Tips Konten Promosi Menarik , Bikin Jualan Laris

Pahami lebih dalam mengenai konten promosi yang disukai oleh konsumen untuk penjualan produk yang lebih meningkat.

Saat ini aktivitas berbelanja menjadi lebih menyenangkan, dimana anda tidak perlu pergi dari satu toko ke toko lain untuk mencari barang keinginan.

Melainkan cukup dengan handphone yang ada di tangan, maka anda akan mendapatkan produk yang diinginkan melalui konten promosi yang diunggah di sosial media.

Di tambah lagi dengan adanya layanan social commerce yang membantu konsumen untuk berbelanja sekaligus melihat konten-konten sosial media.

Hal ini juga di dukung dengan perkembangan sosial media yang tidak hanya digunakan untuk mengekspresikan diri di dunia maya, namun sebagai media promosi bagi sebagian besar brand saat ini.

Agar promosi di sosial media menjadi lebih maksimal, maka ketahui dulu beberapa ide konten promosi yang menarik dan bisa digunakan untuk jangka panjang.

apa itu konten promosi sosial media

Apa Itu Konten Promosi Social Media

Saat membuka akun sosial media, anda tidak hanya menemukan konten yang diunggah oleh teman terdekat atau kreator kesukaan, namun anda juga akan melihat konten promosi yang diunggah oleh akun brand tertentu.

Dimana anda akan melihat berbagai konten promosi produk yang menggiurkan dan menarik untuk dibeli.

Keberadaan konten promosi di sosial media sudah menjadi hal jamak saat ini, mengingat banyaknya akun brand yang mempromosikan produknya di sosial media.

Konten promosi sendiri merupakan konten sosial media yang dapat membawa anda menuju ke akun brand tertentu untuk melakukan pembelian.

Tentunya anda pernah menemukan iklan konten promosi yang menarik dan membuat anda tertarik untuk melakukan klik pada konten tersebut, namun tidak lama kemudian, anda akan dibawa ke akun sosial media brand dimana anda bisa melihat berbagai produk lain yang ditawarkan.

Selain itu, anda juga bisa dibawa ke akun marketplace atau website brand tergantung dari link yang dimasukkan pada konten tersebut.

Biasanya konten promosi hadir dalam berbagai bentuk, mulai dari foto, video, blog, dan juga iklan yang tampil saat anda melihat konten tertentu.

Keuntungan lainnya dari memanfaatkan konten promosi adalah anda tidak perlu meninggalkan akun sosial media saat melakukan pembelian.

Misalnya saja, anda melihat konten promosi di tiktok yang menawarkan produk tertentu, kemudian saat anda melakukan klik pada ikon link, maka anda akan dibawa ke fitur tiktok shop dimana anda dapat melakukan transaksi secara langsung tanpa perlu kehilangan momen di Tiktok.

Cara ini tentunya memudahkan bagi konsumen yang tertarik pada suatu produk namun tidak ingin meninggalkan konten yang sedang dilihat saat ini.

Keberadaan konten promosi juga tidak hanya ada di sosial media, namun platform tertentu seperti artikel di website, sehingga konsumen bisa langsung melakukan transaksi tanpa perlu meninggalkan artikel yang tengah dibaca.

keuntungan menggunakan konten promosi sosial media

Keuntungan Menggunakan Konten Promosi Social Media

Konten promosi menjadi salah satu konten yang harus dimasukkan ke dalam strategi sosial media, sehingga konsumen dapat mengetahui produk yang dijual serta tertarik untuk membelinya.

Tidak hanya itu, keberadaan konten promosi sosial media juga memberikan berbagai keuntungan bagi penjual dan pembeli di waktu yang bersamaan.

Memudahkan Perjalanan Menemukan Produk Tertentu

Sebelum maraknya sosial media, banyak orang yang menghabiskan waktu untuk berkunjung dari satu toko ke toko lainnya untuk menemukan produk yang diinginkan.

Belum lagi ketika barang yang diinginkan tidak kunjung ditemukan yang tentunya akan menghabiskan lebih banyak waktu, tenaga, serta usaha.

Namun, dengan adanya konten promosi sosial media, maka akan memudahkan konsumen dalam menemukan produk terbaru dengan mudah dan cepat.

Caranya adalah dengan melakukan pencarian menggunakan kata kunci tertentu di halaman pencarian sosial media, dengan satu kali tekan, maka anda akan menemukan unggahan konten promosi yang memikat mata.

Tidak hanya itu, anda juga bisa mendapatkan iklan setelah melakukan pencarian menggunakan kata kunci tertentu, sehingga memudahkan anda menemukan referensi produk yang menarik.

Meningkatkan Pengalaman Konsumen

Kemudahan dalam menemukan produk terbaru di sosial media tentunya akan meningkatkan pengalaman konsumen saat berbelanja di sosial media.

Misalnya saja konsumen yang baru pertama kali menggunakan tiktok shop untuk berbelanja, tentunya akan mengalami pengalaman baru dalam mengakses berbagai fitur yang dimiliki.

Di sisi lain, pengalaman menemukan konten promosi di sosial media juga akan memangkas waktu dalam menganalisa produk yang diinginkan.

Karena biasanya konten promosi sosial media sudah memiliki berbagai informasi yang dibutuhkan oleh konsumen, sehingga lebih menghemat waktu untuk melakukan analisa produk.

Contohnya saja saat melihat iklan konten promosi di sosial media, anda akan melihat produk yang ditawarkan, manfaat yang diberikan, serta kandungan produk yang dimiliki.

Setelah produk yang dipilih sudah sesuai dengan kebutuhan, maka konsumen bisa langsung melakukan pembelian di akun social media shopping, marketplace, atau website brand yang dimiliki

Sehingga tidak memakan banyak waktu untuk melakukan analisa produk secara mendalam yang tentunya memakan banyak waktu. 

Menjangkau Konsumen Potensial

Saat sedang bingung memilih produk yang akan dibeli, maka menelusuri sosial media bisa menjadi jawaban paling tepat.

Dimana anda bisa menemukan produk keinginan dari akun brand yang pernah diikuti sebelumnya atau menggunakan kata kunci tertentu, sehingga lebih mudah menemukan produk yang diinginkan secara cepat.

Seseorang yang melakukan pencarian produk tertentu di sosial media biasanya sudah siap membeli, sehingga hanya membutuhkan referensi yang sesuai dengan selera dan bugdet yang dimiliki.

Kesiapan ini juga bisa dimanfaatkan oleh pelaku usaha yang memasang iklan di sosial media dan menyasara target konsumen yang diinginkan.

Apabila iklan tersebut sudah dilihar oleh konsumen, maka peluang untuk membeli produk tersebut semakin besar.

Mengumpulkan Testimoni Konsumen

Salah satu cara untuk meningkatkan rasa percaya pengguna sosial media pada produk tertentu adalah mengunggah konten testimoni di akun sosial media.

Sehingga konsumen yang baru pertama kali melihat produk anda, akan lebih tertarik untuk membeli atau mengikuti akun sosial media brand tersebut.

Guna menambah testimoni konsumen secara efektif, maka anda bisa melakukan kolaborasi promosi dengan influencer atau kreator sosial media tertentu.

Dimana mereka akan mempromosikan produk anda ke target konsumen yang sesuai, sehingga membuat pengikutnya penasaran dan tertarik untuk membelinya juga.

Tidak hanya itu, apabila anda memliki link affiliate marketing di akun marketplace, maka konsumen bisa menceritakan pengalaman produk tersebut sambil mempromosikan barang tersebut.

Hal ini dapat membantu sebuah brand untuk mendapatkan testimoni konsumen yang terpercaya sembari meningkatkan penjualan produk secara drastis.

Apalagi jika produk anda dipromosikan oleh influencer sosial media yang dipercaya oleh pengikutnya, maka kesempatan viral dalam waktu semalam menjadi lebih besar, serta membantu anda meningkatkan penjualan lebih cepat.

jenis jenis konten promosi sosial media

Jenis-jenis Konten Promosi Social Media

Konten promosi tidak hanya berupa foto produk yang berisi penjelasan singkat mengenai deskripsi barang, namun postingan tersebut memiliki variasi yang unik guna memikat konsumennya.

Berikut beberapa jenis konten promosi produk yang bisa digunakan untuk memasarkan produk secara efektif.

Konten Promosi Video

Konten video pendek telah menjadi primadona di kalangan pengguna sosial media, dimana anda bisa melihat sebuah produk dengan jelas serta deskripsi yang menarik.

Di sisi lain, konten promosi video sudah banyak digunakan sebelum sosial media merebak, dimana anda bisa melihat iklan bergerak yang hadir di televisi atau billboard.

Pada penggunaan konten promosi video, kreator biasanya membuat awalan video yang berisi masalah yang sedang dihadapi oleh konsumen, kemudian mereka mencari solusinya dengan produk yang sedang dipromosikan.

Tidak lupa juga, dengan penjelasan singkat mengenai kandungan produk yang akan membantu meningkatkan minat konsumen untuk membelinya.

Format konten promosi video juga beraneka ragam, mulai dari bentuk vertikal dan horizontal, sesuai dengan bentuk sosial media yang dimiliki.

Konten promosi video juga dianggap lebih menguntungkan, karena kreator bisa menyelipkan sebuah link yang akan membawa konsumen ke akun social media shopping, marketplace, atau website brand yang memudahkan untuk melakukan pembelian secara langsung.

Sehingga konsumen tidak perlu menelusuri nama produk di berbagai platform yang akan memakan lebih banyak waktu.

Konten Promosi Foto

Apabila anda mengikuti sebuah akun social media brand, maka anda akan menemukan sebuah konten promosi foto saat sebuah produk rilis.

Penggunaan konten promosi foto lebih mudah ditemukan di berbagai platform sosial media, seperti Instagram, Facebook, serta Tiktok.

Konten promosi foto akan membantu konsumen untuk mengenali produk tersebut sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli.

Berbeda dengan konten promosi video yang memiliki durasi yang lebih sedikit, maka konten foto akan memudahkan konsumen dalam menganalisa produk tertentu.

Hal ini dikarenakan konten foto menyediakan berbagai slide khusus yang memberikan informasi mengenai produk secara lebih lengkap.

Selain itu, konsumen juga bisa memperbesar ukuran foto sehingga bisa memperlihatkan hasil gambar dengan baik.

Tidak hanya itu, konten promosi foto juga bisa dimanfaatkan untuk iklan sosial media, sehingga memudahkan konsumen untuk melihat produk tertentu dari akun brand yang belum pernah diikuti sebelumnya.

Strategi ini tentunya efektif untuk menjangkau target audience yang lebih luas dan menemukan konten anda saat sedang melakukan scrolling sosial media.

Keuntungan lainnya dari menggunakan konten promosi foto adalah anda bisa menggunakan fitur product tags, yang akan membantu anda memberikan keteranagn mengenai barang tertentu dengan mudah dan efektif.

Setelah konsumen merasa produk yang ditawarkan sudah sesuai dengan keinginan, maka pembeli bisa melakukan transaksi di akun social media shop yang dimiliki.

Iklan Konten Promosi

Saat melakukan scrolling konten sosial media, anda akan mungkin menemukan satu hingga dua iklan yang muncul secara mendadak.

Pemberian konten iklan bisa menjadi istirahat sejenak dari melihat konten sosial media serta melihat berbagai produk yang ditawarkan.

Iklan konten promosi memiliki bentuk yang bermacam-macam mulai dari video atau foto sesuai dengan kebutuhan.

Penggunaan iklan konten promosi juga menguntungkan bagi kreator sosial media yang sedang mengembangkan akun brand atau mempromosikan produk tertentu.

Hal ini dikarenakan iklan konten promosi dapat membantu menjangkau audience yang lebih luas dan tentunya sesuai dengan konsumen yang dituju.

Sebab saat menggunakan iklan sosial media, kreator dapat memilih target audience berdasarkan usia, gender, serta kota yang dituju.

Tidak hanya itu, anda juga dapat memilih durasi penyangan iklan sesuai dengan budget promosi yang dimiliki, sehingga pengeluaran promosi bisa ditekan.

Selain itu, terdapat juga ikon khusus yang dapat membawa konsumen ke akun marketplace, website brand, serta social media shop yang dimiliki oleh brand tertentu.

Link tersebut tentunya akan memudahkan konsumen untuk melakukan pembelian secara langsung setelah melihat produk yang ditawarkan.

Sedangkan bagi konsumen, keberadaan iklan konten promosi bisa menjadi referensi produk yang bisa dibeli di waktu yang akan datang.

Sehingga konsumen bisa mengikuti akun tersebut terlebih dahulu, kemudian melakukan pembelian di kemudian hari.

Artikel Konten Promosi

Mesin pencari Google masih digunakan oleh banyak orang untuk mencari produk tertentu yang sesuai keinginan.

Sehingga tidak mengherankan apabila artikel konten promosi masih digunakan untuk konten promosi produk di internet.

Di sisi lain, banyak juga brand besar dan berkembang yang memiliki website khusus untuk transaksi produk tertentu.

Pada proses pembuatan artikel konten promosi, maka kreator juga perlu melakukan strategi khusus agar artikel yang dibuat dapat menjangkau target audience yang diinginkan.

Pertama adalah mengetahui pertanyaan atau kata kunci yang banyak dicari di internet, semakin banyak jumlah pencarian, maka menjadi indikator bahwa topik tersebut sedang dicari oleh banyak orang.

Kedua adalah mengembangkan pertanyaan tersebut menjadi konten artikel yang dapat menjawab rasa penasaran konsumen.

Semakin relevan jawaban dengan pertanyaan yang diberikan, maka akan membantu meningkatkan ranking artikel untuk berada di bagian paling atas.

Ketiga adalah menyematkan tambahan konten yang relevan dengan topik yang dibahas, sehingga memudahkan konsumen untuk memahami artikel yang diunggah.

Keempat adalah menggunakan gaya bahasa yang sesuai dengan target audience yang dituju, sehingga artikel yang diunggah lebih mudah dipahami dan disukai oleh komunitas tertentu.

Perhatikan juga jumlah kata yang digunakan untuk memudahkan kinerja SEO untuk menaikkan ranking artikel.

q5ian0KIQ9WhPlN4uSFO

Tips Membuat Konten Promosi Sosial Media

Berbagai konten promosi yang tersedia di sosial media, tentunya akan lebih efektif apabila diiringi dengan strategi membuat konten promosi yang memikat konsumen.

Agar konten promosi menjadi lebih menarik, maka berikut beberapa strategi pembuatan konten yang bisa digunakan di berbagai sosial media.

Tampilkan Cara Penggunaan Produk Secara Langsung

Salah satu alasan membuat konten promosi adalah meningkatkan penjualan produk dari konten yang diunggah, sehingga penting bagi kreator untuk menampilkan cara penggunaan produk, untuk membuat konsumen melakukan pembelian.

Meskipun penampilan produk yang menarik dapat membuat konsumen penasaran, namun menampilkan cara penggunaan produk bisa membantu pembeli tertarik pada produk yang ditawarkan.

Ditambah lagi durasi konten video pendek, membuat kreator harus memanfaatkan durasi dengan baik agar dapat memperlihatkan kelebihan produk secara cepat.

Cara ini juga bisa digunakan oleh influencer social media yang memperlihatkan proses penggunaan produk yang sedang dipromosikan untuk mendapatkan perhatian dari pengikutnya.

Anda juga bisa menggunakan cara ini untuk membuat iklan konten promosi atau video konten promosi yang menarik.

Caranya adalah anda bisa mengangkat suatu masalah yang sesuai dengan produk yang akan dipromosikan, kemudian anda tinggal mencontohkan cara penggunaan barang tersebut, sehingga mudah dipahami oleh konsumen.

Konten video penggunaan produk, juga membantu konsumen yang penasaran pada produk yang anda tawarkan, namun masih bingung mengenai cara penggunaan produk yang sesuai.

Gunakan Konten Promosi Untuk Pemasaran Produk

Penggunaan konten promosi produk merupakan cara terbaik untuk mempromosikan barang yang dimiliki ke sosial media, apabila tujuan anda meningkatkan penjualan saat masa promosi berlangsung.

Apabila anda menggunakan konten promosi untuk menaikkan penjualan, maka pastikan konten yang dibuat selaras dengan pesan yang akan disampaikan ke audience.

Penyelarasan antara konten dengan isi pesan, akan membuat audience memahami promosi yang dilakukan, sehingga tertarik untuk mengenali produk dengan lebih dalam.

Selain itu, dengan memberikan pesan promosi yang jelas, akan membuat konsumen tidak melewatkan penawaran yang diberikan yang tentunya membuat mereka tertarik untuk melakukan pembelian produk.

Pada proses pembuatan konten promosi, anda tidak perlu memasarkan semua produk yang anda miliki, namun hanya fokus pada produk yang sedang dipromosikan, sehingga konsumen bisa mengetahui jenis barang yang akan dibeli.

Selain itu, anda juga bisa mempromosikan produk yang sedang memiliki penjualan terendah, untuk membantu meningkatkan penjualan secara cepat.

Manfaatkan Konten Testimoni

Konten testimoni merupakan cara efektif untuk mempromosikan produk ke konsumen yang baru mengenal produk anda.

Hal ini dikarenakan konsumen akan mencari pendapat orang lain yang telah membeli dan mencoba produk anda sebelumnya.

Sehingga anda bisa memanfaatkan testimoni konsumen sebagai konten promosi yang efektif.

Cara menemukan konten testimoni konsumen juga cukup mudah, anda cukup mengecek fitur tag content, dimana anda akan melihat berbagai ulasan konsumen yang sudah mengulas produk anda dan mengunggahnya di sosial media.

Selain itu, anda juga bisa secara rutin untuk mengecek direct message untuk mencari tahu adakah testimoni konsumen terbaru yang diungggah melalui konten story.

Dengan mengunggah konten testimoni secara rutin, tentunya akan membantu meningkatkan kepercayaan konsumen.

Kreator bisa mengunggah ulasan konsumen kembali melalui konten story atau feed sehingga dapat dilihat oleh banyak orang dalam jangka waktu lama.

Tampilkan Produk dalam Bentuk Carousel

Banyaknya produk yang dimiliki oleh sebuah brand, terkadang memerlukan banyak foto  yang harus diunggah di sosial media.

Dengan mengunggah konten foto dalam jumlah banyak akan membuat pengguna instagram melihat lebih jelas produk yang anda tawarkan.

Meskipun begitu, cara ini juga akan terlihat spam karena anda akan mengunggah banyak konten dalam waktu yang bersamaan.

Agar konten foto produk terlihat lebih rapih, maka anda bisa menampilkan berbagai foto produk dalam bentuk carousel, sehingga anda bisa mengunggah beberapa foto dalam satu postingan.

Cara ini juga akan memudahkan konsumen untuk melihat berbagai produk dalam waktu cepat.

Selain itu, apabila anda memiliki produk dengan variasi yang berbeda, maka akan membantu konsumen mendapatkan pilihan barang yang lebih beragam.

Berikan Detail Produk

 Meskipun mencari produk melalui social media akan membantu memberikan variasi produk dari brand yang beragam, namun konsumen akan merasa kesulitan melihat detail barang yang diinginkan.

Sehingga mungkin saja konsumen akan mendapatkan barang yang jauh diluar ekspektasi karena hanya melihat tampilan secara sekilas.

Guna meningkatkan kepercayaan konsumen dalam waktu singkat, maka kreator bisa mengunggah konten yang berisi detail produk secara jelas.

Cara ini juga akan membuat konsumen dapat melihat produk secara jelas meskipun melalui social media, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen.

Kreator juga bisa memotret produk dengan memperlihatkan bahan produk serta gambar yang ditampilkan, sehingga konsumen akan mendapatkan gambaran produk dengan baik.

Sumber :

https://influencermarketinghub.com/shoppable-content/

https://sproutsocial.com/insights/shoppable-content/

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *