pexels miguel a padrinan 2882507

9 Tips Menemukan Referensi Ide Konten Blog

Temukan cara menemukan ide konten blog tanpa batas untuk pengembangan website brand dan blog pribadi.

Sebagai seorang blogger yang aktif mengunggah artikel dan tulisan secara rutin, menemukan ide konten blog menjadi salah satu penghalang utama.

Padahal sebuah studi dari Orbit media menyatakan bahwa website yang aktif mengunggah artikel 2-6 kali dalam seminggu memiliki tingkat keberhasilan yang lebih besar.

Meskipun begitu, frekuensi mengunggah konten secara teratur, juga membuat blogger akhirnya mencari cara untuk menemukan ide konten blog yang bisa digunakan secara terus menerus dalam jangka waktu lama.

Karenanya berikut beberapa tips menemukan referensi ide konten blog yang efektif dan disukai oleh target audience yang diinginkan.

cara menemukan ide konten blog

5 Cara Menemukan Ide Konten Blog

Salah satu bagian paling sulit dalam mengembangkan website brand serta blog pribadi adalah menemukan dan mengembangkan ide konten blog yang disukai oleh target audience.

Tidak hanya itu, blogger juga perlu mengetahui jenis informasi serta trend yang sedang naik daun, agar pembahasan yang dibuat relevan dengan topik pencarian di internet.

Sebuah ide konten blog yang menarik dan terbaru, tentunya membuat audience menunggu berbagai pembaruan artikel yang diunggah, sehingga meningkatkan jumlah traffic website secara signifikan dari waktu ke waktu.

Karenanya berikut beberapa cara menemukan ide konten blog yang efektif dan sesuai dengan keinginan audience.

Gunakan Website Pencarian Konten

Banyaknya blogger yang aktif menguggah artkel pada topik tertentu menjadikan munculnya website dan platform yang membantu mencari ide konten social media dan blog secara efektif.

Keberadaan website dan platform tersebut nantinya akan membantu anda menemukan kata kunci yang sering dicari oleh target audience di internet.

Sehingga apabila anda menggunakan kata kunci yang sama di artikel anda, maka membuka peluang untuk dikunjungi oleh target audience potensial.

Semakin banyak jumlah kunjungan website, maka akan membantu untuk meningkatkan ranking website brand dan blog pribadi oleh algoritma Google.

Cara menggunakan website pencarian konten juga cukup mudah, anda hanya perlu mengetikkan kata kunci tertentu di kolom pencarian, setelah beberapa saat maka website tersebut akan memperlihatkan volume pencarian kata kunci dalam jangka waktu tertentu.

Nilai volume pencarian yang tinggi tentunya menguntungkan untuk mendapatkan bagi blogger untuk membuat artikel yang disukai oleh target audience.

Namun, apabila anda masih bingung mengenai rekomendasi website pencarian ide konten blog, maka beberapa platform berikut bisa anda gunakan :

website buzzsumo

Buzzsumo

Website Buzzumoi menjadi platform. yang bisa anda gunakan untuk mencari ide konten blog secara cepat dan efektif.

Melalui halaman ini, anda bisa melakukan pencarian kata kunci yang sedang banyak dicari oleh target audience pada jangka waktu tertentu.

Tidak hanya itu, anda juga bisa melakukan filter pencarian menggunakan tujuan tertentu, sehingga referensi konten yang diberikan bisa semakin optimal.

website getkeyword

Getkeyword

Website kedua yang bisa menjadi referensi ide konten blog adalah Getkeyword.io yang memiliki cara kerja sama dengan Buzzsumo.

Meskipun begitu, website satu ini memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh platform sebelumnya.

Pertama adalah hasil analisa kata kunci yang lebih rinci, dimana anda akan menemukan kebiasaan audience saat mengakses website brand atau blog pribadi.

Misalnya saja, pengguna internet yang mencari kata kunci “instagram reels” lebih sering melakukan pencarian di handphone.

Hasil tersebut bisa menjadi referensi bagi blogger untuk membuat artikel dengan format yang lebih mudah dibaca dan diakses oleh pengguna handphone.

Misalnya saja, menggunakan ukuran dan resolusi gambar yang lebih kecil, sehingga memudahkan handphone untuk mengakses artikel tersebut.

Tidak hanya itu, anda juga bisa membuat format penataan paragraf yang lebih rapih dan mudah dibaca oleh target audience di handphone.

6khl1bHwRi2oH8IKK12M

Selain itu, anda juga akan menemukan volume pencarian kata kunci dalam jangka waktu tertentu.

Informasi ini tentunya berguna bagi anda untuk memilih kata kunci yang sering dicari di internet, sehingga bisa digunakan untuk ide konten blog selanjutnya.

Bagikan Survey ke Target Audience

Bagi seorang blogger yang sedang mengembangkan website brand tentunya perlu mengetahui kata kunci yang sering dicari oleh target audience di internet.

Hal ini dilakukan agar audience tertarik mengunjungi website brand anda berkat kesamaan kata kunci yang dicari di internet.

Untungnya saja sebuah website brand yang telah memliki konsumen yang banyak memiliki kemudahan untuk mengetahui minat dan kesukaan audience.

Caranya adalah dengan membagikan survey ke konsumen yang disematkan di halaman website brand.

Sehingga pembaca yang telah selesai membaca sebuah artikel akan diberikan kesempatan untuk menyampaikan kesan setelah membaca postingan tersebut.

Tidak hanya itu, pembaca juga dapat mengajukan ide konten blog yang bisa digunakan untuk artikel selanjutnya.

Blogger tidak hanya bisa membagikan survey melalui website brand, namun anda juga bisa memanfaatkan akun social media yang dimiliki.

Pengiriman survey di social media dinilai efektif karena memiliki jumlah pengikut setia yang lebih banyak, sehingga mereka tertarik untuk membagikan saran yang membangun ke depannya.

Beberapa social media seperti Twitter, Instagram, Youtube, dan Linkedin sudah memiliki fitur polling yang bisa digunakan untuk menghimpun ide konten blog yang menarik berdasarkan usul dari konsumen.

Tidak hanya itu, anda juga bisa melakukan survey dengan mengunjungi postingan social media yang membahas mengenai edukasi produk.

Dimana anda akan menemukan berbagai komentar berisi pendapat dan pertanyaan yang bisa digunakan untuk ide konten blog yang menarik.

Temukan Blog Populer dengan Minat yang Sama

Sebagai seorang blogger yang terus menerus mencari ide konten blog berdasarkan minat dan kesukaan konsumen, maka anda akan sering kali menemukan website dan blog yang telah membahas topik tersebut sebelumnya dengan referensi yang informatif.

Berbagai website dan blog tersebut juga bisa menjadi referensi ide konten blog yang sekiranya disukai oleh target audience apabila anda menuliskannya dengan pembahasan yang berbeda.

Karenanya penting bagi anda untuk menemukan blog populer dengan minat yang sama untuk dijadikan referensi ide konten blog.

Cara menemukan blog populer dan terpercaya juga cukup mudah, anda hanya perlu melakukan pencarian kata kunci tertentu di halaman pencarian.

Kemudian akan muncul berbagai macam blog dengan ranking teratas yang direkomendasikan oleh Google.

Semakin sering website dan blog tersebut muncul di kata kunci yang berbeda, maka anda bisa menggunakannya sebagai referensi blog populer dan terpercaya.

Dimana anda dapat menemukan berbagai artikel yang telah diunggah sebagai ide konten blog yang menarik dan relevan dengan minat audience.

Tidak hanya itu, anda juga bisa menggunakan portal berita yang sering membahas masalah yang sama dan relevan dengan industri yang anda miliki.

Akan tetapi, biasanya portal berita hanya membahas mengenai industri ekonomi dan kesehatan, sehingga akan sangat jarang menemukan ide konten blog untuk industri lain yang lebih spesifik.

Meskipun begitu, portal berita bisa menjadi referensi informasi yang bisa anda sematkan di konten artikel yang akan anda buat selanjutnya.

Lakukan Analisa Kata Kunci

Meskipun analisa kata kunci bisa digunakan melalui website pencarian konten, namun blogger juga bisa mencari referensi ide konten blog secara manual.

Caranya adalah dengan melakukan pencarian kata kunci di halaman pencarian Google, kemudian anda akan menemukan berbagai macam artikel yang paling banyak dicari dan mendapatkan hasil pencarian tertinggi.

Sehingga anda bisa menggunakannya sebagai ide konten blog yang menarik dan disukai oleh targeu audience.

Tidak hanya itu, pencarian secara manual melalui Google juga dapat membantu anda menemukan inspirasi judul blog yang menarik dan relevan dengan kata kunci tertentu.

Hal ini tentunya akan membantu anda yang sedang kebingungan menemukan judul blog yang menarik perhatian.

Berkunjung Ke Forum Diskusi Online

Target audience biasanya tidak hanya ditemukan di akun social media brand yang dimiliki, namun anda juga dapat menemukannya di forum diskusi online, dimana anda akan menemukan berbagai macam topik yang relevan dengan inustri yang anda tekuni.

Pembahasan di forum diskusi online yang beragam juga akan membantu anda menemukan ide konten blog yang unik dan belum pernah dipikirkan sebelumnya.

Berikut beberapa rekomendasi forum diskusi online yang bisa dikunjungi untuk menemukan ide konten blog yang menarik dan unik.

website quora

Quora

Quora menjadi salah satu platform diskusi yang banyak digunakan oleh pengguna internet untuk membagikan kisah atau pendapatnya mengenai suatu topik tertentu.

Banyaknya pengguna aktif Quora akan membantu anda menemukan topik yang menarik mengenai industri tertentu yang sedang anda tekuni saat ini.

Pada awal penggunaan platform Quora, anda mungkin akan menemukan berbagai macam postingan viral yang tidak terlalu relevan dengan minat dan topik yang anda sukai.

Akan tetapi, anda bisa mengatasinya dengan melakukan pencarian mengggunakan kata kunci tertentu di halaman pencarian untuk menemukan topik dan pembahasan yang tepat.

Seiring dengan berjalannya waktu, algoritma Quora akan menyesuaikan rekomendasi konten sesuai dengan minat dan topik yang anda sukai, sehingga anda tidak perlu kesulitan untuk mencari ide konten blog yang relevan.

linkedin

Linkedin

Meskipun Linkedin dikenal sebagai platform pencarian kerja, namun anda bisa menjadikan website ini sebagai referensi ide konten blog yang menarik.

Hal ini dikarenakan banyaknya influencer atau pengguna linkedin yang kerap menggunakan platform ini sebagai media untuk membagikan wawasan atau edukasi mengenai topik industri tertentu.

Sehingga blogger bisa memanfaatkannya sebagai sumber ide konten blog dengan topik terbaru dan menjadi pembicaraan hangat di kalangan komunitas tertentu.

Berikut beberapa cara menggunakan Linkedin sebagai sumber pencarian ide konten blog dengan mudah :

Pertama adalah pastikan untuk memiliki akun Linkedin terlebih dahulu dan melengkapi kolom deskripsi dengan minat dan topik yang anda sukai.

Setelah mencantumkan keterangan minat dengan lengkap, maka algoritma Linkedin akan membantu anda menemukan rekomendasi akun Linkedin yang sesuai dengan minat dan topik yang telah anda pilih sebelumnya.

Kemudian anda cukup mengikuti berbagai akun Linkedin tersebut yang sekiranya memiliki minat dan topik yang sama.

Selanjutnya anda bisa melihat berbagai postingan Linkedin yang telah diunggah oleh influencer tersebut untuk dijadikan ide konten blog selanjutnya.

Tidak hanya itu, anda juga bisa mengikuti akun Linkedin brand dari perusahaan yang selaras dengan industri anda untuk mengetahui topik viral yang menjadi pembahasan banyak orang.

website instagram

Instagram 

Instagram dikenal sebagai social media visual yang digunakan untuk membagikan konten estetik yang menarik untuk dibagikan ke target audience yang diinginkan.

Di sisi lain, Instagram juga dapat digunakan oleh influencer untuk membagikan konten seputar topik dan industri tertentu.

Sehingga anda bisa mendapatkan ide konten blog yang menarik berdasarkan diskusi yang dihasilkan oleh influencer dan pengikutnya.

Cara penggunaan Instagram sebagai sumber pencarian ide konten blog, memiliki kesamaan dengan Linkedin.

Meskipun begitu, anda biasanya akan melihat referensi konten dari influencer lain di halaman explore yang memiliki jumlah rekomendasi yang lebih banyak.

4 Tips Analisa Ide Konten Blog

Setelah menemukan berbagai macam referensi ide konten blog yang menarik dan tahan lama, maka jangan lupa melakukan analisa yang mendalam mengenai kata kunci tersebut.

Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa konten blog diminati oleh pembaca sehingga dapat membantu menaikkan jumlah kunjungan secara drastis.

Berikut beberapa tips analisa ide konten blog yang sesuai dengan minat dan kesukaan audience.

Buat Strategi Konten Blog

Tips pertama yang bisa dilakukan untuk menyususn strategi konten blog dengan tepat adalah mengetahui tujuan pembuat website brand dan blog pribadi.

Apakah anda akan menggunakannya sebagai katalog barang dan transaksi jual beli dengan konsumen atau memakainya sebagai tempat untuk tempat berbagai wawasan mengenai topik tertentu.

Penentuan strategi konten blog yang tepat, juga akan membantu dalam memilih dan memilah ide konten blog yang sudah dikumpulkan sebelumnya.

Tidak hanya itu, anda juga perlu mengenal industri yang telah anda pilih sebelumnya dan menentukan sub topik yang sesuai.

Misalnya saja, perusahaan anda bergerak di bidang Fashion yang memiliki cakupan yang luas, maka anda perlu menentukan jenis gaya busana yang anda tekuni.

Apakah topik fashion tersebut bergerak di busana anak-anak, baju remaja, atau dress pesta.

Pemilihan sub topik yang lebih spesifik akan membantu anda dalam menentukan topik yang relevan untuk ide konten blog selanjutnya.

Tidak hanya itu, anda juga perlu memilih kegiatan akhir yang dilakukan pembaca setelah membaca artikel yang anda suguhkan, apakah mereka akan memberikan komentar atau melakukan transaksi dengan pilihan produk yang anda miliki.

Hal ini nantinya akan membantu menentukan jenis artikel yang anda suguhkan ke pembaca, apakah artikel yang berbentuk informatif atau berisi kalimat call to action di bagian akhir artikel yang akan membuat pembaca tertarik membeli produk yang ditawarkan.

Biasanya tujuan website brand dan blog pribadi adalah menarik audience potensial, meningkatkan kunjungan website, menambah penjualan, atau memberikan edukasi ke konsumen mengenai produk tertentu.

Setelah anda mengetahui tujuan dari website brand dan blog pribadi, maka akan memudahkan anda untuk memahami topik yang sesuai dengan ide konten blog dengan hasil terbaik yang diberikan.

Mengetahui Target Audience

Pada penentuan ide konten blog untuk website brand dan blog pribadi, anda tidak hanya mencari topik yang memiliki volume pencarian tertinggi, namun anda juga perlu memastikan target audience yang dituju.

Cara ini dilakukan untuk menentukan apakah topik yang anda berikan sudah sesuai dengan jawaban yang dicari oleh audience di internet dan relevan dengan industri yang anda jalani.

Misalnya saja, anda memiliki produk kesehatan gigi yang bergerak di industri kesehatan, tentunya tidak semua topik mengenai kesehatan bisa anda ambil sebagai ide konten blog, namun anda hanya perlu memilih pembahasan yang berkaitan dengan kesehatan dan perawatan gigi.

Tidak hanya itu, pembaca artikel yang mengunjungi website brand anda, belum tentu tertarik untuk menjadi pembeli, namun bisa saja mereka hanya mencari jawaban dari masalah tertentu.

Sehingga anda perlu mengetahui kebiasaan pembaca agar dapat menyajikan konten artikel yang menarik dan disukai oleh target audience.

Cara penentuan audience untuk pembaca artikel di website brand adalah membentuk buyer persona dari kelompok pembeli yang anda tuju.

Misalnya saja, produk anda menyasar konsumen remaja dengan rentang usia 15-19 tahun dan memiliki gender wanita, sehingga anda perlu membuat buyer persona dengan tampilan yang sama.

Penentuan buyer persona untuk target konsumen juga akan membantu anda menentukan gaya bahasa yang mudah dipahami oleh audience, sehingga informasi yang disampaikan dapat diterima dengan baik.

Tentukan Jenis Artikel yang Akan Diunggah di Website Brand

Berbagai macam berita yang muncul dari industri yang anda geluti, menjadikan anda menemukan berbagai referensi ide konten blog yang menarik.

Sayangnya, meskipun ide konten blog tersebut tengah viral dan menjadi bahan perbincangan konsumen, namun anda belum bisa mengolahnya menjadi artikel tertentu karena jumlah referensi yang kurang.

Di sisi lain, waktu menunggu referensi yang cukup lama menjadikan anda ketinggalan trend terbaru dan kehilangan traffic website potensial.

Guna mengatasi masalah tersebut maka anda bisa mengatasinya dengan membuat dua jenis cluster topik artikel yang berbeda.

Pertama adalah topik berita dimana anda bisa mengunggah berbagai berita terbaru mengenai industri anda dan sedang dicari oleh target audience.

Pada pembuatan jenis artikel ini, anda memiliki kebebasan untuk menulis artikel dengan jumlah kata tertentu, asalkan tetap membahas topik yang berkaitan.

Anda bisa menemukan berbagai macam topik berita dengan mengunjungi portal media yang membahas industri khusus yang bisa ditemukan dengan mudah di internet.

Kedua adalah topik artikel jangka panjang dimana artikel yang disuguhkan dibagi lagi menjadi dua bagian yakni pilar content dan cluster content.

Pada bagian pilar content maka anda akan membuat artikel dengan jumlah kata yang lebih banyak dan berisi berbagai sub topik tertentu.

Berbagai sub topik tersebut nantinya menjadi sumber ide konten blog untuk cluster content.

Sehingga pembaca yang membaca artikel pilar content akan membaca artikel lain yang memiliki sub topik yang relevan dan begitu juga sebaliknya.

Identifikasi Topik Blog

Pada proses identifikasi topik blog maka akan membantu anda dalam mendapatkan pandangan mengenai perencanaan konten yang baik di masa yang akan datang.

Dalam proses ini anda perlu mengumpulkan 5-10 topik utama yang menjadi bahan perbincangan dan pencarian pembaca di internet.

Pastikan juga beberapa topik utama tersebut bisa dikembangkan menjadi topik-topik lain yang menarik dan menjadi bahan perbincangan ke depannya.

Contohnya saja anda memilih pilar topik mengenai Social Media SEO maka anda bisa mengembangkan cluster topik yang berisi optimasi pencarian untuk social media tertentu.

Sehingga anda mendapatkan hasil artikel yang lebih variatif dan sesuai dengan perkembangan informasi terbaru.

Tidak hanya itu, anda juga perlu merancang perencanaan website dengan apik serta memilih kata kunci yang mudah ditemukan oleh Google.

Sehingga pembaca tertarik untuk mengunjungi website anda berkat pencarian yang relevan.

Sumber:

https://targetmarket.com/2017/03/how-to-find-the-best-blog-topics-for-your-industry/

https://neilpatel.com/blog/how-to-come-up-with-blog-ideas/

https://www.semrush.com/blog/how-to-find-blog-post-ideas/

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *