jenis jenis hashtag instagram dan cara penggunaannya

Jenis-jenis Hashtag Instagram dan Cara Penggunaannya

Penggunaan hashtag instagram bisa menjadi salah satu strategi instagram marketing yang tepat untuk optimasi konten yang anda miliki.

Fitur tagar menjadi salah satu layanan yang banyak dimiliki oleh berbagai social media, mulai dari Instagram hingga Tiktok.

Melalui penggunaan hashtag yang tepat akan membantu anda calon konsumen untuk menemukan konten anda menggunakan kata kunci yang tepat.

Hal ini di dukung dengan penelitian dari Later  yang menyatakan bahwa sebanyak 12.4% konten yang menggunakan hashtag instagram memiliki interaksi yang lebih banyak dibandingkan yang tidak menggunakannya sama sekali.

Sehingga tidak mengherankan apabila hashtag instagram kerap kali digunakan di setiap kolom caption untuk meningkatkan interaksi serta jangkauan konten instagram.

Namun, sebelum anda menggunakan hashtag instagram di setiap postingan yang anda buat, maka ketahui dulu strategi dalam memilih tagar yang tepat dan biasa digunakan oleh target audience anda.

apa itu hashtag instagram

Apa Itu Hashtag Instagram

Saat membuka aplikasi instagram untuk mencari konten atau akun instagram brand tertentu biasanya seseorang akan menggunakan tagar tertentu untuk memudahkan pencarian.

Dimana anda akan menemukan akun dan postingan instagram yang memiiki engagement tertinggi serta jangkauan terbanyak melalui tagar tersebut.

Sebenarnya apa sih hashtag instagram dan apa yang membedakannya dengan fitur lainnya?

Sama seperti social media lainnya, penggunaan hashtag instagram terdiri dari kombinasi kata, angka, dan emoticon yang diawali dengan simbol tagar yang berguna untuk mengkategorikan sebuah postingan tertentu.

Sehingga hashtag instagram bisa dianggap seperti perpustakaan yang menyediakan sumber informasi tertentu dengan kategori yang bisa dipilih oleh pengunjungnya.

Hl ini tentunya akan memudahkan pengguna instagram untuk mencari konten, produk, dan layanan di Instagram sehingga tidak menghabiskan waktu yang terlalu lama.

Keuntungan lainnya dari menggunakan hashtag instagram adalah kemudahan dalam melakukan klik pada tagar tertentu, sehingga pengikut instagram bisa melihat variasi konten lain yang telah anda unggah sebelumnya.

hashtag instagram @rahasiagadis

Salah satunya yang dilakukan oleh akun instagram @rahasiagadis yang menggunakan hashtag instagram #rahasiagadis di setiap postingannya, sehingga pengikutnya bisa melihat berbagai konten instagram yang telah diunggah sebelumnya dengan melakukan klik pada tagar tersebut.

Hal ini tentunya memudahkan pengguna instagram yang baru melihat konten dari akun tersebut untuk melihat variasi konten yang disajikan sebelum akhirnya memutuskan untuk mengikuti akun instagram @rahasiagadis.

keuntungan menggunakan hashtag instagram

Keuntungan Menggunakan Hashtag Instagram

Salah satu kendala bagi kreator yang memulai jalan di instagram adalah kesulitan untuk mendapatkan jumlah pengikut yang banyak dengan kenaikan stabil.

Jumlah pengikut instagram yang dimiliki juga akan memengaruhi jangkauan konten sehingga kesulitan untuk menjangkau target konsumen yang diinginkan,

Sehingga menggunakan hashtag instagram sangat diperlukan untuk meningkatkan jangkauan konten sembari mengguankan kata kunci yang tepat di kolom caption.

Penggunaan hashtag instagram sendiri sangat penting untuk memperluas audience serta meningkatkan jangkauan konten dengan maksimal.

Di saat anda menggunakan hashtag instagram maka postingan anda akan muncul di halaman khusus yang memuat berbagai konten dari pengguna instagram yang menggunakan tagar tersebut.

Sementara jika anda menggunakan hashtag instagram di konten story maka anda akan menjadi satu dengan tagar yang relevan dan juga muncul di halaman tersebut.

hashtag instagram #contentmarketing

Contohnya jika anda menggunakan hashtag instagram #contentmarketing untuk mencari konten yang relevan atau ditambahkan pada konten yang akan anda unggah.

Maka konten anda akan muncul di halaman tersebut bersamaan dengan postingan akun instagram lain yang menggunakan tagar yang sama.

Tidak hanya itu, anda juga bisa mengikuti hashtag instagram tersebut agar tidak ketinggalan konten informatif atau hiburan dari tagar yang anda ikuti.

Keuntungan lainnya dari menggunakan hashtag instagram adalah anda bisa membangun komunitas yang memiliki minat pada produk anda, sehingga mereka lebih tertarik untuk melakukan interaksi dengan brand anda.

hashtag instagram #azariencosmetics

Hal ini juga dilakukan oleh brand kecantikan @azarinecosmetic yang menggunakan instagram hashtag dengan nama yang sama untuk memudahkan influencer, reseller, atau konsumen memberikan ulasan pada produk yang dimiliki.

Strategi ini akan membantu meningkatkan kepercayaan konsumen yang ingin membeli produk dari Azarine namun masih ragu untuk membelinya.

jenis jenis hashtag instagram

Jenis-jenis Hashtag Instagram

Banyaknya hashtag instagram yang mudah ditemukan di akun instagram lain terkadang membuat seseorang tertarik untuk menggunakan jenis tagar yang sama.

Meskipun begitu, terkadang hashtag instagram yang digunakan tidak sesuai dengan industri yang anda geluti, sehingga sulit ditemukan oleh target konsumen yang ingin mencari produk anda.

Karenanya berikut beberapa jenis hashtag instagram serta rekomendasinya yang bisa anda gunakan untuk berbagai kebutuhan.

Branded Hashtag 

Saat anda membaca sebuah caption konten dari sebuah akun instagram brand, biasanya anda akan menemukan sebuah tagar yang memiliki nama yang sama dengan produk atau brand tersebut.

Keberadaan branded hashtag ini mudah ditemukan di Instagram mengingat 70% tagar di instagram mencantumkan nama brand atau produk tertentu

Penggunaan hashtag instagram dengan nama brand atau produk ini dinamakan branded hashtag yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Pertama, anda bisa menggunakannya untuk memberikan tanda pada konten anda, sehingga tidak tertukar dengan akun instagram kompetitor lain yang memiliki jenis konten yang sama.

Kedua, penggunaan branded hashtag juga bisa dipakai untuk mempromosikan produk yang baru saja anda luncurkan atau menaikkan kembali produk yang telah anda produksi sebelumnya, sehingga memikat konsumen yang baru mengenal produk anda.

Ketiga, keberadaan branded hashtag juga bisa digunakan oleh influencer yang memberikan ulasan produk anda atau melakukan kolaborasi promosi produk, sehingga menaikkan jumlah engagement pada tagar tersebut.

Keempat, terkadang branded hashtag juga digunakan saat mengadakan kontes tertentu sehingga menarik minat konsumen yang kebetulan mencari produk dan brand anda mengguankan tagar tertentu.

Kelima, membangun hubungan dengan konsumen dimana mereka bisa memberikan ulasan produk menggunakan branded hashtag instagram tertentu.

Kegiatan ini tentunya menguntungkan bagi sebuah brand, karena konsumen baru biasanya lebih tertarik pada ulasa dari konsumen lain dibandingkan dari influencer tertentu.

Dimana strategi ini dinamakan promosi word of mouth berdasarkan kepercayaan dari orang lain.

Agar branded hashtag instagram semakin efektif dan digunakan oleh banyak orang, maka anda bisa menggunakan nama brand yang mudah diingat atau tagline yang biasa anda guanakan sehari-hari.

branded hashtag instagram #dekoruma

Hal ini juga dilakukan oleh brand interior @dekoruma yang menggunakan branded hashtag instagram #dekoruma guna memudahkan konsumen untuk melihat postingan yang relevan serta ulasan dari konsumen lain yang telah menggunakan produk ini sebelumnya.

Hashtag Komunitas 

Hashtag kedua yang bisa anda temukan di Instagram adalah tagar komunitas, dimana ia biasa digunakan untuk komunitas hobi tertentu.

Sehingga anda bisa menemukan pengguna instagram yang memiliki hobi yang sama dan kemudian bisa anda ajak diskusi mengenai topik tertentu yang berkaitan dengan kegemaran tersebut.

Tidak hanya itu, penggunaan hashtag komunitas juga bisa digunakan oleh sebuah brand untuk mengembangkan penggemar yang dimiliki agar aktif melakukan campaign yang anda adakan atau melakukan interaksi di konten instagram yang anda miliki.

Penggunaan hashtag instagram khusus ini juga akan membantu anda memiliki hubungan yang erat dengan konsumen anda, sehingga mereka tertarik untuk membeli produk baru yang anda rilis.

hastag komunitas

Pemakaian hashtag komunitas ini juga digunakan oleh brand perlengkapan rumah tangga Unilever yang memiliki tagar khusus bernama #kamiunilever dimana anda bisa mengikuti kegiatan yang diadakan oleh brand tersebut dimana anda bisa terlibat di dalamnya.

Apabila anda hendak membuat hashtag komunitas yang sama maka anda bisa menggunakan nama campaign atau penggemar untuk memudahkan dalam identifikasi tagar instagam.

Hashtag Industri 

Berbeda dengan hashtag komunitas yang terlihat lebih spesifik, penggunaan hashtag industri biasanya lebih umum dan memberikan wawasan bagi usaha atau produk untuk industri tertentu.

hashtag #foodandbeverage

Misalanya ketika anda menggunakan hashtag instagram #foodandabeverage maka anda akan menemukan konten instagam yang mengulas produk di bidang makanan atau bisnis yang bergerak di bidang tertentu.

Pengggunaan hashtag industri juga membantu anda dalam memberikan wawasan mengenai industri yang anda geluti, sehingga bisa diterapkan pada bisnis yang anda jalankan.

Tidak hanya itu, anda juga bisa menggunakan hashtag industri untuk memperlihatkan keunggulan brand anda dibandingkan dengan kompetitor lainnya.

Salah satunya adalah anda bisa mengunggah prestasi brand anda pada penghargaan tertentu dengan menggunakan tagar industri tertentu di Instagram.

Sehingga brand anda akan terlihat profesional dibandingkan dengan brand lain yang memiliki usaha yang sama.

Hashtag Lokasi  

Bagi wisatawan yang tengah berkunjung ke kota lain, tidak lengkap rasanya apabila tidak mengunjungi tempat wisata atau makan khas daerah tertentu.

Jika dulu anda mungkin mendapatkan informasi dengan mencari di majalan atau meminta rekomendasi orang lain, maka anda kini dapat dengan mudah menemukan lokasi wisata yang sesuai selera.

Salah satunya adalah mengguanakan bantuan internet yang memberikan rekomendasi dan ulasan tempat makan enak di daerah tertentu.

Tidak hanya itu, anda juga bisa menggunakan hashtag lokasi untuk mencari tempat tertentu yang banyak diperbincangkan oleh pengguna Instagram.

Penggunaan hashtag lokasi juga menguntungkan bagi marketer yang ingin mempromosikan produk atau layanannya sehingga konsumen di kota tersebut bisa mengunjungi toko atau tempat makan anda setiap saat.

Perlu anda ingat, pelanggan pertama biasanya datang dari kota tempat usaha anda, dibandingkan konsumen dari luar kota.

Sehingga anda perlu memilih hashtag instagram yang tepat dan relevan, sehingga mudah ditemukan oleh calon konsumen anda.

hashtag instagram #exploresurabaya

Salah satunya adalah anda bisa menggunakan hashtag instagram lokasi #exploresurabaya dan anda akan menemukan berbagai tempat wisata, tempat makan, serta toko usaha tertentu yang sesuai kebutuhan dan keinginan anda.

Hashtag Event

Pada perayaan ulang tahun atau perilisan produk tertentu biasanya sebuah brand akan membuat hashtag event tersebut yang sesuai dengan tema tersebut.

Penggunaan tagar event khusus ini juga membantu konsumen yang ingin mengikuti event yang akan anda adakan sehingga membangun keakraban dengan komunitas yang dimiliki.

Tidak hanya itu, tagar ini merupakan fitur yang mampu memusatkan pembicaraan mengenai topik tertentu sehingga anda tidak ketinggalan informasi tertentu mengenai event yang sedang atau akan diikuti.

Sebelum membuat hashtag event tertentu, anda juga perlu memastikan bahwa tagar anda memiliki keunikan, mudah dipahami, serta mudah diingat oleh konsumen anda.

Anda juga bisa menggunakan tagar yang sama sebelum, selama, dan setelah acara agar mudah dicari oleh konsumen yang ingin mengikuti event tersebut.

hastag event

Salah satunya yang dilakukan oleh akun instagram @femaledaily yang membuat hashtag event khusus untuk acara yang dilakukan sehingga memudahkan konsumen untuk melihat berbagai penawaran diskon produk selama acara berlangsung.

Cara Menggunakan Hashtag Instagram

Setelah mengetahui jenis-jenis hashtag instagram yang beragam maka kini saatnya anda memilih dan membuat tagar yang relevan dengan industri dan konten instagram yang anda miliki.

Hal ini tentunya agar strategi marketing instagram semakin efektif dan menjangkau target konsumen yang semakin luas.

Gunakan Hashtag Populer Untuk Memperluas Jangkauan 

Langkah pertama yang bisa anda gunakan untuk memilih hashtag instagram adalah memilih tagar populer yang biasa diguanakan oleh konsumen atau kompetitor lain.

Hal ini dilakukanuntuk membantu meningkatkan jangkauan konten instagram untuk menyasar audience yang tepat.

Meskipun begitu, pengguanan hashtag instagram populer memungkinkan konten anda akan tenggelam apabila tidak memiliki jumlah pengikut yang cukup banyak untuk memberikan interaksi awal.

Sehingga anda sebaiknya memilih hashtag instagram lain yang biasa digunakan oleh konsumen namun jarang digunakan oleh akun kompetitor.

Hal ini akan membantu konten instagram anda berada di pencarian teratas saat seseorang mencari mengguanakan kata kunci tertentu.

Strategi ini juga di dukung oleh pembaruan dari Instagram yang memungkinkan seseorang untuk mengikuti hashtag instagram tertentu yang berkaitan dengan minat mereka.

Sehingga pengguna instagram tidak akan ketinggalan topik terbaru melalui hashtag yang digunakan serta memperluas jangkauan konten apabila anda menggunakan tagar tersebut.

Beberapa pengguna Instagram mungkin mengguanakan hashtag tertentu yang membantu membawa mereka ke postingan yang anda miliki, jika mereka menyukai konten yang anda sajikan, maka akan membuka peluang untuk mengikuti akun instagram anda, sehingga menambah jumlah pengikut baru.

Tips lainnya yang bisa anda gunakan adalah menggunakan hashtag instagram popular serta relevan.

Misalnya saja anda menggunakan hashtag instagram #bajuanak untuk postingan gambar baju couple yang tentunya tidak relevan dengan topik yang anda gunakan.

Gunakan Hashtag Relevan Untuk Menjangkau Audience Ideal 

Langkah kedua yang bisa anda gunakan dalam memilih hashtag instagram adalah memastikan tagar tersebut relevan dengan topik yang anda angakt serta industri yang anda geluti.

Hal ini tentunya akan memudahakan calon konsumen untuk mengenal produk anda sebelum akhirnya mencoba berbagai barang yang anda promosikan di Instagram.

Tidak hanya itu, anda juga bisa memasukkan hashtag instagram dengan penggunaan terkecil namun relevan di postingan anda.

Tagar tersebut mungkin tidak diikuti oleh banyak orang namun anda mengetahui bahwa pengguna instagram tersebut memiliki minat pada topik yang anda angkat sehingga memiliki peluang untuk mengikuti akun instagram yang anda miliki.

Contohnya apabila anda mengunggah konten mengenai topik pengaturan keuangan untuk anak kuliah, maka anda bisa menggunakan tagar #perencanangankeuangan atau #rencanakeungan yang tentunya berkaitan dengan masalah yang anda angkat.

Anda juga bisa menggunakan hashtag instagram umum yang relevan dan kemudian memecahnya ke dalam topik menjadi tagar yang lebih spesifik, misalnya anda mungkin menggunakan tagar #makananhits, namun anda bisa menggunakan tagar yang lebih spesifik #makananpedas #rawon dan lain sebagainya.

Temukan Hastag Instagram yang Tepat 

Saat menggunakan hashtag instagram di konten yang akan anda unggah, kreator mungkin akan memakai lebih dari 30 hashtag yang relevan.

Sayangnya anda mungkin tidak bisa menggunakan tagar yang sama untuk setiap konten instagram yang anda buat, mengingat topik yang diajukan berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan.

Sehingga jika anda secara rutin mengunggah konten di instagram maka anda perlu membuat kumpulan hastag instagram yang banyak dan digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Berikut beberapa cara dalam memilih hashtag instagram yang sesuai :

  • Gunakan kolom pencarian Instagram, dimana anda bisa mengetik kata kunci yang relevan dengan postingan anda dan pilih halaman tag. Dimana Instagrama akan mencarikan hashtag yang relevan yang sesuai dengan penggunaan.
  • Gunakan hashtag instagram yang berpengaruh pada industri anda.
  • Perhatikan postingan dari akun kompetitor lain dan gunakan hashtag yang mereka gunakan selain branded hashtag, pastikan juga bahwa tagar tersebut tidak berkaitan dengan campaign yang mereka lakukan.
  • Perhatikan juga konten instagram anda dan lihat tagar yang memiliki performa lebih baik dan berguna untuk optimasi brand anda.

Gunakan Tools Social Media untuk Menemukan Tagar Terbaik 

Meskipun penggunaan kolom pencarian dan analisa kinerja kompetitor bisa membantu untuk menemukan hastag instagram terbaik, namun cara ini akan memakan banyak waktu.

Sehingga anda bisa menggunakan beebrapa rekomendasi tools social media untuk menemukam tagar terbaik yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan dan jangka waktu yang lama.

wUkaNzOKTz9fQ4YSFcrh

Iconsquare

Website pertama yang bisa anda gunakan untuk mencari hashtag instagram terbaik adalah Iconsquare yang menyediakan berbagai tools untuk analisa tagar Facebook dan Instagram, sehingga memberikan wawasan baru mengenai hashtag yang memiliki kinerja terbaik.

Tidak hanya itu, anda juga bisa menganalisa pertumbuhan hashtag Instagram di seluruh postingan video dan foto, sehingga akan menunjukkan kepada anda postingan yang paling berpengaruh dan berkaitan dengan hashtag instagram yang anda gunakan.

Anda juga akan diberikan visualisasi dimana orang-orang mengguanakan branded hashtag instagram anda untuk berbagai kebutuhan atau memberikan ulasan produk yang menguntungkan.

Hal ini akan memperlihatkan keterlibatan pengguna instagram yang berkaitan dengan hashtag instagram anda.

website hashtagify

Hashtagify 

Rekomendasi website analisa hashtag instagram kedua yang bisa anda gunakan adalah Hashtagify yang bisa anda gunakan untuk melihat popularitas tagar, trend, serta korelasi dengan konten yang anda buat.

Dimana anda bisa memasukkan rekomendasi hashtag dan kemudian website ini akan memberikan informasi mengenai tagar tersebut di Instagram dan Twtter.

Website ini tentunya menguntungkan bagi kreator yang memiliki dua akun social media, yakni Instagram dan Twitter untuk menemukan tagar yang relevan dan bisa digunakan untuk optimasi konten social media.

Anda juga akan disajikan berbagai informasi yang lengkap mengenai penggunaan hashtag instagram yang berkaitan, influencer yang menggunakan tagar tersebut sehingga bisa anda ajak melakukan kolaborasi, serta bagaimana pengguna instagram melakukan interaksi dengan tagar tersebut.

Hashtagify juga akan memberikan rekomendasi hashtag instagram terbaik yang bisa anda gunakan untuk berbagai kebutuhan.

Keunikan lainnya yang dimilki oleh website Hashtagify adalah anda akan diberikan rekomendasi hashtag lokasi yang relevan dengan sebagian besar audience yang ingin anda tuju.

website Ritetag

Ritetag

Rekomendaasi website analisa hashtag terakhir yang bisa anda gunakan adalah Ritetag dimana halaman ini akan memberikan rekomendasi untuk topik yang anda inginkan.

Dimana anda bisa memilih hashtag di bagian awal kemudian Ritetag akan merekomendasikan berbagai tagar yang sesuai.

Anda juga akan diberikan rekomendasi hashtag sesuai dengan pengelompokkannya sehingga anda bisa membandingkannya antara satu dengan lainnya.

Sumber :

The Ultimate Guide to Using Instagram Hashtags to Grow your Followers (influencermarketinghub.com)

The 7 Types of Instagram Hashtags: A Quick Guide (techimage.com)

Instagram Hashtags 2022: The Ultimate Guide (hootsuite.com)

7 Types of Hashtag Groups to Help Instagram Post Engagement | Instasize

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *