pexels eva bronzini 7661185

Apa Itu Campaign Marketing dan Cara Memanfaatkannya

Kenali jenis promosi social media yang tepat untuk berbagai keperluan pemasaran yang diinginkan.

Dalam melakukan promosi di social media, sebuah brand tentunya akan membuat strategi pemasaran yang sesuai dengan target konsumen serta pesan yang ingin disampaikan.

Hal ini dilakukan agar promosi yang dilakukan dapat diterima oleh target konsumen serta mempu bersaing dengan kompetitor lain.

Namun, sebelum membuat campaign marketing yang sesuai dengan kebutuhan maka kenali dulu jenis pemasaran yang sesuai dan cara membuat promosi social media yang sesuai kebutuhan.

apa itu campaign marketing

Apa Itu Campaign Marketing

Salah satu tujuan bagi sebuah brand memiliki akun social media adalah bentuk pemasaran yang lebih efektif dan menjangkau konsumen yang dimiliki.

Hal ini juga dilakukan apabila anda melakukan pemasaran tradisional yang memasanng banner atau billboard di sekitar jalan raya serta membagikan flyer kepada pengguna jalan yang lewat.

Namun, apabila anda menggunakan campaign marketing maka anda melakukan pemasaran yang terorganisir untuk tujuan tertentu.

Contohnya meningkatkan brand awareness untuk membuat konsumen mengenal brand anda atau mempromosikan produk yang baru saja anda rilis.

Berbagai tujuan pemasaran tersebut tentunya memiliki strategi yang berbeda satu sama lain.

Tidak hanya itu, campaign marketing yang dilakukan di social media juga memiliki berbagai definisi yang berbeda sesuai dengan kebutuhannya :

  • Promosi produk yang dilakukan di berbagai social media secara serentak atau dilakukan pada satu platform saja.
  • Pemasaran yang menargetkan konsumen tertentu dengan membawa pesan yang ingin disampaikan ke calon pembeli.
  • Memiliki satu tujuan yang harus diwujudkan dengan keterlibatan konsumen yang aktif.
  • Pengukuran tujuan promosi yang matang sesuai dengan analisa yang telah dilakukan sebelumnya.

Tidak hanya itu, startegi marketing campaign yang tepat akan membawa keuntungan bagi marketer social media.

Keuntungan Campaign Marketing

Memahami rencana promosi social media yang anda miliki menggunakan beberapa marketing campaign yang sesuai akan membantu anda dalam menggapai tujuan promosi yang anda inginkan.

Hal ini juga akan memberikan tujuan pemasaran social media yang sesuai dengan hasil yang ingin anda dapatkan dalam jangka waktu tertentu.

Campaign marketing juga diperlukan agar berbagai postingan social media yang anda unggah, tidak hanya memberikan hiburan bagi pengikut anda namun menyampaikan pesan penting yang mudah diingat dalam jangka waktu lama.

Tidak hanya itu, penggunaan campaign marketing juga memberikan berbagai keuntungan bagi marketer untuk tujuan promosi tertentu :

Memberikan Arah Promosi yang Sesuai 

Salah satu agenda tahunan yang biasa dilakukan oleh marketer dan kreator social media adalah merancang kalender konten untuk satu tahun ke depan.

Penyusunan ini dilakukan agar kreator dapat mengetahu jenis konten yang tepat untuk social media berdasarkan strategi pemasaran dan target yang diberikan oleh marketer.

Di sisi lain, penggunaan strategi pemasaran ini juga perlu di dukung dengan adanya campaign marketing dengan tujuan yang berbeda. 

Sehingga setelah mengetahui tujuan pemasaran yang akan dilakukan dalam jangka waktu tertentu, maka marketer akan mengolahnya dalam campaign marketing yang bisa digunakan dalam jangka waktu tertentu.

Hal ini juga membantu kreator dalam membuat konten yang sesuai dengan pesan yang akan disampaikan ke target konsumen.

Meningkatkan Jangkauan serta Interaksi dengan Konsumen

Salah satu perbedaan konsumen yang berada di social media dibandingkan tempat lain adalah pengguna social media kurang menyukai promosi yang bersifat langsung.

Hal ini dikarenakan konsumen merasa dipaksa untuk membeli barang meskipun tidak membutuhkannya sama sekali.

Berbeda dengan pendekatan yang dilakukan dengan memberikan edukasi mengenai kelebihan produk serta kandungan yang dimiliki agar konsumen tertarik untuk membelinya.

Apalagi jika konten tersebut disajikan dalam bentuk story telling marketing yang membuat konsumen lebih mudah mengerti kelebihan produk tersebut menggunakan masalah yang dihadapi oleh konsumen.

Sehingga tidak mengherankan apabila konten informatif yang disampaikan dalam bentuk cerita lebih mudah mendapatkan perhatian sehingga memperluas jangkauan konten social media.

Dengan menggunakan campaign marketing yang sesuai dengan tujuan promosi maka akan membantu anda membuat konten pemasaran yang tepat serta menjangkau konsumen yang lebih luas.

@nutrisari

Solusi panas mah jelas Nurdin, #NutriSari Dingin rasa Es Kuwud Nipis @firnafebrina

♬ original sound – NutriSari – NutriSari

Salah satunya yang dilakukan oleh akun tiktok brand @nutrisari yang membagikan konten campaign marketing Nurdin (nutrisari dingin) menggunakan pendekatan komedi.

Dengan perpaduan yang tepat serta promosi yang mudah dicerna menjadikan promosi tersebut memiliki jangkauan yang luas serta diingat oleh penontonnya.

Komponen Campaign Marketing

Dalam pembuata campaign marketing social media, anda tidak hanya memerlukan rencana yang sesuai, eksesusi yang tepat, serta hasil marketing yang campaign yang sesuai keinginan.

Namun diperlukan juga berbagai kompenen penting yang membantu mewujudkan campaign marketing yang akan anda laksanakan :

  • Tujuan dan KPI : Kompenen ini akan menjelaskan tujuan akhir dari campaign marketing anda dan pengukuran yang digunakan untuk mengukur kesuksesan untuk melacak progress campaign anda, contohnya campaign konten anda mungkin diukur menggunakan organic traffic, dimana setiap kontennya diharapakan dapat membawa 1.000 viewers setiap bulan, serta 10 kontak baru setiap bulan yang diukur melalui website Google Analytics dan Looker.
  • Platform social media : Anda juga perlu mengetahui saluran untuk menyebarkan pesan anda melalui konten yang tepat, contohnya apabila anda ingin melakukan social media marketing campaign, maka anda ingin mendapatkan pertumbuhan jumlah pengikut baru dalam jangka waktu tertentu untuk target market yang berbeda serta menumbuhkan loyalitas konsumen.
  • Budget : Meskipun tidak semua campaign marketing membutuhkan budget yang cukup besar, namun anda perlu memerhatikan biaya tambahan yang akan dikeluarkan selama campaign berlangsung, contohnya kolaborasi promosi bersama influencer tertentu, konsultasi dengan social media specialist, atau memasang iklan di social media dalam jangka wkatu tertentu.
  • Format konten : Pastikan juga jenis konten yang akan anda gunakan selama promosi campaign marketing, biasanya kreator social media akan menggunakan variasi konten yang berbeda bergantung pada jenis pesan yang ingin disampaikan ke konsumen. Salah satu contohnya adalah campaign marketing untuk meningkatkan brand awareness menggunakan iklan video, kolaborasi dengan media elektronik terkemuka, atau kerjasama dengan influencer tertentu.
  • Tim yang solid : Sebelum menjalankan campaign marketing di social media, tentunya anda perlu memilih anggota tim yang memiliki kemampuan mumpuni di bidanganya, sehingga mereka bisa melakukan pekerjaan yang sesuai dengan tanggung jawab masing-masing berdasarkan campaign yang dikerjakan.
  • Aset Konten : campaign marketing yang bagus tentunya perlu di dudukung dengan tools yang mumpuni, contohnya desain website yang keren, iklan video, serta infografis yang membantu meyakinkan konsumen, pastikan juga desain yang anda gunakan sudah sesuai tujuan promosi dan terlihat profesional di mata konsumen.
jenis campaign marketing

Jenis-jenis Campaign Marketing Social Media

Berbagai tujuan promosi yang ingin dicapai oleh sebuah brand, tentunya membuat marketer akhirnya terus menerus membuat berbagai campaign yang berbeda di setiap periode.

Namun, apabila anda bingung memilih campaign marketing yang sesuai dengan kebutuhan, maka berikut beberapa jenis pemasaran yang bisa anda gunakan untuk tujuan yang berbeda.

Product Campaign Marketing

Campaign marketing pertama yang biasa digunakan oleh berbagai brand adalah produk marketing yang dipakai untuk memasarkan produk yang baru saja dirilis.

Pemasaran satu ini juga selalu dipakai berulang-ulang mengingat sebuah brand akan selalu mengeluarkan berbagai produk baru, agar konsumen tidak bosan, serta mendapatkan variasi barang lain yang diinginkan.

Tidak hanya itu, strategi marketing ini juga dapat membantu menaikkan penjualan dengan cepat dan efektif, sehingga membutuhkan keterlibatan dari divisi lain untuk memberikan saran mengenai promosi yang tepat berdasarkan keinginan konsumen.

Dalam strategi promosi ini, anda bisa menggunakan bantuan dari influencer social media yang memiliki target konsumen yang sama untuk memasarkan produk yang baru saja diluncurkan.

instagram @somethincofficial

Salah satunya yang dilakukan oleh brand kecantikan Somethinc yang mempromosikan produk terbarunya dengan melakukan kerjasama dengan artis Syahrini untuk pemasaran yang lebih maksimal.

Sales Promotion Campaign 

Campaign marketing tidak hanya digunakan untuk menaikkan nama produk yang baru saja diluncurkan namun menaikkan produk lama yang sudah lama dikenal oleh konsumen anda.

Salah satunya adalah melalui strategi pemasaran sales promotion campaign yang merupakan promosi jangka pendek untuk menaikkan penjualan produk atau layanan yang anda miliki.

Seringkali sales marekting campaign dilakukan untuk menaikkan penjualan, sehingga membagikan kupon belanja, giveaway, flash sales, dapat menarik minat konsumen yang ingin membeli produk anda, namun terganjal beberapa hambatan, seperti biaya pengiriman barang yang mahal serta harga barang yang dinilai cukup mahal.

Sehingga dengan adanya promosi tersebut maka konsumen akan tertarik untuk membeli meskipun barang yang dibutuhkan tidak terlalu dibutuhkan namun harga yang ditawarkan sesuai dengan budget konsumen.

Pemberian potongan harga yang akhirnya membantu menaikkan penjualan, seringkali digunakan marketer untuk menggunakan campaign marketing tersebut untuk berbagai kebutuhan.

Salah satunya adalah menaikkan penjualan apabila target penjualan tidak tercapai, di sisi lain, pemberian diskon terlalu sering membuat brand anda sulit untuk menaikkan harga produk ke depannya karena konsumen sudah terlalu dimanja dengan penawaran yang selalu diberikan sebelumnya.

Alternatif lainnya agar nilai produk anda tetap meningkat di mata konsumen adalah mengkombinasikannya dengan paket produk yang disatukan dengan penggunaan yang sama, menambahkan suvernir eksklusif, atau menawarkan gratis ongkir barang.

instagram @skintificid

Strategi marketing menggunakan bundle khusus ini juga dilakukan oleh brand perawatan wajah @skintificid yang mengumpulkan perawaran produk yang dimiliki khusus untuk wajah berjerawat.

Sehingga konsumen bisa memilih produk yang sesuai dengan masalah kulit yang dihadapi.

Brand Awareness Campaign 

Dalam promosi di social media, anda tidak hanya mengenalkan produk yang dimiliki untuk menaikkan penjualan, namun diperlukan juga mengenalkan nilai yang dibawa oleh brand anda.

Hal ini dilakukan untuk membangun royalitas dan loyalitas pada brand anda, sehingga menimbulkan rasa penasaran apabila brand anda mengeluarkan produk terbaru.

Pemasaran ini bisa anda lakukan mengguankan strategi brand awareness campaign untuk mengenalkan visi misi yang dibawa agar mudah dikenali oleh target audience yang lebih luas.

Biasanya brand awareness campaign akan dilakukan lebih halus sehingga tidak disadari oleh konsumennya, namun setiap anda menyebut nama brand tersebut maka akan setiap orang akan mengenali moto yang dibawa.

Sehingga alih-alih menawarkan diskon, marketer akan mengingatkan konsumen bahwa brand yang anda bawa peduli lingkungan serta diciptakan untuk konsumen yang berani beda.

Strategi campaign marketing ini juga dilakukan oleh brand perawatan tubuh thebodyshop yang mengembangkan campaign untuk mengembalikan bungkus produk yang dimiliki ke outlet thebodyshop.

Hal ini dilakukan mengingat kemasan produk thebodyshop yang sebagian besar berbentuk botol sehingga memakan banyak sampah apabila konsumen membelinya dalam jumlah banyak dan berulang.

Sehingga untuk meningkatkan kepedulian konsumen pada produk yang dimiliki maka thebodyshop mengadakan campaign bringbackofbottle yang masih dilakukan hingga saat ini.

Banyaknya konsumen yang melakukan campaign tersebut secara sukarela menjadikan produk ini lebih terkenal berkat campaign yang diusung dan membuat brand lain melakukan hal yang sama.

 SEO Campaign 

Meskipun pemasaran social media terus menjamur dari tahun ke tahun, namun promosi melalui website masih banyak dilakukan oleh berbagai brand terkenal.

Pemasaran melalui website ini dilakukan mengingat konsumen masih mencari jawaban dari setiap masalahnya melalui Google dengan kata kunci tertentu.

Sehingga apabila konsumen menemukan solusi melalui website yang anda miliki, maka akan membuka kesempatan bagi mereka untuk mengenal brand dan produk anda.

Strategi campaign marketing ini biasanya dilakukan oleh sebuah brand yang menawarkan produk berupa layanan kepada konsumennya.

Salah satunya yang dilakukan oleh brand Glints, meskipun perusahaan ini menawarkan layanan pencarian lowongan kerja, namun promosi melalui blog dan website menjadi salah satu strategi pemasaran yang dilakukan.

MRRMWmlsTsG7bklli8kD

Salah satunya adalah mengunggah artikel mengenai istilah yang biasanya digunakan di dunia kerja untuk memudahkan karyawan baru mengenalinya.

Sehingga konsumen yang mencari artikel menggunakan kata kunci tersebut bisa mengenal layanan yang dimiliki oleh Glints.

Namun agar kinerja website yang dilakukan bisa berjalan dengan maksimal maka SEO marketing campaign perlu dilakukan untuk meningkatkan jumlah kunjungan secara siginifikan.

Tidak hanya itu, dengan meningkatkan ranking pencarian maka website anda bisa berada di halaman teratas pencarian kata kunci tertentu, sehingga brand anda bisa lebih dikenal oleh orang lain.

Keuntungan lainnya dari menggunakan SEO Campaign Marketing adalah peluang untuk mendapatkan berbagai tujuan lain yang mengikuti, bandingkan dengan campaign lain yang hanya menyasar pada satu tujuan saja.

Email Marketing Campaign

Di saat mengunjungi outlet tertentu di pusat perbelanjaan, biasanya anda akan ditawarkan promosi produk tertentu dengan syarat mengisi alamat email yang dimiliki.

Dimana pada akhirnya konsumen akan mendapatkan brosur mengenai penawaran produk tertentu atau voucher yang ditukarkan dengan potongan harga tertentu.

Sayangnya promosi melalui email yang terlalu kencang dan terlihat jualan, mungkin akan membuat konsumen bosan dan akhirnya mematikan berbagai pemberitahuan yang anda kirimkan.

Karenanya agar promosi melalui email marketing campaign semakin efektif maka anda bisa menggunakan strategi email marketing campaign.

Melalui promosi tersebut, anda dapat menargetkan konsumen yang telah mengenal produk anda sehingga kemungkina untuk membeli produk yang anda tawarkan semakin besar.

Keuntungan lainnya adalah anda dapat mengatur jenis email yang akan anda kirimkan ke konsumen dengan isi promosi yang berbeda atau konten edukasi untuk mengenalkan produk anda lebih dalam.

Anda juga bisa melihat list email konsumen yang membuka email anda atau membiarkannya menumpuk sehingga anda dapat melakukan pendekatan yang berbeda untuk konsumen-konsumen tersebut.

cara membuat campaign marketing social media

Cara Membuat Campaign Marketing di Social Media

Membuat berbagai campaign marketing merupakan tugas yang berat dan memerlukan proses yang sangat lama.

Namun, sebelum membuat campaign marketing yang akan ditampilkan ke konsumen anda, maka anda perlu mengetahui tujuan akhir dari promosi yang anda lakukan.

Karenanya berikut cara menyusun campaign marketing yang tepat di social media.

Rencanakan dulu Campaign Marketing 

Perencanaan campaign marketing perlu dilakukan untuk mengetahui efektivitas promosi yang akan anda lakukan. 

Pada tahap perencanaan ini akan membantu anda dalam mengukur kesuksesan yang akan dilakukan oleh tim anda.

Tentukan Tujuan Akhir dari Campaign Marketing

Pertanyaan pertama yang bisa anda ajukan adalah mengetahui alasa mengapa anda menjalankan campaign tersebut? Apakah untuk menaikkan penjualan atau mengenalkan produk yang baru anda rilis.

Namun, jika anda mengalami masalah dalam menentukan tujuan tersebut maka anda bisa memilih beberapa tujuan berikut yang sesuai dengan keinginan anda :

  • Mempromosikan produk atau layanan baru
  • Meningkatkan brand awareness
  • Mengumpulkan ulasan atau konten dari konsumen
  • Menaikkan kunjungan ke website atau social media
  • Meningkatkan engagement social media
  • Mempromosikan event promosi terbaru

Berbagai daftar tersebut bukan merupakan tujuan asli, namun bisa anda gunakan untuk memberikan gambaran mengenai sasaran bisnis yang dapat anda capai melalui kampanye social media.

Ketahui Cara Pengukuran Kampanye

Sebelum anda melakasanakan berbagai promosi social media berdasarkan campaign yang dipilih, tentunya anda perlu mengetahui bagaimana cara mengukur kesuksesan setiap kampanye anda.

Berbagai pengukuran ini tentunya berbeda satu sama lain, tergantung dari jenis campaign marketing yang anda lakukan.

Anda mungkin saja akan mengukur penjualan yang berasal dari akun marketplace atau interaksi yang di dapatkan di social media melalui fitur insight.

Namun, apabila anda masih bingung memilih jenis pengukuran yang tepat, maka berikut beberapa metrik berdasarkan campaign marketing yang telah dibahas sebelumnya :

  • Kesuksesan promosi produk atau layanan baru diukur dari jumlah pre order, penjualan, serta up sells ke agen penjualan yang anda miliki.
  • Meningkatkan brand awareness bisa anda ukur melalui sentimen konsumen di social media, penyebutan brand dan produk anda oleh konsumen, serta jumlah artikel tanpa promosi yang membahas keunggulan brand dan produk anda.
  • Untuk mendapatkan ulasan konsumen maka anda bisa mengukur jumlah interaksi di social media serta social mentions
  • Peningkatan interaksi bisa diukur dengan jumlah artikel yang dibagikan ke platform lain, konten yang dibagikan ke pengguna lain, serta interaksi yang di dapatkan di forum komunitas atau email.
  • Pengukuran promosi event bisa dilihat dari jumlah tiket yang telah terjual dalam jangka waktu tertentu, vendor yang mengikuti event tersebut, serta ketertarikan konsumen anda yang dituangkan pada penyebutan di social meida.

Mengenali Target Audience

Bayangkan jika anda telah campaign marketing yang rumit namun tidak mendapatkan hasil yang diinginkan.

Hal ini tentunya tidak diinginkan oleh marketer yang telah meluangkan waktu dan tenaganya untuk melakukan analisa campaign marketing yang sesuai.

Pada masalah ini, anda mungkin berpikir bahwa anda telah memilih strategi pemasaran yang salah atau ide kreatif anda kurang cukup dituangkan pada campaign marketing yang telah anda buat sebelumnya. Meskipun begitu, masalah yang sebenarnya ada di konsumen anda.

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah mengetahui perjalanan konsumen anda dalam campaign marketing yang telah anda.

Apakah anda hendak membawa konsumen barua atau mengelola konsumen yang telah anda miliki sebelumnya?

Informasi yang akan anda sampaikan ke audience juga bergantung pada respon konsumen anda dalam merespon pesan yang diterima dalam proses perjalanan yang berbeda-beda.

Meskipun campaign marketing anda mungkin menjangkau komunitas di luar target audience, namun penting bagi anda untuk merancang campaign sesuai target konsumen yang ingin anda tuju.

Sumber :

https://blog.hubspot.com/marketing/marketing-campaigns

https://socialbee.io/blog/social-media-campaign-examples/

https://ahrefs.com/blog/marketing-campaign/

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.