twitter communities

15 Fitur Twitter yang Wajib Anda Coba

Kenali berbagai fitur terbaru di aplikasi twitter yang dapat membantu interaksi dengan pengguna twitter serta pengikut yang dimiliki.

Twitter menjadi salah satu media sosial yang digunakan oleh pengguna twitter sebagai media informasi yang aktual.

Hal ini karena twitter termasuk apilikasi yang mudah diakses untuk berbagi informasi terbaru dengan tweet ke komunitas atau pengguna twitter yang lain.

Di sisi lain, guna memudahkan pengguna twitter dalam menyebarkan berita atau melakukan interaksi dengan orang lain twitter terus mengeluarkan fitur terbaru yang membuat penggunanya bertah untuk mengakses platform ini.

fitur twitter terbaru

Fitur Twitter Terbaru

Semakin banyaknya pengguna twitter baru yang bergabung untuk mencari informasi terbaru atau sekedar bergabung dalam percakapan mengenai topik yang disukai menjadikan twitter terus berkembang menyajikan berbagai fitur twitter terbaru.

Berikut beberapa fitur twitter terbaru di tahun 2022 yang bisa pengguna twitter nikmati dan gunakan untuk maksimalkan interaksi dengan komunitas minat yang disukai.

51a1b12e 3b9c 4071 a67c df0736a96eda

Twitter Community

Pengguna twitter biasanya melakukan interakasi dengan circle yang dimiliki berkat kesamaan minat dan topik yang dimiliki.

DI tambah lagi, twitter juga membantu interaksi tersebut dengan algoritma twitter yang menaikkan tweet dari pengguna twitter yang mengunggah twit dengan konten yang sama.

Tidak hanya itu, twitter juga meluncurkan fitur communities dimana pengguna bisa membuat grup dan melakukan interaksi dengan sekelompok orang di sebuah diskusi mengenai topik yang spesifik.

Pengguna twitter juga bisa mengirimkan konten tertentu ke dalam komunitas yang dimiliki baik dalam bentuk foto, tweet, atau video pendek sehingga memudahkan proses diskusi.

Di sisi lain, agar proses diskusi menjadi lebih menyenangkan maka twitter juga menyediakan layanan admin dan moderator guna mengatur peraturan di komunitas yang dimiliki untuk menjaga percakapan yang dilakukan antara pengguna twitter.

Seorang admin atau moderator juga memiliki kesempatan untuk menghapus anggota yang dirasa melanggar peraturan atau membuat keributan di dalam grup.

Cara bergabung dengan komunitas di twitter pun cukup mudah, pengguna cukup memiliki akun twitter publik lalu memilih komunitas yang cocok di halaman twitter communities kemudian anda akan disaikan beberapa peraturan yang sebaiknya di patuhi di grup tersebut.

Pengguna twitter bisa langsung bergabung ke dalam komunitas tersebut atau meminta bergabung ke dalam komunitas apabila grup tertutup oleh umum.

Fitur twitter yang di rilis pada bulan September 2021 ini sudah melalui proses uji coba sehingga pengguna android juga bisa menggunakannya di akses hanpdhone yang dimiliki.

photo1656467510

Twitter Blue

Pengguna twitter kini bisa mendapatkan layanan premium untuk kenikmatan menggunakan twitter dengan Twitter Blue.

Melalui fitur twitter ini pengguna akan ditawarkan biaya berlangganan selama sebulan yang memberikan akses ke beberapa layanan eksklusif di twitter, seperti pencarian twit di bookmark, mengubah ikon twitter, tema, atau menunda mengirimkan tweet.

Terdapat juga rumor yang menyatakan bahwa layanan tweetdeck cloud juga menjadi fitur twitter blue di masa yang akan datang.

Sayangnya, fitur twitter blue ini belum bisa dinikmati secara global dan hanya pengguna di kawasan Amerika Serikat, Kanada, New Zealand, dan Australia yang bisa menikmatinya.

Keuntungan lain dari menggunakan fitur twitter blue adalah pengguna bisa mengakses Twitter NFT yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan token yang dimiliki dalam bentuk profil picture.

photo1656467541 1

Benefit lain dari menggunakan twitter blue adalah pengguna akan mendapatkan layanan top articles, dimana anda akan mendapatkan dan membaca berbagai macam artikel terbaru dari akun twitter yang anda ikuti yang tentunya sesuai dengan minat yang diikuti.

Hal ini tentunya menguntungkan bagi pengguna twitter agar tidak ketinggalan informasi terbaru dari orang-orang yang anda ikuti di twitter.

Tidak hanya itu, pengguna twitter juga bisa mendapatkan akses untuk mendapatkan tweet dari topik yang disukai dengan fitur navigation guna membawa ke dalam konten yang anda sukai, namun anda juga bisa merubahnya apabila anda mulai memiliki minat pada topik lain.

photo1656468910

Twitter Downvotes

Banyaknya tweet yang anda lihat setiap hari terkadang lewat beberapa tweet yang mengandung kontroversi sehingga kurang nyaman untuk dibaca.

Guna menghindari munculnya tweet dari topik tersebut maka anda bisa mengunakan fitur twitter downvotes untuk menurunkan pengguna twitter yang tidak relevan dengan minat anda.

Layanan twitter downvotes ini di rilis pada bulan Juni 2021 dan mengalami berbagai pembaruan hingga akhirnya bisa diakses di bulan Februari 2022.

Sayangnya layanan twitter downvotes ini hanya tersedia secara privat sehingga oran lain selain pembuat tweet tidak bisa meliihat jumlah unlike yang di dapatkan dari sebuah tweet.

photo1656469321

Twitter Lists

Lelah dengan isi tweet yang terlalau variatif dan ingin melihat beberapa konten dari akun twitter yang anda sukai? Pengguna twitter kini bisa menggunakan layanan twitter lists untuk melihat beberapa konten tertentu saja.

Melalui fitur twitter lists ini anda dapat memilih beberap akun twitter yang anda sukai baik yang anda ikuti atau tidak anda ikuti dalam satu list khusus.

Pengguna pun bisa mengakses layanan ini dengan melakukan klik pada ikon profil kemudian anda akan melihat menu daftar yang bisa anda klik kemudian menambahkan beberapa akun twitter dalam berbagai daftar yang berbeda.

Anda juga bisa memilih untuk membuat daftar list dalam bentuk publik atau private. Penggunaan twitter list publik memungkinkan pengguna twitter yang anda tambahkan dan ditandai di twitter list mendapatkan notifikasi dan bisa melakukan subscribe ke daftar tersebut.

Sementara jika anda memilih twitter list private maka hanya anda saja yang bisa mengakses list tersebut sehingga orang lain yang anda tambahkan tidak mendapatkan pemberitahuan tersebut.

Fitur twitter list juga bisa digunakan untuk berbagai tujuan seperti membangun hubungan dengan akun twitter tertentu sehingga tetap melakukan interaksi satu sama lain dan tidak ketinggalan tweet yang dibuat.

Sementara jika pengguna twitter ingin menyimpan beberapa akun twitter yang hobi membuat thread twitter maka anda bisa menggunakan fitur twitter list ini untuk menyimpan thread kesukaan yang dibuat sehingga tidak ketinggalan dalam membaca unggahan tweet terbaru di thread tersebut.

Pembuatan twitter list juga bisa digunakan untuk mengikuti topik tertentu di twitter sehingga meskipun anda tidak membuka aplikasi twitter sepanjang hari namun anda bisa mendapatkan informasi mengenai topik yang dibagikan oleh akun tersebut.

tag users in a tweet.png

Tag Akun Twitter di Tweet

Sebagai platform yang mengandalkan jejaring sosial antar penggunanya maka twitter terus menghadirkan berbagai fitur twitter terbaru untuk memudahkan komunikasi satu sama lain.

Salah satu fitur twiter baru yang memudahkan interaksi ini adalah kemudahan dalam melakukan tag akun twitter di dalam sebuah foto tweet

Pengguna twitter bisa melakukan tag akun terbatas pada 10 akun sekaligus untuk mendapatkan perhatian lebih sehingga membangun interaksi yang lebih intens.

Cara mengakses fitur twitter ini juga mudah, saat membagikan sebuah tweet yang menyertakan foto maka anda akan melihat ikon hyperlink di bawah foto yang bisa anda gunakan untuk menambahkan beberapa akun twitter sekaligus.

Setelah anda mengunggah tweet tersebut maka akun twitter yang terdapat pada tweet tersebut akan menerima pemberitahuan sehingga orang tersebut bisa meninggalkan balasan atau membagikan tweet tersebut ke orang terdekat lainnya.

Namun agar pengguna twitter lain tidak merasa terganggu maka anda bisa melakukan tag akun tersebut di beberapa tweet khusus yang berkaitan dengan topik yang mereka sukai agar mereka tidak meninggalkan percakapan publik yang anda bangun.

Salah satu cara efektif menggunakan fitur tag akun adalah membuat tweet yang berisi topik yang anda dan orang lain sukai sehingga anda bisa membangun percakapan yang menyenangkan dan sayang untuk dilewatkan.

photo1656476863

Pin Tweet

Punya tweet viral yang mengudang banyak interaksi dari pengguna twitter lainnya? anda bisa menggunakan tweet ini sebagai media promosi yang lebih intens dengan melakukan pin tweet.

Dengan menggunakan fitur twitter ini pengguna bisa melakukan pin pada tweet anda yang viral di twitter sehingga pengguna twitter yang mengunjungi akun twitter anda bisa mengidentifikasinya dengan mudah.

Tidak hanya itu, anda juga bisa menggunakan fitur twitter pin untuk menyimpan tweet yang bersifat promosi, seperti event giveaway atau peluncuran produk sehingga pengguna twitter yang melihatnya bisa ikut berpartisipasi atau membeli produk yang anda jual.

Cara melakukan pin tweet juga mudah, pengguna twitter tinggal memilih tweet yang ingin anda simpan kemudian pada bagian pojok kanan anda bisa memilih pin tweet sehingga tweet anda bisa tersimpan dalam jangka waktu lama meskipun anda mengunggah berbagai tweet.

Di sisi lain, jika anda ingin menghapun pin tweet yang sudah tidak terpakai maka anda bisa melakukan unpin tweet tersebut sehingga tweet akan turun seketika.

Penggunaan pin tweet sendiri dapat membantu untuk optimasi profil twitter sehingga meningkatkan kunjungan ke halaman profil anda atau melakukan interaksi dengan tweet yang anda sematkan.

clickable image tweet.png

Tweeting Website Cards

Ingin menaikkan kunjungan ke website yang anda miliki dengan mudah dan cepat? fitur tweeting website cards bisa membantu masalah anda.

Dengan fitur twitter ini anda bisa mempromosikan website dengan gambar yang unik serta tambahan tweet yang dapat menarik pengguna twitter untuk berkunjung ke halaman website anda.

Cara menggunakan fitur twitter ini juga mudah, kreator bisa memulai dengan mengunduh social sharing plug di halaman website, salah satunya adalah Social Warfare yang dapat membantu anda untuk membuat kode di halaman anda yang langsung terhubung untuk membuat twitter website cards.

Kreator nantinya akan mendapatkan gambar dan caption secara otomatis termasuk saat seseorang membagikan postingan tersebut melalui tweet baru.

Pengguna twitter juga bisa membuat kartu secara manual melalui platform iklan twitter tanpa perlu membayar iklan tersebut namun anda perlu menambahkan informasi kartu kredit apabila ingin membuat akun iklan twitter.

Dengan menggunakan fitur twitter card ini kreator bisa melakukan promosi di twitter dengan lebih kreatif sehingga bisa menarik lebih banyak orang untuk berkunjung ke website yang anda miliki sehingga membantu menaikkan penjualan.

Di sisi lain, agar semakin banyak orang yang memberikan reaksi pada promosi twitter card maka anda bisa menggunakan tweet yang keren serta informatif.

set up twitter professional account step 1 1

Twitter for Professional

Setelah menunggu bertahun-tahun lamannya, akhirnya kreator twitter yang menjalankan akun social media business bisa bernafas lega berkat layanan baru dari twitter.

Fitur twitter baru bernama twitter for professional ini memungkinkan kreator untuk mengelola akun bisnis sendiri yang sebelumnya menjadi satu dengan akun twitter biasa.

Layanan yang rilis pada pertangahan tahun 2021 ini memungkinkan kreator untuk membuat akun twitter professional dimana anda bisa membuat sendiri bio twitter bisnis guna menjelaskan brand yang sedang anda jalankan.

Tidak hanya itu, akun twitter professionals ini memungkinkan pengguna untuk melakukan promosi secara cepat dengan mempromosikan tweet yang telah anda unggah sebelumnya. Layanan quick promote ini juga bisa anda temukan di platform facebook.

Promosi cepat ini memungkinkan anda untuk melakukan promosi akun twitter yang lebih mudah tanpa perlu memilih campaign yang biasanya tersedia di twitter ads,

Guna menggunakan layanan ini, kreator tidak perlu membuat akun twitter baru namun cukup mengubah tipe akun twitter ke menu professionals dengan beberapa langkah berikut.

Pertama, masuk ke aplikasi twitter atau twitter web kemudian klik pada ikon profil yang berada di bagian kiri halaman twitter dan pilih Twitter for Professionals kemudian pilih Agree & Continue.

set up twitter professional account step 2 1536x1448 3

Kedua, pilih kategori bisnis yang sesuai dengan usaha yang anda jalankan karena informasi tersebut akan muncul di halaman twitter anda.

Ketiga, setelah anda memilih kategori yang sesuai maka anda bisa melakukan kustomiasi halaman profil dengan mengisi bio twitter, mengubah profile picture, dan menambahkan link website. Anda juga bisa mengubah akun twitter anda ke mode biasa kembali.

twitter quick promote

Keempat, jika anda ingin mempromosikan tweet dengan cepat dan mudah maka anda bisa memulai dengan pilih tweet yang sesuai, kemudian klik pada ikon analisa di bagian kanan bawah dan klik promosi tweet untuk menjalankan iklan twitter.

Twitter Shopping

Kebiasaan belanja online yang dilakukan oleh pengguna internet sangat menguntungkan berbagai website market place terlihat dari banyaknya platform yang mendapatkan keuntungan dari kebiasaan berbelanja online.

Di sisi lain, trend baru tersebut juga menarik perhatian platform socia media yang akhirnya membuat fitur belanja, seperti meta dengan layanan facebook shop dan instagram shop serta tiktok melalui tiktok shop yang kini tengah digandrungi oleh banyak orang.

Twitter pun tidak mau ketinggalan trend ini dengan menguji coba fitur twitter shopping yang merupakan kerjasama dengan website shopify.

Melalui fitur terbaru ini nantinya pengguna twitter bisa belanja berbagai barang kesukaan dengan mudah dan cepat tanpa perlu keluar akun twitter dahulu dan cukup mengakses akun twitter profile yang diinginkan.

Tidak hanya itu, kreator twitter sendiri juga bisa melakukan jualan di twitter dengan mengunggah katalog yang bisa dikunjungi oleh pengguna sebelum akhirnya membeli barang yang diinginkan.

Kolaborasi ini juga memungkinkan pedagang yang memiliki akun shopify untuk mencantumkan produk meraka di profile twitter yang dapat membawa pembeli untuk berkunjung ke halaman website yang mereka miliki.

Sayangnya twitter dan shopify masih menguji fitur belanja ini sehingga pengguna twitter masih belum bisa menikmati layanan ini dalam waktu dekat.

twitter newsletter example 1536x1455 1

Twitter Newsletter

Pengguna twitter yang memiliki banyak pengikut kini juga bisa menghasilkan uang dari twitter dengan fitur twitter newsletter.

Melalui layanan ini, pengguna twitter bisa mengunggah newsletter via Revue dan mempromosikannya melalui integrasi twitter.

Cara menggunakanan layanan ini adalah pengguna twitter bisa masuk ke twitter website melalui personal computer kemduian memilih fitur newsletter dan melakukan berbagai pengaturan untuk mengatur akun twitter agar bisa mengirim newsletter.

Meskipun layanan twitter newsletter ini bersifat gratis namun pengguna twitter bisa meminta biaya dengan jumlah tertentu yang harus dibayarkan oleh pembaca apabila ingin membaca konten yang disajikan,

Guna mengakses layanan twitter newslettter berbayar ini anda akan menemukan ikon subscriptions di fitur newsletter agar pengguna bisa berlangganan konten yang anda sajikan di twitter.

Twitter Super Follow

Twitter kembali melanjutkan inovasinya dalam layanan monetisasi akun twitter, salah satunya adalah meluncurkan fitur super follow.

Melalui fitur ini, pengguna twitter dapat memilih kreator yang diinginkan dan kemudian membayar biaya berlangganan dalam jumlah tertentu untuk mendapatkan konten eksklusif.

Beberapa konten eksklusif yang akan di dapatkan oleh super follow adalah interaksi dengan kreator melalui layanan twitter spaces atau mendapatkan konten khusus melalui twitter news letter, di masa depan mungkin saja twitter meluncurkan berbagai konten baru bagi pengguna super follow.

Twitter Spaces

Fitur siaran langsung menjadi salah satu layanan yang jamak ditemui di social media, mulai dari instagram, facebook, tiktok, hingga youtube juga memiliki layanan siaran langsung.

Twitter pun tidak mau kalah dengan meluncurkan layanan siaran langsung eksklusif yang berbeda dengan yang lain bernama Twitter Spaces.

Melalui layanan twitter spaces, pengguna twitter bisa melakukan interaksi dengan pengikut yang dimiliki dengan suara sehingga bisa membahas berbagai topik dengan fokus.

Keuntungan lain dari menggunakan layanan twitter spaces adalah semua pengguna twitter yang bergabung pada spaces ini juga bisa ikut berbicara apabila diizinkan oleh kreator sehingga tingkat interaksi semakin tinggi dan mendekatkan hubungan satu sama lain.

Tidak hanya itu, pengguna twitter juga bisa menemukan berbagai twitter spaces yang tengah berlangsung dengan pemberitahuan yang berada di bagian atas halaman twitter.

start twitter space 1530x1536 1

Pengguna twitter bisa memuai twitter spaces dengan melakukan klik pada ikon + yang berada di bagian kiri bawah halaman twitter kemudian memilih fitur twitter spaces.

Jangan lupa untuk menambahkan judul twitter spaces agar semakin banyak orang yang bergabung serta menyimpan dan mengunduh isi pembicaran siaran langsung sehingga orang lain yang tidak bisa bergabung juga bisa mendengarkannya kembali.

Dalam mengadakan siaran langsung ini, pengguna twitter yang memulai spaces memiliki kontrol penuh dalam acara ini dimana anda bisa mengundang 10 orang untuk bergabung menjadi pembicara, anda juga bisa melakukan menghilangkan atau mendiamkan pembicara selama acara siaran langsung.

Tidak hanya itu, agar siaran yang anda adakan diikuti oleh lebih banyak pengguna twitter maka anda bisa mempromosikannya melalui tweet atau mengirim pesan langsung ke beberapa orang untuk bergabung pada siaran yang anda lakukan.

Anda juga bisa melakukan promosi twitter spaces sebelum acara berlangsung dengan membagikan postes dan membagikan tweet tersebut agar pengikut anda bisa mengikuti acara tersebut di waktu yang telah ditentukan.

Di sisi lain, jika anda ingin mendapatkan keuntungan dari sesi siaran langsung maka anda bisa mengadakan ticketing twitter space dimana hanya beberapa orang tertentu yang telah membayar tiket dan diundang pada acara siaran langsung tersebut dapat mengakses dan mendengarkannya.

Sayangnya, ticketing twitter space ini masih dalam uji coba sehingga pengguna twitter perlu menunggu waktu sebelum fitur ini diluncurkan oleh twitter.

Sumber :

New Twitter Features: Upcoming Twitter Updates and Features – Interhacktives

5 Awesome Twitter Features You Need to Use NOW! (nealschaffer.com)

8 Twitter Marketing Features for Business : Social Media Examiner

Help Center (twitter.com)

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *