cara mengunci aplikasi

Cara Mengunci Aplikasi, Dijamin Aman!

Jadikan Privasi anda lebih aman dengan mengunci aplikasi penting di handphone. Ketahui cara mudah mengunci aplikasi dengan rekomendasi aplikasi berikut.

Banyaknya orang yang saat ini memiliki handphone tentunya diimbangi dengan hadirnya aplikasi yang membantu untuk memudahkan hidup atau menambah kinerja dari handphone yang dimiliki.

Apalagi berbagai aplikasi kini bisa diunduh dengan mudah di handphone melalui Google Play Store atau di laptop melalui website resmi yang disediakan oleh developer aplikasi.

Beberapa aplikasi penting seperti WhatsApp terkadang memiliki privasi penting yang tidak boleh dilihat oleh orang lain.

Sayangnya, terkadang orang terdekat seperti teman atau saudara secara tidak sengaja atau sengaja membuka aplikasi tersebut dan akhirnya membuat privasi yang dimiliki terganggu bahkan beberapa rahasia pun terbuka luas.

Karenanya agar privasi yang dimiliki lebih aman berikut beberapa cara mengunci aplikasi agar tidak dibuka oleh orang lain dan kegunaan dari aplikasi yang dimiliki.

kegunaan aplikasi

Kegunaan Aplikasi

Hadirnya berbagai aplikasi yang terus bermunculan akhir-akhir ini tentunya membantu untuk memudahkan hidup dan juga meningkatkan fungsi lain dari handphone sehingga tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Aplikasi sendiri memiliki berbagai fungsi yang dapat berguna di berbagai aspek kehidupan, berikut beberapa fungsinya dan alasan mengapa harus mengunci aplikasi:

Mempermudah Pekerjaan

Salah satu fungsi utama dari hadirnya aplikasi adalah memudahkan seseorang dalam melakukan berbagai pekerjaan ditambah lagi sebagian besar pekerjaan dilakukan di komputer atau laptop.

Hadinya aplikasi tentunya berfungsi untuk menyelesaikan pekerjaan lebih mudah dan cepat sehingga tidak perlu waktu seharian untuk mengerjakan sebuah tugas pekerjaan.

Ditambah lagi beberapa aplikasi juga menyediakan hack tertentu sehingga hasil pekerjaan terlihat lebih rapih dan juga anda tidak perlu bingung untuk mengerjakan berbagai data yang diberikan.

Beberapa aplikasi yang digunakan di pekerjaan seperti Microsoft power point, excel, atau word saat ini juga bisa diunduh di handphone sehingga memudahkan anda untuk melihat hasil pekerjaan atau melakukan berbagai pekerjaan dimana saja dan kapan saja.

Keberadaan aplikasi pekerjaan di handphone juga sebaiknya diamankan agar tidak bisa dibuka oleh orang lain yang tidak berkepenting atau berniat buruk dalam mengganti hasil pekerjaan.

Salah satu langkah antisipasinya adalah dengan mengunsi aplikasi yang dimiliki agar lebih aman karena hanya dapat dibuka melalui password tertetntu.

Sarana Ekspresi Diri

Saat membuka social media seperti Instagram atau Facebook seringkali kita menemukan sebuah akun yang berisi foto atau video yang berisi ekspresi diri.

Hadirnya social media seperti Instagram atau pinterest membuat banyak orang lebih mudah melakukan ekspresi diri seperti berfoto atau mengambil video dengan tema tertentu.

Ditambah lagi banyaknya orang yang menggunakaan social media membuat konten yang dibuat menjadi lebih mudah tersebar ke seluruh dunia bahkan membantu untuk menaikkan branding seseorang di dunia maya.

Meskipun begitu beberapa orang yang baru memulai usaha untuk mengekspresikan dirinya di social media terkadang merasa malu untuk mengatakannya ke orang terdekat sehingga menyimpannya untuk waktu lama.

Karenanya agar anda bisa merasa lebih nyaman melakukan kegiatan yang disukai di social media maka bisa mengunci aplikasi social media yang dimiliki sehingga akun anda tidak dibuka oleh orang lain.

Media Komunikasi dengan Orang Lain

Beberapa tahun lalu saat aplikasi komunikasi belum seaktif sekarang, banyak orang yang menggunakan telepon atau sms untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Sayangnya berkomunikasi melalui media ini dinilai lebih mahal dan menghabiskan banyak biaya karena dihitung dari durasi telepon atau banyaknya sms yang dikirim.

Untungnya kehadiran aplikasi komunikasi ini membuat penggunanya lebih hemat biaya karena hanya dengan biaya bulanan internet maka pengguna bisa melakukan komunikasi via WhatsApp atau Telegram lebih murah.

Beberapa aplikasi komunikasi yang dimiliki di handphone terkadang tidak ingin dibuka oleh orang lain karena berisi chat atau dokumen penting yang ada di aplikasi komunikasi.

Karenanya agar akun WhatsApp atau Telegram anda lebih aman maka bisa memulai dengan mengunci aplikasi agar tidak bisa diakses oleh orang lain.

Tempat Mencari Kerja yang Efektif

Mencari pekerjaan atau memulai karir baru terkadang menjadi suatu fase yang memberatkan bagi sebagian besar orang.

Pada tahap inilah seseorang memberikan kemampuan maksimalnya agar lamaran yang dimiliki bisa dilihar oleh HRD sehingga bisa mendapatkan pekerjaan yang diinginkan atau memulai karir baru di tempat yang diinginkan.

Untungnya saat ini fase mencari kerja bisa lebih mudah dilakukan karena hadirnya aplikasi pencari kerja yang memudahkan pelamar pekerjaan untuk mencari kerja lebih mudah hanya dengan mengandalkan handphone yang ada di tangan.

Bagi seorang pekerja yang mencari pekerjaan baru atau mencoba karir baru terkadang merasa cemas apabila usahanya dilihat oleh orang lain.

Karenanya agar aplikasi pekerjaan anda tetap aman dan tidak dibuka oleh sembarang orang maka wajib bagi anda untuk mengunci aplikasi pekerjaan yang dimiliki agar tidak dilirik oleh orang lain dan notifikasi baru tidak bisa dibuka oleh rekan kerja.

Berbelanja dengan Mudah dan Cepat

Berbelanja saat ini tidak menjadi aktivitas yang melelahkan dan harus pergi ke tempat perbelanjaan tertentu untuk mendapatkan barang yang diinginkan.

Hadirnya berbagai market place seperti Shopee atau Tokopedia memudahkan seseorang untuk berbelanja dengan mudah dan cepat disertai dengan berbagai pilihan barang yang beragam.

Hal ini tentunya memudahkan seseorang untuk berbelanja dimana saja dan kapan saja dan tidak perlu menghabiskan waktu untuk pergi dari satu tempat ke tempat yang lain.

Berbelanja di market place tentunya tidak lengkap apabila tidak memiliki dompet digital atau Mobile Banking yang berguna untuk mengisi saldo di market place dan mempermudah transaksi barang impian sehingga barang lebih cepat dikirim.

Adanya aplikasi dompet digital, market place, dan juga mobile banking di handphone tentunya harus dijaga dengan baik sehingga apabila handphone anda mendadak hilang maka ketiga jenis aplikasi tersebut masih bisa terjaga dengan aman dan tidak disalahgunakan orang lain.

Karenanya penting bagi anda untuk mengunci aplikasi tersebut agar tidak mudah dibuka oleh orang lain sehingga tetap aman meskipun handphone sedang jauh dari jangkauan anda.

Sarana Hiburan dengan Bermain Games

Penat dengan berbagai kegiatan yang ada terkadang membuat seseorang mencari alternatif hiburan baru yang bisa dikerjakan untuk melupakan rasa suntuk yang mendadak datang.

Salah satu caranya adalah dengan bermain games di handphone yang bisa diakses dengan mudah dan cepat bahkan bisa mengajak teman sekitar untuk bermain bersama.

Hadirnya aplikasi games di handphone ini juga tidak bisa dipandang sebelah mata karena saat ini sudah mulai banyak kompetisi games berskala internasional yang memperbutkan hadiah dalam jumlah besar.

Karenanya untuk mempertahankan level games yang dimiliki agar tidak bisa dibuka oleh orang lain maka penggunanya bisa memulai untuk mengunci aplikasi games yang dimiliki agar lebih aman.

Tempat Belajar Pengetahuan Baru

Mempelajari pengetahuan baru saat ini tidak hanya bisa dilakukan di sekolah atau tempat kursus namun banyak orang saat ini mendapatkan keahlian baru dengan cara belajar melalui online course yang tersedia secara gratis atau berbayar di internet.

Dengan adanya online course ini seseorang mendapatkan ilmu baru dari universitas terkenal di luar negeri atau lembaga belajar yang sudah memiliki nama besar sehingga ilmu yang di dapatkan lebih kredibel dan mengikuti trend terbaru saat ini.

Maraknya pembelajaran jarak jauh yang saat ini dilakukan oleh pelajar di seluruh dunia akhirnya menghadirkan berbagai aplikasi yang berguna untuk proses pembelajaran dan mengumpulkan tugas secara online melalui Google Meet.

Sayangnya beberapa orang terkadang iseng membuka aplikasi pembelajaran yang dimiliki di handphone dan menghapus tugas yang dikumpulkan sehingga penggunanya tidak terlihat mengumpulkan tugas.

Hal ini tentunya merugikan bagi penggunanya karena membuat nilai tugas berkurang, karenanya agar aplikasi pembelajara yang dimiliki semakin aman maka pengguna bisa mengunci aplikasi pembelajaran yang dimiliki agar sulit diakses oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Manajemen Bisnis yang Lebih Optimal

Beberapa tahun lalu saat penggunaan aplikasi tidak semasif sekarang, beberapa orang merasa kesulitan dalam melakukan pemberkasan data.

Untung saja hadirnya aplikasi atau software seperti Microsoft word, excel, atau power point membantu memudahkan pekerjaan sehingga kegiatan pengumpulan dokumen bisa lebih mudah dilakukan dan tidak memerlukan waktu lama.

Selain itu, mulai banyak juga aplikasi atau website yang membantu untuk mengelompokkan dan menyimpan data yang dimilki sehingga dokumen lebih aman dan tidak bisa diakses oleh sembarang orang.

Kehadiran aplikasi tersebut saat ini tidak hanya bisa diakses di laptop saja namun beberapa keluaran Handphone saat ini juga menyedikan layanan untuk membuka aplikasi keluaran microsoft agar bisa diakses dimana saja dan bisa mengerjakan berbagai pekerjaan kapan saja.

Guna mengamankan berbagai dokumen penting yang tersimpan di aplikasi tersebut maka anda bisa mengunci aplikasi tersebut sehingga tidak mudah dibuka oleh orang lain.

rekomendasi aplikasi yang aman

Rekomendasi Pengunci Aplikasi yang Aman

Beberapa aplikasi yang dimiliki tentunya bisa dikunci agar lebih aman dan mengantisipasi agar tidak dibuka oleh orang lain saat handphone berada jauh dari jangkauan anda.

Meskipun sebagian besar handphone saat ini menyediakan fitur untuk mengunci handphone yang dimiliki namun belum ada yang memiliki fasilitas untuk mengunci aplikasi, karenanya berikut rekomendasi aplikasi yang bisa digunakan untuk mengunci aplikasi.

applock

AppLock

Aplikasi pertama yang bisa digunakan untuk mengunci aplikasi di handphone adalah AppLock. Platform ini diketahui menjadi favorit banyak orang dilihat dari tingginya ranking yang diperoleh serta banyaknya ulasan baik yang diterima.

Kegunaan dari platform ini sendiri adalah mengunci aplikasi yang diinginkan dengan berbagai kata sandi pilihan sesuai dengan keinginan pengguna.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga berguna untuk mengunci pengaturan sistem serta panggilan masuk sehingga anda tidak perlu terganggu dari telepon yang masuk di jam tertentu.

Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan kelebihan lain diantaranya tidak ada iklan yang muncul sehingga tidak mengganggu disaat aplikasi ini digunakan.

Pengguna juga mudah dalam menggunakan aplikasi ini ditambah lagi memori yang dihabiskan tidak terlalu banyak sehingga cocok bagi handphone yang memiliki penyimpanan terbatas.

Sayangnya aplikasi ini terkadang tidak cocok di beberapa jenis handphone sehingga anda sebaiknya memastikan ponsel anda cocok dengan aplikasi ini.

Berbagai fitur yang dimiliki di aplikasi ini sangatlah beragam sehingga bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan pengguna.

lockit

LOCKit

Aplikasi lainnya yang bisa digunakan untuk mengunci aplikasi adalah Lockit, dengan menggunakan platform ini pengguna juga bisa mengunci foto dan video dengan mudah sehingga tidak bisa dilihat oleh orang lain.

Dengan menggunakan aplikasi ini maka berbagai data yang ada di handphone dijamin aman dan tidak bisa dibuka oleh orang lain meskipun menggunakan berbagai trik untuk membuka kata sandi aplikasi.

Lockit sendiri juga memiliki berbagai kelebihan diantaranya tersedia berbagai tema gratis yang bisa digunakan untuk menghias handphone yang dimiliki.

Selain itu, pengguna juga diberikan kebebasan dalam memilih jenis kata sandi yang diinginkan mulai pattern, pin, atau sidik jari sehingga pengguna bisa membuka aplikasi dengan mudah dan cepat.

Apabila handphone anda disusupi oleh orang lain dan mencoba membuka aplikasi yang telah dikunci maka LOCKit akan mendeteksi penyusup tersebut sehingga anda bisa mengetahui siapa saja yang mencoba untuk masuk ke handphone anda.

Ukurannya yang kecil pun cocok bagi anda yang memiliki banyak aplikasi namun tidak ingin memori di handphone berkurang karena banyaknya platfrom yang diunduh di handphone.

Sayangnya terkadang aplikasi ini mengalami eror sehingga anda bisa menunggu beberapa saat sebelum menggunakan platform ini seutuhnya.

smart applock

Smart AppLock

Platform mengunci aplikasi lainnya yang bisa digunakan di handphone adalah Smart Applock, hadirnya aplikasi ini membantu anda mengunci aplikasi menggunakan berbagai jenis kata sandi seperti PIN atau pattern.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga berguna untuk mengunci kecerahan layar atau rotasi layar sehingga tidak bisa berubah mendadak serta mengunci jaringan internet dan wifi yang terhubung ke handphone.

Selain itu, apabila anda terganggu dengan berbagai teelfon yang masuk di waktu yang tidak tepat maka anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk melakukan block pada panggilan di handphone anda.

Pengguna juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengunci berbagai foto, video, serta pesan masuk yang tidak ingin dilihat oleh orang lain agar dijamin kerahasiaannya.

Berbagai fitur keamanan yang berlimpah serta berbagai pilihan kata sandi juga menjadi kelebihan akan hadirnya aplikasi ini di handphone anda.

Disaat ada orang lain yang mencoba masuk ke aplikasi anda maka Smart AppLock akan membunyikan alarm sehingga anda bisa tahu apabila ada penguntit yang mencoba masuk ke handphone anda.

Pengguna pun tidak perlu khawatir apabila ingin menggunakan aplikasi ini karena penyimpanan memorinya hanya sekitar 3.8 Mb namun bermanfaat untuk mengunci berbagai aplikasi yang dibutuhkan.

Sayangnya berbagai fitur yang ada di aplikasi ini hanya bisa digunakan dengan berlangganan setiap bulannya namun apabila anda ingin menjaga privasi anda lebih terjaga maka aplikasi ini bisa dipertimbangkan.

app locker

AppLocker

Apabila anda adalah pengguna handphone Xiaomi maka aplikasi pengunci satu ini bisa anda gunakan untuk menjaga privasi di aplikasi atau file yang anda simpan di handphone.

Tidak hanya berguna untuk mengamankan berbagai aplikasi dan dokumen namun AppLocker juga bisa digunakan untuk mengganti tema lockscreen juga tersedianya berbagai metode pembuka kunci berupa pattern atau finger print.

Meskipun aplikasi ini dibuat untuk pengguna Xiaomi namun pengguna handphone lain juga tetap bisa menggunakan platform ini guna mengunci aplikasi yang diinginkan.

Keuntungan lainnya dari menggunakan AppLocker adalah memori penyimpanan yang diguanakn sedikit namun bisa mengunci berbagai aplikasi yang tersedia di handphone.

Selain itu, cara mengunci aplikasi ini pun sangat mudah dilakukan sehinga pengguna tidak perlu susah payah membuka platform yang sedang terkunci.

Sayangnya saat menggunakan AppLocker terkadang muncul banyak iklan yang mengganggu sehingga membuat pengguna tidak nyaman.

vault

Vault

Salah satu platform mengunci aplikasi yang memiliki lebih dari 50 juta unduhan adalah Vault. Hal ini sangatlah wajar karena platform ini memiliki banyak fitur dan kelebihan lain yang bisa digunakan oleh penggunanya.

Layanan pertama yang disediakan oleh Vault adalah notifikasi apabila ada seseorang yang mencoba membuka aplikasi yang tengah dikunci dengan memberikan informasi berupa foto, waktu kejadian, serta kombinasi kata kunci yang digunakan sehingga anda lebih waspada ke depannya.

Tidak hanya berguna untuk mengunci aplikasi namun Vault juga bisa mengunci berbagai dokumen penting sehingga tidak bisa dibuka oleh orang lain.

Sayangnya, saat aplikasi Vault terkadang mengalami eror atau tidak bisa digunakan di beberapa jenis handphone.

norton password manager

Norton Password Manager

Referensi pengunci aplikasi lainnya yang bisa anda gunakan adalah Norton Password Manager, platform ini sudah memiliki banyak ulasan baik serta telah diunduh lebih dari 65 ribu orang di Google Play Store.

Tidak hanya berguna untuk mengunci aplikasi yang ada di handphone namun pengguna juga bisa mengunci social media atau dokumen penting berupa foto dan video yang ada di handphone.

Apabila aplikasi anda disusupi oleh orang yang tidak dikenal dan gagal untuk membuka kunci aplikasi maka Norton Password Manager akan memberikan notifikasi berupa foto orang yang berusaha untuk memasuki aplikasi anda secara paksa.

perfect app lock

Perfect App Lock

Referensi aplikasi pengunci lainnya yang telah memiliki 200 ribu kali unduhan adalah Perfect App Lock, dengan menggunakan aplikasi ini pengguna mendapatkan kemudahan berupa 3 kode akses yang bisa dipilih, yakni PIN, gesture, dan Pattern.

Tidak hanya berguna untuk mengunci aplikasi yang ada di handphone namun Perfect AppLock juga bisa digunakan untuk mengunci dokumen berupa foto dan video yang ada di galeri.

Selain itu, terdapat juga fitur Anti Thift yang dapat memotret orang yang berusaha masuk ke aplikasi anda namun salah memasukkan kata sandi selama tiga kali.

es app locker

ES App Locker

Salah satu aplikasi pengunci populer dan menjadi favorit banyak orang adalah ES App Locker, dengan menggunakan platform ini pengguna bisa mengunci aplikais yang diinginkan dengan berbagai pilihan pasword atau kata sandi sesuai selera penggunanya.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga terkenal ringan sehingga tidak perlu khawatir memori penyimpaanan akan terserap habis setelah mengunduh platform ini.

11

Hexlock – App Lock Security

Aplikasi pengunci lainnya yang tidak kalah populer adalah Hexlock dimana platform ini menyediakan layanan berupa mengamankan berbagai aplikais yang tersedia di handphone anda sheingga tidka mudah dibuka oleh orang lain.

Meskipun memiliki ukuran memori yang mini namun aplikasi ini juga menyediakan variasi kata sandi yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan dan bisa diubah ketika anda bosan atau password tersebut sudah diketahui oleh orang lain

tutorial mengunci aplikasi di website

Tutorial Mengunci Aplikasi di Laptop

Berbagai aplikasi yang bermunculan saat ini tidak hanya bisa digunakan di handphone namun juga tersedia di laptop dan bisa diunduh melalui website resmi atau Chrome Web Store.

Adanya aplikasi di laptop ini juga berguna untuk memudahkan pekerjaan yang membutuhkan aplikasi lebih yang tidak ada di laptop.

Beberapa aplikasi tersebut juga bisa dikunci agar lebih aman dan tidak bisa diakses oleh orang lain, karenananya berikut beberapa langkah mudah mengunci aplikasi di laptop.

exelock
  • Pertama, pengguna bisa terlebih dahulu mengunduh aplikasi Exelock yang berguna untuk mengunci aplikasi atau game di laptop
  • Kedua, pengguna bisa langsung menggunakan aplikasinya tanpa perlu menginstallnya terlebih dahulu
  • Ketiga, setelah membuka aplikasi tersebut maka akan terlihat tampilan dari Exelock, selanjutnya klik bagian Select yang ada di sebelah kanan
  • Keempat, pilihlah apkikasi atau game yang ingin dikunci dengan menggunakan Exelock
  • Kelima, jangan lupa masukkan kata sandi yang hanya bisa anda akses dan jika sudah bisa dikonfirmasi kemudian klik pada bagian Lock maka aplikais pilihan pun sudah terkunci dengan sempurna.
  • Keenam, pengguna bisa langsung mencobanya apakah aplikasi tersebut sudah terkunci dan kata sandi yang dimasukkan sudah benar

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.