live shopping

6 Live Shopping Trend 2023 yang Wajib Kamu Ketahui

Pelajari lebih dalam mengenai trend live shopping agar promosi di social media semakin menarik banyak orang.

Live shopping kini telah menjadi gaya baru bagi pengguna internet untuk melakukan transaksi di social media.

Dimana konsumen bisa melakukan transaksi setelah melihat berbagai promosi produk yang dilakukan di social media, kemudian membelinya saat itu juga tanpa perlu meninggalkan akun social media tertentu.

Cara ini dinilai ampuh bagi pelaku usaha untuk mempromosikan produknya dengan mudah dan efektif ke target konsumen yang diinginkan.

Di sisi lain, live shopping juga sudah berjalan beberapa tahun dan diharapkan akan terus melaju di tahun-tahun berikutnya. 

Karenanya agar promosi melalui live shopping semakin maksimal, maka ketahui dulu berbagai live shopping trend terbaru.

keuntungan live shopping

Keuntungan Live Shopping di Social Media

Social media kini tidak hanya menawarkan hiburan dan membangun relasi untuk penggunanya, namun kini anda juga bisa melakukan transaksi jual beli di dalamnya.

Fasilitas ini sudah digunakan oleh berbagai social media misalnya Instagram, Tiktok, serta Youtube yang memberikan layanan bagi penggunanya untuk melakukan transaksi tanpa perlu meninggalkan konten yang disukai.

Keberadaan layanan live shopping ini juga disukai oleh pelaku usaha yang melakukan promosi di social media, sehingga mereka bisa melakukan transaksi dan promosi langsung di satu tempat.

Tidak hanya itu, layanan live shooping juga memberikan berbagai keuntungan bagi pembeli serta penjual di waktu yang bersamaan.

Memberikan interaksi yang Lebih Baik

Salah satu cara kerja algoritma social media untuk memilah akun brand atau kreator tertentu ke target audience adalah dengan melihat interaksi konten tersebut.

Semakin banyak orang yang melakukan interaksi dengan konten tertentu maka menjadi tolak ukur bahwa akun tersebut disukai oleh banyak orang, sehingga penting bagi kreator untuk melakukan interaksi dengan pengikutnya secara rutin.

Salah satu cara untuk melakukan interaksi adalah menggunakan fitur live streaming dimana konsumen dan penjual bisa saling berbalas komentar secara langsung.

Pada kegiatan ini, konsumen dapat bertanya mengenai berbagai produk yang dijual kemudian penjual memberikan penjelasan mengenai produk yang dimiliki agar penonton tertarik untuk membeli barang yang dipromosikan.

Kegiatan live shopping yang selalu menggunakan fitur live streaming juga efektif meningkatkan interaksi berkat berbagai komentar yang masuk secara silih berganti, sehingga semakin sering siaran langsung dilakukan maka membuka peluang bagi akun anda untuk mendapatkan hasil interaksi yang lebih banyak.

Penggunaan fitur live streaming sebagai bagian dari live shopping juga menjadi keuntungan sendiri bagi pengguna social media, mengingat pengguna akan selalu disajikan dengan berbagai konten promosi setiap membuka akun social media.

Sehingga untuk menjaga konsumen untuk tetap setia pada akun social media brand yang dimiliki maka melakukan interaksi secara intens bisa menjadi solusi terbaik.

Di sisi lain, konten video memiliki interaksi yang lebih tinggi dibandingkan postingan lainnya, sehingga menggunakan fitur live streaming bisa menjadi solusi terbaik untuk meningkatkan interaksi yang lebih baik.

Meningkatkan Penjualan Produk Secara Signifikan

Salah satu alasan mengapa seseorang suka berbelanja secara langsung adalah kemudahan untuk melihat produk yang diinginkan di depan mata, sehingga konsumen bisa menilai barang tersebut sebelum akhirnya membelinya.

Namun, seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin baik maka kini penjual dan pembeli bisa melakukan transaksi secara langsung di social media.

Salah satunya adalah memanfaatkan fitur siaran langsung untuk melakukan live shopping di hadapan konsumen setia.

Penggunaan fitur ini juga memudahkan konsumen yang ingin membeli produk tertentu namun tidak memiliki waktu untuk ke toko tersebut, sehingga bisa melihat barang yang diinginkan secara langsung tanpa perlu ke luar ruangan.

Kelebihan lainnya dari menggunakan fitur live streaming untuk live shopping adalah kemudahan untuk menjangkau target konsumen yang lebih luas.

Keuntungan ini di dapatkan mengingat pengguna social media yang tersebar di berbagai tempat dan berpeluang untuk melihat konten siaran langsung yang anda lakukan secara rutin.

Cara ini tentunya akan memberikan peningkatkan penjualan produk dari konsumen yang berada di luar kota dan jauh dari jangkauan anda.

Menaikkan Brand Awareness

Social media memiliki berbagai akun brand yang dimanfaatkan oleh pelaku usaha untuk mempromosikan produk dan layanan yang dimiliki.

Banyaknya akun brand yang melakukan promosi di social media, menjadikan anda menemukan berbagai akun kompetitor lain yang memiliki produk yang serupa.

Di sisi lain, anda juga akan menemukan berbagai akun business yang menjual produk yang serupa namun lebih mudah terkenal karena strategi promosi yang dilakukan.

Karenanya untuk menjaga kesetiaan konsumen untuk waktu yang lebih lama serta mengenalkan diri ke target konsumen baru, maka penting bagi pelaku usaha untuk menaikkan brand awareness secara berkala.

Cara ini dilakukan agar brand yang dimiliki masih tetap eksis di social media, meskipun di tengah gempuran berbagai produk baru dari brand lain.

Salah satu strategi yang dapat dilakukan untuk menaikkan brand awareness adalah dengan hadir di hadapan konsumen, sehingga pembeli bisa mengenali produk yang dipromosikan serta pembuatnya untuk meningkatkan kepercayaan konsumen.

Penggunaan fitur live streaming untuk live shopping juga bisa menjadi cara bagus untuk menaikkan brand awareness, karena konsumen bisa melihat secara langsung produk yang dijual sembari melakukan interaksi untuk menggali lebih dalam mengenai brand tersebut.

Kegiatan ini juga memudahkan konsumen lebih mudah untuk mengingat produk anda dibandingkan yang tidak melakukan siaran langsung sama sekali.

Agar pemasaran melalui live shopping semakin efektif maka anda bisa menggunakan jasa dari influencer atau selebriti terkenal untuk memandu acara siaran langsung agar semakin menarik.

Kemudahan Dalam Berbelanja

Sebelum adanya trend live shopping saat ini maka kegiatan belanja memerlukan usaha yang lebih panjang.

Dimana anda perlu mempersiapkan diri untuk berkunjung ke toko yang diinginkan atau pusat perbelanjaan untuk membeli produk yang diinginkan.

Cara ini tentunya memakan banyak waktu dimana anda harus meluangkan waktu lebih untuk berkendara ke tempat tujuan serta beralih dari satu tempat ke tempat lainnya.

Setelah munculnya layanan website untuk belanja online maka anda juga memerlukan waktu untuk mencari produk tersebut di halaman pencarian untuk menemukan produk yang diinginkan dengan harga terbaik.

Selain itu, anda juga perlu melihat ulasan yang disampaikan oleh konsumen lain untuk memastikan produk tersebut memiliki kualitas terbaik.

Hal ini berbeda saat anda melakukan belanja melalui live shopping dimana anda akan menemukan berbagai brand yang melalukan promosi melalui siaran langsung dan menawarkan produk yang dimiliki.

Ketidaksengajaan ini membuat penonton bertahan lebih lama untuk melihat produk yang ditawarkan dan akhirnya tertarik untuk membeli barang tersebut.

Tidak hanya itu, anda juga bisa melihat siaran live shopping disaat senggang, sehingga menjadi hiburan baru dan menjadi peluang untuk menyukai produk tertentu saat melihat siaran langsung tersebut.

6 Live Shopping Trend 2023

Trend live shopping yang terus berkembang beberapa tahun terakhir, membuat banyak pelaku usaha berlomba-lomba untuk melakukan promosi menggunakan siaran langsung untuk menjangkau target audience yang lebih banyak.

Strategi promosi ini juga diikuti dengan berbagai trend terbaru yang bisa dimanfaatkan untuk siaran live shopping yang lebih efektif dan disukai oleh banyak orang.

Karenanya berikut beberapa live shopping treng yang bisa dimanfaatkan untuk promosi yang lebih efektif.

Pengalaman Live Shopping yang Bertambah 

Berubahnya kebiasaan belanja membuat pengguna internet kini lebih menyukai untuk berkunjung ke akun social media brand dibandingkan website atau akun marketplace untuk membeli berbagai produk yang diinginkan.

Hal ini dikarenakan konsumen lebih mudah untuk memilih produk yang diinginkan dengan melihat berbagai konten yang telah diunggah sebelumnya.

Namun, banyaknya akun brand yang melakukan promosi yang serupa menjadikan pelaku usaha harus memutar otak agar konsumen lebih tertarik untuk melakukan promosi di akun brand yang dimiliki.

Salah satunya adalah menyediakan layanan konsultasi bagi konsumen tertentu yang ingin membeli produuk tertentu.

Dimana konsumen bisa bertanya terlebih dahulu mengenai kesediaan barang serta produk yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan melalui kolom direct message, sehingga pembeli merasa dilayani secara personal.

Selain itu, konsultasi ini juga bisa dilakukan saat live shopping berlangsung, sehingga memudahkan bagi konsumen yang memiliki masalah yang sama, namun masih ragu untuk bertanya melalui pesan pribadi.

Pendekatan ini biasanya digunakan oleh brand besar yang menjual produk-produk mewah yang memerlukan berbagai pertimbangan sebelum membelinya, cara ini juga membuka peluang bagi penjual untuk mempromosikan produk lain yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan konsumen, sehingga mereka tetap membeli produk anda, meskipun barang yang ditawarkan tidak sesuai dengan tujuan awal.

Cara ini juga menguntungkan bagi konsumen untuk berbelanja secara mudah dan cepat, sehingga mereka tidak perlu menghabiskan waktu untuk pergi ke tempat tujuan serta memilih barang di berbagai pusat perbelanjaan.

Penggunaan Influencer Marketing di Live Shopping 

Strategi promosi influence marketing menjadi salah satu strategi pemasaran yang banyak dilakukan di social media.

Dimana pelaku usaha akan meminta influencer tertentu untuk mempromosikan produk yang dimiliki agar lebih dikenal oleh pengguna social media lainnya.

Biasanya influencer marketing akan melakukan promosi menggunakan konten video dan foto yang menarik.

Namun, seiring dengan perubahan trend maka penggunaan influencer marketing tidak hanya dilakukan dengan mengunggah konten promosi tertentu.

Akan tetapi, anda juga bisa meminta influencer tertentu untuk melakukan siaran langsung live shopping bersama untuk mempromosikan produk yang dimiliki.

Cara ini ampuh bagi akun social media yang ingin melakukan live shopping untuk pertama kali, sehingga dapat menarik minat penonton yang lebih banyak.

Pada sesi ini, influencer akan diminta untuk mempromosikan produk tertentu bersama pembawa acara yang telah disiapkan, sehingga acara live shopping akan semakin menarik.

Anda juga bisa meminta influencer untuk menggunakan produk tersebut secara langsung, sehingga penonton lebih tertarik untuk memakai barang tersebut.

Namun, dalam memilih influencer yang tepat maka anda juga perlu melakukan berbagai pertimbangan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Pertama anda bisa menggunakan influencer yang memiliki minat pada industri yang sama, sehingga mereka akan memiliki konsumen yang tertarik pada produk yang ditawarkan.

Pastikan juga untuk memilih influencer yang memiliki jumlah pengikut yang lebih banyak untuk mendapatkan jangkauan audience yang lebih luas.

Kedua adalah memilih influencer yang sering melakukan interaksi dengan pengikutnya menggunakan live streaming.

Cara ini dilakukan agar kreator bisa memahami kegiatan siaran langsung meskipun belum pernah melakukan live shopping sebelumnya.

Guna mendapatkan pengalaman live shopping yang lebih baik, maka anda bisa memberikan pengarahan yang lengkap dan jelas kepada influencer tersebut, sehingga mereka lebih bisa memberikan siaran langsung yang lebih menarik.

Live Shopping Saat Peluncuran Produk Baru 

Salah satu momen yang ditunggu oleh konsumen setia adalah peluncuran produk baru yang telah ditunggu sejak lama.

Pada saat inilah semua mata tertuju pada akun social media anda untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai produk yang dimiliki.

Anda juga bisa memanfaatkan momen tersebut untuk melakukan live shopping di akun social media yang dimiliki, sehingga konsumen yang sudah tertarik pada produk tersebut bisa melakukan pembelian secara langsung.

Selain itu anda juga bisa melakukan berbagai pendekatan yang membuat konsumen tertarik untuk membeli produk melalui live shopping.

Misalnya saja memberikan diskon khusus selama acara live shopping dengan waktu yang terbatas.

Cara ini akan menarik minat konsumen untuk melakukan pembelian saat itu juga agar tidak ketinggalan penawaran menarik yang diberikan.

Tidak hanya itu, anda juga bisa mengundang influencer tertentu untuk bersama-sama melakukan live shopping di berbagai social media yang dimiliki.

Pendekatan ini dilakukan agar konsumen lebih tertarik untuk bergabung pada acara live shopping dan melakukan pembelian selama siaran berlangsung.

Selain itu, sebelum acara peluncuran berlangsung maka anda perlu melakukan promosi yang maksimal agar konsumen bergabung pada acara live shopping tersebut.

Penggunaan Teknologi AR dan VR

Salah satu keuntungan dari melakukan transaksi di live shopping adalah kemudahan untuk melihat produk yang ingin dibeli secara langsung.

Sayangnya konsumen tidak dapat mencobanya secara langsung seperti saat membelinya di pusat perbelanjaan, padahal memakai barang sebelum membelinya akan dapat membantu menaikkan kepercayaan konsumen, apalagi jika anda ingin membeli produk kecantikan atau mode busana.

Namun, guna mengatasi masalah ini maka pelaku usaha bisa menggunakan teknologi AR dan VR sehingga konsumen bisa mencobanya secara langsung secara daring.

Penggunaan teknologi ini juga telah digunakan oleh berbagai produk brand terkenal seperti Sephora yang menyediakan layanan VR guna memudahkan konsumen mencoba produk yang diinginkan sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli barang yang diinginkan.

Kedua teknologi tersebut memberikan pengalaman baru bagi konsumen untuk berbelanja secara daring.

Pertama pada teknologi AR maka konsumen akan merasakan menggunakan produk tertentu saat mengarahkannya ke kamera handphone, hal ini dapat anda rasakan saat menggunakan filter khusus yang memberikan berbagai pilihan warna yang beragam.

Sedangkan pada fitur VR maka pembeli akan merasakan berbelanja secara langsung di toko atau pusat perbelanjaan, sehingga konsumen akan merasakan belanja di toko meskipun secara daring.

Keduanya tentu memberikan pengalaman yang menarik bagi konsumen saat berbelanja pada produk yang berbeda.

Misalnya teknologi AR akan cocok digunakan bagi konsumen yang ingin mencoba produk kecantikan atau mode busana yang memberikan tampilan secara langsung seakan-akan anda menggunakannya saat itu juga.

Di sisi lain, teknologi VR cocok bagi industri desain dimana konsumen bisa melihat produk yang ditampilkan secara langsung beserta detail yang diberikan, sehingga konsumen bisa merasakan “memegang” produk tersebut.

Teknologi ini juga menjembatani kekurangan antara toko fisik serta live shopping yang banyak digunakan oleh konsumen.

Penggunaan Video Shopping Untuk Promosi

Konten video menjadi salah satu postingan yang paling banyak digemari pengguna social media, dimana anda bisa melihat deskripsi produk dengan lengkap dan jelas, sehingga tidak memakan banyak waktu.

Di sisi lain, popularitas konten video juga meningkat di tahun 2022, dimana pengguna rata-rata pengguna menghabiskan waktu hingga 100 menit untuk melihat berbagai konten video di social media.

Sehingga melakukan promosi menggunakan konten video bisa menjadi cara terbaik untuk melakukan pemasaran secara efektif.

Anda bisa memulai membuat video yang memfokuskan pada produk yang dimiliki dan memberikan penjelasan singkat mengenai produk yang dimiliki.

Penjelasan yang singkat dan jelas serta visual yang menarik akan membuat konsumen tertarik untuk mencari tahu produk tersebut secara lebih dalam.

Anda juga bisa membuat konten video promosi yang berisi skenario seseroang yang sedang menghadapi masalah tertentu dan membutuhkan solusi yang berasal dari produk yang dimiliki.

Meskipun terlihat seperti iklan di televisi namun cara ini ampuh untuk menyasar konsumen yang memiliki masalah yang sama.

Pemberian Opsi Pembayaran yang Variatif

Salah satu kendala dalam melakukan transaksi di live shopping adalah pilihan pembayaran yang kurang beragam, misalnya saja hanya menyediakan pembayaran menggunakan kartu kredit atau debit yang membutuhkan berbagai data khusus.

Di sisi lain, tidak semua pengguna social media memiliki fasilitas tersebut atau bersedia memberikan data dari kartu pembayaran untuk melakukan transaksi di internet.

Sehingga kini banyak akun marketplace yang menyediakan berbagai pilihan pembayaran yang beragam bagi penggunanya.

Misalnya melalui pembayaran secara langsung atau dompet digital yang juga bisa digunakan untuk transaksi di tempat lain.

Selain itu, tersedia juga pilihan pembayaran berupa pay later dengan model cicilan yang harus dibayar setiap bulannya dan akan mendapatkan tambahan bunga tertentu.

Sumber :

https://influencermarketinghub.com/live-shopping-trends/

https://www.forbes.com/sites/forbestechcouncil/2022/11/16/online-shopping-trends-to-watch-in-2023/

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *