background keren

Bagaimana Cara Memilih Background Keren Untuk Berfoto? Berikut Jawabannya!

Memilih background keren untuk berfoto memang harus dilakukan agar output yang dihasilkan memuaskan. Inilah tips-tipsnya!

Dalam berfoto tentunya penting untuk memperhatikan penggunaan background keren agar hasilnya juga lebih maksimal. Background untuk berfoto sudah cukup berkembang dengan baik untuk memenuhi kebutuhan foto yang diinginkan.

Hal ini juga harus diperhatikan kesesuaiannya dengan jenis dan tema foto yang akan digunakan. Tentunya untuk kebutuhan foto objek, produk, panorama dan manusia memerlukan perlakuan yang berbeda.

Zaman dahulu background keren ini hanya berupa warna polos dan solid untuk kebutuhan foto resmi. Seperti halnya warna biru, merah maupun putih agar objek yang difoto menjadi lebih fokus.

Namun lambat laun perkembangan background ini semakin memenuhi kebutuhan pasar seperti motif abstrak dan ramai. Anda bisa menemukan sendiri jenis background yang diinginkan untuk berfoto.

background keren

Background Keren untuk Berfoto dan Pengertiannya

Sebelum lanjut ke pembahasan yang lebih jauh Anda perlu tahu terlebih dahulu pengertian dari background. Secara umum background keren adalah sebuah latar belakang yang digunakan untuk celah atau bidang dalam sebuah foto.

Bisa juga disebut dengan layer yang ada dalam bagian paling belakang dari objek utama. Tujuannya untuk memberikan fokus dan juga tambahan variasi dalam foto yang sedang diambil.

Sebuah background digunakan untuk membantu pengambilan foto agar hasilnya lebih maksimal seperti pencahayaan dan juga fokusnya. Awalnya background keren ini digunakan untuk menutupi latar belakang foto yang terlalu ramai atau kurang sesuai.

Sehingga hasilnya bisa lebih fokus pada objek yang akan dipotret. Lambat laun background ini justru menjadi kebutuhan khusus dalam dunia pemotretan untuk menunjang hasil dari fotonya.

Ada banyak jenis bahan yang digunakan untuk background keren ini. Tentunya pada zaman dahulu ketika Anda membutuhkan foto ijazah dan juga foto formal lainnya ada kain warna merah dan biru yang tersedia di studio foto.

Kain ini tidak tebal dan tidak juga terlalu tipis dan ada di belakang Anda ketika akan diambil fotonya. Meskipun proses editing sudah cukup canggih namun memilih berfoto langsung di depan kain adalah pilihan yang sesuai.

Tujuannya agar objek yang difoto bisa lebih menyatu dengan background dari pada proses editing yang terkadang kurang sesuai. Warna yang digunakan untuk background keren juga tidak hanya warna itu saja.

Saat ini sudah banyak background dari bahan kain yang memiliki warna pilihan dan cocok untuk menunjang hasil foto bahkan di rumah saja. Seperti halnya warna putih, cream, pink, hitam sampai dengan warna motif bunga.

Beberapa background untuk berfoto ini juga memiliki fungsi cukup praktis untuk menyulap ruangan sempit menjadi studio pribadi di rumah saja. Anda hanya perlu kain untuk background dengan ketebalan yang bagus agar pantulan cahaya bisa maksimal.

Namun tidak terawang jadi bagian belakang yang tidak diinginkan tidak akan bocor. Cara ini cukup maksimal untuk lebih hemat dan juga praktis cukup di rumah saja.

Background keren juga ada yang terbuat dari lapisan lebih tebal dibandingkan kain. Seperti halnya background dengan bentuk 3D atau animasi lain yang menarik juga untuk digunakan.

Bahan styrofoam, triplek sampai dengan kertas yang tebal sudah sangat mudah ditemukan. Anda hanya perlu menyesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Jika dulu untuk mendapatkan background keren cukup sulit namun saat ini sudah bukanlah hal yang sulit. Anda bisa menemukan background ini di toko kain maupun secara online.

Harganya juga variatif dan bisa disesuaikan dengan fungsinya. Memiliki background untuk foto sangat menunjang karir dalam dunia fotografi maupun untuk digunakan sendiri.

Macam-Macam Background Keren untuk Berfoto

Setelah mengenali pengertian terhadap background keren ini Anda bisa lanjut untuk melihat beberapa macam dari background yang sering digunakan. Adapun background keren yang dimaksud bisa dilihat sebagai berikut:

kain polos

Kain Polos

Meskipun termasuk background lama dan pertama kali digunakan nyatanya jenis yang satu ini memang memiliki fungsi cukup maksimal untuk berfoto. Sehingga tidak ada yang bisa menggantikannya untuk tampilan foto yang lebih ciamik.

Kain polos ini terdiri dari beberapa warna yang bisa dimanfaatkan untuk latar belakang yang lebih sesuai. Kain polos cocok untuk pengambilan foto dengan tema formal.

Hanya saja untuk foto yang formal ini biasanya menggunakan warna-warna terbatas. Jadi untuk foto yang informal pun Anda juga dibebaskan menggunakan background keren polos kain ini.

Warna-warna solid dari kain polos seperti putih dan hijau juga cukup banyak digunakan. Terlebih untuk pengambilan foto produk yang harus bisa menampilkan warna aslinya.

Ada beberapa keuntungan menggunakan kain polos putih untuk foto produk seperti lebih konsentrasi pada warna produknya. Background yang terlalu ramai membuat konsentrasi terbayarkan.

Kedua, foto produk yang dihasilkan juga lebih konsisten sesuai dengan penataan feed yang mudah. Ketiga, background putih juga membuat ukuran dari fotonya lebih kecil.

Sementara untuk kain warna hijau ini banyak dipakai untuk Anda yang suka mengedit bagian latar belakangnya. Warna hijau ini memudahkan penggantian background virtual sehingga hasil editingnya nanti menjadi lebih mulus.

Warna solid hijau lebih direkomendasikan untuk Anda yang memilih editing background virtual.

Background Gambar Wisuda

Rekomendasi background keren berikutnya adalah background gambar wisuda. Anda tentunya sudah banyak melihat panorama ala-ala wisuda yang digunakan oleh studio foto. Ternyata Anda bisa memiliki background ini di rumah untuk ala foto wisuda yang lebih menarik tentunya.

Apalagi saat ini sedang marak terjadinya wisuda online jadi pemilihan background yang tepat bisa menjadi alternatif lebih sesuai.

Ada banyak latar belakang yang bisa digunakan untuk foto wisuda seperti halnya gambar tumpukan buku ala ruangan perpustakaan. Bisa juga gambar tirai dengan warna cerah seperti di atas panggung.

Ada juga yang menggunakan background gambar kampusnya masing-masing. Nantinya foto ini juga diedit kembali untuk diberikan tulisan sesuai periode dan juga tanggal pelaksanaannya.

abstrak

Motif Abstrak

Anda menyukai dunia foto di rumah saja namun ingin yang lebih ciamik? Jangan khawatir cobalah menggunakan background keren motif abstrak.

Motif abstrak banyak dihindari karena dirasa terlalu ramai untuk digunakan menjadi sebuah background foto. Namun Anda harus tahu background abstrak ini juga memiliki nilai artistik yang cukup baik.

Motif abstrak ini memiliki variasi warna yang berbeda-beda. Tidak semua motif abstrak kurang sesuai dengan bentuk foto yang akan diambil.

Cobalah pilah dengan baik motif abstrak yang akan digunakan maka Anda bisa menemukan motif yang lebih sesuai. Seperti halnya motif coretan cat.

Motif yang satu ini cocok untuk Anda yang sedang berfoto ala makeup art. Bisa juga untuk foto yang terlalu polos dan ingin tampilan lebih fresh bisa menjadi alternatif terbaik untuk digunakan.

Apalagi background yang sudah ramai ini tidak perlu editing yang berlebihan di dalamnya.

Background Pemandangan

Tidak bisa keluar rumah karena pandemi? Tentu tidak akan menutup kesempatan untuk bisa tetap berfoto kece ala pemandangan. Rekomendasi background berikutnya yang bisa digunakan adalah background pemandangan.

Background ini bentuknya cukup banyak untuk dipilih dan disesuaikan dengan pemandangan yang diinginkan.

Pertama, pemandangan pantai biasanya panorama ini cocok dengan tema foto yang lebih santai. Untuk perempuan bisa mengenakan dress tipis ala pantai dan topi bundar dengan kaki yang lebih polos tanpa alas.

Untuk laki-laki bisa mengenakan baju motif ala pantai dan celana pendek agar lebih sesuai. Background pemandangan pantai ini bisa menjadi alternatif menarik untuk foto prewedding tanpa perlu basah dan kotor saat pengambilannya.

Kedua, pemandangan pegunungan juga cukup bagus untuk digunakan sebagai pilihan terbaik saat berfoto. Untuk foto ini Anda bisa menggunakan perlengkapan seolah sedang naik gunung agar lebih sesuai dengan konsep foto yang akan digunakan.

Cocok untuk kegiatan yang virtual namun lebih masuk ke tema yang diinginkan.

Background Ala Pagar

Anda tentunya juga pernah melihat background yang satu ini. Background ini menampilkan gambar pagar kayu yang cukup cantik dengan latar taman seperti nyata. Taman dan pagar ini banyak digunakan untuk pengambilan gambar anak kecil agar menampilkan tema yang lebih fresh dan ceria.

Background ini juga cocok digunakan untuk pengambilan foto orang dewasa dengan menyesuaikan foto yang digunakan. Background yang satu ini juga bisa digunakan untuk foto sendiri maupun bersama-sama sesuai kebutuhan.

Pilihan dari background ini juga cukup banyak bisa dipilih warna dan jenis yang diinginkan.

pattern

Background Pattern

Pilihan berikutnya dari background keren yang bisa digunakan adalah tema pattern. Saat ini pilihan untuk pattern yang bisa digunakan juga cukup banyak. Seperti halnya pattern kayu, ala polkadot, motif garis sampai dengan motif geometris apapun yang dibutuhkan.

Motif ini cukup ciamik untuk memberikan kesan foto yang estetik.

Sangat cocok untuk melengkapi kebutuhan foto yang lebih kekinian tentunya. Background ini juga memiliki banyak pilihan warna yang digunakan sebagai alternatif latar belakang yang lebih ciamik.

Anda bisa memanfaatkan background ini untuk menambah hiasan dalam pengambilan foto.

Background Gelap

Siapa bilang dengan tema hitam tidak bisa menghasilkan foto yang estetik? Tentu saja tetap bisa. Anda bisa memilih kain dengan warna hitam polos ataupun dengan beberapa motif samar di dalamnya untuk background menarik.

Padukan dengan outfit dan makeup yang mendukung untuk hasil yang lebih memuaskan.

Hanya saja perlu diperhatikan ketika mengenakan background serba hitam ini memang harus menyesuaikan gelap dan terangnya. Tujuannya untuk memberikan hasil foto yang lebih seimbang dan tetap menarik untuk dinikmati.

Keunggulan Memanfaatkan Background saat Berfoto

Banyak yang meremehkan padahal dengan menggunakan background keren ini tentu pengguna bisa mendapatkan beberapa keunggulan foto seperti di bawah ini:

Foto Lebih Estetik

Dari pada berfoto dengan latar seadanya tentu hasilnya juga tidak maksimal. Anda disarankan untuk menggunakan background keren yang sesuai dengan tema yang dibutuhkan.

Latar belakang yang berantakan dan tidak masuk ke dalam konsep foto tentunya menjadi masalah yang perlu diselesaikan. Jadi perlu ditutup menggunakan background yang lebih sesuai agar hasilnya maksimal.

Hal ini akan menunjang hasil foto yang diberikan dan membuatnya lebih estetik untuk diperhatikan. Tentunya manfaat ini cukup krusial untuk dipertimbangkan.

Apalagi untuk kebutuhan foto yang akan dipamerkan ke media sosial tentu hasilnya harus lebih maksimal.

estetik

Foto Lebih Jernih

Percaya atau tidak dengan pemilihan background keren yang sesuai juga bisa menunjang hasil foto yang akan diabadikan. Beberapa warna cerah atau terang bisa dipilih untuk menyiasati ruangan yang terlalu gelap bahkan sudah menggunakan lampu sekalipun.

Anda bisa mencoba warna putih maupun warna cream untuk mengatasinya.

Warna ini juga cocok digunakan untuk foto objek seperti baju maupun produk lain untuk memancarkan warna aslinya. Background cerah juga membuat tampilan foto yang dibuat lebih estetik jadi lebih menggiurkan untuk dibeli.

Tidak Monoton

Bosan dengan latar belakang foto yang itu-itu saja? Saatnya Anda menggunakan background keren untuk foto yang lebih maksimal. Tentu di dalam maupun luar rumah sudah banyak spot foto yang terlalu sering digunakan. Sehingga kurang estetik untuk digunakan foto secara berulang.

Alternatif yang lebih sesuai dari pada harus berpindah-pindah tempat adalah pemilihan background yang lebih sesuai. Anda bisa mengoleksi beberapa background yang lebih ciamik untuk mendukung hasil foto yang bagus walau di rumah saja.

Hal ini membuat hasil fotonya menjadi ciamik dan tidak monoton tentunya untuk digunakan.

tampil beda

Berani Tampil Beda

Tentu tampilan foto yang begitu-begitu saja bisa membuat orang cepat bosan. Inilah saatnya Anda untuk berani mencoba tampil beda dengan background keren yang tidak biasanya.

Cobalah untuk menggunakan motif pemandangan maupun motif yang lebih kekinian seperti abstrak untuk hasil foto yang lebih maksimal dalam penggunaanya.

Tips Agar Hasil Foto Maksimal

Tampilan dari foto ini akan membuat hasil jepretan menjadi lebih kekinian dan berbeda dengan foto Anda sebelumnya. Foto ini bisa menjadi pertimbangan penting ketika sedang bingung dengan konsep foto yang akan dibawakan. Anda menjadi lebih percaya diri dan semangat untuk pengambilan fotonya.

Hanya saja untuk penggunaan background ini tetap harus memperhatikan beberapa hal penting untuk hasil foto yang lebih maksimal seperti di bawah ini:

Background dan Tema Foto yang Sesuai

Tujuannya adalah agar foto yang dihasilkan lebih bisa menyatu dengan objek. Banyak kesalahan yang digunakan ketika menggunakan background namun tampilannya kurang seimbang.

Perhatikan Kontras, Gelap Terang dan Pencahayaan antara Background dan Juga Objek Fokusnya

Pastikan semua hal ini saling mendukung satu dengan lainnya agar hasil fotonya menjadi lebih maksimal untuk digunakan.

Banyak orang yang asal-asalan dalam mengatur komponen ini dengan alasan backgroundnya sudah bagus. Mereka mengira tidak perlu lagi ribet dalam mengatur komponen ini.

Jangan Selalu Menggunakan Motif yang Ramai

Sebenarnya background yang bagus adalah background yang tidak terlalu ramai agar bisa lebih fokus dengan objek yang akan diambil fotonya. Jadi perhatikan juga pemilihan background untuk hasil foto yang lebih maksimal.

Anda tentunya menjadi lebih paham terkait background keren dan juga beberapa hal penting yang perlu untuk diperhatikan. Anda wajib tahu bahwa tidak semua yang bagus bisa sesuai dengan tema foto yang akan digunakan. 

Jadi, cobalah untuk melihat dari beberapa sisi dan komponen pendukung lain untuk mendapatkan foto yang lebih seimbang sehingga hasil dari foto yang dibuat nanti menjadi lebih ciamik untuk digunakan.

background gak rame

Nah, selesai sudah pembahasan terkait background yang keren dan kunjungi terus website Social Media Marketer untuk mengulik informasi menarik lainnya, ya!

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.