5 2 7

Cara Mengecek Nomor Rekening Bank di Website dan Mobile Banking

Ketahui cara mudah mengecek nomor rekening bank di handphone dan ATM dengan beberapa cara berikut.

Memiliki akun rekening bank kini sudah menjadi gaya hidup banyak orang mengingat perlunya menyimpan uang secara aman dan agar kualitasnya terjaga dengan baik.

Keberadaan bank sendiri sudah berdiri sejak puluhan tahun lalu dan terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju.

Banyaknya rekening bank yang ada juga menjadi keuntungan bagi banyak konsumen untuk memilih bank yang sesuai dengan kemampuan finansial yang dimiliki.

Agar mampu bersaing dengan kompetitor lainnya, banyak bank yang menawarkan fasilitas unggulan seperti tabungan untuk anak hingga eksekutif serta pilihan lain dalam menabung seperti deposito dan lainnya.

Semakin pesatnya pertumbuhan teknologi akhirnya membuat banyak orang bisa melakukan transaksi bisnis dengan orang lain secara mudah dan cepat hanya melalui genggaman handphone.

Salah satu contoh transaksi yang sering digunakan adalah transfer uang ke dompet digital atau melakukan pembayaran di pusat perbelanjaan melalui QR Code sehingga lebih mudah dan cepat.

Namun sebelum melakukan berbagai transfer uang, pengguna sebaiknya mengecek dahulu nomor rekening yang dimiliki sebelum mengisi ulang dompet digital yang dimiliki atau melakukan pembayaran transaksi.

Berikut cara mudah mengecek nomor rekening dengan cepat dan kegunannya saat transaksi.

kegunaan nomor rekening

Kegunaan Nomor Rekening di Bank

Disaat melakukan registrasi akun baru di sebuah bank biasanya seorang pengguna diberikan nomor rekening sebagai identitas diri di bank tersebut.

Sebenarnya apa sih nomor rekening itu dan mengapa sangat dibutuhkan oleh beberapa konsumen?

Singkatnya, nomor rekening adalah nomor yang digunakan untuk memasukkan sejumlah uang ke bank atau ATM.

Nomor yang diberikan ke setiap konsumen tersebut berguna untuk melakukan berbagai aktivitas keungan di bank.

Tidak hanya sebagai identitas ternyata nomor rekening juga memiliki manfaat tersembunya yang tidak anda ketahui sebelumnya.

Sebagai Alat Pembayaran

Saat melakukan transaksi di pusat perbelanjaan dalam jumlah besar biasanya pengguna akan diminta nomor rekening.

Hal ini dilakukan agar proses penerimaan uang bisa berjalan dengan lancar dan pengguna tidak perlu mengambil uang melalui ATM.

Saat ini proses jual beli pun semakin lancar karena pengguna bisa melakukan transaksi langsung dengan cara melakukan transfer melalui Mobile Banking sehingga pengguna tidak perlu datang ke ATM untuk melakukan pengiriman uang.

Dengan adanya aplikasi mobile banking di handphone, pengguna tidak perlu membawa buku tabungan kemana saja untuk mengecek nomor rekening saat melakukan transaksi.

Selain menyusahakan diri sendiri, membawa nomor rekening juga lebih berisiko karena identitas nasabah tersimpan disana dan juga buku tabungan bisa saja robek dan basah karena dibawa kemana saja.

Digunakan Sebagai Alat Transaksi

Saat mulai membuka akun bisnis di market place seperti Shopee dan Tokopedia, penjual biasanya diminta nomor rekening di kolom identitas.

Langkah ini dilakukan agar hasil penjualan dari akun market place yang dimiliki bisa dikirim ke nomor rekening sehingga hasilnya digunakkan untuk memutar modal untuk berjualan.

Pihak market place sendiri biasanya memberikan kolom khusus pengisian nomor rekening dimana pengguna bisa memilih akun bank yang digunakan serta mengisi nomor rekening yang sesuai.

Bagi penggila belanja khususnya di market place yang menyediakan banyak diskon serta pilihan harga tentunya membutuhkan langkah pembayaran yang cepat agar barang bsa lebih cepat dikirm.

Karenanya agar proses transaksi lebih mudah maka pengguna bisa membuka akun di dompet digital yang digunakan untuk pembayaran di berbagai toko di market place.

Dengan adanya dompet digital ini pengguna juga bisa membayar berbagai kebutuhan di berbagai pusat perbelanjaan atau tempat makan yang menyediakan opsi pembayaran menggunakan layanan dompet digital.

Saat proses pembuatan akun dompet digital biasnaya pengguna akan diminta nomor rekening yang berguna untuk melakukan top up di dompet digital.

Syarat Mengajukan Kredit

Ingin membeli rumah atau kendaraan namun uang masih terbatas? Jika anda berada di posisi ini biasanya opsi kredit menjadi pilihan.

Dengan adanya pilihan kredit ini pengguna bisa memiliki rumah atau kendaraan impian setelah melakukan kredit di dealer yang tentunya sudah disetujui dengan bank.

Saat memulai transaksi secara kredit tentunya pengguna harus siap untuk menyisihkan sebagian pendapatan untuk membayar cicilan dan menyiapkan sejumlah uang terlebih dahulu untuk melakukan Down Payment (DP).

Meskipun terlihat melelahkan namun beberapa orang yang sudah mapan akan penghasilannya biasanya menggunakan opsi ini untuk mendapatkan kebutuhan utama yanpa perlu menunggu waktu lama.

Biasanya sebelum memulai mengajukan kredit seorang nasabah diminta untuk mengisi berkas-berkas guna mengetahui kemampuan dalam membayar berbagai macam cicilan.

Salah satu berkas yang dibutuhkan adalah nomor rekening yang tak hanya berguna sebagai identitas namun digunakan untuk mengecek kesehatan finansial pengguna di Bank Indonesia.

Apabila pengguna masuk ke salah satu daftar blacklist Bank Indonesia maka pengajuan kredit akan ditolak karena pengguna dirasa tidak memenuhi kriteria dalam pengajuan kredit.

Karenanya sebelum mengajukan kredit pastikan dulu bahwa anda tidak memiliki hutang baik di Bank atau pinjaman online.

Berguna Untuk Pembukaan Program Perbankan

Banyaknya program yang ditawarkan oleh bank biasanya membuat pengguna tertarik untuk membuka akun di berbagai layanan yang ada.

Hal ini dilakukan agar uang tidak berada di satu tempat saja dan bisa lebih berputar untuk menghasilkan keuntungan yang lebih banyak.

Beberapa program perbankan yang bisa digunakan oleh konsumen adalah deposito atau dana pensiun yang berguna untuk menaikkan nilai uang dalam jangka panjang.

Namun sebelum memulai untuk membuka akun deposito atau dana pensiun, pemilik akun biasanya akan diminta nomor rekening saat memulai mendaftar sebagai syarat identitas dan juga mempermudah memotong uang dari tabungan utama ke akun deposito.

Sebelum memulai membuka akun deposito dan sebagainya, pengguna juga sebaiknya mengecek dahulu keuntungan dan juga hasil yang akan di dapatkan sehingga tidak merasa rugi setelah membuka akun deposito atau dana pensiun.

cara mudah memilih bank yang tepat

Cara Mudah Memilih Bank yang Tepat

Banyaknya bank yang memberikan layanan dan fasilitas berbeda tak jarang membuat banyak orang awam bingung untuk memilih bank yang tepat dan cook untuk dijadikan tempat transaksi yang aman dan cepat.

Sebelum memulai mendaftarkan diri di bank tertentu sebaiknya ketahui dulu kriteria apa saja yang sebaiknya di dalam sebuah bank yang ideal.

Berikut cara mudah memilih bank yang tepat untuk tempat penyimpanan uang.

Ketahui Biaya Admin Bulanan

Saat memulai menabung di sebuah bank biasanya pengguna akan diberikan biaya admin yang berbeda-beda setiap banknya.

Biaya admin ini biasanya dipotong setiap bulannya dari akun bank anda dan biasanya tidak akan terasa karena potongannya cukup kecil.

Namun apabila anda sudah lama tidak menggunakan bank tersebut bisa saja uang yang tersimpan di rekening anda habis dan menyebabkan akun rekening anda diblokir karena tiadanya aktivitas dalam jangka waktu yang lama.

Karenanya sebelum mencari bank yang tepat pastikan untuk mencari tahu biaya admin bulanan yang dikeluarkan melalui teman dengan bank yang sama atau mencarinya melalui website resmi atau social media bank tersebut.

Beberapa bank juga biasanya menawarkan biaya admin yang rendah atau bahkan tidak ada potongan sama sekali.

Karenanya penting bagi anda untuk melakukan survei terlebih dahulu sebelum memulai membuka akun di bank tertentu.

Pilih Bank yang Menawarkan Pertolongan Cepat

Kartu ATM yang hilang atau bahkan akun rekening yang mendadak dibajak orang lain terkadang membuat seseorang bingung untuk melakukan pelaporan dengan mudah dan cepat.

Apabila kejadian ini terjadi pada anda maka langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menghubungi customer service untuk mengetahui langkah selanjutnya yang bisa diambil  agar tidak salah langkah.

Karenanya penting bagi anda untuk memilih bank yang menawarkan pertolongan cepat disaat anda sedang kepepet atau dalam kondiri bahaya.

Pertolongan ini bisa dibantu dengan adanya customer service yang membantu untuk memberikan solusi cepat akan masalah anda sehingga uang yang dimiliki masih bisa diselamatkan dan dapat membuat laporan ke polisi sesegera mungkin.

Untuk mengetahui kecepatan dari layanan costumer service bank tertentu, pengguna bisa mencarinya di social media dimana biasanya pelanggan mengeluarkan keluh kesahnya.

Pengguna juga bisa mencari ulasan mengenai layanan bank tertentu melalui berita online yang tersebar luas di internet.

Apabila pengguna sudah tertarik dan merasa aman sebelum memulai membuka akun bank tertentu maka pengguna bisa memulai untuk mendaftarkan diri di bank tersebut.

Ketahui Promosi dari Setiap Bank

Guna menarik banyak konsumen dalam membuat akun di bank mereka biasanya beberapa bank menyediakan promosi berupa potongan harga di tempat makan atau pusat perbelanjaan tertentu.

Promosi ini tentu saja bisa menarik minat konsumen untuk mendapatkan harga barang yang lebih murah dari biasanya.

Apabila anda hobi berbelanja online atau mencicipi makanan di tempat tertentu maka promosi ini bisa dimanfaatkan dengan baik dan mulai mencari bank yang menawarkan banyak promosi setiap bulannya.

Cara mencari informasi promosi tersebut pun sangat mudah karena pengguna cukup mengunjungi akun social media tertentu dan menghitung banyaknya promosi yang diadakan setiap bulannya.

Apabila promosi tersebut sering anda gunakan maka bisa memulai untuk membuka akun di bank tersebut dan menggunakannya hanya untuk melakukan pembayaran di berbagai tempat tertentu.

Pilih Bank yang Fleksibel Saat Transaksi

Saat melakukan transaksi baik melakukan transfer ke orang lain atau melakukan pembayaran di berbagai tempat tentunya pengguna ingin transaksi yang dilakukan secara online bisa selesai dengan cepat.

Tentu anda tidak ingin orang lain mengantri lama karena transaksi anda yang lama bukan?

Karenanya pilihlah bank yang memiliki layanan yang fleksibel saat transaksi sehingga pembayaran bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Transaksi tersebut tidak hanya berupa layanan aplikasi mobile banking yang anti lelet namun juga tersedianya berbagai macam ATM yang mudah ditemui sehingga pengguna tidak perlu bingung saat uang yang dimiliki mendadak habis.

Pengguna bisa mencari tahu berbagai layanan tambahan tersebut melaui informasi yang ada di website resmi atau social media perusahaan.

Selain itu, pengguna juga bisa mencari berbagai ulasan mengenai bank tertentu di social media sebagai bahan pertimabngan sebelum membuka akun.

Ketahui Layanan Konsumen dari Bank Tersebut

Disaat memulai menabung di bank tersebut tentunya seorang pengguna tidak hanya mencari keamanan namun juga layanan yang cepat dan ramah.

Karenanya sebelum memulai membuka akun di bank tertentu pastikan dulu bank tersebut memiliki banyak kantor cabang yang tersebar di berbagai tempat.

Hal ini dilakukan untuk memudahkan pengguna dalam memulai membuka akun atau melakukan komplain apabila kartu ATM rusak atau patah.

Apabila pengguna mencari bank yang memiliki banyak kantor cabang maka bank pemerintah bisa digunakan sebagai tempat yang cocok karena biasnaya membuka banyak cabang di tiap kecamatan atau desa.

Hal ini dikarenakan bank tersebut menyasar konsumen masyarakat pedesaan yang memiliki akses terbatas ke perkotaan.

Selain memiliki kantor cabang yang tersebar di berbagai tempat tentunya harus dibarengi dengan layanan konsumen yang ramah dan siap membantu 24/7 sehingga permasalahan anda bisa diselesaikan dengan cepat.

Pelayanan yang ramah juga tidak membuat anda segan untuk bertanya berbagai fasilitas bank yang ada sehingga kemungkinan untuk memcoba layanan lain terbuka lebar.

Hal yang paling penting setelah mendapatkan pelayanan yang ramah dan cepat adalah eksesuki masalah yang dihadapi pelanggan.

Tentunya konsumen menginginkan pelayanan yang cepat dan tepat agar tidak kepikiran mengenai uang yang tersimpan di bank tersebut.

Untuk hal ini pengguna bisa bertanya ke teman yang telah menjadi pelanggan suatu bank dalam jangka waktu yang lama atau melihat berbagai ulasan di social media.

Perkembangan teknologi yang semakin maju akhirnya membuat banyak ornag menggantungkan diri pada transaksi online ditambah lagi hadirnya dompet digital yang membantu untuk mempermudah jual beli.

Tak heran apabila saat ini banyak ornag mengandalkan layanan online banking dari bank yang dimiliki guna mempermudah proses transfer uang dari rekening bank ke dompet digital yang dimiliki.

Sayangnya pengguna yang banyak terkadang membuat aplikasi online banking anda tidak bisa diakses atau tersendah saat melakukan transaksi.

Karenanya jika anda adalah pengguna online banking maka bisa perhatikan dulu ulasan layanan dari masing-masing mobile banking sebelum membuka akun di bank tersebut.

Bagi pengguna bank yang berada di usia senja tentunya keberadaan dompet digital sudah tidak relevan dan terkadang pengguna di umur tersebut lebih suka melakukan pembayaran via uang tunai.

Karenanya apabila anda berencana untuk membuka akun bank untuk orang tua maka bisa memilih bank yang memiliki banyak ATM dan tersebar di berbagai tempat.

Hal ini dilakukan untuk memudahkan pengguna mengambil uang dimana saja dan dalam kondisi darurat sekalipun sehingga tidak perlu mencari kesana kemari konten ATM.

Beberapa bank juga sudah membuka layanan tarik tunai atau setor uang di berbagai minimarket sehingga memudahkan untuk transaksi dan sekalian untuk berbelanja di tempat tersebut.

Adakah Layanan Lain di Bank Tersebut?

Biasanya di suatu bank tidak hanya menyediakan layanan penyimpanan bank namun berbagai produk perbankan lainnya seperti deposito, dana pensiun, pembukaan akun saham, atau bahkan asuransi kesehatan.

Apabila anda mengincar salah satu produk tersebut maka pengguna bisa mencari tahu kelebihan dari berbagai produk perbankan serta cara klaimnya sehingga anda tidak kerepotan saat dalam keadaan kepepet.

Berbagai informais tersebut bisa anda dapatkan di website resmi bank tersebut atau meminta rekomendasi dari teman yang telah menggunakan layanan tersebut dalam jangka waktu lama.

Selain itu, anda juga bisa berkonsultasi dengan sales bank tersebut untuk mengetahui kelebihan dan proses klaim dari setiap bank yang diincar.

tutorial mengecek nomor rekening

Tutorial Mengecek Nomor Rekening

Setelah memiliki akun di bank tertentu tentunya penting bagi pengguna untuk mengetahui nomor rekening yang dimiliki guna mempermudah transaksi saat berbelanja di luar.

Berikut beberapa cara mudah mengecek nomor rekening dengan berbagai cara:

buku tabungan

Cara Mengecek Nomor Rekening Melalui Buku Tabungan

Salah satu cara mudah untuk mengecek nomor rekening adalah dengan melihat di buku tabungan. Hal ini karena buku tabungan menyimpan berbagai macam identitas termasuk nomor rekening.

Berikut tutorial mengecek nomor rekening di buku tabungan

  • Pertama, carilah dulu buku tabungan yang dimiliki
  • Kedua, nomor rekening terlihat di halaman kedua bersama dengan identitas yang dimiliki
  • Ketiga, anda bisa mencatat nomor rekening tersebut untuk memudahkan proses transaksi anda namun sebaiknya menyimpan di tempat yang aman untuk mencegah nomor rekening digunakan oleh orang lain untuk hal yang tidak bertanggung jawab.
mobile banking

Cara Mengecek Nomor Rekening Melalui Mobile Banking

Berkembanganya teknologi yang sangat pesat dan kebutuhan transaksi melalui handphone menjadikan sebagian besar bank saat ini sudah mengembangkan aplikasi mobile banking guna mempermudah transaksi penggunanya.

Beberapa fasilitas yang ada di mobile banking adalah pilhan layanan perbankan, kemudahan mengisi dompet digital, serta isi ulang pulsa atau token PLN.

Adanya mobile banking tentunya mempermudah hidup banyak penggunya sehingga transaksi lebih mudah dan cepat.

Tak hanya itu, dengan adanya mobile banking pengguna bisa mengetahui nomor rekening yang dimiliki tanpa perlu melihatnya di buku tabungan.

Berikut cara mudah install mobile banking dan juga mengecek nomor rekening:

  • Pertama, pengguna bisa mengunduh aplikasi mobile banking di Google Playstore atau Appstore, tergantung dari jenis handphone yang dimiliki
  • Kedua, setelah aplikasi terunduh pengguna bisa membawa ke customer service bank yang dipilih untuk melakukan registrasi namun beberapa bank kini memperbolehkan konsumennya untuk mendaftar sendiri tanpa perlu datang ke kantor cabang
  • Ketiga, saat mendaftar biasanya pengguna akan diminta username atau kata sandi untuk masuk ke aplikasi mobile banking pastikan memilih kata sandi dan nama yang mudah diingat agar anda tidak lupa.
  • Keempat, jika sudah selesai maka anda bisa menggunakan seluruh faslitas yang ada di mobile banking mulai dari transaksi di pusat perbelanjaan atau sekedar mengisi pulsa
  • Kelima, apabila anda ingin mengecek nomor rekening maka bisa mengecek di pojok kanan aplikasi dan anda bisa mengecek nomor rekening yang dimiliki. Meskipun begitu, terkadang beberapa mobile banking memiliki posisi yang berbeda dan pengguna bisa menanyakannya ke customer service atau mengulik aplikasi tersebut.

Cara Mengecek Nomor Rekening Melalui Internet

Maraknya penipuan yang akhir-akhir ini muncul membuat sebagian orang akhirnya waspada dalam melakukan berbagai transaksi secara online.

Akan tetapi jika anda menjadi salah satu korban penipuan maka salah satu cara mengecek lokasi akun penipu tersebut adalah dengan mencari nomor rekening tersebut di website.

Berikut cara mudah mengecek nomor rekening di website:

cekrekening.id

Cek Nomor Rekening Melalui Cekrekening.id

Website pertama yang bisa digunakan untuk mengecek keaslian nomor rekening adalah Cekrekening.id yang dikembangkan oleh Kemkominfo.

Website ini tidak hanya menyediakan layanan cek rekening namun pengguna yang aktif sebagai pelaku bisnis bisa mendaftarkan nomor rekening jualan agar pelanggan bisa lebih percaya dengan anda dan sebagai bukti bahwa nomor rekening anda kredibel.

Namun apabila pengguna menjadi salah satu korban penipuan maka bisa memasukkan identitas dan nomor rekening penipu sebagai informasi bagi pengguna lain agar tidak terjebak ke lubang yang sama.

Berikut cara mudah mengecek nomor rekening melalui Cekrekening.id

  • Pertama, masuk ke halaman pencarian lalu ketikkan Cekrekening.id
  • Kedua, klik di daftar pencarian pertama dan anda akan diberikan pilihan untuk periksa nomor rekening, daftarkan nomor rekening, atau laporkan nomor rekening
  • Ketiga, jika anda ingin mengecek nomor rekening maka pilih kolom pertama dan pilih jenis akun yang diinginkan
  • Keempat, isikan identitas dan pastikan sudah diketik dengan benar dan jika sudah selesai maka klik Cek Sekarang
  • Kelima, tunggu beberapa saat maka identitas dan laporan mengenai nomor rekening tersebut akan terlihat sehingga pengguna lebih aman dalam melakukan transaksi

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.