pilih key opinion leader atau influencer? pahami dulu perbedaanya dengan mudah

Pilih Key Opinion Leader atau Influencer? Pahami Perbedaannya dengan Mudah

Dalam memilih barang tertentu biasanya seorang konsumen memikirkan berbagai banyak pertimbangan, mulai dari harga, isi, dan juga manfaat dari barang yang akan dibeli.

Testimoni bisa menjadi pendukung kuat agar pembeli memilih produk tertentu dibandingkan merk lain. Salah satunya adalah pendapat dari Influencer atau Key Opinion Leader.

Berbeda dari seorang Influencer yang biasanya di endorse dan melakukan paid promote terhadap barang yang ditawarkan untuk mendapatkan penghasilan, seorang Key Opinion Leader biasanya selektif dalam melakukan endorsement suatu produk.

Hal ini dikarenakan seorang Key Opinion Leader memiliki pendapatnya sendiri yang tidak bisa diganggung gugat karena di dukung oleh data serta analisa yang tepat.

Tidak hanya itu, seornag Key Opinion Leader juga biasanya memiliki pendapat yang harus ditanggungjawabkan  pada setiap produk yang di promosikan.

Pendapat dari seorng Key Opinion Leader inilah yang biasanya menjadi pandangan bagi orang awam untuk memilih produk yang akan dibeli, khsusunya produk kesehatan dan makanan yang biasanya memiliki berbagai kandungan yang tidak diketahui banyak orang.

Tidak mengherankan apabila seorang Key Opinion Leader terkenal biasa diajak untuk menjadi Brand Ambassador suatu produk tentunya dengan berbagai pertimbangan.

Karenanya sebelum memilih Key Opinion Leader yang cocok dengam produk anda. Beberapa keuntungan dan cara memilihnya wajib anda simal.

perbedaan key opinion leader dan influencer

Perbedaan Key Opinion Leader dan Influencer

Disaat melihat televisi yang sedang membahas masalah tertentu biasanya penonton juga memerhatikan narasumber yang berkaitan dengan masalah tersebut. Biasanya pembicaranya pun dari pihak profesional seperi Profesor atau ahli di suatu bidang.

Hadirnya narasumber yang biasanya diundang di acara diskusi televisi atau berbagai media lain biasanya disebut dengan Key Opinion Leader. Gunanya adalah memberikan pandangan dari sudut pandang keilmuan yang telah digeluti bertahun-tahun.

Key Opinion Leader juga berguna untuk meluruskan berbagai pendapat salah yang biasanya tersebar karena adanya berita-berita palsu.

Karenanya seorang Key Opinion Leader biasanya dianggap berwibawa oleh penonton bahkan pembawa acara sendiri.

Kehadiran Key Opinion Leader tidak hanya sebagai pemberi pandangan mengenai suatu kasus melainkan juga bisa membantu menaikkan nilai brand sehingga lebih populer.

Hal ini karena Key Opinion Leader memiliki ilmu dan juga pengalaman selama bertahun-tahun di bidang yang sesuai dengan bisnis yang digeluti.

Bisa dibilang Key Opinion Leader memiliki kredibilitas yang sama dengan Influencer yang biasanya berkarya di social media hanya saja para tokoh ini lebih bergerak di bidang media tradisional seperti jurnal, karya ilmiah, atau artikel di media elektrik atau tradisional.

Pembuktian melalui media tradisional ini dilakukan karena seorang Key Opinion Leader haruslah menerbitkan hasil dari penelitiaan dan ilmunya melalui media tulisan yang disertai dengan data serta studi kasus yang diteliti.

Selain itu seorang Key Opinion Leader juga biasanya sudah memiliki jabatan yang tinggi seperti pimpinan di sebuah lembaga besar sehingga tidak memiliki waktu untuk bermain social media dan berfokus pada pengembangan organisasinya.

Selain itu, seorang Key Opinion Leader juga jarang untuk muncul di social media karena keterbatasan waktu dalam menggunakan berbagai platform yang ada dan menghabiskan waktunya untuk membaca dan juga mengerjakan penelitiannya.

Akan tetapi, mulai banyak juga Key Opinion Leader yang naik daun menjadi influencer karena seringnya diundang ke berbagai media elektik seperti televisi atau mengisi acara radio.

Berbagai undangan ini pada akhirnya akan membuat nama dari Key Opinion Leader lebih terkenal dibandingkan yang hanya berfokus pada bidang tulis menulis.

Seorang Key Opinion Leader yang juga memilik potensi sebagai influencer, biasanya terjadi karena keaktifannya di social media seperti Instagram, Facebook, atau Twitter. Sehingga dapat menarik banyak orang untuk mengikuti akun yang dimilikinya untuk mendapatkan pandangan dari sebuah masalah.

Hal ini biasanya dilakukan oleh politikus atau pejabat yang membutuhkan tempat untuk berinteraski dengan masyarakatnya sehingga berbagai aspirasi dan keluhan bisa ditampung dan ditanggapi lebih cepat.

Tidak jarang ditemukan banyak Key Opinion Leader yang aktif di berbagai social media seperti Facebook, Instagram, dan juga Twitter yang menyajikan banyak konten. Biasanya berupa konten edukasi mengenai kebijakan publik atau kegiatan yang berkaitan dengan masyarakat.

Seorang Key Opinion Leader yang telah naik level menjadi influencer juga memiliki tingkatannya sendiri, yang paling rendah adalah nano influencer yang hanya memiliki 1.000-10.000 pengikut.

Sedangkan tingkatan paling tinggi dengan titel Mega Influencer dengan lebih dari 1.000.000 pengikut. Seorang Key Opinion Leader yang biasanya memegang titel tersebut biasanya seorang kepala daerah atau seorang ahli yang aktif mengabarkan karya-karya nya.

Tidak hanya seorang Key Opinion Leader yang bisa memberikan pengaruh terhadap banyak orang namun juga seorang Influencer yang memiliki banyak pengikut di social media karena karyanya yang diminati oleh pengguna internet.

Bedanya seorang Key Leader Opinion dan seorang Influencer adalah keaktifannya di social media. Seorang Influencer biasanya aktif membuat berbagai karya yaang disiarkan melalui platform social media yang dimiliki sehingga lebih mudah tersebar.

Sedangkan seorang Key Leader Opinion lebih suka mempublikasikan karyanya di berbagai media tradiosional seperti jurnal atau artikel di koran, sehingga biasanya hasil dari seorang Key Opinion Leader hanya diketahui oleh orang-orang atau kelompok yang bergerak di bidang yang sama.

Sehingga potensi seorang Key Opinion Leader memperoleh ketenaran lebih rendah dibandingkan seorang Influencer. Namun, keduanya masih tetap memberikan dampak bagi lingkungan di sekitarnya.

Meskipun ada banyak perbedaan antara Influencers dan Key Opinion Leader, namun seeroang Influencer bisa disebut sebagai opinion leader karena kemampuannya dalam menyebarkan berbagai info yang dimiliki serta mempengaruhi pengikutnya.

Selain itu, biasanya Influencer yang bergerak di bidang tertentu seperti otomotif atau kecantikan juga memiliki pengetahuan terhadap konten yang disiarkan sehingga pendapatnya biasanya digunakan sebagai pandangan bagi orang awam.

Seorang Influencer juga mungkin saja menjadi seorang Key Opinion Leader yang profesional apabila idbantu dengan adanya perusahaan yang menjadikan mereka sebagai brand ambassador dan di dukung juga campaign yang membantu untuk melancarkan usaha mereka.

Meskipun sama-sama memiliki pengaruh dalam menyebarkan opini yang dimiliki namun seroang Influencer dan juga Key Opinion Leader memiliki sebuah perbedaan mendasar yakni cara komunikasu yang berbeda.

Seorang Influencer yang biasa memegang social media untuk berinteraksi dengan pengikutnya biasanya lebih interaktif karena sudah terbiasa menjawab berbagai pertanyaan.

Influencer juga dibiasakan untuk bersikap ramah agar banyak pengikutnya yang tertarik dan merasa semakin dengan berbagai konten yang dibuat.

Sementara bagi Key Opinion Leader yang lebih sering berkutat dengan banyak data dan juga analisa biasanya menjawab berbagai masalah secara langsung dan tidak terlalu berpikiran pada pendapat orang lain karena lebih percaya pada hasil analisanya.

Meskipun begitu, seorang Key Opinion Leader memiliki peran yang penting untuk menaikkan nama produk yang masih memiliki korelasi dengan bidang yang digarapnya. Hal ini yang menjadikan banyak brand mengajak Key Opinion Leader untuk menjadi bagian dari campaign produk mereka.

mengapa pendapat key opinion leader dibutuhkan

Mengapa Pendapat Key Opinion Leader Dibutuhkan

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, seorang Key Opinion Leader yang memiliki lebih banyak ilmu dan pengalaman di bidangnya biasanya dipandang lebih berwibawa di mata orang lain.

Karenanya pendapat seorng Key Opinion Leader dibutuhkan untuk membuat orang percaya pada kandungan yang ada pada produk tersebut.

Perusahaan pun bisa membuat berbagai macam konten yang mendukung kelancaran seorang Key Opinion Leader untuk menjadi brand ambassador seperti membuat konten talkshow atau siaran langsung yang  disiarkan di berbagai social media yang dimiliki oleh perusahaan.

Seorang Key Leader Opinion juga bisa terlibat dalam iklan yang dipromosikan sehingga produk yang dipasarkan pun lebih terkenal.

Berikut beberapa alasan lainnya mengapa Key Opinion Leader memilliki peran penting bagi sebuah brand.

Sebuah Pendapat Key Opinion Leader Mampu Memperkuat Bisnis

Sebelum memilih barang yang berkaitan dengan kesehatan atau makanan biasanya seseorang akan  melihat terlebih dahulu testtimoni mengenai rasa dan juga manfaat dari produk tersebut. Apabila pendapat berasal dari seseorang yang terkenal maka banyak orang akan lebih tertarik.

Terlebih lagi saat memilih produk kesehatan dimana banyak orang tidak mengetahui mengenai kandungan yang dimiliki sehingga pendapat dari seorang Key Opinion Leader tentang khasiat yang dimiliki tentunya akan mendukung penjualan produk.

Karenanya, pastikan memilih Key Opinion Leader yang terkenal dan sering muncul di social media sehingga akan lebih banyak orang mengenalnya dan menjadikan penjualan meningkat.

Pendapat dari Key Opinion Terkenal Biasanya Lebih di Dengarkan

Tingginya ilmu dan juga lamanya pengalaman yang dimiliki oleh seorang Key Opinion Leader biasanya membuat lebih banyak orang setuju karena pendapatny disertai berbagai bukti yang sesuai.

Ditambah lagi apabila seorang Key Opinion Leader aktif di social media dan juga sering muncul di televisi maka setiap opininya mengenai bidang yang berkaitan lebih di dengarkan.

Hal ini juga berlaku saat seorang Key Opinion Leader mempromosikan sebuah produk dan brand dari bidang yang mereka geluti maka khasiat dan kandungan yang dibicarkan oleh Key Opinion Leader akan lebih di dengarkan dibandingkan penjelasan dari sales produk tersebut.

Key Opnion Leader Memiliki Banyak Pengikut

Karena kepintaran dan juga pengalaman yang dimiliki menjadikannya memiliki banyak pengikut. Sehingga hal ini akan menguntungkan penjual apabila pengikutnya tersebut ikut membeli produk yang di promosikannya serta memasarkan ke teman atau saudara.

Hal ini secara tidak langsung menjadikan promosi tidak langsung yang menguntungkan, apalagi jika konsumen melakukan repeat order yang membuat keuntungan menjadi meningkat.

manfaat key opinion leader untuk bisnis

Manfaat Key Opinion Leader Untuk Bisnis

Besarnya pengaruh seorang Key Opinion Leader menjadikan opininya terhadap sebuah brand atau produk yang dipormosikan bisa menjadi lebih laris.

Hal ini tentu saja bisa dimanfaatkan dengan baik oleh perusahaan untuk meningkatkan brand perusahaan yang dimiliki sehingga hasilnya pun akan berpengaruh pada keuntungan yang meningkat.

Selain itu, menjadikan Key Opinion Leader sebagai brand ambassador juga membrikan banyak keuntungan lainnya :

Membangun Branding

Membangun sebuah branding yang baik dan menaikkan nama perusahaan tentu saja dibutuhkan sebuah strategi yang tepat, salah satunya adalah dengan menjadikan seorang Key Opinion Leader sebagai seorang Brand Ambassador.

Tugas Key Leader Opinion untuk mengangkat nama brand yang diusung adalah mengenalkan produk yang relevan dengan bidang yang dipelajarinya. Hal ini biasanya dilakukan oleh seorang dokter terkenal di bidang tertentu yang mengenalkan produknya.

Biasanya dengan mengenalkan manfaat dari produk tersebut, pengikut dan juga orang biasa yang mengenal Brand Ambassadornya akan lebih tertarik dan percaya pada hasil yang disampaikan sehingga akan berbondong-bondong untuk membeli produk tersebut.

Selain itu, penggunaan Key Opinion Leader juga akan meningkatkan brand awareness seorang konsumen terhadap produk tertentu sehingga nama dari produk tersebut akan dipandang baik dan bahkan dipromosikan kepada orang lain.

Meningkatkan Kepercayaan Pembeli

Seorang Key Opinion Leader yang memiliki banyak pengikut di social media tentunya akan berdampak besar pada produk yang dipromsikan.

Hal ini karena ilmu dan pengalaman yang dimiliki oleh Key Opinion Leader membuat seornag konsumen lebih pecaya pada pendapatnya apalagi jika ditambah berbagai bukti ilmiah yang mendukung kelebihan produk tersebut.

Berbeda dengan Influencer yang mengandalkan ketenaran di social media, seorang Key Opinion Leader pastinya memiliki reputasi dan juga gelar dari bidang keilmuan yang harus dijaga. Apabila terjadi kesalahan sedikit pun maka segala opininya pun akan menajdi bumerang ke depannya.

Hal ini membuat pendapat dari key leader lebih dipercaya oleh masyarakat awam sebagai konsumen. Keuntungan inilah yang akan membuat nama brand dan juga produk yang dipasarkan oleh seorang Key Opinion Leader menjadi meningkat pesat.

Menarik Lebih Banyak Konsumen

Sebuah perusahaan yang baru saja berdiri atau produk baru yang akan diluncurkan biasanya belum memiliki konsumen baru. Karenanya dibutuhkan seseorang untuk mempromosikan produk yang dimiliki.

Salah satu strategi makrting yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan Key Opinion Leader untuk memasarkan nama produk tersebut sehingga branding yang dimiliki pun lebih kuat dan juga nama perusahaan bisa naik lebih cepat.

Penggunaan Key Opinion Leader juga akan membuat konsumen baru datang dan mencoba untuk membeli.

Karenanya sebelum mengangkat seorang Key Opinion Leader menjadi Brand Ambassador pastikan dulu bahwa orang tersebut memiliki keahlian di bidang yang relevan dengan produk yang dipasarkan sehingga konsumen akan lebih percaya pada opininya.

Pastikan pula Key Opinion Leader tersebut memiliki pengikut yang banyak di social media dan diirngi juga berbagai jurnal dan karya ilmiah yang telah dipublikasikan sehingga pendapatnya tersebut bisa lebih valid.

Meningkatkan Penghasilan

Dengan meningkatnya jumlah konsumen serta banyaknya produk yang laris di pasaran tentu saja akan meningkatkan penghasilan bagi perusahaan tersebut.

Selain itu, perusahaan juga harus merancang strategi marketing yang cocok agar seorang Key Opinion Leader yang dimiliki lebih sering muncul di media untuk mempromosikan produk.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah membuat konten talkshow yang ditayangkan di Youtube perusahaan atau mengadakan siaran langsung yang disiarkan di berbagai social media yang dimiliki.

Dengan memberikan Key Opinion Leader kebebasan untuk mengemukakan pendapatnya mengenai produk yang dipasarkan maka akan membuat konsumen baru tertarik untuk membeli barang yang dipromosikan.

Menghasilkan ROI Lebih Tinggi

Dalam mengembangkan sebuah produk tentunya sebuah perusahaan menginginkan hasil dari marketing yang digunakan. Seorang Key Opinion Leader pun diharapkan dapat membantu menaikkan return of investment perusahaan sehingga hasilnya sesuai bahkan melebihi ekspektasi yang diberikan.

Pastikan juga mengetahui tujuan pemasaran dalam menggunakan Key Opinion Leader dalam marketing, apakah untuk meningkatkan penjualan atau sebagai branding perusahaan. Hal ini akan menentukan konten yang cocok dengan brand ambassador tersebut.

Selalu melakukan briefing terhadap konten yang diberikan kepada Key Opinion Leader juga menjadi kunci agar hasil yang diberikan pun bisa sesuai dengan target.

cara pilih key opinion leader yang tepat

Cara Pilih Key Opinion yang Tepat

Penggunaan Key Opinion Leader yang dapat membantu untuk meningkatkan brand awareness membuat sebuah perusahaan harus memilih orang yang tepat agar produk dan nama perusahaan pun meningkat.

Banyaknya konsumen yang menggunakan social media sebagai penghubung komunikasi juga membuat perusahaan sebaiknya memilih Key Opinion Leader yang memiliki engagment tinggi sehingga bisa lebih dikenal oleh konsumen luar.

Tidak semua tokoh yang memiliki banyak pengikut bsia dijadikan Key Opinion Leader, pastikan juga untuk mengetahui bidang yang digeluti serta relevansinya pada produk yang akan dipasarkan sehingga konsumen bisa lebih percaya pada pendapatnya.

Berikut beberapa langkah yang harus diperhatikan sebelum memilih Key Opinion Leader yang tepat bagi usaha anda.

Tentukan Key Opinion Leader yang Disukai Konsumen

Banyaknya Key Opinion Leader di bidang yang sama terkadang membuat perusahaan bingung untuk memilih tokoh yang tepat untuk mempromosikan produknya.

Akan tetapi, perusahaan tidak perlu khawatir karena hal ini bisa diatasi dengan mengetahui Key Opinion Leader yang disukai oleh konsumen. Untuk mengetahuinya, perusahaan bisa bertanya ke konsumen melalui social media untuk mengetahui Key Opinion Leader yang tepat.

Perusahaan juga bisa melakukan survei mandiri untuk mengetahui Key Opinion Leader mana yang berpotensi apabila diangkat menjadi Brand Ambassador perusahaan.

Karenanya, pemilihan ini pastinya membutuhkan diskusi yang panjang agar bisa memilih Key Opinion Leader yang tepat yang bisa membantu meningkatkan branding dan keuntungan perusahaan.

Pilih yang Relevan dengan Bisnis dan Brand

Hal pertama yang harus dipastikan sebelum memilih Key Opinion Leader yang tepat adalah mengetahuii keterkaitan bidang yang digeluti dengan produk yang dipasarkan. Jangan sampai memilih tokoh yang tidak sesuai dengan branding yang dtawarkan.

Perusahaaan bisa melakukan tracking identitas Key Opinion Leader tersebut dengan melihat profilnya di berbagai jurnal yang diterbitkan atau melihat reputasinya di akun Linkedin yang dimiliki.

Pastikan juga Key Opinion Leader yang dipilih sering melakukan publikasi terhadap karyanya di social media sehingga kredibilitsnya pun bisa dipertanggungjawabkan.

Analisa Keaktifan di Social Media

Pemilihan Key Opinion Leader tentunya dilakukan untuk mengangkat nama perusahaan di mata masyakarat khususnya social media. Karenanya pastikan untuk memilih influencer yang aktif di social media dan memiliki pengikut yang banyak.

Perusahaan pun juga dapat memilih Key Opinion Leader dengan tingkatan nano influencer atau mega influencer. Keaktifannya ini pun juga dapat diukur dengan engagement rate akun Key Opinion Leader yang bisa dianalisa secara mudah di berbagai website tracking social media.

Analisa Engagement Rate

Setelah memilih Key Opinion Leader yang tepat dan sesuai dengan branding yang akan dicipatakan maka langkah selanjutnya adalah melakukan analisa engagement rate social media yang dimiliki.

Perusahaan bisa melihat berapa banyak like dan komen pada setiap postingan di social media. Selain itu perhatikan juga, banyaknya engagement di akun tersebut. Memiliki pengikut yang banyak tentu menjadikan nilai plus bagi Key Opinion Leader tersebut.

Pastikan juga Key Opinion Leader tersebut memiliki berbagai social media yang aktif dan tidak hanya berfokus di satu platfrom,  hal ini dilakukan agar konsumen yang dituju pun semakin luas sehingga jangkauannya pun akan semakin besar.

Tidak hanya itu, perusahaan juga bisa melakukan tracking terhadap reputasi Key Opinion Leader secara online dan offline.

Hal Ini dilakukan untuk menghindari berbagai kasus yang mungkin saja muncul di saat mengontrak Key Opinion Leader sehingga perusahaan bisa terhindar dari adanya kerugian akibat munculnya kasus yang tiba-tiba.

Lakukan Diskusi Terlebih Dahulu

Apabila engagemnet yang diinginkan sudah cocok dengan keinginan perusahaan dan disertai dengan reputasi yang baik maka perusahaan bisa melakukan penawaran dan juga melakukan diskusi dengan Key Opinion Leader tersebut.

Hal ini dilakukan untuk menyatukan pendapat serta mengetahui konten apa saja yang dibutuhkan untuk mengembangkan branding dari Key Opinion Leader sehingga marketing yang dijalankan bisa lebih sukses.

Perusahaan juga sebaiknya mengenalkan produk yang ditawarkan disertai juga dengan kandungan serta khasiatnya sehingga Key Opinion Leader lebih percaya dan bersedia menjadi bagian dari Brand Ambassador perusahaan.

Karena Key Opinion Leader bisa memiliki banyak kesibukan maka pastikan jadwal untuk promosi dan juga pekerjaannya tidak bertabrakan.  Hal ini juga akan membuat Key Opinion Leader nyaman dan fokus pada pekerjaannya.

Jadi mau pilih Key Opinion Leader atau Influencer untuk usaha anda?

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.