kesalahan promosi di tiktok

3 Kesalahan Promosi di Tiktok yang Harus Diubah

Menghabiskan waktu dengan bermain social media memanglah menyenangkan. Berbagai konten dapat di temukan mulai dari gambar yang menghibur di Instagram dan Facebook hingga video-video lucu yang ada di Tiktok dan Youtube bisa membantu untuk menghilangkan penat.

Tidak hanya digunakan untuk menambah teman dan juga menemukan hiburan baru, social media kini juga menjadi sarana promosi yang bagus dengan mudah dan murah.

Banyak penjual kini sudah mulai memasarkan produknya melalui berbagai platform komunikasi dengan berbagai konten yang ada, mulai dari tulisan, gambar, hingga video pendek dengan tujuan agar produknya dikenal dan mendapatkan banyak konsumen.

Salah satu social media yang kini ramai dijadikan tempat promosi adalah Tiktok. Aplikasi ini mulai naik di sekitar tahun 2020 berkat berbagai konten video pendek yang lucu dan menghibur.

Aplikasi yang mulai muncul di tahun 2016 ini fokus mengembangkan konten video baik berupa edukasi, tarian, komedi, atau promosi yang bisa diakses oleh penggunanya secara mudah.

Bahkan banyak juga konten Tiktok saat ini yang merambah ke berbagai aplikasi lain menunjukkan bahwa Tiktok saat ini sudah mulai menguasai berbagai sisi dunia maya.

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan berbagai fitur yang menarik dan dapat membantu untuk membuat konten menjadi lebih menarik dan ditonton oleh banyak orang dari seluruh penjuru dunia.

Tiktok sendiri sudah mulai merambah berbagai kalangan dari muda hingga tua, sehingga tak heran banyak brand produk tertentu mulai merambah akun ini untuk mempromosikan produknya.

Karenanya,seorang penjual yang mampu untuk membuat konten video yang menarik juga dapat membantu untuk menaikkan penjualan produk sehingga menguntungkan penjualan.

Sayangnya, tak semua penjual berhasil melakukan promosi di Tiktok. Beberapa kesalahan kecil bisa berdampak besar pada konten Tiktok yang dibuat sehingga tidak dilirik oleh pengguna lain.

Karenanya agar akun Tiktok yang dimiliki bisa dilirik oleh banyak orang dan membantu meningkatkan penjualan, maksimalkan dulu beberapa fitur ini untuk membuat konten yang menarik.

Fitur-fitur Andalan Tiktok

Fitur-fitur Andalan Tiktok

Sama seperti social media lainnya yang memiliki banyak fitur untuk mendukung berbagai konten andalan yang dimiliki, Tiktok sendiri juga menyediakan  berbagai pilihan edit video yang menarik dan membantu untuk menaikkan postinganmu.

Berikut beberapa fitur-fitur andalan Tiktok yang di bisa dipelajari dan digunakan dengan mudah.

Backsound Music

Saat menmutar video baik di Youtube atau Tiktok, biasanya pengguna ikut mendengarkan berbagai backsound music yang menarik. Penggunaan musik ini selain menjadi daya tarik video juga bisa menjadi musik latar yang membuat penonton betah.

Tiktok sendiri menyediakan berbagai macam backsound music yang bisa digunakan oleh penggunanya, mulai dari lagu hingga narasi suara yang dibuat oleh orang lain. Tidak jarang, sebuah lagu bisa melejit cepat berkat seringnya digunakan di berbagai video Tiktok.

Pengguna sendiiri bisa menggunakan berbagai backsound yang sedang viral atau melakukan recycle konten dari suara tersebut agar bisa mudah dilirik oleh pengguna lain.

Hal ini karena alogoritma Tiktok sendiri yang ikut membantu menaikkan konten apabila pengguna menggunakan backsound music.

Filter Video

Saat menggunakan berbagai aplikasi edit video atau menggunakan Instagram, biasanya pengguna dapat dengan mudah menggunakan filter video yang dapat mempercantik diri.

Tiktok sendiri juga menyediakan berbagai fitur filter lucu yang bisa digunakan untuk konten promosi. Karenanya pilihlah filter yang cocok dengan konten yang dibuat agar menarik lebih banyak penonton ke konten anda.

Sticker dan Efek Video

Banyak social media yang saat ini menggunakan stiker sebagai media komunikasi. Penggunaan stiker baik di WhatsApp, Line, atau Facebook juga membantu agar percakapan menjadi lebih santai.

Tidak hanya itu, Tiktok juga terdapat berbagai filer yang bisa dimanfaatkan untuk membuat konten yang menarik, diantaranya : efek visual, efek stiker, efek transition, efek split, dan juga efek waktu.

Perpaduan kedua fitur ini bisa membuat konten yang dibuat terlihat lebih unik dan kreatif.

Voice Changer

Sudah buat konten tiktok yang menarik namun masih tidak pede dengan hasil suaranya? Apabila menemukan kendala ini, pengguna bisa menggunakan fitur voice changer yang dapat mengubah suara asli ke dalam berbagai efek suara yang dimliki Tiktok.

Penggunaan filter suara ini pun bisa membuat konten memiliki keunikan tersendiri karena terdapat berbagai pilihan suara yang bisa diakses dengan mudah.

Cara membuatnya pun pengguna tinggal merekam suara yang ingin dimasukkan atau memilih dari galeri lalu pilih voice effect.

Auto Captions

Video tiktok yang tersebar secara mudah dan luas akhirnya bisa membuat penonton dari Indonesia melihat akun video dari negara lain berkat adanya logaritma yang dimiliki Tiktok.

Sayangnya penggunaan bahasa asing ini terkadang membuat pendengar bingung mengenai isi dari percakapan tersebut dan berujung dengan melewatkan video tersebut.

Untung saja saaat ini Tiktok menyediakan fitur auto captions yang bisa diaktifkan atau di non aktifkan oleh pengguna untuk mengetahui isi dari percakapan video dengan mudah.

Fitur ini bisa di manfaatkan juga oleh penjual yang ingin memberikan isi dari video dengan mudah tanpa perlu menulisnya satu persatu secara manual.

Perlindungan dari Haters

Sebuah akun yang memiliki penggemar yang banyak tak jarang juga bisa kedatangan komentar-komentar jahat atau negatuf yang tentu saja dapat mempengaruhi pandangan orang terhadap konten anda.

Karenanya agar hal ini tidak terjadi, pengguna bisa melaporkan berbagai konten jahat ke Tiktok.

Caranya adalah dengan klik komentar yang dituju lalu pilih Laporkan, pengguna akan diberikan alasan mengapa melaporkan akun tersebut, pililah alasan yang sesuai dan kemudian Tiktok akan memproses laporan komentar tersebut.

Viralkan Konten dengan Unique Engagement Solution

Tidak hanya berbagai konten lucu yang menghibur, pengguna juga bisa menamukan konten berupa tanya jawab yang bisa dibalas dengan menggunakan fitur Stitch.

Penggunaan fitur ini bisa anda isi dengan berbagai pengalaman lucu saat berjualan atau proses pembuatan barang sehingga konsumen bisa mengetahui behind the product dari barang yang anda produksi.

Selain itu, jika menggunakan konten interaksi yang tengah viral maka konten anda juga bisa naik dengan mudah dan diketahui oleh pengguna lain di luar pengikut anda.

Keuntungan Promosi di Tiktok

Keuntungan Promosi di Tiktok

Banyaknya orang yang aktif menggunakan Tiktok dan disertai juga dengan berbagai fitur yang tersedia membuat pengguna bisa mengkreasikan berbagai konten promosi secara mudah dan kreatif.

Tidak hanya itu, Tiktok sendiri juga menyediakan berbagai fitur yang dapat digunakan oleh penjual untuk mempromosikan produknya dan bahkan melalukan transaksi langsung melalui fitur live streaming.

Karenanya ketahui dulu beberapa keuntungan yang di dapatkan dengan mempromosikan bisnis jualan di Tiktok

Lebih Profesional dengan Tiktok For Business

Penggunaan social media sebagai sumber promosi bagi banyak penjual menjadikan berbagai platform komunikasi ini menyediakan fitur khusus untuk penjual.

Tidak hanya, Facebook dan Instagram yang menyediakan fitur Fanpage namun kini Tiktok pun menyusul dengan meluncurkan layanan Business.

Layanan ini pun bisa membantu penjual agar akun yang dikembangkan terlihat lebih prefosional sehingga dapat meningkaktkan brand awareness.

Tiktok For Business sendiri juga menyediakan berbagai fitur yang berbeda dengan Tiktok biasa. Berikut beberapa layanan yang bisa di akses di Tiktok For Business.

  • Performance Tracking : Analisa dan evaluasi konten yang telah dibuat dengan mudah melalui fitur ini. Kembangkan konten menarik yang disukai konsumen dan analisa kapan waktu terbanyak pengguna mengakses konten anda.
  • Tiktok Ads : Sebarkan akun anda lebih luas dan bertarget dengan menggunakan fitur iklan berbayar dari tiktok. Pilih anggaran dan konten yang sesuai serta siarkan akun anda kepada konsumen yang tepat.

Promosikan Produk dengan Tiktok Live dan Shop

Merasa akun anda sepi dan jarang ada komunikasi dengan pelanggan? Inilah saat yang tepat untuk melakukan komunikais dengan pelanggan melalui siaran langsung dengan Tiktok Live.

Melalui fitur ini pengguna dapat berkomunikasi dengan pelanggan secara langsung dengan mudah. Penjual pun dapat menjual berbagai produknya secara langsung sehingga membuat pembeli tertarik.

Tak hanya itu, penjual juga bisa mengenalkan varian baru produknya dengan melakukan siaran langsung agar pembeli bisa lebih mengenal produk tersebut dan tertarik untuk membeli.

Bagi penjual yang belum pernah melakukan siaran langsung sebelumnya bisa mempromsoikan siaran ini melalui konten giveaway yang diadakan saat siaran langsung sehingga akan menarik konsumen yang datang.

Promosikan juga jadwal siaran langsung ini melalui berbagai social media yang ada agar pembeli pun bisa menyediakan waktu khhusus untuk mengikuti sesi siaran langsung yang anda lakukan.

Tidak hanya itu, trend berbelanja melalui social media seperti yang ada di Facebook Shop juga membuat Tiktok mulai membuka peluang bagi penjual yang ingin menjual barangnya di Tiktok

Melalui Tiktok Shop ini, penjual dapat menjual barangnya dengan mudah dan bisa diakses langsung oleh pembeli sesaat setelah melihat produk yang dipasarkan di siaran langsung.

Layanan ini pun juga menyediakan berbagai fitur yang menguntungkan bagi pembeli dan penjual, diantaranya melakukan jual beli dengan mudah saat siaran langsung berlangsung

Pendaftaran akun Tiktok Shop sendiri pun bisa dilakukan dengan cepat, pengguna hanya perlu mengubah akun ke akun bisnis kemudian jangan lupa juga unduh aplikasi Tiktok for Seller.

Setelah aplikasi Tiktok for Seller berhasil diunduh pengguna bisa mendaftar melalui email dari akun Tiktok yang dimiliki, isikan juga berbagat data pribadi yang dibutuhkan seperti nomor telepon dan email agar memudahkan dalam menjual barang.

Isi juga profile seller dengan nama usaha yang dijalankan dan juga jenis usahanya, Apabila semuanya sudah lengkap maka klik Lanjutkan.

Apabila semua data sudah terisikan maka anda bisa berjualan dengan mudah di Tiktok ke semua pengikut dan juga konsumen Tiktok lainnya.

Konten Menarik Akan Cepat Trending

Salah satu keunggulan dari menggunakan Tiktok adalah cepatnya konten yang diproduksi naik dengan cepat. Hal ini bisa dilakukan dengan cara melakukan recycle konten yang sedang naik daun atau menggunakan berbagai sound yang terkenal.

Namun, pengguna juga bisa mengkreasikan berbagai konten yang bisa digunakan untuk mengenalkan produk anda.

Beberapa konten yang bisa digunakan adalah konten unboxing produk sehingga konsumen bisa melihat packaging serta isi dari produk yang diperjualbelikan.

Selain itu, pengguna juga bisa menggunakan konten review, untuk mengenalkan produk yang baru saja diluncurkan sehingga bisa akrab di mata konsumen atau pengunjung baru.

Tidak hanya itu, pengguna juga bisa menggunakan konten behind the product yang memperlihatkan konten produksi sehingga bisa menarik konsumen setelah melihat proses pembuatan yang unik.

Jadi konten tiktok mana yang ingin anda kembangkan?

3 kesalahan promosi di tiktok

3 Kesalahan Promosi di Tiktok

Sudah sering buat konten di Tiktok dan mengikuti trend yang ada namun postingan tidak mendapatkan respon yang diinginkan? Mungkin saja anda melakukan beberapa kesalahan kecil yang akhirnya berdampak besar bagi akun anda.

Karenanya agar konten yang dimiliki bisa semakin naik, ketahui dulu beberapa kesalahan dalam promosi di Tiktok agar konten anda bisa dijangkau oleh banyak konsumen.

Kurangnya Ekspolorasi Konten Tiktok

Banyaknya ide konten yang ada di Tiktok terkadang membuat penjual bingung untuk memilih konten yang cocok dengan jualannya sehingga hanya membuat konten yang sedang naik daun tanpa memperhatikan isinya.

Hal ini akhirnya membuat konten yang dibuat tidak diminati oleh penonton lainnya. Jika hal ini dibiarkan terus menerus tentu akan membuat konten kita susah naik dan konsumen yang diinginkan pun tidak kunjung datang.

Karenanya agar konten semakin naik, penjual bisa melakukan ekplorasi dengan menggunakan berbagai efek yang tersedia. Agar semakin naik, padukan juga dengan lagu yang sesuai dengan efek tersebut.

Penjual juga bisa menambahkan teks di tengah-tengah video sebagai deskripsi barang, hal ini dilakukan karena terkadang penonton tidak mendengarkan suara dari video dengan jelas sehingga penggunaan teks akan membanti dalam mendeskripsikan barang atau lokasi penjualan.

Pilihlah teks dengan ukuran yang bisa dilihat oleh mata konsumen dan juga diikuti dengan pemilihan font yang tepat agar video semakin estetik.

Tidak hanya melakukan recycle pada konten yang sedang naik daun, penggunaan hastag juga dapat mengkatrol konten sehingga bisa dilihat oleh orang banyak.

Penjual bisa menggunakan berbagai hastag yang sedang trending di fitur Temukan lalu pilih 3 hastag yang sedang naik daun. Padukan juga dengan tagar produk atau yang sesuai dengan barang yang dijual sehingga konsumen yang mencari produk anda bisa menemukannya dengan mudah.

Lakukan juga variasi hastag yang berbeda setiap harinya untuk membantu konten anda naik di setiap kategori hastag yang digunakan.

Fokus Konten Sulit Dipahami

Durasi tiktok yang panjang saat ini digunakan oleh banyak orang untuk membuat konten yang lebih bervariasi dan juga menjelaskan isi produk dengan jelas.

Sayangnya penyampaian yang tidak tepat dan terlalu terbelit-belit bisa saja membuat konten yang dibuat menjadi sulit untuk dipahami oleh konsumen sehingga membuat konten tidak diminatai.

Karenanya untuk mengatasi hal ini, pengguna bisa membuat script konten terlebih dahulu untuk mengetahui apa saja yang akan disampaikan serta melakukan evaluasi apabila ada konten yang disampaikan kurang tepat.

Penjual juga bisa bertanya dulu kepada orang lain mengenai isi konten sehingga bisa mengetahui apakah konten yang dibuat sudah menarik atau perlu diadakan perubahan kembali pada isi konten yang dibuat.

Jadi sudah siap untuk menguasi platform Tiktok?

cara mudah agar konten tiktok trending

Cara Mudah Agar Konten Tiktok Trending

Penggunaan Tiktok yang saat ini suah tersebar di berbagai kalangan ini tentu saja mempermudah bagi banyak penjual untuk mempromposikan produknya melalui berbagai konten yang ada.

Banyaknya konten dan juga challange yang ada saat ini bisa digunakan sebagai ide konten yang bisa diunggah di akun Tiktok yang anda miliki.

Apabila konten yang dibuat menjadi viral dan disukai oleh banyak orang maka menjadi kesempatan besar bagi produk anda untuk lebih terkenal sehingga meningkatkan penjualan.

Karenanya, agar video Tiktok yang diunggah bisa semakin viral, bisa menggunakan beberapa cara berikut sebelum membuat konten.

Ikuti Challange di Tiktok

Cara pertama yang bisa dilakukan agar konten tiktok semakin trending adalah dengan menggunakan challange yang sedang naik daun di Tiktok.

Berbagai challange ini biasanya bisa ditemukan dengan mudah di halaman rekomendasi sehingga pengguna bisa memilih konten mana yang cocok dengan produk yang dipasarkan.

Sebelum membuat berbagai konten yang ada, anda bisa lebih dulu mempelajari konten tersebut dan melihat detail apa  saja yang dibutuhkan. Tambahkan juga beberapa tambahan saat melakukan challange sehingga membuat konten anda berbeda dengan yang lainnya.

Dengan mengikuti challange yang sedang trending maka kesempatan akun menjangkau konsumen yang lebih banyak bisa terbuka lebar sehingga meningkatkan traffic serta pengikut baru.

Buat Konten yang Menyenangkan

Cara kedua apabila anda merasa beberapa konten yang sedang naik daun ini tidak cocok dengan produk anda adalah membuat konten yang menyenangkan dan sesuai dengan barang yang dipromosikan.

Penjual bisa melihat terlebih dahulu konten mana yang diminati penjual kemudian variasikan dengan berbagai konten lainnya. Sebaiknya membuat berbagai macam variasi konten yang  ada agar konsumen tidak bosan dengan postingan tiktok yang anda buat.

Kolaborasi dengan Influencer

Banyaknya influencer yang ada di Tiktok juga bisa dimanfaatkan untuk menaikkan engagment serta followers sehingga konten yang dimiliki pun lebih cepat trending.

Sebelum melakukan kolaborasi dengan influencer Tiktok yang sedang naik daun, anda bisa memilih influencer mana yang memiliki kesamaan interest dengan produk anda sehingga saat melakukan kolaborasi, pengikut yang dimiliki juga bisa menjadi konsumen anda.

Setelah bertemu dengan influencer yang tepat, pengguna bisa mendiskusikan konten apa yang hendak dibuat sehingga sesuai dengan keinginan anda.

Tak hanya itu, anda juga bisa melakukan endorse atau paid promote ke influencer tersebut agar produk anda lebih terkenal.

Pastikan Kualitas Rekaman Baik

Sebuah konten yang sedang trending biasnaya di dukung juga dengan hasil video yang bagus sehingga enak dipandang oleh konsumen.

Karenanya pengguna bisa membuat rekaman video dengan menggunakan berbagai perlengkapan yang mendukung seperti handphone yang memiliki resolusi kamera yang tinggi sehingga hasil dari video pun akan lebih bagus.

Tak hanya itu, perhatikan juga pencahayaaan ruangan di tempat merekam video, pilihlah waktu saat matahari sedang cerah atau apabila anda merekam video di ruangan tertutup maka bisa menggunakan bantuan dari lampu atau ring light.

Tidak hanya itu, pastikan juga penonton fokus dengan konten yang anda buat dengan menggunakan background polos berupa kain atau tembok.

Salah satu halangan saat melihat video adalah suara backsound yang terlalu keras sehingga membuat penonton tidak fokus pada percakapan yang anda buat.

Karenanya pastikan suara backsound video lebih pelan dibandingkan suara asli atau anda bisa mengeraskan suara saat melakukan syuting video.

Unggah Video di Jam Ramai

Tidak hanya melakuan recycle konten yang sedang trending dan juga merekamnya dengan hasil yang bagus, sebuah postingan juga bisa ramai dengan mengunggah konten di jam ramai.

Jam-jam tersebut biasanya di waktu banyak orang membuka handphone untuk melihat konten tiktok, seperti pagi hari sebelum memulai kegiatan, siang hari saat istirahat makan, atau di malam hari saat waktunya istirahat dan bersantai setelah bekerja atau berkegiatan seharian penuh.

Akan tetapi, penjual juga bisa dengan mudah menentukan waktu yang tepat untuk melakukan unggahan konten dengan melihat statistik yang ada di pengaturan sehingga bisa memilih waktu yang cocok untuk upload video.

Konten video di Tiktok sendiri sebaiknya tidak hanya berfokus pada konten promosi melainkan juga bisa diimbangi dengan berbagai konten hiburan dengan menggunakan berbagai challange yang sedang naik daun, konten edukasi untuk menambah pengetahuan, dan juga promosi.

Penjual juga sebaiknya mencuri perhatian penonton di tiga detik pertama agar konsumen tertarik melihat keseluruhan isi video.

Jangan lupa juga untuk melakukan interaksi dengan penonton melalui menjawab berbagai komentar yang masuk di postingan dengan bahasa yang sopan atau juga penggunaan berbagai stiker yang lucu sehingga membangun kedekatan antara anda dan juga penjual.

Semoga info ini bermanfaat dan membantu anda.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.