google analytics

Google Analytics : Pengertian, Keuntungan, & Penggunaannya

Mengetahui cara mengatur google analytics akan membantu anda untuk mengetahui jumlah pengunjung website secara efektif.

Strategi promosi di dunia maya tidak hanya dilakukan melalui sosial media saja, namun penggunaan website dan blog juga akan membantu promosi menjadi lebih profesional dan efektif.

Dimana pengunjung bisa mengetahui berbagai informasi mengenai produk dan layanan yang akan digunakan dalam waktu singkat, sehingga meningkatkan keputusan untuk membeli barang tersebut.

Sehingga tidak mengherankan banyak brand tertentu yang melakukan promosi melalui website brand untuk promosi dan transaksi jual beli.

Bagi pelaku usaha yang menggunakan website untuk promosi dan transaksi, maka anda juga perlu mengetahui jumlah pengunjung yang datang setiap hari.

Informasi ini dibutuhtuhkan untuk memahami apakah strategi pengembangan website yang dilakukan sudah sesuai dan konsumen menyukai berbagai konten yang anda berikan.

Karenanya berikut beberapa cara mudah menggunakan google analytics secara efektif.

apa itu google analytics

Apa Itu Google Analytics

Saat menggunakan akun sosial media business atau kreator, maka anda akan diberikan fitur khusus dimana kreator bisa menganalisa kinerja akun sosial media dalam jangka waktu tertentu.

Sehingga kreator dapat mengetahui apakah strategi konten yang dibuat sudah sesuai atau perlu pembaruan lainnya.

Begitu juga saat anda mengembangkan website brand tertentu, maka anda juga membutuhkan tools khusus yang dapat membantu mengetahui kinerja website dalam durasi tertentu.

Informasi ini tentunya akan membantu kreator untuk mengenali apakah strategi pengembangan website sudah sesuai dan konten yang diunggah sudah disukai oleh banyak orang.

Guna mendapatkan berbagai informasi tersebut maka anda bisa menggunakan platform Google analytics yang memberikan berbagai data mengenai performa website atau aplikasi lain yang dimiliki.

Fitur gratis dari Google ini juga akan memberikan akses ke layanan lainnya, seperti Google Ads, search console, serta data studio, sehingga memberikan pilihan lebih banyak bagi penggunanya.

Meskipun begitu, untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap, maka anda juga bisa berlangganan Google Analytics setiap tahunnya.

keuntungan menggunakan google analytics

Keuntungan Menggunakan Google Analytics

Google analytics menyediakan berbagai data yang berkaitan mengenai bagaimana pengguna internet menemukan website dan melakukan interaksi dengan konten di dalamnya.

Sehingga kreator dapat mengetahui saluran pemasaran yang sesuai serta jenis konten yang disukai oleh audience di website yang dimiliki.

Contohnya saja kreator dapat mengetahui jumlah orang yang berkunjung ke kolom website tertentu serta durasi mereka dalam mengakses berbagai fitur yang dimiliki.

Selain itu, anda juga dapat mengetahui lokasi kreator serta kinerja kata kunci yang digunakan pada artikel yang telah diunggah sebelumnya.

Keuntungan lainnya dari menggunakan google analytics adalah platform ini sudah terhubung dengan WordPress plugin, sehingga anda akan mendapatkan informasi yang aktual setiap saat.

Berbagai informasi tersebut tentunya penting untuk mengetahui apakah strategi search engine optimization yang digunakan sudah sesuai atau memerlukan pembaharuan yang lebih baik.

dasar dasar google analytics

Dasar – dasar Google Analytics

Google analytics dibuat ke dalam berbagai bagian yang perlu dipahami oleh kreator untuk mengetahui berbagai data yang akan di dapatkan selama proses analisa kinerja website.

Organization

Pada bagian pertama google analytics maka anda akan menemukan informasi mengenai perusahaan yang anda jalankan.

Kolom organisasi tersebut akan mencakup beberapa akun google lainnya yang akan mendapatkan informasi mengenai kinerja website.

Fitur ini direkomendasikan untuk website bagi perusahaan besar, namun tidak wajib untuk dimiliki.

Accounts

Fitur kedua yang akan di dapatkan adalah kolom accounts, dimana setiap penggunanya wajib mendaftarkan diri untuk mendaftarkan diri untuk mendapatkan informasi mengenai performa website.

Sebuah organisasi bisa memiliki beberapa akun google analytics, sehingga tidak hanya bergantung ke satu orang saja.

Anda bisa mendaftarkan diri melalui akun email pribadi yang digunakan untuk terhubung ke website tertentu.

Di sisi lain, anda juga bisa mengatur jumlah orang yang dapat mengakses informasi website, sehingga memudahkan untuk analisa masing-masing kolom website.

Property

Properti merupakan website dan aplikasi yang dikembangkan oleh kreator, biasanya setiap properti bisa diakses oleh sekitar 25 orang sekaligus.

View

Bagian paling penting dari menggunakan Google analytics adalah anda dapat melihat jumlah pengunjung yang datang setiap hari.

Selain itu, anda juga dapat memilah dan memilih jumlah pengunjung yang datang setiap saat.

Misalnya saja pada kolom one with zero configuration, maka anda akan mendapatkan jumlah pengunjung secara mentah, sehingga anda tidak mengetahui apakah pengunjung tersebut adalah orang asli atau robot.

Kedua adalah one with filter set up dimana anda dapat menandai jumlah pengunjung yang berasal dari perusahaan anda yang terlihat dari IP Adress yang dimiliki atau kunjungan dari robot yang melakukan spam traffic.

Jumlah pengunjung asli akan terlihat setelah anda melakukan penyaringan ke jumlah pengunjung berdasarkan data yang diinginkan.

Data Stream

Data stream merupakan fitur yang memberikan informasi mengenai kinerja situs anda pada berbagai sistem informasi.

Sehingga anda dapat mengetahui apakah audience lebih banyak mengakses website melalui personal computer atau handphone.

Informasi ini juga akan membantu kreator untuk mengubah tampilan website sesuai dengan gadget yang biasa digunakan oleh audience.

Meskipun begitu, ada baiknya untuk membuat format website dalam dua saluran, sehingga anda dapat mencakup audience yang lebih banyak.

Google Analytics Dimension and Metrics

Fitur satu ini akan memberikan informasi mengenai demografi audience yang mengunjungi website dan blog yang dimiliki.

Misalnya pada kolom dimensions, maka anda akan mendapatkan informasi mengenai lokasi audience, tipe konsumen, serta jenis gadged yang digunakan.

Sementara pada bagian metrics maka anda akan mengetahui jumlah halaman yang dibuka, konversi, durasi peralihan ke kolom lain, serta waktu yang dibutuhkan untuk membaca sebuah konten.

Durasi tersebut dibutuhkan untuk mengetahui apakah audience menyukai konten artikel yang anda suguhkan di website.

Guna memudahkan memahami informasi yang dibutuhkan, maka berbagai data tersebut disajikan dalam bentuk kolom yang mudah dibaca oleh kreator.

Selain itu, kreator juga bisa mengatur dimensi serta metrik di halaman google analytics, namun anda juga perlu mengetahui tipe membership yang dimiliki oleh konsumen yang membuat akun di website tersebut.

Sehingga anda dapat mengkombinasikan informasi tersebut dengan jumlah page views untuk mengetahui jumlah pengunjung berdasarkan tipe member yang mengaksesnya.

Pengaturan informasi ini biasanya diterapkan pada website yang memberikan layanan khusus membership bagi konsumennya.

Akan tetapi, apabila anda menjalankan sebuah blog, maka anda akan mendapatakan informasi mengenai jumlah interaksi audience yang memberikan pengaruh pada metrik lainnya, misalnya jumlah konversi atau durasi yang dibutuhkan saat membuka sebuah halaman.

Sehingga anda dapat mengubah informasi ke dalam beberapa tipe pengunjung :

Advocate : pengunjung yang membagikan konten ke sosial media.

Subscriber : pengunjung yang mendaftarkan email untuk masuk ke dalam layanan email.

Customer : konsumen yang melakukan pembelian layanan premium,

Google Analytics Audience

Audience merupakan sekelompok pengguna yang memiliki kesamaan tertentu, misalnya lokasi, usia, dan lain sebaginya.

Google analytics juga membantu anda dalam mendapatkan informasi mengenai audience tertentu, dimann anda bisa menggunakan kode tertentu untuk mendapatkan informasi pengunjung yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan.

Selain itu, anda juga bisa membuat audience yang sesuai kebutuhan, misalnya anda hanya tertarik pada audience yang berada di Indonesia dengan rentang usia 20-25 tahun, sehingga anda hanya akan mendapatkan informasi dari audience tersebut.

Membuat audience yang sesuai juga cukup mudah, namun bagian paling sulit adalah mengidentifikasi karakter audience untuk mendapatkan informasi yang diinginkan.

Google Analytics Segments

Pada fitur segmen, anda akan mendapatkan informasi yang berbeda dalam satu kolom :

Users : Data tersebut merupakan jumlah pengunjung yang telah melakukan transaksi dengan website anda sebelumnya atau melakukan konsultasi dengan layanan customer service di website.

Sessions : Jumlah pengunjung di satu halaman yang telah dipromosikan sebelumnya untuk campaign tertentu.

Hits : Produk-produk tertentu yang dimasukkan ke dalam keranjang belanja, sehingga memudahkan untuk mengetahui barang-barang yang disukai oleh konsumen.

Apa Saja Data di Google Analytics

Terdapat lima laporan utama di Google Analytics yang bisa digunakan untuk memberikan wawasan mengenai performa website yang dimiliki.

Meskipun begitu, informasi yang di dapatkan bisa berbeda-beda, tergantung dari versi google analytics yang digunakan.

google analytics real time

Google Analytics Real Time

Sesuai dengan namanya, google analytics real time akan memberikan informasi mengenai aktivitas yang sedang terjadi di website saat ini.

Dimana anda akan melihat jumlah pengunjung terkini, halaman yang mereka lihat, serta asal kunjungan tersebut, apakah mereka datang dari promosi sosial media atau mencarinya melalui kata kunci tertentu.

Informasi dari kolom tersebut juga berguna untuk mengetahui jumlah kunjungan terbaru, jumlah penjualan pada event promosi, serta memastikan link URL yang digunakan sudah sesuai.

Informasi ini tentunya menguntungkan bagi website yang telah memiliki jumlah audience yang cukup besar, namun kurang menguntungkan bagi halaman yang sedang berkembang.

Hal ini dikarenakan anda mungkin tidak melihat data yang banyak apabila website anda masih berkembang, sehingga anda sebaiknya menggunakan kolom laporan lain yang menyediakan informasi yang lebih matang.

emYUqMUOQS20Yib5rInB

Google Analytics Audience

Kolom google analytics audience akan memberikan wawasan yang lebih luas mengenai kinerja website yang dimiliki, pengecekan rutin melalui fitur ini akan membeirkan informasi ketenaran halaman anda saat ini.

Hal ini dikarenaka fitur ini memiliki berbagai informasi yang lebih lengkap yang bisa diakses oleh penggunanya.

Active Users

Kolom ini akan memberikan informasi mengenai jumlah pengunjung dalam jangka waktu tertentu, misalnya harian, mingguan, dan bulanan.

Informasi ini dapat membantu anda untuk mengetahui mengapa audience tidak kunjung kembali setelah sebelumnya mendapatkan jumlah pengunjung yang lebih banyak.

Sehingga kreator dapat mengubah tampilan website dan isi konten yang sesuai dengan keinginan audience.

Selain itu, anda juga dapat mengetahui rentang usia pengunjung yang bisa digunakan untuk perubahan strategi promosi.

Lifetime Value

Informasi kedua yang bisa anda dapatkan mengenai kebiasaan audience adalah mengetahui asal dari audience yang dimiliki.

Apakah mereka berasal dari email marketing yang dikirimkan secara rutin atau mereka menemukannya melalui pencarian kata kunci tertentu?

Data tersebut tentunya akan membantu anda untuk mengetahui saluran pemasaran yang sesuai untuk promosi website yang efektif.

Lifetime value membatasi data mereka dalam kurun waktu 90 hari, meskipun begitu data yang diberikan mencerminkan pengguna yang didapatkan dalam jangka waktu tertentu.

Misalnya saja anda ingin mengetahui jumlah pengunjung pada durasi promosi event tertentu, sehingga anda dapat melihat data yang di dapatkan pada waktu yang diinginkan.

google analytics acquisition

Google Analytics Acquisition

 Kolom ini akan menyajikan informasi mengenai jumlah kunjungan berdasarkan sumbernya, misalnya pencarian kata kunci secara organik, kode referral, email, pencarian berbayar, tampilan, affiliate, dan lain sebagainya.

Guna mendapatkan informasi yang lebih mendalam, maka anda bisa menemukan informais dari setiap saluran yang diberikan pada kolom tertentu.

Apabila anda melakukan klik pada kategori tertentu, maka anda akan menemukan landing page, sumber, serta kata kunci yang membawa mereka ke halaman website tersebut.

Agar anda mendapatkan informasi yang lebih lengkap, maka anda bisa melakukan klik pada ikon traffic lalu treemaps untuk mendapatkan data yang diinginkan.

Pada laporan selanjutnya, anda akan mendapatkan informasi mengenai kategori dari saluran yang dibutuhkan ke beberapa halaman pencarian serta domain.

Hal ini berguna untuk mendapatkan wawasan secara terperinci mengenai cara audience memasuki halaman website anda.

Misalnya anda mengetahui bahwa 75% pengunjung berasal dari promosi sosial media dan sisasanya berasal dari email marketing yang dilakukan secara rutin.

Informasi ini tentunya berguna untuk merubah arah promosi ke saluran yang mendatangkan kunjungan yang lebih banyak.

Laporan terakhir adalah link referral dimana anda akan mengetahui sejumlah kode yang digunakan oleh audience untuk mendapatkan akses ke website yang dimiliki.

Google Analytics Behavior

Penasaran dengan kebiasaan yang dilakukan oleh audience di website anda? maka anda bisa mengeceknya melalui fitur google analytics behavior.

Dimana anda akan mendapatkan berbagai informasi mengenai konten yang disukai oleh audience serta kegiatan yang dilakukan di website tersebut.

Site Content

Laporan ini akan memberikan laporan mengenai semua kegiatan di website, landing pages, serta blog.

All Pages

Kolom ini akan memberikan informasi mengenai halaman yang memiliki ranking tertinggi berdasarkan jumlah pengunjung terbaru serta kegiatan yang dilakukan.

Data ini berguna untuk mengetahui URL website yang memiliki jumlah kunjungan tertinggi dan kenaikan audience.

Anda juga dapat membandingkan kenaikan kunjungan website di bulan ini dibandingkan bulan lalu.

Sehingga anda akan mendapatkan informasi mengenai halaman yang memiliki kunjungan paling sedikit dan terbanyak dalam jangka waktu tertentu.

Content Drilldown

Laporan ini akan menjelaskan struktur dari website berdasarkan sub domain dan sub folder, sehingga memudahkan anda untuk melakukan analisa pada properti yang berbeda-beda.

n2ios7mqQXufzToLa6Zl

Google Analytics Convension Reports

Saat anda mengembangkan website tertentu, maka anda memiliki tujuan yang ingin dicapai untuk  menjangkau audience yang lebih luas serta promosi yang efektif.

Misalnya saja anda menginginkan pengunjung untuk melakukan pembelian barang atau membuat akun di website tersebut.

Sementara apabila anda mengembangkan website portal berita, maka anda menginginkan pengunjung untuk melihat berbagai konten yang disuguhkan dalam waktu lama.

Google analytics memungkinkan anda untuk mendapatkan berbagai informasi tersebut dengan mudah dan cepat, dimana anda akan mendapatkan empat penghitungan.

Destination : tujuan ini tercapai apabila pengunjung mendatangi halaman tertentu

Event : tujuan ini di dapat apabila audience mendatangi event yang dibuat, seperti melihat video dan membagikannya ke sosial media lainnya.

Durasi : waktu yang dibutuhkan saat melihat konten dan website tertentu

Pages : tujuan dicapai apabila pengunjung melihat halaman tertentu.

cara mengaktifkan google analytics

Cara Mengaktifkan Google Analytics

Setelah mengetahui berbagai fitur yang disediakan oleh Google Analytics, maka inilah saatnya memasangnya melalui plugin di wordpress.

Meskipun menggunakan database ini terkesan cukup sulit di awal namun hasilnya akan memudahkan segala pekerjaan dengan cepat.

Berikut beberapa cara mengaktifkan google analytics di wordpress dengan mudah dan cepat.

Persiapkan Google Tag Manager 

Google tag manager merupakan salah satu layanan sistem managemen yang dimiliki oleh Google, dimana platform ini akan mengambil data di website dan mengirimnya ke situs lain seperti Google analytics.

Layanan ini tentunya akan membantu merekam berbagai informasi yang dibutuhkan secara tepat waktu, selain itu anda juga bisa menambahkan tag tertentu di kode google analytics tanpa perlu memasangnya secar manual, sehingga lebih menghemat waktu.

Anda bisa menggunakan layanan Google tag manager dengan mendaftarkan diri terlebih dahulu dengan mengisi beberapa data pribadi yang dibutuhkan

Persiapkan Google Analytics

Sama seperti layanan sebelumnya, anda juga perlu mendaftarkan diri ke dalam halaman Google analytics, seperti memasukkan nama akun, website, dan URL serta pastikan anda memasukan kategori website yang dimiliki.

Pastikan juga untuk menyepakati segala peraturan yang diminta oleh Google analytics, salah satunya adalah pelacakan ID.

Gabungkan Google Analytics dengan Google Tag Manager 

5Q4IFVYqRIy4aMjr7WOk

Setelah semua akun selesai dibuat maka anda bisa masuk kembali ke halaman Google tag manager dan tambahkan tombol tag terbaru, dimana anda akan dibawa ke halaman baru untuk membuat website tag.VuIzpDNZTuaknOverPtL

Anda juga bisa membuat tag sendiri yang sesuai keinginan analisa yang diinginkan serta menentukan variabel yang sesuai.

Masukkan tracking id yang akan mengirimkan informasi website yang dibutuhkan ke dalam Google analytics.

Setelah semua data yang dibutuhkan selesai maka Google tag akan mengirimkan data ke Google analytics dengan tepat waktu.

Persiapkan Tujuan Google Analytics

Pastikan juga untuk mengetahui tujuan website dengan melakukan pengaturan di kolom admin serta ikon goal, dimana anda akan dibawa ke kolom baru yang bisa diisi dengan tujuan yang diinginkan.

Sumber :

https://blog.hubspot.com/marketing/google-analytics

https://www.searchenginejournal.com/complete-guide-google-analytics/263087/

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *