6 tutorial mudah upload video ke Youtube

7 Tutorial Mudah Upload Video ke Youtube

Youtube kini menjadi salah satu social media yang saat ini diminati oleh banyak orang. Tersedianya berbagai video yang menarik dengan berbagai variasi durasi menjadikan webiste ini bisa dinikmati oleh berbagai kalangan umur.

Konten di Youtube sendiri bermacam-macam mulai dari video tutorial hingga kartun yang bisa dinikmati kapan saja dan dimana saja. Tak heran apabila social media ini bisa menjadi media promosi yang bisa digunakan oleh semua orang ataupun perusahaan.

Saat ini banyak perusahaan terkenal mempromosikan  berbagai produk mereka melalui Youtube. Hal ini bisa dilakukan dengan membuat video berupa film pendek yang bisa diakses banyak orang sehingga bisa meningkatkan brand awareness terhadap produk tertentu.

Tidak hanya itu, banyak orang pun kini memanfaatkan Youtube untuk menguplod video edukasi atau video hiburan yang biasa disebut dengan video blog. Melalui video ini, seseorang bisa menceritakan kegiatan atau hobinya sehari-hari.

Banyak artis pun mulai memanfaatkan hal ini dengan memberikan hiburan bagi penggemarnya dengan memasukkan video blog ataupun karyanya ke dalam Youtube. Hal ini dilakukan karena video yang dimasukkan di Youtube juga bisa menambah penghasilan.

Youtube akan membayar artist atau pengguna yang mengaktifkan fitur adsense sehingga semakin banyak penonton yang melihat video tertentu sampai habis maka akan meningkatkan hasil adsense video. Hal ini tentu saja bisa menjadi peluang menambah penghasilan di internet.

Karenanya sebelum memulai karir sebagai seorang Youtuber terkenal, perhatikan dulu beberapa langkah untuk upload video di Youtube untuk memulai karir sebagai Youtuber.

keuntungan upload video ke Youtube

Keuntungan Upload Video ke Youtube

Sebagai salah satu social media dengan pengguna terbanyak di dunia. Memulai karir di bidang kreatif dengan menjadi Youtuber tentunya menjadi jalan yang menguntungkan. Ditambah lagi pengguna juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari video yang diunggah ke Youtube.

Berikut beberapa keuntungan yang bisa di dapatkan dengan menggunakan Youtube sebagai sumber penghasilan dari internet.

Memiliki Banyak Pengguna

Di tahun 2021, Youtube tercatat memiliki sebanyak 2 Miliar pengguna yang tentu akan terus bertambah setiap harinya. Hal ini tentu tidak mengejutkan karena hampir setiap hari seseorang menonton video di Youtube.

Tidak hanya itu, Youtube sendiri bisa diakses baik oleh anak-anak maupun dewasa. Akan tetapi, Youtube juga telah menerapkan maksimal usia untuk menonton Youtube dan menyediakan fasilitas Youtube for Kids sehingga terdapat batasan konten pada anak usia tertentu.

Banyaknya penonton dari berbagai range usia tentunya menguntungkan bagi content creator yang ingin memulai karir di Youtube.

Seorang content creator bisa memulai dengan menentukan konten yang tepat disertai dengan konsumen yang akan disasar sehingga kemungkinan sebuah video untuk viral pun semakin besar.

Jangan lupa juga perhatikan konten yang dibuat sehingga tidak hanya berupa video hiburan atau clickbait melainkan juga berisi edukasi yang bermanfaat bagi penonton.

Kemungkinan Viral Besar

Akhir-akhir ini banyak video dari Youtube yang sudah viral dan dibicarakan oleh banyak orang bahkan bisa diundang ke berbagai media lainnya.

Semakin banyak video dari sebuah kanal yang terkenal maka akan membuka jalan untuk menarik banyak subscriber untuk mengikuti akun tersebut. Dalam membuat sebuah video viral tentunya dibutuhkan strategi dan juga timing yang tepat.

Beberapa strategi yang bisa digunakan untuk membuat video yang viral adalah membuat konten video dari topik yang sedang dibicarakan namun sesuai dengan konsep akun yang dimiliki. Pengguna juga bisa mengkreasikan ulang video yang sedang viral di Youtube.

Kedua adalah buatlah keunikan sendiri dari video anda sehingga menjadi pembeda dengan video lainnya. Usahakan untuk tidak membuat video yang kontroversial agar akun anda ke depannya tidak di banned oleh Youtube akibat dilaporkan sebagai konten yang berbahaya.

Selain itu perhatikan juga waktu yang tepat dalam upload video ke kanal Youtube. Usahakan jangan melewatkan trend yang ada agar video bisa naik melalui trending topic Youtube.

Seorang kreator juga bisa mempromosikan video ke berbagai akun social media yang dimiliki. Karenanya membuat branding yang tepat di kanal Youtube dan video juga sangat penting agar banyak penonton yang melihat video anda.

Sebagai Media Promosi

Keuntungan lain yang di dapatkan dalam menggunakan Youtube adalah sebagai media promosi. Saat ini banyak perusahaan atau artist yang memasukkan produk atau hasil karya mereka di dalam akun Youtube yang dimiliki.

Sebuah perusahaaan biasanya memiliki strategi sendiri dalam mempromsikan produk ke dalam akun Youtube. Salah satunya adalah dengan membuat konten web series. Di video ini, perusahaan bisa membuat cerita yang menarik dan unik sambil menyelipkan produk mereka.

Apabila sebuah video bisa viral maka nama produk dan perusahaan pun bisa naik serta meningkatkan penjualan. Selain itu, perusahaan juga bisa membuat konten mengenai ulasan produk baru atau mengundang selebriti untuk kolaborasi di akun yang dimiliki.

Beberapa tahun belakangan ini, banyak selebriti juga memilih Youtube untuk berkarya dengan menghadirkan berbagai konten yang bisa mendekatkan diri dengan penggemar.

Beberapa konten selebriti yang diminati oleh penggemar adalah konten Vlog  yang menceritakan kegiatan sehari-hari bersama keluarga ataupun temannya. Konten talkshow pun juga disukai karena menghadirkan sesi wawancara dengan beberapa selebriti terkenal lainnya.

Banyak artist juga sudah mempromosikan hasil karyanya ke Youtube. Hal ini agar artist juga bisa mendapatkan penghasilan dari Adsense. Hampir semua musisi pun saat ini memasukkan video musik mereka ke Youtube sebagai bentuk promosi dan menghibur para penggemarnya.

Beberapa artist indie pun kerap mendapatkan tawaran yang lebih banyak setelah video musik atau cover lagu yang diunggah mendapatkan banyak perhatian sehingga meningkatkan popularitas di dunia hiburan.

Video dari artis dan musisi yang menarik akan membantu mengikat lebih banyak penggemar sehingg nama mereka bisa naik di industri hiburan.

Alternatif Hiburan Baru

Saat ini banyak orang yang membuka Youtube di mana saja dan kapan saja bahkan saat sedang melakukan kegiatan lain. Hal ini karena konten di Youtube bisa dinikmati bahkan tanpa harus dilihat videonya terus menerus.

Selain itu, Youtube juga menjadi alternatif hiburan baru dengan munculnya berbgai film pendek atau webseries yang di upload. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh para content creator dengan membuat berbagai konten menarik yang bisa ditonton sampai akhir video.

Semakin banyak yang menonton video di kanal tertentu sampai habis akan membuat ranking video tersebut naik dan kemungkinan untuk dilihat oleh penonton selain subscriber pun semakin besar sehingga meningkatkan jumlah penggemar di Youtube.

Pastikan juga suara, intonasi, serta hasil video yang dihasilkan dengan kondisi terbaik sehingga penonton pun betah menonton videonya sampai akhir meskipun durasinya panjang.

Berpotensi Menghasilkan Uang dari Adsense

Saat ini banyak orang yang memiliki keinginan untuk menjadi Youtuber. Tidak hanya ketenaran yang bisa di dapatkan di social media melainkan juga penghasilan besar yang bisa di dapatkan apabila video yang dihasilkan mendapatkan penonton yang banyak.

Fitur Adsense menjadikan content creator mengubah video mereka menjadi sumber uang. Akan tetapi ada beberapa hal yang mesti diperhatikan sebelum mengubah video menjadi Adsense. Beberapa peraturan diantaranya adalah memiliki pengikut yang cukup serta aktif di Youtube.

Content creator bisa menemukan pasar dan juga konsumen yang tepat serta mendengarkan saran konten video yang diinginkan penggemar sehingga video akan banyak dilihat. Semakin banyak views dari video yang dihasilkan maka Adsense yang di dapatkan pun semakin besar.

Berbagai Konten yang Bisa Dipilih

Beragamnya penonton video di Youtube juga memiliki selera konten yang disukai, ada yang memilih konten edukasi dan banyak juga yang menonton video hiburan.

Hal ini menjadikan seorang content creator memiliki kebebasan dalam membuat video dengan tema yang diinginkan. Usahakan membuat video dari sesuatu yang disukai sehingga lebih mudah untuk mengulik lebih dalam konten video tersebut tanpa bingung memikirkan ide konten.

Seorang content creator juga bisa menceritakaan kegiatan ataupun lingkungannya dengan format yang menarik sehingga disukai banyak orang. Buatlah thumbnail yang menarik serta tidak clickbait untuk meningkatkan penggemar yang setia menunggu video yang di upload.

Buatlah durasi yang sesuai dengan kebutuhan dan sebaiknya tidak memasukkan cuplikan yang tidak penting agar penonton tidak bosan dan merasa video yang ditonton berbelit-belit.

Bisa Dipromosikan Ke Social Media Lain

Banyaknya video yang viral di social media berawal dari link video yang disebar ke berbagai social media. Hal ini tentu saja menguntungkan bagi seorang content creator untuk mempromosikan kontennya ke berbagai social media.

Seorang content creator bisa membuat akun Instagram atau Facebook sebagai branding akun Youtube. Memiliki social media juga bsia memudahkan content creator untuk menyebarkan link video Youtube yang dimiliki.

Memiliki thumbnail dengan latar awal video yang menarik akan membuat seseorang tertarik untuk melihat video tersebut dan klik link pada video Youtube yang disebarkan.

tools yang dibutuhkan

Tools yang Dibutuhkan

Guna memulai karir sebagai Youtuber yang andal tentunya dibutuhkan berbagai Tools yang dapat membantu untuk membuat video semakin bagus dan layak ditonton oleh banyak orang. Beberapa tools yang bisa digunakan adalah sebagai berikut

Akun Email yang Sudah Diverifikasi oleh Google

Sebagai seorang content creator tentunya harus memiliki akun email khusus untuk upload video atau tracking berbagai insight video yang telah di upload di Youtube. Selain itu, email juga harus terverifikasi oleh Google agar memudahkan untuk monetisasi untuk mengaktifkan Adsense.

Akun email ini juga bisa digunakan untuk membuat berbagai social media untuk promosi video Youtube di internet agar konten semakin viral dan ditonton oleh banyak orang.

Gadget yang Memadai

Memiliki gadget yang memadai juga akan memudahkan dalam memulai karir sebagai content creator di Youtube. Beberapa gadget yang bisa digunakan adalah handphone dan juga laptop.

Handphone sendiri berguna untuk berinteraksi dengan para penggemar dengan membalas komentar di akun Youtube, Selain itu, content creator juga bisa merekam video melalui handphone dan juga mengeditnya melalui berbagai aplikasi edit video di gambar.

Handphone saat ini semakin berevolusi setiap harinya sehingga hasil dari kamera handphone bisa setara dengan kamera. Sehingga memudahkan content creator yang ingin merekam video tanpa perlu membawa banyak barang bawaan untuk mendapatkan hasil video yang diinginkan.

Hanya saja mengedit video melalui hanphone memiliki kekurangan, salah satunya adalah sebuah file video bisa saja membutuhkan memori yang besar untuk menyimpan berbagai mentahan video, hasil dari edit video, serta berbagai aplikasi pendukung.

Laptop sendiri juga menjadi gadget terpenting yang harus dimiliki oleh seorang content creator. Melalui gadget ini, sebuah video mentah bisa diedit dengan baik dan juga diberikan berbagai tambahan efek sebelum di upload di Youtube.

Ukuran memori laptop yang besar juga memudahkan untuk menyimpan berbagai video yang dimiliki atau menyimpan video di penyimpanan awan sehingga juga bisa diakses melalaui handphone.

Kelemahan dalam mengedit video di laptop adalah membutuhkan tempat yang cukup luas untuk membuka laptop dan juga listrik yang siap sedia apabila laptop kehabisan daya baterai.

Kamera dan Recorder Suara

Pengambilan video yang apik tentu saja di dukung oleh kamera yang memiliki resolusi tinggi. Saat ini kamera tersedia dalam berbagai ukuran sehingga mudah untuk dibawa kemana saja dan cocok untuk merekam bahan konten video.

Perhatikan juga memori penyimpanan yang dimiliki oleh kamera sehingga seorang content creator tidak perlu cemas apabila memori habis di tengah proses pengambilan video. Selalu cek penyimpanan secara rutin dan pindahkan ke laptop setelah merekam video.

Hal ini berguna untuk mencegah kerusakan memori yang bisa tiba-iba datang atau file video yang tiba-tiba corrupt sehingga bisa diantisipasi sebelumnya.

Simpanlah kamera di tempat yang aman dengan perlindungan maksimal agar kamera terjaga dari berbagai kerusakan akibat guncangan di kendaraan, gesekan dengan barang lain yang mengakibatkan lensa lecet, dan juga tertimpa barang lain.

Kelemahan dari menggunakan kamera adalah dibutuhkan tempat penyimpanan yang luas juga berat dari sebuah kamera yang lumayan ditambah dengan alat pendukung lainnya akan membuat content creator harus menambah bagasi apabila membawa kamera berpergian dengan pesawat,

Memiliki perekam suara juga penting agar suara yang direkam tidak timbul tenggelam sehingga penonton bisa mendengar dengan jelas.

Script Konten yang Menarik

Dalam pembuatan konten video yang viral tentunya ada sebuah script konten yang menarik. Di dalam script ini berisi tentang video apa yang akan direkam beserta durasi dan juga latar belakang video.

Seorang content creator juga sebaiknya memperhatikan script konten yang dibuat agar tidak hanya sekedar viral namun juga bermanfaat bagi pendengarnya.

Ide konten sendiri bisa di dapatkan dengan melihat referensi video, banyak membaca, dan juga berjalan-jalan ke tempat baru, bertukar pikiran dengan orang lain untuk memperoleh inspirasi video yang diinginkan.

Sediakan waktu khusus untuk menulis script konten video yang akan disajikan sehingga ide akan mengalir lebih lancar sehingga hasil dari video bisa lebih bagus.

cara mudah agar video trending di Youtube

Cara Mudah Agar Video Trending di Youtube

Seorang content creator tentunya menginginkan konten video yang dibuat dengan penuh air mata dan perjuangan menjadi viral dan ditonton oleh banyak orang. Sayangnya banyak sekali faktor yang membuat konten video kurang viral di Youtube.

Karenanya beberapa langkah ini bisa digunakan agar konten yang dibuat dilirik banyak orang sehingga menjadi viral.

Persiapkan Konten yang Menarik

Langkah pertama yang harus dilakukan agar video semakin menarik adalah dengan mempersiapkan konten dengan baik. Seorang content creator bisa memilih konten yang dibuat dengan melihat video yang sedang viral di Youtube.

Seorang content creator juga bisa membuat konten sesuai dengan target penonton yang dituju agar konten tersebar pada target pasar yang sesuai sehingga penonton video akan semakin naik. Pastikan kualitas video berada dalam kondisi terbaik sehingga bisa dilihat dalam berbagai resolusi.

Pemberian subtitle di video Youtube juga bisa membantu penonton untuk memperhatikan obrolan yang dilakukan oleh pembuat video karena tanpa sadar pengguna berbicara terlalu cepat sehingga tidak terdengar oleh penonton.

Dengan adanya subtitle ini, penonton dengan kebutuhan khusus juga bisa melihat video dengan jelas.

Buat Cuplikan Video

Salah satu fitur yang disedikan oleh Youtube adalah cuplikan video, dimana penonton dapat melihat tayangan awal video tanpa perlu masuk ke video yang ditonton. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh content creator untuk membuat tayangan awal video yang menarik.

Ketahui Penggemar dan Pasar yang Tepat

Salah satu kesalahan yang bisa menyebabkan konten video tidak ditonton oleh banyak orang adalah kurangnya survei dalam mengetahui penggemar dan pasar yang tepat.

Sebelum membuat video yang viral, pengguna bisa mengecek terlebih dahulu untuk siapa konten ditujukan dan pangsa umur yang dituju sehingga bisa membuat konten yang sesuai.

Seorang content creator juga sebaiknya mengetahui kapan saja waktu bagi penonton untuk menonton video dan durasi yang dibutuhkan dalam menonton  sebuah video.

Hal ini akan membantu dalam mengupload konten video dan juga panjangnya durasi karena semakin banyak orang yang menonton setelah video tayang dan menghabiskan waktu untuk menonton video sampai selesai akan membuat ranking video naik dengan mudah.

Berikan juga notifikasi pemberitahuan penayangan video di berbagai social media agar penonton bisa mengetahui terlebih dahulu dan menjadi penonton yang pertama.

Pengguna juga bisa memberikan call to action untuk menekan lonceng notifikasi sehingga tidak terlewat video yang lainnya.

Ketahui Cara Kerja Algoritma Youtube

Sama seperti social media lainnya, Youtube juga memiliki cara kerja algoritma yang membantu beredarnya video di kanal Youtube. Algoritma yang dmiliki tentu saja berbeda dengan yang lainnya.

Beberapa algoritma di Youtube adalah waktu tonton pengikut saat video di upload, jumlah penayangan setelah video dirilis, durasi setiap video yang dilihat oleh penonton, serta seberapa sering video di upload di akun content creator.

Waktu tonton sendiri bisa berupa apakah penonton melihat video sampai habis atau hanya melihat setengah dari video dan kemudian menutup videonya, durasi yang dihabiskan penonton dalam menonton video di kanal tertentu, serta seberapa sering seorang content creator aktif di kanal Youtube.

Apabila pengguna sudah mengetahui algoritma yang tepat dan selalu memperbarui informasi terbaru maka akan lebih mudah untuk mementukan strategi yang tepat agar video semakin lama beredar di beranda banyak orang.

Durasi Video

Durasi video yang di unggah juga menjadi salah satu penentu naiknya sebuah vidoe di ranking Youtube. Ada beberapa pengguna yang menyukai video dengan durasi panjang dan ada juga yang menyukai durasi video yang pendek.

Karenanya seorang content crator sebaiknya mengeahui durasi video yang disukai oleh penggemarnya. Youtube sendiri menyarankan durasi video terbaik adalah 8 menit namun bisa berubah sesuai dengan isi konten yang ingin disampaikan.

Penayangan Sebanyak-Banyaknya Dalam Waktu 3 Hari

Salah satu tips agar video di Youtube bisa naik dalam waktu cepat adalah menaikkan tayangan video secara cepat dalam waktu 3 hari. Dengan begitu, sebuah video akan naik pada trend dan juga topik yang dibahas.

Promosi video dalam tiga hari pertama akan membantu views video meningkat sehingga rankingnya pun akan naik lebih cepat. Pengguna juga bisa menggunakan fitur reminder sebagai notifikasi bagi pengguna untuk menonton video lebih awal sehingga jumlah views akan naik lebih cepat.

Fokus Pada Satu Konten

Tidak ada yang salah dalam membuat berbagai jenis konten video di kanal Youtube yang dikelola, hanya saja kadang kala penonton hanya tertarik pada salah satu tipe konten video.

Hal ini bisa dilihat dari membandingkan salah satu video yang lebih banyak dilihat dan diperbincangkan oleh penonton atau orang lain. Dengan hal ini, seorang content creator juga akan lebih fokus dalam membuat satu konten dan bisa diselingi dengan jenis konten yang lain.

Gunakan Thumbnail yang Menarik

Salah satu daya tarik penonton dalam melihat konten di Youtube adalah penggunaan thumbnail yang menarik. Seorang content creator bisa membuat judul thumbnail yang seusai dengan isi serta hal-hal yang menjadi fokus utama di video agar penonton tertarik.

Usahakan untuk tidak membuat thumbnail yang clickbait yang mengecoh sehingga penonton tidak merasa tertipu dan menonton berulang kali video.

Penggunaan thumbnail yang baik juga akan memudahkan penonton untuk mencarinya di kolom pencarian sehingga dapat membantu dalam menaikkan ranking video.

Manfaatkan Kolom Deskripsi

Sebelum upload video di Youtube biasanya seorang content creator diminta untuk mengisi kolom deskripsi video yang berisi tentang judul, isi dari video, serta tag yang berkaitan dengan video.

Maksimalkan penggunaan kolom deskripsi dengan baik melalui penulisan description yang jelas dan langsung ke inti dari video serta tag hal-hal yang berkaitan dengan video sehingga memudahkan penonton untuk mencari video sesusai dengan keinginannya.

Perguanakan juga pilihan kata yang menarik dan mengundang sehingga penonton akan penasaran dengan isi video setelah membaca deskripsinya.

Konsisten Dalam Upload Video

Seoang content crator juga sebaiknya rutin untuk upload video di kanal Youtube yang dimiliki. Hal ini akan membuat pengguna bisa memasang Adsense setelah mencapai 4000 penayangan sehingga bisa menghasilkan uang dari konten video yang di upload.

Banyaknya video yang diupload di Youtube juga akan memanjakan penggemar dan penonton sehingga menanti video baru yang di upload setiap harinya. Tentukan frekuensi upload video sehingga penonton bisa menyediakan waktu untuk menonton videonya setelah tayang.

cara upload video ke Youtube

Cara Upload Video Ke Youtube

Setelah mengetahui pasar dan konsumen yang tepat dan juga telah membuat video sesuai dengan script yang diinginkan maka inilah saat yang tepat untuk memulai karir sebagai content creator di Youtube.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan upload video ke Youtube. Beberapa tutorial mudah upload video ini bisa diterapkan di berbagai gadget yang dimiliki.

Buka Aplikasi Youtube

Langkah pertama yang dilakukan sebelum mengupload video ke Youtube adalah membuka Youtube baik di browser ataupun aplikasi. Setelahnya pengguna bisa mencari tanda plus yang biasanya ada di tengah bawah atau pojok kanan apabila membuka di browser komputer atau laptop

Pilih Rekam Video atau Upload ke Youtube

Langkah kedua yang bisa dilakukan adalah dengan memilih merekam video secara langsung atau upload file video ke Youtube. Pengguna biasanya akan disuruh untuk memilih file yang di upload dengan membuka folder penyimpanan di laptop, komputer, atau handphone.

Pengguna juga sebaiknya memerhatikan syarat dan ketentuan yang di tetapkan olen Youtube sebelum mengupload video ke akun yang dimiliki

Lakukan Penyempurnaan Video

Langkah ketiga yang bisa dilakukan setelah video di upload ke Youtube adalah melakukan sedikit editing bagi video yang dimiliki, hal ini bisa berupa memangkas durasi video dan lain sebagainya sesuai kebutuhan.

Tombol pangkas video bisa dilakukan dengan menarik ujung kotak biru muda di bawah video atau dengan menambahkan filter yang dibutuhkan.

Tambahkan Detail Video

Langkah keempat yang jangan sampai lupa untuk dilakukan adalah dengan menambahkan detail video dengan memberikan pengaturan batasan usia.

Hal ini dilakukan agar anak-anak pada batas usia tertentu tidak menonton video yang diberikan karena bisa saja mengandung hal yang belum boleh diketahui untuk anak-anak usia tertentu.

Atur Deskripsi Video

Langkah kelima yang dapat menambah views dari Youtube adalah dengan mengatur deskripsi video berupa keterangan isi video serta call to action. Pengguna juga bisa mencantumkan link yang dibutuhkan, seperti sumber isi video atau link social media kanal Youtube yang dimiliki.

Video Bisa Langsung Di Upload

Langkah kelima adalah mengupload video yang telah disiapkan, pengguna juga bisa mengaktifkan fitur notifikasi untuk mengingatkan penonton melihat video pada jam tayang yang telah ditentukan.

Jangan Lupa Aktifkan Adsense

Seorang content creator juga bisa menambah penghasilan dengan mengaktifkan Adsense. Beberapa syarat yang wajib dipenuhi agar kanal Youtube mendapatkan Adsense adalah memiliki 1000 subscriber, Video sudah mencapai 1000 penayangan, dan tidak adanya spamming.

Selain itu jangan lupa untuk mendaftarkan diri ke Youtube dengan masuk ke pengaturan Video Manager dan memenuhi berbagai syarat yang diminta dan jangan lupa untuk  mengaktifkan monetisasi. Jangan lupa upload video secara rutin agar hasil dari Adsense bisa semakin banyak.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.