pexels pixabay 39284

6 Cara Meningkatkan Traffic Website Secara Stabil

Tingkatkan performa website business anda dengan strategi meningkatkan traffic website secara stabil.

Saat menemui masalah atau pertanyaan yang terlintas di pikiran, biasanya seseorang akan mengandalkan pencarian Google untuk menemukan jawabannya.

Dimana anda akan dibawa ke sebuah website yang berisi artikel yang memuat segala jawaban dan solusi dari masalah yang anda miliki.

Sehingga semakin banyak orang yang berkunjung ke halaman website anda tentunya akan berpotensi untuk meningkatkan jumlah traffic website secara cepat.

Hal ini nantinya akan membantu mengenalkan nama brand atau layanan yang anda tawarkan ke pembaca yang sering mencari artikel dengan kata kunci tertentu.

Tidak hanya memuat artikel dengan kata kunci yang tepat dan masalah yang sedang naik daun saat ini.

Anda juga perlu melakukan promosi serta optimasi halaman website untuk meningkatkan jumlah traffic website yang terus meningkat dari hari ke hari.

Karenanya berikut cara meningkatkan traffic website serta cara promosi yang efektif.

Rencanakan Jenis Artikel yang Akan Diunggah

Rencanakan Jenis Artikel yang Akan Diunggah

Langkah pertama yang bisa dilakukan sebelum merencanakan konten untuk website adalah merencanakan jenis artikel yang akan diunggah.

Perencanaan ini sebaiknya dilakukan secara matang agar konten anda memiliki keterkaitan dengan isi website yang anda kembangkan.

Contohnya adalah apabila brand dan produk yang anda kembangkan berputar di bidang kesehatan, maka sebaiknya anda mengangkat artikel dengan topik yang sama.

HH09bFm8Qpiua6sEyfru

Seperti yang dilakukan oleh website keseharan Halodoc yang memuat berbagai artikel mengenai kesehatan yang bisa dikunjungi oleh konsumennya setiap hari.

Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan setelah menentukan jenis topik artikel yang tepat adalah menyusun tema artikel yang akan dibuat melalui aplikasi atau website planner.

Melalui platform tersebut anda bisa membuat editorial calender yang berisi aktivitas penjadwalan, menulis, serta mengunggah konten.

Hal ini dilakukan agar anda bisa mengetahui artikel mana saja yang harus anda tulis hari ini, konten yang harus diunggah, serta sumber informasi artikel agar anda memberikan informasi yang kredibel.

Keuntungan lainnya dari menggunakan layanan editorial planner adalah anda bisa mengumpulkan anggota tim anda dalam satu tempat sehingga menimbulkan koordinasi yang baik satu sama lain.

Beberapa rekomendasi aplikasi atau website planner yang bisa anda gunakan diantaranya adalah : Notion, Nifty, serta Plutio yang tentunya setiap platform memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Tentukan Pedoman Penulisan Artikel

Tentukan Pedoman Penulisan Artikel 

Saat mengunjungi berbagai website dengan industri yang sama, anda mungkin menemukan artikel denagn topik yang relevan, namun memiliki isi yang berbeda.

Hal ini wajar ditemukan karena setiap website tentunya memiliki pedoman penulisan artikel yang berbeda-beda tergantung dari kompetitor yang dihadapi, topik yang akan diangkat, serta target konsumen yang akan dituju.

Biasanya pedoman penulisan artikel terdiri dari beberapa detail, diantaranya adalah : format artikel, gaya bahasa, jumlah kata, gambar yang digunakan, plagiarisasi, link eksternal dan internal.

Format Artikel 

Di saat membaca referensi tertentu di berbagai artikel yang anda temukan menggunakan kata kunci tertentu, anda mungkin akan memerhatikan perubahan saat membaca satu artikel ke artikel lainnya.

Salah satunya adalah format artikel dimana anda akan menemukan penamaan header dan isi konten yang berbeda.

Perbedaan format artikel ini bisa dibuat tergantung dari target konsumen serta informasi yang akan anda sampaikan.

Gaya Bahasa 

Sebuah artikel yang menargetkan konsumen di usia remaja dengan pembeli untuk ibu rumah tangga tentunya memiliki gaya bahasa yang berbeda.

website Gadis Magazine

Contohnya adalah artikel yang dirilis oleh website Gadis Magazine yang memiliki konsumen di usia remaja yang menggunakan gaya bahasa yang lebih luwes, penggunaan istilah kekinian, serta menggunakan panggilan khusus.

website Nova

Lalu bandingkan dengan website Nova yang membuat artikel dengan gaya bahasa interaktif yang tentunya lebih mudah dicerna oleh terget pembacanya.

Perbedaan ini dilakukan mengingat penggunaan gaya bahasa yang sesuai akan membantu dalam pendekatan dengan konsumen yang anda miliki.

Sehingga mereka lebih tertarik untuk membaca artikel yang anda suguhkan serta melihat berbagai rekomendasi artikel yang lain.

Namun, jika anda belum mengetahui gaya bahasa yang cocok untuk target konsumen dan website anda, maka menganalisa penulisan artikel dari website lain yang memiliki topik sama bisa menjadi yang tepat.

Tidak hanya itu, sering menulis artikel dengan tema yang sama juga akan membantu anda menemukan gaya percakapan yang sesuai dengan anda serta disukai oleh konsumen anda.

Jumlah Kata

Artikel dengan topik yang sama terkadang memiliki jumlah kata yang berbeda satu sama lain, hal ini tergantung dari kelengkapan informasi yang diberikan serta gaya bahasa yang digunakan.

Meskipun begitu, penggunaan jumlah kata yang lebih banyak dari kompetitor juga akan membantu traffic website anda menjadi lebih tinggi karena mampu bersaing dengan artikel lain yang memilkiki jumlah kata yang lebih sedikit.

Dalam penentuan jumlah kata ini, tentunya anda perlu bantuan tools atau website yang memberikan perbandingan jumlah kata dengan beberapa artikel lainnya yang memiliki topik yang sama.

Beberapa rekomendasi tools dan website yang bisa anda gunakan adalah Frase atau Neruonwriter.

Dimana kedua website tersebut memberikan rekomendasi jumlah kata dan kata yang sering digunakan oleh artikel kompetitor lain, agar Google membantu menaikkan halaman website anda dengan mudah dan cepat.

Setelah mengetahui jumlah kata rata-rata yang digunakan oleh kompetitor lain, maka anda bisa menggunakan jumlah yang lebih besar agar artikel anda mampu bersaing secara sehat.

Gambar yang Digunakan 

Penggunaan gaya bahasa yang mudah dicerna dan diterima oleh target konsumen tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri untuk mengunjungi halaman website anda.

Namun, penggunaan visualisasi yang menarik juga membantu pembaca bertahan lebih lama dengan artikel anda.

Hal ini dilakukan agar pembaca bisa membayangkan tulisan anda secara visual sehingga mudah dipahami.

Apalagi jika artikel anda memuat grafik tertentu yang mendukung kredibilitas informasi yang anda sampaikan.

website Hootsuite

Pemakaian visualisasi gambar yang sesuai dengan isi artikel juga biasa digunakan oleh website Hootsuite, yang membahas cara mendapatkan uang dari Instagram dan menambahkan informasi berupa gambar yang mudah dipahami oleh pembacanya.

Apabila anda ingin menambahkan grafis informasi dari website lain maka anda perlu mencantumkan sumber website di gambar anda, sehingga tidak timbul kesalahpaahaman.

Tidak hanya mencantumkan tabel informasi yang relevan di artikel, namun anda juga bisa menambahkan visualisasi yang menarik dan relevan di setiap headernya agar pembaca anda tertarik untuk membaca artikel anda sampai habis.

Namun, anda juga perlu memastikan bahwa gambar yang anda gunakan tidak mengandung lisensi Copyright, agar artikel anda tidak dituntut oleh pihak lain yang memiliki gambar tersebut.

Guna mencari gambar gratis tanpa menggunakan lisensi tertentu, maka anda bisa menemukannya di website Pexels dan Pixabay yang menyediakan gambar dengan kata kunci tertentu.

Sayangnya website ini hanya bisa tersedia dalam bahasa inggris sehingga anda perlu menggunakan padanan kata yang tepat agar menemukan gambar yang anda inginkan.

Plagiarisasi

Penggunaan visualisasi serta gaya bahasa yang menarik tentunya akan membuat pembaca betah untuk melihat artikel yang anda sajikan.

Namun, memiliki artikel yang asli tanpa menyalin pekerjaan dari penulis lain akan membuat anda bertahan dari gempuran website yang memiliki topik yang sama.

Di sisi lain, terkadang anda mungkin tidak sengaja menulis kalimat yang sama sehingga terdeteksi plagiarisasi oleh orang lain.

Karenanya agar konten artikel anda terlihat profesional serta bebas dari plagiarisasi maka anda bisa mengeceknya di website atau tools khusus untuk mengecek skor plagiat yang tidak sengaja anda tulis.

Berbagai artikel tersebut juga disediakan secara gratis sehingga anda bisa memeriksanya berulang kali tanpa merasa khawatir.

Namun, jika anda menggunakan website menulis tertentu, seperti Frase maka anda akan diberikan fasilitas pengecekan plagiarism sehingga anda tidak perlu menggunakan tambahan tools lainnya.

Link Eksternal dan Internal

Salah satu keunikan dari cara kerja search engine optimization adalah artikel anda bisa ditemukan oleh orang lain menggunakan kata kunci tertentu yang relevan.

Sehingga mungkin saja artikel anda dibaca oleh orang lain yang mengetikkan kata kunci “Instagram” di halaman pencarian karena anda mencantumkannya di artikel yang telah anda buat.

Namun, agar artikel anda bekerja dengan lebih baik maka anda bisa mencantumkan link eksternal dan internal tertentu di artikel anda.

Contohnya adalah mencantumkan link eksternal Instagram apabila anda menggunakan kata tersebut di salah satu artikel.

Tidak hanya itu, anda juga bisa menggunakan link internal dari artikel yang telah anda buat sebelumnya berdasarkan kata kunci dilakukan.

Strategi ini bisa dilakukan untuk meningkatkan traffic website ke artikel terdahulu yang saling berkaitan satu sama lain.

Sehingga pembaca tidak berhenti membaca berbagai artikel yang anda berikan dan dicantunkan pada artikel tertentu.

cara meningkatkan traffic website

Jangan Lupa Cek Artikel Kembali

Sebuah artikel yang sempurna tidak lengkap apabila tidak dilakukan analisa kembali oleh editor.

Perjalanan ini dilakukan untuk melihat apakah artikel yang telah anda buat telah menggunakan gaya bahasa yang tepat dan telah ditentukan sebelumnya.

Selain itu, pengecekan ini dilakukan untuk menghindari penggunaan kata yang salah dan tidak sesuai kaidah kebahasaan, sehingga artikel lebih mudah untuk dipahami oleh pembaca.

Penggunaan link serta gambar yang relevan juga bisa dilakukan agar artikel anda menyampaikan informasi yang tepat dan tidak membingungkan pembaca.

Biasanya setelah artikel selesai dibuat, maka penulis akan melakukan cek plagiarism di website tertentu untuk memastikan tulisannya bebas dari plagiat.

Kemudian memindah tugas ke dalam bentuk editing untuk diperiksa editor yang memiliki kemampuan dalam bidang menulis serta keilmuan pada artikel yang anda buat.

Kemudian setelah artikel sudah selesai dilakukan pemeriksaan dan revisi, maka tulisan anda akan dijadwalkan penayangannya pada waktu yang telah ditentukan.

Buat Konten Edukasi atau Tutorial 

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, salah satu alasan untuk melakukan pencarian di Google adalah menemukan jawaban dari masalah yang dihadapi.

Sehingga apabila traffic website anda meningkat secara stabil maka anda bisa membuat artikel yang berisi konten edukasi mengenai topik tertentu atau tutorial produk yang anda miliki.

Penggunaan konten edukasi juga membantu konsumen yang ingin menggunakan produk anda sebelum akhirnya membelinya melalui marketplace atau website yang anda miliki.

website sociolla

Hal ini juga dilakukan oleh website Sociolla yang meskipun menjual produk kecantikan secara online namun menyajikan artikel mengenai tips merawat wajah serta ulasan produk.

Sehingga apabila ada pengguna internet yang menemukan solusi mereka melalui artikel tersebut, maka mereka bisa melakukan pembelian langsung di website yang telah disediakan.

analisa informasi secara detail

Analisa Informasi Secara Detail 

Salah satu tanggung jawab yang diemban oleh penulis artikel website adalah validasi informasi yang diberikan ke pembaca.

Hal ini dilakukan mengingat penulis merupakan orang pertama yang menyampaikan informasi ke orang lain, sehingga informasi yang disampaikan harus valid dan tidak memihak ke satu pihak.

Sehingga seorang penulis sudah seharusnya mencari informasi tertentu secara mendetail sampai ke sumbernya.

Untungnya penulis website saat ini memiliki akses internet yang lebih mudah, sehingga bisa mencari berita dan informasi yang akurat.

Namun, jika anda masih bingung mencari informasi yang relevan dari sumber yang tepat maka beberapa tips berikut bisa anda gunakan.

Pertama, gunakan kata kunci yang sesuai menggunakan bahasa inggris dimana sumber pertama biasanya muncul dari luar negeri, kemudian cari artikel yang memiliki ranking teratas.

Kedua, cek validasi website tersebut dengan melihat layanan yang ditawarkan, klien yang pernah diajak kerjasama, serta akun social media yang dimiliki untuk mengecek jumlah pengikut yang dimiliki. Semakin banyak jumlah pengikut maka akan meningkatkan validasi website tersebut.

Ketiga, ulang lagi langkah tersebut ke website yang berbeda sehingga anda bisa menemukan list website yang memiliki validitas tertinggi.

Keempat, pastikan juga anda mengecek ke portal berita tertentu yang menyajikan informasi mengenai industri yang anda jalani, sehingga anda tidak ketinggalan informasi terbaru yang bisa anda angkat sebagai tema artikel.

Kelima, pastikan juga untuk mengikuti akun social media dari sumber yang bersangkutan agar anda tidak ketinggalan berbagai informasi terbaru yang bisa anda olah kembali sebagi konten social media atau artikel.

Buat Akun Social Media 

Buat Akun Social Media 

Kekuatan social media dalam menyebarkan informasi tentunya tidak bisa anda hindari, mengingat pengguna social media lebih mudah dalam mengkonsumsi informasi atau konten hiburan di social media.

Maka anda memiliki keuntungan untuk mendapatkan traffic website dari promosi di akun social media brand yang menyasar konsumen yang dimiliki.

Namun, jika anda mengembangkan website pribadi dan tidak melakukan kerjasama dengan brand manapun, maka melakukan promosi melalui akun social media menjadi suatu pekerjaan yang harus dilakukan.

Berikut beberapa rekomendasi akun social media yang bisa digunakan serta strategi promosi yang bisa dilakukan :

Promosi Melalui Akun Instagram

Instagram telah menjadi social media yang digandrungi hampir semua kalangan, baik anak muda yang hobi selfie atau ibu-ibu yang mencari resep MPASI.

Sehingga melakukan promosi di Instagram bisa membantu mengenalkan akun website yang anda miliki, namun dengan pendekatan yang berbeda.

Contohnya adalah anda bisa membuat konten carousel berisi cara agar tetap wangi seharian menggunakan rekomendasi parfum yang telah anda ulas sebelumnya di artikel website.

Penggunaan visual yang menarik dengan bumbu informasi ringkas yang mudah dibaca tentunya akan memudahkan pengguna instagram tertarik pada konten yang telah anda unggah.

Agar promosi artikel anda menjadi lebih efektif, maka anda bisa menggunakan kalimat call to action untuk mengunjungi website anda yang tersedia di link instagram profile.

Selain itu, anda juga bisa membagikan artikel terbaru dengan membagikannya melalui fitur stiker link di instagram story.

Namun, agar kosnumen menjadi lebih tertarik, maka anda bisa membahas topik yang berkaitan terlebih dahulu, baru kemudian membagikan link artikel anda.

Buat Twitter Thread yang Menarik

Pengguna twitter aktif tentunya biasa menemukan berbagai macam twitter thread yang berisi berbagai informasi dan pengetahuan terbaru.

Twitter thread sendiri merupakan kumpulan tweet yang saling menyambung satu sama lain, sehingga memudahkan pengguna twitter untuk membacanya.

Kemudahan untuk membagikan berbagai informasi dalam satu utas panjang, akhirnya menjadikan banyak orang berbagai tips tertentu melalui twitter thread.

Sehingga anda juga bisa memanfaatkannya untuk membagikan thread yang berkaitan dengan artikel anda untuk meningkatkan jumlah traffic website.

Dalam membuat twitter thread yang unik dan memikat pembaca, maka anda bisa memulainya dengan pertanyaan atau judul yang mengundang rasa penasaran pembaca, serta ulasan tertentu yang menyertakan bukti

Contoh judul twitter thread yang bisa anda buat adalah :

  • Apa saja kegiatan yang bisa menghasilkan uang dari instagram?
  • 5 Cara Menghasilkan Uang dari Instagram
  • Akhirnya aku bisa beli motor cuma dengan main instagram, ada yang mau tau juga ga?

Berbagai judul yang mengundang rasa penasaran ini tentunya akan membuat pengguna twitter untuk membaca twitter thread yang anda berikan.

Selanjutnya tambahkan juga foto di judul thread anda untuk memikat pembaca yang melihat tweet anda secara sekilas.

Tak lupa juga menambahkan tambahan informasi melalui gambar agar mudah dipahami oleh pengguna twitter serta memberikan visualisasi yang jelas.

Dalam pembuatan twitter thread juga pastikan anda menggunakan gaya bahasa yang komunikatif dan tidak terlalu formal sehingga pembaca betah membaca thread yang panjang dan serasa tidak berujung.

Pastikan juga anda memberikan penyampaian yang jelas dan tidak berbelit-belit agar mudah dipahami oleh pembaca.

Pada bagian akhir thread anda, jangan lupa menyertakan link artikel untuk menambah jumlah traffic website serta membalas berbagai pertanyaan yang masuk.

Cara ini dilakukan untuk meningkatkan interaksi serta hubungan dengan pengguna twitter agar tertarik mengikuti akun twitter anda.

Membalas tweet yang sedang naik daun atau dibahas oleh banyak orang juga membantu meningkatkan interaksi anda untuk menjangkau pengguna twitter yang lebih luas.

Bagikan Pengetahuan Anda di Linkedin

Platform Linkedin tidak hanya berguna untuk menemukan berbagai lowongan kerja sesuai bidang serta pengalaman kerja yang anda miliki.

Namun anda juga bisa menemukan berbagai jenis konten informasi yang dibagikan oleh pengguna Linkedin dalam bentuk tulisan yang panjang dan dukungan visual foto dan video.

Sehingga tidak mengherankan apabila platform Linkedin sering digunakan untuk tempat bertukar pikiran atu membangun relasi dengan seseorang yang memiliki fokus bidang yang sama.

Kemudahan dalam membangun interaksi di Linkedin juga bisa anda manfaatkan untuk mempromosikan artikel anda untuk menambah traffic website yang lebih stabil.

Anda bisa membuat postingan yang membahas topik tertentu dan tentunya relevan dengan isi artikel yang anda miliki.

Jangan lupa juga untuk menambahkan visual yang menarik berupa foto atau video untuk menarik lebih banyak orang membaca topik yang anda bahas.

Guna meningkatkan jangkauan postingan Linkedin yang anda buat, maka anda bisa membangun koneksi dengan orang lain yang berkarir di bidang yang sama untuk membangun relasi yang lebih luas.

Sumber :

https://backlinko.com/increase-website-traffic

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.