Kenali Internet Marketing Lebih jauh

Kenali Internet Marketing Lebih Jauh, Yuk!

Semenjak teknologi berkembang pesat. Segala sesuatu erat kaitannya dengan internet. Seperti proses pemasaran digital yang satu ini, yakni internet marketing.

Penyesuaian laman pemasaran ini juga disesuaikan dengan minat masyarakat yang mengakses informasi. Sehingga para pebisnis harus lebih paham apa yang dibutuhkan oleh pasar.

Dalam perkembangannya, internet marketing cukup mampu meningkatkan penjualan dan juga awareness masyarakat terhadap sebuah bisnis. Cara ini lebih efektif dibandingkan dengan promosi manual dan konvensional lainnya.

Bahkan jika ditelusuri lebih baik biaya dan eksekusinya juga lebih praktis untuk dilakukan.

apa itu internet marketing

Apa Itu Internet Marketing?

Sebelum masuk ke pembahasan yang lebih mendalam. Anda perlu tahu terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan internet marketing. Kegiatan atau proses promosi yang melibatkan segala bentuk penggunaan internet untuk mengenalkan produk dan meningkatkan penjualan.

Tujuannya tentu tetap sama seperti promosi pada umumnya hanya saja platform yang digunakan adalah internet. Metode penjualan yang satu ini dianggap lebih efektif dalam memenuhi kebutuhan penjualan era modern.

Hal ini dikarenakan sebagian besar orang mencari kebutuhannya di internet dengan memunculkan beberapa keyword tertentu. Kemudian internet langsung memberikan rekomendasi apa yang sedang dibutuhkan.

Berdasarkan hal ini para pebisnis tentunya harus lebih terbuka dan menerima perubahan untuk beralih menggunakan internet marketing. Pemasaran yang satu ini juga memiliki bentuk yang beragam untuk digunakan sesuai kebutuhan.

Layaknya promosi pada umumnya untuk mendapatkan jenis yang tepat memang dibutuhkan analisa pasar dan juga kelayakan produk terlebih dahulu. Sehingga biaya dan sasaran yang dilakukan lebih tepat menuju apa yang dibutuhkan.

Namun tetap disarankan untuk menggunakan lebih dari satu element agar hasilnya lebih optimal. Ada beberapa macam karakteristik yang bisa dijadikan sebagai acuan untuk melihat penggunaan internet marketing ini untuk perusahaan.

Pertama, terjadinya komunikasi bukan hanya dua arah namun lebih dari itu yang terus mendiskusikan terkait produk maupun jasa yang dijual belikan. Kedua, komunikasi yang dibuka lebih responsif bahkan ada yang menyediakan sampai 24 jam tanpa henti.

Ketiga, tipe promosi yang digunakan lebih meluas dan cocok untuk siapa saja yang membutuhkan. Keempat, tipe promosi yang digunakan juga fleksibel dengan memanfaatkan beberapa platform yang mendukung proses pemasarannya.

Seperti halnya penggunaan website, media sosial dan juga platform lain yang memungkinkan untuk digunakan. Pemilihannya juga harus menyesuaikan dengan kesesuaian produk maupun jasanya.

Internet marketing adalah solusi terbaik untuk mendapatkan konsumen yang sering menggunakan internet untuk mencari informasi.

Cara ini juga memungkinkan pencarian produk maupun jasa nantinya akan berada di atas. Hal ini dikarenakan laman yang sering dikunjungi atau banyak direkomendasikan.

Perlu dipahami dalam internet marketing ini juga memiliki beberapa elemen penting yang sangat berpengaruh di dalamnya. Seperti halnya penggunaan sales, systemize follow up, social media marketing, SEM, Email marketing, SEO, E-commerce dan juga website.

Semua element ini bisa dipilih beberapa yang lebih sesuai untuk menunjang penggunaan pemasarannya. Meskipun terlihat sangat sederhana namun Anda perlu tahu kalau dalam pelaksanaannya tidak boleh asal-asalan.

Dibutuhkan analisa yang tepat untuk mendapatkan tempat yang sesuai dalam melakukan proses pemasarannya. Hal ini disesuaikan dengan situasi pasar dan juga tipe produk yang akan dipasarkan.

Jika beberapa kriteria sudah memenuhi maka platform terkait bisa digunakan dengan mudah. Kesalahan yang banyak terjadi dalam dunia internet marketing ini adalah hanya ikutan trend saja.

Mereka berbondong-bondong menggunakan laman yang lebih ramai untuk membuat promosi besar-besaran. Ternyata meskipun ramai platform terkait tidak cocok untuk pencarian produk terkait.

Alhasil terlanjur keluar biaya banyak namun hasil pemasarannya tidak maksimal. Perhatikan juga sisi audience dan juga produk yang akan dipasarkan.

contoh internet marketing

Contoh-Contoh Internet Marketing

Setelah mengenal pengertian dari internet marketing tentunya Anda sudah penasaran dengan contoh-contohnya. Hal ini juga dijadikan acuan untuk memulai pelaksanaan pemasaran yang lebih sesuai. Adapun contoh yang dimaksud bisa dilihat di bawah ini:

Forum Jual Beli

Contoh pertama dari internet marketing ini bisa ditemukan cukup mudah saat ini. Biasanya bentuknya seperti grup yang khusus menjual sesuatu dan pembeli yang membutuhkan sesuatu.

Sebenarnya forum ini ada yang bentuknya formal dan ada yang bebas mau posting apa saja. Pemasaran seperti ini sangat mudah karena hanya perlu foto produk atau jasa dan penjelasan kemudian siap diposting.

Dikarenakan usaha yang dilakukan juga sangat sedikit sehingga memungkinkan juga tidak banyak orang yang tertarik. Biasanya hanya orang yang sangat urgent membutuhkan sesuatu barulah membuka forum ini.

Forum ini cocok juga untuk diskusi atau hanya sekedar berbagi informasi terkait produk yang dijual belikan. Dibutuhkan admin khusus atau balasan otomatis agar pelanggan yang sekiranya tertarik dengan postingan Anda bisa mendapatkan balasan dengan cepat.

Email Marketing

Jenis berikutnya dari internet marketing yang bisa digunakan adalah email marketing. Sesuai dengan namanya proses pemasaran yang satu ini memang menggunakan email sebagai bentuk usaha untuk menarik minat pembelinya.

Biasanya perusahaan akan menyimpan data yang dimasukkan oleh pelanggan ketika mengunjungi website mereka. Cara ini lebih halus dan banyak juga yang berhasil menggunakannya.

Mereka akan fokus untuk siapa saja yang sekiranya sudah datang ke website dan mengingatkan kembali terkait promo maupun penawaran melalui emailnya.

Email ini juga dibuat sangat sopan dan semenarik mungkin agar pelanggan bisa nyaman, pengirimannya pun juga harus diperhatikan jangan terlalu sering karena bisa membuat pelanggan menjadi terganggu.

Trik khusus yang bisa dilakukan adalah membuat subjek email yang informatif namun menarik minat untuk dibuka. Jangan lupa untuk menggunakan kata sapaan berupa nama dari pemilik email.

Berikutnya kirimkan email di jam-jam istirahat namun jangan juga waktu tengah malam. Dengan begitu frekuensi email yang dikirim akan dibuka juga lebih banyak.

Video Marketing

Jenis berikutnya dari internet marketing yang digunakan adalah video marketing. Sesuai dengan namanya maka fitur yang digunakan untuk promosi adalah video.

Biasanya video lebih banyak disukai karena menjelaskan produk atau jasa dengan cukup lengkap. Apalagi jika pengambilan videonya juga niat tentu akan menunjang banyak orang yang tertarik.

Ada banyak platform yang bisa digunakan untuk membuat video marketing ini. Hanya saja yang paling banyak digunakan dan ramai pengunjungnya adalah Youtube.

Apalagi saat ini Youtube juga tidak membatasi durasi video yang harus dimasukkan. Anda bisa menggunakan jasa Youtuber ataupun membuat akun sendiri untuk melakukan upload videonya.

Marketplace

Internet marketing yang keempat dan juga banyak digunakan adalah marketplace. Marketplace ini bentuknya berupa website dan isinya banyak orang jualan di dalamnya.

Saat ini bentuk dari marketplace juga sudah banyak pilihannya. Disarankan untuk menggunakan dua atau tiga jenis marketplace yang sekiranya banyak pengunjung yang tertarik.

Marketplace ini cocok untuk Anda yang belum memiliki atau ingin memperluas pengetahuan pelanggan terhadap produknya. Keuntungan menggunakan marketplace tentu sangat banyak bagi para pengusaha.

Pertama, untuk bergabung di dalamnya gratis jadi perusahaan tidak dipungut biaya apapun untuk menjual produk maupun jasanya. Kedua, ketika pelanggan mengetikkan produk yang dibutuhkan bisa memungkinkan toko Anda yang direkomendasikan.

Ketiga, ada banyak gratis ongkir dan diskon dari marketplace sehingga menarik minat pembeli lebih mudah. Keempat, akses dari marketplace saat ini sangat mudah karena sudah tersedia dalam bentuk aplikasi maupun websitenya.

Jadi siapapun bisa mengakses dengan mudah tanpa terbatas harus menggunakan platform apa.

Mesin Pencari

Jenis berikutnya dari internet marketing adalah mesin pencari. Mesin pencari ini seperti Google, Yahoo, Chrome dan mesin pencarian lainnya yang banyak digunakan.

Banyak cara yang bisa dimaksimalkan untuk membuat produk atau website yang dimiliki selalu ada di bagian atas. Anda bisa menggunakan banyak cara untuk memaksimalkan mesin pencarian ini sebagai marketing yang menjanjikan.

Seperti halnya penggunaan artikel SEO ataupun artikel dengan model soft selling yang lebih sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Cara penjualan yang satu ini lebih mudah mendapatkan pembeli karena bahasa yang digunakan mudah untuk dipahami. Sementara kegiatannya juga tidak langsung atau terang-terangan sedang berjualan sesuatu.

Mesin pencarian ini sangat cocok digunakan untuk Anda yang menggunakan website sendiri. Namun tidak menutup kemungkinan juga untuk Anda yang masih menggunakan marketplace dan sosial media.

Keduanya bisa dihubungkan dengan baik melalui link hidup yang nantinya diletakkan di dalam sosial media untuk internet marketing.

Sosial Media

Cara yang satu ini sangat banyak digunakan dalam pengguna internet marketing. Apalagi pengguna sosial media juga banyak orangnya. Anda hanya perlu memilih jenis sosial media yang akan digunakan untuk fokus mempromosikan produk ataupun jasanya.

Barulah bisa fokus untuk membuat konten yang sesuai dengan media sosialnya. Seperti halnya yang sedang ramai digunakan adalah Instagram dan Tiktok. Untuk Instagram sendiri sudah banyak jenis konten yang bisa dimasukkan.

Seperti video untuk feed, IG TV dan Insta Story. Sebenarnya jenis videonya bisa sama namun yang membedakan hanya bagian durasinya saja. Kemudian Instagram ini juga lekat dengan posting produk dan caption tanpa batas.

Apalagi saat ini ada fitur baru yakni reels yang mumpuni untuk digunakan. Sementara untuk Tiktok ini lebih fokus pada pembuatan video singkat. Jadi Anda diwajibkan untuk langsung fokus pada bagian produk dan keunggulannya.

Agar lebih maksimal untuk penggunaan sosial media ini disarankan menggunakan jasa influencer agar kontennya lebih beragam. Anda sendiri yang bisa menentukan berhasil tidaknya internet marketing yang dihasilkan.

keunggulan

Keunggulan Penggunaan Internet Marketing

Dalam penggunaannya internet marketing ini jelas memiliki beberapa keunggulan untuk dipertimbangkan. Adapun keunggulan yang dimaksud bisa dilihat sebagai berikut:

Modal yang Ringan

Dibandingkan menggunakan pemasaran yang konvensional Anda perlu tahu bahwa penggunaan internet marketing ini membutuhkan modal yang lebih minim.

Anda hanya perlu fokus untuk membuat desain dan penyampaian yang menarik kemudian langsung upload ke platform yang diinginkan. Tentunya hal ini lebih praktis dibandingkan cara penawaran yang biasanya.

Modal yang ringan ini juga menjadi solusi untuk usaha yang baru saja berkembang namun ingin mendapatkan peningkatan penjualan yang lebih baik. Anda bisa memilih beberapa jenis untuk difokuskan dan disesuaikan dengan produknya.

Kemudian barulah bisa mempromosikan produk dengan lebih mudah. Modal yang ringan ini juga berkaitan dengan sisi keefisienan yang diberikan.

Jangkauan Lebih Luas

Keunggulan kedua ketika menggunakan pemasaran ini adalah jangkauan lebih luas. Dibandingkan harus repot melakukan face to face dan pemasaran konvensional menggunakan brosur tentu saja penggunaan internet ini lebih menjanjikan.

Hal ini dikarenakan pemasaran ini mampu menjangkau pemasaran yang lebih luas. Biasanya jika pemasaran konvensional akan terbatas dengan wilayah dan waktu. Tentunya hal ini juga akan banyak menghabiskan tenaga tanpa hasil yang jelas.

Sementara untuk penggunaan internet ini Anda hanya perlu posting dan membalas komentar. Selebihnya akan lanjut pada pengetahuan brand dengan bonus pembelian.

Efisien

Penggunaan internet marketing ini juga termasuk sangat efisien untuk digunakan. Anda hanya perlu waktu beberapa detik sampai menit saja untuk menyebarkan informasi pada para konsumen yang membutuhkan.

Hal ini tentunya cukup berbeda ketika menggunakan pemasaran yang konvensional. Anda diharuskan datang ke lokasi terkait dan berpindah-pindah sehingga lebih memakan waktu dan biaya.

Tanpa Batasan

Penggunaan internet marketingini juga tidak memiliki batasan waktu. Anda tidak memiliki batasan tertentu ketika menggunakan internet ini. Tidak ada batasan pasti dan bebas berselancar mencari apa yang diinginkan.

Hal ini juga sangat menguntungkan bagi pelaku bisnis untuk memperluas marketing yang dilakukannya.

Lebih Mengglobal

Anda tidak perlu ragu untuk melakukan pemasaran karena antara pembeli dan penjual tidak memiliki batasan khusus yang harus diperhatikan. Sebagai contohnya untuk penjual yang ada di Jakarta tidak menutup kemungkinan bisa melayani pembeli di Surabaya.

Hanya dengan platform internet ini penjualan menjadi lebih luas dan menguntungkan. Kedua belah pihak ini juga bebas untuk saling membalas komentar dan pesan yang ada di sosial media maupun platform lainnya.

Apalagi dalam berjualan juga tidak hanya fokus mendapatkan keuntungan namun juga pelanggan yang setia.

Banyak Program yang Bisa Dicanangkan

Keuntungan menggunakan cara pemasaran ini adalah ada banyak program yang bisa dimasukkan tanpa perlu terbatas dengan anggaran. Anda hanya perlu membuat video atau foto kemudian memposting dengan caption yang mendukung.

Seperti halnya pemberitahuan terhadap informasi diskon dan juga penawaran menarik. Dengan begitu pelanggan akan langsung tahu promo yang diberikan.

fin

Online Marketer Lebih Responsif

Cara pemasaran ini banyak disukai oleh pelanggan karena memiliki sisi responsif yang lebih baik dibandingkan cara konvensional. Dikarenakan semua aksesnya mudah maka pelanggan bisa mudah bertanya melalui platform yang tersedia.

Penjual juga langsung mengetahui notifikasinya dan membalas sesuai pertanyaan yang diajukan. Hal ini membuat hubungan antara pembeli dan penjual menjadi lebih dekat dan membaik.

Tentunya Anda sudah banyak mendengar CS yang online sampai 24 jam. Pelayanan ini yang lebih dicari daripada CS yang offline karena hanya bekerja dalam waktu tertentu saja. Anda juga tidak perlu kemana-mana hanya perlu ponsel dan internet.

Anda perlu tahu dalam internet marketing ini semuanya bisa mungkin untuk dilakukan. Alasannya adalah tidak ada batasan ruang dan waktu untuk posting dan membuat pengumuman apa saja.

Sehingga pertemuan pembeli dan penjual juga menjadi lebih mudah. Hal inilah yang membuat proses pembelian terjadi secara cepat dan tepat.

Jangan lupa kunjungi social media marketer di socialmediamarketer.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.