pexels pixabay 275033

6 Cara Menjadi Influencer Gaming Idaman dan Terkenal

Jadikan hobi bermain game menjadi lebih menguntungkan dengan menjadi influencer gaming yang disukai banyak orang.

Beberapa tahun lalu, game mungkin hanya menjadi kegiatan yang menghabiskan waktu dan menghamburkan banyak uang.

Hal ini dikarenakan pengguna akan menghabiskan banyak uang untuk membeli item game yang dibutuhkan serta membeli peralatan tambahan agar kenyamanan bermain game semakin terasa.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu serta kemajuan internet yang semakin pesat, industri game mampu memberikan keuntungan bagi penggunanya.

Salah satunya adalah dengan membuat konten saat sedang bermain game tertentu yang disukai banyak orang dan membuat mereka mengirimkan apresiasi berupa stiker gif di berbagai platform gaming tertentu.

Mengubah hobi menjadi keuntungan yang menghasilkan tentunya menjadi salah satu alasan bagi banyak orang untuk menjadi influencer gaming yang terkenal.

Namun, sebelum menjadi influencer gaming idaman maka ketahui dulu berbagai macam tips dan trik memulai karir gaming yang lebih profesional di dunia maya.

apa itu influencer gaming

Apa Itu Influencer Gaming

Social media menjadi tempat yang sesuai bagi seseorang yang ingin mengeksprsikan kesukaannya pada minat dan hobi tertentu.

Salah satunya adalah hobi gaming yang biasanya dimainkan di waktu senggang untuk mengisi waktu luang atau melepas rasa penat.

Hobi bermain game kerap kali di cap menghabiskan banyak uang dan waktu karena seseorang akan menghabiskan waktu sekian lama untuk bermain game kesukaan.

Kini banyak orang yang telah menjadi influencer gaming dengan mengunggah permainan saat bermain game tertentu yang disukai oleh kalangan tertentu.

Permainan yang apik dengan dukungan strategi yang tepat menjadikan konten game dari influencer gaming disukai oleh banyak orang dan mendapatkan apresiasi berupa interaksi di social media.

Sebenarnya influencer gaming memiliki kesamaan dengan kreator lainnya, dimana mereka akan mengunggah konten saat bermain game atau mengulas item game tertentu di berbagai social media.

Sama seperti kreator social media, seorang influencer gaming terkenal juga mampu mempengaruhi pengikut serta penontonnya dengan menjadi trend maker atau pemimpin di game tertentu.

Sehingga tidak mengherankan apabila berbagai game di social media biasanya dikuasai oleh influencer gaming yang berbeda-beda karena perbedaan kesukaan dan minat.

Keberadaan influencer gaming yang berpengaruh juga membantu developer gaming untuk memperkenalkan game terbaru ke audience yang lebih luas sehingga mendapatkan pengguna baru yang lebih banyak.

Kolaborasi promosi ini juga menguntungkan influencer gaming karena mereka akan mendapatkan penghasilan tambahan dari berbagai endorsement game atau produk perangkat elektronik dengan nilai promosi yang tidak sedikit.

Belum lagi berbagai macam hadiah dari penggemar dan penonton yang melihat influencer gaming saat sedang bermain game tertentu, dimana mereka akan mendapatkan penghasilan rutin dari siaran langsung yang dilakukan di berbagai social media.

Meskipun terlihat menyenangkan karena mengubah hobi menjadi penghasilan yang menggiurkan, namun seorang influencer gaming juga mengetahui beberapa strategi agar konten yang dihasilkan disukai oleh komunitas yang dituju.

Karenanya berikut beberapa tips dan trik membangun karir menjadi influencer gaming dengan konten dan komunitas yang tepat.

tips menjadi influencer gaming

Tips Menjadi Influencer Gaming Terkenal

Bermain game tidak hanya menjadi kegaiatn yang menyenangkan bagi sebagian besar orang, namun bisa menjadi tempat terbaik untuk menghasilkan pendapatan tambahan dengan bermain game yang disukai sembari mendapatkan apresiasi dari komunitas yang dituju.

Apabila anda tertarik mengubah hobi menjadi kegiatan yang menguntungkan maka menjadi influencer gaming bisa menjadi pilihan yang tepat tentunya dengan strategi yang sesuai.

Ketahui Tujuan Membuat Konten Gaming di Social Media

Langkah pertama yang bisa dilakukan sebelum membuat konten gaming di social media adalah menentukan jenis game yang ingin dimainkan.

Influencer gaming biasanya akan memulai membuat konten dari game yang biasa dimainkan sehari-hari.

Hal ini dikarenakan mereka sudah menguasai dan mengenali game tersebut sehingga lebih mudah untuk menyampaikan konten yang sesuai.

Selanjutnya adalah menentukan apakah anda ingin membuat konten game yang berupa ulasan permainan atau melakukan siaran langsung pertandingan tersebut.

Semua jenis konten tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Apabila anda memilih konten ulasan permainan maka membutuhkan waktu lebih untuk membuat konten yang berupa analisa game, item yang dimiliki, serta berbagi tutorial tersembunya yang bisa dimanfaatkan oleh penggunanya.

Selain itu, anda juga perlu mengetahui perkembangan terbaru mengenai game tertentu secara terpercaya, sehingga konten anda disukai oleh banyak ornag.

Meskipun begitu, dengan membuat konten ulasan game maka anda akan memiliki target audience yang lebih luas, sehingga memungkinkan untuk mendapatkan jumlah penonton yang lebih banyak.

Sementara itu, apabila anda memilih membuat konten mengenai game tertentu maka anda proses pembuatan konten akan menjadi lebih singkat.

Hal ini dikarenakan kreator bisa fokus pada satu game tertentu dan memilih jenis konten yang disukai, seperti melakukan live streaming game atau mengulas game tersebut bersama dengan pengikutnya.

Dengan memilih konten game tertentu maka anda telah memiliki komunitas tetap yang menyukai game tersebut sehingga lebih mudah untuk menyasar target audience yang diinginkan.

Di sisi lain, anda juga perlu bersaing dengan berbagai influencer gaming lain yang telah memiliki jumlah pengikut yang lebih banyak dan pengaruh yang lebih besar.

Sehingga anda perlu memiliki ciri khas yang menarik dan membuat penonton terus menerus melihat konten yang anda sajikan.

Ciri khas yang unik dan berbeda dari influencer gaming lain tentunya membuat banyak developer game tertarik untuk melakukan kolaborasi promosi produk dengan nilai kerjasama yang fantastis. 

Berikan Ciri Khas yang Menarik

Banyaknya konten gaming yang beredar di social media menjadikan anda harus bersaing dengan kreator lain yang lebih berpengaruh dan berkecimpung lama di dunia gaming.

Meskipun begitu, anda tetap bisa memikat hati komunitas gaming yang dituju dengan ciri khas yang menarik.

Misalnya saja anda mengulas game tertentu secara detail termasuk kelebihan dan kekurangan game tersebut.

Meskipun terlihat sepele namun penjelasan yang lengkap juga akan membantu penonton yang tertarik pada suatu game tertentu namun masih mencari ulasan yang sesuai.

Kedua adalah menggunakan outfit yang keren di dukung dengan berbagai perangkat elektronik yang memadai.

Hal ini dikarenakan sebagian besar game yang tersebar di internet membutuhkan perangkat elektronik yang memadai untuk menghasilkan tampilan yang menarik.

Sehingga dengan menggunakan perangkat elektronik yang mendukung juga akan menghasilkan ulasan yang menarik di mata penonton.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan gaya bahasa yang sesuai dengan target audience yang dituju serta mengurangi penggunaan istilah yang terlalu rumit.

Cara ini dilakukan agar penonton awam lebih mudah memahami isi konten ulasan game tersebut dengan mudah dan cepat.

Di sisi lain, apabila anda membuat konten game yang berisi cuplikan pertandingan maka anda perlu memberikan komentar yang bisa dipahami serta sesuai dengan isi permainan.

Pemberian komentar yang sesuai juga dapat memicu adrenalin penonton sehingga membuat mereka tertarik untuk melihat konten yang anda sajikan serta membagikannya ke orang lain agar dapat merasakan sensasi yang sama.

Tidak hanya itu, ciri khas yang sesuai dengan target audience juga akan membantu mereka kembali lagi ke akun social media anda untuk melihat konten yang anda sajikan.

Apabila anda masih bingung untuk mementukan ciri khas yang sesuai maka anda bisa menelisik beberapa influencer gaming yang telah memiliki jumlah pengikut lebih banyak.

Cara ini dilakukan agar anda dapat mengenali minat audience lebih dalam yang kemudian bisa diterapkan ke akun social media dengan gaya yang berbeda.

Pastikan juga anda merasa nyaman dengan tampilan yang dibuat sehingga ciri khas tersebut bisa bertahan untuk waktu yang lama. 

Pilih Saluran Live Streaming Terbaik

Meskipun anda dapat dengan mudah menemukan berbagai konten gaming di hampir semua social media, namun biasanya komunitas gaming hanya berkumpul di tempat tertentu saja.

Hal ini dikarenakan konsep konten gaming yang berbentuk video dengan durasi panjang serta konten siaran langsung yang bisa dilakukan dalam waktu lama.

Karenanya anda sebaiknya memilih platform social media yang tepat dan sesuai dengan jenis konten yang anda sampaikan ke penonton.

Twitch Tv

Twitch menjadi salah satu social media yang banyak digunakan oleh influencer gaming internasional.

Hal ini dikarenakan platform Twitch memungkinkan penggunanya untuk melakukan siaran langsung dalam jangka waktu lama.

Layanan ini tentunya cocok bagi seorang influencer gaming yang membuat konten siaran langsung yang bisa berlangsung selama berjam-jam.

Selain itu, influencer gaming juga bisa melakukan interaksi dengan pengikut serta penontonnya melalui fitur livechat.

Cara ini menjadi pendekatan yang tepat untuk membangun hubungan yang lebih erat dengan pengikutnya sehingga mereka tertarik untuk mengunjungi akun Twitch anda secara rutin atau menghadiri siaran langsung yang anda lakukan.

Tidak hanya itu, influencer gaming juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan mengikuti layanan Twitch Affiliates and Partner Program.

Dimana penonton bisa memberikan donasi dengan jumlah tertentu selama siaran langsung.

Sehingga influencer gaming tidak hanya menghibur penontonnya namun juga mendapatkan penghasilan tambahan hanya dengan bermain game.

Cara ini tentunya menguntungkan bagi influencer gaming yang ingin mengubah hobi menjadi kegiatan yang menguntungkan.

Penonton juga dapat menentukan influencer gaming kesukaan dengan menggunakan fitur kategori untuk memilih siaran langsung yang sesuai dengan game yang disukai.

Sehingga penting bagi influencer gaming untuk memilih kategori siaran langsung yang sesuai agar dapat menyasar penonton yang tepat.

Youtube

Youtube menjadi salah satu social media yang banyak digunakan oleh influencer dengan berbagai topik dan komunitas yang berbeda.

Hal ini dikarenakan kemudahan dalam mengakses Youtube serta durasi video yang tidak terbatas.

Penggunaan youtube sebagai social media jutaan influencer juga digunakan oleh influencer gaming yang ingin membangun karir dari awal.

Dimana anda bisa membuat konten berisi ulasan game tertentu atau sekedar melakukan siaran langsung saat sedang bermain game kesukaan yang bisa ditonton oleh komunitas yang dituju.

Tidak hanya itu, Youtube juga memiliki berbagai fasilitas tambahan yang bisa dimanfaatkan oleh influencer gaming.

Pertama adalah fitur youtube live dimana influencer gaming bisa melakukan siaran langsung yang bisa ditonton oleh pengguna youtube atau pengikut akun tersebut.

Durasi youtube live streaming yang tidak terbatas menjadikan influencer gaming bisa bebas menampilkan siaran saat sedang bermain game tertentu di hadapan penonton.

Selain itu, influencer gaming juga dapat mendapatkan donasi dalam jumlah tertentu dalam bentuk stiket gift yang bisa diubah dalam nominal uang tertentu.

Tidak hanya itu, ada juga layanan youtube subscription dimana influencer gaming bisa membuat konten eksklusif ke pengikutnya dengan variasi konten tertentu yang membuat mereka tertarik untuk terus berlangganan akun youtube anda.

Anda juga bisa mengunggah konten live streaming tersebut ke channel youtube yang anda miliki, sehingga bisa dilihat oleh pengguna youtube yang tertarik pada konten gaming tersebut.

Melalui strategi promosi konten youtube yang tepat maka postingan yang anda unggah bisa menjangkau target audience yang lebih luas.

Kedua adalah memanfaatkan fitur youtube shorts guna mempromosikan channel youtube yang anda miliki ke jaringan penontin yang lebih luas.

Hal ini dikarenakan algoritam youtube short yang mempromosikan konten anda ke target audience yang menyukai topik yang serupa dengan konten video pendek.

Anda bisa membuat konten youtube shorts yang berisi potongan video saat anda melakukan pertandingan game tertentu dengan perlawanan yang sengit.

Tidak hanya itu, anda juga bisa membuat konten ulasan game tertentu yang tentunya membuat penonton tertarik untuk melihat video lainnya di channel youtube yang anda miliki.

Jaringan youtube shorts yang luas tentunya cocok digunakan oleh influencer gaming yang ingin memasarkan akun youtube yang baru dimiliki.

Tiktok

Popularitas social media satu ini menjadikan banyak influencer gaming pemula juga tertarik untuk membuat konten gaming di Tiktok.

Hal ini dikarenakan platform ini lebih mudah digunakan untuk membuat konten dengan durasi yang lebih pendek namun tetap disukai oleh pengguna tiktok lainnya.

Biasanya konten gaming di Tiktok berisi cuplikan video saat sedang bermain game tertentu yang memicu adrenalin penontonnya.

Strategi bermain game yang tepat serta kemenangan yang di dapatkan membuat akun influencer gaming tiktok diikuti oleh banyak orang.

Tidak hanya itu, ada juga konten tiktok yang mengulas karakter game tertentu dengan tambahan sisi komedi yang hanya bisa dipahami oleh pemainnya saja.

Bangun Kedekatan dengan Audience

Salah satu cara agar konten game yang dibuat bisa bertahan lama adalah membangun kedekatan dengan audience.

Sehingga penonton tidak hanya menikmati konten game yang anda buat namun juga memiliki kedekatan yang kuat dengan kreator.

Keberadaan audience menjadi keharusan bagi influencer social media, karena kreator memerlukan komunitas yang mendengarkan dan peduli terhadap pendapat yang anda sampaikan.

Memiliki pengikut yang tinggi tidak hanya menjadi tolak ukur ketenaran influencer social media apabila mereka tidak tertarik untuk melakukan interaksi pada konten yang anda miliki.

Membangun audience yang kuat memang bukan merupakan pekerjaan yang mudah, namun bukan berarti tidak mungkin untuk dilakukan.

Anda bisa memanfaatkan berbagai macam fitur social media untuk membangun kedekatan dengan target audience yang dituju.

Pertama adalah kolom komentar dimana anda bisa melihat berbagai reaksi penonton yang telah melihat konten yang telah anda unggah sebelumnya.

Berbagai komentar tersebut bisa anda balas untuk membangun kedekatan dengan penonton yang lebih interaktif.

Selain itu, influencer gaming juga bisa mencoba berbagai jenis konten yang sekiranya disukai oleh audience.

Anda bisa mengeceknya dengan melihat statistik di fitur insight social media dan melihat berbagai interaksi yang di dapatkan dalam jangka waktu tertentu.

Apabila sebuah konten mendapatkan interaksi yang tinggi dalam jangka waktu lama secara terus menerus maka anda bisa menjadikannya sebagai konten utama.

Namun, jangan lupa untuk mengecek fitur insight social media secara rutin untuk mengecek kinerja konten dalam jangka waktu tertentu.

Sehingga anda bisa menyusun strategi promosi yang tepat apabila konten anda mengalami penurunan interaksi dalam jangka waktu lama.

Lakukan Kolaborasi dengan Influencer Gaming Lain

Seorang influencer social media biasanya memiliki berbagai kenalan kreator lain yang memiliki kesukaan yang sama.

Memiliki teman dengan minat yang sama juga akan membantu anda dalam mengetahui topik yang sedang hangat di kalangan komunitas game sehingga bisa diangkat menjadi konten social media yang menarik.

Tidak hanya itu, melakukan kolaborasi dengan influencer gaming lain juga perlu dilakukan untuk membangun akun social media yang anda miliki menjadi lebih baik.

Dimana anda dapat memperluas audience yang anda miliki tanpa mencuri jumlah pengikut dan penonton yang mereka miliki karena adanya kesamaan jumlah penonton yang berasal dari rekomendasi social media.

Anda bisa melakukan berbagai cara untuk terhubung dengan influencer gaming lain yang memiliki minat yang sama.

Pertama adalah menyaring influencer gaming yang sering membuat konten yang sama namun dengan pengikut yang lebih banyak.

Pilihan ini dilakukan karena mereka memiliki pengaruh yang lebih besar serta pengaruh yang lebih kuat, sehingga dapat membantu anda menjangkau audience yang lebih luas.

Anda bisa mengirimkan permintaan kolaborasi konten ke influencer gaming tersebut melalui fitur direct message dan menunggu sampai mereka memberikan konfirmasi.

Kreator juga bisa melakukan interaksi terlebih dulu sebelumnya sebagai penanda bahwa anda berminat untuk melakukan kolaborasi promosi konten.

Tidak hanya itu, anda juga bisa bergabung dengan komunitas gaming yang sama dan tersedia di berbagai macam platform social media.

Dimana influencer gaming lain juga bergabung di komunitas yang sama untuk mendapatkan kenalan yang lebih luas.

Apabila anda aktif melakukan interaksi dengan anggota komunitas lain serta memiliki kemampuan bermain game yang apik, maka tidak menutup kemungkinan bagi mereka untuk mengajak anda melakukan kolaborasi konten yang menarik.

Buat Strategi Konten yang Sesuai 

Dalam membangun karir menjadi influencer gaming di social media, anda tidak hanya membuat konten yang menarik dan disukai oleh target audience.

Namun, anda juga perlu membuat strategi konten yang sesuai agar konten anda menjangkau target audience yang lebih luas dan memiliki pengikut yang setia.

Contohnya saja adalah membuat jadwal siaran langsung yang rutin dan efektif, anda tidak perlu melakukan live streaming setiap hari karena dapat menyebabkan kelelahan karena bermain game dalam jangka waktu lama secara terus menerus.

Namun, anda perlu membaginya dengan jadwal unggah konten social media serta siaran langsung.

Hal ini dikarenakan penonton biasanya belum mengetahui gaya permainan yang anda lakukan serta ciri khas yang anda miliki.

Sehingga anda bisa memotong beberapa cuplikan siaran langsung saat sedang bermain game dan mengunggahnya sebagai konten social media.

Cuplikan tersebut memungkinkan konten anda dilihat oleh banyak orang, sehingga mereka tertarik untuk mengikuti akun anda serta menanti acara siaran langsung yang akan anda lakukan nantinya.

Selain itu, anda juga perlu memiliki tujuan yang ingin anda capai melalui konten social media yang anda miliki.

Misalnya saja jumlah pengikut aktif mencapai 10.000 orang dengan interaksi yang konsisten selama satu bulan.

Tujuan ini akan membantu anda mengetahui apakan konten social media yang diunggah sudah sesuai dengan performa yang anda inginkan.

Sumber :

https://influencermarketinghub.com/how-to-be-gaming-influencer/

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *