pexels freestocksorg 58639 5

Kumpulan Fitur Baru Twitter 2022

Beberapa fitur baru twitter berikut akan membantu anda dalam optimasi konten di twitter atau sekedar melakukan interaksi dengan komunitas anda.

Pengguna sosial media tentunya tidak asing dengan platform twitter, dimana pengguna dapat melakukan interaksi dengan pengikut di komunitas yang diikuti dengan konten tulisan, gambar, dan video.

Twitter sendiri telah menarik perhatian banyak orang berkat kemudahan dalam menyebarkan konten yang dimiliki sehingga penggunanya bisa mendapatkan berita secara aktual dan lebih mudah.

Di sisi lain, guna memanjakan penggunanya agar terus menerus menggunakna twitter maka platform ini terus melakukan pembaruan melalui uji coba atau peluncuran fitur baru twitter di aplikasi twitter untuk menarik minat penggunanya serta membuat pengguna twitter terus berlama-lama di platform ini.

Karenanya, berikut beberapa informasi mengenai fitur baru twitter yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Twitter Collaborative Tweet

Bagi pengguna social media yang juga menggunakan social media tiktok, instagram, atau facebook tentunya tidak asing dengan fitur kolaborasi konten.

Melalui layanan satu ini, kreator bisa melakukan kolaborasi dengan influencer pilihan untuk mengunggah cuitan di dua tempat sekaligus sehingga memperbesar peluang untuk mendapatkan engagement atau insight yang lebih besar.

Kehadiran kolaborasi konten ini juga berguna bagi sebuah brand untuk mempromosikan produk yang dimiliki melalui kerjasama dengan kreator tertentu untuk menjangkau konsumen yang lebih luas.

Melihat hasil fitur kolaborasi konten yang menunjukkan hasil positif membuat twitter akhirnya menguji fitur twitter collaborative tweet.

Dengan fitur baru twitter ini nantinya kreator atau pengguna twitter bisa mengajak akun twitter lain untuk melakukan kontribusi di sebuah tweet, fitur yang sama di berbagai social media lain juga, bukan?

Perilisan twitter collaborative tweet ini nantinya mempermudah dalam kolaborasi dengan influencer lain serta membuka kemungkinan untuk melakukan promosi yang lebih luas sehingga dapat memperluas jangkauan audience di kedua akun twitter.

Hal ini juga bisa digunakan untuk melakukan credit original creator, salah satunya saat saat mengunggah konten blog atau foto dari kreator lain sehingga pembaca tweet anda dapat mengetahui siapa kreator asli di balik tweet yang anda unggah.

Sayangnya, layanan satu ini baru tersedia di beberapa negara saja seperti Amerika Serikat, Kanada, dan Korea yang nantinya juga akan diluncurkan secara global dan resmi setelah proses uji coba berhasil.

fitur baru twitter

Twitter Brand Connect Playbook

Saat pertama kali menggunakan aplikasi twitter, mungkin saja anda merasa bingung untuk merancang strategi marketing yang tepat atau mencari cara untuk meningkatkan jangkauan tweet serta menaikkan jumlah followers twitter.

Twitter pun memahami hal tersebut dan meluncurkan fitur baru twitter brand connect playbook dimana pengguna bisa memaksimalkan kemampuan twitter ads melalui format dan fitur yang disediakan, termasuk catatan khusus mengenai platform audience, kasus studi, contoh iklan, dan lain sebagainya.

Platform ini juga menjelaskan peluncuran fitur baru twitter ini di rilis guna membantu kreator dalam merencanakan dan menjalankan campaign yang sukses, dimana twitter juga mengumpulkan data-data terbaik, pembelajaran, serta tips bagi marketer untuk membuat iklan twitter yang sukses.

Capture 26

Saat kreator mengunggah dan membuka e-book dari twitter maka anda akan disuguhkan dengan keuntungan serta beberapa fakta mengenai twitter yang bisa anda gunakan untuk mempertimbangkan menggunakan twitter sebagai salah satu media promosi di internet.

Capture 27

Lalu pada halaman selanjutnya anda akan disuguhkan dengan berbagai berbagai elemen iklan twitter yang bisa anda gunakan secara langsung untuk mempromosikan produk, layanan, atau campaign yang anda miliki.

Capture 28

Selanjutnya anda juga akan diberikan informasi mengenai penggunaan insight di berbagai aspek termasuk brand messaging, trend, serta interakasi di twitter.

Tidak hanya itu, untuk membantu kreator dalam menghadapi berbagai masalah saat promosi di twitter maka anda juga akan diberikan studi kasus dan contoh penyelesaiannya yang bisa anda gunakan dalam menyelesaikan masalah dalam mengunggah iklan di twitter.

Pada bagian terakhir anda juga diberikan tips dan trik untuk optimasi konten twitter sehingga dapat menjangakau pengguna twitter yang lebih luas dan sesuai keinginan.

twitter bitmoji 1

Twitter Profile Image

Tidak hanya tweet yang informatif dan menarik yang mampu menarik perhatian pengguna twitter dalam mengikuti akun twitter anda.

Namun pengguna twitter juga bisa tertarik dengan penggunaan profile image yang anda gunakan sehingga menjadi salah satu alasan untuk mengikuti akun twitter yang anda miliki.

Guna memaksimalkan tampilan twitter profile image maka platform ini melakukan pembaruan pada profile image dengan penggunaan bitmoji sebagai representasi diri di twitter.

Fitur baru twitte ini sedang dalam tahap uji coba dengan melakukan integrasi Bitmoji sebagai opsi twitter profile image dengan tambahan tombol Bitmoji untuk menghubungkan dengan akun emoticon yang anda miliki.

Integrasi ini nantinya akan menyediakan link langsung ke akun snapchat atau twitter yang anda miliki sehingga menampilkan profile picture yang lebih menarik.

Sayangnya untuk saat ini Twitter belum memiliki layanan untuk membuat fitur digital avatar sendiri sehingga nantinya pengguna hanya bisa mengandalkan aplikasi Bitmoji untuk mengunggah profile picture dalam bentuk digital avatar.

pexels george milton 6954162

Layanan Penyimpanan Twitter Spaces

Salah satu fitur mainstream yang bisa anda temukan di twitter adalah layanan live streaming dimana anda bisa melakukan interaksi dua arah secara langsung dengan pengikut dan pengguna twitter.

Berbeda dengan aplikasi lain dimana anda akan diperlihatkan gambar dan suara dari kretor yang melakukan siaran langsung maka melalui twitter space anda hanya bisa mendengarkan suara dari moderator serta memberikan suara selama siaran langsung.

Sayangnya layanan twitter space ini hanya bisa didengarkan sekali sehingga anda bisa saja ketinggalan siaran langsung dari kreator kesayangan saat anda tidak membuka aplikasi twitter.

Untungnya, twitter memahami masalah ini sehingga platform ini meluncurkan fitur baru twitter yakni menyimpan rekaman siaran langsung yang telah anda lakukan sehingga bisa di dengarkan kembali oleh pengikut anda yang ketinggalan sesi live streaming.

Uniknya lagi, rekaman siaran langsung ini bisa disimpan secara permanen dan tidak seperti layanan sebelumnya dimana file akan tersimpan dalam waktu yang terbatas.

spaces recording6

Selain itu, kreator juga bisa mengatur kembali file siaran langsung yang telah tersimpan, seperti menghapus konten yang dirasa sudah tidak relevan atau membagikannya ke platform lain untuk meningkatkan kunjungan ke akun twitter yang anda miliki.

Penyimpanan siaran langsung yang lebih lama nantinya akan membuat twitter space seperti podcast, dimana akan memberikan keuntungan lebih bagi kreator untuk melakukan promosi yang berkelanjutan dan membangun audience guna meningkatkan jumlah pengikut setia.

spaces recording7

Di sisi lain, nampaknya twitter berencana melakukan uji coba fitur baru twitter berupa podcast yang digabungkan dalam satu tempat khusus bernama Stations sehingga memberikan opsi yang lebih banyak untuk mendengarkan konten audio.

Tambaham fitur baru twitter ini nantinya akan membuka peluang baru bagi pengguna twitter dalam melakukan monetisasi konten sehingga bisa mendapatkan uang dari twitter.

Capture 29

Twitter Branded Likes

Pengguna twitter tentunya tidak asing dengan tampilan stiker saat melakukan klik pada tweet promosi atau campaign tertentu.

Keberadaan branded likes ini bisa di kustomisasi oleh sebuah brand saat melakukan unggahan tweet tertentu sehingga dapat membantu meningkatkan jumlah likes dalam waktu cepat.

Meskipun pernah di uji coba sebelumnya namun fitur baru twitter branded likes ini baru diluncurkan secara resmi di beberapa negara, seperti Amerika, Inggris, Arab Saudi, serta Jepang dimana penggunanya dapat melakukan tweet yang interaktif dengan pengikutnya.

Twitter branded likes memiliki kemampuan untuk membuat like custom dalam bentuk animasi sehingga saat anda melakukan klik pada ikon love maka akan terlihat animasi yang sudah anda rancang sebelumnya.

Penggunaan fitur baru twitter branded likes diharapkan dapat meningkatkan engagement serta awareness melalui interaksi yang simpel sehingga di harapkan dapat memperluas jangkauan konten promosi

Twitter sendiri menjelaskan bahwa perilisan fitur baru twitter tersebut berawal dari keinginan merayakan momen tertentu dengan perhatian yang spesial, seperti saat peluncuran film baru, adanya konferensi, keberadaaan produk baru, atau bahkan adanya event olahraga terbesar yang berlangsung beberapa tahun sekali.

Pada momen terbaik ini, tentunya sebuah brand ingin berbagi kebahagiaan dengan meluncurkan sesuatu yang baru dan dapat meningkatkan brand awareness serta percakapan diantara pengguna twitter sehingga acara anda bisa menjadi pusat pembicaraan di twitter.

Branded like sendiri akan ditampilkan pada takeover ad dimana kreator dapat memilih hastag untuk animasi twitter branded likes.

Sayangnya, penggunaan twitter branded likes ini hanya muncul selama 24 jam serta membutuhkan biaya yang besar untuk menggunakan fitur baru twitter ini.

Akan tetapi, kehadiran fitur baru twitter branded likes ini tentunya dapat memberikan momen yang menyenangkan bagi anda dan pengikut yang anda miliki untuk merayakan momen tertentu yang jarang terjadi.

Capture 30

Twitter Notes

Sebagai platform yang berfokus pada konten tulisan tentunya tidak lengkap apabila tidak membuat konten blog yang bisa di baca oleh pengguna twitter.

Sayangnya, twitter sendiri memiliki keterbatasan jumlah kata hingga 280 karakter sehingga kreator hanya bisa membuat konten tulisan yang pendek atau membuat thread dengan jumlah konten yang lebih panjang serta sambung menyambung menjadi satu.

Fitur baru twitter yang telah diuji coba dalam waktu yang lama ini telah diluncurkan pada beberapa pengguna twitter pilihan, dimana pengguna dapat menulis konten dalam jumlah banyak dan tidak terbatas oleh jumlah karakter tulisan.

Pada layanan twitter notes ini anda akan melihat tampilan header images, penambahan gambar serta links di dalam teks serta opsi yang disederhanakan untuk menambahkan tweet.

twitter notes beta

Saat anda mengunggah konten notes nantinya tulisan anda akan muncul sebagai twitter cards dimana pembaca akan melihat tulisan yang lebih full saat melakukan klik pada kartu tersebut.

Beberapa fitur lain yang disedaikan oleh twitter notes adalah judul notes yang berisi 100 karakter serta isi notes yang mencapai 2.500 karakter sehingga memberikan anda ruang yang lebih besar untuk membuat konten di aplikasi twitter.

Keuntungan lain dari menggunakan twitter notes adalah kemampuan dalam mengedit tulisan setelah diunggah pada ikon edited yang berada di bagian atas notes.

Tidak hanya itu, anda bisa menyebarkan konten notes ke platform yang lebih luas dengan penggunaan URL dimana pengguna social media bisa melihat tulisan anda meskipun tidak memiliki akun twitter atau mengikuti anda sebelumnya.

Hal ini tentunya memfasilitasi aktivitas berbagi yang lebih luas sehingga menjadi opsi promosi yang efektif dalam jangka waktu lama.

Layanan twitter notes ini merupakan fitur baru twitter yang telah dikembangkan bertahun-tahun lamanya setelah meluncurkan berbagai layanan yang mampu menunjang komunikasi antara pengguna twitter.

twitter shop module

Kesempatan Belanja di Twitter

Saat ini sebagian besar social media sudah menyediakan layanan untuk belanja tanpa perlu pergi ke website marketplace, seperti Meta yang telah meluncurkan layanan instagram dan facebook shop atau tiktok yang memiliki fitur tiktok shop.

Adanya layanan belanja di social media ini tentunya memudahkan sebuah brand untuk mempromosikan produk yang dimiliki sembari mendapatkan keuntungan dari produk yang dijual secara langsung serta kemudahan bagi pengguna social media untuk berbelanja tanpa perlu ketinggalan konten yang disukai.

Melihat antusiasme pengguna internet dalam berbelanja di social media menjadikan twitter akhirnya berencana untuk membuat layanan yang sama dengan melakukan kerja sama dengan platform Shopify.

Melalui fitur baru twitter ini, nantinya pengguna Shopify dapat memasukkan produk mereka ke halaman twitter professionals profilfe dimana setiap itemnya akan membawa pengguna untuk masuk ke dalam halaman shopify page untuk melakukan pembelian barang.

Kehadiran fitur baru twitter ini tentunya menguntungkan akun twitter brand untuk mempromosikan dan menjual produk yang dimiliki serta memudahkan pengguna twitter untuk melakukan pembelian barang tanpa perlu ketinggalan konten twitter yang sedang dibaca.

Twitter sendiri menyatakan bahwa peluncuran twitter shopping ini akan memudahkan akun twitter brand untuk mengkoneksikan ke halaman shopify yang dimiliki, sehingga marketer dapat mengakses dan mengelola fitur belanja dengan mudah dan efektif.

Fitur twitter shopping sendiri sudah termasuk display carousel pada halaman profil pengguna, sehingga saat pengguna twitter sudah bersedia untuk membeli maka bisa langsung masuk ke halaman website shopify, dimana layanan ini sedang dilakukan uji coba serta sudah tersedia bagi seluruh akun twitter brand di Amerika.

twitter product drops

Pengingat Peluncuran Produk

Keberadaan twitter tidak hanya digunakan untuk melakukan interaksi dengan komunitas minat yang disukai namun juga digunakan oleh berbagai akun twitter brand untuk promosi produk ke pengguna twitter.

Karenanya untuk mendukung keberadaan akun twitter brand maka twitter merilis fitur baru twitter berupa pengingat peluncuran produk.

Melalui fitur ini twitter ingin membantu konsumen pada produk tertentu untuk tidak ketinggalan perilisan produk terbaru serta membantu akun twitter brand terkoneksi pada dengan konsumen yang sesuai.

Dengan fitur pengingat peluncuran produk dimana akun twitter brand dapat menambahkan pada tweet khusus.

Perilisan fitur baru twitter ini juga di dasari oleh kebiasaan pengguna twitter yang selalu membicarakan produk yang disukai dan produk yang baru saja rilis setiap hari, sementara akun twitter brand telah lama meluncurkan berbagai produk di twitter tanpa bantuan yang berarti.

Melihat kondisi tersebut maka twitter memutuskan untuk meluncurkan fitur baru twitter berupa pengingat peluncurkan produk yang dapat memberdayakan pembeli untuk mengikuti peluncuran produk dan melibarkan mereka dalam momen spesial.

Penggunaan fitur baru twitter ini juga sangat mudah, saat pengguna twitter melakukan klik pada tweet dari akun twitter brand maka anda akan diarahkan pada halaman detail yang berisi informasi yang dibutuhkan sebelum membeli produk tersebut.

Beberapa informasi yang ditampilkan adalah harga, foto dan deskripsi produk, serta clickable hastag yang akan memeperlihatkan ulasan konsumen dari tweet yang mereka unggah melalui penggunaan tagar tertentu.

Tidak hanya itu, kreator juga bisa menambahkan pengingat dimana twitter akan mengirimkan anda pemberitahuan 15 menit sebelum produk diluncurkan sehingga anda bisa langsung membeli produk pada perilisan pertama.

Fitur baru twitter ini tentunya menguntungkan untuk meningkatkan aktivitas penjualan di aplikasi twitter sehingga dapat menambah keuntungan saat sebuah produk baru diluncurkan di berbagai platform social media.

Sayangnya, layanan pengingat produk ini baru bisa digunakan di Amerika dan pengguna ios serta telah menguji coba pada beberapa produk terkenal seperti Dior, Fossil, Home Depot, serta Lego.

Capture 31

Kelompokkan Tweet yang Anda Suka

Algoritma twitter yang menyajikan tweet yang disukai oleh akun twitter yang anda ikuti terkadang membuat anda melihat konten yang kurang anda sukai, padahal mungkin saja anda hanya ingin melihat tweet daro topik yang anda sukai tanpa melihat berita dari tempat lain.

Twitter pun memahami masalah ini sehingga meluncurkan layanan communities timeline dimana anda bisa mengelompokkan tweet baru yang sesuai dengan minat anda.

Perilisan fitur baru twitter ini di luncurkan mengingat potensi komunitas di twitter yang cukup besar dalam menghidupkan platform twitter dengan berbagai tweet yang diunggah setiap hari.

Sehingga menjadikan twitter memberikan perhatian khusus pada kelompok komunitas tersebut agar menghabiskan waktu lebih lama di twitter.

Fitur baru twitter ini juga bisa digunakan di berbagai jenis gadget guna memberikan pengalaman menggunakan twitter yang lebih maksimal.

Pada pengelompokkan komunitas ini pengguna twitter akan diperlihatkan dua fitur utama, yakni mengelompokkan kelompok pada halaman for you yang akan memperlihatkan tweet populer di antara komunitas anda berdasarkan interaksi yang dilakukan pada tweet tersebut, atau latest dimana anda bisa melihat tweet terbaru yang diunggah oleh kelompok anda.

Kehadiran pengelompokkan tweet ini tentunya menguntungkan bagi pengguna twitter untuk melihat konten dari komunitas yang diikuti dengan lebih mudah dan cepat sehingga tidak ketinggalan informasi terbaru.

Tidak hanya itu, anda juga bisa melakukan interaksi dengan komunitas yang dimiliki dengan cara yang lebih praktis dengan menampilkan tweet yang relevan dengan minat anda.

Keberadaan tweet populer ini juga di dukung dengan bantuan algoritma twitter yang akan membantu anda menampilkan berbagai tweet terbaru yang sesuai dengan keinginan.

Adanya pengelompokkan tweet ini juga membantu anda untuk tidak melihat konten yang relevan dengan keinginan anda sehingga anda hanya melakukan interaksi dengan tweet tertentu sehingga akan menghabiskan lebih banyak waktu di twitter.

Penghapusan TweetDeck

Pengguna twitter lama tentunya tidak asing dengan layanan tweet deck dimana anda bisa memanfaatkan berbagai layanan twitter dengan mudah melalui aplikasi satu ini.

Sayangnya, seiring dengan berjalannya waktu kepopuleran platform satu ini mulai pudar hingga akhirnya twitter memutuskan untuk menghapus layanan tweet deck di Mac dengan alasan pembenahan aplikasi yang lebih baik.

Di sisi lain, pengembangan tweet deck nantinya akan dibuat menjadi aplikasi berbayar baru yang bisa diakses di twitter.

Twitter sendiri telah memperbarui layanan tweetdeck di tahun 2022 dengan memberikan preview terbaru tampilan tweetdeck untuk menarik perhatian pengguna twitter,

Beberapa fitur baru tweetdeck adalah layanan video playback serta kesempatanan untuk menjadi aplikasi berbayar seperti twitter blue.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.