tepat.

pexels andrea piacquadio 3831890

Social Media Specialist Job Description

Tertarik untuk menjadi social media specialist dengan berbagai kemampuan yang dimiliki? Namun untuk menjalani profesi tersebut maka berikut beberapa deskripsi pekerjaan yang akan anda lakukan selama menjadi social media specialist.

  • Mengembangkan dan menjalankan strategi social media yang telah dibuat dengan informasi dan data yang telah dimiliki.
  • Memahami key perfomance indicator dari masing social media yang dimiliki.
  • Mengatur penayangan konten social media.
  • Mengukur kesuksesan campaign promosi dari berbagai saluran social media dengan melihat indikator yang telah dibuat sebelumnya.
  • Mengetahui berbgai tren social media dan menerapkannya dengan teknologi yang dimiliki.
  • Menggunakan website social media manager dengan baik serta berbagai tools tambahan lainnya.
  • Mengikuti berbagai social media course untuk mengembangkan kemampuan serta memperbarui informasi terkini mengenai perkembangan social media.
  • Bekerja sama dengan content writer, copy writer, dan desainer dalam merancang konten social media dan iklan yang akan ditayangkan di internet.
  • Kolaborasi dengan sales dan marketing untuk menyesuasikan target penjuaan dengan promosi di social media
  • Monitor jumlah kunjungan website serta interaksi dengan konsumen di berbagai saluran media sosial.
  • Berkomunikasi dengan agensi atau influencer dalam membangun hubungan baik saat promosi campaign.
  • Memberikan ulasan membangun bagi anggota tim lain agar dapat meraih tujuan yang diinginkan.

Sumber:

Top 11 Must-Have Social Media Specialist Skills in 2022 (careerfoundry.com)

Social Media Specialist job description template | TalentLyft

The Benefits of Becoming a Social Media Manager (astate.edu)

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.