cara download instagram reels

Cara Mudah Download Instagram Reels

Instagram saat ini menjadi salah satu social media dengan pengguna terbesar di dunia.

Berbagai fitur yang disediakan mulai dari foto, video, hingga pesan pribadi menjadikan social media ini sarana yang occok untuk mengekspresikan diri atau berkomunikasi dengan teman atau saudara.

Dengan bertambahnya pengikut yang ada, Instagram terus berinovasi untuk membuat berbagai fitur yang mudah digunakan oleh penggunanya.

Salah satu fitur di Instagram yang saat ini tengah naik daun adalah Instagram Reels.

Fitur ini memiliki kemiripan dengan Tiktok dimana penggunanya bisa membuat video pendek dengan durasi maksimal satu menit.

Dengan durasi yang minim ini pengguna dituntut untuk membuat video kreatif dalam jangka waktu yang pendek.

Meskipun memiliki durasi yang sedikit namun jangkauan dari Instagram reels sangatlah luas sehingga membantu untuk menyebarkan konten anda ke luar pengikut yang dimiliki.

Hal ini tentunya membantu penjual untuk mengenalkan produknya sehingga lebih dikenal sehingga bisa mendapatkan lebih banyak konsumen.

Berbagai konten instagram reels yang menarik tidak hanya bisa disebarkan atau diberikan like namun juga bisa disimpan untuk ditonton berulang kali dan menjadi hiburan tersendiri.

Karenanya untuk mengetahui berbagai konten instagram reels yang tepat serta berbagai fitur yang disediakan dan cara mengunduhnya dengan cepat berikut beberapa tips dan aplikasi yang bisa digunakan.

kegunaan instagram reels

Kegunaan Instagram Reels Untuk Bisnis

Tidak hanya fitur Instagram feed, story, atau video yang bisa digunakan untuk promosi produk yang dimiliki,namun hadirnya Instagram reels juga berguna untuk menyebarkan konten promosi produk yang dimiliki.

Ditambah lagi engagement Instagram reels yang bisa menyebar dengan cepat sehingga fitur ini sering digunakan oleh penjual atau influencers untuk menyebarkan konten yang dimiliki.

Instagram reels juga memiliki berbagai kegunaan yang bisa dimanfaatkan dengan baik berikut beberapa manfaat dari menggunakan Instagram reels.

Membantu Meningkatkan Followers

Jangkauan Instagram reels yang luas berkat kemunculannya di explore instagram menjadikan konten yang ditayangkan di fitur ini bisa membantu untuk menaikkan followers secara mudah dan cepat.

Guna membantu menaikkan engagement, pengguna juga sebaiknya membuat konten Instagram reels yang menarik dan tak hanya sekedar promosi produk.

Hal ini dilakukan agar konten bisa menjangkau pengguna instagram di luar konsumen anda sehingga membantu untuk menaikkan followers Instagram dengan cepat dan mudah.

Tidak hanya membuat konten yang menarik, pengguna juga bisa melakukan interaksi dengan konsumen melalui membalas berbagai pesan yang ada sehingga membantu untuk mendorong konten anda agar naik di explore instagram.

Pastikan juga konten yang dimiliki tidak mengandung copyright dari akun tertentu sehingga membantu untuk naik di explore Instagram.

Sarana Kolaborasi dengan Influencers

Bagi penjual yang aktif melakukan kerjasama dengan influencers atau content creator untuk mempromosikan produk yang dimiliki biasanya menggunakan konten foto, video, atau story yang ada di Instagram.

Namun dengan adanya Instagram reels pengguna bisa membuat berbagai konten video singkat dengan influencers agar produk yang dimiliki bisa cepat dengan naik.

Penjual dan juga influencers bisa membuat ulang konten instagram reels atau tiktok yang sedang naik kemudian di unggah di akun instagram bisnis yang dimiliki.

Apabila konten instagram reels yang dibuat bisa menghibur pengikut maka impresi yang diberikan pun akan semakin bagus dan mampu untuk mendorong konten anda naik ke explore Instagram.

Menaikkan Brand Awareness dengan Mudah

Instagram reels yang memiliki fitur tambahan berupa pilihan suara dan juga efek yang membantu untuk menarik perhatian konsumen dalam menonton konten instagram reels yang anda unggah di akun Instagram.

Apabila banyak konten Instagram reels anda naik ke explore instagram maka tidak menuntup kemungkinan banyak pengikut baru yang masuk atau mengikuti akun anda sehingga meningkatkan brand awareness terhadap produk yang di pasarkan.

Hal ini tentunya menguntungkan bagi anda karena dapat membantu untuk menaikkan penjualan produk yang dimiliki.

Karenanya anda bisa membuat pembukaan video yang menarik dan unik sehingga penonton akan betah untuk menonton kelanjutan video yang anda unggah.

Kesempatan Naik di Explore Page

Salah satu keuntungan dari menggunakan Instagram reels untuk promosi adalah kesempatan untuk menaikkan konten di explore page.

Tentunya hal ini tidak mudah karena pengguna tidak hanya membuat konten promosi namun juga konten hiburan yang menarik sehingga bisa menjangkau lebih banyak penonton di luar pengikut anda.

Tak hanya itu, pengguna juga bisa membuat konten edukasi mengenai hal yang sedang trend akhir-akhir ini namun masih berkaitan dengan produk anda sehingga bisa digunakan untuk media promosi juga.

Pastikan juga konten yang dibuat mudah dipahami oleh pengguna lain sehingga dapat menaikkan konten instagram reels anda ke explore page.

Pengguna juga bisa melakukan kolaborasi dengan influencers atau content creator agar mendapatkan jangkauan yang lebih luas

fitur di instagram reels

Fitur-fitur di Instagram Reels

Guna mendukung berbagai konten di Instagram reels menjadi semakin menarik tentunya Instagram juga mengeluarkan berbagai fitur-fitur pendukung yang bisa digunakan untuk membuat video singkat dan unik sehingga bisa naik di explore Instagram.

Berikut beberapa fitur-fitur di Instagram yang bisa digunakan untuk membuat berbagai video Instagram reels.

Musik Pengiring Instagram Reels

Fitur pertama yang bisa digunakan di instagram reels adalah musik pengiring. Dengan adanya fitur tambahan ini membantu konten yang diunggah tersebar ke audience yang lebih luas.

Saat menggunakan musik pengiring pengguna bisa menggunakan musik populer yang ada di rekomendasi Instagram reels atau menggunakan audio milik anda sendiri.

Disaat menggunakan musik pengiring milik sendiri maka nama anda akan tercantum sebagai pemilik pertama lagu tersebut.

Saat mengunggah video instagram reels, pengguna sebaiknya menggunakan lagu yang sedang naik daun agar konten bisa dengan mudah naik ke explore instagram.

Pastikan juga pengguna menggunakan musik pengiring yang cocok dengan video anda untuk membuat penonton lebih menghayati video sehingga menonton konten anda sampai habis.

Remix dengan Video Lain

Sama dengan aplikasi Tiktok dimana penggunanya bisa melakukan duet video lain maka pengguna Instagram reels juga bisa menggunakan fitur remix.

Dengan adanya layanan ini pengguna bisa membuat video Instagram reels milik mereka kemudian digabungkan dengan video lain yang berkaitan dengan produk anda.

Pengguna juga bisa melakukan kolaborasi dengan influencers atau content creator menggunakan fitur ini sehingga bisa menjadi konten promosi yang menarik dan mampu menarik perhatian banyak orang.

Saat melakukan duet video dengan akun lain maka pastikan video yang anda buat tidak menyinggung akun lain sehingga konten anda bisa mendapatkan pandangan positif dari penngguna lainnya.

Video duet yang menarik dan unik juga dapat membantu untuk menaikkan konten anda di explore Instagram.

Efek yang Menarik di Instagram Reels

Agar video anda semakin seru dan bisa menjadi media komunikasi yang baik dengan konsumen maka pengguna bisa menggunakan berbagai efek yang menarik di Instagram reels.

Dengan adanya efek ini pengguna juga bisa membuat konten yang menarik dan unik sehingga bisa ditemukan oleh pengguna lain di explore instagram.

Tidak hanya menggunakan efek yang ada di Instagram reels namun pengguna juga bisa membuat efek sendiri yang lebih estetik dan bisa digunakan oleh pengguna lain.

Penggunaan filter ini juga membantu konten anda terlihat lebih cantik dan menarik sehinggga enak dipandang oleh pengguna lain.

Pastikan juga efek yang dipilih sudah sesuai dengan tema video instagram reels yang diunggah sehingga mampu menarik engagment yang lebih banyak.

Timer dan Hitung Mundur

Saat membuat sebuah video tentunya pengguna akan mengira durasi yang tepat dan sesuai dengan konten yang dibuat.

Guna memudahkan membuat konten video Instagram reels maka pengguna bisa menggunakan fitur video length guna mengatur durasi video yang dibuat dan diunggah nantinya.

Pilihan durasinya pun bermacam-macam mulai dari 15 detik, 30 detik, dan 1 menit tergantung dari isi konten yang dibutuhkan.

Penghitungan mundur ini berguna untuk mengatur durasi yang tepat dan sesuai dengan konten yang akan dibuat.

Pengaturan Kecepatan

Pada proses pembuatan atau edit video reels biasanya pengguna akan menemukan video atau suara yang dimasukkan terlalu cepat sehingga menjadikan konten yang dibuat tidak sesuai.

Agar menyesuaikan konten video yang diinginkan maka pengguna bisa mengatur kecepatan tersebut di fitur Speed yang ada di Instagram reels.

Terdapat berbagai jenis kecepatan yang dapat digunakan mulai dari 2x-5x sesuai dengan penggunaannya.

Pengguna juga bisa mengatur kecepatan dari video yang ada di galeri sebelum diunggah di akun Instagram.

ide konten instagram reels

Ide Konten Untuk Instagram Reels

Sebelum membuat video di Instagram reels tentunya pengguna sebaiknya memilih tema konten yang menarik dan sesuai dengan audience Instagram sehingga tidak berpaku pada satu macam konten saja.

Membuat jenis konten yang sama secara terus menerus tentunya akan membuat penonton bosan dan memilih skip pada video Instagram reels anda.

Hal ini tentunya akan menurunkan engagement anda dan membuat konsumen anda pun berkurang. Tentunya anda tidak mau hal ini terjadi bukan?

Karenanya berikut beberapa ide konten Instagram reels yang bisa anda gunakan sehari-hari.

Konten Komedi

Saat mengalami hari yang berat dan membosankan tentunya anda membutuhkan hiburan yang mampu menaikkan mood anda.

Karenanya sebuah konten komedi yang diunggah di akun anda tentunya bisa membantu untuk menghibur konsumen anda.

Tak hanya itu, sebuah konten komedi yang mampu memancing tawa juga membantu untuk menaikkan engagement akun anda karena disukai dan disebarkan berkali-kali.

Sekali-kali pengguna bisa menunggah konten komedi di akun anda sebagai selingan diantara konten edukasi dan juga promosi.

Konten Produk

Tingginya engagement Instagram reels tentunya berguna untuk dijadikan tempat membuat konten promosi yang menarik.

Pengguna bisa membuat video Instagram reels yang berisi deskripsi produk terbaru atau mempromosikan produk yang dimiliki.

Penggunaan efek dan background suara di video juga membantu dalam menaikkan engagement konten video sehingga bisa menjangkau konsumen yang lebih luas.

Anda juga bisa membuat konten video promosi dengan metode soft selling sehingga tidak terkesan promotif dan bisa diterima konsumen diluar pengikut instagram anda.

Saat membuat konten video, anda bisa menyoroti sisi unik dan keunggulan produk anda dibandinglan brand lain sehingga bisa menjadi daya tarik tersendiri.

Konten ini juga membantu pengikut anda mengenal lebih dalam mengenai fitur dan juga kelebihan dari produk yang anda miliki.

Konten Edukasi

Tidak hanya menonjolkan kelebihan dari produk namun pengguna juga bisa memberikan manfaat lain dari penggunaan produk untuk masalah yang dihadapi pengguna.

Salah satu contoh kontennnya adalah membuat tips cara hemat di tanggal tua, salah satu caranya adalah dengan mempeli produk makanan siap saja milik anda yang bisa digunakan di tanggal tua.

Pemberian konten edukasi ini juga bisa membantu pembeli untuk mengetahui manfaat lain dari menggunakan produk anda.

Pengguna juga bisa memberikan konten edukasi mengenai tutorial penggunaan produk atau berbagai informasi penting yang berkaitan dengan produk anda.

Konten Behind The Scene

Tidak hanya konten promosi yang dapat membantu pembeli mengenal produk anda namun pengguna juga bisa mengembangkan konten behind the scene.

Dengan adanya konten ini pembeli bisa mengetahui lebih dekat proses pembuatan produk kesukaan mereka sehingga lebih yakin untuk membeli berulang kali karena sudah mengetahui keamanan dan juga kebersihan produksi.

Pengguna juga bisa menampilkan konten behind the scene proses pengepakan produk pada saat event tertentu atau proses pembuatan produk yang memiliki penjualan tertinggi sehingga bisa menaikkan nilai produk.

Konten Review Produk

Sebuah video ulasan produk yang bekerja sama dengan influencer atau seorang ahli di bidangnya juga bisa membantu untuk menaikkan kepercayaan konsumen terhadap produk anda.

Pengguna bisa melakukan kerjasama dengan influencer yang memiliki topik sama dengan produk anda atau seorang key opinion leader yang ahli di bidanganya untuk melakukan ulasan pada barang jualan yang anda miliki.

Dengan melakukan kerjasama dengan orang-orang yang memiliki nama dan ahli di bidangnya tentunya dapat menaikkan nilai produk anda di mata konsumen sehingga lebih percaya kepada produk anda.

Anda juga bisa mengumpulkan berbagai pertanyaan yang diajukan konsumen kepada produk anda untuk dijadikan topik bahasan saat membuat konten review produk.

Konten Tutorial

Saat membeli produk tertentu bisa saja konsumen belum mengerti cara penggunaan produk yang tepat atau olahan produk yang dapat digunakan.

Guna meningkatkan awareness konsumen dan juga memberikan edukasi kepada konsumen anda pengguna bisa memberikan konten tutorial produk yang dimiliki.

Salah satu contoh konten tutorial yang bisa digunakan adalah kreasi produk hijab yang dimiliki sehingga pengguna bisa menggunakan variasi lain dari hijab yang dibeli.

Konten Trend

Banyaknya trend yang sedang naik daun saat ini tentunya bisa anda gunakan untuk membuat konten trend yang menarik namun tetap sesuai dengan produk anda.

Dengan membuat konten trend, pengguna juga bisa menjangkau konsumen yang lebih banyak dengan menggunakan musik atau trend yang sedang naik daun.

Sebelum membuat konten video tersebut, pengguna sebaiknya melihat dulu jenis-jenis konten yang sedang naik kemudian sesuaikan dengan produk yang anda miliki.

Jika sudah selesai maka anda bisa membuat konten video tersebut sendiri atau mengajak rekan ekrja yang lain.

aplikasi unduh instagram reels

Aplikasi Unduh Instagram Reels

Berbagai konten instagram reels yang menarik tentunya membuat anda ingin melihatnya berkali-kali sehingga bisa menjadi sumber hiburan.

Sayangnya konten video di Instagram reels tidak bisa disimpan di bookmark sehingga akan hilang setelah anda memindah ke video yang lain.

Karenanya agar anda bisa melihat dan menyimpan konten Instagram reels secara berulang, berikut beberapa cara mudah mengunduh konten Instagram reels baik melalui aplikasi, atau website.

Repost for Instagram – Regrann

Saat menemukan video Instagram reels yang unik dan menarik tentunya anda ingin menyimpannya agar bisa ditonton berulang.

Salah satu cara menyimpannya adalah dengan menggunakan aplikasi yang bisa di download di Google Play store.

Anda bisa menggunakan aplikasi Regrann dimana pengguna bisa mengunduh video Instagram reels dan menghilangkan watermark akun yang ada sehingg tidak mengganggu pemandangan saat anda menontonnya.

Regrann sendiri juga memiliki berbagai keunggulan lainnya, yaitu video yang diunduh bisa langsung tersimpan otomatis sehingga pengguna tidka perlu menyimpannya kembali.

Tak hanya itu, pengguna juga bisa memilih nonaktifkan watermark atau menggunakan watermark akun Instagram tersebut sehingga anda bisa mengunjungi akun tersebut bila video unduhan anda hilang atau terhapus.

Penggunaan aplikasi Regrann untuk mengunduh video Instagram reels pun sangat mudah, berikut tutorial singkatnya:

  • Pertama, pengguna masuk ke akun Instagram kemudian pilih video Instagram reels yang akan diunduh kemudian klik ikon bergambar pesawat terbang kemudian pilih salin link
  • Kedua, salinan link tersebut masukkan ke dalam kolom unduhan
  • Ketiga, tunggu beberapa saat kemudian anda bisa klik tombol download. Anda bisa menunggah video tersebut dengan resolusi asli dan juga tanpa watermark

Video Downloader for Instagram Story Saver

Aplikasi kedua yang bisa digunakan untuk mengunduh video dari Instagram reels adalah Video Downloader for Instagram Story Saver.

Aplikasi yang bisa di dapatkan di Google Play Store ini memiliki berbagi fitur unik yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan di Instagram.

Beberapa kelebihannya adalah aplikasi ini tidak hanya bisa digunakan untuk mengunduh video Instagram reels namun juga berbagai video, story, Instagram TV, dan juga foto yang langsung mausk ke dalam galeri penyimpanan anda.

Penggunaan aplikasi ini pun sangat mudah dan cepat, pengguna tinggal menyalin link video yang diinginkan kemudian masukkan ke dalam kolom unduhan dan anda tinggal mengunduh berbagai konten uang diinginkan.

Selain digunakan untuk mengunduh berbagai konten, aplikasi ini juga memiliki berbagai fitur tambahan, diantaranya:

  • Pengguna bisa repost video yang telah diunggah ke berbagai platfrom yang diinginkan seperti Twitter, Facebook, dsb
  • Tersedia pemutar video bawaan aplikasi sehingga pengguna bisa melihat video yang telah diunduh di aplikasi tersebut
  • Bookmark pada account favorit sehingga pengguna bisa mengunjungi akun tersebut berulang kali

Quick Save for Instagram

Aplikasi ketiga yang bisa digunakan untun mengunduh video dari Instagram reels adalah Quick Save for Instagram.

Dengan menggunakan aplikasi ini pengguna dengan RAM handphone terbatas bisa mengunduh berbagai konten Instagram reels yang disukai dengan mudah karena aplikasi ini hanya memiliki ukuran berkisar 6.5 Mb.

Aplikasi ini pun cukup populer di Google Play Store dengan 10 juta unduhan sejak platform ini diluncurkan.

Keunggulan fitur ini adalah pengguna bisa mengunduh video yang diinginkan dalam waktu cepat sehingga tidka membutuhkan waktu lama untuk menikmati konten reels yang diinginkan.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga bisa digunakan di Iphone secara gratis sehingga pengguna Apple pun bisa menikmati berbagai konten Instgaram reels yang disukai.

Video Downloader – Inshot

Aplikasi keempat yang bisa anda gunakan untuk mengunduh video Instagram reels adalah Inshot, melalui platfrom ini, pengguna bisa mengunduh video, foto, dan juga repost konten Instagram.

Inshot dinilai mampu memuaskan penggunaanya karena bisa mengunduh dengan cepat meskipun hanya memiliki kapasitas ukuran sebesar 10 Mb.

Beberapa fitur unggulan yang dimiliki oleh Inshot adalah kemudahan dalam mengunduh postingan dan juga melakukan repost ke akun Instagram lain.

Tak hanya itu, video atau foto yang diunduh pun bisa tersimpan langsung ke galeri penyimpanan sehingga anda tidak perlu menyimpan ulang.

Pengguna juga bisa membagikan video atau foto yang telah diunggah ke pengguna lain sehingga bisa menjadi sumber hiburan bagi yang lainnya.

Inflat

Aplikasi unduh konten kelima ini memiliki keunggulan dibandingkan aplikasi lainnya karena pengguna bisa mengunduh berbagai postingan melalui ponsel, personal computer, atau bahkan laptop yang dimiliki.

Hal ini tentu saja menguntungkan bagi pengguna yang sering membuka aplikasi Instagram di dekstop atau laptop, contohnya adalah influencer atau content creator.

Tak hanya itu, platform ini juga memungkinkan anda untuk mengunduh konten video atau foto dari Twitter dan Facebook sehingga aplikasi ini bisa berguna untuk semua kebutuhan anda.

Perbedaan lainnya antara Inflat dengan aplikasi lainnya adalah tersedianya fitur yang membantu untuk mengembangkan bisnis anda dengan cara menemukan tagar dan strategi digital marketing yang tepat.

Sayangnya untuk menggunakan fasilitas tersebut pengguna harus berlangganan akun premium bulanan.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.