Kenali Bisnis Model Canvas

Mengenal Bisnis Model Canvas, Langkah dan Manfaatnya

Bisnis model canvas adalah salah satu jenis usaha yang banyak dijalankan oleh millenial masa kini. Yuk ketahui definisi dan elemen dari model bisnis ini!

Bisnis model canvas (BMC) bisa menjadi salah satu cara untuk merancang sebuah bisnis. Merancang sebuah bisnis memang harus dibuat secara maksimal jika Anda ingin sukses melakukan bisnis.

Antara rancangan dan proses bisnis menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan begitu saja.

Apalagi saat ini sudah banyak perusahaan yang telah menerapkan model bisnis seperti ini. Anda harus merancang bisnis secara sistematis jika ingin sukses seperti perusahaan yang lainnya.

Pada umumnya, bisnis model kanvas digunakan oleh sebuah bisnis yang masih baru berkembang. Dibawah ini akan dibahas mengenai beberapa hal tentang model bisnis canvas.

bmc 1

Definisi Bisnis Model Canvas

Alat representasi visual yang menjelaskan secara komprehensif terhadap sebuah bisnis, dengan menunjukkan rancangan garis besar tanpa harus membuat dokumen bisnis plan yang rumit, biasanya disebut dengan bisnis model canvas.

Bisnis model canvas berguna untuk memetakan arah sebuah bisnis perusahaan di masa depan. Seorang pengusaha dari Swiss, tahun 2005 yaitu Alexander Osterwalder sudah menciptakan model bisnis ini pertama kalinya. 

Bahkan, kerangka modelnya pun menjadi sangat populer dikalangan bisnis start-up. Hal ini dikarenakan mampu menjelaskan, menilai, memvisualisasikan dan mengubah model bisnis untuk menghasilkan kinerja yang lebih optimal.

bmc 3

Elemen-elemen Bisnis Model Canvas

Ada beberapa elemen bisnis model canvas yang harus Anda ketahui, yakni :

Customer Segment

Segmentasi pelanggan menjadi salah satu elemen pertama bisnis model canvas. Jadi, nantinya Anda harus menentukan siapa saja pelanggan yang akan berpotensi untuk membeli produk Anda. Produk Anda bisa saja tidak laku di pasaran, jika tidak ada kejelasan dari konsumennya.

Untuk itu, Anda perlu membuat buyer personal secara khusus, agar bisa menentukan customer segment secara tepat dan jelas.

Value Propositions

Setelah Anda mengetahui siapa saja konsumen yang akan membeli produk Anda. Selanjutnya, Anda harus menentukan manfaat apa saja yang bisa diberikan untuk konsumen. 

Hal ini biasanya disebut dengan value propositions, yakni nilai yang ditawarkan kepada konsumen dengan menggunakan produk Anda.

Value propositions bisa menjadi solusi atas permasalahan yang dihadapi pelanggan, ketika menjalani dunia bisnis model canvas. Baik itu, untuk solusi dengan pendekatan baru yang lebih efektif atau solusi yang sebelumnya tidak pernah ada.

Jadi harus diupayakan membuat value yang seunik mungkin.

Untuk contoh bisnis model canvas bisa diambil dari toko buku online, yaitu Anda bisa memberikan value berupa penyediaan buku impor yang tidak banyak ditemui di Indonesia. Misalnya saja, seperti yang ditawarkan oleh opentrolley.

Tidak hanya jenis produk saja, Anda dapat memberikan value kemudahan untuk pembelian barang. Contohnya saja, saat ini banyak sekali penggemar buku yang tidak sempat datang ke toko buku, sehingga lebih memilih toko buku online untuk membeli buku.

Value proposition lain yang banyak ditawarkan yaitu adanya kemasan anti penyok, supaya buku yang akan diterima pelanggan tetap baik-baik saja. 

Channel

Sarana interaksi antara pelanggan dengan bisnis Anda, baik itu untuk tujuan pembelian produk, promosi dan layanan termasuk elemen channel dalam bisnis model canvas.

Misalnya saja, dalam membangun bisnis toko buku online, pastinya Anda membutuhkan yang namanya website sebagai channel utama. Selain itu, website juga bisa menjadi tempat terjadinya transaksi dan menampilkan katalog buku yang dijual.

Anda juga bisa memanfaatkan channel lainnya untuk menjangkau para pelanggan, contohnya media sosial. Media sosial memang sangat cocok jika digunakan untuk membangun branding awareness melalui berbagai postingan yang dibagikan.

customer relationship

Customer Relationship

Apabila Anda sudah mengetahui siapa saja target pelanggan dan channel yang digunakan. Maka langkah selanjutnya, bisa menentukan bagaimana perusahaan  berkomunikasi melalui elemen customer relationship.

Elemen inilah, yang akan membantu Anda untuk memilih startegi terbaik agar bisa berinteraksi kepada pelanggan. Strategi ini bukan hanya untuk produk yang dipasarkan atau dipromosikan saja, namun saat menanggapi komplain sampai cara mempertahankan konsumen supaya terus membeli produk Anda.

Apalagi untuk melakukan promosi toko buku online, contohnya, Anda bisa menggunakan channel media sosial seperti Instagram dan Twitter. Anda bisa menggunakan komunikasi yang santai dengan adanya panggilan “Kak” untuk menyapa para pelanggan.

Selain itu, Anda juga bisa membuat loyalty program, untuk membuat para konsumen Anda terus membeli buku di toko online milik Anda. Misalnya saja, membuat program poin undian khusus, ataupun giveaway. 

Revenue Streams

Sumber pendapatan bisnis Anda disebut dengan Revenue streams. Elemen ini, akan membuat Anda untuk mengetahui bagamana dan dari mana toko online memperoleh pemasukan. 

Misalnya saja, bisnis model canvas toko buku online. Anda harus mengetahui pendapatan utama penjualan bukunya dari mana baik itu digital ataupun fisik. Selain itu, Anda juga dapat mengembangkan suatu sistem yang akan membangun pelanggan dengan menawarkan beberapa akses membaca buku secara online.

Seiring dengan perkembangan bisnis, Anda juga bisa menjual berbagai macam produk yang masih berkaitan dengan membaca, misalnya E-Book reader atau yang lainnya. 

Key Activities

Elemen bisnis canvas yang akan menjelasakan bagaimana operasional bisnis Anda berjalan disebut dengan Key Activities. Misalnya saja, toko buku online, Key Activities utama yang biasanya dilakukan yaitu mengelola website yang akan menjadi salah satu pusat transaksi bisnis.

Anda harus bisa memastikan, jika website bisa diakses melalui berbagai perangkat dan ramah terhadap pengguna. Hal yang lainnya, pastikan juga bahwa kegiatan penyimpanan buku di gudang sudah berjalan dengan baik. Sehingga hal akan membuat Anda lebih mudah ketika mendistribusikan buku kepada para konsumen,

Key Activities juga termasuk salah satu upaya promosi untuk membuat konsumen mengetahui bisnis Anda. Oleh karena itu, penting sekali untuk Anda mempelajari dan menerapkan digital marketing untuk bisnis online.

resource

Key Resources

Apa yang harus dilakukan agar Key Activities tetap berjalan? Jawabannya Anda harus bisa menggunakan Key Resources. Untuk itu, Anda harus menentukan sumber daya manusia yang diperlukan dalam menjalankan segala aktivitas bisnis Anda.

Misalnya saja, dalam menjalankan bisnis toko online masih memerlukan beberapa Key Resources. Hal yang pertama yaitu produk yang dijual. Contohnya dalam bisnis model canvas toko buku online, perlunya memastikan ketersedian buku yang sesuai dengan kebutuhan target konsumen menjadi sebuah keharusan.

Karena jika produk yang dijual adalah buku fisik pastinya Anda membutuhkan gudang khusus untuk menyimpan seluruh produk. Selain itu, Anda membutuhkan website yang mudah diakses serta mobile friendly dengan sistem katalog produk yang baik dan ramah pengguna.

Anda juga pastinya memerlukan seorang developer untuk mengelola seluruh website supaya berjalan dengan lancar. Kebutuhan website inilah yang akan membuat Anda mempunyai sumber daya lain, misalnya saja layanan hosting, komputer dan akses internet yang bisa diandalkan.

Key Partners

Daftar sumber daya di luar perusahaan yang Anda butuhkan, agar model bisnis Anda berjalan dengan baik disebut dengan Key Partners. Key Partners, memang sangat dibutuhkan untuk bisnis toko buku online. Karena digunakan untuk penerbit yang akan menyediakan buku-buku yang dijual.

Anda dapat bekerja sama secara langsung dengan pihak ekspedisi, agar bisa mengirimkan buku pesanan konsumen secara tepat waktu. Tidak hanya itu saja, website toko buku Anda nantinya akan mendapatkan layanan hosting supaya bisa selalu diakses online. 

Maka Key Partner bisa menjadi penyedia layanan hosting yang terbaik. Hal ini disebabkan oleh efek dapat membuat transaksi penjualan menjadi lebih lancar dan layanan hostingnya pun bisa diandalkan.

Cost Structure

Selanjutnya, ada Cost Structure yang menjadi elemen terakhir pada bisnis model canvas. Bagian ini berisi tentang biaya yang harus Anda keluarkan untuk menjalankan bisnis toko buku online Anda.

Ada beberapa elemen yang biasanya digunakan untuk menghitung Cost Structure yaitu Channel, Key Activities, dan Key Resources.

Website menjadi salah satu Key Activities dan Channel yang ada didalam toko buku online. Untuk itu, biaya yang harus dikeluarkan yaitu biaya dalam pembuatan website dan pembelian hosting serta domain. 

Jadi, nantinya Anda harus bisa mengupayakan untuk menggunakan layanan dengan harga yang lebih terjangkau. Sedangkan, Key Resource dari toko buku online yaitu produk buku yang akan dijual.

Jadi, Anda harus bisa menghitung dengan baik biaya yang dikeluarkan untuk membeli buku dari penerbit, agar bisa dijual kembali ke konsumen. Biasanya, biaya bisa bertambah atau berkurang. Untuk itu, bisa dipastikan bahwa hitungan Cost Structure sudah benar dan teliti.

cara kerja

Langkah-Langkah Membuat Bisnis Model Canvas

Informasi diatas sudah menjelaskan mengenai elemen-elemen pada bisnis canvas. Selanjutnya akan kami bahas tentang langkah-langkah apa saja yang bisa dilakukan memulai bisnis canvas. 

Yaitu :

Belajar untuk Menghadapi Pesaing

Belajar untuk menghadapi pesaing menjadi salah hal yang harus Anda lakukan, agar bisa mendapatkan informasi yang berhubungan dengan kegagalan dan keberhasilan pesaing tersebut.

Dengan adanya informasi ini, Anda bisa mengetahui berbagai keinginan para konsumen dan solusi apa saja yang bisa Anda terapkan jika mengalami kegagalan. 

Sehingga Anda bisa lebih mudah menemukan solusi yang dapat dimanfaatkan untuk menjangkau pasar dan mengembangkan bisnis yang lebih luas dari si pesaing.

Mengurutkan Elemen Secara Sistematis

Anda harus mengurutkan sembilan elemen yang sudah dijelaskan diatas secara lebih sistematis, jangan sampai ada yang tertinggal. Hal ini dilakukan agar Anda bisa mengetahui prioritas mana yang harus dijalankan. 

Dengan demikian, untuk memetakan sebuah strategi dalam waktu tertentu dapat ditentukan secara baik. Karena, jika semakin jelas target tujuan dan waktunya maka akan semakin mudah mengukur keberhasilannya.

Menghubungkan Setiap Elemen yang Ada

Sembilan elemen yang ada pada bisnis model canvas, memiliki hubungan yang saling mendukung antara satu sama yang lainnya. Oleh karena itu, keunggulan ini harus bisa dimanfaatkan sebagai salah satu strategi yang matang.

Misalnya saja, pada Value Propositions harus mempunyai segmentasi pelanggan yang jelas supaya Revenue Stream yang didapat juga lebih jelas. 

Memfokuskan Pada Kondisi yang Terjadi Saat Ini

Jika Anda ingin merencanakan sebuah bisnis, hendaknya lebih fokus pada kondisi tersebut agar bisa menentukan strategi yang lebih tepat. Untuk itu, Anda disarankan agar lebih memperhatikan perubahan perilaku konsumen dan hadirnya kompetitor yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi.

Melakukan Review Terlebih Dahulu

Anda bisa melakukan pengecekan ulang atau review, untuk mengetahui semua elemen sudah terhubung atau tidak.  Selanjutnya, bisa memastikan satu elemen dengan elemen lainnya saling berhubungan.

Lalu, Anda bisa melakukan penilaian pada setiap elemen yang akan menjadi acuan untuk mereview model bisnis kanvas yang nantinya disusun. Dengan demikian, Anda dapat memperbaiki segala elemen yang dirasa masih kurang tepat.

Jika Anda sudah memahami segala hal tentang bisnis model canvas baik itu, elemen, cara menyusunnya dan yang lainnya. Maka, Anda sudah bisa menjalani bisnis ini dengan baik.

Namun, perlu diketahui dalam membangun bisnis jangan hanya memikirkan untungnya saja. Akan tetapi, Anda harus bisa merencanakan secara matang untuk menangani kekurangan yang ada di bisnis Anda.

Ingatlah, bahwa satu elemen yang ada pada bisnis model canvas harus saling berhubungan. Selain itu, jangan lupa berikan sedikit penilaian pada setiap elemen agar Anda bisa mengetahui mana saja yang harus diperbaiki.

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai perencanaan keuangan dan beberapa tips untuk mengelola kebutuhan finansial, maka bisa langsung mengkonsultasikannya melalui Social Media Marketer.

manfaat

Manfaat dari Pembuatan Bisnis Canvas

Pembuatan dari bisnis canvas ini berguna untuk membantu para perusahaan dalam merancang seluruh proses bisnisnya dan menetapkan poin penting dalam bisnis, misalnya hubungan yang akan dijalin, sumber daya manusia, pendapatan, dan pengeluaran.

Ada beberapa manfaat yang harus diketahui dari pembuatan bisnis model canvas ini untuk perusahaan, yaitu :

planning

Dapat Mempersingkat Penulisan Perencanaan Bisnis

Pelaku usaha biasanya harus menulis panjang lebar mengenai perencanaan bisnis yang dibuatnya melalui metode konvensional. 

Namun, tidak dengan bisnis canvas ini, perusahaan hanya perlu mengisi beberapa poin perencanaan bisnis sesuai dengan blok yang ditetapkan. Jadi, perusahaan nanti akan lebih terjamin dengan adanya model canvas ini.

focus

Dapat Meningkatkan Fokus Perusahaan Terhadap Poin Penting

Bisnis model canvas ini akan lebih memfokuskan bisnis pada elemen yang paling penting dan memiliki dampak yang besar pada perusahaan. Sifat visualnya akan membantu perusahaan untuk memahami gambaran seluruh bisnis dan melihat kekuatan serta kelemahannya.

BMC atau biasa dikenal dengan bisnis model canvas merupakan strategi untuk merencanakan bisnis dengan menggunakan kerangka yang sudah terstruktur dan mudah dipahami. Pada bisnis canvas ini ada sembilan elemen yang harus dijalankan dengan baik.

Dimulai dari Customer Segment, Channel sampai Key Partners. Saat ini, channel menjadi pilihan terbaik pada penggunaan website. Hal ini dikarenakan, bisa membantu Anda untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dengan mudah.

Untuk mendapatkan keamanan yang terjamin, Anda bisa memilih layanan hosting terbaik dalam menjalankan website.

Salah satu platform hosting yang terpercaya dan terbaik yaitu Social Media Marketer. Anda bisa menggunakan jasa kami sebagai salah satu partner untuk menjalankan bisnis toko buku online.

Yuk, bekerjasama dengan kami mulai sekarang!

Kami akan memberikan berbagai macam pilihan paket yang memudahkan Anda dan memberikan jaminan server Lite Speed. Bagi Anda yang berminat untuk bergabung bersama kami bisa langsung mengunjungi website kami.

Jadi tunggu apalagi, ayo bergabung dengan kami. Akan ada banyak kejutan dan keuntungan yang bisa Anda dapatkan, jika menggunakan Social Media Marketer sebagai hosting usaha Anda. Kami akan selalu siap melayani berbagai kebutuhan Anda.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.