pexels george milton 6954162 2

Cara Gunakan Podcast Sebagai Media Promosi & Konten Edukasi

Konten podcast kini menjadi trending di kalangan pengguna internet, ketahui cara maksimalkannya dengan memberikan konten edukasi dalam bentuk podcast.

Saat berkendara menuju tempat kerja atau mencari teman di kala sendirian, mendengarkan podcast bisa menjadi solusi terbaik.

Hanya dengan handphone di tangan, anda bisa mendengarkan berbagai konten edukasi atau obrolan ringan dari berbagai saluran yang mudah diakses.

Kemudahan dalam mengakses podcast serta banyaknya penggemar yang dimiliki menjadikan podcast bisa menjadi alternatif konten edukasi yang menarik perhatian konsumen.

Hal ini juga telah dilakukan oleh brand konsultasi dan edukasi keungan yakni Finansialku yang membuat podcast khusus di layanan Spotify yang berisi berbagai macam materi dan bisa dinikmati secara mudah dan gratis.

Apabila anda ingin memulai membuat saluran podcast sebagai media edukasi dan promosi, maka cara-cara berikut bisa anda lakukan.

podcast

Keuntungan menggunakan Konten Podcast

Dengan popularitas podcast yang kian meningkat, menjadikan podcast tidak hanya sebagai sarana untuk ekspresi diri atau diskusi, namun juga bisa digunakan sebagai media promosi yang efektif.

Tidak hanya itu, podcast juga memberikan beberapa keuntungan lebih bagi pengembangan usaha dengan cara yang baru.

Membangun Brand Awareness

Saat mendengarkan sebuah podcast, secara tidak langsung anda akan terpengaruh dengan percakapan yang dilontarkan oleh pembicara, apalagi jika konten yang dibahas relevan dengan masalah anda, serta diiringi dengan fakta dari sumber yang terpercaya.

Sehingga apabila anda menggunakan podcast sebagai media edukasi sekaligus promosi maka akan membantu untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk atau layanan anda secara tidak langsung.

Selain itu, kehadiran podcast juga membantu interaksi anda dengan konsumen menjadi lebih akrab, berkat berbagai cerita yang didengarkan setiap hari.

Menaikkan Kunjungan Website

Di sela-sela obrolan, biasanya seorang host akan secara tersirat mempromosikan halaman website atau blog yang dimiliki.

Hal ini dilakukan agar pendengar dapat mengecek isi materi yang dibicarakan atau fitur yang dijelaskan pada konten podcast tersebut.

Sehingga apabila anda menggunakan podcast sebagai media promosi dan edukasi, maka akan membantu dalam menaikkan kunjungan website secara siginifikan, apalagi jika ranking podcast anda sedang viral di kalangan pendengar.

Sayangnya beberapa layanan podcast tidak memiliki kolom link di bagian deskripsi, sehingga akan lebih baik apabila anda mengulang-ngulang nama website atau blog anda agar mudah diingat oleh pendengar.

Konten Podcast Mudah Dibuat

Tidak seperti konten lainnya yang membutuhkan usaha untuk membuat tampilan visual yang menarik perhatian, hal ini tidak terlalu dibutuhkan apabila anda membuat konten podcast.

Sebagai seorang host, anda hanya memerlukan skrip yang berisi materi yang akan anda sampaikan ke pendengar serta sebuah mic yang berfungsi untuk merekam suara.

Meskipun begitu, anda juga membutuhkan gadget yang dapat membantu dalam proses pengeditan suara agar menghasilkan podcast yang diinginkan.

Namun, jika anda ingin membuat konten podcast yang akan diunggah ke platform Youtube, maka anda memerlukan beberapa peralatan tambahan seperti lighting yang mumpuni, serta dekorasi ruangan yang menarik agar memanjakan mata pendengar yang juga melihat podcast anda.

Z3QUukTHem1KODMinjvQ

Jenis-jenis Podcast

Bagi pendengar setia podcast, tentunya tidak asing dengan berbagai jenis podcast yang diisi oleh 1-2 host dengan berbagai topik yang berbeda.

Penggunaan variasi host dan konten yang berbeda juga bisa digunakan hingga akhirnya menemukan format acara yang sesuai dan membantu menaikkan jumlah pendengar.

Sehingga dalam memilih jenis podcast yang sesuai, anda juga perlu mempertimbangkan beberapa faktor, diantaranya adalah :

  • Target pendengar podcast.
  • Pesan yang ingin disampaikan ke pendengar.
  • Persona yang akan ditampilkan. 
  • Faktor pendukung yang dapat memikat pendengar.

Karenanya, anda bisa mencoba berbagai tipe-tipe podcast berikut yang bisa dipilih sesuai dengan pesan yang ingin diberikan ke pendangan :

Solo atau Monolog

Pada jenis podcast ini, seorang host biasanya akan menceritakan pengalaman pribadinya atau berita terbaru dari topik yang biasa mereka bawakan.

Solo podcast sendiri bergantung pada cara host menyampaikan cerita dengan tambahan suara yang memberikan kesan menyenangkan sehingga menghindari rasa kebosanan pendengar.

Dalam menyiapkan solo podcast, anda bisa memulai dengan membangun persona agar nyaman tampil di depan pendengar meskipun hanya lewat suara.

Multi-host

Memandu acara podcast sendirian mungkin terasa menjemukan, sehingga anda perlu menambahkan seorang host lagi untuk menghidupkan acara agar semakin menyenangkan.

Agar acara podcast anda semakin seru, maka menambahkan multi-host dapat membantu agar anda bisa saling mengobrol satu sama lain membahas sebuah topik tertentu.

Namun, dalam memilih sebuah co-host, pastikan anda menemukan seseorang yang memiliki gaya bicara dan humor yang sama, sehingga percakapan akan mengalir begitu saja dan membuat pendengar terhibur.

Pastikan juga untuk tidak saling mendominasi satu sama lain, sehingga semua host memiliki kesempatan yang sama untuk berbicara.

Interview

Jenis konten podcast kedua yang biasanya mudah ditemui oleh banyak pendengar adalah Multi Host.

Pada podcast satu ini, seorang host akan mengundang seorang narasumber yang sedang naik daun atau memiliki keterkaitan mengenai topik tertentu untuk saling bertukar pikiran atau menceritakan masalah yang sedang dialami.

Semakin menarik topik yang dibawakan serta materi yang disampaikan ke pendengar, maka peluang siniar anda di dengar oleh banyak orang akan terbuka lebar, sehingga membuat konten anda semakin terkenal.

Melalui tipe siniar ini maka pendengar seakan diajak ke percakapan atau debat, sehingga penting bagi anda untuk memerhatikan interaksi dengan pendengar dengan mengatur alur pembicaraan, sehingga pendengar tidak bosan serta merasa jadi pihak ketiga yang dihiraukan.

Di sisi lain, apabila anda ingin menggunakan siniar multi host sebagai media promosi dan edukasi, maka mengundang key opinion leader yang memiliki pengaruh di bidangnya serta memiliki keilmuan tertentu dapat menjadi nilai tambah yang menarik minat pendengar.

Theater

Kata siapa siniar hanya berisi obrolan dua arah? melalui podcast, anda bisa menemukan variasi konten suara yang menarik, salah satunya pementasan teater melalui podcast.

Pada penampilan tersebut, semua pemain akan bergantian untuk membacakan dialog sesuai dengan karakternya sehingga memunculkan harmoni yang indah.

Cara ini cocok bagi anda yang ingin mendekatkan diri dengan konsumen yang memiliki minat pada bidang seni dan budaya melalui teater suara.

Storytelling

Pernahkah anda mendengar podcast yang berisi cerita kejadian di masa lampau yang unik dan menarik? Jika iya, maka anda termasuk pendengar setia siniar storytelling.

Tipe siniar storytelling sendiri banyak ditemukan di saluran media sosial, mulai dari Youtube hingga Spotify dengan pembawaan cerita yang berbeda-beda membuat pendengar bersemangat mendengarkannya.

Topik yang dibawakan siniar storytelling pun berbeda-beda, mulai dari horor, kriminal, hingga kejadian viral yang memerlukan penjelasan lebih lengkap.

Podcast Edukasi 

Jenis konten satu ini, tentunya cocok bagi anda yang ingin mempromosikan brand melalui konten edukais yang bermanfaat.

Hal ini dikarenakan host dapat membagikan konten yang informatif berupa tutorial yang berkaitan dengan produk anda, tips, serta detail khusus yang tidak anda sampaikan ke saluran pemasaran lainnya.

Salah satu contohnya adalah apabila anda memiliki brand dan produk perawatan wajah, maka anda bisa menjelaskan salah satu kandungan utama yang dimiliki sehingga menarik minat pendengar untuk mengetahuinya lebih dalam.

Cara ini juga cocok untuk mempromosikan produk yang baru saja dirilis di pasaran, sehingga meningkatkan kepercayaan yang lebih tinggi.

Konten Hiburan

Bingung dengan isi konten podcast yang terlalu berat dan hanya mendiskusikan topik berat yang sedang naik daun? maka anda bisa mencari celah dengan menyampaikan topik siniar berisi konten hiburan.

Pada topik satu ini, anda bisa menceritakan band yang sering anda dengar atau kisah sukses seorang pemenang kompetisi tertentu yang mendapatkan perhatian banyak orang.

Dengan mengembangkan konten siniar hiburan yang berkolaborasi dengan selebriti tertentu, akan membantu menaikkan eksistensi podcast anda sehingga dapat menjangkau pendengar yang lebih banyak.

Tutorial Memulai Podcast

Konten podcast yang sedang naik daun akhir-akhir ini tentunya bisa dimanfaatkan sebagai media pendekatan ke konsumen dengan berbagai topik yang menarik.

Namun, untuk membuat konten siniar, maka ketahui dulu tutorial memulai podcast dengan mudah dan efektif.

Memahami Cara Kerja Podcast

Langkah pertama yang perlu disiapkan untuk memulai konten siniar adalah memahami cara kerja podcast.

Hal ini dilakukan agar kreator memahami nilai yang akan disampaikan ke pendengar, serta cara memikat konsumen yang mendengarkan siaran tersebut.

Dengan membuat konten siniar, maka anda memiliki peluang menjangkau target pasar yang baru, yakni seseorang yang lebih suka mendengarkan siaran tertentu, dibandingkan membaca konten yang panjang.

Anda juga sebaiknya memahami platform yang akan digunakan untuk menyiarkan konten podcast anda, karena berbeda media maka akan memberikan perbedaan kebiasaan.

Salah satunya jika anda menyiarkan konten siniar melalui youtube, maka anda memiliki kesempatan untuk menambahkan elemen visual berupa grafik yang menarik perhatian konsumen.

Hal ini tentunya akan membuat pendengar memberikan perhatian lebih untuk melihat grafik yang diperlihatkan, sehingga sulit didengarkan apabila pendengar merupakan tipe orang yang suka memutar siniar saat perjalanan kerja.

Di sisi lain, apabila anda memasarkan siniar melalui platform noice atau spotify, maka sasaran anda adalah anak muda atau pengguna di usia 20-30 tahun yang aktif mengakses kedua layanan tersebut.

Pemutaran siniar melalui noice atau spotify juga dinilai lebih menguntungkan, karena kreator hanya perlu menampilkan suara tanpa perlu memusingkan efek visual.

Pilih Jenis Podcast yang Sesuai

Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan setelah menentukan saluran pemasaran adalah menentukan jenis podcast dan tema yang sesuai.

Hal ini dilakukan agar pendengar bisa memilih tema yang sesuai dengan kebutuhan atau topik yang ingin didengarkan hari ini.

Pemilhan tema yang sesuai dengan kepribadian, juga akan membantu dalam menonjolkan ciri khas anda, sehingga mampu bersaing dengan topik lainnya.

Anda juga bisa memasukkan topik yang akan di diskusikan serta narasumber yang ingin anda undang apabila anda ingin memasukkannya.

Pada pemilihan ini, anda mungkin akan melakukan uji coba berkali-kali untuk menentukan jenis podcast yang cocok dan disukai oleh pendengar anda, sehingga episode siniar bisa berlangsung dalam jangka waktu yang lama.

Namun, dalam memilih tema siniar, maka anda harus memastikan bahwa topik yang anda bawakan tidak hanya menarik bagi pendengar, namun menyenangkan untuk anda bawakan ke hadapan pendengar.

Hal ini dikarenakan apabila anda menyajikan konten yang tidak sesuai minat, maka bisa saja motivasi yang dimiliki dalam membangung siniar berkurang, sehingga bisa membuat siaran anda berhenti di tengah jalan.

Tidak hanya itu, pastikan juga anda menentukan tujuan dari siniar, alasan memberikan siaran tersebut, serta target konsumen yang ingin anda tuju, serta ciri khas yang ingin anda tunjukkan ke calon pendengar.

Pilih Format yang Sesuai

Jika penentuan tema sudah selesai dilakukan maka tahap selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah memilih format siniar yang dapat membantu menyajikan konten anda dengan baik.

Seperti yang telah di bahas sebelumnya, siniar sendiri memiliki beberapa jenis format yang bisa anda pilih sesuai dengan keinginan, seperti interview, story telling, berita, edukasi, serta hiburan.

Setelah anda memilih format yang sesuai, maka anda perlu menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan tipe tersebut, diantaranya :

  • Apakah anda ingin melakukan wawancara?
  • Siapa yang akan menjadi co-host?
  • Apakah anda ingin melakukan podcast sendirian?

Berbagai format tersebut akan menyajikan jenis siniar yang sesuai keinginan serta membantu dalam memilih properti yang dapat menunjang jalannya siaran dengan baik.

Pastikan juga anda mengetahui jumlah episode awal yang akan ditayangkan serta waktu penayangannya, agar anda bisa menyediakan waktu untuk membuat konten serta merekam suara.

Membuat Branding Podcast

Apabila anda mengakses aplikasi siniar, maka anda menemukan berbagai brand siniar yang selaras dengan topik yang disediakan.

Pemilihan nama brand yang mudah diingat dan relevan dengan topik, akan membantu menjadi daya tarik bagi konsumen yang baru menemukan siniar anda, meskipun mereka tidak mengetahui topik yang akan anda sampaikan.

Namun, sebelum membuat branding podcast, berikut beberapa tutorial yang bisa anda lakukan :

  • Nama terdiri dari 4 suku kata.
  • Buat secara ringkat namun memancing rasa penasaran.
  • Nama mudah dibaca.
  • Gunakan nama yang mudah diingat.
  • Pastikan anda tidak menggunakan nama brand lain.

Platform podcast biasanya menyertakan dengan kolom deskripsi yang bisa anda isi mengenai topik yang anda bahas atau nama host tersebut, sehingga memudahkan pendengar dalam mengetahui isi konten yang akan mereka dengarkan.

Pilih Kategori yang Sesuai

Salah satu kemudahan dalam mengakses platform siniar adalah kemudahan memilih kategori sesuai dengan keinginan dan kebutuhan, seperti berita, seni, budaya, dan lain sebagainya.

Pemilihan kategori ini juga akan membantu kreator dalam memasukkan siniar anda ke kategori yang sesuai.

Selain itu, pendengar siniar juga biasanya memilih kategori untuk memilih siaran baru yang sesuai dengan keinginan, sehingga penting bagi kreator memilih kategori yang merepresentasikan siniar yang anda miliki.

Di sisi lain,apabila anda memasukkan siniar anda ke kategori yang tidak relevan, maka kesempatan saluran anda untuk naik dan mendapatkan perhatian lebih akan berkurang.

Deskripsi Podcast 

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, rata-rata platform siniar memiliki kolom kategori di setiap konten atau akun siniar yang anda miliki.

Hal ini dilakukan agar siaran anda mudah dikenali dan ditemukan oleh pendengar yang memiliki minat yang sama.

Sehingga anda perlu memberikan keseriusan dalam membuat deskripsi siniar untuk memudahkan pendengar memilih siaran yang sesuai dengan keinginan.

Di sisi lain, setiap siniar juga memiliki jumlah karakter yang berbeda yang bisa anda manfaatkan untuk membuat deskripsi yang singkat namun padat.

Anda juga sebaiknya menuliskan dekripsi yang menarik,mengandung pertanyaan, serta menjelaskan konten yang akan anda sampaikan, termasuk nilai yang anda berikan di konten siniar.

Pastikan juga anda memasukkan kata kunci agar mudah dicari oleh calon pendengar anda, serta siniar anda bisa masuk ke halaman pencarian teratas.

Cover Art

Tidak hanya kolom deskripsi yang dapat membantu menarik minat pendengar, namun pemberian cover art di siniar juga menjadi daya tarik tersendiri.

Namun, dalam membuat cover art, anda juga perlu memastikan untuk membuat tampilan yang menarik serta menjelaskan isi siniar anda dengan baik.

Dalam membuat tampilan cover art, berikut beberapa tips yang perlu anda lakukan :

  • Cover art menggunakan ukuran 3.000-4.000 pixels.
  • Pastikan ukuran cover art sesuai dengan ukuran handphone.
  • Gunakan sedikit kalimat di cover art.

Dalam pembuatan cover art, anda juga bisa menggunakan aplikasi edit foto Canva yang menyajikan banyak fitur untuk mengedit foto dengan mudah.

Anda juga menggunakan website gambar dan foto gratis sebagai tambahan grafis sehingga cover art anda lebih menarik dipandang.

Penambahan logo brand juga bisa menjadi daya tarik tersendiri, sehingga konsumen yang telah mengenal brand anda akan mudah menemukan konten siniar yang telah anda promosikan.

Pilih Peralatan Tambahan 

Dalam merekam suara atau video untuk siaran, tentunya anda memerlukan peralatan tambahan yang dapat menghasilkan konten yang lebih baik.

Di sisi lain, apabila anda menggunakan tampilan visual yang baik saat mengunggah siniar di Youtube, maka akan memikat konsumen yang mencari konten siniar menggunakan kata kunci tertentu.

Selain itu, penggunaan peralatan tambahan yang bagus juga akan membantu menghasilkan suara yang lebih baik.

Hal ini dikarenakan pendengar siniar biasanya mendengarkan siaran anda melalui headphone atau sembari melakukan kegiatan tambahan, sehingga pendengar tidak fokus pada tampilan konten.

Beberapa peralatan yang sebaiknya dimiliki dalam membuat podcast adalah :

  • USB Mic.
  • Dynamic Mic.
  • Condenser Mic.
  • Handphone untuk mengakses platform podcast.
  • Pop Filter.
  • Dekstop Microphone,
  • XRL Connections.

Penggunaan Software

Meskipun handphone bisa digunakan untuk merekam audio dengan mudah, namun penggunaan software tambahan juga membantu agar hasil rekaman menjadi lebih baik.

Berikut beberapa rekomendasi software yang bisa digunakan untuk memaksimalkan hasil rekaman podcast.

Adobe Audition

Software audio berbayar pertama yang bisa anda manfaatkan adalah Adobe Audition yang menyajikan berbagai fitur dengan tambahan pengiring suara.

Layanan ini juga akan membantu anda dalam mengedit isi konten dengan tambahan mixer serta perlengkapan tingkat tinggi.

Audacity

Apabila anda ingin meningkatkan kualitas siaran anda namun terhalang dengan software audio yang memerlukan biaya tambahan, maka website Audacity bisa menjadi andalan.

Melalui platform ini, anda bisa mengedit audio menjadi lebih baik dengan tambahan layanan yang mumpuni.

Selain itu, anda juga bisa mempelajari penggunaan website ini dengan mudah menggunakan berbagai video tutorial yang bisa digunakan secara gratis.

GarageBand

Software selanjunya yang bisa anda gunakan untuk merekam adalah Garageband, dimana platform ini mengizinkan anda untuk merekam suara secara langsung kemudian disimpan dalam bentuk MP3.

Hal ini tentunya akan memudahkan anda dalam membuat konten podcast secara mudah dan cepat.

Dalam pembuatan konten siaran, anda tentunya bisa melakukan kolaborasi dengan narasumber lain yang memiliki minat pada topik yang anda diskusikan.

Namun, jika narasumber anda berada di lokasi yang jauh, maka beberapa software berikut bisa menjadi andalan :

  • Zencastr .
  • Ecamm Call Recorder.
  • Dialpad Meetings.
  • Callnote.

Sumber:

https://influencermarketinghub.com/glossary/podcast/

Podcast SEO: 10 For Sure Ways to Boost Rankings – Sweet Fish Media

How to Start a Podcast STEP-BY-STEP | 2022 Complete Tutorial (smartpassiveincome.com)

How to Start a Podcast in 2022: A Step by Step Guide (shopify.co.id)

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.