pexels visual tag mx 5652069

4 Cara Mengukur Brand Awareness dengan Efektif

Sudahkah brand awareness anda efektif? Ukur dulu dengan beberapa metrik berikut.

Setelah melakukan berbagai strategi content marketing melalui promosi secara organik dan berbayar, maka marketer juga perlu mengukur kefektifan brand awareness yang telah di dapatkan di mata konsumen lainnya.

Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah promosi yang dilakukan sudah efektif atau diperlukan perubahan strategi untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Meskipun mengukur keefektifan brand awareness cukup menantang dan mungkin tidak selaras dengan usaha yang telah anda lakukan, namun berbagai cara bisa dilakukan untuk menaikkan brand awareness anda di mata konsumen.

Dengan membangun brand awareness secara efektif, maka anda akan membantu audience untuk mengenal brand anda lebih dalam sehingga tertarik untuk membeli produk yang anda tawarkan.

Karenanya berikut cara mengukur brand awareness beserta metrik-metrik yang mengiringinya.

apa itu brand awareness

Apa Itu Brand Awareness

Saat mengunjungi supermarket yang menjual banyak barang dari berbagai brand terkemuka, terkadang kita menemukan sebuah produk yang baru anda dengan sebelumnya atau malah menjadi langganan setiap berbelanja.

Pengetahuan mengenai suatu brand atau produk ini akan membantu konsumen untuk lebih memilih produk anda dibandingkan kompetitor lain yang memiliki jenis barang yang serupa.

Secara singkatnya brand awareness merupakan pengetahuan konsumen mengenai produk dan brand yang anda miliki.

Sehingga saat konsumen memikirkan suatu barang tertentu maka nama produk anda akan menjadi yang paling awal terlintas dan menjadi pilihan utama yang direkomendasikan ke orang lain.

Brand awareness sendiri juga memiliki tiga aspek yang menjadi standar pengukuran sebuah brand dan produk :

Pertama, seberapa populer brand value anda di mata konsumen yang bisa dikenali dengan tagline atau aktivitas promosi yang biasa anda lakukan.

Kedua, seberapa terkenal logo atau warna produk yang biasa anda gunakan di mata konsumen, dimana hal ini akan mengukur kesan positif yang anda tinggalkan di ingatan konsumen dalam jangka waktu lama.

Ketiga, kepopuleran produk dan layanan anda yang diukur dari seberapa familiar audience terhadap kualitas produk dan layanan yang anda miliki.

Brand awareness sendiri memiliki kesamaan dengan popularitas yang menggambarkan bagaimana sebuah brand atau produk dikagumi, disukai, dan didukung oleh konsumen di satu wilatah tertentu atau seluruh dunia.

Tidak hanya itu, sebuah brand awareness yang berhasil akan menumbuhkan loyalitas, royalitas, kepercayaan, serta kredibilitas sebuah produk di mata konsumen.

Sehingga meskipun mengukur kesuksesan brand awareness cukup rumit namun marketer dapat mengetahui apakah strategi pemasaran yang dilakukan sudah efektif serta posisi anda di mata konsumen.

keuntungan mengukur brand awareness

Keuntungan Mengukur Brand Awareness

Bagi setiap brand yang sedang berkembang atau telah memiliki banyak konsumen, mengukur brand awareness menjadi aktivitas rutin yang tidak perlu dilewatkan untuk mengukur posisi anda di mata konsumen.

Tidak hanya itu, mengukur brand awareness secara rutin juga akan memberikan keuntungan bagi sebuah brand dalam jangka waktu lama.

  • Meningkatkan strategi pemasaran yang saat anda digunakan.
  • Membuka potensi tersembungi dari strategi pemasaran yang belum pernah anda temukan sebelumnya.
  • Mengetahui strategi pemasaran baru yang bisa anda gunakan di tahun yang berikutnya.
  • Memahami cara yang tepat untuk mengembangkan perusahaan
  • Menunjukkan kelemahan promosi yang anda lakukan sehingga dapat diperbarui di waktu yang akan datang.
  • Meningkatkan efektivitas promosi social media.
  • Memahami alokasi anggaran pemasaran dengan baik.
  • Memaksimalkan pendapatan dari penjualan produk dan layanan secara maksimal.
jenis jenis metrik brand awareness

Jenis-jenis Metrik Brand Awareness

Dalam proses pengukuran brand awareness maka anda akan menemukan beberapa metrik yang biasa anda temukan di fitur social media insight.

Dengan mengetahui berbagai metrik yang dibutuhkan maka akan membantu anda untuk mengukur kefektifan brand awareness secara optimal.

Berikut beberapa jenis metrik-metrik brand awareness serta rekomendasi tools yang dimiliki :

Brand Impressions

Metrik pertama yang perlu anda ketahui sebelum mengukur kinerja brand awareness adalah impresi yang di dapatkan dari promosi yang dilakukan di berbagai saluran pemasaran.

Dimana marketer akan diperlihatkan jumlah orang yang melihat iklan anda dalam jangka waktu tertentu selama iklan tersebut ditayangkan.

Di saat anda mengecek jumlah brand impressions dari saluran pemasaran yang telah anda gunakan, maka marketer akan diperlihatkan jumlah interaksi yang di dapatkan, jumlah klik ke link yang anda sematkan, serta jumlah kunjungan ke halaman website untuk memahami jumlah pengguna internset yang mengunjungi konten promosi yang anda sebarkan.

Anda juga bisa mengukur brand impressions dari berbagai saluran pemasaran dengan menggunakan beberapa tools berikut : fitur insights yang ada di akun social media business untuk mengecek iklan yang ditayangkan di social media, Google Adwords untuk mengecek kinerja iklan yang ditayangkan di Google, atau platform Taboola.

Website Traffic

Guna memaksimalkan saluran pemasaran yang lebih optimal maka penggunaan social media saja tidak cukup.

Beberapa brand besar atau sedang berkembang juga memiliki website untuk melakukan promosi yang lebih maksimal.

Dengan menggunakan halaman website yang menarik maka anda bisa mengunggah berbagai konten yang membuat konsumen tertarik untuk membeli produk yang anda tawarkan.

Tidak hanya itu, konsumen juga bisa melihat katalog produk yang lebih efektif dan bisa digunakan untuk menentukan pilihan sebelum membeli produk yang diinginkan.

Sehingga jumlah kunjungan ke website akan mengukur jumlah orang yang berkunjung ke website anda, baik melalui pencarian di internet atau mendapatkan rekomendasi dari iklan yang ditayangkan.

Jumlah kunjungan yang terus meningkat secara stabil apalagi selama proses promosi berlangsung akan menjadi indikasi bahwa brand awareness yang anda miliki berkembang dengan baik.

Guna mengetahui jumah kunjungan yang masuk maka anda bisa mengeceknya melalui referral sor referral source yang akan menunjukkan platform yang membawa pengunjung untuk memahasuki halaman website yang anda miliki.

Keuntungan lainnya dari mengecek jumlah kunjungan website adalah memahami bahwa konsumen tdiak hanya datang karena mengenal brand anda, namun tertarik untuk mempelajari lebih dalam megenai produk yang anda miliki.

Dimana setelah mengecek fitur yang tersedia di website tersebut maka konsumen akan tertarik untuk membeli produk yang anda tawarkan.

Dalam pengecekan website traffic yang dimiliki maka anda bisa mengakses Google Analytcs yang akan memberikan analisa mengenai website yang anda miliki.

Social Media Engagement

Social media menjadi salah satu saluran pemasaran yang sering digunakan oleh berbagai brand untuk mempromosikan produk yang dimiliki.

Hal ini dikarenakan banyak pengguna internet yang mengunjungi social media setiap hari untuk mencari hiburan sejenak dari jenuhnya berbagai pekerjaan yang dilakukan.

Pengukuran social media engagement sendiri tidak bisa dilakukan sembarangan karena hanya akun business yang dapat menggunakan layanan inisght yang memberikan metrik untuk mengukur kinerja konten dan akun social media secara efektif.

Tidak hanya itu, penggunaan social media engagement juga biasanya digunakan untuk mengukur kineja iklan yang ditayangkan serta konten kolaborasi yang diunggah bersama influencer social media untuk mengetahui keefektifan promosi yang dilakukan.

Beberapa metrik yang disediakan oleh platform social media adalah jangkauan, impresi, likes, share, jumlah komentar, klik ke website tertentu, jumlah kenaikan dan penurunan pengikut, penyebutan, serta kinerja hashtag social media.

Keuntungan lainnya mengukur social media engagement adalah adalah mengetahui keefektifan brand awareness yang dikembangkan di social media, influencers yang menggunakan branded hashtag dan mampu menaikkan popularitas brand anda, serta minat konsumen untuk melakukan interaksi dengan konten social media anda.

Sehingga social metric akan membantu marketer untuk menjawab berbagai pertanyaan tersebut meskipun data yang disajikan terbatas dan tidak mencakup brand awareness yang dimiliki di halaman website yang anda miliki.

Guna mengetahui hasil metrik social media yang lebih lengkap, maka anda bisa menggunakan fitur insight atau menggunakan layanan dari website social media manager seperti Hootsuite atau Hubspot.

Search Volume Data 

Salah satu kebiasaan yang muncul sejak merebaknya internet adalah mencari jawaban atau solusi dari suatu masalah melalui internet.

Hal ini dikarenakan banyaknya artikel yang membahas mengenai suatu topik atau masalah tertentu sehingga bisa dibaca dan dipraktekkan oleh pengguna internet.

Tidak jarang seseorang menjadi tertarik mengenai suatu produk atau brand berkat mengunjungi website tersebut secara rutin.

Sehingga kebiasaan ini bisa anda manfaatkan untuk membuat halaman website yang berisi katalog produk serta berbagai artikel yang membahas masalah tertentu secara lengkap dan mudah dipahami.

Hal ini akan membuat calon konsumen lebih mudah menemukan produk dan brand anda setelah mencari artikel dengan kata kunci tertentu.

Penggunaan webiste juga efektif apabila anda hendak membangun brand awareness melalui platform pencarian seperti Google, sehingga anda perlu memahami jumlah search volume di sekitar industri atau brand yang anda kembangkan melalui kata kunci tertentu.

Berbagai perhitungan tersebut akan membantu anda dalam menghitung jumlah orang yang mencari nama brand, produk, layanan, atau solusi yang anda tawarkan.

Keuntungan lainnya dari menggunakan search volume data adalah memahami ketertarikan konsumen terhadap brand dan industri anda, serta jumlah kunjungan ke website ke kompetitor lainnya.

Sehingga anda bisa melihat kesempatan untuk membangun brand awareness melalui kata kunci yang digunakan, serta menggunakan data yang disuguhkan untuk membuat campaign yang lebih efektif.

Dalam penghitungan jumlah search volume data maka anda bisa menggunakan berbagai website, diantaranya adalah Google Trends, Google Keyword Planner, MOZ Keyword Explorer, atau Semrush untuk melihat orang-orang yang mencari nama brand anda serta melihat kinerja strategi brand awareness yang anda miliki.

Survey 

Metrik terakhir yang bisa digunakan untuk mengukur kefektifan brand awareness yang anda kembangkan adalah dengan menyebarkan survey di berbagai saluran pemasaran internet.

Cara ini dinilai efektif untuk menyasar konsumen yang sering membeli produk anda namun belum pernah melakukan interasi dengan akun dan konten social media yang anda miliki.

Tidak hanya itu, dengan mengumpulkan survey maka anda bisa melakukan interaksi langsung dengan konsumen sehingga mengetahui keinginan konsumen pada produk yang anda kembangkan.

Beberapa pertanyaan yang bisa ajukan dalam survey social media diantaranya adalah :

  • Apa saja yang anda ketahui mengenai brand tersebut, (produk, layanan, nama brand, atau ciri khas tertentu)
  • Kapan saja anda menyarankan produk tersebut ke orang lain?
  • Apakah anda pernah mendengan nama brand lain yang memiliki produk serupa?

Berbagai pertanyaan tersebut juga bisa anda ubah sesuai dengan kebutuhan serta jawaban yang ingin anda dapakan dari konsumen anda.

Anda juga bisa menyebarkan survey melalui beberapa saluran, diantaranya adalah Google Form, Survey Monkey, dan Typeform yang menyediakan template survey brand awareness sehingga anda lebih mudah menentukan pertanyaan yang akan diajukan ke konsumen serta memberikan data yang mudah dipahami.

Publikasi Media 

Sebuah brand yang sedang naik daun atau terkenal di kalangan komunitasnya bisa saja memiliki kesempatan untuk dibahas oleh sebuah media massa terkenal.

Semakin banyak artikel yang membahas produk dan brand anda dalam jangka waktu tertentu maka akan meningkatkan jumlah brand awareness secara signifikan.

Apalagi jika artikel yang diunggah mendapatkan perhatian dari banyak konsumen sehingga memungkinkan produk anda untuk dikenal lebih banyak orang.

Publikasi media sendiri juga bisa dihitung penyebutan di artikel dan social media, dan lain sebagainya.

Keuntungan dari mendapatkan perhatian dari publikasi media adalah mengetahui siapa saja yang membicarakan produk dan brand anda, topik yang mereka bahas mengenai produk anda.

Berbagai perbincangan ini bisa catat untuk mengawasi faktor yang dapat menyebabkan kenaikan penjualan produk, jumlah pengikut, serta prospek untuk mengetahui kapan dan bagaimana konsumen mengenali brand anda.

Beberapa tools yang akan membantu untuk menghitung penyebutan di media massa adalah Cision Media Monitoring atau Critical Mention.

cara mengukur brand awareness

Cara Mengukur Brand Awareness

Berbagai promosi yang dilakuan secara organik dan berbayar yang dilakukan melalui saluran pemasaran tentunya perlu anda ketahui hasilnya setelah masa promosi selesai.

Hal ini dilakukan untuk memastikan budget promosi yang anda anggarkan sudah sesuai dengan hasil yang anda dapatkan.

Karenanya berikut cara mengukur brand awareness melalui bantuan website yang mudah untuk digunakan.

Social Media Listening

Jumlah pengikut yang banyak di social media serta komunitas yang kuat maka akan menjadikan anda perbincangan di berbagai topik yang berkaitan.

Hal ini bisa terjadi karena konsumen merekomendasikan produk anda ke orang lain atau sekedar mengulas produk yang anda jual dan sedang naik daun.

Sehingga social media listening pada dasarnya mengetahui seberapa sering produk anda disebutkan di social media, platform yang paling banyak menyebutkan brand anda, serta topik yang biasa disebutkan.

Analisa social media listening secara rutin juga akan membantu anda dalam memahami bagaimana pendapat konsumen mengenai produk anda, apakah mendapatkan banyak ulasan positif atau negatif.

Guna menghitung penyebutan yang ada di social media maka menggunakann tools yang sesuai maka akan membantu mengumpulkan data dengan maksimal dan efektif sehingga tidak membuang banyak waktu.

Beberapa metrik yang diperlukan untuk mengukur social media listening diantaranya adalah :

Reach of Mentions : Metrik ini akan mengukur jumlah orang yang menyebutkan brand anda di social media, baik secara positif dan negatif dan jumlah interaksi yang di dapatkan dari penyebutan tersebut.

Salah satu contohnya adalah influencer social media yang mengulas produk anda dan mendapatkan respon yang positif dari pengikutnya atau pengguna social media lainnya.

Sentiment Score : Social media listening tools menggunakan algoritma untuk mengenali penyebutan yang mengandung ulasan positif, negatif, atau netral yang tentunya akan membantu marketer untuk mengumpulkan sentimen publik pada produk dan brand anda.

Dimana sentimen ini juga akan membantu anda untuk menggali isu yang potensial serta mengembangkan promosi yang disukai oleh konsumen.

Net Promotor Score : Metrik ini akan mengukur peluang pengikut anda untuk merekomendasikan produk anda ke konsumen lain, dimana metrik ini akan di dapatkan melalui survey.

Di sisi lain, social media listening juga dapat meningkatkan brand awareness dengan mendengarkan kesempatan yang dapat membantu dalam merespon keinginan konsumen, penawaran yang menarik, serta berbagai pendekatan dengan target konsumen.

Backlink Profiles

Saat membuat artikel di sebuah blog atau media massa, biasanya kreator akan menyebutkan produk dan brand anda sebagai ulasan atau rekomendasi produk yang bisa digunakan oleh pembacanya.

Pada proses inilah biasanya kreator juga akan mencantumkan link social media atau marketplace yang bisa dikunjungi oleh pembaca setelah membaca ulasan produk tersebut.

Sehingga apabila anda melihat produk anda disebutkan oleh blog atau media massa lain, maka anda bisa mengeceknya melalui backlink profile untuk mengecek kepopuleran produk anda serta dimana platfrom social media yang paling terkenal di kalangan konsumen anda.

Penggunaan baclink juga dapat mengindentifikasikan level dari brand awareness yang anda miliki, namun anda juga perlu mengetahui darimana link tersebut berasal.

Apabila pembahasan mengenai topik anda berada di media massa terkenal serta menjadi pelopor di bidangnya, maka akan menjadi indikator terbaik mengenai presensi brand anda.

Apalagi jika link tersebut dari blog yang menjadi referensi dari konsumen anda, sehingga memiliki peluang besar untuk mendapatkan perhatian lebih.

Guna mengukur jumlah link social media yang dicantumkan oleh kreator lain, maka anda bisa menggunakan tools Ahrefs atau Semrush untuk mengecek jumlah backlink secara rutin.

Dalam pengecekan ini, anda juga sebaiknya juga menghitung kualitas dari backlink tersebut sehingga memudahkan untuk promosi yang maksimal.

Share of Voice

Banyaknya kompetitor yang menjual produk yang sama akhirnya membuat marketer juga harus mengecek kinerja kompetitor lain dan membandingkannya dengan strategi pemasaran yang telah anda lakukan.

Salah satu cara mengukur brand awareness dari kompetitor lain menggunakan metode share of voice yang akan mengukur keterlihatan brand anda dibandingkan kompetitor lainnya.

Sehingga pengukuran share of voice seringkali digunakan untuk mengukur kesuksesan dari iklan berbayar yang anda tayangkan untuk mengukur presensi anda secara online.

Anda juga bisa menggunakan metrik share of voice untuk mengukur kinerja brand anda selama proses pemasaran dan iklan di social media.

Dimana metrik ini juga akan memberikan wawasan mengenai presensi anda di internet serta bagaimana kompetitor anda diperbincangkan oleh orang lain.

Pengukuran share of voice juga akan membantu anda dalam mengatur ulang budget promosi yang sesuai, misalnya apabila promosi di instagram mendapatkan hasil yang lebih baik dibandingkan Tiktok, maka anda bisa merubah budget tersebut ke instagram ads dibandingkan tiktok ads.

Cek Jumlah Pengikut Social Media

Bagian paling penting dalam pengukuran brand awareness adalah kenaikan atau penurunan jumlah pengikut social media.

Hal ini dikarenakan sebagian besar menggunakan social media untuk mengetahui produk terbaru yang anda miliki serta berbagai promosi yang anda lakukan.

Di sisi lain, banyak pengguna social media yang melakukan ulasan produk sambil melakukan tag akun social media, sehingga apabila testimoni tersebut menjangkau banyak orang, maka akan membuka peluang untuk mendapatkan pengikut.

Salah satu cara mudah untuk mengukur pengikut social media adalah menggunakan layanan insight social media yang tersedia di akun business.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *