pexels pixabay 267569 1

7 Tips Memulai Blogging Bagi Pemula

Kenali cara memulai perjalanan sebagai blogger dengan mengetahui tips blogging untuk pemula.

Kegiatan menulis di internet sudah menjadi kebiasaan banyak orang dari tahun ke tahun, dimana anda akan menemukan sudut pandanga seseorang mengenai suatu masalah sehingga membuka wawasan baru.

Sehingga tidak mengherankan apabila banyak orang yang memulai kegiatan blogging sebagai kegiatan pengisi waktu luang dan sarana penyampaian pendapat.

Di sisi lain, kegiatan blogging juga memiliki manfaat bagi berbagai kalangan, contohnya adalah memasarkan brand dan produk tertentu melalui tulisan di blog dan website.

Hal ini dikarenakan kebiasaan pengguna internet yang mencari solusi dari masalah di internet menggunakan kata kunci tertentu.

Pada proses pencarian ini, anda akan menemukan berbagai macam artikel yang mampu menyelesaikan masalah tersebut dengan cepat.

Tidak jarang, anda akan menemukan jawaban dari masalah tertentu melalui produk yang dipromosikan di website tersebut.

Sehingga pembaca akan tertarik untuk membeli produk tersebut untuk menyelesaikan masalahnya.

website dekoruma

Contohnya yang dilakukan oleh brand furnitur Dekoruma yang memiliki website khusus untuk jual beli serta artikel khusus yang berisi inspirasi dekorasi interior rumah menggunakan produk yang dimiliki.

Sehingga calon konsumen yang awalnya hanya mencari solusi dari masalah akan tertarik untuk membeli produk tertentu.

Cara ini tentunya akan membantu meningkatkan penjualan secara daring serta menaikkan brand awareness produk dengan profesional.

Namun, dalam membangun website atau blog untuk kebutuhan pribadi dan bisnis, maka anda perlu mengetahui langkah-langkah yang tepat agar artikel anda banyak dibaca oleh orang lain.

Karenanya berikut beberapa pendekatan yang bisa dilakukan untuk memulai hobi blogging bagi pemula.

ketahui target audience

Tentukan Topik Artikel &Target Audience 

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk memulai blogging adalah mengetahui pengguna internet yang akan membaca artikel yang anda suguhkan.

Apakah pembaca berasal dari kalangan remaja yang sedang belajar mengenai perawatan wajah atau audience dari wanita dewasa yang ingin mencari rekomendasi tas kulit mewah.

Pemilihan audience yang tepat tidak hanya akan membantu meningkatkan jumlah traffic website, namun membantu anda untuk mencari topik artikel yang menarik untuk dibahas di blog yang dimiliki.

Tentunya anda ingin menulis artikel yang sesuai minat dan topik yang anda sukai bukan?

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui target audience serta topik artikel yang tepat untuk webstite anda.

Ketahui Tujuan Membuat Website

Pada pembuatan website dan blog untuk pribadi dan perusahaan, anda tidak hanya menyediakan fitur-fitur pendukung yang dapat membuat pembaca tertarik untuk berdiam diri lebih lama di website anda.

Namun, anda juga perlu mengetahui tujuan melakukan blogging di internet, apakah anda membuat websiter tersebut untuk melakukan transaksi jual beli, membagikan konten edukasi yang sesuai minat, atau mencurahkan perasaan yang sedang terjadi hari ini.

Tujuan tersebut juga akan membantu anda untuk mengetahui jenis artikel yang akan ditulis dan disebarkan di khalayak luas.

Contohnya saja, apabila konten anda berupa edukasi mengenai topik tertentu, maka anda bisa menggunakan gaya bahasa yang biasanya digunakan oleh kalangan usia tertentu sembari menambahkan informasi yang mendukung.

Hal ini akan membuat artikel anda lebih dipercaya, sehingga pembaca tidak segan untuk membagikan ke orang lain.

website socialmediamarketer

Kegiatan blogging ini juga dilakukan oleh website Socialmediamarketer yang rutin mengunggah artikel mengenai pengembangan social media untuk berbagai kalangan. 

Sementara apabila artikel anda memiliki tujuan untuk menjual produk tertentu, maka anda bisa menambahkan edukasi ke konsumen mengenai topik tertentu sembari menyelipkan produk yang anda miliki.

Sehingga penonton yang melihat artikel dan gambar yang disuguhkan akan tertarik untuk membeli produk anda.

nXOqLhDJQAWGdTKHX0Ls

Cara ini juga dilakukan oleh website Watson yang mempromosikan barang yang dijual melalui artikel yang berkaitan dengan kesehatan tubuh, sehingga pembaca tertarik untuk membeli produk yang dijual dan dipromosikan dinwebsite tersebut.

Sementara apabila tujuan blogging anda untuk mencurahkan perasaan, maka anda bisa menggunakan gaya bahasa yang santai namun tetap memiliki alur cerita yang menarik agar pembaca tertarik untuk membaca hingga akhir.

Pilih Topik yang Memiliki Target Audience Potensial

Setelah menentukan target audience yang diinginkan serta tujuan membuat website brand dan blog pribadi, maka langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah menentukan topik yang sedang naik daun.

Hal ini dilakukan agar blog dan website yang anda kembangkan dapat dilihat oleh banyak orang sehingga meningkatkan jumlah kunjungan yang cukup besar.

Semakin banyak kunjungan dan interaksi di blog anda, maka membuka peluang untuk meningkatkan penjualan dari website serta menadapatkan peluang untuk mendapatkan uang dari blog.

Akan tetapi, apabila anda mengalami kebingungan dalam menentukan topik yang sedang naik daun, makaa beberapa cara berikut bisa anda gunakan :

Pertama adalah mengikui berbagai akun social media influencer yang sering membahas topik tertentu.

Cara tersebut akan membantu anda untuk mengetahui topik yang disukai banyak orang dan membuat mereka tertarik untuk mencarinya lebih dalam melalui artikel di internet.

Tidak hanya itu, anda juga bisa mengikuti berbagai portal berita online atau website tertentu yang memiliki topik yang selaras dengan minat dan tujuan anda.

Meskipun anda, memilih topik dan minat yang sama, namun anda bisa menambahkan beberapa pembahasan tambahan yang sekiranya relevan dengan target audience.

Kedua adalah menggunakan bantuan dari website tertentu untuk mengetahui topik yang banyak dicari di internet.

google trends

Anda bisa menggunakan website Google Trends untuk mencari topik yang memiliki volume pencarian tertinggi dalam jangka waktu tertentu.

Penggunaan website ini tentunya menguntungkan bagi penulis yang baru memulai blogging untuk mencari topik yang sedang naik daun secara gratis.

Tidak hanya itu, website ini juga terintegrasi langsung dengan Google yang akan membantu anda untuk mencari topik viral yang menjadi bahan perbincangan di social media, forum diskusi, serta sering dicari di internet.

Akan tetapi, apabila anda sudah menemukan topik tertentu namun merasa kurang yakin pada hasil volume pencarian, maka anda bisa mengguankan website berbayar seperti Getkeyword atau Semrush yang akan membantu mengecek jumlah volume pencarian secara langsung.

analisa kinerja kompetitor

Analisa Kinerja Kompetitor 

Kebiasaan blogging yang sudah dimulai sejak beberapa tahun lalu, menjadikan anda akan menemukan berbagai website dan blog kompetitor yang telah memiliki jumlah kunjungan yang cukup banyak setiap hari.

Meskipun begitu, perbedaan jumlah pengunjung dan artikel yang cukup banyak bukanlah penghalang besar.

Akan tetapi, menjadi sebuah sarana untuk menganalisa kinerja kompetitor yang memiliki minat dan topik yang serupa.

Sehingga anda bisa menerapkannya di blog pribadi dan website brand dengan konsep yang berbeda.

Tidak hanya itu, anda juga akan memiliki pemahaman mengenai topik yang sering dibahas oleh target audience serta jenis topik blog dan format yang sesuai.

Apabila anda masih bingung mengenai analisa website kompetitor yang bisa dilakukan, maka beberapa langkah berikut bisa anda lakukan :

Pertama adalah identifikasi cara penulis lain membuat konten untuk audience yang dituju.

Misalnya gaya bahasa yang digunakan, pemilihan topik di setiap artikel, serta penggunaan gambar yang sesuai.

Hal ini akan membantu anda untuk memberikan tampilan website dan blog yang lebih profesional, meskipun anda masih pemula.

Kedua adalah analisa kategori yang digunakan pada website tersebut, halaman populer, serta kata kunci yang sedang naik daun.

Pemilihan ini dilakukan mengingat topik utama di website tertentu biasanya memiliki sub topik yang saling berkaitan satu sama lain.

Sehingga pembaca dapat membaca artikel lain yang sekiranya memiliki topik pembahasan yang serupa. 

Ketiga adalah menemukan keunikan dari setiap website dan blog yang menjadi jujukan banyak orang.

Keunikan tersebut bisa dilihat dari penggunaan gaya bahasa yang disampaikan ke pembaca sesuai kalangan usia.

Pembaca di kalangan usia dewasa biasanya menggunakan pemilihan bahasa yang formal, dibandingkan dengan pembaca remaja yang memiliki gaya bahasa yang lebih santai.

Selain itu, anda juga bisa melihat topik pembahasan yang dibahas di artikel tersebut. Sebuah website yang ramai pengunjung biasanya berawal dari membahas topik yang sedang naik daun.

Tidak hanya itu, tampilan website juga menjadi daya tarik utama bagi pembaca yang baru mengunjungi website tertentu.

Pastikan warna website anda sesuai dengan ciri khas brand yang dimiliki serta memiliki pilihan fitur yang mudah ditemukan dengan cepat.

Sehingga pembaca yang baru menemukan website anda tertarik untuk melihat berbagai artikel yang disuguhkan.

Keempat adalah mengetahui platform social media yang dimiliki oleh website brand tersebut.

Meskipun penggunaan website dan blog memiliki sasaran yang berbeda, namun brand tersebut biasanya mempromosikan unggahan artikel di social media.

Cara ini dilakukan untuk menambah jumlah kunjungan ke website tersebut untuk sekedar mempromosikan artikel yang dimiliki atau melakukan transaksi jual beli.

Sehingga anda juga perlu memahami cara penulis untuk mempromosikan website dan blog yang dimiliki untuk menambah jumlah pengunjung.

instagram semrush

Cara ini juga dilakukan oleh website Semrush yang mempromosikan artikel yang dimiliki menggunakan fitur Instagram story dan stiker link agar memudahkan pengikutnya untuk mempromosikan artikel yang baru saja diunggah di website yang dimiliki.

Pilih Platform Blogging yang Sesuai Keinginan

Bagian paling penting dalam memulai membuat blog pribadi dan perusahaan adalah menentukan platform blogging yang sesuai keinginan.

Pada pemilihan ini, anda perlu mempertimbangkan beberapa pilihan seperti budget yang dimiliki, serta beberapa fitur yang dapat memudahkan konsumen saat mengunjungi website brand anda.

Beberapa rekomendasi platform blogging yang biasa dipakai oleh blogger adalah WordPress yang dipakai sebanyak 43% pengguna internet, Webflow, Drupal, Ghost, dan Wix.

Beberapa platform tersebut tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan yang bisa menjadi pertimbangan saat akan menggunakannya untuk kegiatan blogging.

Pada platform WordPress, anda akan memerlukan website hosting yang akan memudahkan untuk mengatur jalannya website.

Tidak hanya itu, WordPress juga menyediakan berbagai peluang plugin yang dapat membantu tampilan website dan blog menjadi lebih menarik.

Namun, apabila anda baru memulai hobi blogging dan hanya akan menggunakannya sebagai kebutuhan pribadi, maka anda bisa menggunakan platform Wix dan Squarespace yang lebih mudah digunakan, sehingga cocok untuk pemula.

Anda juga perlu mengecek kinerja website anda secara rutin untuk menghindari gangguan yang muncul di website anda yang dapat membuat artikel sulit ditemukan di internet.

Pada berbagai platform blogging juga telah disediakan fitur analisa yang akan membantu anda untuk menganalisa kinerja website anda dalam jangka waktu tertentu.

Pastikan juga untuk memilih nama domain website yang mudah dicari dan diketik di internet.

Penggunaan nama yang sulit dan terlalu unik malah menyebabkan audience susah mengingat nama domain tersebut, sehingga berfikir ulang untuk mengunjungi website tersebut.

Namun, anda masih memiliki beberapa opsi dalam membuat nama domain yang menarik dan mudah diingat.

Apabila website dan blog tersebut ditujukan untuk transaksi dan promosi brand tertentu, maka lebih baik untuk menggunakan nama brand tersebut.

Cara ini dilakukan agar konsumen mudah menemukan nama website anda saat mengetikkannya di halaman pencarian.

Akan tetapi, apabila anda melakukan strategi blogging untuk membuka jalan sebagai influencer, maka anda bisa menggunakan nama topik yang menjadi tujuan utama.

Cara ini dilakukan untuk membuat website anda terlihat profesional dan audience juga memahami konten yang akan dilihat nantinya.

Di sisi lain, jika blog anda ditujukan untuk kepentingan pribadi, maka anda bisa menggunakan nama asli sebagai nama domain.

Pastikan juga untuk memberikan deskripsi pada nama blog tersebut, sehingga pengunjung bisa mengetahui website yang akan dibaca nantinya.

keyword

Gunakan Kata Kunci Secara Strategis

Agar artikel anda menjangkau target audience yang lebih luas dan dibaca oleh banyak orang, maka penggunaan kata kunci yang tepat harus digunakan di artikel serta blog.

Anda bisa memulai dengan menambahkan kata kunci yang dipilih di artikel anda dengan jumlah tertentu.

Pastikan penyematan kata kunci tidak terlalu banyak dan sedikit agar lebih mudah ditemukan di halaman internet.

Tidak hanya itu, anda juga bisa menambahkan kata kunci tersebut di bagian deskripsi artikel serta judul artikel.

Hal ini dilakukan agar artikel lebih mudah ditemukan oleh pengguna internet yang melakukan pencarian menggunakan kata kunci tertentu.

Penambahan kata kunci di bagian deskripsi juga akan membantu pengguna internet memahami isi artikel secara singkat sebelum memutuskan membaca isi artikel secara keseluruhan.

Pemberian kata kunci yang sesuai juga akan membantu algoritma google memahami isi artikel dengan mudah sehingga memberikannya ke audience yang sesuai.

Agar artikel terlihat menarik dan layak ditampilkan di halaman pencarian awal, maka anda bisa menyematkan kata kunci secara natural dengan artikel, sehingga tulisan anda tidak terlihat spam atau menggunakan bot tertentu.

bLjFcMaQC659DPwoqZR5

Sempatkan Waktu Untuk Membaca 

Penggunaan internet yang masif beberapa tahun ini membuat banyak orang lebih tertarik untuk mencari informasi melalui internet dibandingkan buku atau jurnal lainnya.

Hal ini dikarenakan pencarian internet akan merangkum jawaban yang tepat secara singkat, sehingga mudah dipahami oleh orang awam.

Karenanya sebagai penulis yang mengunggah tulisannya di internet, maka anda perlu mencari pengetahuan baru mengenai topik untuk artikel yang akan anda bahas di blog tertentu.

Kegiatan ini dilakukan agar isi artikel yang anda unggah memiliki kesan profesional dan menyampaikan informasi yang sesuai dengan kenyataan.

Sehingga audience akan tertarik untuk mengunjungi website anda berulang kali untuk mencari artikel yang diinginkan.

Meskipun begitu, anda juga perlu membaca buku dari berbagai sumber yang tidak berkaitan dengan topik blog anda.

Misalnya saja, meluangkan waktu untuk membaca buku cerita atau portal berita terpercaya.

Dengan membaca berbagai sumber yang berbeda dan unik, maka akan membantu meningkatkan kosakata bahasa yang berguna untuk artikel yang akan dibuat di waktu yang akan datang.

Tidak hanya itu, gaya bahasa yang menarik dalam bentuk story telling juga akan membuat pembaca terlena pada cerita yang anda sampaikan.

Sehingga pembaca tidak seperti membaca curahan hati seseorang namun sumber bacaan yang menarik untuk mengisi waktu luang.

Anda juga bisa membaca artikel dari kompetitor lain yang memiliki topik yang sama namun dari negara yang berbeda.

Cara ini dilakukan agar anda mendapatkan referensi artikel yang menarik dan bisa anda suguhkan ke pembaca.

2hZBwm0KQRqOXm4ZHFUD

Membangun Strategi Konten Untuk Artikel

Sama seperti social media lainnya yang membutuhkan strategi yang tepat untuk menjangkau target audience yang diinginkan, maka anda juga perlu menggunakan strategi konten untuk mengembangkan website dan blog yang dimiliki.

Meskipun anda bisa mengisi berbagai artikel yang memiliki topik yang berbeda setiap hari, namun cara tersebut dianggap kurang efektif untuk jangka waktu lama.

Di sisi lain, sebanyak 78% marketer berpendapatan halaman website mereka memiliki performa yang lebih baik setelah memiliki strategi konten, dimana mereka bisa fokus pada tujuan yang diinginkan, konten yang ingin dikembangkan, serta membuat perkembangan yang lebih baik.

Dalam pembuatan strategi konten blog, maka blogger sebaiknya menyusun ke dalam beebrapa daftar berikut :

Pertama adalah mengenali target audience yang akan menjadi calon pembaca tulisan di blog dan website.

Apabila anda mengembangkan website brand maka anda perlu mengetahui calon konsumen yang dituju serta masalah yang dihadapi.

Akan tetapi, apabila anda membuat artikel untuk pribadi maka anda bisa fokus pada pengembangan topik artikel yang sesuai minat dan kesukaan.

Kedua adalah memahami tujuan pembuatan website brand dan blog, apakah anda ingin meningkatkan penjualan secara daring atau hanya ingin membagikan pengetahuan dan wawasan mengenai topik tertentu.

Ketiga adalah mengetahui algoritma google serta metrik yang digunakan untuk mengukur kinerja website dan blog yang dimiliki.

Beberapa metrik yang perlu anda dipahami oleh blogger pemula adalah jumlah kunjungan ke halaman website atau blog dalam jangka waktu tertentu serta waktu yang dihabiskan di halaman tersebut.

Semakin lama waktu yang dihabiskan untuk di halaman website serta jumlah pengunjung yang terus bertambah menjadi pertanda bahwa website anda disukai oleh target audience yang tepat.

blogging dengan rutin

Konsisten Unggah Konten 

Salah satu kunci untuk mendapatkan ranking website yang tinggi serta masuk ke halaman pencarian teratas adalah rutin mengunggah konten di waktu yang telah ditentukan sebelumnya.

Hal ini dilakukan agar Google mengidentifikasi keaktifkan website dan blog tersebut, sehingga menaikkan ranking pencarian.

Keaktifan dalam mengunggah artikel secara rutin juga akan membuat audience menunggu-nunggu artikel yang akan diunggah selanjutnya.

Di sisi lain, anda tentunya tidak bisa mengandalkan satu artikel dan langsung menjadi viral begitu saja.

Bagi pemula yang baru saja pembuat website brand dan blog pribadi, maka ada baiknya anda mengunggah artikel setidaknya tiga kali dalam seminggu dengan topik yang berbeda.

Sehingga akan membuat audience menunggu-nunggu waktu dimana anda mengunggah artikel di website dan blog.

Anda juga bisa memanfaatkan waktu yang kosong untuk mengumpulkan data pendukung dan ide konten yang menarik yang akan diunggah di hari selanjutnya.

Sehingga kualitas artikel anda menjadi lebih baik serta informasi yang diberikan terjamin kualitasnya.

Sumber :

https://www.semrush.com/blog/blogging-tips/

https://www.wix.com/blog/2021/05/blogging-for-beginners/

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *