pexels karolina grabowska 4968391

Tiktok Live Shopping : Cara Baru Belanja dan Jualan Online

Kenali cara mudah belanja dan jualan di tiktok tanpa perlu keluar dari aplikasi tiktok menggunakan tiktok live shopping.

Perkembangan teknologi yang semakin berkembang pesat kini telah merubah kebiasaan banyak orang, salah satunya dalam kegiatan belanja.

Jika dulu, seseorang harus pergi ke pusat perbelanjaan untuk belanja barang keinginan kini anda dapat dengan mudah mendapatkan barang keinginan hanya lewat handphone melalui layanan belanja online.

Istilah belanja online sendiri sudah familiar di telinga banyak orang dimana kita masuk ke website marketplace untuk belanja barang keinginan dengan beragam pilihan dan melakukan pembayaran melalui handphone.

Namun merebaknya social media kini membuat penggunanya tidak hanya melakukan interaksi dengan teman melalui akun social media tapi anda juga bisa melakukan transaksi jual beli tapi perlu ketinggalan konten kesukaan.

Layanan live streaming social media menjadi terkenal di kisaran tahun 2020-2021 dimana tingkat penjualan di siaran langsung social media meningkat tajam hingga 76% di seluruh dunia, hingga akhirnya layanan ini terus berjalan dengan pesat dibandingkan penjualan di website market place.

Hal ini terlihat dari banyaknya negara seperti Amerika Serikat dan China yang memperlihatkan jumlah kenaikan belanja melalui live streaming dan menghasilkan pendapatan yang fantastis.

Fakta ini juga tidak mengherankan mengingat tiktok live streaming telah meraih kesuksesan yang mengagumkan ditambah jumlah pengguna tiktok yang terus bertambah setiap harinya dimana sebanyak 67% penggunanya melakukan pembelian produk melalui tiktok live shopping.

Di tambah lagi, sebagian besar pengguna tiktok menghabiskan 858 menit untuk menonton konten dan tiktok live streaming dalam waktu sebulan sehingga memperbesar kesempatan untuk menjangkau konsumen di tiktok yang lebih luas.

Selain itu, sebanyak 40% kalangan Gen Z yang menjadi pasar utama di tiktok juga setidaknya pernah membeli satu produk dari tiktok live shopping sehingga anda juga bisa memanfaatkannya untuk memulai jualan di tiktok live shopping.

Namun, sebelum memulai jualan di tiktok live shopping maka ketahui dulu strategi yang tepat dan bisa digunakan untuk menjangkau konsumen yang anda inginkan.

tiktok love shopping

Apa Itu Tiktok Live Shopping

Tiktok live shopping merupakan layanan dari aplikasi tiktok dimana penjual dan pembei akan mendapatkan pengalaman baru dalan jualan dan berbelanja di social media selama siaran langsung.

Melalui tiktok live shopping, seorang penjual bisa memamerkan produk yang dijual secara mudah tanpa meninggalkan aplikasi tiktok.

Tidak hanya itu, guna meningkatkan minat dalam proses jual beli maka pembeli bisa menayakan produk yang dijual dan akan dijawab oleh penjual selama siaran langsung, pengalaman yang biasa anda dapatkan saat membeli barang di pusat perbelanjaan bukan?

Di sisi lain, layanan jual beli melalui siaran langsung ini juga telah dilakukan oleh tv komersial yang melakukan kerjasama dengan home shopping dimana penjual menawarkan barang mereka melalui siaran televisi yang tentunya menjangkau banyak konsumen yang hobi menonton.

Siaran langsung ini juga banyak ditemukan di berbagai negara dimana anda akan melihat promosi tersebut di sela-sela iklan atau pada segmen tertentu.

Hal inilah yang menjadi perbedaan besar dengan tiktok live shopping dimana penjual bisa melakukan siaran langsung secara gratis dan menjangkau konsumen yang dimiliki di tiktok tanpa adanya batas waktu.

pexels miriam alonso 7585665

Keuntungan Melakukan Tiktok Live Shopping

Trend berbelanja di tiktok live shopping yang kini telah digandrungi banyak orang tentunya bisa dimanfaatkan oleh berbagai brand untuk mempromosikan produk yang dimiliki untuk melakukan interaksi dengan konsumen yang dimiliki.

Di sisi lain, bagi sebuah brand yang sedang berkembang dan mencari konsumen yang tepat maka menggunakan tiktok live streaming juga bisa menjadi metode yang tepat untuk memperkenalkan nama brand anda di kalangan masyarakat luas berat bantuan platform tiktok yang mendorong siaran langsung ke halaman fyp.

Tidak hanya itu, tiktok live shopping juga memiliki keuntungan lain yang bisa anda gunakan dan manfaatkan dengan maksimal.

Memperluas Jangkauan Konsumen

Beberapa tahun belakangan, seorang produsen produk biasanya mempromosikan barang yang dijual secara langsung ke konsumen yang dimiliki di berbagai pusat keramaian.

Tujuan promosi langsung tersebut adalah menjangkau konsumen yang lebih luas di tempat yang ramai dikunjungi oleh banyak orang.

Namun seiring dengan berubahnya kebiasaan baru kini bisa kita temukan promosi melalui internet yang jamak anda lihat di social media atau saat membuka halaman website tertentu.

Promosi melalui internet juga dinilai lebih menguntungkan, sebab dengan biaya yang minimal bahkan gratis maka anda bisa menjangkau konsumen yang lebih luas.

Salah satu promosi gratis yang bisa anda temui adalah promosi melalui tiktok live shopping, dimana sebuah brand dapat meningkatkan brand awareness di mata konsumen sambil menggunakan berbagai fasilitas yang disediakan oleh tiktok live shopping.

Di tambah lagi, tiktok telah menjadi platform streaming video terbesar di indonesia dan dunia serta memiliki 1 milliar pengguna tiktok yang terus berkembang hingga hari ini.

Meningkatkan Penonton dan Pengikut Tiktok

Keuntungan lain dari menggunakan tiktok live shopping adalah siaran langsung anda akan dinaikkan oleh tiktok saat anda melakukan live streaming sehingga jangkauan tiktok live shopping akan semakin luas sehingga menambah jumlah pengikut tiktok.

Algoritma tiktok ini nantinya akan menampilkan siaran langsung ke konsumen yang memiliki minat yang sama sehingga memperbesar kesempatan untuk meningkatkan jumlah penonton.

Strategi melakukan tiktok live shopping secara rutin juga akan meningkatkan peluang anda untuk dikenal oleh pengguna tiktok sehingga membuat akun tiktok anda menjadi lebih terkenal.

Meningkatkan Hubungan dengan Pengikut Anda

Saat kreator mengunggah konten video di tiktok mungkin saja anda tidak sempat membalas berbagai pertanyaan penting yang masuk ke dalam kolom komentar.

Namun saat anda melakukan tiktok live shopping maka anda bisa melakukan interaksi langsung dengan pengikut yang anda miliki sehingga bisa memberikan memberikan informasi yang berguna untuk meningkatkan kepercayaan konsumen.

Tidak hanya itu, melakukan interaksi langsung dengan konsumen yang dimiliki merupakan cara yang tepat bagi sebuah bisnis untuk membangun hubungan yang baik dengan konsumen yang dimiliki.

Pada tiktok live streaming, anda bisa membagikan link produk atau layanan yang dimiliki agar bisa langsung dibeli oleh konsumen yang tertarik pada produk anda.

Selain itu, anda juga bisa melakukan demonstrasi produk yang anda jual sehingga memudahkan konsumen untuk memahami produk yang anda jual sehingga meningkatkan minat untuk membeli produk yang anda jual.

Potensi Penjualan Produk yang Bagus

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sebagian konsumen Gen Z yang aktif di tiktok telah mencoba membeli produk di tikok live shopping.

Fakta ini tentunya menguntungkan bagi pelaku usaha yang menjual produk-produk masa kini yang disukai oleh anak mudah untuk mendapatkan keuntungan lebih saat melakukan tiktok live shopping.

Namun sebelum melakukan penjualan di tiktok live shopping maka ada baiknya bagi marketer beberapa fitur-fitur yang bisa digunakan selama siaran langsung.

pexels george milton 6954220 2

Fitur-fitur Tiktok Live Shopping

Saat melakukan tiktok live shopping tentunya anda tidak hanya melakukan siaran langsung dan berharap pengguna tiktok datang ke siaran yang anda adakan.

Namun marketer juga perlu menambahkan beberapa fitur-fitur tertentu yang akan memaksimalkan barang yang dipromosikan saat tiktok live shopping berlangsung.

Berikut beberapa fitur-fitur tiktok live shopping yang bisa anda gunakan selama siaran langsung :

Mengundang Co Host

Saat tiktok live shopping berlangsung anda tidak hanya bisa melakukan siaran langsung sendirian namun akun tiktok lain yang disukai oleh pengikut anda.

Hal ini dilakukan untuk menarik lebih banyak penoton ke siaran yang anda lakukan sehingga memperbesar kemungkinan untuk menambah hasil penjualan.

Anda juga bisa mengajak influencer tiktok yang menjadi brand ambassador produk anda sebagai co host di tiktok live shopping yang anda lakukan.

Berikut tutorial mengundang co host di tiktok live shopping :

  • Pastikan anda saling mengikuti satu sama lain,
  • Anda dan orang yang anda undang harus melakukan siaran langsung di waktu yang bersamaan.
  • Pilih ikon infinity yang ada di bagian kiri layar anda dimana anda akan diperlihatkan pengikut tiktok yang bisa anda ajak siaran langsung.
  • Tuliskan nama akun tiktok yang ingin anda undang kemudian klik invite.
  • Saat co host menerima ajakan siaran langsung anda maka dia akan muncul di bagian kanan layar anda serta melakukan interaksi dengan membalas komentar atau saling mengobrol satu sama lain.

Tambahkan Moderator

Sebelum melakukan tiktok live shopping maka anda bisa mengundang moderator yang membantu selama siaran langsung sehingga siaran tetap berlangsung dengan lancar dan membantu menjawab berbagai pertanyaan konsumen yang masuk.

Penambahan moderator juga dapat mencegah adanya cyber bullying atau komentar-komentar buruk yang masuk selama tiktok live shopping berlangsung.

Berikut tata cara menambahkan moderator ke dalam siaran tiktok live shopping :

  • Pastikan anda mengikuti akun tiktok satu sama lain
  • Pada bagian kanan layar pilih ikon settings
  • Klik pada ikon moderator kemudian pilih ikon plus untuk menambahkan moderator
  • Ketikkan nama pengguna tiktok yang ingin anda jadikan moderator kemudian klik add

Filter dan Effects

Sama seperti konten tiktok lain dimana anda bisa menambahkan filter dan efek mana anda bisa menambahkan tampilan tersebut ke dalam tiktok live shopping anda agar tampilan siaran langsung semakin menarik.

Penggunaan efek juga bisa membuat tampilan anda semakin cantik saat tiktok live shopping berlangsung sehingga anda semakin percaya diri untuk melakukan promosi di tiktok.

Undang Tamu Spesial

Meskipun sama-sama mengundang orang lain di siaran langsung yang anda adakan namun mengundang tamu ini berbeda dengan menambahkan co host atau moderator di tiktok.

Saat mengundang sebuah akun tiktok maka akun tersebut harus memiliki 1.000 pengikut dan memberikan undangan terlebih dahulu dan setelah anda menyetujuinya maka anda bisa melakukan siaran langsung bersama-sama.

Sesi Tanya Jawab

Fitur lain yang bisa anda manfaatkan selama tiktok live shopping adalah membuka sesi tanya jawab dimana tiktok akan mengumpulkan berbagai pertanyaan dari konsumen yang akan di jawab langsung.

Penggunaan fitur ini tentunya menguntungkan bagi marketer sehingga tidak perlu susah payah mengidentifikasi semua komentar yang masuk selama siaran langsung.

Berikut tutorial mengaktifkan layanan tanya jawab :

  • Masuk ke halaman settings & privacy
  • Pilih creator kemudian masuk ke QnA
  • Anda bisa langsung mengaktifkannya dengan klik pada Turn On QnA
pexels liza summer 6347558

Cara Melakukan Tiktok Live Shopping

Setelah mengenal berbagai fitur yang disediakan oleh tiktok live shopping kini saatnya melakukan siaran langsung untuk memprosikan produk dan layanan yang anda miliki. Berikut tutorial melakukan tiktok live shopping bagi pemula :

Cara Kerja Tiktok Live Shopping

Tiktok live shopping memiliki kesamaan dengan instagram live, dimana sebuah brand akan memamerkan produk mereka dan melakukan pin pada produk yang ingin ditampilkan sehingga penonton dapat melihat barang yang sedang dipromosikan dengan melakukan klik pada pin tersebut.

Selain itu, selama tiktok live shopping berlangsung maka penoton bisa melakukan klik pada keranjang kuning untuk melihat produk yang dijual dan bisa melakukan pembayaran langsung sesuai dengan metode pembayaran yang ditawarkan.

Siapa Saja yang Bisa Melakukan Tiktok Live Shopping

Guna mencegah penggunaan tiktok live streaming untuk sesuatu yang berbahaya maka tiktok memberikan peraturan khusus sebelum melakukan siaran langsung.

  • Kreator harus berusia setidaknya 16 tahun.
  • Memiliki 1.000 pengikut di akun tiktok.
  • Mengikuti peraturan yang dibuat oleh tiktok agar akun tiktok anda aman dan tidak diblokir oleh tiktok

Cara Melakukan Tiktok Live Shopping

  • Masuk ke aplikasi tiktok yang anda miliki dan pastikan sudah melakukan log in akun tiktok sebelumnya.
  • Klik pada ikon + yang berada di bagian tengah bawah layar anda kemudian dan anda akan menemukan ikon Live saat anda sudah menemuhi persyaratan yang diajukan oleh tiktok.
  • Jangan lupa untuk memberikan judul siaran langsung yang akan anda lakukan, penulisan judul yang tepat akan membantu menaikkan tiktok live shopping ke konsumen yang tepat.
  • Klik Go Live dan siaran langsung anda sudah bisa ditonton oleh pengguna tiktok.

Cara Menjadwalkan Tiktok Live Shopping

Pada event-event tertentu anda bisa melakukan siaran langsung khusus dalam menyambut hari jadi brand anda atau mengikuti promosi di tanggal kembar.

Guna memaksimalkan tiktok live shopping yang anda lakukan maka beberapa cara berikut bisa anda lakukan untuk menjadwalkan siaran langsung.

Berikut tata cara menjadwalkan siaran langsung dengan mudah dan cepat :

  • Masuk ke aplikasi tiktok
  • Pada bagian kanan layar pilih ikon kalender
  • Pada halaman schedule klik create event
  • Tulisakan event yang akan dilakukan,waktu, dan deskripsi singkat tiktok live shopping yang akan anda jalankan, penjadwalan siaran langsung bisa dilakukan dua jam sebelum acara berlangsung dan anda bisa menuliskan deskripsi dengan limit 200 karakter
  • Setelah anda membuat event maka tiktok akan melakukan ulasan terlebih dahulu sebelum akhirnya menyetujuinya dan setelahnya anda akan melihat persetujuan tersebut di halaman profile tiktok.
pexels george milton 6954158

Ide Konten Tiktok Live Shopping

Saat melakukan scrolling konten tiktok tentunya anda akan menemukan banyak siaran tiktok live shopping yang menarik perhatian, memiliki banyak penonton, bahkan viral di kalangan pengguna tiktok.

Karenanya agar tiktok live shopping anda mendapatkan perhatian dari pengguna tiktok maka sebaiknya memiliki ide konten terbaik yang membuat penonton anda betah untuk melihatnya serta tertarik untuk membeli produk yang anda tawarkan.

Berikut beberapa rekomendasi ide konten tiktok live shopping yang viral dan sering digunakan oleh berbagai brand terkenal.

Konten Tutorial

Salah satu ide konten tiktok live shopping yang sering dilakukan namun mendapat perhatian dari pengguna tiktok adalah konten tutorial.

Melalui konten tutorial ini penonton bisa melihat peragaan produk yang anda jual sehingga tertarik untuk membeli produk yang anda promosikan.

Konten tutorial juga cocok bagi brand peralatan rumah tangga yang biasanya memerlukan teknik tertentu untuk menggunakan perabotan tersebut.

Agar lebih menarik anda bisa menggunakan produk tersebut sembari memasak makanan yang menggoda selera sehingga menghasilkan hasil makanan yang luar biasa.

Penggunaan konten tutorial juga dinilai membangun kedekatan dengan penonton karena anda bisa mempraktekkan produk yang anda jual sembari melakukan interaksi bersama konsumen yang anda miliki.

Konten Behind the Scene

Bagi konsumen yang sudah mengenal dan dekat dengan brand dan produk tentunya akan memiliki kedekatan sendiri sehingga muncul rasa penasaran mengenai kegiatan di balik layar kaca brand tersebut.

Maka untuk menuntaskan rasa penasaran tersebut maka anda bisa melakukan siaran langsung mengenai konten behind the scene dimana penonton akan melihat kegiatan di balik layar dari brand yang anda sukai.

Anda juga bisa membawa mereka ke proses produksi yang sedang anda lakukan sehingga meningkatkan rasa penasaran penonton.

Bagian terbaik dari melakukan siaran langsung dengan membawakan konten behind the scene adalah anda tidak perlu menggunakan tools yang keren atau hasil video yang maksimal untuk ditampilkan ke layar penonton.

Cukup dengan pencahayaan natural maka penonton akan merasa lebih dekat dengan brand anda sehingga lebih tertarik untuk melakukan interaksi atau membeli produk yang anda jual.

Konten behind the scene ini juga dilakukan oleh akun tiktok @cicichania96 yang memperlihatkan keseharian kucing-kucing yang dimiliki dan behind the scene dari pengemasan produk yang dimiliki untuk membuat penonton betah melihat konten yang disajikan serta tertarik untuk membeli produk yang dijual.

Konten Variety Show

Konten siaran langsung tidak hanya bisa digunakan untuk promosi produk yang anda miliki namun anda juga bisa memasarkan layanan serta event yang anda ikuti untuk menarik minat penonton dalam mengikuti siaran langsung yang anda lakukan.

Konten satu ini juga bisa dilakuakn oleh promotor konser untuk mempromosikan acara yang diadakan guna menarik minat penonton di event selanjutnya.

Apresiasi positif yang di dapatkan selama live streaming berlangsung juga akan membantu anda untuk meningkatkan layanan selama acara berlangsung.

Selain itu, anda juga bisa melakukan talkshow dengan ahli atau influencer tiktok mengenai topik tertentu sehingga meningkatkan rasa kepercayaan konsumen pada produk anda.

Strategi ini juga dilakukan oleh platform tiktok untuk mempromosikan campaign #serunyabelajar yang mengundang influencer tiktok yang bergerak di bidang edukasi sembari melakukan wawancara untuk menarik minat pengguna tiktok untuk membuat konten dengan tema yang sama.

Konten Perilisan Produk

Salah satu tujuan utama dari melakukan tiktok live shopping adalah menarik minat pembeli untuk membeli barang yang dipromosikan dan dijual di tiktok shop.

Guna mendukung hal tersebut maka anda bisa membuat konten perilisan produk dimana tiktok akan menyiarkan peluncuruan produk yang akan anda jual di pasaran.

Strategi merilis produk melalui siaran langsung juga dinilai menguntungkan mengingat tiktok akan menaikkan konten anda ke konsumen yang sesuai sehingga membuka peluang untuk mendapatkan perhatian yang lebih besar.

Selain itu, perilisan produk secara online juga lebih murah, mudah, dan praktis sehingga anda tidak perlu mengundang banyak orang ke acara perilisan produk yang anda lakukan.

Namun untuk menarik minat pengikut tiktok yang anda miliki maka anda bisa menggunakan schedule post sebagai pemberitahuan awal bagi mereka serta membuat konten promosi peluncuran produk di akun tiktok anda.

Sumber:

Everything You Need to Know About Live Shopping on TikTok (influencermarketinghub.com)

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *