pexels lukas 590016 1

12 Ide Konten Marketing Untuk Media Sosial

Kehabisan ide konten marketing yang menarik perhatian konsumen? Beberapa ide berikut akan membantu anda untuk membuat postingan media marketing yang menarik minat pengguna media sosial.

Bagi anda yang selalu berkutat pada pembuatan content marketing untuk sosisal media, tentunya anda pernah mengalami kebingungan dalam membuat konten yang menarik untuk pengikut yang anda miliki.

Pembuatan konten marketing sendiri membutuhkan strategi yang tepat sebelum dibuat ke dalam rancangan kalender konten serta diunggah ke akun media sosial untuk dinikmati oleh pengguna sosial media atau pengikut anda.

Karenanya, berikut beberapa ide konten marketing yang bisa digunakan untuk berbagai platform digital serta kebutuhan promosi yang dimiliki.

ide konten marketing

12 Ide Konten Marketing

Sedang bingung mencari ide konten marketing hingga menghabiskan waktu untuk beralih dari satu akun ke akun sosial media lainnya?

Bila ini sedang terjadi kepada anda, maka inilah pertanda anda memerlukan ide konten marketing yang segar dan bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan social media marketing.

Berikut 12 ide konten marketing yang bisa anda gunakan di akun sosial media yang anda miliki :

Promosi Konten Social Media

Saat mengunggah konten marketing di sosial media, mungkin saja pengikut anda sedang tidak memerhatikan akun anda atau tanpa sengaja melewatkannya karena kesibukan yang dimiliki.

Karenanya untuk mempromosikan konten marketing yang telah anda unggah maka kreator bisa mempromosikannya melalui postingan story.

Hal ini dilakukan mengingat unggahan konten story selalu berada di bagian atas akun instagram seseorang sehingga mudah diakses dibandingkan dengan konten foto di instagram feed atau video pendek di instagram reels.

Apabila anda ingin mempromosikan konten marketing di story, maka anda bisa melakukan capture konten kemudian mengunggahnya di postingan story sambil menutupi postingan tersebut dengan stiker instagram story.

Kreator juga bisa menambahkan berbagai tambahan stiker yang dapat membuat pengikut anda penasaran dan membuka konten yang telah anda unggah sebelumnya. Strategi konten tersebut dapat membantu meningkatkan engagement konten ke pengikut yang anda miliki.

Namun jika anda ingin mempromosikan konten marketing yang ada di website atau platform media sosial lain yang anda miliki maka kreator bisa menggunakan fitur link stiker dimana anda bisa memasukkan link postingan media sosial yang dapat membawa pengikut anda ke halaman website yang anda inginkan.

Strategi satu ini bisa dilakukan untuk promosi produk yang baru anda rilis di akun market place atau mempromosikan artikel yang telah anda unggah di website atau blog perusahaan anda.

Tidak hanya itu, kreator juga bisa mempromosikan konten marketing melaui boost post, dimana unggahan anda akan dipromosikan melalui iklan berbayar dengan pilihan audiens yang sesuai kriteria.

Pemilihan target konsumen tersebut tentunya akan membuat promosi anda semakin sukses dan dilihat oleh konsumen yang anda inginkan.

Bagikan Konten dari Pengikut Anda

Bagi sebuah brand yang terkenal dan memiliki banyak pelanggan biasanya akan memiliki banyak pengikut yang tentunya aktif mempromosikan produk yang dimiliki secara sukarela di akun media sosial yang dimiliki.

Banyaknya penggemar yang melakukan tag akun sosial media anda tentunya bisa anda gunakan sebagai konten marketing serta media pemasaran yang efektif.

Hal ini dikarenakan calon konsumen yang tengah mengunjungi akun sosial media anda tertarik dengan partisipasi dan ulasan cuma-cuma yang diberikan oleh pembeli anda sehingga menjadi daya tarik untuk membeli produk yang anda miliki.

Cara mengunggah konten dari konsumen pun bermacam-macam, jika konsumen anda mengunggah konten melalui postingan story maka anda bisa membagikan dengan melakukan capture konten tersebut kemudian mengunggah kembali di akun sosial media yang anda miliki.

photo1658978141

Salah satunya yang dilakukan oleh akun @mamabearid yang mengunggah kembali konten testimoni yang diberikan oleh konsumennya untuk memikat pengikut yang mengikuti konten story yang telah diunggah.

Anda juga bisa menyimpan unggahan konten testimoni dari konsumen pada satu tempat khusus, seperti highlight instagram story sehingga bisa dibuka oleh pengunjung akun instagram anda saat konten story anda telah habis.

Kreator juga bisa mencari unggahan konten dari konsumen dengan berbagai cara, seperti mencari nama produk atau brand anda di berbagai akun sosial media serta mengaktifkan fitur tag akun di akun sosial media yang anda miliki, sehingga anda bisa menemukan testimoni konsumen dengan mudah dan cepat.

Anda juga bisa menemukan konten ulasan konsumen dari hashtag yang anda taruh di kolom profil, sehingga konsumen dapat menggunakannya setiap mereka mengulas produk yang anda miliki.

Bagikan Berita Mengenai Perusahaan Anda

Perusahaan atau brand anda baru saja mendapatkan penghargaan bergensi? Tentunya berita bahagia tersebut bisa anda bagikan ke berbagai akun sosial media yang anda miliki.

Dengan membagikan berita bahagia tersebut ke internet, tentunya akan membantu meningkatkan brand awareness dari produk yang anda jual di mata konsumen sehingga dapat menaikkan kepercayaan pembeli.

Tidak hanya itu, pembeli setia anda tentunya ikut bahagia dengan kabar tersebut sehingga bisa membagikan berita tersebut ke akun sosial media yang mereka miliki.

photo1658978745

Strategi konten marketing tersebut juga telah dilakukan oleh akun @lorealindonesia yang membagikan prestasi dari brand yang dimiliki dalam bentuk konten media sosial yang mendapat sambutan hangat dari pengikut dan konsumen yang dimiliki.

Anda juga bisa membagikan berita mengenai pencapaian brand anda yang diliput oleh media tertemuka untuk meningkatkan kepercayaan konsumen.

Bagikan Konten Blog

Dalam melakukan promosi di dunia maya tentunya kreator tidak hanya mengandalkan sosial media marketing, namun juga bisa menggunakan website atau blog.

Penggunaan website sendiri bisa dipakai untuk melakukan proses jual beli antara penjual dan pembeli dengan aman melalui platform yang telah disediakan.

Keberadaan website juga menguntungkan bagia sebuah brand atau usaha yang menyediakan produk berupa layanan dimana konsumen bisa mengaksesnya layanan tersebut melalui website yang dimiliki.

Tidak hanya itu, kreator juga bisa mengisi halaman website anda dengan konten artikel yang berisi ulasan produk, manfaat produk, masalah konsumen, serta kandungan yang dimiliki oleh produk yang anda jual.

Dengan mengunggah konten artikel yang variatif serta aktif, maka dapat meningkatkan brand awareness serta mengenalkan produk dan brand anda melalui konten edukais yang dapat membuka wawasan pembacanya.

photo1658979421

Promosi konten marketing berupa unggahan blog ini juga dilakukan oleh akun twitter @blogdokter yang membagikan postingan artikel melalui konten tweet sehingga menarik minat pengikut yang dimiliki untuk membaca artikel yang dibagikan.

Namun, jika anda ingin membagikan konten blog harian, maka anda bisa membagikannya melalui konten story dimana anda bisa mencantumkan link artikel anda melalui stiker link sehingga mudah diakses oleh penonton story.

Selain itu, anda juga bisa mempromosikan link website anda melalui bio instagram yang bisa diakses oleh pengunjung akun instagram atau konsumen anda dengan mudah dan efektif.

Konten Instagram Reels

Kepopuleran video pendek menjadi fenomena baru bagi pengguna social media, dimana banyak orang kini lebih banyak menghabiskan waktu untuk melihat konten video pendek di tiktok, instagram, atau youtube.

Ketenaran konten video pendek juga bisa digunakan oleh kreator untuk mempromosikan produk dan brand yang dimiliki melalui konten marketing dengan instagram reels.

Hal ini dikarenakan konten reels menjangkau penonton yang lebih luas dan sesuai dengan minat tertentu sehingga dapat menyasar konsumen yang sesuai.

Tidak hanya itu, instagram reels juga memiliki berbagai fitur tambahan, seperti pilihan lagu viral yang bisa anda sematkan di video pendek yang akan anda unggah.

Di sisi lain, dalam membuat konten instagram reels, maka kreator bisa melakukannya dengan dua cara, yakni mengikuti trend yang sedang naik daun serta memberikan ciri khas dari konten marketing dari akun instagram.

Strategi ini juga dilakukan oleh akun @annathephotos yang mengunggah konten reels menggunakan lagu yang sedang viral sehingga dapat menjangkau penonton instagram yang lebih luas.

Tidak hanya itu, anda juga bisa mengunggah konten reels menggunakan ide konten marketing yang anda miliki sehingga memberikan ciri khas sendiri serta mudah dikenali oleh konsumen dan pengikut instgaram anda.

Salah satunya yang dilakukan oleh akun @deasyfillah dimana anda bisa melihat kreasi make up yang dilakukan oleh kreator sehingga memudahkan penonton untuk mengenali layanan yang dijual meskipun belum pernah melihat akun tersebut sebelumnya.

Bagikan Foto yang Estetik

Sebagai social media yang mengusung konsep estetik dan visual, maka tidak mengherankan apabila banyak pengguna instagram yang sering membagikan foto dengan konsep yang estetik guna menarik perhatian penonton.

Kreator juga bisa membagikan konten estetik dengan tema tertentu menggunakan produk yang anda miliki, sehingga tidak hanya menyegarkan mata pengguna instagram namun menjadi daya tarik bagi konsumen untuk membeli produk yang telah dijual di pasaran.

photo1658981644

Cara ini dilakukan oleh akun @uniqloindonesia yang membagikan foto produk dengan konsep yang estetik sehingga enak untuk dipandang serta dapat dijadikan inspirasi OOTD untuk kegiatan sehari-hari.

Tidak hanya itu, agar konsep estetik di konten marketing menjadi lebih relevan maka anda memadukan dengan tema di bulan tertentu sehingga bisa menjadi inspirasi berbusana bagi konsumen.

Penggunaan konten estetik sendiri tidak hanya bisa diunggah di instagram feed, namun instagram story sehingga konsumen hanya bisa melihat pada waktu-waktu tertentu saja.

Tips ini bisa dilakukan untuk menaikkan jumlah kunjungan ke profil instagram anda yang berasal dari pengikut yang tidak ingin ketinggalan konten estetik yang telah anda unggah.

Bagikan Aktivitas Komunitas

Jutaan penggemar yang tersebar di berbagai daerah tentunya bisa anda manfaatkan untuk promosi word of mouth sehingga dapat meningkatkan kepercayaan seseorang terhadap produk anda secara maksimal.

Karenanya, apabila anda memiliki komunitas yang aktif tersebar di berbagai daerah maka anda bisa membagikan kegiatan komunitas tersebut menjadi konten marketing yang menarik perhatian serta meningkatkan brand awareness.

Anda bisa memulai dengan membuat akun instagram khusus komunitas dimana anda bisa aktif membuat konten interaksi dengan konsumen anda sehingga tertarik untuk mengikuti kegiatan yang anda adakan.

Semakin konsisten kegiatan yang anda lakukan maka akan sebanyak banyak konsumen yang berminat untuk mengikuti kegiatan yang anda adakan untuk mendukung proses promosi yang efektif.

photo1658982098

Salah satunya yang dilakukan oleh akun @honda.community, dimana klub yang diikuti oleh penggemar brand Honda tersebut saling berkumpul dan mengadakan kegiatan yang berfaedah serta sharing session sehingga menimbulkan rasa setia pada produk tersebut.

Keberadaan konten marketing berupa aktivitas konsumen juga dapat membantu untuk menampilkan anggota komunitas anda serta mengajak lebih banyak konsumen untuk bergabung pada grup yang anda miliki.

Bagikan Kegiatan Staff Perusahaan

Orang-orang yang telah lama mengikuti perkembangan produk dan brand anda pastinya memiliki rasa penasaran pada kegiatan yang dilakukan oleh staff yang anda miliki untuk membangun produk yang disukai oleh semua orang.

Karenanya sebagai variasi konten marketing, maka anda bisa menunjukkan kegiatan yang dilakukan oleh staff anda dalam mengembangkan produk tertentu serta promosi campaign yang dilakukan.

Pemberian konten marketing berupa kegiatan staff perusahaan akan memberikan pandangan baru bagi konsumen anda sehingga memiliki ikatan dengan produk yang anda miliki.

photo1658982700

Kegiatan mengunggah foto atau video kegiatan staff perusahaan juga dilakukan oleh akun @lifeatshopee, dimana brand marketplace tersebut membagikan kegiatan dari staff yang dimiliki dalam menyambut event tertentu.

Konten Foto Produk

Salah satu tujuan membuat akun sosial media adalah mempromosikan produk yang dimiliki ke jangkauan yang lebih luas sehingga dapat membantu untuk meningkatkan penjualan.

Karenanya penting bagi kreator untuk rajin mengunggah konten marketing berupa foto produk disela-sela melakukan interaksi dengan konsumen yang dimiliki.

Hal ini dilakukan untuk memberi tahu kepada pengikut anda mengenai produk yang dijual serta perilisan barang baru pada musim-musim tertentu.

photo1658984400 1

Salah satunya yang dilakukan oleh akun @mayoutfit yang mengunggah foto produk yang dimiliki dalam konten foto sehingga memudahkan konsumen untuk melihat detail barang yang dijual sebelum memutuskan untuk membeli produk yang dipromosikan.

Dalam mengunggah foto produk, pastikan juga anda memberikan resolusi foto terbaik agar menarik perhatian konsumen saat melihat barang yang anda jual.

Anda juga bisa mengkolaborasikan dengan tambahan aksesoris lain agar hasil foto anda menjadi lebih keren dan sedap dipandang mata.

Konten Game

Dalam membangun hubungan dengan konsumen dan pengikut instagram yang dimiliki, tentunya anda memerlukan konten marketing yang dapat membuat pembaca mengomentari atau melakukan interaksi dengan postingan yang telah anda unggah.

Salah satu jenis konten interaksi yang bisa anda coba adalah konten game dimana anda mengunggah konten yang berisi pertanyaan dan bisa dijawab oleh konsumen anda.

Konten game tersebut bisa anda unggah pada instagram carousel untuk mengunggah beberapa foto sekaligus sehingga anda dapat menghasilkan interaksi yang lebih banyak.

Namun, jika anda menginginkan interaksi yang lebih mudah dan cepat, maka bisa memanfaatkan fitur instagram story dimana anda bisa mengunggah pertanyaan dan jawaban yang bisa dipilih oleh konsumen melalui fitur polling.

Konten Challenge

Guna membangun interaksi dengan konsumen atau pengikut social media maka anda juga bisa membuat konten challenge untuk membangun interaksi dan kedekatan serta promosi campaign.

Pada penggunaan konten challenge untuk interaksi dalam jangka waktu panjang, maka anda juga bisa mengunggah konten challenge dimana anda bisa meminta konsumen untuk menggunakan produk anda dalam jangka waktu tertentu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Sebuah challenge yang meminta konsumen untuk mengunggah foto atau video penggunaan produk sambil melakukan tag akun instagram brand, tentunya akan menghasilkan engagement dalam waktu panjang.

photo1658990183

Salah satunya yang dilakukan oleh akun @parentstogether yang mengunggah #30dayschallenge aktivitas untuk anak dan orang tua di luar ruangan saat masa liburan.

Penggunaan konten challenge ini juga bisa digunakan sebagai kontes giveaway, dimana konsumen yang rutin melakukan tantangan tersebut setiap hari disertai dengan caption dan konten yang menarik serta engagement yang tinggi akan mendapatkan hadiah yang menggiurkan.

Namun untuk promosi konten challenge tersebut maka anda bisa melakukan kolaborasi dengan influencer yang disukai oleh konsumen anda untuk mendapatkan jumlah kontestan yang lebih banyak serta mempromosikan tantangan tersebut ke pengguna social media yang lebih luas.

Anda juga bisa menggunakan branded hashtag khusus yang bisa digunakan oleh pengikut anda dan anda pasang di bio social media sehingga bisa dibuka kapan saja serta menginformasikannya ke pengguna sosial media yang tertarik pada challenge tersebut.

Sedangkan, jika anda ingin menggunakan konten challenge untuk promosi campaign maka bisa mengunggah branded hashtag challenge dengan beberapa kegiatan tertentu.

Konten challenge untuk promosi campaign sendiri sudah sering ditemukan di akun tiktok, dimana sebuah brand meminta pengguna tiktok untuk melakukan dance atau kreasi yang diunggah menggunakan brand hashtag challenge.

photo1658990910 1 1

Strategi ini dilakukan oleh brand Loreal yang bekerja sama dengan tiktok untuk mengadakan kompetisi tata rias dan perawatan tubuh menggunakan produk yang dijual oleh Loreal.

Semakin unik dan kreator konten yang dibuat serta banyaknya interaksi yang di dapatkan tentunya akan membuka peluang untuk menjadi salah stau pemenang.

Konten brand challenge yang dilakukan di tiktok ini dinilai efektif untuk promosi campaign berkat antusiasme kreator tiktok untuk membuat berbagai konten yang berkaitan dengan challenge tertentu.

Sehingga tidak mengherankan apabila banyak brand terkenal atau sedang berkembang mempromosikan produk yang dimiliki melalui tiktok challenge agar lebih mudah terkenal.

Konten Testimoni

Banyaknya akun instagram yang menjual dan promosi produk di sosial media, membuat banyak orang akhirnya memutuskan untuk mencari produk tertentu di instagram atau tiktok sebelum beralih ke website market place.

Saat menemukan akun instagram yang menjual produk yang anda sukai dengan harga yang bersaing, tidak jarang anda akan menemukan keraguan karena kurangnya ulasan konsumen di akun instagram tersebut.

Karenanya penggunaan testimoni produk dari konsumen sangat penting untuk membangun kepercayaan calon konsumen yang mengunjungi akun instagram anda.

Konten testimoni tersebut bisa di dapatkan dengan berbagai cara, seperti melihat tag akun instagram yang menyertakan anda, membuka kolom ulasan di akun market place, atau mencari nama brand dan produk anda di sosial media.

Penemuan ulasan tersebut nantinya bisa anda unggah kembali di akun sosial media anda untuk meningkatkan kepercayaan konsumen sebelum membeli produk yang anda jual.

Tidak hanya itu,ulasan konsumen juga akan membantu anda untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan sehingga akan memberikan hasil yang maksimal dan dapat membuat konsumen kembali ke brand anda.

Keuntungan lain dari mengunggah konten testimoni secara konsisten melalui instagram story atau feed adalah memancing lebih banyak pembeli yang mengulas produk anda secara mandiri sehingga memudahkan bagi anda untuk mendapatkan ulasan produk dari konsumen.

Anda juga bisa menggunakan branded hashtag khusus dimana konsumen bisa mengulas produk anda yang kemudian diunggah melalui tagar tertentu yang mudah diakses oleh pengguna sosial media lainnya.

photo1658991952

Cara ini juga dilakukan oleh akun @jelitacosmetics_ yang mengunggah kembali ulasan konsumen di instagram story sehingga mudah dibaca oleh orang lain.

Sumber :

25 Social Media Content Ideas to Level Up Your Strategy (later.com)

10 Social Media Content Ideas to Delight Customers (hubspot.com)

29 Social Media Content Ideas and Examples for Brands (hootsuite.com)

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.