cara nonaktifkan akun whatsapp

Tutorial Nonaktifkan Akun WhatsApp Sementara dan Selamanya

WhatsApp kini menjadi salah satu aplikasi yang sering digunakan oleh banyak orang selain Instagram.

Platfrom komunikasi ini berguna untuk berkomunikasi dengan orang lain dengan mudah hanya dengan melalui nomor telepon dan juga internet.

Apabila dengan pesan singkat biasa seseorang hanya bisa mengirimkan tulisan atau gambar dengan biaya yang cukup lumayan maka dengan menggunakan WhatsApp seseorang bisa mengirimkan berbagai pesan secara gratis.

Memiliki anggota keluarga yang banyak tentunya membutuhkan suatu tempat untuk berkirim kabar secara mudah dan cepat. Salah satu caranya adalah dengan membuat suatu grup WhatsApp yang memudahkan untuk berkomunikasi satu sama lain.

Tak hanya itu, aplikasi ini pun bisa digunakan oleh berbagai kalangan baik muda maupun tua sehingga tidak heran apabila platform ini memiliki banyak pengguna yang tersebar di seluruh dunia.

Bagi seseorang yang tengah mengembangkan bisnis atau bekerja, memiliki WhatsApp sangatlah penting untuk berkomunikasi dengan pembeli atau resellernya sehingga barang jualan bisa dipromosikan dengan baik dan membantu untuk meningkatkan penjualan.

Sedangkan bagi pekerja, aplikasi ini sendiri berguna untuk untuk mengirimkan berbagai file pekerjaan atau melakukan koordinasi dengan pegawai lainnya mengenai tugas yang sedang dikerjakan.

Sayangnya banyaknya pesan yang masuk ke akun WhatsApp yang dimiliki terkadang membuat kita pusing untuk membacanya sehingga membutuhkan untuk nonaktifkan WhatsApp sementara.

Atau apabila anda mengganti nomor anda dengan yang baru tentunya anda bisa melakukan menonaktifkan akun WhatsApp anda agar tidak ada orang lain yang menghubungi nomor tersebut.

Berikut beberapa cara mudah menonaktifkan nomor WhatsApp secara permanen atau sementara.

Kegunaan WhatsApp

Sebagai salah satu platfrom komunikasi yang digunakan oleh berbagai kalangan tentunya WhatsApp sendiri terus mengembangkan berbagai layanannya agar bisa menjangkau semua konsumennya.

Tak hanya itu, berbagai fitur yang dimiliki juga berguna bagi penggunanya. Berikut beberapa kegunaan dari aplikasi WhatsApp.

Berkirim Pesan Secara Instan

Sebelum munculnya berbagai platfrom komunikasi yang terintegrasi via internet seperti Blackberry Messanger, Line, atau WhatsApp seperti saat ini, layanan pesan yang ada di Handphone menjadi satu-satunya sarana berkirim pesan satu sama lain.

Sayangnya penggunaan pesan singkat ini cenderung mahal karena seseorang harus mengeluarkan jumlah pulsa yang tidak sedikit setiap berkirim pesan dengan jumlah karakter yang terbatas.

Meskipun begitu, banyak juga provider komunikasi yang menyedikan fasilitas berupa gratis mengirimkan SMS untuk sesama atau lain operator.

Begitu pula jika mengirimkan pesan gambar melalui Handphone yang tentunya memakan lebh banyak pulsa dibandingkan dengan berkirim pesan melalui tulisan.

Belum lagi jika pulsa yang dimiliki habis tentu pengguna harus mengisinya terlebih dahulu agar pesan bisa terkirim secara cepat.

Melihat masalah ini, berbagai developer aplikasi pun mulai bermunculan dan mulai membuat platform komunikasi yang berbasis internet sehingga tidak perlu mengeluarkan banyak biaya.

Sayangnya satu persatu platform komunikasi ini berguguruan dan akhirnya hanya ada beberapa platform komunikasi yang masih bertahan hingga saat ini.

Salah satunya adalah WhatsApp, layanan komunikasi berbasis internet ini memungkinkan penggunanya untuk mengirimkan pesan baik berupa tulisan atau gambar secara cepat dan gratis.

Selain itu, penggunaan WhatsApp pun cukup murah karena hanya dengan kuota internet yang sedikit pun pengguna bisa berkirim pesan dengan sesamanya atau menggunakan fasilitas wifi yang tersebar di berbagai tempat.

Pengguna pun bisa berkirim pesan gambar atau video secara mudah tanpa perlu menghabiskan kuota internet yang dimiliki sehingga lebih hemat.

Promosikan Bisnis dengan Fitur Story

Tidak hanya berguna sebagai sarana komunikasi dengan kerabat atau teman terdekat namun WhatsApp sendiri bisa digunakan untuk media promosi yang ampuh untuk menarik konsumen.

Salah satu caranya adalah penjual bisa menggunakan fitur Story untuk mempromosikan berbagai produk yang dijual di pasaran.

Penjual bisa mengunggah berbagai foto produk disertai dengan keterangan harga atau gambar sehingga pembeli tertarik untuk membeli atau mempertimbangkan membeli produk di tempat anda.

Pedagang juga bisa menyebarkan berbagai event promosi dengan mengunggah posternya di WhatsApp story sehingga bisa dilihat oleh konsumen lainnya.

Namun, penjual juga sebaiknya menerapkan strategi agar WhatsApp story yang diunggah tidak membosankan dan ditunggu oleh konsumen.

Salah satu caranya adalah dengan mengirimkan konten hanya pada saat tertentu saja dan diselingi dengan berbagai konten hiburan agar konsumen tidak bosan apablagi unggahan story anda masuk ke dalam beranda mereka.

Cara promosi melalui WhatsApp story pun dengan mudah, penjual tinggal menyimpan nomor konsumen yang pernah memesan atau sekedar bertanya mengenai produk anda.

Jika sudah pengguna bisa mengirimkan berbagai konten baik berupa edukasi, promosi, atau hiburan secara rutin sebagai salah satu strategi promosi.

Pastikan juga nomor konsumen yang disimpan masih aktif sehingga promosi tersebut menyasar ke target yang tepat.

Jalin Kedekatan dengan Konsumen

Setelah mengirimkan berbagai konten promosi melalui fitur WhatsApp Story, inilah saat bagi anda untuk membangun kedekatan dengan konsumen.

Salah satu caranya adalah dengan membalas berbagai pesan yang masuk ke WhatsApp anda baik hanya bertanya produk atau memesan produk anda.

Pengguna juga bisa mengirimkan broadcast kepada konsumen mengenai event tertentu kepada konsumen anda sehingga membuat konsumen tertarik dan juga membantu untuk meningkatkan penjualan.

Akan tetapi dalam mengirimkan broadcast pastikan anda tidak mengirim secara berulang agar pesan anda tidak dianggap spam dan menyebabkan nomor anda dihapus oleh konsumen.

Tentu saja anda tidak menginginkan hal itu terjadi bukan?

Pengguna juga bisa  membuat isis pesan broadcast yang langsung ke intinya agar bisa dibaca oleh konsumen melalui preview pesan.

Koordinasi Bisnis dengan Reseller dan Karyawan

Bagi penjual yang sudah sukses dengan bisnis yang dijalani tentunya ingin melebarkan sayap usahanya agar bisa menjangkau konsumen yang lebih luas.

Salah satu cara agar bisnis bisa tersebar lebih luas adalah dengan membuka jasa reseller.

Dimana orang-orang berminat dengan usaha anda bisa membali paket usaha yang diinginkan tentunya dengan harga yang lebih murah.

Agar rasa dan kualitas dari produk yang dipasarkan terjamin hingga ke tangan konsumen tentunya penjual harus melakukan koordinasi dan juga komunikasi dengan reseller agar hasil yang di dapatkan bisa lebih maksimal.

Salah satu platfrom komunikasi yang cocok untuk melakukan hal ini adalah dengan WhatsApp, dimana penjual bisa membuat sebuah grup berisi reseller yang anda miliki.

Di dalam grup tersebut, penjual bisa menjelaskan strategi promosi yang tepat agar bisa menjangkau konsumen yang sesuai serta bertanya mengenai perkembangan produk dan keluhannya agar bisa diperbaiki ke depannya.

Tak hanya itu, penjual juga bisa memberikan edukasi mengenai produk yang dijual sehingga reseller bisa mengetahui konten yang tepat untuk disebarkan ke calon konsumen lainnya.

Seorang penjua yang sukses tentunya memiliki banyak karyawan yang membantu untuk mengembangkan bisnisnya.

Banyaknya karyawan yang dimiliki tentunya harus disatukan di satu tempat khusus untuk komunikasi antar pegawai atau koordinasi pekrjaan yang dimiliki.

Platform WhatsApp pun cocok digunakan dengan adanya fasilitas grup yang berguna untuk mengumpulkan karyawan serta meminta berbagai file yang berhubungan dengan pekerjaan.

Dengan adanya grup ini juga membantu untuk menyatukan pendapat karyawan agar tidak terpecah belah.

Bisa Diakses di Berbagai Gadget

Kemudahan dari platform WhatsApp sendiri adalah aplikasi ini bisa digunakan di berbagai gadget mulai dari Handphone andorid hingga Apple atau personal computer yang dimiliki.

Hal ini tentu memudahkan bagi penjual untuk berkoordinasi dengan pegawarinya mengenai bisnis yang dijalankan atau komunikasi dengan konsumen mengenai pemesanan produk melalui WhatsApp for Dekstop.

Tak hanya itu, para pegawai juga bisa mengirimkan file pekerjaannya yang telah dikerjakan di komputer dan mengirimkannya melalui WhatsApp for Desktsop sehingga tidak memberatkan penyimpanan di handphone yang dimiliki.

Media Diskusi dan Pembelajaran

Mendapatkan pengetahuan baru kini tidak hanya di dapatkan di kelas saja namun dnegan pembelajaran luar kelas seperti seminar online atau forum grup diskusi.

Perkembangan internet yang cepat saat ini membuat banyak orang mudah untuk mengakses berbagai pengetahuan baru melalui dunia maya.

Caranya pun mudah dan gampang, pengguna bisa bergabung ke berbagai kelas online atau seminar berbayar mengenai topik yang disukai, contohnya adalah belajar bahasa Inggris.

Kelas tersebut biasanya menyediakan grup diskusi dimana sesama anggotanya bisa saling berkomunikasi satu sama lain sehingga tidak hanya mendapatkan kemampuan baru juga relasi yang semakin bertambah.

Hal ini juga membantu pengguna untuk mendapatkan berbagai pengetahuan baru di luar sekolah.

Bagikan Informasi dan Berita

Sebagai platform komunikasi yang mampu menghubungkan teman atau kerabat yang jauh disana tentu saja WhatsApp menjadi sarana yang tepat untuk membagikan informasi dan berita.

Apalagi dengan adanya fasilitas kirim video dan foto membuat banyak orang mudah untuk membagikan informasi dan berita terkini dengan mudah dan cepat.

Sayangnya kemudahan ini akhirnya diguanakan banyak orang untuk mengirimkan berbagai berita hoax yang akhirnya membuat pembacanya percaya begitu saja akan berita yang dikirimkan.

Karenanya agar anda tidak terjebak pada berita hoax maka sebaiknya perhatikan dulu berita yang di kirim dan sumbernya, apabila informasi yang dikirim dari sumber yang kredibel maka anda bisa mempercayai berita tersebut.

fitur di whatsapp

Fitur di WhatsApp

Sebagai salah satu platform yang memiliki banyak pengguna tentuna WhatsApp terus berinovasi dengan mengembangkan berbagai fitur yang dimiliki sehingga memudahkan penggunanya untuk berkomunikasi satu sama lain.

Tak hanya itu, WhatsApp sendiri juga mengembangkan akun khusus bisnis yang bisa digunakan untuk keperluan promosi penjual yang membantu untuk mengenalkan produk dan meningkatkan penjualan.

Berikut beberapa fitur WhatsApp yang bisa digunakan oleh penggunanya untuk berkomunikasi dan promosi bisnis.

Fitur Panggilan dengan Video atau Suara

Saat menelfon orang lain melalui telefon biasa tentunya banyak orang yang mengkhawatirkan jumlah pulsa yang dihabiskan.

Ditambah lagi ketika menelfon ke provider yang berbeda dengan jangka waktu lama tentunya pulsa yang dihabiskan pun semakin banyak.

Untungnya WhatsApp menyediakan fitur panggilan dimana penggunanya bisa menelfon orang lain dengan internet yang tentunya lebih mudah dengan suara yang lebih jelas.

Pengguna pun tidak perlu khawatir apabila kuota yang dimiliki pun habis karena menelfon dengan WhatsApp biasanya relatif lebih hemat.

Tak hanya itu, pengguna juga bisa melihat wajah dan kondisi di sekitar penerima telefon dengan mudah melalui layanan video call.

Ditambah lagi resolusi kamera yang semakin bagus setiap tahunnya tentunya membuat penerima telefon bisa melihat wajah penerima telefon dengan jelas.

Fasilitas ini pun bisa menjadi pelepas rindu bagi saudara yang tinggal jauh disana tanpa takut kehabisan pulsa.

Kirimkan File dengan Mudah dan Cepat

Bagi pekerja yang memiliki segudang pekerjaan tentunya harus mengirimkan file pekerjaan tersebut secara tepat waktu agar bisa menyelesaikan pekerjaan yang lainnya.

Tidak hanya mengirimkan melalui email namun pengguna juga bisa mengirimkan file tersebut melalui aplikasi WhatsApp for Dekstop.

Melalui platfrom ini pengguna bisa mengirimkan berbagai file yang sudah dikerjakan ke relasi atau karyawan lainnya secara mudah dan tepat waktu.

Sayangnya, pengguna tidak bisa mengirimkan satu folder sekaligus sehingga harus mengiriman file tersebut satu persatu.

WhatsApp sendiri juga memiliki keterbatasan ukuran file sehingga pengguna harus memastikan bahwa ukuran file tersebut cukup untuk dikirimkan melalui WhatsApp.

Ekspresikan Perasaan dengan Emoticon

Sebuah perasaan senang atau gembira saat melakukan chatting dengan pengguna lain tidak hanya bisa diekspresikan melalui tulisan yang indah namun juga dengan penggunaan emoticon.

Adanya emoticon ini juga bisa membuat chatting anda tidak kaku dan menghilangkan kesan serius saat berkomunikasi dengan orang lain.

Tak hanya menggunakan emoticon namun pengguna juga bisa memakai stiker yang berisi meme lucu yang menghibur yang membantu untuk membangun komunikasi dengan orang lain.

Kelebihan dari adanya stiker adalah pengguna bisa menyimpannya dan menggunakannya kembali saat melakukan chatting dengan orang lain.

Penjual juga bisa membuat stikernya sendiri dengan mudah melalui berbagai aplikasi yang ada sehingga bisa menjadi ciri khas saat berkomunikasi dengan orang lain.

Promosikan Usaha dengan Fitur WhatsApp Business

Bagi penjual yang memiliki banyak pembeli atau pedagang yang baru memulai usahanya tentunya membutuhkan platform komunikasi yang tepat dan membantu untuk promosi produk yang dimiliki.

Kelebihan dari WhatsApp dibandingkan platform lainnya adalah adanya akun bisnis yang tidak hanya berguna untuk komunikasi dengan pelanggan namun bisa digunakan untuk promosi produk yang dimiliki.

Berikut beberapa fitur yang ada di WhatsApp Business yang berguna untuk pengembahan usaha anda.

Katalog

Bagi penjual yang memiliki berbagai macam produk tentunya membutuhkan tempat yang tepat untuk menampilkan berbagai barang jualan yang dimiliki.

Dengan menggunakan akun WhatsApp Business, penjual bisa memamerkan berbagai produk jualannya dalam satu tempat.

Tak hanya itu, katalog juga memiliki kolom deskripsi yang bisa diisi dengan keterangan produk seperti variasi, jumlah, dan juga harga per produk.

Adanya katalog juga menguntungkan bagi pembeli karena bisa melihat berbagai macm produk yang ditawarkan tanpa harus bertanya lagi kepada penjual.

Sehingga apabila pembeli tertarik pada barang tersebut bisa langsung membeli dan membayarnya.

Keranjang

Saat melihat berbagai produk di katalog tentunya pembeli bisa saja tertarik pada satu atau dua barang yang ditawarkan.

Agar tidak lupa pada barang yang dipilih dan bisa membelinya di lain waktu, pembeli bisa menyimpan berbagai barang tersebut di keranjang.

Adanya keranjang sendiri juga menguntungkan bagi penjual karena terhubung langsung dengan chat ke penjual sehingga bisa melakukan follow up apabila barang pilihan sedang diskon atau ada penawaran khusus.

Hal ini tentunya menguntungkan bagi pembeli karena bisa mendapatkan barang impian dengan harga murah serta penjual juga bisa menjual barang dagangannya secara cepat dan mudah.

Fitur ini hanya ada di WhatsApp Business dan tidak dikembangkan di WhatsApp biasa.

Label

Banyaknya konsumen yang tertarik pada produk anda tentunya menyenangkan karena berarti promosi anda sudah berjalan dengan sukses serta barang yang ditawarkan diminatai oleh banyak konsumen.

Namun banyaknya pembeli ini terkadang membuat penjual bingung untuk memilih konsumen mana yang harus dilayani terlebih dahulu.

Untungnya WhatsApp Business memiliki fitur label dimana penjual bisa memberi tanda pada pembali yang hanya menanyakan barang atau sudah membayar barang incaran mereka.

Dengan adanya label ini penjual tidak perlu bingung untuk memilih pembeli yang harus dilayani terlebih dahulu.

Profil Bisnis

Salah satu cara agar profile WhatsApp business anda terlihat lebih profesional adalah dengan melengkapi identitas yang ada di profil bisnis.

Dengan adanya fitur ini pengguna bisa mengisnya dengan berbagai informasi penting yang membantu pembeli untuk mengenal produk anda.

Beberapa jenis identitas yang bisa dimasukkan adalah alamat toko yang bisa terhubung dengan Google Maps sehingga memudahkan pembeli untuk berkunjung ke toko anda.

Situs web berupa link akun market place atau social media yang dimiliki sehingga memudahkan untuk berbelanja dan bahkan memperoleh diskon potongan harga atau gratis biaya kirim.

Hal ini juga membantu untuk mempromsikan akun market place dan social media bisnis dengan mudah.

Adanya profil bisnis ini juga membantu untuk meyakinkan konsumen mengenai bisnis yang anda kembangkan serta memberikan informasi usaha yang dibutuhkan.

Pesan Otomatis

Saat berkunjung ke situs website atau akun WhatsApp suatu bisnis tentunya anda akan merasa senang bila disambut dengan baik.

Tak hanya itu, adanya pesan pembuka juga membantu konsumen untuk mengetahui langkah selanjutnya yang harus dilakukan setelah menyimpan nomor penjual.

Salah satu fitur dari WhatsApp Business yang bisa menyajikan pesan pembuka secara langsungg adalah pesan otomatis.

Dengan adanya fitur ini, penjual bisa memberikan kata sambutan untuk pembeli atau memberikan langkah-langkah yang bisa dilakukan pembeli saat ingin membeli produk atau hanya melihat barang jualan terlebih dahulu.

Adanya pesan otomatis ini juga membantu penjual untuk membangun interaksi awal dengan pembeli dan membantu untuk mengarahkan keinginan pembeli selanjutnya.

Pastikan juga untuk menggunakan kata-kata yang baik dan sopan serta mengundang pembeli untuk membeli produk anda.

Penjual juga bisa membuat template yang diinginkan atau mencari di internet mengenai pesan pembuka yang sesuai.

langkah-langkah nonaktifkan whatsapp

Langkah-langkan Nonaktifkan WhatsApp Sementara dan Selamanya

Banyaknya pesan yang masuk ke akun WhatsApp yang dimiliki terkadang membuat seseorang lelah dan malas untuk membuka akun WhatsApp.

Tak hanya itu, pengguna juga bisa melakukan nonaktifkan nomor WhatsApp untuk selamanya apabila ingin mengganti nomor baru atau berpindah gadget.

Guna menyelesaikan berbagai masalah tersebut, berikut cara mudah melakukan nonaktifkan nomor WhatsApp sementara dan selamanya.

Tutorial Nonaktifkan WhatsApp Sementara

Apabila pengguna lelah dengan berbagai notifikasi pesan yang masuk ke WhatsApp maka anda bisa melakukan nonaktifkan nomor WhatsApp untuk sementara agar bisa beristirahat sejenak.

Berikut beberapa langkah mudah melakukan nonaktifkan akun WhatsApp untuk sementara.

Nonaktifkan Nomor WhatsApp dari Handphone

  • Pertama, pengguna bisa masuk ke menu pengaturan yang ada di Handphone
  • Kedua, Masuk ke menu Manager Aplikasi
  • Ketiga, pilih aplikasi WhatsApp yang ada di menu pengaturan
  • Keempat, pilih ikon Stop, Force Stop, atau paksa berhenti
  • Kelima, Klik Ok agar akun WhasApp anda bisa dinoanaktifkan sementara
  • Keenam, Pengguna baru bisa mendapatkan notifikasi baru ketika masuk ke akun WhatsApp tersebut

Nonaktifkan Nomor WhatsApp dari Latar Belakang

  • Pertama, pengguna bisa masuk ke menu pengaturan di Handphone
  • Kedua, pilih menu aplikasi kemudian cari ikon WhatsApp
  • Ketiga, pilih menu data seluler
  • Keempat, beri izin untuk mematikan penggunaan data latar belakang
  • Kelima, pesan akan tetap masuk ke handphone anda namun tidak adanya notifikasi yang masuk.

Nonaktifkan Nomor WhatsApp di Iphone

  • Pertama, masuk ke menu Setting di Iphone yang anda gunakan
  • Kedua, scroll ke bawah hingga menemukan Opsi
  • Ketiga, cari dan pilih ikon WhatsApp dan tap pada side bar
  • Keempat, swipe ke kanan maka aplikasi WhatsApp akan nonaktif sementara.

Tutorial Nonaktifkan WhatsApp Selamanya

Saat mengganti gadget atau nomor telefon tentunya pengguna ingin menonaktifkan nomor WhatsApp terdahulu agar tidak disalahgunakan oleh orang lain.

Berikut beberapa cara mudah nonaktifkan nomor WhatsApp untuk selamanya.

Cara Nonaktifkan Nomor WhatsApp Selamanya di Android dan Iphone

  • Pertama, buka aplikasi WhatsApp yang ada di Handphone anda
  • Kedua, pilih Opsi lainnya kemudian klik setelan > Akun > Hapus Akun Saya
  • Ketiga, masukkan nomor telefon yang digunakan kemudian klik Hapus Akun Saya
  • Keempat, pilih alasan yang sesuai sebelum menghapus akun anda
  • Kelima, setelah selesai memilih alasan yang sesuai kemudian pengguna bisa klik Hapus Akun Saya

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.