ide konten instagram story

Ide Konten Story Instagram Untuk Meningkatkan Interaksi

Berbagai ide konten story instagram akan membantu meningkatkan interaksi dengan pengikut yang dimiliki.

Instagram story merupakan cara yang menyenangkan untuk melakukan interaksi dengan pengikut anda dan membagikan konten yang tidak perlu dibuat dalam waktu lama.

Tidak hanya itu, penggunaan konten instagram story juga dinilai efektif untuk pemasaran melalui video, karena postingan tersebut mampu untuk meningkatkan brand recognition serta pendekatan yang efektif dengan pengikut anda

Sehingga anda bisa membagikan konten bloopers berupa foto atau video yang belum di edit kemudian dibagikan ke pengikut yang anda miliki sehingga mengundang tawa dari pengikut anda dengan tambahan caption yang menarik.

Di sisi lain, fitur story juga populer di kalangan pengguna instagram dengan 70% pengguna melihat konten tersebut setiap harinya.

Hal ini juga di dukung oleh survey dari Hootsuite yang menyatakan sebanyak 58% penguna instagram lebih tertarik pada brand tertentu setelah melihat konten story mereka secara rutin.

Sehingga jika anda ingin membangun kedekatan dan interaksi dengan audience yang anda miliki maka konten story bisa menjadi pertimbangan yang mudah dan gratis.

Namun, jika anda ingin terus menerus melakukan interaksi dengan pengikut anda menggunakan instagram story maka anda memerlukan jenis konten yang tepat dan efektif.

Bagikan Konten yang Telah Diunggah Sebelumnya

Saat melihat konten instagram story maka anda mungkin menemukan postingan instagram yang baru saja diunggah dan dipromosikan di postingan story.

Strategi ini dinilai menguntungkan bagi akun instagram brand karena postingan yang diunggah akan mendapatkan interaksi lebih setelah di promosikan di fitur lain.

Selain itu, terkadang kreator juga menyadari bahwa insight yang di dapatkan dari konten story lebih besar dibandingkan postingan biasa, sehingga anda perlu mempromosikannya di konten instagram story.

Meskipun begitu, anda sebaiknya hanya mengunggah konten yang sekiranya penting dan membutuhkan lebih banyak perhatian, seperti konten giveaway atau pengumuman tertentu.

Hal ini dilakukan agar penonton tidak bosan dengan konten story yang anda unggah secara rutin.

Agar konten story promosi tersebut menjadi lebih menarik dan membuat penonton penasaran, maka anda bisa memasang stiker New Post di konten story anda untuk menutupi sebagian konten instagram tersebut.

Bagikan Konten dari Konsumen 

Seorang pengguna instagram yang baru mengikuti akun instagram brand anda tentunya membutuhkan lebih banyak bukti dari konsumen lain yang telah mencoba produk anda sebelumnya.

Sehingga apabila anda mendapatkan ulasan dari konsumen melalui konten instagram maka sebaiknya anda mengunggahnya kembali di akun instagram brand anda.

Hal ini dilakukan untuk menarik minat konsumen untuk kembali memberli produk anda serta meningkatkan kepercayaan pengguna instagram pada produk anda.

Ide konten story instagram ini juga dinilai bisa digunakan dalam jangka waktu lama sehingga anda tidak perlu pusing memikirkan postingan yang akan anda unggah sebelumnya.

Anda juga bisa menyimpan ulasan konsumen di instagram highlight agar bisa dilihat berulang kali oleh pengguna instagram yang baru mengunjungi akun anda.

Kreator juga bisa mengunggah konten instagram story dari konsumen yang mengikuti event atau bazaar yang anda ikuti.

Strategi ini dilakukan agar semakin banyak orang yang mengunjungi booth anda dan mencoba berbagai produk yang ditawarkan selama acara berlangsung.

Selain itu, kreator juga dapat membagikan konten instagram story dari konsumen yang mengikuti kontes intagram yang anda lakukan sehingga semakin banyak orang lain yang berpartisipasi.

Agar tampilan konten dari konsumen menjadi lebih cantik maka anda bisa menambahkan beberapa elemen tertentu di postingan anda.

Salah satunya menambahkan caption yang menarik di postingan tersebut sehingga foto dan video terasa lebih hidup.

ide konten story instagram@mamabear

Cara ini juga dilakukan oleh akun instagram brand booster asi @mamabearid yang membagikan konten dari konsumen yang menggunakan produk yang ditawarkan sembari sedikit bercerita mengenai masalah yang dihadapi serta penyelesaiannya melakui produk tersebut.

Konten yang menyentuh hati serta penambahan caption yang memberikan dukungan bagi konsumen menjadikan konten instagram story menjadi lebih menarik untuk dilihat dan menyentuh perasaan pembaca.

Meskipun konten story sangat efektif untuk membangkitkan interaksi dengan konsumen namun anda juga perlu memberikan pancingan agar konsumen anda tertarik untuk membuat ulasan produk.

Salah satunya adalah dengan membuat kontes instagram khusus dimana anda bisa mengajak konsumen untuk mengulas produk yang dimiliki melalui konten social media, khususnya instagram story.

Sehingga semakin banyak orang yang ikut berpartisipasi pada kontes testimoni tersebut.

Anda juga bisa mengirimkan gift card khusus yang membeli produk anda untuk memberikan ulasan di Instagram.

Manfaatkan Fitur Polling

Sebagai seorang pelaku usaha yang sedang mengembangkan brand dan produk yang dimiliki, tentunya penting bagi anda untuk mengetahui permintaan dan keluhan konsumen.

Hal ini dilakukan agar anda dapat meningkatkan kualitas produk menjadi lebih baik dan mampu bersaing dengan kompetitor lain.

Guna memudahkan anda untuk mengetahui keinginan konsumen secara cepat dan efektif maka penggunaan fitur polling di Instagram story bisa menjadi alternatif.

Hal ini dikarenakan konsumen hanya perlu memilih jawaban yang dirasa sesuai keinginan yang diharapkan pada produk anda.

Tidak hanya itu, anda juga bisa mendapatkan balasan komentar ke halaman pesan sehingga bisa menjadi evaluasi ke depannya.

Interaksi di instagram story yang luas dan lebih banyak dibandingkan konten biasa juga memudahkan anda untuk mendapatkan jawaban yang lebih meyakinkan dari konsumen yang anda miliki.

Penggunaan fitur polling tidak hanya berguna untuk mengumpulkan pendapat dari konsumen, namun anda bisa menggunakannya untuk memancing interaksi dengan pengikut yang anda miliki.

Dimana anda memuat pertanyaan yang sesuai dengan masalah yang dihadapi oleh konsumen, sehingga tertarik untuk memberikan jawaban yang sesuai.

instagram story @skillupid

Salah satunya yang dilakukan oleh akun instagram business @skillupid yang membagikan pertanyaan mengenai kegalauan pengikutnya untuk meningkatkan kemampuan terbaru.

Pertanyaan yang menarik serta jawaban yang relevan akhirnya membuat penonton tertarik untuk menjawab pertanyaan tersebut sesuai dengan keinginan masing-masing.

Setelah mengajukan pertanyaan tersebut maka anda bisa melanjutkan dengan opini mengapa penonton harus melakukan kegiatan tersebut serta fakta menarik yang mendukung.

Di sela-sela konten story tersebut maka anda bisa menyelipkan jawaban dari konsumen anda agar semakin banyak orang yang tertarik untuk melihat postingan story selanjutnya atau ikut melakukan interaksi di konten anda.

Di bagian akhir konten story tersebut maka anda bisa melakukan promosi layanan yang sedang diskon sehingga penonton tertarik untuk membelinya. 

Ide konten story instagram interaksi lainnya yang bisa anda lakukan adalah mempromosikan produk yang anda jual sembari melakukan promosi dengan menambahkan link akun marketplace atau instagram shop yang anda miliki.

Lakukan Kuis Untuk Konsumen Anda

Salah satu keuntungan menggunakan fitur instagram story adalah anda dapat dengan mudah melakukan interaksi dengan pengikut yang dimiliki.

Hal ini tentunya memudahkan anda untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen agar setia dalam membeli produk yang anda miliki.

Selain itu, penggunaan konten story yang rutin juga dapat mengisi kekosongan apabila anda tidak memiliki konten lain yang akan diunggah di instagram feed atau reels.

Ide konten story instagram yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan interaksi dengan konsumen adalah membuat kuis mengenai produk atau brand yang anda kembangkan.

Strategi ini bisa anda lakukan untuk mengetes pengetahuan konsumen anda serta melakukan interaksi dengan konsumen yang anda miliki.

19oAbhOAStLiEDQzam7z

Seperti yang dilakukan oleh akun instagram business @overheardbeauty yang membagikan konten kuis di story mengenai pilihan parfum yang sebaiknya dibuat ulang.

Semakin banyak konsumen yang memberikan komentar yang relevan maka akan membantu dalam memilih produk yang sekiranya disukai oleh konsumen.

Ucapkan Rasa Terima Kasih ke Followers

Salah satu alasan pengguna instagram mengikuti sebuah akun instagram business atau brand adalah mengetahui perkembangan produk terbaru yang dimiliki.

Tidak hanya itu, terkadang interaksi yang dilakukan dengan konsumen secara rutin juga membuat pengikut anda tertarik mengikuti akun instagram tersebut.

Sehingga penting bagi anda untuk memberikan apresiasi kepada konsumen apabila anda telah berhasil mencapatkan prestasi yang membanggakan.

Salah satunya adalah membagikan konten instagram story berupa apresiasi karena telah menyentuh jumlah pengikut tertentu, misalnya 10,000, 100.000, atau 1.000.000 pengikut.

Meskipun terkesan remeh namun cara ini membuat konsumen anda merasa dihargai karena telah menjadi bagian dari perjalanan anda dari waktu ke waktu.

Tidak hanya itu, anda juga bisa menyampaikan pencapaian anda yang diakui secara resmi melalui penghargaan di konten instagram story.

Cara ini akan membuat konsumen setia merasa bangga telah menggunakan produk yang anda kembangkan serta meningkatkan kepercayaan dari konsumen yang baru mengikuti akun instagram anda.

Anda juga bisa mengunggah kembali ucapan pengikut anda sebagai tanda apresiasi yang mendalam terhadap kontribusi pengembangan produk dengan rajin membeli barang anda dan masukan yang keren.

Bagikan Link atau Kupon Belanja 

Bagi konsumen yang baru mengenal produk atau akun instagram anda melalui iklan maka biasanya mereka mulai tertarik untuk membeli namun masih belum mengetahui saluran untuk belanja produk tersebut.

Sehingga anda bisa mengakomodasi keinginan konsumen dengan membagikan link website atau akun marketplace di instagram story.

Namun, anda tidak hanya membagikan link tersebut secara langsung tanpa memberikan konteks awal yang menarik.

Sehingga anda bisa memberikan pancingan dengan membahas masalah yang sedang dihadapi oleh konsumen serta solusinya dengan memberikan rekomendasi produk disertai dengan link website atau marketplace tertentu.

Hal ini akan membuat konsumen lebih tertarik membeli setelah mendapatkan rekomendasi produk yang ditawarkan.

Tidak hanya itu, apabila anda memiliki promosi event tertentu, sepeti diskon tanggal kembar, peluncuran akun marketplace baru, atau sedang mengikuti bazaar maka anda bisa mengundang konsumen dengan membagikan kupon potongan harga tertentu.

Strategi ini dilakukan agar konsumen dapat mengakses kupon belanja dengan mudah dan cepat.

Agar promosi bisa berjalan dengan lancar maka anda bisa membagikan poster event yang akan anda ikuti dan kemudian diikuti dengan kupun belanja yang dibagikan melalui stiker link.

instagram story @samsungindonesia

Cara ini juga dilakukan oleh akun instagram brand peralatan elektronik @samsungindonesia yang membagikan link pemesanan produk baru yang dimiliki.

Sehingga memudahkan calon konsumen yang ingin mencoba produk tersebut untuk memesannnya terlebih dahulu dibandingkan konsumen lain.

Bagikan Konten dari Sumber Lain

Kehabisan topik untuk melakukan interaksi dengan followers instagram? Maka anda bisa membuka percakapan dengan membagikan berita dari sumber lain.

Dimana anda bisa membagikan topik dari industri yang anda geluti sehingga bisa menjadi pembahasan dengan pengikut yang anda miliki.

Agar interaksi yang dibangun menjadi semakin menarik maka anda bisa membagikan reaksi dengan mengomentari pesan konsumen masuk dan membagikannya di instagram story.

Strategi ini dinilai ampuh untuk mendorong penonton lain untuk memberikan reaksi yang sama dengan membagikan pendapatnya berdasarkan pemikiran dan pengalaman yang dimiliki.

instagram story @finansialku

Salah satunya yang dilakukan oleh akun instagram perencanaan keungan @finansialku yang membagikan konten dari sumber lain dan sesuai dengan masalah yang dihadapi oleh konsumen.

Sehingga memancing konsumen untuk memberikan reaksi yang diinginkan sembari menceritakan masalah yang dihadapi.

Namun, untuk memulai membagikan ide konten story instagram ini maka anda perlu mencari sumber berita yang tepat.

Hal ini dilakukan agar berita yang anda angkat merupakan hasil penelusuran asli dan kredibel.

Pastikan juga topik yang dibahas merupakan masalah yang dihadapi oleh sebagian besar konsumen anda, sehingga anda akan mendapatkan interaksi yang lebih banyak dibandingkan konten instagram story lainnya.

Tidak hanya itu, anda juga bisa membagikan konten video atau foto lucu yang dapat menghibur pengikut yang menonton konten yang anda sajikan.

Bagikan Rekomendasi Produk 

Banyaknya produk yang anda jual terkadang membuat konsumen bingung untuk memlih barang yang sesuai dengan kebutuhan sehari-hari.

Kegalauan ini biasanya muncul saat anda membeli produk busana yang membutuhkan padu padan yang tepat.

Sehingga apabila anda tengah mengembangkan akun instagram brand busana maka anda bisa membagikan rekomendasi produk berdasarkan kondisi yang dibutuhkan.

Misalnya rekomendasi outfit untuk pergi ke konser atau makan malam romantis bersama kekasih.

Meskipun terkesan sederhana namun ide konten story instagram ini mampu memberikan ide bagi penonton untuk membeli produk pertama mereka di brand anda.

instagram story @mayoutfit

Salah satunya yang dilakukan oleh akun instagram brand busana wanita @mayoutfit yang membagikan rekomendasi busana yang bisa digunakan saat pergi nonton bioskop.

Dimana konten ini menyajikan padu padan busana berdasarkan produk yang dimiliki sehingga bisa menjadi referensi pembelian produk yang sesuai keinginan.

Apabila jenis konten satu ini mendapatkan sambutan yang luar biasa dari penonton maka anda bisa bertanya kepada kosnumen rekomendasi baju yang bisa diunggah di konten story.

Semakin banyak permintaan yang anda dapatkan di kolom pesan maka akan menguntungkan bagi anda untuk mendapatkan ide konten story instagram yang menarik dan bisa digunakan untuk jangka waktu lama.

Bagikan Konten Liburan 

Konten yang berisi edukasi atau interaksi mungkin akan membuat penonton bosan dan ingin mencari suasana baru yang menyenangkan.

Apabila penonton anda mulai terasa jenis dengan ide konten story instagram yang sama maka anda bisa berhenti sejenak dan mengajak penonton anda berjalan-jalan ke tempat baru.

Contohnya adalah mengajak penonton untuk mengitari tempat wisata di sekitar kota anda tinggal.

Hal ini akan membangun nostalgia bagi penonton anda serta mengenalkan tempat tersebut ke konsumen yang berada di luar kota.

Cara ini juga dilakukan oleh akun instagram brand perawatan wajah @skinouru yang membagikan pengalaman saat berjalan-jalan ke tempat wisata di daerah Jogjakarta.

Ide konten story instagram ini akan membuat penonton merasa segar dan tidak melewatkan konten yang anda unggah selama 24 jam.

Anda juga bisa membuat konten story instagram tersebut sembari menyelipkan produk yang anda miliki.

Misalnya saat anda berjalan-jalan ke tempat wisata dengan cuaca yang cukup panas maka anda bisa menggunakan produk suncscreen yang anda miliki agar terlindungi dari sengatan mataahari.

Tidak hanya itu, apabila anda tengah mengikuti evet bazaar tertentu maka anda bisa berjalan-jalan ke tenant tertentu yang menjual produk makanan dan minuman yang bisa dinikmati setelah berbelanja produk yang anda miliki.

Konten satu ini juga bisa anda kembangkan apabila banyak penonton yang tertarik pada postingan jalan-jalan anda sehingga anda bisa merambah ke tempat lain yang lebih menarik.

Manfaatkan Stiker Instagram Story 

Salah satu keuntungan mengunggah konten di instagram story adalah anda memiliki banayk referensi stiker yang menarik dan membuat penonton tertarik untuk melakukan interaksi.

Salah satu jenis stiker yang biasa digunakan oleh banyak kreator adalah stiker polling dimana kreator memberikan dua pilihan jawaban yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan.

Cara ini membuat penonton tertarik memilih jawaban yang sesuai sembari membandingkan dengan jawaban yang lain.

instagram story @schoters

Penggunaan stiker polling ini juga dilakukan oleh akun instagram business @schoters yang sedang melakukan sesi tanya jawab dengan pengikutnya dan menggunakan stiker polling untuk melanjutkan ke story selanjutnya.

Tidak hanya itu, anda juga bisa menggunakan stiker lainnya untuk interaksi yang lebih menyenangkan :

  • Stiker pertanyaan yang bisa digunakan untuk mengajukan pendapat ke penonton instagram story dan mendapatkan jawaban yang diinginkan, pastikan juga anda anda membagikan pendapat tersebut di instagram story untuk mendapatkan interaksi yang lebih banyak.
  • Stiker reaksi dimana anda bisa mengunggah foto produk tertentu dan konsumen bisa menentukan tingkat kesukaan menggunakan ukuran reaksi.
  • Stiker kuis akan membantu anda memberikan interaksi dengan konsumen dengan memberikan pertanyaan dan jawaban mengenai produk atau industri yang anda geluti.

Hitung Mundur Event Tertentu 

Di saat anda hendak meluncurkan produk atau campaign terbaru maka melakukan promosi secara besar-besaran perlu dilakukan untuk mendapatkan perhatian dari target konsumen.

Apabila promosi sudah dilakukan secara maksimal maka langkah selanjutnya yang bisa lakukan adalah membuat konsumen tidak sabar menunggu perilisan produk tersebut.

Salah satu caranya adalah melakukan hitung mundur pada tanggal perilisan produk yang akan anda luncurkan.

Anda juga bisa menggunakan stiker hitung mundur yang tersedia di fitur instagram story sebagai mesin penghitung waktu yang efektif.

Tidak hanya itu, anda juga bisa membuka konten tanya jawab agar konsumen bisa melakukan interaksi sembari menunggu perilisan produk tersebut.

Cara ini dilakukan agar konsumen tidak merasa bosan dan tidak sabar untuk menunggu perilisan produk tersebut.

Strategi ini juga dilakukan oleh brand parfum @hmns.id yang membagikan stiker hitung mundur pada perilisan produk yang dimiliki.

Penggunaan visual tambahan berupa background warna yang menarik serta foto produk yang akan dirilis juga bisa diberikan agar konsumen tertarik mengikuti sesi tanya jawab tersebut.

Namun, jika anda ingin membuat konten tambahan menggunakan sesi hitung mundur maka anda bisa membuat postingan sendiri yang berisi countdown berupa hari serta tambahan konten yang menarik.

Pemakaian hitung mundur ini dipercaya membuat konsumen lebih tertarik untuk menjadi pembeli pertama dari produk yang anda luncurkan.

Sumber :

https://biteable.com/blog/instagram-story-ideas/

https://influencermarketinghub.com/instagram-story-ideas/

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *