4 5 2

Cara Baru Berjualan dengan Tiktok Shop : Keuntungan dan Tips Memulainya

Kenali lebih dalam mengani tiktok shop dan cara pengguanaan serta promosinya di artikel berikut.

Jika dahulu tiktok dikenal sebagai salah satu platform yang berisi challange dance atau lypsinc maka sekarang platform in mulai bergeser menjadi platform jual beli.

Melalui layanan terbarunya yang muncul di tahun 2021 ini tiktok mulai merambah sebagai alternatif baru market place dengan adanya Tiktok shop.

Pengguannya yang mudah dan juga berbagai promo yang ditawarkan menjadi tiktok shop diminati oleh banyak orang.

Hal ini juga menjadi daya tarik bagi banyak penjual mengingat keberhasilan promosi di tiktok yang tinggi menjadikan naiknya keuntungan.

Dibukanya tiktok shop juga menjadi peluang bagus bagi penjual untuk membuka keran pendapatan baru untuk online shop yang dimiliki.

Sebelum itu, ketahui dulu tips mudah promosi melalui akun tiktok dan juga cara membuka akun tiktok shop.

keuntungan tiktok shop

Keuntungan Menggunakan Tiktok Shop

Tiktok menjadi brand kedua yang meluncurkan layanan berbelanja melalui social media setlah Instagram jua berhasil meuncurkan InstagramShop yang tentunya disambut baik oleh penggunanya.

Tiktok shop kini menjadi salah satu tempat belanja baru bagi pengguna tiktok karena harganya yang lebih murah dibandingkan toko asli namun dengan kualitas yang sama.

Tak hanya itu, berbagai siaran langsung yang lewat di fyp recommend terkadang membuat pengguna tiktok tergiur dan akhirnya membeli produk tersebut melalui akun tiktok shop.

Promosi yang mudah tentunya membuat akun tiktok shop diminati oleh banyak pengguna dan penjual yang ingin memperluas pasarnya di tiktok shop.

Selain itu, terdapat berbagai keuntungan lainnya saat menggunakan tiktok shop yang bisa menjadi pertimbangan.

Memiliki Banyak Pengguna Aktif

Sebagainsalah satu platform social media terbesar tentunya tiktok memiliki banyak pengguna aktif yang selalu membuka tiktok dimana saja dan kapan saja.

Jumlah pengikut yang banyak dan aktif tentunya dimanfaatkan oleh banyak penjual baik dari brand besar atau UMKM yang mencoba untuk memasarkan produk yang dimiliki.

Hasilnya pun sukses besar mengingat banyaknya pelaku usaha yang mendapatkan banyak konsumen baru dari tiktok sehingga meningkatkan keuntungan penjualan yang dimiliki.

Banyaknya penjual yang menjai keutungan melalui tiktok menjadikan platform ini mulai membuka layanan jual beli bernama tiktok shop.

Melalui tiktok shop, baik penjual dan pembeli bisa melakukan transaksi jual beli dengan mudah dan cepat.

Tak hanya itu, melalui tiktok shop ini kreat pun bisa membuat konten yang kreatif yang mampu untuk menarik konsumen untuk membeli produk yang dijual.

Banyaknya pengguna tiktok yang memiliki minat yang berbeda tentunya menguntungkan penjual untuk menargetkan pembeli yang sesuai dengan produk yang dijual.

Adanya Tiktok Shop Seller University

Salah satu kegalauan yang dihadapi oleh pelaku usaha yang baru memulai berjualan adalah kebingungan untuk memulai proses promosi yang tepat dan sesuai dengan target konsumen.

Padahal dengan mengetahui strategi pemasaran yang tepat tentunya akan membantu untuk meningkatkan penjualan sehingga keuntungan yang lebih banyak bisa lebih cepat digapai.

Untung saja, hal ini tidak akan dialami oleh pelaku usaha yang memulai berjualan di tiktok shop.

Hal ini dikarenakan tiktok sendiri membangun platform khusus dengan nama Tiktok Shop Seller University.

552B5CCC 0592 4DBD A810 3541C5FC4CC4

Di tempat inilah penjual akan di bantu untuk memulai bisnis di tiktok shop sehingga penjual akan lebih mudah melakukan promosi melalui akun tiktok shop yang dimiliki.

Tak hanya itu, penjual juga akan diberikan informasi terbaru mengenai kebijakan – kebijakan dari tiktok dalam pengelolaan tiktok shop sehingga memperkecil kemungkinan penjual untuk melanggar peraturan di tiktok.

Ada pula informasi mengenai fitur-fitur tiktok shop yang dapat membantu penjual untuk membuka akun tiktok shop.

Platform ini juga menyediakan strategi konten marketing yang tepat dan bisa diterapkan di akun tiktok yang digunakan untuk promosi produk yang dimiliki.

Bagi pengguna tiktok yang baru memulai usaha tiktok affiliate juga bisa mempelajari lebih dalam mengenai tata cara dan strategi pemasarannya melalui Tiktok Shop Seller University.

Menambah Audience Toko

Pengguna tiktok yang aktif tentunya bisa menjadi sasaran yang tepat dan dapat dijadikan konsumen untuk toko yang dimiliki.

Apalagi jika penjual sering melakukan siaran langsung di tiktok atau membuat konten di akun tiktok yang dimiliki tentunya akan membuat akun yang dimiliki lebih mudah terkenal.

Hal ini tentunya akan menguntungkan bagi penjual karena dapat meningkatkan audience toko dan juga menambah keuntungan dari setiap produk yang dijual

Salah satu fitur tiktok yang dapat dengan mudah meningkatkan audience toko adalah siaran langsung dimana penjual dan pembeli bisa melakukan interaksi secara langsung.

Dengan adanya siaran langsung ini pembeli bisa melihat barang yang dijual secara langsung sehingga mengetahui kualitas barang yang dijual dan akhirnya membeli jika cocok pada barang yang dijual.

Tak hanya itu, pembeli juga bisa bertanya secara langsung mengenai produk yang dijual dan ketersediaan barang sebelum akhirnya membeli barang tersebut.

Apabila pembeli tertarik dengan barang yang dikual maka bisa lambsung melakukan pembayaran melalui link tiktok shop yang telah dicantumkan.

Tidak hanya melalukan siaran langsung secara rutin untuk meningkatkan audience toko namun penjual juga bisa membuat variasi di setiap acara live yang berlangsung sehingga penonton tidak bosan.

Salah satu caranya adalaj dengan mengadakan siaran langsung sambil packing sehingga pembeli mengetahui proses di balik layar produk yang dijual.

Promosi dan Jual Beli Secara Bersamaan

Saat ini pengguna internet tidak perlu lagi berbelanja melalui internet karena dengan hadinya tiktoksop kini makin memudahkan pembeli untuk membeli barang sambil bermain social media.

Ditambah lagi kini berbagai brand besar yang memiliki akun tiktok kini mulai melirik tiktok shop untuk menjual barang yang dimiliki.

Hal ini tentunya menguntungkan bagi pembeli yang ingin membeli barang tertentu namun malas untuk mencarinya di akun market place.

Ditambah lagi berbagai promosi yang ditawarkan mulai dari potongan harga dan juga gratis ongkir yang menguntungkan pembali untuk mendapatkan barang keinginan secara mudah dan lebih murah.

Penjualan Lebih Aman

Tiktok shop sendiri menyediakan layanan jual beli yang tidak hanya menguntungkan namun juga aman.

Salah satunya adalah tersedianya fitur komentar dimana pembeli bisa melihat ulasan dari pembeli lain mengenai produk yang dijual.

Selain itu, juga terdapat fitur deskripsi dimana pembeli bisa melihat kualifikasi barang dengan jelas dan juga pilihan warna yang tersedia sehingga pembeli bisa memilih barang keinginan sesuai dengan stok yang tersedia.

Apabila barang yang dijual kualitasnya tidak sesuai ekspektasi atau pengiriman yang lama maka pembeli bisa mencari toko lain yang menjual barang lebih murah.

Tak hanya itu, proses jual beli di tiktok shop pun dijamin aman karena adanya diltrasi dafi tiktok sehingga memudahkan pembeli untuk mendapatkan penjual dan juga barang yang tepat.

Populer di Kalangan Remaja

Meskipun aplikasi tiktok hampir digunakan oleh semua kalangan namun sebagian besar dari pengguna tiktok sendiri adalah anak muda khususnya remaja perempuan.

Hal ini tentunya menguntungkan bagi penjual yang berfokus pada bidang kecantikan atau aksesoris wanita.

Hal ini dikarenakan tiktok shop menjadi tempat yang tepat untuk jual beli dan juga promosi berbagai produk wanita yang dimiliki.

Guna menargetkan remaja dan kaum wanita tentunya penjual perlu memiliki strategi yang tepat agar bisa menjangkau lebih banyak pembeli.

Salah satunya adalah dengan sering mengadakan siaran langsung mengenai cara penggunaan produk yang di padu padankan dengan berbagai berbagai pilihan outfit yang sesuai.

Tidak hanya itu, penjual juga bisa mengadakan proses konsultasi di kolom komentar agar pembeli bisa berkonsultasi mengenai masalah yang dialami dan juga produk yang bisa dipakai agar hasilnya lebih maksimal.

iklan tiktok shop

Jenis Iklan Tiktok Shop

Saat memulai usaha di tiktok shop tentunya penjual membutuhkan banhak pengikut terlebih danulu untuk membantu untuk menaikkan penonton siaran langsung saat berjualan di tiktok shop.

Tidak hanya membuat konten promosi yang dapat membantu untuk menaikkan akun yang dimiliki namun pengguna juga bisa memulai dengan mempromosikannya melalui iklan berbayar yang ada di tiktok.

Dengan adanya fitur iklan berbayar ini pengguna akan lebih mudah mempromosikan akun tiktok yang dimiliki ke konsumen yang tepat serta membantu untuk menaikkan pengikut lebih cepat.

Bagi penjual yang ingin fokus pada promosi tiktok shop berikut beberapa jenis iklan tiktok yang bisa digunakan untuk menambah pengikut dengan mudah:

Collection Ads

Apabila penjual mencari iklan yang dapat menampilkan berbagai produk unggulan yang dimiliki maka iklan collection ads bisa menjadi solusinya.

Melalui iklan ini , pelaku usaha bisa mempromosikan lebih dari satu produk dan bisa digeser secara mudah sehingga konsumen dapat melihat berbagai pilihan barang jualan lainnya.

Tak hanya itu, apabila konsumen menekan gambar pada display produk tersebut maka konsumen akan diarahkan ke website penjualan dimana konsumen bisa melihat kondisi barang lebih detail dan juga spesifikasinya.

Hal ini tentunya akan meningkatkan traffic website dari produk yang dijual sehingga menguntungkan bagi penjual yang melakukan promosi untuk event tertentu.

Sebuah penelitian dari Tech Crunch juga menuturkan penjual yang menggunakan jenis iklan ini untuk promosi di tiktok diketahui dapat meningkatkan traffic website hingga 60%.

Hal ini tentunya menguntungkan bagi penjual yang ingin menjual produk secara bertarget dan juga dapat meningkatkan keuntungan.

Dynamic Showcase Ads

Bagi penjual yang menargetkan konsumen yang hobi belanja maka jenis iklan satu ini bisa diandalkan untuk promosi.

Dengan menggunakan iklan Dynamic Showcase Ads maka penjual bisa menampilkan jutaan produk yang dimiliki lebih mudah sehingga konsumen bisa melihat berbagai pilihan produk yang lebih beragam.

Tak hanya itu, apabila konsumen tertarik untuk membeli produk tersebut maka pembeli akan langsung diarahkan ke keranjang belanja guna melakukan pembelian barang.

Hal ini tentunya memudahkan penjual untuk menjaring konsumen yang sesuai minat dan bisa langsung membeli barang keinginan sehingga membantu untuk meningkatkan keuntungan dari pejualan.

Penjual juga tidak perlu bingung untuk merancang penayangan iklan produk ini karena tiktok menyediakan template dalam bentuk video singkat yang diiringi dengan lagu dan juga tambahan teks yang dapat menarik perhatian konsumen.

Lead Generation

Tiktok sendiri tidak hanya cocok bagi penjual yang ingin mempromosikan produk ke utuhan sehari namun bagi pebisnis yang memiliki usaha di bidang jasa maka tiktok juga bisa menjadi tempat yang tepat.

Salah satu promosi yang bisa dilakukan untuk mengenalkan produk yang di iliki adalah dengan menggunakan iklan berbayar dengan Lead Generation ads.

Dengan menggunakan jenis iklan ini maka pengguna bisa mengumpulkan informasi pelanggan melalui pengisian dari formulir.

Pengguna pun tinggal mengajak pembeli untuk mengisi formulir melalui link yang tersedia di iklan berbayar tersebut.

tips promosi tiktok shop

Tips Berjualan di Tiktok Shop

Banyaknya penjual yang membuka akun tiktok shop tentunya membuat pelaku usaha sebaiknya mencari strategi pemasaran yang tepat agar akun tiktok shop yang dimiliki laris di pasaran.

Tiktok sendiri memiliki berbagai jenis konten dan juga fitur yang dapat membantu untuk menaikkan akun tiktok yang dimiliki agar lebih mudah ditemukan oleh konsumen yang tepat.

Karenanya penjual sebaiknya menggunakan fitur dan layanan tersebut dengan baik agar bisa mendapatkan lebih banyak pengikut dan menaikkan penjualan.

Konten Tiktok Sebagai Media Promosi

Salah satu keuntungan dari menggunakan tiktok shop sebagai media penjualan adalah tersedianya berbagai konten yang bisa digunakan untuk promosi akun tiktok.

Salah satu jenis konten yang bisa digunakan adalah konten challange dimana penjual bisa mengikuti challange yang sedang viral dan mengunggahnya di akun yang dimiliki.

Dengan sering menggunakan challange yang sedang maka akan membantu anda untuk menaikkan engagement video.

Pengguna juga bisa menggunakan lagu atau audio yang sedang viral untuk membantu menaikkan penonton video.

Tak hanya itu, pengguna juga bisa menyajikan konten behind the scene dimana pengguna bisa menunjukkan proses pembuatan produk atau packaging di event promosi.

Hal ini dapat membantu meningkatkan kepercayaan konsumen dengan produk anda sehingga membantu untuk meningkatkan penjualan dan menaikkan keuntungan.

Sebuah konten edukasi mengenai masalah yang dihadapi oleh konsumen juga bisa digunakan untuk menarik perhatian pengguna tiktok dengan cara menjawab masalah tersebut melalui fitur question and answer.

Dengan menggunakan konten ini pengguna bisa menjawab pertanyaan konsumen yang ditanyakan di kolom komentar sehingga timbul interaksi dua arah yang membantu untuk meningkatkan engagemeng akun.

Konten yang paling penting dan bisa diunggah oleh pengguna adalah konten promosi dimana pengguna bisa menunjukkan barang-barang yang dijual sehingga bisa menarik perhatian konsumen.

Anda pun juga bisa mengarahkan konten promosi tersebut ke akun tiktok shop yang di iliki agar dikunjungi oleh pembeli dan juga membantu untuk menaikkan penjualan.

Promosikan Toko Melalui Tiktok Ads

Bagi pelaku usaha yang baru membuka akun tiktok mungkin kesulitan untuk mendapatkan pengikut baru dari tiktok.

Karenanya anda bisa memulai mempromosikan akun tiktok anda melalui akun social media yang dimiliki atau dengan mempromosikan melalui tiktok ads.

Dengan menggunakan layanan ini tiktok akan membantu pengguna untuk menyebarkan akun dan konten yang dimiliki ke konsumen dengan minat yang sama dengan anda.

Hal ini tentunya akan membantu penjual mendapatkan pembeli yang tepat dan sesuai dengan produk yang dipasarka .

Tak hanya itu, pengguna pun tidak perlu khawatir dengan biaya iklan karena bisa diatur sesuai dengan jam tayang dan juga frekuensi iklan tersebut ditayangkan sehingga bisa mendapatkan konsumen yang sesuai namun dengan budegt yang telah diatur.

Pengguna pun diberikan kebebasan untuk menggunakan jenis konten yang digunakan baik dari konten tiktok di akun bisnis atau mengunggah sendiri video yang sesuai dengan isi iklan tersebut.

Selain itu, pengguna juga bisa mencantumkan link tiktok shop di iklan tersebut agar konsumen yang tertarik dengan produk anda bisa langsung membelinya di akun tiktok shop,

Cara membuat iklan tiktok pun cukup mudah yakni dengan mengubah akun pribadi menjadi akun bisnis kemudian pilih fitur promosi di akun business suite.

Dengan menggunakan layanan ini pengguna bisa memilih jenis iklan yang diinginkan dan juga pilihan harga yang bisa dipilih sesuai dengan budget yang dimiliki.

Agar hasil dari iklan lebih maksimal maka pengguna bisa menayangkan iklan tersebut di waktu aktif konsumen sehingga bisa lebih banyak dilihat dan juga mengoptimalkan penyangan tiktok ads tersebut.

Guna mengetahui waktu aktif konsumen maka pengguna bisa melihatnya di bagian analisa untuk mencari tahu jam-jam tertentu dimana konsumen biasanya melihat konten anda.

Waktu aktif tersebut tentunya bisa berubah karenanya pengguna sebaiknya melakukan anlisa secara rutin untuk mengetahui jam aktif tersebut.

Optimasi Hastag

Penggunaan tagar tidak hanya bisa ditemukan di aplikasi instagram namun bisa digunakan di platform tiktok.

Adanya hastag ini dapat membantu konten tiktok untuk naik ke fyp recommend sehingga bisa dilihat oleh lebih banyak penonton serta membantu untuk menaikkan engagemen video yang dimiliki.

Agar membantu untuk menaikkan konten tersebut tentunya pengguna harus mengetahui hastag apa saja yang sedang naik daun dan banyak dibunakan oleh pengguna tiktok.

Cara mengetahuinya pun cukup mudah karena pengguna bisa mencarinya di fitur explore dimana pengguna bisa menggahui hastag apa saja yang sedang naik daun dan juga konten yang menyertainya.

Pengguna bisa menggunakan hastag tersebut di caption video yang dibuat untuk membantu menaikkan konten hingga masuk ke fyp recommend.

Anda juga bisa memakai hastag yang berkaitan dengan produk yang dimiliki agar lebih mudah dicari oleh konsumen di tiktok.

Manfaatkan Katalog Produk

Saat membuka fitur tiktok shop tentunya pengguna tiktok akan disajikan berbagai macam produk yang disedikan oleh penjual.

Agar barang yang dijual terlihat rapih dan menarik maka pelaku usaha bisa menggunakan katalog sebagai etalase produk yang dijual di tiktok shop.

Guna memanfaatkan katalog produk maka penjual bisa memaksimalkan foto produk dengan memberikan resolusi foto yang bagus sehingga enak dilihat oleh konsumen.

Anda juga bisa menambahkan deskripsi produk di katalog tersebut dengan jelas agar konsumen bisa mengetahui lebih jelas barang yang dijual sebelum akhirnya tertarik untuk membeli barang tersebut.

Terbatasnya karakter yang dimiliki di katalog produk juga sebaiknya dimanfaatkan dengan baik agar bisa mendeskripsikan barang dengan tepat dan sesuai dengan fungsinya.

Kerjasama dengan Influencer

Banyaknya komten kreator dan juga influencer terkenal yang ada di tiktok dan memiliki jumlah pengikut yang besar tentunya bisa digunakan sebagai media promosi yang tepat.

Hal ini dilakukan karena influencer tersebut tentunya memiliki pasar yang tepat dan bisa digunakan untuk menarik konsumen baru untuk membeli produk anda.

Pengguna bisa memilih konten endorsement atau paid promote yang sesuai dengan jenis promosi yang ingin ditawarkan ke konsumen tersebut.

Agar hasil dari endorsement lebih maksimal maka pelaku usaha bisa mencari influncer yang memiliki minat yang sama dengan anda dan juga memiliki engagemeng yang tinggi.

Salah satu cara mencarinya adalah dengan melihat akun kreator yang sering masuk ke fyp recommend dan juga engagement serta interaksi dengan pengikutnya.

Apabila dirasa sesuai dengan budget anda maka pengguna bisa menawarkan kerjasama endorsement atau paid promote.

tutorial tiktok shop

Tutorial Buka Akun Tiktok Shop

Banyaknya keuntungan dari menggunakan tiktok shop dan juga konten yang bisa dipakai untuk promosi produk tentu saja menjadikan fitur ini cocok dijadikan tempat promosi dan jual beli produk.

Apabila pengguna tiktok ingin melebarkan usaha dengan membuka akun tiktok shop maka berikut tutorial mudah buka akun tiktok shop :

Pertama, buka layanan pencarian dan cari website tiktok shop

Kedua, jika anda belum mendaftar menjadi pengguna akun tiktok shop maka anda bisa mendaftar terlebih dahulu dengan klik ikon Sign Up.

Ketiga, pada kolom ini pengguna bisa mengisi dengan menggunakan nomor telepon atau alamat email yang sudah terverifikasi. Jangan lupa juga untuk mengisi kata sandi yang mudah diingat namun susah untuk ditebak oleh orang lain.

Keempat, setelah mengisi identitas tersebut maka pengguna akan dibawa ke halaman otoriasi untuk diperlihatkan aturan apa saja yang boleh dan tidak diperbolehkan saat berjualan di akun tiktok shop, bila sudah setuju maka bisa klik otoriasikam.

Kelima, pengguna akan dikirimkan kode verifikasi di email atau nomor telepon yang telah di daftarkan, masukkan kode tersebut di website tiktok shop yang dimiliki.

Keenam, akun berhasil dibuat dan pengguna bisa melengkapi profil akun tiktok shop dan menambahkan barang yang akan dijual.

Ketujuh, akun sudah selesai dibuat dan anda bisa memulai berdagang di tiktok shop.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.