pexels jess bailey designs 1558691

Cara Cepat Membuat Kalender Konten Social Media

Rencanakan postingan social media secara efektif dengan menggunakan kalender konten social media yang telah terjadwal dengan baik.

Apakah anda sedang mencari cara untuk menyederhanakan konten social media, perencanaan, serta tugas lainnya? Jika itu masalah anda, maka penggunaan kalender konten sangat cocok untuk memaksimalkan strategi konten secara maksimal.

Kabar baiknya, anda juga bisa membuat kalender konten untuk memulai proses unggahan social media, yang tentunya akan menghemat waktu dan energi.

DI sisi lain, banyak platform yang telah menyediakan layanan atau template kalender konten yang bisa anda gunakan secara gratis.

Pada artikel ini, anda dapat mempelajari cara membuat kalender konten sesuai dengan kebutuhan yang sesuai.

kalender konten social media

Apa Itu Kalender Konten Social Media

Kalender konten merupakan tipe dokumen yang digunakan untuk merencanakan desain, kreasi konten, serta jadwal unggah postingan di waktu yang telah ditentukan.

Pemakaian kalender konten bisa saja dimanfaatkan untuk berbagai jenis perencanaan konten social media, pengembangan blog, serta tim editor.

Sehingga kalender konten tersedia di berbagai format, seperti : spreadsheets, aplikasi kalender, serta website social media manager.

Tidak hanya itu, kalender konten social media juga memiliki beberapa detail, diantaranya adalah :

  • Topik konten,
  • Kategori konten,
  • Waktu penjadwalan konten,
  • Status.
  • Campaign.
  • Saluran untuk mengunggah konten tertentu.
  • Link yang dimasukkan ke beberapa postingan.KzAns60wRwyhD1eRuuPq

Mengapa Harus Membuat Kalender Konten Social Media

Apabila anda ingin menggunakan konten social media untuk mengembangkan bisnis anda, maka membuat kalender konten merupakan sebuah kewajiban.

Hal ini sama dengan content creators yang ingin memberikan pengaruh pada komunitasnya, dimana anda tidak hanya membuat strategi konten, namun menguatkan optimasi kata kunci, serta tahap-tahap yang harus dilakukan dalam membuat dan mengunggah konten social media.

Di sisi lain, menjalankan sebuah blog atau website merupakan sebuah kerja keras, dimana anda memiliki rencana yang serasa tidak berhenti, ditambah anda harus berkompetisi dengan blog atau website lain yang membahas topik yang sama.

Tidak hanya itu, pembuatan artikel untuk blog juga memerlukan strategi konten yang tepat, agar postingan anda menempati bagian atas halaman pertama Google sehingga dapat meningkatkan brand awareness.

Hal ini juga terjadi pada social media marketing, yang mungkin orang lain melihatnya hanya mengunggah konten secara acak, tapi itu tidak berlaku pada akun social media brand, dimana anda harus mengunggah konten sesuai dengan kebutuhan.

Sehingga sebagai seorang content creator atau manager social media, anda juga harus memikirkan ROI yang dapat diterima hampir di seluruh aktivitas, serta memikirkan postingan social media secara hati-hati, melihat konten dari sudut yang kreatif, serta memastikan postingan anda sudah sesuai tujuan yang ditetapkan oleh bisnis anda.

Dalam pengembangan berbagai akun social media, sehingga jika anda membuat kalender konten social media, maka anda bisa memastikan semua rencana telah berjalan dengan lancar serta diunggah di waktu yang telah ditentukan.

Namun, jika anda menjalankan akun social media dan blog sendirian, penggunaan kalender konten dapat membantu dalam menganalisa jangkauan konten anda yang telah tersampaikan ke konsumen yang tepat.

Selain beberapa alasan di atas, berikut pentingnya membuat kalender konten social media untuk kebutuhan sehari-hari.

Mengelompokkan Konten Social Media yang Berkaitan

Salah satu keuntungan terbesar dari menggunakan kalender konten adalah kemampuan dalam mengelompokkan konten yang saling berkaitan.

Hal ini akan memudahkan apabila anda kesulitan dalam mencari inspirasi pada topik tertentu, sehingga anda memerlukan waktu yang lebih lama untuk mencari ide yang menarik, atau mungkin saja anda menemukan artikel lawas yang perlu diperbarui.

Sehingga memiliki kalender konten merupakan cara yang tepat untuk tetap membuat konten secara urut dengan topik yang telah ditentukan sebelumnya.

Kalender konten juga memastikan bahwa anda tidak ketinggalan hal penting yang mungkin terlupakan saat akan membuat dan menggunggah konten. 

Anda juga bisa menulis beberapa inspirasi yang dapat dikembangkan setelahnya, sehingga anda tidak perlu memilih ide konten secara acak dan terburu-buru.

Tidak hanya itu, anda juga bisa mengecek tugas atau konten yang mungkin terlewatkan, sehingga anda tidak melewatkan waktu unggah konten.

Kelebihan lainnya adalah anda akan mendapatkan pemberitahuan apabila tim anda sudah menyelesaikan tugas tertentu, dengan begitu anda bisa langsung melakukan revisi atau menjadwalkan konten di website social media manager.

Kolaborasi dengan Anggota Lainnya

Dalam pengembangan beberapa akun social media, sebuah brand yang telah memiliki banyak konsumen biasanya memiliki sebuah tim khusus yang dapat membantu dalam analisa konten, pembuatan konten, serta interaksi dengan konsumen di social media.

Sehingga anda memerlukan wadah khusus bernama kalender konten yang dapat membantu dalam produksi konten.

Kemudahan dalam mendistribusikan tugas antar tim juga dapat membantu dalam melihat siapa saja yang sedang bekerja atau sudah menyelesaikan tugas yang diberikan.

Dengan tools yang tepat, maka anda juga bisa menggunakan platform kalender konten sebagai media komunikasi antar tim, sehingga mengurangi salah paham saat mengerjakan campaign tertentu.

Hal ini merupakan cara yang tepat untuk melakukan kolaborasi dengan semua orang di satu tempat untuk mencapai tujuan konten yang diinginkan.

Membuat Konten yang Terjadwal

Keunggulan lainnya dari menggunakan platform kalender konten adalah anda mendapatkan pengingat apabila belum mengunggah atau menyelesaikan konten tertentu.

Tidak hanya itu, apabila terdapat hari perayaan khusus, maka anda bisa mempersiapkan campaign atau konten yang akan diunggah pada tanggal tersebut.

Di sisi lain, pengingat yang memberitahukan anda pada detik-detik terakhir akan membuat anda kesulitan dalam membuat strategi konten yang tepat, serta memungkinkan timbulnya kesalahan yang tidak disadari.

Karenanya anda memerlukan kalender konten yang akan membantu anda dalam merencanakan momen-momen relevan yang akan terjadi di masa depan.

Anda juga bisa memberikan tanda pada hari-hari penting atau menganalisa ulang pesan yang disampaikan sebelum diunggah.

Memudahkan Penyesuaian Konten

Sebuah kalender konten akan membantu anda untuk memvisualisasikan bagaimana konten selanjutnya akan didistribusikan pada waktu yang telah ditentukan.

Hal ini juga akan membantu anda dalam melakukan evaluasi apabila ada ketidakaturan dalam merencanakan konten tertentu, sehingga anda dapat dapat melakukan penyesuaian dan mengoptimalkan strategi publikasi anda.

Contohnya adalah apabila anda memiliki dua artikel blog yang memiliki topik yang sama persis, maka anda bisa menentukan untuk menggabungkannya menjadi satu atau memisah konten dengan infografis yang berbeda.

Dalam hal ini, anda mungkin saja akan mengunggah konten secara terpisah dibandingkan mengunggah konten di waktu yang bersamaan dan membuat konsumen bingung.

X1oAC2fDQpCHj64gC3Wu

Contoh Kalender Konten Social Media

Bingung memilih kalender konten yang sesuai dengan kebutuhan? Berikut beberapa contoh kalender konten yang bisa anda buat sesuai keinginan.

Kalender Konten Untuk Blog

Apabila anda memiliki halaman blog atau website, tentunya anda memerlukan perencanaan konten untuk membuat atau mengunggah artikel yang sesuai dengan konten social media.

Dengan menyamakan antaran konten social media dengan artikel di blog, akan membantu promosi blog yang lebih maksimal, sehingga dapat meningkatkan jumlah kunjungan serta membuat halaman anda masuk ke halaman teratas google..

Anda bisa membuat template untuk merencanakan konten blog mingguan, bulanan, atau tahunan.

Penambahan beberapa informasi penting seperti rekomendasi judul artikel, header, serta kaya kunci yang akan digunakan.

Pemberian kolom kategori juga akan membantu anda dalam melihat apakah kata kunci anda sudah efektif atau perlu dirubah ulang.

Kalender Konten untuk Email Marketing

Beberapa tahun lalu, mungkin anda sering menerima pesan broadcast yang berisi promosi produk atau diskon tertentu.

Namun, hal ini sudah semakin ditinggalkan dan diganti dengan email marketing yang dikirimkan ke konsumen yang mengisi data diri di kolom konsumen.

Akan tetapi, dalam pengiriman email marketing ke konsumen, anda juga memerlukan strategi yang tepat agar konten anda tidak terkesan mengganggu atau mengirimkan email promosi yang salah.

Sehingga anda dapat menggunakan kalender konten untuk email marketing untuk merencanakan konten sebelum anda mengirimnya ke konsumen anda, serta menaruh beberapa detail yang penting, seperti segmen pasar, produk yang dipromosikan,serta tawaran tertentu.

Kalender Konten untuk Social Media

Sebagai seorang marketer, tentunya anda akan mengelola beberapa akun social media untuk memaksimalkan promosi brand atau produk yang anda kembangkan.

Namun, banyaknya akun yang anda miliki akhirnya menyebabkan anda kesulitan dalam menentukan konten yang akan diunggah, platform yang digunakan, serta konsumen yang ingin anda tuju.

Sehingga untuk mengatasi masalah ini, anda bisa menggunakan kalender konten yang dapat membantu anda mengidentifikasi konten secara maksimal, serta memastikan anda mengunggah konten di saluran yang tepat.

Tidak hanya itu, anda juga bisa menggunakan kalender ini untuk menentukan tipe konten yang akan anda gunakan untuk informasi yang berbeda-beda.

1QwjuXr6RKika6HbvWwa

Cara Membuat Kalender Konten Social Media

Saat membuat kalender konten, anda pastinya akan membuat beberapa tabel yang sesuai dengan kebutuhan social media.

Berikut beberapa fitur yang sebaiknya anda masukkan ke dalam kalender konten social media :

Timeframe

Bagian awal yang bisa dilakukan dalam membuat kalender konten adalah menentukan seberapa jauh rencana konten anda, apakah anda ingin membuatnya selama sebulan, kuartal, atau tahunan.

Dalam pembuatan kalender konten, anda sebaiknya menentukan waktu untuk durasi sebulan, sehingga akan memudahkan anda untuk mengetahui konten yang perlu diubah, dipindah, dan ditambahkan pada akun anda selama sebulan.

Tidak hanya itu, campaign promosi biasanya berbeda-beda setiap bulannya, sehingga anda perlu mengetahui konten mana yang sebaiknya anda simpan atau digunakan di waktu yang akan datang.

Marketing Channel 

Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah menentukan saluran social media yang akan digunakan untuk beberapa jenis konten.

Hal ini dilakukan agar konten anda tidak tertukar dengan platform lain, mengingat setiap social media memiliki kebiasaan yang berbeda.

Kalender konten juga dapat membantu anda dalam mendistribusikan konten secara konsisten dan merata di seluruh saluran pemasaran anda, sehingga memungkinkan untuk menjaga interaksi dnegan konsumen anda.

Selain itu, anda juga akan menyesuaikan konten yang berbeda di setiap saluran pemasaran, serta menyertakan saluran yang berbeda, termasuk :

  • Konten blog dan website.
  • Saluran social media.
  • Email marketing.

Topik 

Setelah menentukan saluran yang akan digunakan, maka inilah saatnya untik memetakan topik yang sesuai dengan konten anda.

Hal ini dilakukan agar anda tetap berpegang pada masalah yang dialami oleh konsumen, serta konsisten dengan brand messaging yang ingin anda sampaikan.

Untuk melakukan pemilihan topik, maka anda bisa menggunakan Topic Research Tools yang dimiliki oleh platform Semrush untuk menemukan potensi topik untuk kalender konten anda.

Caranya adalah dengan memasukkan target keywords ke fitur tersebut dan anda akan disajikan berbagai topik populer dengan potensi kata kunci yang tinggi dan bisa anda gunakan untuk konten artikel atau social media.

Events

Dalam waktu satu tahun, pastinya anda akan menemukan hari atau event khusus yang bisa anda gunakan untuk promosi produk dan brand secara efisien.

Salah satu contohnya adalah hari raya lebaran, natal, atau tanggal kembar yang bisa digunakan untuk event-event tertentu.

Pastikan juga anda merencanakan untuk event tertentu yang telah disesuaikan pada waktu tertentu.

Anda mungkin tidak melakukan promosi di berbagai tanggal tersebut, namun pastikan untuk melakukan pendataan agar anda dapat mengunggah konten yang sesuai dengan momen tersebut.

Schedule 

Seberapa sering anda mengunggah konten social media? Frekuensi mengunggah konten sebaiknya dilakukan sesering mungkin untuk menjaga interaksi dengan konsumen anda, namun pastikan juga tidak terlalu banyak agar konsumen tidak merasa bosan.

Tetapkan setiap tanggal postingan dan waktu publikasi menggunakan kalender konten untuk melacak postingan ini, sehingga anda dapat meninjau seberapa sering anda mengunggah konten instagram di setiap hari atau minggu.

Namun, jika anda baru membuat akun social media, maka biasanya anda akan mengunggah beberapa konten dalam satu bulan, namun intensitas tersebut akan bertambah seiring dengan bertambahnya pengikut baru serta interaksi.

Waktu Aktif Konsumen 

Dalam mengunggah konten social media, mungkin anda akan memilih waktu sesuka hati tanpa memedulikan waktu aktif konsumen.

Sayangnya cara ini sebaiknya diubah dengan mengunggah konten di waktu aktif konsumen.

Hal ini dilakukan agar postingan anda dinaikkan saat konsumen memulai aktif di social media, agar konten anda mendapatkan perhatian lebih.

Dalam menentukan waktu aktif konsumen, maka anda bisa mengeceknya di instagram insight yang menyediakan informasi tersebut.

Waktu aktif konsumen akan menghitung waktu konsumen anda mengakses sosial media berdasarkan interaksi dan kegiatan yang dilakukan di akun social media anda.

Namun, jika anda baru membuka akun social media dan belum mendapatkan informasi tersebut, maka waktu-waktu berikut bisa anda gunakan :

  • Facebook : Jam 13.00 atau 14.00
  • Twitter : Jam 02.00-10.00 
  • Linkedin : Jam 10.00-11.00
  • Instagram : Antara Jam 08.00 dan 14.00

Anda juga bisa menggunakan beberapa website social media manager seperti Hootsuite atau Sprout Social.

Kedua social media manager tersebut bisa digunakan untuk membangun, merencanakan, atau melihat unggahan konten anda tanpa perlu masuk ke aplikasi social media.

Beberapa website tersebut juga telah bisa digunakan untuk berbagai platform social media terkenal, seperti Instagram, Facebook, Twitter, Tiktok, sehingga memudahkan anda dalam bekerja.

Audit Konten Sebelumnya

Guna memanfaatkan kalender konten, maka penting untuk mengaudit konten social media yang telah anda unggah sebelumnya dan memahami kinerja konten tersebut dalam menjangkau konsumen serta memancing interaksi dengan pengikut anda.

Kegiatan tersebut juga akan menjadi penentuan apakah jenis konten tersebut bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama atau menggantinya dengan tipe postingan lainnya yang sekiranya sesuai dengan keinginan konsumen.

Anda juga bisa melihat kesenjangan dalam pembuatan atau penyaluran konten social media.

Salah satu contohnya anda lebih fokus pada platform instagram dibandingkan facebook, sehingga pengikut facebook anda kurang mendapatkan perhatian.

DI sisi lain, audit konten cenderung berfokus pada penilaian sampel konten, platform social media, serta aspek lainnya dalam membuat konten social media.

Dimana anda bisa mengindentifikasi tugas yang memiliki prioritas tinggi serta melakukan perbaikan yang lebih baik.

Kegiatan audit konten social media juga akan membantu dalam mengetahui platform social media yang memiliki kunjungan dan interaksi paling sedikit.

Tidak hanya itu, anda juga bisa mengidentifikasi konten social media yang sudah tidak relevan, sehingga perlu diganti dengan jenis konten yang sedang naik dan diminati oleh pengguna instagram.

Contohnya apabila konten foto di instagram feed memiliki interaksi dan jangkauan yang sedikit, maka anda bisa mengubahnya ke konten reels guna meningkatkan eksistensi akun sosial media anda.

Jadi, pastikan anda melakukan audit konten sosial media secara rutin, paling tidak seminggu atau sebulan sekali, untuk mengetahui kinerja postingan anda serta mengevaluasi konten dalam jangka waktu tertentu.

Ketahui Tujuan Anda

Saat melakukan perencanaan konten social media, biasanya akan diiringi dengan campaign tertentu, seperti meningkatkan brand awareness, penjualan produk, memperluas jangkauan akun social media, atau interaksi dengan pengikut anda.

Perbedaan tujuan ini tentunya akan mengubah isi, topik, serta jenis konten yang akan dirancang di kalender konten.

Perencanaan tersebut juga akan membantu dalam mengukur kesuksesan jangka panjang, serta merupakan cara terbaik untuk menghubungkan target konten ke tujuan bisnis anda secara keseluruhan.

Salah satu contohnya adalah apabila anda ingin meningkatkan optimasi kata kunci di artikel atau social media, membangun brand awareness, atau meningkatkan interaksi, maka anda harus memastikan anda memiliki tujuan yang jelas serta tidak menyianyiakan sumber daya anda berupa tools tambahan serta anggota tim yang anda miliki.

Analisa Kompetitor 

Dalam pembuatan strategi konten social media, anda tidak hanya mengukur kinerja serta pemilihan topik, namun anda juga perlu menganalisa performa kompetitor.

Hal ini dilakukan untuk mengetahui frekuensi unggah konten, waktu unggah konten, jenis konten yang digunakan, serta interkasi dengan konsumen.

Kegiatan analisa kompetitor akan memudahkan untuk menemukan ide konten yang berhasil serta menemukan cara praktis agar brand anda lebih menonjol dibandingkan kompetitor lain.

Referensi baru serta upaya kreatif dari tim social media akan menghasilkan ide konten yang menarik serta segar di Instagram.

Salah satunya apabila kompetitor anda menerbitkan infografis terbaru, maka anda bisa memanfaatkannya untuk membahas topik yang berbeda dengan jenis konten yang berbeda, seperti artikel, kuis, webinar, podcast, serta berbagai postingan lainnya,

Masukkan juga berbagai analisa pada konten yang dipublikasikan di berbagai platform, seperti social media, blog, atau situs website.

Identifikasi Jenis Konten 

Social media sendiri memiliki berbagai jenis fitur yang bisa digunakan untuk mengunggah konten sesuai dengan keinginan, seperti video pendek, foto, atau konten dengan jangka waktu tertentu.

Tipe konten yang berbeda-beda tentunya akan memberikan pebedaan dalam menaikkan interaksi dengan konsumen anda.

Karenanya penting untuk memilih tipe konten yang sesuai dengan keinginan konsumen guna menaikkan jangkauan serta interkaksi.

Buatlah konten yang menark bagi audiens tertentu untuk berbagai tujuan pemasaran anda, contohnya video atau artikel deskripsi produk dapat membantu dalam meningkatkan brand awareness.

Pastikan juga untuk melakukan brainstorming dengan tim pemasaran anda untuk menentukan konten yang sesuai.

Sumber :

https://www.upwork.com/resources/how-to-create-a-content-calendar

3 Content Calendar Examples for All Your Content Needs (semrush.com)

What Is a Content Calendar & How to Build One? (influencermarketinghub.com)

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.