influencer tiktok

Cara Menjadi Influencer Tiktok Untuk Pemula

Tiktok telah menjadi platform penghasil uang serta menjadi social media yang terkenal di dunia. Kenali cara untuk menjadi influencer tiktok dengan konten yang anda miliki.

Platform tiktok telah menjadi social media yang paling banyak digunakan oleh kalangan remaja dengan berbagai konten video tiktok yang disajikan tanpa henti.

Social media satu ini telah menjelma dari sarana ekspresi diri berupa video karaoke serta challenge yang seru hingga berkembang menjadi media informasi untuk mempelajari banyak ilmu baru yang bisa diakses oleh semua kalangan.

Namun menjadi influencer di tiktok tentunya tidak mudah mengingat kreator harus bersaing dengan berjuta-juta pengguna aktif tiktok yang terus bertambah setiap harinya dan telah memiliki followers setia yang selalu menonton video di tiktok yang disajikan.

Hal ini membuat video tiktok anda bisa saja tenggelam diantara konten yang diunggah setiap detik dan menyita perhatian pengguna tiktok hingga masuk halaman fyp.

Namun jika anda ingin mengembangkan diri menjadi marketer atau influencer tiktok maka kesempatan untuk menjadi terkenal di tiktok terbuka lebar, mengingat hanya 4% pengguna tiktok yang memilih menjadi marketer di tiktok.

Alasan lain untuk menjadi influencer tiktok adalah sosial media satu ini masih terhitung baru di kalangan media sosial lain, seperti facebook, instagram, dan twitter.

Ditambah lagi, tiktok termasuk tertutup mengenai algoritma tiktok lain sehingga anda juga memerlukan strategi yang tepat agar bisa menjadi terkenal di tiktok.

Meskipun kreator tiktok perlu menempuh jalan yang terjal untuk menjadi influencer tiktok namun jika anda berhasil dikenal di tiktok maka anda akan membuka peluang yang lebih besar.

Seperti mendapatkan uang di tiktok dengan memonetisasi tiktok dari creator fund serta tawaran kolaborasi promosi produk yang tentunya menghasilkan pendapatan yang cukup besar.

Namun jika anda seorang marketer yang sedang mempromosikan produk di aplikasi tiktok maka dengan menjadi influencer tiktok maka kesempatan untuk bisnis anda menjadi lebih terkenal akan terbuka lebar sehingga anda juga akan mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Tidak hanya itu, anda juga bisa melakukan interaksi dengan penggemar setia dengan membalas komentar yang masuk atau menjawab permintaan audiens dengan membuat konten yang menarik dan keren.

Karenanya sebelum menempuh jalan menjadi influencer tiktok maka berikut beberapa strategi menjadi influencer tiktok untuk pemula.

influencer tiktok

Keuntungan Menjadi Influencer Tiktok

Popularitas tiktok yang semakin melejit membuat pengguna tiktok berlomba-lomba mengunggah konten tiktok viral untuk mendapatkan perhatian dari penonton.

Fenomena ini wajar terjadi mengingat menjadi influencer tiktok memiliki banyak keuntungan hanya dnegan mengunggah konten dari minat yang disukai.

Salah satu keuntungan menjadi influencer tiktok adalah menjadi bagian dari komunitas di social media dengan membagikan konten-konten kreatif dan mempengaruhi orang lain dengan mengunggah konten yang unik dan menarik.

Tidak hanya itu, apabila anda mengunggah konten secara konsisten maka anda berpeluang mendapatkan cuan bulanan dari akun tiktok yang anda kelola melalui monetisasi konten tiktok serta kolaborasi dengan brand lain yang tentunya menghasilkan pendapatan tambahan secara rutin.

Namun, untuk mendapatkan hasil dari monetisasi konten tentunya kreator perlu mematuhi berbagai peraturan yang ditetapkan oleh tiktok, seperti menyetujui pilihan pembayaran serta memastikan untuk tidak mengunggah konten tiktok yang tidak melanggar peraturan tiktok.

Selain itu, dengan pilihan interaksi yang beragam maka influencer tiktok juga bisa menyapa penggemar yang dimiliki untuk mendekatkan diri satu sama lain sehingga menambah hasil dari tiktok creator fund yang lebih besar.

Meskipun tiktok memiliki format yang sama dengan youtube namun terdapat perbedaan besar diantara dua platform tersebut dimana youtube berkaitan dengan kreasi konten sedangkan tiktok fokus pada interaksi dengan penonton.

Sehingga influencer tiktok memiliki peluang yang lebih besar untuk sukses dengan berbagai format konten yang diunggah.

Namun untuk mendapat berbagai keuntungan sebagai influencer tiktok maka ketahui dulu strategi yang tepat untuk menjadi infleuncer tiktok.

pexels los muertos crew 7261084

Cara Menjadi Influencer Tiktok

Anda mungkin pernah mendengar bahwa menjadi terkenal di tiktok cukup mudah dibandingkan dengan sosial media lain, seperti instagram atau facebook.

Hal ini dikarenakan algoritma tiktok tidak merekomendasikan konten berdasarkan jumlah pengikut yang dimiliki oleh kreator, sehingga membuka kesempatan bagi akun tiktok baru untuk mendapatkan penonton video serta mendapatkan perhatian pengguna tiktok.

Tiktok juga akan merekomendasikan video anda ke halaman for your page ke pengguna tiktok yang memiliki kesamaan minat dengan anda, telah menonton video anda sebelumnya, serta melakukan interaksi dengan anda di konten sebelumnya.

Meskipun begitu, mendapatkan jutaan penonton tiktok tentunya tidak bisa terjadi dalam waktu semalam sehingga anda memerlukan lebih dari satu konten untuk terkenal di tiktok dan menjadi influencer tiktok.

Untuk membagun fondasi yang kuat untuk menjadi influencer tiktok maka ketahui dulu beberapa strategi dalam menjadi influencer tiktok.

Membangun Brand yang Mudah Dikenal

Dalam membangun sebuah akun tiktok tentunya influencer tiktok bisa memulai dengan memilih niche yang ingin dituju serta menentuka branding yang ingin ditunjukkan ke hadapan penonton.

Hal ini dilakukan untuk memberikan ciri khas pada konten tiktok yang anda buat sehingga membedakan anda dengan kreator lain serta memberikan alasan bagi pengguna tiktok untuk mengikuti akun tiktok yang anda buat.

Sebelum anda membangun persona diri di tiktok maka anda bisa memulai melihat berbagai akun tiktok terkenal yang sering masuk ke halaman fyp dan mempelajari gaya berbicara serta komunikasi ke pengikut yang dimiliki.

Anda juga bisa mengembangkan kebiasan dalam berkomunikasi dengan orang lain yang bisa anda angkat ke dalam konten tiktok yang anda buat.

photo1657705644

Salah satunya yang dilakukan oleh akun @laurasiburian dimana ini menampilkan cara berbicara yang berapi-api dan semangat sehingga membuat penonton tertarik untuk melihat konten yang disajikan.

Tidak hanya itu, pembawaan yang menarik bahkan cenderung santai menjadikan video tiktok yang ia unggah mendapatkan banyak perhatian dari pengguna tiktok.

Beberapa jenis video yang menjadi andalan Laura adalah konten ulasan kos-kosan serta kesehariannya yang selalu menarik perhatian.

Temukan Komunitas yang Tepat

Banyaknya pengguna tiktok juga menjadi keuntungan sendiri bagi influencer tiktok untuk memilih komunitas yang tepat.

Hal ini dikarenakan meskipun tiktok dikenal dengan trend dance challenge namun banyak juga pengguna tiktok yang lebih menyukai konten tiktok yang berisi informasi atau ilmu pengetahuan baru atau sekedar ulasan produk tertentu.

Karenanya minat yang berbeda juga bisa anda gunakan untuk menemukan komunitas yang tepat dan sesuai dengan minat yang anda tuju.

Di tiktok sendiri, sebagian besar pengguna menghabiskan waktu melakukan interaksi dengan konten yang direkomendasikan di halaman fyp dibandingkan akun yang mereka ikuti.

Berbeda dengan facebook dimana anda akan melakukan interaksi dan menemukan konten dari akun facebook yang telah anda ikuti sebelumnya.

Perbedaan kebiasan ini dikarenakan pengguna tiktok lebih mudah menemukan konten dari akun tiktok yang belum pernah mereka ikuti sebelumnya sehingga mendapatkan variasi postingan tiktok yang lebih beragam.

Tidak hanya itu, halaman fyp juga dibuat khusus melalui perhitungan algoritma tiktok yang merekomendasikan konten yang mungkin anda sukai melalui durasi menonton video tiktok setiap hari.

Sehingga meski di awal anda membuka aplikasi tiktok anda akan menemukan konten-konten viral yang anda kurang sukai namun kelamaan anda akan mendapatkan berbagai jenis video tiktok berdasarkan minat dan aktivitas yang anda lakukan di tiktok.

Karenanya untuk menjadi influencer tiktok maka beberapa strategi yang bisa anda lakukan adalah :

  • Mengetahui trending hastag yang digunakan oleh pengguna tiktok atau komunitas yang ingin anda tuju.
  • Menggunakan hastag yang konsisten setiap anda mengunggah konten tiktok.
  • Mengikuti kreator yang sesuai dengan minat agar tidak ketinggalan trend baru.
photo1657705916

Hal ini juga dilakukan oleh influencer tiktok @tysnasaputra yang membuat konten seputar fashion pria dan padu padan yang tepat.

Kreator satu ini membuat konten tiktok berdasarkan trend yang sedang naik daun dan sedang diperbincangkan banyak orang sehingga membantu untuk menaikkan video yang diunggah.

Salah satunya adalah dengan mengunggah konten tiktok yang berisi #CitayemFashionWeek yang tengah trend dan menggunakan variasi konten menggunakan topik yang sedang viral agar tetap relevan dengan topik yang sedang di bahas oleh pengguna tiktok.

Selain itu, untuk memudahkan pengguna tiktok mengenali akun tiktok anda maka influencer tiktok bisa memasukkan deksripsi konten yang anda buat di profil akun tiktok untuk memberikan alasan dalam mengikuti akun tiktok yang anda miliki.

Mengetahui Trend Tiktok

Sebagai platform yang terkenal dengan berbagai trend challenge tentunya penting bagi influencer tiktok untuk mengetahui konten-konten yang sedang naik daun di tiktok.

Hal ini agar influencer tiktok tidak ketinggalan momen dan ikut dalam trend yang sedang viral sehingga mendapatkan perhatian dari pengguna tiktok lainnya.

Kreator bisa menemukan berbagai cara untuk mengetahui trend yang sedang naik daun di tiktok, seperti mengikuti hastag #tiktokchallenge untuk mengetahui trend tiktok viral terbaru.

Selain itu anda juga bisa cek kompetitor sebelah untuk mengetahui konten yang mendapat perhatian dari pengguna tiktok sehingga bisa anda terapkan ke akun tiktok yang anda miliki.

Pastikan juga untuk menyediakan waktu untuk melakukan scrolling akun tiktok untuk melihat konten yang sedang viral dan menarik untuk diikuti di tiktok.

Anda juga bisa mengambil trending topik dari social media lain untuk di bahas di tiktok dan pastikan sesuai dengan komunitas yang anda tuju.

Bagi influencer tiktok yang telah memiliki banyak penikut maka biasanya pengikut anda memberikan rekomendasi trend tiktok yang sedang viral sehingga anda bisa lebih mudah membuat konten yang disukai oleh konsumen anda.

Salah satunya yang dilakukan oleh influencer tiktok @gemabaw yang membua konten dengan filter sehingga membuat konten yang dibuat menjadi lebih viral bahkan masuk ke dalam rekomendasi tiktok.

Influencer tiktok juga bisa menggunakan lagu atau filter yang sedang viral dan direkomendasikan oleh tiktok di halaman rekomendasi.

photo1657710844

Selain itu, anda juga bisa menggunakan tagar yang direkomendasikan oleh tiktok agar membantu menaikkan konten anda sesuai dengan tema yang anda ambil.

Unggah Konten Tiktok Konsisten

Proses menjadi tenar di tiktok tentunya tidak bisa dilakukan dalam waktu semalam melainkan membutuhkan waktu agar konten anda menjadi viral dan dikenal di tiktok.

Karenanya penting bagi kreator untuk mengunggah konten secara konsisten untuk membuka kesempatan untuk mengangkat konten tiktok yang anda buat.

Selain itu, jika salah satu konten anda menjadi viral maka algoritma tiktok akan menaikkan postingan lain yang telah anda unggah sehingga membantu menaikkan jumlah penonton.

Di sisi lain, tiktok sendiri tidak akan menghukum anda apabila mengunggah konten terlalu sering sehingga anda bisa terus menerus mengunggah konten tanpa henti setiap hari.

Akan tetapi, agar penonton anda tidak bosan maka lebih baik mengunggah konten dengan tema yang sama atau berbeda setiap hari pada waktu aktif konsumen.

Hal ini dilakukan agar konten tiktok anda mendapatkan lebih banyak penonton saat pertama kali di unggah sehingga peluang untuk masuk ke halaman fyp lebih besar.

Pastikan juga untuk mengunggah konten tiktok dengan kualitas terbaik agar penonton lebih tertarik melihat video yang anda unggah dan melihatnya berulang kali tanpa merasa bosan.

Untuk menghasilkan kualitas video yang baik maka anda bisa menggunakan kamera handphone dengan resolusi tinggi, memastikan pencahayaan yang cukup, serta menggunakan aplikasi edit video untuk menaikkan kualitas video yang anda unggah.

photo1657711448 1

Strategi mengunggah konten secara konsisten ini juga dilakukan oleh akun tiktok @jevinnka yang secara rutin melakukan upload video dengan tema yang sama di waktu yang telah ditentukan sebelumnya sehingga membuat penonton mengetahui waktu yang tepat saat menonton video tersebut.

Waktu aktif konsumen sendiri bisa anda lihat di halaman insight tiktok pada menu pengaturan dimana anda akan melihat jam-jam tertentu dimana konsumen anda membuka akun tiktok sehingga bisa anda gunakan untuk patokan mengunggah konten video.

Selain itu, jika anda menggunakan layanan dari website social media management maka anda akan memperoleh informasi waktu aktif konsumen berdasarkan aktivitas yang dilakukan oleh komunitas anda.

Namun, apabila anda baru saja membuka akun tiktok maka anda bisa mengetes waktu aktif konsumen untuk menemukan jam yang sesuai, seperti di waktu istirahat siang atau malam hari saat pengguna aktif membuka tiktok untuk mencari hiburan atau sedang istirahat dari berbagai kegiatan yang dilakukann.

Interaksi dengan Pengguna Tiktok

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa tiktok merupakan social media yang berorientasi pada interaksi dengan pengikut yang dimiliki untuk membangun kedekatan satu sama lain serta membantu untuk meningkatkan poin algoritma tiktok.

Interaksi ini juga bisa anda temukan di social media lain, seperti facebook atau instagram yang membantu menaikkan sebuah konten ke halaman explore berkat banyaknya interaksi yang di dapatkan di sebuah konten.

Meskipun begitu, tiktok memiliki pendekatan interaksi sendiri dengan nama tiktok stitch dimana anda dapat membalas komentar konsumen dengan video baru sehingga konten tersebut terlihat lebih menarik dan membantu menjawab pertanyaan pengikut anda dengan mudah.

photo1657712538

Salah satunya yang dilakukan akun influencer tiktok @vinamaulina yang sering membuat konten tiktok dengan membalas pertanyaan dari pengikutnya sehingga meningkatkan interaksi serta membantu masalah yang dihadapi oleh pengguna tiktok.

Di sisi lain, dengan menjawab pertanyaan dari pengikut anda maka akan membantu untuk menemukan ide konten tiktok dengan mudah saat sedang kehabisan ide.

Beberapa interaksi lain yang bisa dilakukan oleh pengguna tiktok adalah memberikan likes, komentar, membagikan dan menyimpan konten.

Interaksi tersebut dilakukan apabila penonton merasa video anda menarik sehingga wajib di simpan dan di sebarkan ke orang lain sebagai bahan diskusi atau dilihat kembali lain waktu.

Interaksi dengan Influencer Tiktok Lain

Tidak hanya melakukan interaksi dengan pengikut tiktok lain untuk meningkatkan algoritma tiktok namun anda juga memberikan komentar ke konten influencer tiktok lain.

Apalagi jika anda memberikan respon ke influencer yang memiliki minat yang sama dengan anda maka akan membuka kesempatan bagi pengguna tiktok untuk mengenal anda dan melakukan interaksi dengan konten tiktok yang anda unggah.

Di sisi lain, melakukan interaksi dengan kreator lain juga membuka kesempatan untuk melakukan duet bersama sehingga dapat meningkatkan jumlah audience serta membantu mengenalkan penonton ke konten yang telah anda buat.

Kolaborasi ini juga dilakukan oleh akun tiktok @iranandha serta @rucenuenda1 yang sering mengunggah video tiktok secara bersama-sama sehingga membuat penonton mengenal mereka berdua.

Interaksi yang akrab serta lucu juga membuat pengguna tiktok tertarik dengan konten yang mereka buat sehingga menunggu-nunggu setiap konten kolaborasi yang mereka lakukan.

Tiktok sendiri juga memiliki variasi fitur yang membantu anda untuk melakukan kolaborasi dengan kreator lain, yakni fitur stitch dimana anda membalas konten tersebut dengan konten baru dan akhirnya masuk ke profil tiktok anda.

Interaksi lain yang bisa anda gunakan adalah fitur duet dimana konten anda dengan kreator lain berdampingan di dalam satu frame sehingga menghasilkan konten yang lucu dan menarik.

Beberapa konten duet yang sering anda temui adalah konten duet menyanyi dimana kreator pertama menyanyikan sebuah lagua atau memainkan instrumen yang bisa anda kolaborasi dengan konten tiktok baru.

photo1657718289

Jenis konten satu ini juga digunakan oleh kreator @nyanyimuludik yang membuat konten duet lagu yang juga mendapatkan antusiasme dari pengguna tiktok yang memiliki hobi sama.

Anda juga bisa melakukan kolaborasi dengan konten tiktok yang sedang naik daun untuk mendapatkan atensi dari pengguna tiktok.

Ciptakan Konten Komedi di Tiktok

Meskipun konten daily life atau pengetahuan sudah mulai merasuki dunia tiktok namun konten komedi tetap menjadi penguasa di tiktok.

Hal ini dikarenakan penonton ingin melihat hiburan di waktu suntuk dengan berbagai konten lucu yang mudah ditemukan di tiktok.

Sehingga apabila anda ingin lebih cepat terkenal dan menjadi influencer tiktok maka meluncurkan konten-konten komedi dengan tampilan unik bisa menjadi referensi dalam membangun citra diri di tiktok.

Hal ini juga menguntungkan bagi kreator yang memiliki sisi komedi dan bakat menghibur untuk menyalurkan minatnya di tiktok.

Di sisi lain, sebanyak 41% anak muda yang menguasai platform tiktok juga lebih menyukai konten out of the box dan asli sehingga dapat menarik perhatian penonton sembari menggabungkan dengan topik tiktok yang sedang viral.

photo1657719017

Cara ini juga dilakukan oleh akun tiktok @triarona yang mengunggah konten komedi dengan melakukan bermain peran ke dalam beberapa karakter sehingga menciptakan konten yang seru dan seru sehingga disukai oleh pengguna tiktok.

Selain itu, untuk meningkatkan konten komedi yang anda unggah maka kreator bisa menambahkan beberapa hastag yang berkaitan atau trending hastag yang bisa digunakan untuk menaikkan konten yang anda buat.

Kreator juga bisa membuat konten berdasarkan permintaan dari penonton guna menghasilkan konten yang lebih variatif.

Sumber:

How to Become TikTok Famous (influencermarketinghub.com)

How to Get TikTok Famous: 6 Practical Tips (hootsuite.com)

Daftar 10 Top Influencer TikTok Di Indonesia (buzzup.id)

10 Top Influencer Tiktok Indonesia (redcomm.co.id)

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.