pexels donald tong 66134

Tips dan Trik Video Testimoni Menarik dan Memukau Konsumen

Memiliki video testimoni akan membantu meningkatkan rasa kepercayaan konsumen terhadap produk yang anda tawarkan, pelajari tips dan trik membuat video testimoni yang menarik dan memukau pembeli.

Pernah merasakan galau saat akan membeli sebuah barang baru? Tentunya hal ini pernah dialami semua orang yang ingin membeli barang di suatu brand yang belum pernah anda kunjungi sebelumnya.

Perasaan ragu-ragu tersebut bisa muncul karena kurangnya ulasan produk dari konsumen yang pernah membeli sebelumnya sehingga seseorang merasa bimbang untuk membeli barang tersebut atau beralih ke brand lain.

Kehadiran video testimoni sendiri sangat penting bagi calon konsumen yang ingin mendengar pendapat dari pembeli sebelumnya, mulai dari harga yang ditawarkan, layanan yang diberikan, serta hasil yang di dapatkan setelah barang tersebut sampai di rumah.

Karenanya, penting bagi pelaku usaha untuk menempatkan ulasan konsumen berupa foto testimoni di social media, atau website marketplace ke halaman website anda sebagai bukti bahwa pembeli mendapatkan pelayanan terbaik saat membeli dan mencoba produk yang anda jual.

Di sisi lain, dalam membuat ulasan produk, tentunya anda tidak hanya mengandalkan tulisan dari konsumen namun penggunaan foto atau video testimoni tentunya akan membuat ulasan anda menjadi lebih menarik di mata konsumen.

Namun, sebelum membuat video testimoni maka ketahui jenis-jenis video testimoni yang sesuai dan strategi membuat video testimoni yang dapat memikat konsumen.

keuntungan memiliki video testimoni

Keuntungan Memiliki Video Testimoni

Saat pertama kali melihat akun social media brand yang menarik perhatian serta menjual produk yang anda inginkan, bagian mana yang anda lihat terlebih dahulu? Foto produk atau video testimoni?

Jika anda termasuk tipe orang yang lebih menyukai video testimoni dibandingkan foto produk, maka anda termasuk 92% orang yang selalu melihat ulasan produk sebelum menentukan pilihan untuk membeli produk tertentu.

Pemberian video testimoni sendiri sangat membantu konsumen untuk memilih produk tersebut serta menginspirasi seseorang untuk membeli produk yang ditawarkan di social media atau market place.

Sedangkan bagi penjual sendiri, keberadaan video testimoni membantu untuk meningkatkan kredibilitas di mata konsumen sehingga brand dan produk yang anda promosikan akan lebih unggul dibandingkan kompetitor lain.

Tidak hanya itu, keberadaan video testimoni memiliki berbagai manfaat lain yang menguntungkan bagi penjual atau pembeli.

Menggali Pengalaman Konsumen Lebih Dalam

Testimoni pelanggan sendiri memiliki dua jenis konten yang berbeda dan bisa ditemukan dengan mudah di media sosial atau internet.

Pertama, ulasan pelanggan yang bisa ditemukan di kolom ulasan marketplace dan bisa dilihat saat anda melakukan klik pada produk tertentu.

Pemberian ulasan tulisan dari konsumen dapat membantu meningkatkan kepercayaan yang akan membeli produk anda namun masih ragu.

Ulasan tulisan sendiri juga bisa ditemukan di media sosial, yakni dengan mengetikkan nama produk tersebut di kolom pencarian yang kemudian konsumen bisa membaca ulasan konsumen asli sesuai dengan pengalaman saat membeli produk tersebut.

Salah satunya adalah ketika anda mengetikkan kata “nivea” di kolom pencarian twitter dan anda akan menemukan ulasan produk dari konsumen yang telah membeli produk tersebut serta mendapatkan hasil setelah penggunaan berbagai produk nivea.

Meskipun ulasan konsumen mudah dicari dan ditemukan oleh konsumen namun penggunaan vidoe testimoni memiliki kepercayaan sendiri.

Hal ini dikarenakan, video testomoni membawa konsumen asli dimana penonton bisa melihat orang tersebut melakukan wawancara ulasan produk secara langsung.

Penggunaan video testimoni tentunya memiliki kualitas yang lebih baik, dan terstruktur, dibandingkan dengan ulasan tulisan yang mungkin terdapat kesalahan penulisan.

Kualitas tersebut nantinya akan meningkatkan kepercayaan konsumen secara drastis meskipun penonton belum pernah mengetahui produk anda sebelumnya.

Selain itu, penggunaan video testimoni biasanya tidak hanya ditemukan di satu platform namun tersebar ke berbagai akun social media brand sehingga dapat memberikan kepercayaan lebih bagi konsumen.

Salah satu video testimoni mendapatkan sambutan yang baik adalah brand Dove yang mengadakan wawancara dengan konsumen yang telah menggunakan produk shampo Dove dan cara mereka menghadapi Hair Bullying sebelum dan setelah memakai Dove.

Keberadaan video testimoni yang menarik serta menyertakan artis Dian Sastro, menjadikan penonton akhirnya menonton dan membagikan video tersebut ke orang lain atau platform media sosial sehingga memberikan efek positif pada produk Dove serta menarik minat untuk membeli produk tersebut untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi.

Hasil Ulasan Konsumen yang Lebih Baik

Bagian paling penting dari merekam video testimoni adalah anda bisa membuat konten ulasan dengan tools yang anda miliki, seperti handphone atau kamera. Pembuatan video testimoni juga bisa dibantu dengan aplikasi edit video yang dapat menjadikan konten ulasan menjadi lebih menarik dan enak ditonton oleh konsumen.

Anda juga bisa melakukan kerja sama dengan tim yang dimiliki untuk membangun konsep video testimoni yang menarik perhatian serta tidak membosankan untuk ditonton berulang kali.

pexels cowomen 2041396

Tips dan Trik Membuat Video Testimoni

Dalam membuat video testimoni, tentunya diperlukan beberapa strategi agar konsumen mau menyediakan waktunya untuk membuat rekaman video testimoni yang memakan waktu.

Karenanya agar konten video testimoni anda berhasil maka berikut beberapa strategi yang tepat untuk mengajak konsumen bergabung dalam rekaman video testimoni yang anda buat.

Kumpulkan Ulasan Konsumen

Bagian paling penting sebelum membuat video testimoni adalah mengumpulkan ulasan yang diberikan oleh konsumen di berbagai social media, pemilihan ulasan ini tentunya akan membantu kreator menciptakan konten video yang menarik dengan mengangkat cerita yang belum pernah mereka dengar sebelumnya.

Pengumpulan ulasan konsumen ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya adalah :

Mengecek Ulasan di Facebook

Sebagai social media yang menyediakan layanan facebook post yang memungkinkan konsumen untuk memberikan ulasan berupa tulisan, video, dan gambar, maka anda bisa menggunakan facebook untuk mengumpulkan ulasan dari konsumen.

Anda bisa mengeceknya dengan mencari nama anda di kolom pencarian dan anda akan menemukan berbagai ulasan konsumen yang telah menggunakan produk yang anda miliki.

Selain itu, anda juga bisa melihat postingan facebook yang mencantumkan nama anda, sehingga anda bisa mengunggahnya kembali di postingan facebook anda atau mengumpulkannya sebagai bahan video testimoni.

Keuntungan lain dari mengecek ulasan di facebook adalah anda bisa mendapatkan ulasan yang detail berupa perjalanan konsumen untuk mendapatkan produk anda, pengalaman saat menggunakan produk, serta hasil yang di dapatkan.

Penjelasan yang detail tentunya akan menguntungkan bagi anda untuk mendapatkan cerita yang menarik dan menggugah minat konsumen.

Selain itu, anda juga bisa mengecek pesan masuk dari pengikut anda, dimana konsumen biasanya memberikan apresiasi pribadi kepada anda yang tentunya akan menyentuh perasaan pembaca karena bersifat sentimental.

Namun, apabila anda belum menemukan ulasan produk dari konsumen, maka anda bisa memancing pengikut anda untuk memberikan ulasan produk dengan membuat postingan facebook dimana konsumen bisa menceritakan pengalaman saat menggunakan produk yang anda jual.

Kumpulkan Testimoni Konsumen dari Youtube

Youtube tidak hanya sarana hiburan yang menghadirkan berbagai konten video lucu, namun di youtube sendiri anda bisa menemukan berbagai informasi berharga yang tidak anda temukan di platform lain.

Salah satunya adalah review produk yang biasa dilakukan oleh kreator youtube yang melakukan ulasan produk tertentu, baik skincare, makanan, handphone, atau berbagai perabotan rumah tangga.

Banyaknya kreator youtube yang melakukan ulasan produk, tentunya bisa anda gunakan sebagai media ulasan konsumen yang dapat membantu menaikkan penjualan, apalagi jika testimoni tersebut berasal dari kreator yang telah memiliki banyak pengikut.

Caranya pun sama seperti ulasan facebook, dimana anda mencari nama brand atau produk anda di kolom pencarian youtube, yang selanjutnya anda akan menemukan berbagai ulasan produk dengan jumlah penonton yang beragam.

Akan tetapi, jika anda memiliki kanal youtube dengan jumlah penonton yang lumayan maka anda bisa memanfaatkannya dengan melakukan kolaborasi dengan beberapa konsumen pilihan, gunameningkatkan brand awareness pada brand dan produk yang anda miliki.

Capture 40

Salah satu contohnya, adalah apabila anda mencari kata kunci cosrx, maka anda akan menemukan berbagai ulasan produk dari kreator youtube yang telah menggunakan produk tersebut dan memebrikan testimoni terbaik setelah memakan produk cosrx dalam jangka waktu tertentu.

Pemberian ulasan yang jujur dan menarik tentunya akan menarik banyak penonton untuk membeli produk tersebut serta memberikan keuntungan bagi brand cosrx untuk mendapatkan lebih banyak pelanggar baru.

Dapatkan Ulasan dari Google Maps

Bagi seorang pengusaha makanan, tentunya anda akan membuat titik lokasi di google maps yang akan memudahkan konsumen untuk mengunjungi toko anda dnegan mudah, melalui penunjuk arah yang dicantumkan di social media.

Penggunaan google maps, tidak hanya membentu konsumen untuk membawa mereka ke tempat anda, namun juga bisa digunakan untuk memberikan ulasan layanan dan produk setelah konsumen mengunjungi tempat tersebut.

Di tambah lagi, terkadan Google memberikan pemberitahuan ke konsumen yang telah mengunjungi tempat tersebut untuk memberikan ulasa.

Pemberian ulasan ini tentunya menguntungkan bagi penjual untuk memahami keinginan konsumen serta mendapatkan testimoni yang baik.

Pilih Konsumen yang Sesuai

Saat memilih konsumen yang akan diajak untuk melakukan rekaman video testimoni, maka pastikan konsumen sudah mencoba dan menggunakan produk anda dengan jangka waktu yang lama.

Hal ini dilakukan untuk menumbuhkan rasa cinta terlebih dahulu kepada konsumen serta merasakan keuntungan dari produk yang anda jual, sehingga saat anda meminta konsumen untuk menjadi bagian dari video testimoni, maka pembeli akan setuju dan bergabung dalam proses rekaman video testimoni.

Semakin lama konsumen mengikuti perkembangan produk anda maka akan menumbuhkan keloyalan sehingga mereka akan mengatakan banyak sisi positif dari produk anda.

Tunggu Waktu yang Tepat

Saat anda ingin meminta video testimoni dari konsumen, sebaiknya hindari untuk meminta melalui email berulang kali.

Hal ini dikarenakan kecil kemungkinan bagi konsumen untuk membaca pesan anda di email, namun saat anda mengirimkan pesan terus menerus maka akan terkesan spam sehingga konsumen tidak tertarik untuk menjadi bagian dari video testimoni.

Namun, untuk mencari konsumen yang berminat dalam proses rekaman video testimoni, maka anda bisa mencari pembeli yang telah membeli dan merasakan produk anda dan kemudian memberikan ulasan secara gratis di social media.

Anda bisa menjangkau konsumen dan kemudian meminta mereka untuk memproduksi video testimoni bersama, sehingga anda akan mendapatkan testimoni khusus dari pembeli yang telah memberikan ulasan terlebih dahulu sehingga akan menampilkan review jujur.

Tawarkan Detail Kerjasama

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, sebuah video testimoni yang dibuat bersama konsumen tentunya akan ditampilkan di berbagai akun social media yang anda punya dan memiliki kesempatan untuk tampil sebagai iklan di berbagai media.

Karenanya, sebelum anda melakukan rekaman video testimoni maka pastikan untuk memberikan detail kerjasama serta alur penayangan video tersebut, hal ini dilakukan agar konsumen merasa tidak tertipu setelah anda mengunggah video testimoni ke barbagai platform social media.

Berikan Arahan yang Jelas

Saat merekam video testimoni, pastinya konten kreator akan menanyakan ke konsumen beberapa pertanyaan yang berkaitan tentang produk yang anda jual.

Beberapa pertanyaan yang anda ajukan mungkin terlihat mudah untuk dijawab, namun karena rasa gugup atau cemas, mungkin saja konsumen akhirnya memberikan jawaban yang kurang sesuai atau canggung di depan kamera sehingga hasil video testimoni tidak seperti yang diharapkan.

Karenanya, untuk mendapatkan rekaman video testimoni yang keren, maka sebelum rekaman video, anda bisa melakukan komunikasi secara intens dengan konsumen terlebih dahulu sehingga mereka dapat menjawab pertanyaan dengan baik sehingga video testimoni menjadi lebih menarik.

Beberapa pertanyaan yang diajukan bisa berupa masalah apa saja yang konsumen hadapi sebelum menggunakan produk tersebut, perbedaan produk anda dengan kompetitor, serta keuntungan yang di dapatkan setelah penggunaan produk tertentu.

Pertanyaan yang simpel namun memberikan makna yang mendalam, tentunya akan membuat video testimoni menjadi konten yang bagus untuk pemasaran yang menarik.

Pilih Pengambilan Video yang Tepat

Saat membuat video testimoni, kreator tentu ingin menyajikan video yang kreatif sehingga audiens betah untuk melihat video sampai habis dan akhirnya tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.

Karenanya, dalam proses pengambilan video maka anda bisa memilih angle yang tepat sehingga dapat merekam tampilan yang menarik, beberapa pertimbangan yang bisa anda pilih adalah tempat rekaman video, seperti indoor, outdoor, kantor anda, atau rumah konsumen.

Tidak hanya itu, anda juga sebaiknya memastikan mendapatkan pencahayaan yang cukup sehingga dapat menampilkan visual konsumen dengan baik.

Pastikan juga anda bisa mendengar suara konsumen dengan jelas, sehingga anda sebaiknya memanfaatkan ruangan kosong untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Anda juga bisa menggunakan teknik editing yang anda miliki untuk mendapatkan hasil rekaman yang sesuai keinginan.

Berikan Kenyamanan Ke Konsumen

Saat merekam video testimoni, mungkin saja akan timbul rasa gugup karena harus berhadapan dengan kamera, di tambah lagi video yang di rekam akan di sebar ke berbagai social media sehingga menimbulkan rasa cemas yang berlebihan.

Karenanya sebelum rekaman video dimulai, maka anda bisa memberikan kenyamanan bagi konsumen dengan memberikan tempat khusus untuk istirahat serta mengajak ngobrol sehingga tidak muncul rasa canggung saat rekaman video berlangsung.

Anda juga bisa memberikan konsumen beberapa makanan, minuman, atau snack yang bisa dinikmati sebelum acara rekaman berlangsung sehingga konsumen lebih bersemangat saat pengambilan video serta mengantisipasi apabila rekaman video berlangsung dalam jangka waktu lama.

Pastikan juga untuk membuat konsumen tampil secara natural, sehingga memperlihatkan profesionalitas saat rekaman video testimoni.

Saatnya Rekam Video Testimoni

Setelah persiapan yang panjang serta briefing konsumen dengan memberikan topik wawancara video testimoni, maka inilah saatnya merekam video testimoni.

Pada rekaman video tersebut, usahakan tidak melakukan terlalu banyak intervensi sehingga hasil video testimoni terlihat natural yang tentunya akan menjadikan tampilan wawancara terlihat natural dan bisa dipercaya oleh penonton.

Dengan mengurangi arahan saat rekaman video berlangsung, maka konsumen akan nyaman dalam membicarakan kelebihan produk anda sehingga memberikan hasil video testimoni yang lebih natural.

Beberapa momen terbaik saat wawancara berupa candaan serta tawa yang diberikan oleh konsumen juga akan menampilkan hasil yang lebih menawan di mata penonton nantinya.

Salah satu contoh video testimoni yang merekam ekspresi konsumen adalah video dari sensodyne yang merekam ekspresi konsumen saat merasakan ngilu gigi yang tentunya akan membuat penonton merasakan hal yang sama, sehingga video ulasan akan semakin menarik untuk ditonton.

Tambahkan Beberapa Fakta Menarik

Guna menarik perhatian konsumen untuk melihat video testimoni yang anda buat, maka kreator tidak hanya memperlihatkan ulasan konsumen namun anda juga bisa memperlihatkan beberapa fakta menarik yang bisa membuat penonton penasaran dan melihat video anda sampai akhir.

Penambahan grafik dan teks dapat mempercantik tampilan video testimoni dengan mengkolaborasikan beberapa fakta yang tentunya tidak bisa ditambahkan dalam bentuk suara.

Keuntungan lainnya dari penambahan fakta tersebut adalah konsumen bisa melakukan interaksi setelah membaca fakta tersebut di kolom komentar, sehingga dapat membantu menaikkan video testimoni anda di berbagai social media.

Penambahan tullisan tersebut juga bisa membantu untuk mengenalkan nama konsumen dan latar belakang yang dimiliki, sehingga meyakinkan penonton bahwa konsumen adalah pelanggan asli.

Penggunaan tulisan tersebut juga bisa ditambahkan ke dalam subtitle yang bisa dibaca oleh penonton sembari menonton video anda.

Pemberian subtitle juga membantu konsumen untuk melakukan interaksi dengan video testimoni yang telah anda unggah.

Jangan Lupa Edit Video

Setelah proses rekaman video selesai, maka kreator bisa memulai untuk mengedit video guna menghasilkan video yang menarik.

Dalam proses pengeditan, anda bisa melakukan kerjasama dengan jasa edit video berpengalaman dan pernah membuat video testimoni sebelumnya, atau anda bisa mengerjakannya sendiri sesuai dengan ide yang anda miliki.

Saat proses pengeditan video berlangsung, anda bisa membuang beberapa bagian yang dirasa tidak penting untuk ditampilkan di video testimoni sehingga menambahkan elemen lain yang membuat tampilan video menjadi lebih kreatif dan memiliki daya tarik sendiri.

Pastikan juga video testimoni anda tidak terlalu panjang dan langsung masuk ke intinya sehingga tidak memakan waktu penonton untuk melihat ulasan yang ditampilkan.

Penggunaan aplikasi edit video juga dapat membantu untuk memberikan hasil video testimoni yang lebih baik.

Sebarkan Video Ke Beberapa Platform

Proses pembuatan video yang panjang akhirnya selesai, dan inilah saatnya untuk mengunggah vides testimoni ke beberapa social media yang anda miliki.

Anda bisa mengunggah video tersebut ke facebook post atau instagram reels dimana konsumen biasanya mencari ulasan produk dari kedua platform tersebut.

Namun, agar video testimoni terlihat lebih profesional maka anda bisa mengunggahnya ke youtube dan menjadikannya iklan youtube guna menjangkau konsumen yang lebih luas dan sesuai dengan target yang anda pilih.

Dengan mengunggah video testimoni ke berbagai platform social media, tentunya akan memudahkan konsumen dalam mengenak produk dan brand yang anda kembangkan

Sumber:

https://influencermarketinghub.com/video-testimonials/

https://blog.hubspot.com/insiders/3-reasons-why-your-business-needs-video-testimonials

https://blog.hubspot.com/service/testimonial-video

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.