pexels blue bird 7242746

Influencer Makanan : Cara Asik Review Makanan di Sosmed

Jadikan hobi berburu kuliner serta membuat masakan menjadi hasil yang menguntungkan dengan menjadi influencer makanan di social media.

Salah satunya akun instagram influencer yang banyak diikuti oleh pengguna social media adalah milik influencer makanan.

Dimana anda akan menemukan berbagai macam rekomendasi makanan yang menarik, kekinian, serta pas di kantong.

Memulai kariri sebagai influencer makanan juga cocok bagi anda yang hobi berburu kuliner atau mengolah bahan makanan menjadi sesuatu yang enak dan mengenyangkan.

Sehingga anda tidak hanya menghabiskan uang untuk menikmati hobi yang anda sukai namun juga menghasilkan uang dari kegiatan tersebut.

Apabila anda tertarik menjadi influencer makanan yang sukses di social media, maka ketahui dulu berbagai tips dan trik untuk memulai karir sebagai influencer makanan.

ketahui topik influencer makanan yang sesuai

Ketahui Topik yang Akan di Bahas

Langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum memulai karir sebagai influencer makanan adalah mengetahui topik makanan yang dituju.

Sebagai seorang pecinta kuliner, anda tentunya mengetahui bahwa terdapat berbagai jenis makanan yang berbeda-beda yang bisa anda jelajahi

Berbagai pilihan makanan tersebut bisa anda pilih sesuai dengan kebiasaan berburu makanan dan budget yang dimiliki.

Misalnya saja apabila anda ingin memulai karir dengan budget yang minimalis, maka anda bisa menjadi influencer makanan dengan topik jajanan pinggir jalan.

Hal ini dikarenakan topik tersebut disukai banyak orang, mudah ditemukan, serta memiliki harga makanan yang lebih terjangkau.

Akan tetapi, apabila anda memiliki budget yang berlebih maka anda bisa memulai jalan sebagai influencer makanan dengan topik jajanan cafe atau restauran dengan harga yang lebh mahal.

Di sisi lain, apabila anda lebih menyukai kegiatan memasak dibandingkan berburu kuliner, maka anda juga bisa mengembangkan konten tersebut namun dengan topik yang tepat.

Contohnya saja adalah memilih topik masakan rumahan yang disukai oleh ibu rumah tangga, makanan western untuk anak remaja, atau jajanan sehat yang menjangkau kalangan yang lebih luas.

Akan tetapi, apabila anda ingin menjangkau target audience yang lebih luas dari berbagai kalangan, maka menjadi influencer makanan daerah bisa menjadi pilihan yang tepat.

Hal ini dikarenakan suatu kota tertentu akan memiliki variasi tempat makanan yang berbeda dan bisa anda kunjungi secara rutin.

Menjadi influencer makanan daerah juga memungkinkan anda menjangkau audience yang lebih luas dengan menyasar masyarakat daerah tertentu.

surabaya foodies

Cara ini juga dilakukan oleh influencer makanan Surabaya @surabaya_foodies yang membahas makanan di daerah surabaya dan sekitarnya.

Berbagai topik yang dipilih tentunya akan menentukan target audience yang akan melakukan interaksi dengan berbagai konten social media yang anda miliki.

pilih social media yang dituju

Pilih Social Media yang Dituju

Setelah memilih topik yang sesuai dengan minat dan budget, maka langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah memilih social media yang dituju.

Berbagai social media tersebut juga memiliki target audience serta jenis konten yang berbeda-beda. sehingga anda perlu mengetahui platform yang sesuai dengan kebutuhan.

Karenanya berikut beberapa rekomendasi social media yang bisa digunakan sebagai tempat untuk mengunggah konten dari influencer makanan.

Instagram

Instagram telah lama menjadi social media yang banyak digunakan oleh influencer dengan topik yang berbeda-beda.

Hal ini dikarenakan tersedianya berbagai fitur-fitur yang mampu membuat tampilan visual menjadi lebih menarik.

Tidak hanya itu, jumlah pengguna instagram yang sangat banyak tentunya memiliki variasi target audience yang beraneka ragam.

Sehingga tidak mengherankan apabila instagram menjadi social media pertama yang bisa digunakan untuk membangun karir di dunia maya.

Instagram sendiri memiliki keunggulan pada fitur-fitur visual yang akan membantu menampilkan konten yang menarik dan menggugah selera.

Contohnya apabila anda ingin mengulas makanan dengan lebih jelas maka anda bisa menggunakan konten instagram post.

Dimana anda bisa mengunggah foto makanan serta caption yang menarik dan membuat pengguna instagram tertarik untuk mencobanya.

Konten instagram post juga cocok digunakan apabila anda sedang melakukan kerja sama dengan brand makanan tertentu untuk mempromosikan produk yang dimilikinya.

Hal ini dikarenakan instagram post memiliki fitur caption yang terpisah dengan gambar, sehingga memudahkan pengikut anda membaca kalimat ajakan yang dicantumkan.

Tidak hanya itu, konten instagram post juga cocok bagi anda yang hendak menjadi influencer makanan di bidang memasak, sehingga anda bisa mengunggah foto produk dengan menarik dan mudah dipahami oleh pengguna instagram.

Di sisi lain, influencer makanan biasanya lebih menyukai konten video dibandingkan foto.

Pemilihan konten ini disebabkan penonton dapat merasakan makanan yang dicoba oleh influencer makanan, sehingga mereka tertarik pada tampilan makanan tersebut.

Tidak hanya itu, tersedia juga fitur suara yang akan memudahkan anda untuk merekam hasil suara yang berisi penjelasan makanan tersebut dengan singkat dan menggugah selera.

Sehingga konten instagram story dan reels bisa menjadi pilihan apabila anda ingin memulai karir sebagai influencer instagram di social media.

Tiktok

Social media satu ini menjadi salah satu platform yang disukai oleh anak muda berkat konten video pendek yang menarik.

Fitur unggulan Tiktok ini juga bisa dimanfaatkan untuk menjadi tempat pertama bagi influencer makanan untuk memuai karir di social media.

Hal ini dikarenakan anda bisa merekam makanan dengan lebih jelas ditambah dengan fitur rekaman suara yang akan membuat tampilan konten menjadi lebih menarik.

Selain itu, anda juga bisa menghias konten video dengan tambahan tulisan di video dan caption yang memudahkan penonton untuk mengunjungi tempat makan yang anda kunjungi.

Tidak hanya itu, Tiktok juga memiliki fitur Tiktok post dimana anda bisa mengunggah berbagai rekomendasi foto makanan dengan deskripsi yang singkat dan jelas.

Sehingga anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mengedit konten video tiktok dengan tampilan yang menarik.

Tiktok juga cocok digunakan untuk influencer makanan dengan berbagai olahan yang bisa dimasak di rumah.

Apalagi dengan konten video pendek yang dapat menyorot proses pembuatan makanan dengan mudah dan cepat.

GoCnlVMpRJuhleLzTkks

Salah satu akun tiktok influencer makanan yang sukses adalah akun kamus makanan online yang mengulas berbagai tempat makan yang cocok digunakan untuk bekerja dari cafe, sehingga cocok bagi kalangan kawula muda yang sedang bingung mencari tempat makan yang enak, murah, serta memiliki tempat yang nyaman dan aman.

Ide konten yang unik dan belum terfikirkan sebelumnya menjadikan akun ini memiliki jumlah pengikut ratusan ribu dan terus bertambah hingga hari ini.

Youtube

Saat sedang menyantap hidangan makanan atau sedang bersantai di rumah, menonton video dari influencer makanan bisa menjadi pilihan yang tepat.

Dimana influencer makanan di Youtube menyediakan durasi yang lebih panjang sehingga cocok untuk teman di kala bosan.

Berbeda dengan influencer makanan di social media lain yang memiliki konten yang singkat, padat, dan jelas maka konten makanan di youtube memiliki durasi yang lebih panjang.

Sehingga bisa anda manfaatkan untuk mengulas makanan lebih lengkap sehingga membuat penonton merasa puas.

Tidak hanya itu, agar penonton tidak merasa bosan dengan konten video durasi panjang yang disajikan, maka anda bisa membuat konten ulasan makanan yang berkunjung dari satu tempat ke tempat lainnya.

Sehingga penonton mendapatkan variasi ulasan makanan yang lebih beragam serta tidak membosankan.

Di sisi lain, platform youtube juga cocok bagi kreator yang ingin mengunggah video memasak makanan yang sederhana, tanpa wajah, namun disukai oleh banyak orang.

Konten youtube ini biasanya ditonton oleh ibu rumah tangga yang bingung ide memasak makanan yang tepat untuk keluarga. 

youtube ria sw

Salah satu influencer makanan yang sukses di Youtube adalah Ria SW yang aktif mengunggah konten ulasan makanan di berbagai daerah dengan penyampaian yang menarik.

Twitter

Meskipun Twitter biasanya digunakan untuk mencari topik dan berita yang sedang naik daun, namun platform satu ini juga bisa digunakan sebagai tempat untuk memulai karir sebagai influencer makanan di social media.

Twitter menjadi tempat yang cocok bagi anda yang suka menulis dan hobi berburu kuliner, sehingga anda bisa menciptakan konten yang menarik dan viral.

Meskipun jarang sekali influencer makanan di Twitter, namun banyak tempat makan baru yang viral berkat diulas oleh pengguna twitter.

Namun, apabila anda hendak menjadi influencer makanan di Twitter maka ketahui dulu beberapa tips dan trik pembuatan konten di Twitter.

Pertama adalah memilih konten twitter yang sesuai, anda bisa menggunakan fitur twitter thread untuk mengunggah konten tulisan dalam jumlah banyak sekaligus, sehingga pembaca bisa melihat tulisan secara berurutan.

Anda juga bisa menambahkan konten video pendek serta foto yang membuktikan tampilan makanan yang menggugah selera.

Kedua adalah menggunakan gaya bahasa yang berkaitan dengan panca indra, misalnya saja rasanya manis di mulut atau bau kopinya sangat harum.

Penggunaan gaya bahasa yang melibatkan panca indra akan membuat pembaca ikut merasakan masakan tersebut sehingga ulasan makanan menjadi lebih menarik.

Twitter juga bisa digunakan untuk berbagai resep makana yang simpel dan mudah dibuat di rumah, resep tersebut tentunya cocok bagi pengguna twitter yang berasal dari kalangan anak muda yang ingin memulai belajar memasak namun masih bingung mencari resep yang simpel.

pilih nama social media yang menarik

Pilih Nama Social Media yang Menarik

Apabila anda telah memilih platform social media yang sesuai dengan target audience, maka anda bisa melanjutkan dengan menentukan nama akun social media.

Pemilihan profile social media tentunya harus difikirkan secara matang-matang karena akan menjadi branding diri di depan banyak pengguna social media.

Anda bisa memilih berbagai jenis nama akun social media yang menarik dan mudah diingat oleh banyak orang.

Pertama adalah menggunakan nama asli sendiri sebagai nama profile social media, pemilihan nama ini juga biasa digunakan oleh akun influencer di social media mana saja.

Apabila nama anda terlalu panjang dan susah dihafalkan maka pilihan potongan nama yang mudah diingat ditambah dengan singkatan nama, sehingga memberikan pilihan nama yang unik dan sesuai.

Kedua adalah menggunakan nama yang sesuai branding tempat yang dituju, misalnya saja anda memiliki daerah Jakarta sebagai lokasi makanan, maka anda bisa menggunakan nama tempat tersebut sebagai nama profile social media.

Pemilihan nama tempat yang relevan dengan konten social media, juga akan memudahkan algoritma social media untuk menempatkan akun anda di daftar pencarian teratas saat audience mencari nama tempat menggunakan kata kunci tertentu.

Sehingga akan membuka peluang bagi akun anda dikunjungi oleh orang baru yang penasaran dengan kuliner di satu kota.

Tambahkan juga beberapa kata yang relevan dengan makanan sehingga memberikan ciri khas yang unik dan mudah diingat.

optimasi akun social media

Optimasi Akun Social Media

Tidak hanya memilih akun social media yang sesuai serta profil social media yang mudah diingat, namun influencer makanan juga perlu melakukan optimasi akun social media.

Optimasi ini dilakukan agar akun social media anda mudah ditemukan oleh algoritma social media saat audience melakukan pencarian menggunakan kata kunci tertentu.

Tidak hanya itu, anda juga perlu melakukan optimasi konten social media agar postingan anda menjangkau audience yang lebih luas.

Karenanya berikut beberapa tips melakukan optimasi akun social media yang optimal agar lebih mudah viral.

Gunakan Foto Profile yang Menarik

Salah satu daya tarik sebuah profil social media adalah penggunaan foto profil yang menarik.

Penggunaan foto profil yang apik dan terlihat profesional juga bisa membuat akun social media anda dipercaya oleh orang lain.

Anda bisa memilih foto profile dengan dua cara, pertama adalah menggunakan logo yang sesuai dengan nama akun social media anda, sehingga memberikan ciri khas sendiri.

Penggunaan logo tersebut juga bisa disematkan di konten social media untuk menghindari plagiasi yang dilakukan oleh orang lain yang berusaha meniru konten anda dan diunggah d akun lain.

Kedua adalah menggunakan foto profile pribadi dengan tampilan yang profesional atau menggunakan  properti yang relevan.

Misalnya saja, anda seorang influencer makanan yang membahas minuman kopi, maka anda bisa befoto menggunakan cangkir yang biasanya digunakan untuk meminum kopi.

Penggunaan foto profile pribadi dengan properti yang relevan akan menghasilkan tampilan akun social media yang lebih profesional.

Lengkapi Profil Social Media

Setelah memilih profil social media yang relevan dengan tampilan profesional, maka anda bisa melanjutkan dengan optimasi profile social media.

Saat mendaftar akun social media, maka anda akan diminta untuk mengisi beberapa informasi tambahan.

Sebaiknya anda mengisi kolom profile menggunakan kata kunci yang sesuai sehingga memudahkan algoritma social media untuk menaikkan akun anda di halaman pencarian pertama menggunakan kata kunci tertentu.

Misalnya saja, anda menaruh kata kunci “kuliner surabaya” di bagian deskripsi serta profil akun, maka social media akan merekomendasikan akun anda saat orang lain melakukan pencarian menggunakan kata kunci teretntu.

Selanjutnya adalah menambahkan kolom link dengan akun social media lain yang anda miliki, sehingga pengguna social media yang tertarik pada konten anda juga akan mengakses akun tersebut sehingga menambah jumlah pengikut.

Sematkan Hashtag yang Relevan

Saaat mengunggah konten social media, anda tentunya memiliki harapan postingan tersebut menjangkau target audience yang lebih luas.

Namun dengan jumlah pengikut yang masih sedikit, tentunya akan cukup sulit bagi influencer makanan untuk meningkatkan jumlah interaksi,namun masalah ini bisa anda selesaikan dengan berbagai solusi yang efektif.

Pertama adalah dengan menggunakan social media hashtag yang relevan dengan isi konten yang diunggah.

Cara ini dilakukan karena biasanya pengguna social media melakukan pencarian menggunakan hashtag tertentu untuk menemukan konten yang disukai.

Anda tidak perlu menggunakan social media hashtag yang terlalu banyak, cukup menggunakan 3-5 tagar yang relevan dengan isi konten.

Social media hashtag yang pertama bisa berisi nama makanan yang diulas, kedua adalah lokasi makanan, ketiga adalah nama tempat makan, dan yang terakhir adalah tagar yang berisi nama akun social media anda.

Penggunaan tagar yang relevan akan membantu pengguna social media melakukan pencarian menggunakan hahstag yang sesuai.

Namun, agar variasi social media hashtag lebih beragam, maka anda bisa melakukan analisa kata hashtag secara rutin di website khusus untuk memeriksa tagar yang sedang banyak digunakan saat ini.

Tidak hanya itu, anda juga sebaiknya menggunakan kata kunci yang relevan dengan konten yang diunggah, sehingga hasil optimasi konten menjadi lebih maksimal.

ZCLkBgrRS61ficGPgMIh

Unggah Foto dan Video Makanan dengan Menarik

Salah satu daya tarik dari konten influencer makanan adalah visual makanan yang memanjakan mata.

Sehingga salah satu kemampuan yang wajib dimiliki oleh influencer makanan adalah bisa memotret dan merekam visual makanan dengan baik.

Hasil video dan foto yang baik tentunya akan membuat influencer makanan semakin percaya diri untuk mengunggahnya di social media.

Guna menangkap angle yang sempurna, anda bisa belajar fotografi dasar yang bisa dipelajari secara gratis di social media.

Pada latihan awal, anda mungkin akan mendapatkan hasil yang kurang memuaskan, namun dengan latihan yang terus menerus, maka anda akan mendapatkan hasil foto dan video yang sesuai keinginan.

Selanjutnya adalah mempelajari cara mengedit video dan foto menggunakan aplikasi di handphone sehingga hasil foto menjadi lebih bagus.

Saat ini, sudah banyak aplikasi edit foto dan video yang bisa diakses secara gratis di internet, sehingga memudahkan pekerjaan anda.

Namun, untuk hasil yang lebih maksimal maka anda bisa membeli berbagai fitur eksklusif di aplikasi tersebut dengan biaya berlangganan yang variatif.

Akan tetapi, apabila anda mengembangkan konten video dan foto untuk youtube, maka biasanya anda membutuhkan aplikasi khusus untuk menghasilkan konten yang lebih baik.

Selain kemampuan untuk memotret dan merekam makanan dengan baik, anda juga perlu mengiringinya dengan berbagai peralatan tambahan.

Tools tersebut akan membantu hasil konten social media menjadi lebih baik dan menarik untuk dilihat oleh audience.

Beberapa perangkat yang bisa anda gunakan adalah ringlight yang membantu pencahayaan foto dan video, karena di beberapa tempat terkadang memiliki pencahayaan yang kurang, sehingga hasil konten tidak sesuai keinginan.

Anda juga bisa membeli mic portable yang bisa dibawa kemana-mana, dapat dikalungkan di kerah baju, serta merekam suara dengan jernih.

Peralatan ini bisa digunakan oleh influencer makanan youtube yang butuh untuk merekam suara saat berbicara di depan kamera atau sedang makan sehingga dapat meningkatkan selera makan penonton.

Bagian paling penting dalam membuat konten social media untuk influencer makanan adalah memiliki kamera handphone atau kamera profesional dengan resolusi memadai.

Semakin tinggi resolusi kamera maka akan membantu hasil konten menjadi lebih baik dan enak ditonton.

Namun beberapa kekurangan hasil kamera masih bisa dipoles dengan aplikasi edit foto dan video.

Beberapa influencer makanan profesional yang telah memiliki modal konten yang lebih banyak serta pengikut setia biasanya memiliki asisten khusus untuk merekam dan mengedit semua konten social media.

Sehingga influencer makanan bisa lebih fokus dalam memikirkan ide konten serta analisa performa konten social media.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *