konten video pendek

9 Ide Konten Video Pendek Untuk Reels, Tiktok, dan Shorts

Naikkan eksistensi akun social media yang dimiliki dengan ide konten video pendek untuk promosi dan interaksi dengan konsumen.

Saat ini, konten video pendek menjadi fitur penting dalam strategi pemasaran di social media. Hal ini terlihat dari banyaknya platform social yang mengembangkan fitur video pendek serta kesuksesan yang di dulang kreator dari konten video pendek.

Beberapa di antaranya adalah Meta dengan facebook dan instagram reels atau youtube dengan layanan shorts.

Sebuah survey dari Wyzowl di tahun 2021 menyatakan bahwa sekitar 86% akun social media business menggunakan konten video pendek sebagai strategi marketing untuk mempromosikan produk atau layanan yang dimiliki.

Hasil survey tersebut tentunya menunjukkan bahwa konten video pendek memiliki kekuatan yang besar dalam mempromosikan produk dan mengenalkan akun social media ke konsumen yang diinginkan.

Karenanya guna memanfaatkan trend tersebut maka berikut beberapa ide konten video pendek yang bisa digunakan di berbagai social media.

apa itu konten video pendek

Apa Itu Konten Video Pendek

Konten video mungkin menjadi salah satu postingan yang sering anda tonton saat mengakses social media.

Konten yang beragam dengan durasi panjang menjadikan konten video dapat dinikmati oleh pengguna social media saat sedang suntuk atau mencari hiburan untuk menghilangkan rasa bosan.

Seriring dengan berjalannya waktu, trend social media juga berubah hingga akhirnya memunculkan konten video pendek, jika biasanya pengguna internet menonton video dengan durasa panjang maka video pendek menjadi alternatif konten social media.

Dengan durasi yang lebih pendek sekitar 30-90 detik, penonton bisa menikmati berbagai macam konten mulai dari hiburan hindga edukasi dengan lebih ringkas sehingga dapat menonton konten lain dengan cepat dan mudah.

Waktu penayangan yang lebih singkat serta penyajian konten komedi juga menjadi beberapa alasan konten video pendek disukai oleh pengguna spcial media yang sedang mencari alternatif hiburan.

Tidak hanya menguntungkan bagi pengguna social media, namun konten video pendek memberikan benefit bagi kreator dalam membuat konten di akun social media business.

keuntungan konten video pendek

Keuntungan Menggunakan Konten Video Pendek

Konten video pendek kini telah menyebar di berbagai platform, mulai dari tiktok, instagram, hingga youtube kini tengah mengembangkan fitur untuk konten video pendek.

Hal ini terjadi sebab konten video pendek menghasilkan keuntungan yang luar biasa bagi kreator dengan kenaikan pengikut serta jangkauan konten berkat video pendek yang disukai oleh komunitas yang dimiliki.

Tidak hanya itu, konten video pendek juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan promosi dan interaksi di social media.

Variasi Konten Video yang Beragam

Saat ini pengguna social media lebih menyukai konten video pendek karena variasi konten yang lebih beragam serta perpindahan konten yang cepat.

Salah satu survey menyatakan sebanyak 58% penonton akan menonton video durasi pendek hingga habis sedangkan jika video tersebut memiliki durasi lebih dari 20 menit maka penonton akan memilih untuk meninggalkan konten tersebut lebih dahulu.

Strategi ini juga telah digunakan oleh iklan di tv dan radio dimana kreator biasanya membuat iklan dengan durasi pendek agar penonton betah untuk melihatnya sampai habis sehingga tidak beralih ke kanal televisi yang lain.

Selain itu, konten video pendek yang bergerak sangat cepat bisa mengurangi waktu menonton video sehingga mengurangi rasa stress saat menonton video dengan durasi yang panjang.

Konten Video Pendek Mudah Dibagikan

Pengguna social media kini menyukai konten video pendek, hal ini terlihat dari banyaknya social media yang mengembangkan fitur video pendek.

Dengan berbagai pilihan ini, kreator bisa memilih target konsumen yang sesuai dengan produk yang anda miliki.

Di sisi lain, jauh sebelum kemunculan konten video pendek, pengguna social media lebih menyukai konten video terutama di platform Facebook, Instagram, dan Youtube, dimana konsumen mencari produk dan layanan baru.

Pencarian produk melalui social media sudah jamak dilakukan saat ini mengingat masing-masing patform social media digunakan sebagai tempat berkumpul pengguna social media dengan relasinya serta membagikan ide serta produk favorit mereka.

Penggunaan konten video pendek tidak hanya digunakan sebagai media komunikasi dengan konsumen yang dimiliki namun sarana kolaborasi dengan brand lain yang memiliki tujuan yang sama.

Pelaku usaha bisa membagikan konten video ke platform Linkedin, Twitter, atau newsletter website untuk menarik perhatian target tertentu dalam membaca penawaran yang diberikan.

Keuntungan lainnya dari menggunakan format tersebut adaah konten video bisa dilihat dari berbagai macam gadget saat santai atau mengisi waktu luang di perjalanan.

Konten Video Mudah Diingat Konsumen

Banyaknya pengguna instagram menjadikan konten social media terus muncul silih berganti sehingga terkadnag membuat kita lupa pada konten yang telah di lihat sebelumnya.

Karenanya agar konten social media anda mudah diingat maka konten video pendek efektif untuk memberikan kesan yang baik di mata pengguna social media.

Hal ini dikarenakan konten video pendek dapat dilengkapi iringan lagu yang membuat tayangan video menjadi lebih menarik dan unik.

Tidak hanya itu, semakin pendek video maka konten tersebut akan memberikan dampak yang luar biasa bagi penontonnya.

Karena itulah, memberikan kesan yang mendalam pada video pendek akan membuat konten anda lebih mudah di kenang oleh penonton video.

Konten Video Mudah Dibuat Kembali

Kehilangan ide saat membuat konten video pendek? maka kreator bisa menggunakan video dengan durasi panjang yang pernah anda unggah sebelumnya.

Dengan cara ini, kreator bisa memotong video panjang dengan durasi yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan serta konteks video.

Agar konten video pendek menjadi lebih menarik maka kreator bisa menambahkan fitur berupa stiker atau iringan lagu di setiap video yang akan diunggah.

Strategi ini tentunya akan menghemat waktu kreator dengan membuat konten video pendek dalam jumlah banyak.

Meskipun begitu, dalam membuat tipe video satu ini pastikan isi video tetap relevan saat di potong sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman penonton.

Berbagai video pendek yang telah dibuat juga bisa dibagikan ke platform social media lain untuk mendapatkan perhatian dari konsumen yang berada di saluran lain.

Pastikan juga video yang dibagikan ke social media lain juga sesuai dengan minat konsumen agar konten anda mendapatkan engagement dan insight yang sama.

Konten Video Sedang Populer

Mau menaikkan engagement social media dengan cepat? Konten video bisa menjadi jawabannya.

Popularitas konten video pendek yang dibawa oleh tiktok ini membuat social media lain akhirnya membuat format yang serupa guan membuat penggunanya tetap bertahan di platform tersebut.

Ketenaran itulah yang membuat konten video pendek mendapatkan engagement yang tinggi dari pengguna social media sehingga memperluas jangkauan video yang anda miliki.

pexels min an 1629200

Ide Konten Video Pendek

Di social media sendiri terdapat berbagai jenis konten video pendek yang bisa anda gunakan sebagai referensi konten di akun yang anda miliki.

Tidak hanya itu, anda juga bisa menggunakan ide tersebut sebagai konten yang disukai konsumen atau promosi campaign yang akan anda jalankan.

Karenanya berikut berbagai ide konten video pendek yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan social media.

photo1655904163

Brand Challanges

Bagi penguna tiktok tentunya tidak asing dengan konten challange yang jamak ditemui di tiktok.

Pada konten challange ini anda bisa menemukan pengguna tiktok yang melakukan tantangan yang sedang naik daun di tiktok.

Semakin banyak orang yang berpartisipasi pada challanges satu ini tentunya akan meningkatkan awareness suatu produk.

Karenanya konten challenges satu ini biasa digunakan oleh sebuah brand untuk mempromosikan produk atau campaign yang dimiliki.

Keuntungan dari aktif mengikuti challenges yang diadakan di tiktok adalah kreator bisa mendapatkan banyak pengikut serta penayangan video yang banyak apabila konten anda memiliki keunikan sendiri yang disukai oleh pengguna tiktok.

Tidak hanya itu, brand challanges sendiri dapat membantu meningkatkan penayangan konten, membangun komunitas, serta melakukan interaksi dengan konsumen yang dimiliki.

Beberapa ide challange tiktok yang biasa ditemui adalah konten dance, lagu, serta penggunaan sound sebagai pengiring konten.

Kolaborasi Iklan dengan Influencer

Banyaknya pengguna social media yang mengakses konten video pendek menjadikan fitur ini juga bisa digunakan sebagai media promosi yang efektif.

Hal ini dikarenakan kreator bisa mengkreasikan konten promosi menjadi lebih keren serta menjangkau pengguna instagram yang lebh luas.

Dalam membuat konten promosi maka kreator tidak hanya membuat iklan sendiri namun juga melakukan kolaborasi dengan influencer lain.

Cara ini dapat membantu menaikkan jumlah penonton yang lebih banyak sehingga campaign anda mendapatkan perhatian dari calon konsumen.

Saat ini, instagram reels pun telah meluncurkan collab post dimana salah satu influencer atau kreator bisa mengunggah konten promosi kemudian melakukan tag pada akun instagram lain.

Fitur baru ini tentunya menguntungkan bagi pengguna instagram karena dapat meningkatkan jangkauan konten instagram sambil mendapatkan pengikut baru dari hasil kolaborasi dengan influencer tertentu.

Selain itu, kreator juga bisa menggunakan cara lain untuk promosi campaign menggunakan iklan berbayar yang ada di social media.

Dengan cara tersebut, kreator bisa mengiklankan campaign yang dimiliki melalui konten video pendek sehingga promosi menjadi lebih menarik di mata pengguna social media.

Fitur instagram reels, tiktok, serta youtube shorts menjadi salah satu media promosi iklan berbayar menggunaka format video yang bisa digunakan oleh kreator di social media.

Konten Teaser Produk

Ingin mendapatkan perhatian konsumen saat merilis produk baru? konten video pendek bisa menjadi solusi yang bagus.

Dengan durasi yang pendek tentunya akan membuat penonton penasaran pada produk yang anda rilis sehingga menjadi bahan perbincangan dengan komunitas yang dimiliki.

Di sisi lain pengguaan konten video pendek sebagai teaser produk dapat memperluas jangkauan video sehingga produk anda ditunggu oleh pengguna instagram yang belum mengikuti produk anda.

Kreator juga bisa mempromsoikan konten video pendek melalui iklan berbayar sehingga video anda dapat menjangkau konsumen yang diinginkan dengan pilihan konsumen dan biaya yang beragam.

Video dengan durasi pendek juga biasa digunakan sebagai media promosi baik melalui social media atau iklan komersial.

Konten promosi produk melalui video pendek juga dinilai menguntungkan karena kreator tidak perlu mengeluarkan biaya yang cukup banyak namun menghasilkan konten yang berpotensi viral serta meningkatkan awareness produk.

Salah satu akun social media business yang menggunakan konten video pendek sebagai media teaser produk adalah brand kecantikan white lab.

Dalam promosinya, akun satu ini mengunggah teaser produk berupa kemasan baru dari salah satu barang yang dimiliki dengan menonjolkan kelebihan yang dimiliki.

Pengemasan video yang apik membuat penonton penasaran untuk melihatnya serta aktif melakukan interaksi di konten tersebut guna mengekspresikan rasa gembira para perilisan produk tersebut.

Konten Behind the Scene

Sebagai penggemar suatu brand atau produk tertentu biasanya konsumen penasaran akan kegiatan di balik layar dari produk yang anda miliki.

Tidak hanya itu, apabila kreator melakukan kolaborasi dengan influencer atau artis terkenal tentunya banyak penggemar yang penasaran dengan proses pengambilan gambar dengan artis tersebut.

Karenanya untuk mengurangi rasa penasaran konsumen maka kreator bisa mengembangkan konten behind the scene.

Melalui konten satu ini, kreator bisa memberi tahu sedikit proses di balik layar promosi campaign yang sukses di mata konsumen.

Penggunaan konten video pendek tentunya cocok sebagai video behind the scene guna meringkas proses kolaborasi dengan singkat.

Tidak hanya itu, apabila antusiasme pengguna social media terhadap konten anda menjadi meningkat maka anda bisa mengunggah konten berseri agar konsumen terus menerus melihat konten yang anda sajikan.

Dengan menampilkan konten behind the scene akan menampilkan keautentikan dan transparansi sebuah brand dengan video durasi pendek yang dapat terhubung dengan konsumen.

Tidak hanya menampilkan konten behind the scene promosi campaign namun kreator juga bisa memperlihatkan kehiduapan team yang anda miliki.

Cara ini dapat meningkatkan kedekatan satu sama lain serta membuat konsumen mengenal orang-orang di balik layar brand yang anda sukai.

Konten behind the scene yang melakukan kolaborasi dengan karyawan yang dimiliki juga banyak diguanakn oleh berbagai akun social media business tentunya dengan format yang unik dan menarik.

photo1655908766

Konten Edukasi

Tidak hanya konten komedi yang mendapatkan banyak perhatian dari pengguna social media namun konten edukasi juga sering di tonton di instagram atau tiktok.

Pemberian konten edukasi juga cocok dibagikan ke pengikut yang dimiliki guna memberikan pengetahuan baru mengenai brand atau produk yang anda jalankan.

Di sisi lain, penggunaan konten edukasi bisa bertahan dalam jangka waktu lama karena informasi yang terus diperbarui serta sering dilihat oleh pengguna instagram.

Konten edukasi di social media pun beragam, mulai dari konten penjelasan langsung atau mengguankan gambar yang menarik.

Guna menarik perhatian pengguna social media dalam melihat konten edukasi maka kreator bisa memulai untuk mengangkat masalah yang banyak dihadapi oleh pengguna social media.

Dengan membahas masalah tersebut maka akan semakin banyak orang yang melihat video anda serta membagikannya ke orang.

Kreator juga bisa mendapatkan inspirasi konten edukasi dari berbagai sumber, mulai dari komentar konsumen atau direct message yang masuk ke profile social media business anda.

Tidak hanya itu, kreator juga bisa membuat konten tanya jawab guna mengetahui serta mengumpulkan masalah konsumen untuk dijadikan konten edukasi.

Salah satu kreator yang kerap kali mengunggah konten edukasi adalah akun tiktok vina maulina yang kerap kali membagikan konten tips wawancara kerja.

Tidak hanya itu, agar konten video pendek yang dimiliki memiliki lebih banyak penonton serta menjangkau konsumen yang lebih luas maka anda bisa menggunakan hastag yang berhubungan dengan konten yang dimiliki atau menjadi penanda konten anda di social media.

photo1655906499

Konten Tutorial Produk

Saat peluncuran produk baru, terkadang konsumen penasaran dengan cara penggunaan produk guna mendapatkan hasil yang maksimal.

Rasa penasaran ini wajar muncul apabila produk yang anda luncurkan belum dimiliki oleh kompetitor lain serta belum dikenali oleh konsumen.

Agar konten tutorial produk mudah dipahami dan dipraktekan oleh konsumen maka kreator bisa menggunakan knten video pendek.

Hal ini dilakukan karena konten video pendek akan langsung masuk ke tutorial produk tanpa perlu cara yang bertele-tela.

Namun, agar konten tutorial produk menjadi lebih menarik maka kreator bisa menambahkan sisi kreativitas anda agar penonton tidak bosan melihat video tutorial yang anda sajikan. Kreator juga bisa fokus pada satu topik tertentu guna memanfaatkan durasi video pendek.

Di sisi lain, penggunaan konten edukasi juga menguntungkan bagi sebuah brand atau produk karena konsumen akhirnya memutuskan untuk membeli produk tertentu berkat konten tutorial yang dilihat di social media.

Menjawab Pertanyaan Konsumen

Sebuah produk yang mendapat perhatian dari pengguna social media tentunya akan menimbulkan banyak rasa penasaran hingga timbul pertanyaan di benak konsumennya.

Tak jarang pembeli bertanya mengenai keuntungan produk di kolom komentar atau direct message, karenanya guna menjawab pertanyaan konsumen maka kreator bisa mengunggah konten tanya jawab di video pendek.

Dengan menggunakan konten video pendek maka kreator bisa menjawab pertanyaan konsumen dengan jelas dan mudah dipahami.

Tidak hanya itu, konten tanya jawab tersebut juga bagus sebagai media interaksi dan komunikasi dengan konsumen guna meningkatkan kedekatan satu sama lain.

Kreator bisa menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan oleh konsumen dalam satu video atau menjawab melalui reply video yang biasa ditemukan di layanan tiktok atau instagram reels.

photo1655946169 1

Konten Video Campaign

Guna meningkatkan interaksi dengan konsumen yang dimiliki serta menjangkau calon pembeli baru, biasanya sebuah brand mengadakan event khusus atau bergabung dengan acara tertentu untuk mempromosikan produk yang dimiliki.

Sayangnya, pada acara tersebut tidak semua konsumen bisa hadir dan menikmati event yang telah anda adakan.

Karenanya guna mengobati rasa rindu konsumen maka kreator bisa membuat video campaign mengenai acara yang telah dilakukan.

Dengan mengunggah rangkuman video tersebut di social media maka pengikut anda mengetahui jalannya acara tersebut meskipun sedang tidak mengikuti event yang diadakan.

Di sisi lain, strategi ini cocok sebagai media promosi yang mampu menarik minat konsumen untuk mendatangi acara tersebut di waktu yang akan datang.

Pesan dan Kesan dari CEO Brand

Bagi konsumen yang menyukai sebuah brand atau produk tentunya juga penasaran dengan orang di balik layar yang dapat mengembangkan produk yang anda sukai.

Hal ini juga berlaku apabila sebuah produk laku di pasaran yang tentunya mengundang rasa penasaran mengenai pendiri dari brand tersebut.

Konten video pendek berisi pesan dari CEO brand juga bagus untuk meningkatkan koneksi dengan konsumen untuk mengetahui pelopor dari brand yang sedang diperbincangkan khalayak ramai.

Video pendek dari CEO brand bisa berisi ucapan hari raya atau apresiasi kepada konsumen yang telah memercayakan produk yang telah dikembangkan.

Dengan komunikasi yang erat dengan konsumen maka akan meningkatkan koneksi antara pelanggan dengan brand yang dimiliki.

Sumber :

10 Short-Form Video Trends to Watch Out for in 2022 (influencermarketinghub.com)

The 11 Types of Short-Form Video You Can Leverage TODAY (nealschaffer.com)

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.