aplikasi untuk membuat video animasi

10 Aplikasi Untuk Membuat Video Animasi Mudah dan Keren

Anda tentu telah familiar dengan film-film kartun dua dimensi seperti Doraemon, Crayon Shinchan, Naruto, dan masih banyak lainnya. Apakah Anda pernah terpikirkan bagaimana cara membuat video tersebut?

Jika Anda ingin mempelajari bagaimana cara membuat video dua dimensi seperti film kartun yang sering Anda tonton, salah satu hal yang diperlukan adalah aplikasi untuk membuat video animasi.

Aplikasi ini akan membantu Anda membuat video animasi seperti yang diinginkan. Namun, aplikasi ini tidak hanya untuk membuat film kartun saja, lho.

Bagi Anda yang ingin tampil dan membangun sebuah kanal Youtube, tapi enggan tampil di depan kamera, video animasi bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa digunakan.

Tapi, tentu saja ada berbagai jenis aplikasi untuk membuat video animasi yang bisa dipilih. Setiap aplikasi tersebut memiliki kelebihan dan fitur yang berbeda di tiap aplikasinya.

Ada aplikasi yang hanya bisa digunakan di laptop saja, ada pula yang hanya tersedia di ponsel saja, atau bahkan aplikasi yang bisa digunakan di kedua gadget tersebut.

Melalui artikel ini, kami akan memberikan 10 rekomendasi aplikasi untuk membuat video animasi baik di handphone atau laptop yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

apa itu video animasi

Apa Itu Video Animasi?

Sebelum memberikan rekomendasi aplikasi untuk membuat video animasi, tidak ada salahnya untuk mengetahui dengan jelas, sebenarnya apa itu video animasi?

Animasi adalah gambar bergerak yang terbentuk dari sekumpulan objek berupa gambar yang disusun secara sedemikian rupa mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan waktu yang ditentukan.

Gambar tersebut dapat berupa hewan, tulisan, orang, ataupun beragam benda lainnya. Orang yang membuat video animasi dinamakan animator.

Seorang animator harus menentukan alur gerak suatu objek dari kedaan awal hingga keadaan akhir menggunakan logika berpikir. Animasi yang menarik dihasilkan dari perencanaan yang matang dari perumusan alur gerak berdasarkan logika yang tepat.

Selain digunakan dalam film, belakangan ini animasi juga dimanfaatkan untuk keperluan bisnis, seperti UI/UX dan periklanan.

manfaat video animasi

Video Animasi untuk Bisnis

Animasi memiliki kekuatan storytelling yang kuat jika dibandingkan dengan media lainnya seperti desain grafis atau graphic motion. Oleh sebab itu, video animasi memiliki potensi yang tinggi untuk mengembangkan bisnis Anda.

Apa saja kegunaan video animasi dalam bisnis? Berikut beberapa hal optimasi bisnis yang bisa memanfaatkan video animasi!

Logo sebuah perusahan merupakan hal yang penting dan harus direncanakan secara matang. Fungsi logo dalam sebuah perusahaan adalah merepresentasikan value atau nilai sebuah perusahaan.

Selain itu, logo juga merupakan identitas atau simbol yang melambangkan sebuah perusahaan. Sebuah logo dengan ciri khas dan keunikan tertentu akan membuat perusahaannya mudah diingat oleh masyarakat.

Menambahkan animasi bergerak pada logo Anda akan menambah tingkat keatraktifan logo itu sendiri. Anda dapat memberikan animasi pada logo yang dipasang di video, iklan, atau website untuk menarik perhatian audiens.

Iklan

Iklan adalah salah satu media promosi yang membuat produk barang atau jasa Anda dikenal masyarakat. Selain itu, iklan juga berfungsi untuk memasarkan produk barang atau jasa tersebut.

Iklan dengan animasi akan menambah tingkat ketertarikan audiens untuk melihat konten yang dibuat. Contohnya pada iklan billboard. Anda dapat menarik perhatian orang atau pengendara yang lewat dengan animasi pada iklan Anda.

Loading Page

Salah satu media digital marketing yang kini banyak digunakan adalah website. Namun, salah satu detail kecil yang jarang diperhatikan adalah loading page.

Loading page adalah halaman yang muncul ketika membuka sebuah website dan menunggu seluruh halaman muncul. Tentu membosankan bukan memandang halaman kosong?

Terlebih jika koneksi buruk, atau server sedang ramai, maka waktu tunggunya semakin lama. Anda dapat menyiasati hal ini dengan menambahkan animasi pada loading page website Anda.

Dengan begitu, halaman Anda akan lebih menarik dan pengunjung tidak merasa bosan ketika melihat loading page.

Video Penjelasan

Beberapa produk barang atau jasa membutuhkan video instruksi berisi penjelasan atau tutorial mengenai produk terkait. Namun, terkadang informasi dan cara penyampaiannya membosankan.

Anda bisa memanfaatkan animasi untuk membuat video penjelasan yang menarik dan mudah dipahami. Buatlah poin poin dari produk barang atau jasa yang harus dijelaskan, kemudian beri storytelling dengan sentuhan animasi.

Transisi

Tampilan sebuah website juga berpengaruh dalam membangun image sebuah perusahaan. Website dengan tampilan statis tentu akan terlihat sangat biasa dan membosankan.

Anda dapat menambahkan fitur animasi seperti swipe, fades, dan lain lain agar tampilan webste Anda menjadi lebih menarik. Hal tersebut memang terlihat sederhana dan kecil, namun dapat memberi efek yang menarik pada website Anda.

Ternyata video animasi banyak sekali kegunaannya ya? Selain itu media hiburan seperti film, video animasi juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan tampilan brand perusahaan Anda dalam berbagai aspek.

Lalu, apa saja aplikasi untuk membuat video animasi yang cocok untuk Anda? Kami merangkumnya dan mengkategorikan menjadi dua. Yang pertama yaitu aplikasi untuk membuat video animasi di handphone. D

an yang kedua yaitu aplikasi untuk membuat video animasi di laptop. Simak pembahasannya berikut ini!

Aplikasi untuk Membuat Video Animasi di Handphone

Bagi Anda yang baru ingin mulai belajar membuat video animasi, tapi belum memiliki laptop, tidak perlu khawatir! Aplikasi untuk membuat video animasi ini tersedia di handphone, lho.

Beberapa aplikasi di bawah ini bahkan dapat kamu gunakan secara gratis.

flipaclip

FlipaClip

Aplikasi untuk membuat video animasi di handphone yang pertama adalah FlipaClip. Aplikasi ini sudah cukup populer, bahkan apabila Anda melihatnya di Playstore, Aplikasi ini merupakan Aplikasi Pilihan Editor.

Yup, aplikasi ini diperuntukkan bagi pengguna Android, dan bisa Anda dapatkan melalui Playstore secara gratis. Namun, fitur yang disediakan aplikasi ini sudah sangat cukup untuk membuat video animasi kartun.

User Interface yang pada aplikasi FlipaClip tergolong sederhana, sehingga memudahkan pengguna dengan level pemula untuk menggunakan aplikasi ini. Fitur-fitur aplikasi ini cukup lengkap, lho.

Anda bisa membuat sketsa, storyboard, dan animasi lainnya di aplikasi ini. Anda dapat membuat animasi dengan fitur onion skinning hingga tiga layer animasi untuk membuat multiple frame.

Efek pada animasi juga bisa ditambahkan dengan fitur grid overlay. Animasi yang sudah dibuat bisa Anda ekspor ke dalam format MP4 maupun GIF, lalu bisa diunggah ke berbagai platform seperti Youtube, Instagram dan lain lain.

FlipaClip dapat digunakan hampir di semua smartphone dan tablet dengan operating system minimal Android 4.1 ke atas. Ukuran aplikasi FlipaClip yaitu sebesar 31 MB.

Draw Cartoons 2

Aplikasi untuk membuat video animasi yang kedua yaitu Draw Cartoons 2. Dengan aplikasi ini, Anda tidak perlu repot menggambar sketsa untuk animasi yang dibuat.

Anda bisa membuat animasi dengan template karakter yang tersedia di aplikasi ini. Selain itu, template yang tersedia juga bisa Anda gunakan secara gratis.

Anda tinggal memilih karakter yang mau dipakai, dan mengatur alur pergerakan karakternya. Musik dan voice over juga bisa ditambahkan unutk melengkapi video animasi Anda.

Hasil akhir video animasi akan dikonversi ke dalam format MP4. Ukuran file aplikasi ini sendiri lebih besar dari FlipaClip, yaitu 75 MB. Selain itu, aplikasi ini bisa dipakai dengan minimal OS Android 4.4 ke atas.

aplikasi untuk membuat video animasi

Stick Nodes

Apakah Anda mengetaui karakter Stickman? Karakter ini bisa Anda temukan di berbagai media, salah satunya game Stickman yang terkenal.

Stik Nodes adalah aplikasi untuk membuat video animasi yang bisa membuat karakter Stickman. Fitur pada aplikasi ini juga terbilang cukup lengkap. Anda bisa membuat video animasi Stickman yang menarik.

Anda dapat mengekspor hasil animasi ke dalam format GIF. Untuk mengekspor ke format MP4 dengan disertai musik, Anda harus menggunakan Stick Nodes versi Pro secara berbayar.

Ukuran aplikasi ini tergolong cukup ringan, hanya 25 MB saja, dan bisa digunakan pada hampir semua jenis smartphone.

Veemee Avatan Creator

Beberapa opsi sebelumnya adalah aplikasi untuk membuat video animasi dengan karakter dua dimensi. Bagaimana untuk video animasi 3 dimensi? Anda dapat menggunakan Veemee Avatan Creator.

Anda bisa bebas membuat karakter animasi untuk video dalam bentuk tiga dimensi, dan menentukan background agar videonya lebih menarik. Anda juga bisa menambahkan foto-foto dari perangkat handphone ke aplikasi ini

Aplikasi untuk Membuat Video Animasi di Laptop

Rekomendasi aplikasi untuk membuat video animasi selanjutnya dapat Anda gunakan di laptop. Beberapa aplikasi ini cocok digunakan bagi Anda yang masih pemula, namun memiliki fitur yang lengkap.

Berikut beberapa aplikasi untuk membuat video animasi di laptop.

pencil2d

Pencil2D Animation

Jika Anda baru ingin memulai membuat video animasi sederhana, aplikasi ini mungkin cocok bagi Anda. Pencil2D Animation adalah aplikasi untuk membuat video animasi dua dimensi yang sederhana dan mudah digunakan untuk pemula.

Bagi Anda yang sudah terbiasa dan hobi menggambar komik, Anda dapat mengubah komik Anda menjadi video animasi sehingga lebih hidup dan menarik.

Fitur yang tersedia di aplikasi ini cukup beragam. Anda dapat mengatur ulang layer, timeline, bilah panel, dan ruang kerja agar sesuai dengan kebutuhan. Aplikasi ini berfokus pada pembuatan animasi frame by frame tradisional.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan manual atau instruksi petunjuk untuk mempelajari cara menggunakan aplikasi secara benar. Selain itu, aplikasi ini bisa Anda gunakan secara gratis tanpa membayar biaya berlangganan seperser pun.

Pencil2D Animation adalah aplikasi animasi multiplatfrom, artinya dapat digunakan pada OS Windows, Linux, dan MacOS.

Synfig Studio

Synfig Studio adalah aplikasi untuk membuat video animasi yang bersifat opensource dan dapat digunakan secara gratis tanpa membayar biaya berlangganan. Dengan aplikasi ini, Anda dapat membuat video animasi berkualitas tinggi menggunakan vektor dan bitmap.

Aplikasi ini tersedia pada berbagai OS seperti Windows, Linux, dan MacOS. Aplikasi ini menawarkan konten layer dan tampilan interface yang dibagi menjadi empat bagian.

Empat bagian itu adalah tool, parameter, editing, dan navigator windows. Selain itu, fitur penting yang dimiliki aplikasi ini adalah bisa menyinkronkan musik, suara, dan narasi ke video animasi.

Terdapat dua versi dari Synfig Studio. Stable Version untuk fitur yang sederhana dan sudah teruji untuk membuat video animasi. Dan Developer Version dimana Anda menemukan fitur eksperimental yang belum teruji.

Bagi Anda yang kebingungan memakai aplikasi ini, tidak perlu khawatir. Synfig menyediakan video tutorial dan instruksi di laman resminya bagi Anda untuk memaksimalkan fitur yang tersedia.

animaker

Animaker

Animaker adalah aplikasi membuat video animasi yang dapat digunakan secara gratis oleh pemula. Meskipun gratis, fitur yang ditawarkan Animaker cukup lengkap.

Dengan aplikasi ini, Anda dapat membuat 6 jenis video seperti video animas 2D, infografis, handcraft, whiteboard, typhography, dan animasi 2.5D.

Aplikasi ini cocok bagi Anda yang ingin membuat video animasi dengan cepat dan kualitas full HD. Tersedia tata letak horizontal maupun vertikal, dan grafik yang sudah tersedia.

Terdapat fitur text to speech, menambahkan musik latar dan efek suara untuk melengkapi video animasi Anda menjadi lebih menarik.

Aplikasi Animaker juga tersedia versi berbayarnya dengan tambahan fitur kamera dalam aplikasi, multimove, kurva, dan berbagai macam efek transisi.

Aurora 3D Maker

Aurora 3D Maker adalah aplikasi untuk membuat video animasi yang cukup populer dengan fitur lengkap. Seperti namanya, Anda dapat membuat video animasi 3D menggunakan aplikasi ini.

Anda juga dapat menambahkan efek khusus dalam video animasi yang dibuat. Selain itu, tersedia juga fitur untuk menambahkan watermark pada konten yang telah Anda buat.

Selain membuat video animasi, Aurora 3D Maker juga bisa digunakan untuk membuat presentasi dengan efek animasi tiga dimensi. Aplikasi ini direkomendasikan bagi pemula.

blender

Blender

Blender adalah aplikasi untuk membuat video animasi dengan jumlah pengguna yang banyak dan cukup populer di kalangan animator maupun pengembang video game.

Aplikasi ini sudah berumur cukup lama, sehingga fitur-fiturnya tidak perlu diragukan lagi. Seperti Synfig Studio, Blender merupakan aplikasi opensource.

Meskipun aplikasi ini tergolong rumit jika digunakan oleh pemula, tetapi Anda tidak perlu khawatir. Tersedia banyak tutorial yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran aplikasi ini.

Blender tersedia di berbagai sistem operasi seperti Windows, MacOS, dan Linux. Dengan fitur yang lengkap, Anda tidak hanya bisa membuat video animasi 3D tetapi juga game, 3D Modelling, Motion Tracking, dan lain sebagainya.

OpenToonz

OpenToonz adalah aplikasi untuk membuat video animasi versi gratis dari Toonz. Aplikas Toonz sendiri sering digunakan oleh para animator dan beberapa pembuat film animasi papan atas.

Film ternama seperti SpongeBob SquarePants, Futurama, dan berbagai film animasi dari Studio Ghibli memakai aplikasi Toonz. OpenToonz adalah pengembangan atau kostumisasi dari Toonz dan bersifat opensource.

Fitur canggih di aplikasi ini seperti GTS, Effects, dan KumoWorks dapat Anda nikmati secara gratis. Namun memang fitur yang tersedia di OpenToonz tidak selengkap di Toonz Premium.

Dengan bantuan efek plug-in SDK, Anda dapat dengan mudah menukar gaya gambar dan menerapkan efek seperti Affected Incident Light dan Wavy Distortion.

Selain itu, aplikasi ini sering diperbarui berdasarkan pendapat profesional, sehingga membantu menjadikannya tools yang bagus bagi para profesional maupun pemula.

opentoonz

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi untuk membuat video animasi dari kami. Tersedia banyak pilihan dengan fitur dan kelebihan yang ditawarkan masing-masing.

Mulai dari yang beginner friendly sampai aplikasi yang dipakai oleh para profesional untuk membuat film animasi ternama. Anda bisa memanfaatkan video animasi tersebut untuk mengembangkan strategi pemasaran produk Anda.

Pertimbangkan dengan cermat masing-masing spesifikasi aplikasi tersebut dan kebutuhan Anda. Selain itu, terus asah kemampuan Anda supaya bisa memaksimalkan aplikasi yang dipakai.

Jika Anda tertarik dengan strategi pemasaran di era digital lainnya, Anda bisa mengunjungi laman kami untuk membaca artikel yang bermanfaat mengembangkan bisnis Anda.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *